Pages


Minggu, 22 Maret 2015

Belajar-belajar yang perlu dilakukan sebelum Ujian Nasional.

WELCOME TO MY THREAD

Spoiler for ht#3:

HT#3
Thanks to Mimin, Momod dan Kaskuser sekalian


Quote:Pembukaan
Spoiler for 1:

SUMBER  (berita.suaramerdeka.com)

Ujian nasional tinggal sebentar lagi, persiapan ekstra telah mulai dilakukan pelajar-pelajar di seluruh Indonesia seperti bimbingan belajar dan pendalaman materi. Ujian yang satu ini merupakan atau sering dianggap sebagai neraka terutama bagi pelajar yang tidak bisa. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem belajar yang baik bagi pelajar agar melalui ujian dengan mudah.


Berikut , Belajar yang perlu dilakukan seelum ujian nasional tiba.

Quote:Belajar dari Sekarang
Spoiler for 1:

SUMBER  (www.pendidikankarakter.com)

Ya, itu benar. Sistem kebut semalam tidak akan efektif sama sekali bagi agan. Yang ada agan bakal kena tekanan dimana agan harus hafal semua materi yang ada dan akhirnya bakal muncul keraguan karena terlalu banyaknya materi yang dipelajari. Selain itu, materi yang dipelajari akan mudah lupa karena sempitnya waktu. Karena masih lama, cicillah belajar materi maksimal 2 jam cukup bagi agan tiap harinya.


Quote:Belajar Kelompok
Spoiler for 2:

SUMBER  (bidakara.ac.id)

Bukannya, ane ngelarang belajar sendirian. Boleh-boleh aja belajar sendirian kalau gak ada waktu. Kalau misalnya ada waktu, usahakan belajar secara kelompok saja. Jamin deh, agan bakal lebih ngerti materi beberapa kali lipat daripada belajar sendirian. Selain itu dengan belajar kelompok, kita bisa belajar santai dan enak, bisa bertanya seenaknya, dan yang terpenting menambah silahturahmi. Jujur aja, ane aja bisa hafal rumus yang diajarin di bimbel tanpa ikut bimbel sekalipun . Tapi diusahakan belajarnya sama yang niat juga, kalau yang gak niat sama aja bohong.


Quote:Belajar Kreatif
Spoiler for 3:


SUMBER  (randaka.files.wordpress.com)

Karena Ujian Nasional bukanlah soal uraian melainkan pilihan ganda semua, maka kreatifitas belajar agan akan benar-benar dibutuhkan. Inilah kelemahan Ujian Nasional, dimana kita gak perlu paham semua materi yang ada, melainkan cukup hafal. Tips utama agar agan ingin kreatif, kelompokkan semua materi yang ada. Alasannya, kita akan bisa melakukan terhadap materi tersebut dengan cara masing-masing. Misalnya, ane untuk soal yang mudah ane pahami dalam-dalam. Untuk soal yang susah, ane perhatikan dan dicari mana yang menjadi pokok jawabannya. Untuk soal berbentuk sebutkan, ane bikin semacam kode/singkatan yang bisa dihafalkan oleh ane. Untuk rumus-rumus, ane biasanya cari tahu asal rumus tersebut agar kalau lupa bisa balik ke rumus dasar. Intinya, belajar kreatif sesuai kemampuan agan.


Quote:Belajar Optimis
Spoiler for 4:


SUMBER  (cdn.klimg.com)

Optimis dari sekarang, belajarlah berani mengambil keputusan meski sulit sekalipun. Kalau ada Try Out atau semacamnya, lebih baik kerjakan terlebih dahulu daripada mencontek. Mencontek tidak menjamin agan benar 100%. Setelah selesai, tanyakan pada teman agan yang bisa menjawab soal tersebut. Itu akan memperbaiki agan sendiri. Jangan takut deh sama nilai Try Out, ane aja nilai Try Outnya kecil-kecil karena banyak eksperimen tapi pas Ujian hasilnya sesuai ekspetasi . Belajar optimis bertujuan agan agan tidak ragu dalam ujian nanti. Selain itu dengan optimis, ekspetasi agan terhadap ujian akan semakin besar. Jika semakin besar, maka agan belajar makin giat. Ingat, kebaikan pasti menang meski lama sekalipun


Quote:Belajar sesuai Niat dan Kemauan
Spoiler for 5:


SUMBER  (www.anneahira.com)

Percuma aja, kalau kalian melakukan hal ini semua tanpa niat dengan kemauan. Belajar tanpa niat tanpa bakat bagaikan minum nata de coco tapi sedotannya kecil , banyak hambatannya. Butuh niat dan kemauan agan kalian sukses ujian di kemudian hari. Agan gak perlu belajar secara terjadwal atau terpatok. Yang terpenting, agan bisa menikmati belajar dengan baik dan sesuai kemauan. Contohnya aja bisa belajar sambil main PES, sambil nonton TV, dan sebagainya. Itu akan mempermudah belajar agan daripada serius. Selain itu, banyak berdoa kepada tuhan agar tuhan memudahkan niat dan kemauan agan sekalian.


Quote:Penutup
Spoiler for Penutup:
Mungkin apa yang dijelaskan TS ada kurangnya, tapi ane cuma niat aja bagi pengalaman sama agan sekalian. Ane juga doain semoga agan-aganwati yang mau ngelaksanain ujian sukses semua
Spoiler for sumber:
Pengalaman Pribadi
ane sih belajar optimis
Quote:Original Posted By the.fly.
Belajar membaca soal dengan teliti
dan mengerjakan soal dengan tepat


Quote:Original Posted By Verial
Kalo zaman dulu sich enak, bisa belajar soal-soal yang tahun sebelumnya

Nah kalo UN pas zaman sistem paket, apalagi lebih dari 1 paket agak susah juga, berarti harus mempelajari soal tahun sebelumnya dengan banyak paket

Ane sempet kena tuh yang waktu itu UN dapet paket soal A B C D (4 paket), depan belakang samping pada beda
Dan ane kebayang, pasti nantinya ini paket soal (ada 4) ini bakal jadi bahan pembelajaran menjelang UN untuk angkatan adik-adik ane

Selain belajar yang berhubungan dengan otak, ada baiknya adik-adik KasKuser yang mau menghadapi UN juga harus belajar :
1. Belajar Tawakal, jangan banyakin maen PB atau nongkrong di warnet. Coba deketin diri pada sang pencipta Sepintar apapun kamu, kalo ngga diizinkan untuk lulus oleh sang pencipta, ya pasti kamu akan mendapatkan cobaan sehingga ngga lulus Tapi biasanya kalo menjelang UN pada rajin koq ibadahnya Harusnya jangan pas susah doank tawakalnya dan istifarnya, tapi setiap hari.

2. Belajar Menghargai Waktu. UN itu kan ibarat bom waktu, hanya tinggal menunggu kapan ia meledaknya. Nah coba dech adik-adik KasKuser yang manis-manis ini lebih menghargai waktunya. Disisihkan untuk intensitf / nyicil belajar. Yang suka nokip, pacaran, bolos, males-malesan lebih diniatin lagi untuk giat belajar. Yang pacaran di pause dulu, konsentrasi buat UN dulu.

Sekian


Quote:Original Posted By mix.jr.max
Kebetulan ane mau UN tahun ini doain ane lulus ya gan
Sekalian mau nambahin nih Belajar untuk tidak terikat dengan smartphone usahain kurang kurangin main handphone, isi waktu kosong dengan belajar, walaupun dikit kalo dicicil bisa jadi bukit.
Latihan soal juga tuh

Quote:Original Posted By PanciBoyzz
Waahh gak berasa udah hampir setahun yg lalu ane ngadepin UN

Sebener ny UN itu gak usah ditakutin. Asal emang belajar, pasti lulus. Kalo masih ada yg mikirin lulus apa gak lulus, berarti pola belajar ny dipertanyakan. Apalagi UN thn ini katanya gak nentuin kelulusan ya? Itu mah makin gak ada beban

Btw buat yg mau UN, coba liat soal UN thn 2014 deh bandingin ama tahun" sebelum ny. Pasti keliatan betapa 'kelinci percobaan' -nya angkatan 2014 tp ane rela jadi kelinci percobaan supaya sistem pendidikan indo lebih baik


Quote:Original Posted By agniexperia
nice tips gan
Kalo cara ane mah biar semangat belajar ngebayangin aja kalo kita ga lulus gitu...
btw untuk anak sma fokus UN aja ga cukup napa ga sekalian aja fokus SBMPTN kaya ane soalnya klo belajar buat sbmptn pasti klo un ngikut bisa gitu


Quote:Original Posted By iwattzhod
Ane tambahin gan
Sering" ngerjain soal
Byk org blg fisika dan kimia susah bingitz
Menurut ane enggak kok
Ane dlu juga blg fisika dan kimia itu mapel bullsh*t
Tp ane sering" ngerjain soal dan gk perlu balik ngafalin rumus
Karna smua materiny itu yg sampe dalem bgt gk bakalan kluar di UN
Cukup sering ngerjain soal aj terakhir bakal mudah kok
Dan satu lg
Klo agan" lg ngerjain STL UN (soal thn lalu UN) usahakan ngerjainny dgn target
Mksd ane targetny itu ngerjain soal secepat mungkin
Klo ane sih targetny 1,5 jam dah hrs slesai biar stengah jam lg bs ngecek manatau ad kesilapan

Pekiwan gan



Semangat buat yg mau ujian
Belajar membaca soal dengan teliti
dan mengerjakan soal dengan tepat

penting banget nih buat yang mau ujian


belajar bikin contekan biar ga ketauan gan
Quote:Original Posted By sdkusuma
Semangat buat yg mau ujian

Ya gan

Quote:Original Posted By the.fly.
Belajar membaca soal dengan teliti
dan mengerjakan soal dengan tepat


Bagus juga tuh

iya bener banget gan
tapi kalau belajar kelompok biasanya susah buat ketemuannya
Pengalaman ane nginep dirumah ibu kantin gan biar UN-nya ga kesiangan
Quote:Original Posted By toekang.keong
belajar bikin contekan biar ga ketauan gan

Gak boleh itu mah

Quote:Original Posted By asnol2

Gak boleh itu mah



boleh gan kata guru ane, asalkan jangan ketauan
Quote:Original Posted By toekang.keong


boleh gan kata guru ane, asalkan jangan ketauan

kalau soalnya susah banget ya , terutama matematika siapin aja contekan rumus

Quote:Original Posted By asnol2

kalau soalnya susah banget ya , terutama matematika siapin aja contekan rumus



sama cari tempat gan buat naro contekan biar makin mantep, temen cewe ane sangat kreatif gan, dia naro contekan di dalem rok . oh iya apa ga baau terasi apa tuh contekan nya
Quote:Original Posted By toekang.keong


sama cari tempat gan buat naro contekan biar makin mantep, temen cewe ane sangat kreatif gan, dia naro contekan di dalem rok . oh iya apa ga baau terasi apa tuh contekan nya

Kayanya asal gak ke cowok gak apa-apa deh
Tahulah kalau ke cewek artinya apaan

dulu ane beajar seperti biasanya aja
pengen main PS ya main aja
nggak perlu di paksa paksa
Quote:Original Posted By cintadia.com
dulu ane beajar seperti biasanya aja
pengen main PS ya main aja
nggak perlu di paksa paksa

Emang kaya gitu harusnya, gak usah serius-serius amat. Kalau main PS ya main aja asal waktu belajar gak terganggu
Quote:Original Posted By asnol2

Kayanya asal gak ke cowok gak apa-apa deh
Tahulah kalau ke cewek artinya apaan



iyalah gan, kan ga mungkin pas Ujian cowo pada pake rok semua buat nyontek
belajar kelompok malah kurang efektif buat ane krg fokus gan
sblm UN bljr dlu gan trutama dr model2 soal UN thn sebelumnya hampir mirip2 klo jaman ane dlu yg pasti pendalaman materi di sklh gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar