Pages


Kamis, 14 Januari 2016

Prof. Yohanes Surya: Carikan saya anak paling bodoh

https://www.maxmanroe.com/prof-yohan...ing-bodoh.html


Quote:
Anak kelas 2 SD dari Papua yang sudah tinggal kelas 4 kali, jadi Juara matematika tingkat nasional, dan juara membuat robot!

Prof. Yohanes Surya PhD. yang lahir di Jakarta 6 Nopember 1963 ini, tidak asing lagi bagi telinga kita karena telah melahirkan segudang prestasi ditingkat internasional. Profesor lulusan College of William and Mary, Jurusan Fisika dari USA, dibawah bimbingan beliau, pelajar dari Indonesia telah mmapu berbicara di tingkat dunia. 54 medali emas, 33 medali perak dan 43 medali perunggu telah diraih pelajar indonesia di dalam berbagai lomba olimpiade tingkat internasional. Bahkan pada tahun 2006, Pelajar Indonesia menjadi juara dunia, mengalahkan 86 negara.

Hari ini beliau banyak berbincang dengan anggota PPI Kyoto, di Universitas Kyoto, Jepang. Beliau bercerita rahasia resepnya untuk menjadi seorang pengajar yang luar biasa. Mengapa luar biasa? Tentu saja karena sudah membuat pelajar Indonesia menjadi Juara Dunia di bidang Fisika.




Tetapi yang menarik buat saya adalah, beliau mengatakan bahwa orang Indonesia itu cerdas, jika diberi kesempatan dan dilatih dengan baik. Beliau mengatakan, ”tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanya anak yang tidak mendapat kesempatan belajar dari guru yang baik dan metode yang benar.” Untuk membuktikan pendapatnya ini, maka beliau pergi ke Papua untuk mencari murid yang paling bodoh, yang paling sering tinggal kelas, yang tidak bisa menjumlahkan, pokoknya yang bodohnya tak ketulunganlah kata orang Jakarta.

Mereka dibawa ke Jakarta, dalam tempo 6 bulan anak anak itu sudah menguasai pelajaran kelas 1 sampai kelas 6 SD. Ada satu orang anak yang sudah 4 tahun tinggal kelas di kelas 2 SD, dilatih kemudian menjadi juara nasional untuk olimpiade matematika, dan juga menjadi juara lomba membuat robot tingkat nasional. Banyak dari antara anak-anak papua yang paling bodoh itu, yang kampungnya paling terpencil, dimana semua orang masih pakai koteka, setelah di latih oleh guru yang baik dan metode yang benar, setelah diberi kesempatan, maka pada tahun 2011, anak-anak itu menjadi juara Olimpiade Sains dan Matematika Asia. Mereka merebut medali emas, perak dan perunggu.

Masih sungguh banyak prestasi yang dicapai Sang Guru ini, yang tak mungkin saya ceritakan dalam tulisan singkat ini. Tetapi cukuplah mewakili bahwa dengan memberi kesempatan bagi anak-anak dari desa terpencil di Indonesia, mereka bisa menjadi Juara Dunia.

Prof. Yohanes Surya PhD, setelah menyelesaikan studinya di USA, beliau sempat kerja di sana dan ditawari berbagai hal menarik supaya tetap di Amerika. Tetapi beliau memilih untuk pulang ke Indonesia untuk berbuat sesuatu untuk negeri-nya. Beliau punya mimpi, 15 tahun ke depan untuk mendidik anak-anak Indonesia yang paling tertinggal di berbagai daerah, sehingga mereka menjadi Doktor (PhD), 30000 doktor, yang disebar di seluruh pelosok negeri. Jika ini terwujud, maka Indonesia akan bisa berbicara di Tingkat Internasional, bahkan kita akan bisa bertanding dengan negara maju seperti Amerika.

Jika anak-anak Papua bisa menjadi juara olimpeade fisika, juara olimpiade matematika, Juara membuat robot, maka semua anak-anak Indonesia yang dianggap paling bodoh sekalipun di seluruh nusantara, jika diberi kesempatan dan dibimbing dengan metode yang benar, maka sangat mungkin menciptakan 30000 doktor yang tersebar diseluruh Indonesia. Dan ketika itu terjadi maka kemajuan negeri kita akan sama dengan Amerika, bahkan seperti pelajar Indonesia yang juara Olipiade Fisika, maka kita bisa jadi juara dunia, semua mungkin jika kita berusaha. Mestakung, kata beliau, semesta akan mendukung jika kita berusaha.

Apa rahasianya menjadi guru yang baik? Guru yang baik adalah guru yang bisa menginspirasi para muridnya, guru yang baik adalah guru yang bisa mengajarkan muridnya dengan mudah, ceria, dan senang. Metode yang diyakininya ini ternyata telah berhasil dengan luar biasa. Selain menjadi Juara Dunia di bidang Fisika dan Matematika, sudah banyak anak didiknya menjadi ilmuwan dan PhD terkemuka di dunia. Satu lagi, kita sudah menjadi lawan yang tangguh di bidang matematika dan fisika. Seumpamanya ini adalah pertandingan sepak bola, maka kita adalah Brazil atau Jerman. Tim yang sudah diakui dan ditakuti lawan sedunia.




Dan ini undangan resmi dari Prof yohanes

https://www.facebook.com/YS.OFFICIAL...08711659178348
Quote:
Impian Jokowi dan mahir berhitung GASING

Salah satu dari 7 impian Presiden Joko Widodo yang dimasukan dalam Kapsul Waktu adalah agar manusia Indonesia lebih cerdas dari bangsa-bangsa lain.

Apakah bisa?

Saya yakin bisa!!

Kita mulai dng langkah sederhana: Anak Indonesia mahir berhitung (kali, bagi, tambah, kurang, pecahan dan decimal)!

Dari pengalaman mengajar anak-anak daerah, mereka yang sudah mahir berhitung, lebih mudah belajar matematika, fisika, kimia dsb dan lebih percaya diri. Mereka seperti tanah yang subur, mau ditanami apa saja akan tumbuh besar. Beberapa juara matematika dari daerah dimulai dengan mahir berhitung.

Jan/Feb 2016 Surya Institute akan melatih 10 guru dari Jambi dan 10 guru dari Yapen (Papua). Uniknya tiap guru akan bawa 1 anak yang paling “bodoh” di daerahnya. Mereka akan dilatih selama 1-3 bulan. Setelah mahir, mereka akan kembali ke daerahnya menularkan metode belajar berhitung GASING (GAmpang aSIk menyenaNGkan). Goalnya dalam 2-3 tahun anak-anak didaerah mereka mahir berhitung.

Pemda/Yayasan/Lembaga pendidikan/bimbel/Sekolah yg tertarik mempercepat impian jokowi ini silakan kontak verlin.vitriana@surya.ac.id . Syaratnya tiap guru yang akan dilatih harus bawa 1 anak yang dianggap paling “bodoh”.

Semoga impian Jokowi (impian bangsa Indonesia) lebih cepat terwujud!!!

Selamat Tahun baru 2016. Tahun yang lebih penuh harapan!!!


Banyak kaskuser yang tanya, kenapa ngga jadi menteri. Ane udah pernah kasih artikel, bahwa dia ga mau.

http://nasional.tempo.co/read/news/2...apa-saya-mampu
Quote:
Dia mengatakan lebih baik berada di luar sistem dan siap berkontribusi membangun bangsa. Namun Yohannes berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk masuk bursa menteri. Menurut dia, pengembangan riset di Indonesia tak hanya aplikasi, tapi juga yang fundamental, yaitu budaya riset.


Terima kasih buat mimin yang udah bikin thread ane HT

Spoiler for "komentar kaskuser":

Quote:Original Posted By mudah dihafal






Prof.Yoh
uda punya gedung sendiri gan.....














Quote:Original Posted By antons.nots
Semoga semakin banyak orang indonesia yg kayak beliau.. mempunyai cita cita luhur mencerdaskan anak anak bangsa agar bangsa indonesia ini menjadi bangsa yg cerdas dan tidak gampang dibodohi negara lain.. aaminnn


Quote:Original Posted By sugy46
wah bagus nya di buat kan sekolah khusus nih
biar jadi bibit bibit anak emas nya indonesia


Quote:Original Posted By sekeletep
sayang ga diangkat jadi menteri


Quote:Original Posted By Zeta_jf
ada yg pernah baca buku pelajaran fisika karangan dia?
cara pengajarannya memang beda
siswa yg diajak untuk lebih mengetahui tentang pelajarannya sendiri
banyak menggunakan contoh kehidupan sehari-hari
apliaksi fisika sendiri itu gimana buat hidup sehari-hari, seperti tuas, gaya dan tekanan, dsb
bukan cuman tentang teori fisika doang atau rumusan doang
murid jadi lebih paham tentang fisika sendiri tanpa harus menghapal rumus


Quote:Original Posted By filusufkacang



mmg bener...

susah mencari manusia yg cerdas secara emosional...

waktu saya masih kerja dulu di situ bisa saya lihat bahwa ternyata manusia indonesia yg otaknya cerdas itu banyak sekali...

tapi dari yg banyak itu tak banyak yg punya etos kerja baik, disiplin, dewasa mentalnya, tidak mengedepankan emosi, ahli mengambil jalan tengah, pandai mendamaikan pihak yg bersengketa, tidak gampang terbawa arah, tidak mudah menyerah, tidak cengeng, dlsb...


Quote:Original Posted By kily89
prof. YS dan team juga terlibat dalam pengembangan drone dalam negeri untuk pertahanan lho....mungkin ada project" lainnya yang kita ga tau, tapi dah terlibat sama pemerintah sejak era sebelum nya kok....
kalau mau ketemu beliau juga bisa dateng ke universitas sekaligus lab nya tuh....gedung yang dikasih tau kaskuser di halaman sebelumnya.....


Quote:Original Posted By dafaKuzan
senior.. salam hormat..
bukan cum laude tapi biji di ipk nya dominan A semua.. ada yg dpt B malah diulang..

semangat prof.. fisika ui sangat kekurangan prof seperti bapak


Quote:Original Posted By sayapekok


INDONESIA gan

Lebih suka hal2 berbumbu daripada non berbumbu

FYI, saya sampai sekarang salut sama om Yo

Awal mula menyukai fisika karena om Yo rajin membuat rubrik fisika itu asyik di Kompas sekitar awal 2000an



Quote:Original Posted By caldanesee
hahahaha si prof yohanes mah emang mantep tuh gan,anak anak papua yg diabawa dari papua ke jakarta itu kalo tidak salah dibiayai bahkan beliau ini mendirikan universitas tp saya lupa namanya nah selain itu dia juga membuat buku loh coba cek matematika itu asik yg dibuat oleh prof itu sendiri dengan tampilan yg menarik seperti komik agar murid tidak bosan membacanya


Quote:Original Posted By wheel87
salah satu org pinter yg jarang terekspos media.
jadi bangga pernah wwncara face 2 face sm beliau.
orgnya rendah hati gan bener deh walaupun nggak gitu byk bicara.
berwibawa deh pokoknya.
metode ngajarnya jg gampang dmengerti anak2 yg 'belom pinter'.
no pic = hoax ya?

*waktu dinas gak pakek seragam




Quote:maka beliau pergi untuk mencari murid yang paling bodoh, yang paling sering tinggal kelas, yang tidak bisa menjumlahkan, pokoknya yang bodohnya tak ketulunganlah kata orang Jakarta.



yang berat mengangkat mental sang anak.. merubah prilaku nya menjadi seorang yg bisa mengatur waktu.dan menghargai waktu .. .. memberikan semangat dan dorongan ...

perlu kesabaran level dewa


salut buat pak profesor....
jarang pendidik yg seperti beliau ..
Panasbung antri yg rapih
Aku kalau ingat prof jo,selalu ingat prof zaman dulu yg rada tampil beda,tp beliau emang jenius abisss kok

Semoga ada panasbung yg daftar atau Dr Ongen....gak percaya aku sama ke Doktoran Ongen.Biar diterapi dulu si Bodat itu

atas ane paling idiot
Trademark goblog siapa ayo?


Quote:Original Posted By J_Sinaga
gw kalau ingat prof jo,selalu ingat prof zaman dulu yg rada tampil beda


klo pendidik jaman sekarang...... anak bodoh kagak bisa nulis ama baca..... orang tua nya di panggil... di suruh di ajari di rumah....
Clue buat trademark goblog


Horang kaya Dari Singapore, bangke





Klo panastak udah gak bisa di ajarin kayaknya , otaknya udah terkontaminasi aer kovokan
summon cassa
Quote:Original Posted By the.chef
Trademark goblog siapa ayo?




siapa lagi kl bukan uclim a.k.a jeduker
Quote:Original Posted By scra


siapa lagi kl bukan uclim a.k.a jeduker


dah mncul hewan goblog nya...
ni jenis baru, bukan nasbung ato nastak, tp nasar...
kl ngelatih kodok bisa ga?
Prof. Yohanes pasti ga bisa mendidik PANASBUNG ini:





yg males banyak
Quote:Original Posted By liberte.
Prof. Yohanes pasti ga bisa mendidik PANASBUNG ini:







apalagi ke 2 orang ini....gak bakal bisa di didik jd normal lagi....harus tukar otak dgn simpanse

ini baru pahlawan, aset negara yg harus dijaga.

awas aja 10 tahun lagi jadi WNA. krna gak diperduliin di indo
coba semua guru di indonesia seperti ini,pasti indonesia sudah mengalahkan negara2 lain
Quote:Original Posted By scra


siapa lagi kl bukan uclim a.k.a jeduker


yohanes surya, masih kalah ama junjungan, buta huruf ga bisa baca tulis aka goblok tetap bisa jadi saudagar sukses, si surya ga
Quote:Original Posted By hooligancrew
ini baru pahlawan, aset negara yg harus dijaga.

awas aja 10 tahun lagi jadi WNA. krna gak diperduliin di indo


Udah ditawarin gan. Banyak negara nawarin dia. Tapi di Indo dia berjuang sendiri, ngga ada yang gubris. Berita Prof Yohanes hampir ga pernah nongol di media. Ini juga ane ambil dari liputan liputan khusus. Di Indonesia orang pinter orang bener itu ga dihargain gan.
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar