Pages


Selasa, 01 Maret 2016

Mengenang Era kejayaan Musik Rock di Indonesia (60's-90's)

Quote:Selamat Datang di Gubug Sederhana Ane Ini Agan & Sista Penghuni The Lounge Semuanya

Quote:WARNING !
MEMBACA THREAD INI AKAN MEMBUAT ENTE SERASA MENAIKI MESIN WAKTU !

Spoiler for Mukadimah:
Di era 60'an musik rock sudah mulai masuk ke Indonesia. Waktu itu musik rock dibawa oleh Koes Bersaudara (kalo nggak salah). Waktu itu di era-nya presiden Soekarno, budaya kebarat-baratan dilarang karena dianggap merusak jati diri bangsa Indonesia. Bahkan musik rock dikatakan sebagai musik "ngak-ngik-ngok" oleh Bung Karno. Di era orde baru, para musisi mendapat "angin segar" untuk mengungkapkan idealisme mereka melalui musik yang mereka mainkan. Di era itu banyak musisi rock yang dianggap mempunyai skill yang sekelas dengan musisi luar negeri. Masuk pada era akhir 80-an sampai 90-an, rock sudah tidak seperti dulu lagi. Waktu itu musik metal sudah merajai blantika musik nasional. Musik metal sangat digandrungi oleh anak muda pada waktu itu, terutama di daerah Bandung (Sampai hari ini Bandung banyak melahirkan musisi dari skema Undergrond-nya). Musik alternative seperti Grunge dan Britpop juga menjadi musik yang digandrungi oleh anak muda di era 90-an, bahkan Green day, Foo Fighter, dan Beastie Boy pernah datang ke Indonesia untuk menggelar[removed][removed] konser.

Quote:Prolog : Era 60-an
Spoiler for koesbersaudara:

Waktu itu musik rock dibawa ke seluruh dunia oleh The Beatles atau lebih dikenal sebagai British Invasion. British Invasion di Indonesia menular kepada jiwa generasi muda, salah satunya adalah kakak beradik Koeswoyo (Koes Bersaudara, atau setelah itu populer dengan nama Koes Plus). Waktu itu Bung Karno melarang para kawu;a muda untuk meniru hidup kebarat-baratan. Bahkan Koes Bersaudara pernah dipenjara di-era rezim orde lama (Akhir-akhir ini baru diketahui bahwa mereka diberi misi oleh bung karno). Selain itu band yang terkenal pada wktu itu adalah Dara Puspita yang isinya adalah 100% wanita tulen.
Spoiler for dara puspita:

Quote:Era 70-an : The Golden Age of Rock Music
Spoiler for God Bless live di GOR Saparua:

di tahun 70-an mantan artis cilik di era 50-an, Ahmad Albar pulang kampung ke Indonesia bersama rekan se-band nya ketika di Belanda, Ludwig LeMans. Di Indonesia, Ahmad Albar melihat antusiasme anak muda di Indonesia terhadap musik rock. Ia berniat membuat band kembali bersama Ludwig. Dan kemudian lahirlah band rrock bernama God Bless. Selain God Bless, banyak pula musisi rock yang bermunculan waktu itu seperti AKA, SAS, Giant Steps, dan lain-lain. Puncak kejyaan rock di wktu itu adalah kedatangan band rock kawakan dari Inggris Deep Purple !

Quote:Era 80-an : Rivalitas antara Rock & Dangdut
Spoiler for Oma Irama & Sneta grup berpakaian ala band rock:

Jika saat ini kita sering melihat perdebatan antara 2 kubu yang membahas musik analog VS musik elektronik, lain ceritanya pada era 80-an awal. Pada waktu itu pecinta musik rock dan musik dangdut dikenal sering bermusuhan. *Ps=Coba tonton film Darah Muda (1977) dan Menggapai Matahari (198...)* Pasti ente akan merasakan "vibe" pertentangan itu. Namun pada akhirnya kedua kubu berdamai.
Spoiler for Pamflet Konser god bless dengan soneta group:

Quote:Era 80-an akhir dan 90-an : Metal & Alt. rock strikes !
Spoiler for bandung berisik festival:

Ane pernah nonton satu film 80-an yang dibintangi Rano Karno yang berjudul macan kampus. Di film itu diceritakan sekelompok mahasiswa yang bermain musiik Heavy Metal. Jika dilihat kenyataannya, memang benar pada era itu musik heavy metal sedang berjaya. Bahkan God Bless yang awalnya memainkan musik rock proggresive, merubah genre nya ke jalur heavy metal di album Semut Hitam dan Raksasa. Di awal 90-an band bernama Roxx menggetarkan panggung musik tanah air dengan lagu penguasa-nya. Bandung bahkan memiliki skema musik underground mereka sendiri, dan membuat festival underground Bandung Berisik (Saat ini Bandung berisik dikenal sebagai festival underground terbesar se-asia tenggara). Sampai saat ini Bandung melahirkan banyak talenta cadas seperti Burgerkill dan jasad yang pernah manggung di Wacken open air dan Bloodstock Festival. Musik rock di era itu bahkan pernah mencapai titik puncaknya ketika band jamrud yang diproduseri dan difasilitasi oleh LOG Zhelebourberhasil menjual albumnya hingga jutaaan kopi. Selain nama-nama diatas banyak pula band alternative seperti Slank (they're such a genius band !), Dewa 19 (Ane baladewa gan !), dan Netral yang mendulang kesuksesan mereka di era ini !

Quote:Selain itu band band legendaris seperti metallica (yang konsernya di lebak bulus ricuh) sampai sepultura (konser di tambaksari, surabaya) pernah konser di negeri kita di era 90-an. Tetapi kini gaung musik Rock kurang terdengar lagi di dapur musik major Indonesia, tetapi hanya di scene musik indie saja. Ane berharap musik rock kembali seperti dulu lagi ketika anak muda akrab dengan musik rock.

=RALAT=

Quote:Original Posted By Jokiez
rhoma irama berseterunya sama benny soebarja dr giant step
70an ada AKA, SAS, Abbhama, Giant Step, Harry Roesli & the gank
90an kok ga ada god bless sama power metal

ga lengkap nih cuman modal copas doang


oh iya gan, waktu itu benny soebardja pernah ngatain musik dangdut musik tai anjing. Tapi ane masukin bagian damainya aja. Mohon maaf yang sebesar-besarnya ya gan !


=GREAT NEWS !!!=
Ternyata ada adik kandung Bang Trison vokalis Roxx dan EdanE
Quote:Original Posted By valentino..




Hehee.. trison roxx abang ane kandung.tgl di rawamangun..

Jut share ajaloh gan..hee

Skrg udh eranya dugem dn edm2. Pdhal dlu kita nemuin jatidiri di dlm rock music n heavy metal.

Ya bgtulah jaman..


Wahhh... ternyata ada adik kandungnya Bang trison manurung gan ! Btw titip salam ya sama abang ente. Ane penggemar suara dan scream bang trison di EdanE dan Roxx



Quote:Sumur :
-90 % tulisan ane yang referensinya berasal dari Blog-nya Alm. Denny Sakrie (Blog nya asik juga gan !)
-10 % Gambar ane comot Dari google dan Blognya Alm. Denny Sakrie
Pertamax is just a myth !
Quote:=Update=
Aspirasi para kaskuser !


Quote:Original Posted By ron12ron
ane kaga ada yg tau gan musik judul indo

salam damai dihati damai dibumi

Belajar aja gan ! Asik-asik lho !
Quote:Original Posted By makkita
List musik ane di lepie ama hp tuh gan
70-90an

Sama gan ! Ane banyak Lagunya Dewa 19 ama slank
Quote:Original Posted By mutenroshi23
wauw rock band jadul

Iya gan !
Quote:Original Posted By ninecoboss
wah ane baru idup di era 90..

Bangun gan ! udah tahun 2016 sekarang
Quote:Original Posted By pfapb
Gak suka musik rock,sukanya rock cewek yang mini #OpoIki

Semua laki juga suka yang begituan gan !
Quote:Original Posted By ............lol
Anak 90's kenalnya jamrud/power metal/boomerang/aerosmith/greenday/ratm/korn/nirvana dkk

Masa masa indah....

Iya gan ! ane kangen hari itu !
Quote:Original Posted By lucymontok
aje gile hebat bener pengetahuan ente gan, musik rock klasik zaman segitu udah mulai terkikis popularitasnya. Yang suka biasanya minoritas.

Anak muda sekarang malah suka boyband gan !
Quote:Original Posted By jibaypoetrapria
Roxx tuh bree ehhh

Lengkingan suaranya om trison mantep ya gan ?
Quote:Original Posted By okebogor
Waktu itu Bung Karno melarang para kawu;a muda untuk meniru hidup kebarat-baratan. Bahkan Koes Bersaudara pernah dipenjara di-era rezim orde lama (Akhir-akhir ini baru diketahui bahwa mereka diberi misi oleh bung karno).
yg diatas ini ane kutip dari tulisan TS sendiri ya

ane kasih penjelasan dari bukunya koes Plus :
Kisah dari Hati, Koes Plus Tonggak Musik Indonesia
oleh Ais Suhana , 2014:

Berbicara Soekarno, Koes Plus (waktu itu masih Koes Bersaudara) pernah merasakan pahitnya hidup dibalik jeruji besi di Glodok tahun 1965. Mereka dianggap mewakili aliran politik kapitalis yang akan merusak generasi muda bangsa ini. Disisi lain, gerakan antikapitalis waktu itu juga sedang garang-garangnya digalakkan di Indonesia.

Namun, apa yang dilakukan pemerintah Orde Lama (Orla) terhadap Koes Bersaudara dengan memenjarakannya waktu itu. Ternyata, seperti yang diceritakan Koesroyo Koeswoyo atau lebih akrab dipanggil Yok, salah satu personil Koes plus, ada misi dibalik itu. Pemerintah Orla berencana mengirim Kus Bersaudara ke Malaysia demi mengintai orang Malaysia atau orang Indonesia yang ada disana, apakah mereka antipati terhadap bangsa ini. Namun misi itu gagal karena adanya peristiwa Geraka 30 September 1965 (hal. 2-3).

Bahkan tidak hanya Bung Karno yang memanfaatkan Koes Plus untuk misi rahasia negara. Pada masa Orde Baru, pemerintahan Soeharto juga menggunakan popularitas Koes Plus untuk mengamati sejauh mana masyarakat Indonesia yang ada di Timor Portugis (sekarang Timor Leste) pro atau cinta terhadap negaranya sendiri. Buku berjudul Kisah dari Hati Koes Plus ini merupakan kisah panjang perjalanan Koes Plus dengan penuh liku-likunya. Kisah di dalamnya mengalir seperti air, karena dikumpulkan dari para empunya secara langsung, orang-orang dekat Koes Plus hingga fans fanatik yang hingga kini masih tersebar diseluruh Indonesia.

Ini dia agan-agan penjelasan lengkap dipenjaranya band koes plus dari agan @okebogor. Thanx ya agan @okebogor !
List musik ane di lepie ama hp tuh gan
70-90an
wauw rock band jadul
wah ane baru idup di era 90..
Gak suka musik rock,sukanya rock cewek yang mini #OpoIki
Anak 90's kenalnya jamrud/power metal/boomerang/aerosmith/greenday/ratm/korn/nirvana dkk

Masa masa indah....
aje gile hebat bener pengetahuan ente gan, musik rock klasik zaman segitu udah mulai terkikis popularitasnya. Yang suka biasanya minoritas.
Roxx tuh bree ehhh
Ane cuma suka Tielman Brothers bray
berjudul macan kampus

cari akh pelemnye
ane demen ama om iyek,,,,
dngan rambut helmnya,,,,,


Quote:
Buset dapet info sejadul gini dr mana gan
Keren nih info rock jadul nya





salam kaskus

Legend
Rock is death..

Lets go disco
Koes plus legenda favorite ane gan
Salam metal juragan
Gemboked
W mah keep rock n roll mai bree...
gagal gembox malah jadi dopst suram
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar