Trimakasih buat agan-agan semua, ini Hot Thread pertama ane. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat agan-agan.
Malam mimin serta agan dan sista, ane mau sharing informasi berdasarkan survey dan pengalaman ane sendiri
Sebelumnya jangan lupa rate dan boleh nih minta yang seger-seger nya ...
Jadi semuaya berawal dari ane ngerjain skripsi, biasa kalo lagi sibuk ide banyak tertaburan hehehe... Langsung aja ane bikin gambar-gambarnya segala. Oke, Langsung aja cekidot gan!
Namanya bisnis pasti ada pasang surutnya, kadang kalo langkahnya salah malah surut terus gk pasang-pasang .
Tapi setiap manusia harus belajar dari kesalahan, nah berikut ane rangkum hasil pembelajaran yang ane dapet selama ini tentang bisnis agar selalu laris kedalam 7 Strategi Jitu Agar Bisnis Banyak Pelanggan.
Kalau bisnis,pasti agan merasa produk agan ini bagus dan berkualitas dong, kalo enggak pasti gak agan jual. Kalo produk agan dirasa bagus dan membawa manfaat buat konsumen, jangan takut kasih garansi!. Percaya deh memberikan Garansi akan menaikan kepercayaan konsumen karena mereka merasa aman dan mereka menganggap kita profesional karena menjamin barang yang sampe ketangan konsumen adalah barang dengan kondisi baik.
Terkadang penjualan hanya melihat "Trend" mereka latah dengan kondisi atau mereka malah justru idealis dengan ngerasa ide mereka adalah paling bener. Nah ini nih yang sering bikin gagal. Motivasi agan harus dilurusin lagi deh... jualan itu agar konsumen merasakan manfaat dari produk kita. Jadi kalo agan ngerasa produknya gk bermanfaat atau manfaatnya dikit jangan dijual sampe agan tau bener manfaat produk agan. Soal kalo agan sendiri ngerasa gk bermanfaat / gak teralu bawa manfaat buat orang lain dan buat agan sendiri jualnya pun akan setengah hati. Akhirnya berhenti deh di tengah jalan. dan inget yang terpenting adalah jujur... Jangan ditambah-tambahin keterangan palsu.
Sekarang jaman canggih nih... Mayoritas orang terhubung dengan internet. Perlu agan ketahui bahwa pengguna internet saat ini mencapai kurang lebih 63 juta orang. Dari angka tersebut, 95% menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Nah, udah kebayangkan berapa banyak pelanggan yang dapat kita jangkau jika kita mencoba memperkenalkan usaha kita melalui Social Media. Simple aja aja gan jangan ribet ribet. Misal ane punya usaha pencarian tenaga kerja arsitek dan desain interior nih, ane bikin fanspage namanya "arcely" (ganti nama usaha agan) didalemnya kasih keterangan misal "kami menghubungkan para arsitek dan interior desain dengan orang yang butuh jasa desain interior dan arsitektur". Terus yang terpenting kasih call to action "Kami dapat diakses di situs arcely" misalnya. Gampang kan gan? yang penting agan harus jelas mendeskripsikan apa usaha agan dan bagaimana cara orang terhubung kedalamnya.
Habis manis sepah dibuang ini gan yang customers gak suka. Kalo kayak gitu agan terlihat gk profesional didepan customers. Akhirnya customers akan gk loyal juga sama usaha agan. Jadi pastikan setelah mereka membeli produk anda, tetaplah memberikan pelayanan kepada mereka. Seperti misal memberikan layanan konsultasi 24 jam, garansi uang kembali setelah satu minggu jika barang bermasalah, atau seperti usaha saya "Gratis Konsultasi / tidak puas uang kembali" jangan lupa kasih keterangan syarat dan ketentuan. Inget ya syarat dan ketentuannya bukan untuk jebak konsumen, tp untuk menjaga hak konsumen.
Salah satu cara yang dapat kita gunakan agar usaha kita banyak di bicarakan orang adalah dengan membuat suatu kompetisi. Tentunya dengan hadiah unik dan menarik yang bisa kalian tawarkan, karena kebanyakan orang pasti suka dengan tantangan. Semakin banyak peserta kompetisi usaha anda akan semakin terkenal. Karena usaha anda akan lebih banyak di bicarakan oleh banyak orang. Misalnya kayak ayam tetangga yang mengadakan kompetisi banyak banyakan makan ayam hadiahnya 5 ember. nah kan heboh tuh jadinya, inget juga ya... cari hadiah yang harganya murah tapi keliatan banyak
Kalo misal nih... agan ada yang ngucapin ulang tahun, agan bakal marahin tuh orang? Umunya enggak, tp kalo ada yang marah mungkin satu atau dua orang, itu pun ucapinnya pake dilempar telor . Nah jadi jangan sungkan untuk tetap menjalin hubungan baik dengan pelanggan agan, mulai dari yang kecil aja seperti memberikan ucapan pada saat hari-hari spesial seperti hari-hari besar keagamaan, hari kasih sayang, atau bahkan hari ulang tahun pelanggan anda. Jika ada mempunyai modal lebih, anda bisa memberikan kartu ucapan, mengirimkan parcel atau sebagainya. Contohnya ada nih di perusahaan yang setiap lebaran ngasih parcel ke distributornya jadi itu distributor makin loyal sama perusahaan tersebut dan semnagat pastinya jualin produk kita.
Buat agan yang punya tempat usaha seperti restoran, cafe, kantin dll. Sediakan tempat yang nyaman dan menarik, tidak cukup hanya sekedar promosi. Ingat nih gan pelanggan akan datang pertama kali karena promosi, tapi pelanggan akan anda datang kembali ke tempat agan sambil membawa teman atau rekan kerjanya jika mereka merasa tempat agan yang nyaman, bersih, dan menarik untuk berkumpul/sekedar nongkrong . Untuk itu desain tempat usaha yang nyaman dan menarik sangatlah penting. Saran ane sih gunain jasa desain arsitek dan interior desain gan dan carinya di situs kontes desain khusus arsitek dan interior desain gan, karena agan bisa dapet banyak desain dengan bayaran yang sama hihihi . Jadi uang yang agan keluarin gk sia-sia, semua dapat terserap ke bisnis agan.
Nah gimana? sudah ada pencerahan untuk usaha agan? agan pasti merasa beberapa bagian adalah hal umum, namun perlu agan tau kalo kegagalan itu biasanya diawali dengan masalah yang kecil. Justru karena umum dan kecil itu lah menjadikan kita tidak memperhatikan masalah tersebut.
Makasih ya buat agan-agan yang udah baca tips-tips dari ane. jangan lupa dan kasih . Semoga bisnis agan makin sukses dan jangan lupa inget ane yang ngasih tips hehehe... Salam sukses dari ane ya gan
Quote:Original Posted By shenasaki ►
ada benarnya juga
bookmark dulu gan biar kedepannya butuh refrensi soal buka usaha
btw makasih sharing nya
Quote:Original Posted By faizdikra ►
Ortu ane selalu menjaga hubungan baik sama konsumen yang udah pernah pake jasa catering ortu ane, karena dari keramah tamahan produsen/penyedia jasa pasti bikin konsumen pengen balik mesen lagi bahkan ngiklanin hal tersebut dari mulut ke mulut
Quote:Original Posted By matrializen ►
pelayanan baik, harga bersaing, nyaman dari segala aspek, promo kali" diperukan :dor
Quote:Original Posted By lockboyz ►
yg penting konsisten dan tujuannya juga supaya pembeli repeat order.
Quote:Original Posted By Stereotyped ►
Nice share gan.. ane jd siap coba poin garansi buat lapak ane hehe
Quote:Original Posted By budakbaleg ►
tekun dan jujur. karna apapun itu, bila dilakukan dgn ketekunan dan kejujujuran pasti berhasil. Dan jgn lupa disertai doa.
Quote:Original Posted By mioyeng2 ►
setuju banget dah gan
yang tak kalah penting juga, kesan pertama konsumen ke produk kita gan
Malam mimin serta agan dan sista, ane mau sharing informasi berdasarkan survey dan pengalaman ane sendiri
Spoiler for Judulnya "Ini Dia Strategi Jitu Agar Bisnis Agan Banyak Pelanggan":
Sebelumnya jangan lupa rate dan boleh nih minta yang seger-seger nya ...
Jadi semuaya berawal dari ane ngerjain skripsi, biasa kalo lagi sibuk ide banyak tertaburan hehehe... Langsung aja ane bikin gambar-gambarnya segala. Oke, Langsung aja cekidot gan!
Namanya bisnis pasti ada pasang surutnya, kadang kalo langkahnya salah malah surut terus gk pasang-pasang .
Tapi setiap manusia harus belajar dari kesalahan, nah berikut ane rangkum hasil pembelajaran yang ane dapet selama ini tentang bisnis agar selalu laris kedalam 7 Strategi Jitu Agar Bisnis Banyak Pelanggan.
Spoiler for Pertama:
Kalau bisnis,pasti agan merasa produk agan ini bagus dan berkualitas dong, kalo enggak pasti gak agan jual. Kalo produk agan dirasa bagus dan membawa manfaat buat konsumen, jangan takut kasih garansi!. Percaya deh memberikan Garansi akan menaikan kepercayaan konsumen karena mereka merasa aman dan mereka menganggap kita profesional karena menjamin barang yang sampe ketangan konsumen adalah barang dengan kondisi baik.
Spoiler for Kedua:
Terkadang penjualan hanya melihat "Trend" mereka latah dengan kondisi atau mereka malah justru idealis dengan ngerasa ide mereka adalah paling bener. Nah ini nih yang sering bikin gagal. Motivasi agan harus dilurusin lagi deh... jualan itu agar konsumen merasakan manfaat dari produk kita. Jadi kalo agan ngerasa produknya gk bermanfaat atau manfaatnya dikit jangan dijual sampe agan tau bener manfaat produk agan. Soal kalo agan sendiri ngerasa gk bermanfaat / gak teralu bawa manfaat buat orang lain dan buat agan sendiri jualnya pun akan setengah hati. Akhirnya berhenti deh di tengah jalan. dan inget yang terpenting adalah jujur... Jangan ditambah-tambahin keterangan palsu.
Spoiler for Ketiga:
Sekarang jaman canggih nih... Mayoritas orang terhubung dengan internet. Perlu agan ketahui bahwa pengguna internet saat ini mencapai kurang lebih 63 juta orang. Dari angka tersebut, 95% menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Nah, udah kebayangkan berapa banyak pelanggan yang dapat kita jangkau jika kita mencoba memperkenalkan usaha kita melalui Social Media. Simple aja aja gan jangan ribet ribet. Misal ane punya usaha pencarian tenaga kerja arsitek dan desain interior nih, ane bikin fanspage namanya "arcely" (ganti nama usaha agan) didalemnya kasih keterangan misal "kami menghubungkan para arsitek dan interior desain dengan orang yang butuh jasa desain interior dan arsitektur". Terus yang terpenting kasih call to action "Kami dapat diakses di situs arcely" misalnya. Gampang kan gan? yang penting agan harus jelas mendeskripsikan apa usaha agan dan bagaimana cara orang terhubung kedalamnya.
Spoiler for Keempat:
Habis manis sepah dibuang ini gan yang customers gak suka. Kalo kayak gitu agan terlihat gk profesional didepan customers. Akhirnya customers akan gk loyal juga sama usaha agan. Jadi pastikan setelah mereka membeli produk anda, tetaplah memberikan pelayanan kepada mereka. Seperti misal memberikan layanan konsultasi 24 jam, garansi uang kembali setelah satu minggu jika barang bermasalah, atau seperti usaha saya "Gratis Konsultasi / tidak puas uang kembali" jangan lupa kasih keterangan syarat dan ketentuan. Inget ya syarat dan ketentuannya bukan untuk jebak konsumen, tp untuk menjaga hak konsumen.
Spoiler for Kelima:
Salah satu cara yang dapat kita gunakan agar usaha kita banyak di bicarakan orang adalah dengan membuat suatu kompetisi. Tentunya dengan hadiah unik dan menarik yang bisa kalian tawarkan, karena kebanyakan orang pasti suka dengan tantangan. Semakin banyak peserta kompetisi usaha anda akan semakin terkenal. Karena usaha anda akan lebih banyak di bicarakan oleh banyak orang. Misalnya kayak ayam tetangga yang mengadakan kompetisi banyak banyakan makan ayam hadiahnya 5 ember. nah kan heboh tuh jadinya, inget juga ya... cari hadiah yang harganya murah tapi keliatan banyak
Spoiler for Keenam:
Kalo misal nih... agan ada yang ngucapin ulang tahun, agan bakal marahin tuh orang? Umunya enggak, tp kalo ada yang marah mungkin satu atau dua orang, itu pun ucapinnya pake dilempar telor . Nah jadi jangan sungkan untuk tetap menjalin hubungan baik dengan pelanggan agan, mulai dari yang kecil aja seperti memberikan ucapan pada saat hari-hari spesial seperti hari-hari besar keagamaan, hari kasih sayang, atau bahkan hari ulang tahun pelanggan anda. Jika ada mempunyai modal lebih, anda bisa memberikan kartu ucapan, mengirimkan parcel atau sebagainya. Contohnya ada nih di perusahaan yang setiap lebaran ngasih parcel ke distributornya jadi itu distributor makin loyal sama perusahaan tersebut dan semnagat pastinya jualin produk kita.
Spoiler for Ketuju:
Buat agan yang punya tempat usaha seperti restoran, cafe, kantin dll. Sediakan tempat yang nyaman dan menarik, tidak cukup hanya sekedar promosi. Ingat nih gan pelanggan akan datang pertama kali karena promosi, tapi pelanggan akan anda datang kembali ke tempat agan sambil membawa teman atau rekan kerjanya jika mereka merasa tempat agan yang nyaman, bersih, dan menarik untuk berkumpul/sekedar nongkrong . Untuk itu desain tempat usaha yang nyaman dan menarik sangatlah penting. Saran ane sih gunain jasa desain arsitek dan interior desain gan dan carinya di situs kontes desain khusus arsitek dan interior desain gan, karena agan bisa dapet banyak desain dengan bayaran yang sama hihihi . Jadi uang yang agan keluarin gk sia-sia, semua dapat terserap ke bisnis agan.
Nah gimana? sudah ada pencerahan untuk usaha agan? agan pasti merasa beberapa bagian adalah hal umum, namun perlu agan tau kalo kegagalan itu biasanya diawali dengan masalah yang kecil. Justru karena umum dan kecil itu lah menjadikan kita tidak memperhatikan masalah tersebut.
Makasih ya buat agan-agan yang udah baca tips-tips dari ane. jangan lupa dan kasih . Semoga bisnis agan makin sukses dan jangan lupa inget ane yang ngasih tips hehehe... Salam sukses dari ane ya gan
Spoiler for Beberapa pengalaman dari kaskuser :
Quote:Original Posted By shenasaki ►
ada benarnya juga
bookmark dulu gan biar kedepannya butuh refrensi soal buka usaha
btw makasih sharing nya
Quote:Original Posted By faizdikra ►
Ortu ane selalu menjaga hubungan baik sama konsumen yang udah pernah pake jasa catering ortu ane, karena dari keramah tamahan produsen/penyedia jasa pasti bikin konsumen pengen balik mesen lagi bahkan ngiklanin hal tersebut dari mulut ke mulut
Quote:Original Posted By matrializen ►
pelayanan baik, harga bersaing, nyaman dari segala aspek, promo kali" diperukan :dor
Quote:Original Posted By lockboyz ►
yg penting konsisten dan tujuannya juga supaya pembeli repeat order.
Quote:Original Posted By Stereotyped ►
Nice share gan.. ane jd siap coba poin garansi buat lapak ane hehe
Quote:Original Posted By budakbaleg ►
tekun dan jujur. karna apapun itu, bila dilakukan dgn ketekunan dan kejujujuran pasti berhasil. Dan jgn lupa disertai doa.
Quote:Original Posted By mioyeng2 ►
setuju banget dah gan
yang tak kalah penting juga, kesan pertama konsumen ke produk kita gan
Spoiler for Tiada kata terlambat dalam usaha:
bisa ht nih trit
pertamax yak.
"jangkrek, entuk pejwan maneh"
~Penyamun Family~
pertamax yak.
"jangkrek, entuk pejwan maneh"
~Penyamun Family~
Yaaahhh ane lupaaa Ht sih HT tapi ane kalah pertamax, page one aja deh kalo gitu.
Ini bisa di terapkan di bisnis kontraktor atau "broker" gak?
ane sbg konsumen ya pilih yg jujur sama berani ngasih garansi kalo ada kerusakan..
kalo udah gak jujur, gak bakal ane balik atau beli lagi
kalo udah gak jujur, gak bakal ane balik atau beli lagi
Quote:Original Posted By punk5.angin ►
ane sbg konsumen ya pilih yg jujur sama berani ngasih garansi kalo ada kerusakan..
kalo udah gak jujur, gak bakal ane balik atau beli lagi
Ane juga kok gan.... kaloudah gk jujur mending kelaut aja..
ane sbg konsumen ya pilih yg jujur sama berani ngasih garansi kalo ada kerusakan..
kalo udah gak jujur, gak bakal ane balik atau beli lagi
Ane juga kok gan.... kaloudah gk jujur mending kelaut aja..
Quote:Original Posted By Niexter ►
Ini bisa di terapkan di bisnis kontraktor atau "broker" gak?
Bisa kok gan...
Ini bisa di terapkan di bisnis kontraktor atau "broker" gak?
Bisa kok gan...
Bikin kompetisi gue setuju sangat, biar makin semangat
"jangkrek, entuk pejwan maneh"
~Penyamun Family~
"jangkrek, entuk pejwan maneh"
~Penyamun Family~
Quote:Original Posted By lobang.penyamun ►
Bikin kompetisi gue setuju sangat, biar makin semangat
"jangkrek, entuk pejwan maneh"
~Penyamun Family~
Betul gan... tp masih banyak yang belum sadar cara itu ampuh banget buat promosiin bisnis kita
Bikin kompetisi gue setuju sangat, biar makin semangat
"jangkrek, entuk pejwan maneh"
~Penyamun Family~
Betul gan... tp masih banyak yang belum sadar cara itu ampuh banget buat promosiin bisnis kita
berat nyari kriteria begitu, apalagi barang udah laku penjual masa bodo
Quote:Original Posted By droidapple ►
berat nyari kriteria begitu, apalagi barang udah laku penjual masa bodo
Ia gan berat.. banyak yg gk jujur jaman sekarang ckckck... Tapi kalo gk kayak gitu ane jamin deh.. setelah pelanggan dapet cacat mereka gk mau balik lagi.
berat nyari kriteria begitu, apalagi barang udah laku penjual masa bodo
Ia gan berat.. banyak yg gk jujur jaman sekarang ckckck... Tapi kalo gk kayak gitu ane jamin deh.. setelah pelanggan dapet cacat mereka gk mau balik lagi.
Bner bgt gan setujuh
kalo ane udh mulai usaha ane akan mencoba tips ini
ane sii udh ada inspirasi kaya di atas..
tinggal usahanya aje yg belon jalan
hehe...
tinggal usahanya aje yg belon jalan
hehe...
setuju ama lo breh....
yang penting mejeng pekiwan nyantai coyy
yang penting mejeng pekiwan nyantai coyy
ohh gitu ya
trit bagus nih, btw ane blm usaha. masi sma.
pejwan dlu deh
pejwan dlu deh
Kite butuh colieh
Ah ikyuh pakde
Gembuked
Via: Kaskus.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar