Pages


Senin, 05 Oktober 2015

Merasa Tua untuk Memulai Bisnis? Coba Baca dulu deh Kisah Mereka



Quote:WELCOME TO MY THREAD

Alhamdulillah akhirnya thread ane bisa jadi HT terima kasih ane ucapkan kepada mimin,momod,dan kaskuser yg udah bantu thread ane ini jadi HT,khususnya buat agan Uklunk yg udah ngasih saran dan masukin sehingga bisa jadi HT,makasih banyak gan



Spoiler for cek repost:




Quote: Assalamualaikum Wr Wb
Hay selamat malam agan dan sista skalian,gimana kabarnya? saya doain smoga sehat slalu dan selalu diberikan nikmat yg tak terbatas dan smoga kita selalu dalam lindungan-Nya

Apakah sukses memiliki tenggat waktu ? Dan jika ya , apa usia terbaik untuk sukses ? tentu jawabannya sukses tidak mengenal waktu,why? karena sukses itu soal sikap pantang menyerah,berani mencoba, disiplin,dan sabar. Jika kita bisa melakukan ke4 hal itu untuk mencapai kesuksesan, kemungkinan kesuksesan tersebut akan datang kepada kita,baik cepat atau lambat. berikut beberapa orang yg kesuksesannya datang disaat mereka seharusnya istirahat dan tinggal menikmati hidup



Quote:Ray Kroc



Ketika umurnya masih 15 tahun,Om Kroc terdaftar sebagai sopir ambulans untuk Palang Merah pada saat Perang Dunia II. Usai Perang Dunia II,Om Kroc kembali bekerja di sebuah perusahaan sebagai salesman gelas kertas. Ketika menjual gelas kertas, dia bertemu dengan Earl Prince, penemu alat mixer yang bisa digunakan untuk membuat milkshake.


Suatu ketika, penjualan gelas kertas milik perusahaan Om Kroc menurun sehingga manajemen terpaksa memotong gajinya sekitar 10%.Om Kroc pun tidak menerima, karena ia beranggapan bahwa ia bekerja lebih keras dari yang lain dan memang itu kenyataannya. Merasa takut kehilangan seorang salesman terbaiknya, manajemen pun mengabulkan keinginan Kroc. Namun tak lama kemudian, manajemen malah memotong gaji anak buah si Om Kroc. Eh ternyata Om Kroc berang kepada manajemennya dan memutuskan untuk keluar dari perusahaan.


Setelah keluar,Om Kroc berusaha mencari bisnis lain untuk menopang hidup. Om Kroc kemudian menemui Earl Prince. Om Kroc kemudian merayu Earl untuk memberinya hak eksklusif untuk memasarkan formula milkshake buatan Earl. Earl mengabulkannya, dan dalam waktu 15 tahun, Kroc berhasil memasarkan produk ini ke seluruh Amerika.

Ketika menjual milkshake, Om Kroc baru sadar kalo pelanggannya tuh datang dari sebuah restoran di California, yang dimiliki sama McDonald bersaudara. Om Kroc pun prgi ke California untuk melihat bisnis mereka.
Sesampainya disana, Om Kroc mengajukan diri buat jadi terwaralaba bagi McDonald dan pada tahun 1954,Om Ray Kroc membuka McDonald's pertamanya di Des Plaines, Illinois. Pada tahun 1961, Om Kroc berhasil membeli McDonald's Corporation seharga $2.7 juta dari McDonald bersaudara.

Restoran McDonald's Pertama


Akhir 1961,Om Ray Kroc mulai merekrut franchisee secara besar-besaran. Strateginya berhasil, profit perusahaan meningkat. Modal ini dipakai untuk membiaya promosi produk besar-besaran, sekaligus mengenalkan maskot perusahaan: Ronald McDonald’s.

Ronald McDonald's


Sejak itulah McDonald’s terus melakukan ekspansi, termasuk ke berbagai negara tidak terkecuali di Indonesia dan disini sudah ada sekitar 111 cabang. Pada tahun 1974,Om Ray Kroc membeli tim baseball San Diego Padres, dan Om Ray Kroc meninggal tahun 1984 pada usia 81 tahun, hanya sepuluh bulan sebelum McDonalds menjual hamburger ke 50 miliar-nya



Quote:J. K. Rowling


Joanne Kathleen Rowling a.k.a J. K. Rowling mempunyai masalah yang cukup membuat dirinya kesulitan, yaitu dia harus diceraikan suaminya saat umurnya menginjak 29 tahun dan dia tidak mempunyai pekerjaan untuk bisa memberi makan anak perempuannya yg masih bayi


Semasa hidup dalam kesusahan itu, doi mulai menulis sebuah buku. doi merasa kemampuan menulisnya mungkin bisa menjadi jalan keluar untuk hidupnya yang sulit, tetapi doi tak mempunyai komputer ataupun uang untuk membayar foto kopi naskah yg berisi puluhan ribu kata, doi hanya mempunyai sebuah mesin tik tua dan doi terpaksa mengetik ulang naskah yang sama hingga beberapa kali agar bisa diserahkan ke beberapa penerbit. Setelah naskahnya tersebut beres kmudian doi mencoba untuk menyerahkan naskahnya kepada penerbit dan doi beberapa kali ditolak namun doi tidak menyerah dan akhirnya Bloomsbury, sebuah perusahaan penerbit berskala kecil di London memberikan doi kesempatan kedua setelah anak perempuan dari CEO perusahaan tersebut yang kala itu masih berusia 8 tahun, jatuh cinta dengan novel karya doi.

Menjelang musim panas pada tahun 2000, tiga buku pertama Harry Potter: Harry Potter dan Batu Bertuah, Harry Potter dan Kamar Rahasia, dan Harry Potter dan Tawanan Azkaban telah menangguk keuntungan lebih kurang 480 juta dolar AS. Pada Juli 2000, Harry Potter dan Piala Api telah dicetak buat pertama kalinya sebanyak 5,3 juta naskah.

kemudian novel-novelnya doi ini dari seri 1 s/d seri 7 diangkat ke layar lebar semua. Harta kekayaannya sekarang mencapai lebih dari 1 milyar dollar (Rp. 14 trilyun) yang hampir semuanya didapat dari royalty buku dan film Harry Potter.



Quote:Kolonel Harland Sanders



Kolonel Harland Sanders adalah seorang pengusaha Amerika yang mendirikan Restoran waralaba, Kentucky Fried Chicken atau disingkat KFC.
Pada usia 15 tahun Sanders bergabung dengan tentara Amerika Serikat dengan memalsukan tanggal kelahirannya. Selama itu pula, Sanders sudah beberapa kali gonta ganti profesi. Mulai dari jadi pilot kapal uap, agen asuransi, petani,dsb. Akhirnya ia menemukan pekerjaan tetap sebagai petugas pemadam kebakaran di perusahaan kereta api Amerika.

Pada 1908, Harland Sanders menikah dengan Josephine King. Mereka dikaruniai tiga orang anak,suatu ketika Harland Sanders dipecat dari pekerjaannya karena membangkang atasannya. Istrinya lalu pergi meninggalkannya dengan membawa anak-anaknya.

Pada umur 40 tahunan, Ia mulai putus asa,karena Ia sudah beranjak tua tapi ia merasa belum berhasil dalam hidupnya. Suatu ketika Harland Sanders membeli sebuah stasiun Makanan, Motel dan Cafe di Corbin, sebuah kota di Kentucky. Disepanjang jalur itu sangatlah ramai oleh penduduk yang ingin bepergian ke Florida dan wilayah lain di belahan Utara Amerika, sehingga pastinya arus pelanggan sangat banyak.

Motel and Cafe in Corbin



Pada 1937, ia pun mengembangkan usahanya dngn membuka Motel Sanders Court & Cafe yang merupakan restoran cepat saji yang berdiri sendiri.

Motel Sanders Court & Cafe



Pada tahun 1956 usaha Sanders pun mulai merugi, ia bahkan harus menjual property-nya senilai 75.000 USD guna membayar hutang. Dia bahkan nyaris bangkrut diusia 66 tahun, dan hidup dengan mengandalkan sisa tabungan serta uang jaminan sosial sebesar 105 USD sebulan.

Sanders lalu memutuskan menjual resep rahasia kepada Plankton, eh mksudnya kepada restoran lain Butuh waktu lama sampai ia mendapat pelanggan pertamanya. Menurut kontrak, Sanders hanya mendapat bagian 5 sen dari tiap potong ayam yang berhasil terjual. Hingga pada tahun 60-an, kolonel Sanders sudah memiliki ratusan cabang franchise di restoran yang ada di Amerika.

Empat tahun kemudian, Kentucky Fried Chicken berada dipuncak kesuksesan. Kolonel Sanders lalu memutuskan menjual perusahaannya itu kepada seorang investor swasta bernama John Y. Brown, Jr. Dari penjualan itu, Sanders menerima 2 juta USD dan tetap menjadi penasehat resmi perusahaan dengan gaji 250.000 USD pertahun. Pada 1980, Harland Sanders meninggal dunia diusia 90 tahun..


nih ane kasih sesuatu buat yg pernah ditolak




Quote:Jan Koum


Jan Koum adalah CEO dan pendiri WhatsApp bersama Brian Acton. Koum dibesarkan di sebuah desa di luar Kiev, Ukraina. Ia pindah ke California bersama ibu dan neneknya tahun 1992.

Pada usia 16 tahun Koum bekerja sebagai tukang sapu di sebuah toko untuk memenuhi kebutuhan hidup, sementara ibunya mengambil profesi baru sebagai baby sitter. Saat masa sekolahnya Koum beberapa kali terlibat masalah karena "membalas anak lain yang mengganggu". Untung, dia terbantu dengan postur badan yang tinggi menjulang mencapai 188 cm.

Pada 1997 Koum bertemu dengan Brian Acton dari Yahoo. Dan Koum mulai bekerja di Yahoo. Koum menjalin persahabatan dengan Acton, yang banyak membantu Koum ketika sempat hidup sebatang kara setelah ibunya meninggal pada tahun 2000 dan Sang ayah telah lebih dulu wafat pada 1997.

Jan Koum with Brian Acton



Menghabiskan sembilan tahun bekerja di Yahoo, Koum merasa tidak nyaman dengan banyaknya iklan yang harus diurus dan bertebaran di mana-mana. Acton rupanya merasakan hal serupa. Koum dan Acton kemudian memutuskan keluar dari Yahoo pada hari yang sama.

Koum ketika itu berusia 31 tahun dan telah mengumpulkan uang untuk memulai bisnisnya sendiri. Dia bertekad bahwa bisnisnya ini tak akan direcoki oleh iklan yang mengganggu. Koum dan Acton sempat mencoba melamar di Facebook dan sama-sama ditolak.


Pada 2009, Koum membeli sebuah iPhone dan Koum mendapat ide untuk membuat aplikasi yang bisa menampilkan update status seseorang di daftar kontak ponsel dan nama yang muncul di benak Koum adalah "WhatsApp" karena terdengar mirip dengan kalimat "what's up" yang biasa dipakai untuk menanyakan kabar.
Pada 24 Februari 2009,idenya tersebut terwujud dan dia mendirikan perusahaan WhatsApp Inc di California.


Secarik kertas yg berisi motto WhatsApp yang ditulis tangan oleh Brian Acton menghiasi ruang kantor Jan Koum
"Tidak Ada Iklan! Tidak Ada Permainan! Tidak Ada Gimmicks!"




WhatsApp versi pertama benar-benar dipakai sekadar untuk update status di ponsel kemudian Koum merilis WhatsApp versi 2.0 dengan komponen messaging. Jumlah pengguna aktifnya langsung melonjak jadi 250.000 orang dan pada saat itu usaha Koum pun melejit bak roket. Kini, WhatsApp telah mempunyai pengguna aktif per bulan mencapai 450 juta. Setiap hari, sebanyak 18 miliar pesan dikirim melalui jaringannya. Kini, WhatsApp telah dibeli Facebook dengan nilai 19 miliar dollar AS (sekitar Rp 223 triliun). Kekayaan Koum yang memiliki 45 persen saham WhatsApp diperkirakan melonjak jadi 6,8 miliar dollar AS.




Quote:




itulah beberapa orang yg sukses saat berusia 30an. sebenernya msh bnyak para pengusaha yg sukses saat umur 30an tapi ane cmn baru bisa masukin mereka ber4,ntar ane update lagi Kesimpulannya dari isi tritnya adalah, meski memang kesuksesan itu tdk mengenal umur,tapi alangkah baiknya kita hrus berusaha agar bisa sukses di usia muda spaya saat usia sdh mlai tua kita tinggal nikmatin hasil masa muda kita dan jika umur kita sudah mulai beranjak tua JANGAN MENYERAH terus berusaha,Tuhan pasti memberikan jalan terbaik bagi umatnya yang selalu berusaha dan jangan lupa berdoa karena Berdoa tanpa usaha akan menjadi sia-sia dan Usaha tanpa berdoa pun akan sia-sia pula. smoga kita smua bisa diberikan kesuksesan Aamiin



Quote:SUMBER 1 2 3 4 5 6

Quote: Rekomen HT

BOLEH DONG YG SEGER-SEGER



ATAU

BANTU RATE



Kunjungi Thread Ane Yang Lain Ya

Istilah-Istilah Street Art Yang Wajib Agan Ketahui

Cara Bersenang-senang dengan Patung



Quote:cerita inspiratif kaskuser

Quote:Original Posted By silveria1412
yoi.. betul banget nih gan..
ane numpang share pengalaman ane.. siapa tau di pinned di depan.. hehehe..
ane juga gan, waktu kuliah ngeliat kesempatan di percetakan merchandice yang sering dipakai di organisasi seperti pin, id card, nametag, sertifikat, stiker,poster. keliatannya sih kecil, tapi untungnya lumayan loh gan.. ditambah ane juga terima order2 yang besar juga, tapi ane lempar ke vendor, seperti banner, spanduk, jaket, emblem.
ane mulai usaha percetakan kecil2 an karena dulu ane di suatu organisasi megang bagian merchandice ini.. sewaktu taon pertama ane pegang, ane ngerasa ini bisnis yang nguntungin nih. diliat dari beberapa sisi seperti, ordernya rutin karena tiap bulan ada event, modalnya ga gede, bahan2nya murah, waktu yang digunain buat kerjain fleksibel, untungnya lumayan gede untuk ukuran modal yang kecil. nah makanya usaha ini cocok banget sih buat yang masih kuliah di universitas. oya satu lagi, promosinya gampang cuma dari mulut ke mulut. begitu pada tau cetak di kita lebih murah dan flexibel, pasti pada cetak sama kita.
usaha percetakan yang ane jalanin tergolong usaha yang lancar sih, dengan modal kurang lebih 10 juta, bisa meraih BEP kurang lebih 2 bulan. waktu pertama sih emang perjuangan buat promosi ke organisasi lain supaya cetak sama ane. tapi setelah perjuangan yang keras, selanjutnya tinggal terima repeat order aja. dari bisnis ini ane bisa bayar uang semesteran sendiri, sisanya bisa buat jajan.. hehehe..
sayangnya waktu ane lulusan, ane berpikir buat lanjut kerja sesuai bidang kuliah yang ane ambil
setelah setaon kerja di perusahaan swasta, ane ngrasa bosen, pengen lanjut kuliah lagi di luar negri.daripada ga kepake, ane sih kepikiran pengen jual mesin2 ane..
Spoiler for berikut linknya buat agan2 yang tertarik sama kisah ane:

so what are you waiting for? start your entrepreneurship story from this day..


UPDATE!!!


Quote:Amancio Ortega


Amancio Ortega pendiri sekaligus pemilik dari Ritel dan aksesoris terkenal bermerk Zara
saat usianya 13 tahun,ia bekerja sebagai pengantar di tempat pembuatan pakaian mewah. Tapi lama kelamaan jabatannya naik menjadi asisten penjahit,tau ga alasannya? alasannya tuh karena ia tekun dalam bekerja dan kerja kerasnya hebat sehingga ia dipercaya oleh pemilik rumah jahit.

Pada tahun 1966 Ortega menikahi Rosalia Mera dan pada 1975, dia mendirikan toko Zara bersama istrinya Mera di depan toko perbelanjaan paling penting di kota Spanyol.

ZARA


Tempat itu merupakan lokasi yang sangat strategis. Bisnisnya terus maju dengan pesat karena harganya yang murah dan kualitasnya yang mewah. Pada 1989, Ortega tercatat telah membuka hampir 100 toko Zara di Spanyol. Saat ini, terdapat lebih dari 1.700 toko Zara di 86 negara yang tersebar di enam benua.

Ortega membangun kerajaannya pada dua aturan dasar: Berikan pelanggan apa yang mereka inginkan, dan berikan lebih cepat daripada orang lain

Ortega terkenal sebagai Milyarder Misterius karna ia sangat melindungi kehidupan pribadinya dari sorotan media dan publik. Perusahaannya juga hanya memberikan sedikit informasi tentang dirinya. Selama berpuluh-puluh tahun Ortega hanya memiliki satu foto saja untuk media. Foto tersebut pertama kali muncul dalam laporan keuangan tahunan perusahaannya pada 1999. Namun setelah itu paparazzi berhasil mendapatkan beberapa
fotonya.

Ortega seumur hidupnya baru mengizinkan tiga jurnalis untuk mewawancarainya dan rahasia pribadinya mendorong sejumlah orang menulis buku tentang dirinya, seperti Amancio Ortega: de cero a Zara (From Zero to Zara).

Amancio Ortega: de cero a Zara (From Zero to Zara)



Pada Desember 2012, media Spanyol mengabarkan Ortega membayar US$ 500 ribu untuk mencegah paparazzi mempublikasikan foto anaknya, Marta yang tengah berbulan madu bersama suaminya. Meski kekayaannya datang dari bisnis pakaian, tapi Ortega selalu berpakaian sangat sederhana.
Dia selalu mengenakan blazer biru, kemeja putih dan celana abu-abu. Uniknya, semua pakaiannya tersebut bukan produk Zara. Tak hanya itu, sebagai bos yang paham betul arti kemiskinan, dia selalu pergi ke kedai kopi yang sama setiap hari. Dia bahkan selalu makan siang bersama karyawannya di kafetaria kantor.

ada hal unik dibalik sifat Ortega ini,yaitu di hari pertama saat dia menjual saham Inditex (sebuah perusahaan pakaian multinasional di mana dia memiliki 60% sahamnya) pada 2001 dan diumukan sebagai pria terkaya di Spanyol, dia tak membuat perayaan besar. Dia tetap bekerja. Dia hanya menonton TV selama 15 menit untuk melihat dirinya dikabarkan memperoleh uang US$ 6 miliar. Pada tahun 2011, Ortega menyatakan pensiun dini dari Inditex, perusahaan induk Zara, dan meminta wakil presiden dan CEO Inditex Pablo Isla menggantikannya sebagai pemimpin raksasa tekstil ini. Menurut Forbes, kekayaan Ortega pada tahun 2013 sebesar $57 miliar atau setara Rp 659,3 triliun. Namun sebagai miliarder, dia tak banyak berubah, tetap sederhana.



Quote:William Edward Boeing


Dia adalah seorang pendiri perusahaan pesawat Boeing yang dulunya adalah seorang penebang kayu dihutan didaerah Grays Harbour selama beberapa tahun dan kemudian Boeing pindah ke Seattle sambil menjadi pengusaha kayu. Di Seattle dia menjadi direktur utama di Greenwood Logging Company miliknya,kemudian Boeing mempunyai impian untuk membuat pesawat terbang, akan tetapi impiannya selalu kandas karena ditentang oleh ayahnya.


Bersama George Conrad Westervelt (seorang insinyur angkatan laut Amerika yang ahli pesawat terbang) pada tahun 1916 Boeing menyulap perusahaannya kayu miliknya Greenwood Logging Company menjadi industri pesawat terbang yg diberi nama Pacific Aero Products
Boeing merekrut beberapa orang insinyur yang ahli dalam pesawat terbang. Setelah berhasil membuat 2 pesawat kemudian Boeing mencoba menjual pesawatnya. Di sini Boeing menemui kegagalan karena orang belum percaya dengan kemampuan pesawat terbang.
Akhirnya Boeing berhasil menjual pesawatnya kepada Angkatan Laut Amerika. Disinilah Angkatan Laut memesan 50 buah pesawat terbang untuk digunakan dalam perang dunia II. Berita ini merupakan berita baik sekaligus berita buruk. Berita baiknya karena pesawatnya laku, tetapi ini juga merupakan berita buruk karena Boeing tidak punya modal. Akhirnya Boeing memperoleh pinjaman dengan menjaminkan seluruh harta bendanya. Ketika pesanan mulai jadi dan dikirimkan ke angkatan laut Boeing juga memberikan rancangan pesawat terbarunya (Model HS 21), ketika itu karyawan Boeing sudah 317 orang.


Lagi-lagi berita buruk datang karena perang dunia I berakhir sehingga pihak militer membatalkan pesanan pesawatnya. Ini merupakan pukulan yang sangat keras bagi Boeing, sehingga perusahaan pesawatnya berubah menjadi perusahaan kayu lagi. Setelah keuangan mulai membaik Boeing mulai berusaha untuk tidak tergantung pada militer. Pada tanggal 3 Maret 1919 akhirnya Boeing mendirikan perusahaan Pos Udara, dan pada & Januari 1920 untuk pertama kalinya pesawat B-1 dijual ke Kanada.


Pada 30 Juni 1927 berdirilah Boeing Air Transport yang merupakan perusahaan angkutan penumpang udara.

Boeing Air Transport


Pada saat ini perusahaan pesawatnya telah menjadi perusahaan pesawat terbesar di seluruh negeri. Perusahaan Boeing terus berkembang, walaupun cobaan demi cobaan terus terjadi. Salah satunya sehabis perang Dunia II. Akan tetapi dengan kesungguahan William Edward Boeing dan anak buahnya. Pada 28 September 1956 pengusaha kayu yang telah berubah menjadi pengusaha pesawat terbang ini meninggal. Akan tetapi hasil kerja kerasnya sampai sekarang masih bisa kita nikmati.



FYI, Boeing memiliki dua divisi utama yaitu Boeing Integrated Defense Systems (IDS) dan Boeing Commercial Airplanes (BCA).
Boeing Integrated Defense System bertanggung jawab untuk produk militer dan angkasa, sementara Boeing Commercial Airplanes bertanggungjawab untuk pesawat sipil.
kisah yang inspiratif
ane abegeh imut unyu unyu
insipiratif bgt mereka, semoga bisa jd salah satu ky orang2 diatas..
Wah ane blm terlalu tua donk kl sdh bisnis skrg
mantep gan coba ditambah2in gan
ane seneng bacanya buat motivasi
Nice trit gan
sayang wa nya di jual yah gan
Quote:Original Posted By epopolocrois
kisah yang inspiratif

iya gan inspiratif bngt memang mreka tuh

Quote:Original Posted By atseida31
insipiratif bgt mereka, semoga bisa jd salah satu ky orang2 diatas..

iya gan, Aamiin tpi smoga aja msih muda pun kita bisa se sukses mreka

Quote:Original Posted By rizal wirawan
mantep gan coba ditambah2in gan
ane seneng bacanya buat motivasi

siap gan,ntar ane coba tambahin pengusaha yg lain

Quote:Original Posted By adamachmud
Nice trit gan

makasih gan
Quote:Original Posted By approve.cc
sayang wa nya di jual yah gan


nah iya gan sayang bngt wa nya dijual padahal bisa lbih dikembangin lagi
Quote:Original Posted By akunku.dibanned
ane abegeh imut unyu unyu

slain unyu-unyu,cabe-cabean atau terong-terongan jga gan?

Quote:Original Posted By liputanmlm.com
Wah ane blm terlalu tua donk kl sdh bisnis skrg

emng umur ente brpa gan? blum nginjak 30an kan? ya psti blum trlalu tua dan smoga bisa ditingkatkan lgi bisnisnya
Coba dirapiin lagi tritnya gan biar makin enak mbacanya, bisa jadi HT tuh

Sipp mantaf inspiratif gan...
inspiratif bgt gan,ane bookmark ya
sip bener isi threadnya
numpang bookmark ya gan
Quote:Original Posted By uklunk
Coba dirapiin lagi tritnya gan biar makin enak mbacanya, bisa jadi HT tuh

udah gan,beres

Quote:Original Posted By qwertytyuiop
Sipp mantaf inspiratif gan...


Quote:Original Posted By m46ic
inspiratif bgt gan,ane bookmark ya


Quote:Original Posted By sasukechan
sip bener isi threadnya
numpang bookmark ya gan


makasih gann silahkan aja kalo mau di bookmark
Cakep nih trit, kalo gak jadi HT berarti opicernya lg mabok cendol

Ane bantu sundul gan
Widih, iya gan. Tiada kata telat dalam berusaha
inspiratif sekali thread ini, bikin semangat ane balik lagi (udah kayak iklan)
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar