Spoiler for Alhamdulillah HT:
Spoiler for buka:
Quote:
Transportasi publik atau transportasi umum merupakan salah satu komponen utama yang mendukung perkembangan sebuah kota, khususnya untuk kota-kota besar. Makin memadai transportasi publik disebuah kota, makin lancar arus mobilitas manusia ataupun barang di kota tersebut. Untuk kota-kota besar yang transportasi publiknya tidak memadai, biasanya memaksa orang-orang untuk menggunakan kendaraan pribadi dalam bepergian. Hal inilah yang menimbulkan kemacetan yang memberikan kerugian yang tidak sedikit. Kita ambil contoh Jakarta. Akibat macet, Jakarta mengalami kerugian yang mencapai 65 triliun pertahun.
Harus diakui Jakarta merupakan salah satu kota termacet di dunia. Hal ini tentunya dipicu oleh ketersediaan transportasi publik yang tidak memadai. Dibandingkan dengan sejumlah kota-kota besar lainnya di ASEAN, bisa dikatakan posisi Jakarta tertinggal cukup jauh dalam hal transportasi publik. Untuk mengetahui seperti apa perbandingan transportasi publik di kota-kota utama di ASEAN (termasuk Jakarta), berikut adalah uraian singkatnya.
Quote:Singapura
Spoiler for buka:
Quote:Singapura merupakan kota dengan transportasi publik paling memadai di ASEAN. Untuk transportasi utamanya, Singapura mengandalkan Mass Rapid Transit (MRT) yang terdiri dari 5 jalur. Mayoritas stasiunnya berada dibawah tanah. Jalur MRT di Singapura memiliki panjang total 153,2 km. Penumpang hariannya mencapai 2,879 juta penumpang. Selain MRT, Singapura juga memiliki 3 jalur LRT yang memiliki panjang total 28,8 km. LRT ini difungsikan sebagai feeder atau pengumpang bagi MRT.
Singapura tidak memiliki sistem BRT (Bus Rapid Transit) seperti di Jakarta. Namun Bus di Singapura memiliki tingkat kenyamanan yang jauh diatas Jakarta. Jumlah armadanya juga sangat memadai. Ada sekitar 4.200 bus yang dioperasikan di Singapura dengan 3 operator.
Quote:Kuala Lumpur
Spoiler for buka:
Quote:Kuala Lumpur mengandalkan 2 jalur LRT sebagai transportasi utamanya. Kedua jalur ini memiliki panjang total 77,6 km. Daya angkut perharinya 465.813 penumpang.
Selain LRT, Kuala Lumpur juga memiliki 1 jalur monorel dan satu jalur BRT (Bus Rapid Transit). BRT di Kuala Lumpur ini berbeda dengan yang di Jakarta. BRT di sana menggunakan jalur khusus yang dibuat melayang dengan bus yang menggunakan tenaga listrik. Sementara untuk bus biasa, kualitas bus di Kuala Lumpur tidak jauh berbeda dengan Singapura.
Quote:Bangkok
Spoiler for buka:
Quote:Bangkok memiliki 2 sistem transportasi andalan, yaitu BTS Skytrain dan Mass Rapid Transit (MRT). BTS Skytrain merupaka sebuah sistem angkutan cepat (rapid transit) yang keseluruhan lintasannya dibuat melayang yang terdiri dari 2 jalur. Sementara Mass Rapid Transit (MRT) lintasannya dibuat dibawah tanah dengan memiliki 1 jalur. Kedua sistem transportasi ini mampu mengangkut 853.255 penumpang perhari.
Bangkok juga memiliki satu jalur Bus Rapid Transit (BRT). Panjang jalurnya mencapai 16,5 km. Diluar itu Bangkok juga memiliki bus-bus kota yang kondisinya tidak jauh berbeda dengan Jakarta.
Quote:Manila
Spoiler for buka:
Quote:Manila memiliki 2 jalur LRT sebagai transportasi utamanya yang memiliki panjang lintasan 33,4 km. Setiap harinya LRT ini mampu mengangkut 1,3 juta penumpang. Selain itu Manila juga memiliki 1 jalur MRT. Daya angkut perharinya mencapai 540.000 penumpang.
Manila tidak memiliki BRT seperti di Jakarta dan Bangkok, sehingga untuk transportasi berbasis bus hanya mengandalkan bus-bus dengan layanan biasa.
Quote:Jakarta
Spoiler for buka:
Quote:Ada perbedaan mencolok antara Jakarta dengan kota-kota diatas. Kalau kota-kota diatas mengandalkan angkutan cepat berbasis rel sebagai transportasi utamanya, Jakarta justru mengandalkan Bus Rapid Transit (BRT) yang dinamai Transjakarta. Bahkan Transjakarta ini merupakan BRT dengan jalur terpanjang di dunia. Sayangnya BRT ini memiliki sejumlah kelemahan dibandingkan angkutan cepat berbasis rel. Salah satunya dalam hal kapasitas. Makanya penumpang perhari transjakarta ini hanya mencapai 350.000 penumpang. Di Jakarta memang ada angkutan berbasis rel, tapi berupa kereta komuter. Jadi bukan sebagai transportasi dalam kota.
Selain BRT, Di Jakarta juga terdapat bus-bus biasa yang menjadi andalan masyarakat dalam bertransportasi. Sayangnya kualitas busnya masih jauh dibawah harapan. Namun untungnya pemerintah Jakarta mulai melakukan sejumlah pembenahan terhadap transportasi publik berbasis bus, khususnya yang non BRT. Salah satunya menyediakan layanan bus gratis untuk berkeliling kota Jakarta dengan kondisi bus yang cukup nyaman.
singapur keren bgt bray
Salman al-Farisi
Salman al-Farisi
keren2 semuaa.. indonesia juga ga klaah keren dah
Transportasi Indonesia yang keren2 nggk dipajang semua
Tapi oklah nais trit bang
Salam Dari Geng NAMUT
Jakarta masih berkembang bray, kita tunggu deh bbrp tahun lagi, itu aja dulu...
Kalah jauh ye bree...
indonesia juga gag kalah keren kok gan, nnti kita juga bisa sama kok dengan mereka
apaapun itu ane dukung terus perkembangan moda transportasi dalam negeri
Harus diakui memang, indonesiah ketinggalan jauh banget....
singapura udah maju, jangan dibandingkan JKT
NASGORBASI FOUNDATION
NASGORBASI FOUNDATION
Belom pernah naik baswey yg buat artikel.
Pokoknya berubah total gara gara metromini ditubruk KRL dan nubruk ibu ibu tuh
Koridor 9 yg bisnya ampas (yang oren) sekarang adem adem, setidaknya yg butut jadul dinginnya setara KRL. Kalo bus biru? Sampe klo malem perlu pake hoodie dalam bus gan!
Kalo feeder bus, tinggal depok yg msh gajelas.
Harus gw akuin cuma pasang kipas angin di halte dan steril dari mobil doang nih busway. Steril ini yg susah
Pokoknya berubah total gara gara metromini ditubruk KRL dan nubruk ibu ibu tuh
Koridor 9 yg bisnya ampas (yang oren) sekarang adem adem, setidaknya yg butut jadul dinginnya setara KRL. Kalo bus biru? Sampe klo malem perlu pake hoodie dalam bus gan!
Kalo feeder bus, tinggal depok yg msh gajelas.
Harus gw akuin cuma pasang kipas angin di halte dan steril dari mobil doang nih busway. Steril ini yg susah
keren bre kendaraan2 negara tetangga
jakarta ngapa si baswey doang gan pictnye,, tambahin si bajay dong
jakarta ngapa si baswey doang gan pictnye,, tambahin si bajay dong
jgn dibandingin brr
gk sebanding
COMMENT BY Pri✘ror
gk sebanding
COMMENT BY Pri✘ror
Edan kalah jauh indonesia
perbedaan nya mencolok ya singapur ama jakarta, tapi kota2 lainnya ga di sebut gan? ASEAN kan negaranya masih ada lagi
Quote:Original Posted By 4zamaru ►
Jakarta masih berkembang bray, kita tunggu deh bbrp tahun lagi, itu aja dulu...
Bukan masalah berkembang atau tidaknya bro, tapi masalah kebutuhan. Jakarta itu salah satu kota berpenduduk terbesar di Asia, tapi transportasi publik tidak memadai. Jakarta bisa dikatakan sebagai satu-satunya kota metropolitan di dunia yang tidak memiliki angkutan cepat berbasis rel.
Manila juga kota berkembang, tapi dari tahun 80an sudah memiliki angkutan cepat.
Jakarta masih berkembang bray, kita tunggu deh bbrp tahun lagi, itu aja dulu...
Bukan masalah berkembang atau tidaknya bro, tapi masalah kebutuhan. Jakarta itu salah satu kota berpenduduk terbesar di Asia, tapi transportasi publik tidak memadai. Jakarta bisa dikatakan sebagai satu-satunya kota metropolitan di dunia yang tidak memiliki angkutan cepat berbasis rel.
Manila juga kota berkembang, tapi dari tahun 80an sudah memiliki angkutan cepat.
Lama banget ngerjain begituan di indonesia bre, terlalu banyak komen no action.
Quote:Original Posted By dindra13 ►
indonesia juga gag kalah keren kok gan, nnti kita juga bisa sama kok dengan mereka
Benar gan. Tapi tentunya keadaan mereka tidak stagnan. Kita membangun, mereka pastinya juga membangun yang baru pula.
indonesia juga gag kalah keren kok gan, nnti kita juga bisa sama kok dengan mereka
Benar gan. Tapi tentunya keadaan mereka tidak stagnan. Kita membangun, mereka pastinya juga membangun yang baru pula.
transjakarta udah bagus, tp msh lebih efektif kereta gan
gembok jendral
Salman al-Farisi
Via: Kaskus.co.id
Salman al-Farisi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar