Pages


Jumat, 27 Maret 2015

8 Hal Yang Diketahui Saat Agan Mengiringi Lagu Dengan Gitar / Piano



Quote:8 Hal Yang Diketahui Saat Agan Mengiringi Lagu Dengan Gitar / Piano


Quote:Alhamdulilah Ternyata Jadi HT yang Ke 25 Gan Thread Ini, Akhirnya Pengetahuan Yang Ane Punya Bisa Diamalkan Ke Semua Orang Disini (KASKUS) & Mudah2an Bisa Dilihat Oleh Semua Orang Didunia Ini Melalui Share Yang Agan Lakuin.
Terima Kasih Untuk Kaskuser Semua, Kaskus Officer, Momod dan Semuanya, Semoga Kebaikan Kalian Semua Bisa Dilipat Gandakan Oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Tak Lupa Ane Ucapin juga Kepada Semua Kaskuser Yang Udah Ngasih Reputasi IJO (lumayan banyak & seger Pula) Yg Masih Lempar abu Juga Terima Kasih Ya, Mudah2an Cepet ISO biar Bisa Lempar Ijo


Quote:[CENTER]Ini Penampakan HT 25 Nya Gan..!!

Spoiler for HT 25:


Quote:
Selamat Pagi Agan-aganwati Semua, Semoga Hari ini Semua Aktifitasnya Berjalan Lancar & Berada Dalam Lindungan Tuhan Yang Maha Esa.Ijinkan Hari Ini Ane Membuat Thread Lagi Ya Gan, Mudah2an Bermanfaat Juga Bisa Menjadikan Thread Ini Sebagai Wadah Diskusi Yang Mengacu Pada Kebaikan Kita Semua.
Untuk mencapai kemampuan mengiringi lagu dalam bermain gitar, agan perlu mengetahui istilah-istilah yang terdapat dalam teori bermusik dan perlu juga untuk menguasainya.
Dalam teknik mengiringi lagu ada beberapa hal yang perlu agan perhatikan, yaitu :

Quote:1. Tempo,
2. Tanda Kromatik,
3. Tanda Ulang,
4. Kunci Nada,
5. Cadence,
6. Chord Penghubung
7. Running Chord,
8. Dan tentunya Penguasaan Chord

Sedangkan dalam teknik Melodi, selain hal-hal tersebut sangat penting yang perlu agan perhatikan yaitu Pressing Jari agan akan tekanan Nada-nada.
Sistem tekanan jari tersebut mempunyai suatu pola patokan tertentu, dan untuk mencapai kemahiran dalam teknik Melodi tersebut diperlukan ketekunan latihan dan konsekwenitas terhadap pola patokan tersebut.!


Quote: "Teknik Mengiringi Lagu dan Melodi Dengan Gitar"


Quote:Sebelum melanjutkan sepertinya ane harus meyakinkan bahwa Thread yang ane buat gg berbau Repost ye gan..!!!
Spoiler for Cek repost:



Quote:
Quote:1. Tempo
"Apakah Agan Selalu Memperhatikan Tempo?"

Quote:Ada beberapa jenis tempo, dari mulai tempo Lambat sekali sampai dengan tempo yang sangat cepat, tetapi secara garis besar hanya ada 3 golongan tempo yang perlu diperhatikan :
1. Tempo Lambat yang terdiri atas :
a. “Lambat Sekali” Meliputi : Targissimo, Lentissimo, Lentoassimo, Largoassai
b. “Lambat” Meliputi : Lento, Grave, Adagio, Largo
c. “Kurang Lambat” Meliputi : Largietto, Adagietto

2. Tempo Sedang yang terdiri atas :
a. “Sedang Lambat” Meliputi : Andantino
b. “Sedang” Meliputi : Adante, Moderato
c. “Sedang Cepat” Meliputi : Moderato con Anima, Tempo Gusito

3. Tempo Cepat yang terdiri atas :
a. “Agak Cepat” Meliputi : Allegretto, Sosotonuto, Allegro non Tropo
b. “Cepat” Meliputi : Allegro, Pusto, Vivace
c. “Sangat Cepat” Meliputi : Allegroassai, Allegrovivace, Molto Vivaci, Allegro Agitato.


Nah apakah agan mengetahui beberapa jenis Tempo tersebut?
Quote:Jangan dianggap enteng ya gan, Tempo adalah salah satu fitur yang harus kita pakai dalam bernyanyi ataupun dalam membuat sebuah instrument atau lagu




Quote:
Quote:2. Tanda Kromatik
"Agan Tahu Apa Itu Tanda Kromatik?"

Quote:Tanda Kromatik adalah tanda yang digunakan untuk menaikan atau menurunkan ½ nada atau mengembalikan nada-nada yang sudah dinaikan atau diturunkan ke nada asal.
Kalo diperhatikan dalam Netural pada tangga nadanya sebagi berikut :
Quote:c – d – e – f – g – a – b – c
1- 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 - 1

Quote:Maka akan terdengar suatu perbedaan nada yang satu ke nada lainnya.
Ada 3 macam tangga nada kromatik, yaitu :

1. Tanda Kres
Tanda yang digunakan untuk menaikan/meninggikan ½ nada dari nada asal.
Contoh : “C” dinaikan ½ nada menjadi “Cis”
Nada Yang udah di Kres-kan pembacaannya ditambah akhiran “is”

2. Tanda Mol
Tanda Yang digunakan untuk m,enurunkan/merendahkan ½ nada dari nada asal.
Contoh : “B” diturunkan ½ nada menjadi “Bes”

3. Tanda Neturel
Tanda yang digunakan untuk mengembalikan nada yang sudah di Kres-kan atau yang sudah di Mol-kan, menjadi nada asal kembali.
“Cis” di Neturelkan menjadi “C”
“Des” di Neturelkan menjadi “D”

Sudah Mengertikan / Agan Selalu Praktekan Ini??






Quote:
Quote:3. Tanda Ulang
"Kalo Agan Pintar Membaca Not Balok Mungkin Ini Sudah Tak Asing Lagi"


Quote:Tanda Ulang adalah merupakan perinyah untuk mengulang sebagian atau seluruh lagu sesuai dengan perintah tanda ulang tersebut
Ada 3 Jenis tanda ulang, yaitu :
Quote:1. II = Repeat (Diulang)
Contoh = II: a | b | c | d | :II
Maka dibaca = a | b | c | d | a | b | c | d |

2. % = 2nd Time (Baca dua kali)
Contoh = |a | % | dibaca |a | a |

3. D.C = Da Capo (Diulang Dari Kepala Lagu)
Contoh = | a | b | c | d | e | f | g | h | dibaca | a | b | c | d | e | f | g | h | | a | b | c | d | e | f | g | h |
D.C Al Fine : Diulang dari kepala lagu sampai selesai.

Quote:[size="4"]Agan sudah mengenal tanda2 tersebut?
Harap Diperhatikan Ya Gan, Biar Bernyanyi & Main Gitarnya Lebih Oke





Quote:
Quote:4. Kunci Nada
"Agan Tahu Apa Itu Kunci Nada?"

Quote:Kunci Nada adalah menunjukan lagu tersebut harus dimainkan dengan nada dasar yang tertentu. Biasanya Kunci Nada tertulis disebelah kiri atas pada nyanyian / lagu.
Contoh : Kunci Nada “C” = do itu berarti C = do dan untuk selanjutnya maka D = re, E = Mi Dst...
Ada 2 jenis macam Kunci Nada
Quote:1. Kunci Nada Mayor adalah kunci nada yang didasari dengan “do”
2. Kunci Nada Minor adalah kunci nada yang didasari dengan “La”

Quote: Sekarang Agan Sudah Paham Apa Itu Kunci Nada?




Quote:
Quote:5. Cadence
"Kalo gg Salah Ini dibawa Dalam Salh Satu Judul Band Extreme ‘Decadence Dance"

Quote:Cadence atau Irama adalah suatu tingkatan dari chord pokok sesuatu tangga nada yang akan lebih mempermudah mencari chord selanjutnya yang selalu mengikuti satu patokan tertentu.

Quote:Ane kasih contoh :

1. Kunci C mayor Cadence nya : C – F – G (G7)
Berarti : Setelah memainkan C tentu pindah ke F kemudian baru pindah ke G atau G7

2. Kunci D Myor Cadence nya : D – G – A
Berarti : Setelah memainkan D tentu lari ke G lalu ke A

Quote:Beberapa Cadence dari tangga nada C D E F G A B :

1. Kunci Nada Mayor
- Kunci C Mayor Cadencenya : C – F – G (G7)
- Kunci D Mayor Cadencenya : D – G – A
- Kunci E Mayor Cadencenya : E – A – B (B7)
- Kunci F Mayor Cadencenya : F – Bes – C (C7)

2. Kunci Nada Minor

- Kunci C Minor Cadencenya : Cm – Fm – G (G7)
- Kunci D Minor Cadencenya : Dm – Gm – A (A7)
- Kunci E Minor Cadencenya : Em – Am – B (B7)
- Kunci F Minor Cadencenya : Fm – Besm – C (C7)

Quote:Sudah Bisa Dipahami Gan??




Quote:
Quote:6. Chord Penghubung
"Agan Suka Pakai Chord Penghubung Ini?"

Quote:Chord Penghubung cukup penting dalam teknik mengiringi lagu karena mempunyai fungsi ganda, yaitu : Membantu Perpindahan Chord dan Memperindah Permainan Gitar.
Untuk mencari/menentukan chord penghubung yang harus dipakai, bisa dengan latihan-latihan yang teratur sehingga akan dapat merasakan chord-chord mana yang sebaiknya agan pakai sebagai penghubung.
Quote:Ane Kasih Contoh Ye Gan :

1. C -> F tambah Chord penghubungnya adalah : C – C7- atau C – Gm – C7 – F
Gm dan C7 adalah Chord Penghubungnya

2. C -> Am Chord Penghubungnya adalah : C – E7 – Am atau C – Bm – E7 – Am
Bm dan E7 adalah Chord Penghubungnya.

Quote:Apakah Sudah Bisa Dipahami Gan?? Percayalah Gan Ini Sangat Penting Untuk Dipelajari dan Diterapkan Dalam Sebuah Instrument / Lagu




Quote:
Quote:7. Running Chord
"Bukan Berarti Kunci Yang Lari Ya Gan..!!"

Quote:Running Chord adalah putaran-putaran chord dalam suatu lagu. Dalam setiap lagu chord-chord yang ada akan mengikuti satu patokan tertentu yang akan berkaitan dengan Cadencenya maupun chord-chord nya.
Quote:Sebagai Contoh :
1. II: C | F | C | G7 :II
2. II: C | F | G7 | C :II

Terlihat bahwa putaran-putaran chord tidak terlepas dari Cadence mapun chord-chord penghubungnya.
Quote:Sudah Bisa Dimengerti Gan? Dengan Pemahaman dan Belajar Tentunya Kita Pasti Akan Segera Mengetahui dan Menguasainya.




Quote:
Quote:8. Penguasaan Chord
"Berapa Puluh Chord / Ratus Yang Agan Kuasai?"

Quote:Dalam Bermain gitar / piano chord tentunya sangat penting jika permainan kita tidak ingin terdengar fals, selain itu bermain chord juga pasti akan terdengar tidak karu-karuan.
“Chord itu berjumlah ratusan dan sangat perlu diperhatikan pada permulaan adalah Chord-chord pokok dengan kembangan-kembangannya"




Quote:
Satu lagi nih pesan untuk agan,Ingat Bermain Musik Tanpa Chord Pasti terdengar Karu2an"Lanjut Gan....


Segitu Aje Dulu Ye Gan, Jika Ada Yang Berkenan Untuk Menambahkan Mangga Silahkan Ane Tampung..Asal Yang Benar Menurut Fakta Nye Ye Gan??? Mudah2an Bermanfaat.





Rekomendasi Hot Thread  (docs.google.com)

Sumber : Pengetahuan Ane & Dari Buku2 Yang Jadi Guru Buat Ane & Thank Om Google 4 Pict

Enjoy.....!!!

Spoiler for Bonus Thread Ane Yang Lain Gan (HT):
01. Buah2an Ini Mungkin Sudah Punah, Padahal Semasa Kecil Buah2an Ini Selalu Jadi Teman (www.kaskus.co.id) - HT#1 | battencourt
02. Sejarah Asal Nama Daerah Glodok, Kwitang, Senayan & Menteng  (www.kaskus.co.id) - HT#2 | battencourt
03. 7 Musisi Akustik Gitar Fingerstyle Yang Mencengangkan  (www.kaskus.co.id) - HT#3 | battencourt
04. Karakter Manusia Asli "One Piece" Ternyata Ada Gan !!  (www.kaskus.co.id) - HT#4 | battencourt
05. Tips Bertemu Keluarga Pacar  (www.kaskus.co.id) - HT#5 | battencourt
06. [MIRIS & SENANG] Pekerjaan Yang Dilakukan Saat SD Untuk Menambah Uang Jajan  (www.kaskus.co.id) - HT#6 - | battencourt
07. Meninggal Secara Tragis, Artis-Artis Ini Dipercaya Jadi Hantu..!!  (www.kaskus.co.id) - HT#7 | battencourt
08. 10 Kampus Dengan Pesona Pemandangan Yang Indah & Sedap Dipandang  (www.kaskus.co.id) - HT#8 - | battencourt
09. Tukang Jualan Yang Diserbu Saat Musim Hujan  (www.kaskus.co.id) - HT#9 | battencourt
10. Kebiasaan Janggal Waktu SD Yang Kalo Dipikir Dewasa "Ngapain Juga Kita Seperti Itu?"  (www.kaskus.co.id) - HT#10 | battencourt
11. 7 Gaya Rambut Pendek Pria Paling Keren  (www.kaskus.co.id) - HT#11 | battencourt
12. 5 Gitarist Non Artis Yang Punya Skill Hebat & Patut Kita Pelajari Lick-Lick nya  (www.kaskus.co.id) - HT#12 | battencourt
13. Teknik Gitar Electric Yang Wajib Bisa & Wajib Diketahui Para Gitarist"  (www.kaskus.co.id) - HT#13 | battencourt
14. Belajar Menjadi Seorang Ayah Itu Sangatlah Susah & Membutuhkan Kesabaran"  (www.kaskus.co.id) - HT#14 | battencourt
15. Ketika Harus Bilang "Ini, Itu atau Nggak Sama Sekali"  (www.kaskus.co.id) - HT#15 | battencourt
16. Biaya Hidup di Jakarta Lebih Mahal Dibanding Amerika. Ko Bisa?"  (www.kaskus.co.id) - HT#16 | battencourt
17. 5 Kriteria Mahir Membuat Lirik Lagu Yang Sempurna  (www.kaskus.co.id) - HT#17 | battencourt
18. Do You Always Thinking After Doing This ?  (www.kaskus.co.id) - HT#18 | battencourt
19. Hal yang Dihindari Para Remaja Saat Pergi Kesini & Melakukan Ini  (www.kaskus.co.id) - HT#19 | battencourt
20. 6 Cara Pamit Dari Tongkrongan"  (www.kaskus.co.id) - HT#20 | battencourt
21. Love Laugh Lie... bye! "Agan Selalu Ucapin/Pakai Kata-kata Ini Ke Pujaan Hati?"  (www.kaskus.co.id) - HT#21 | battencourt
22. "Balada/Teman Minta Gratisan Ke Teman Yang Jualan. Agan Suka Gitu??"  (www.kaskus.co.id) - HT#22 | battencourt
23. Agan Suka Merasakan Dongkol, Kesal atau Benci Di Hari & Tanggal-tanggal Ini?  (www.kaskus.co.id) - HT#23 | battencourt
24. "Apakah Ini Cinta Dengan Style Pacaran Agan?"  (www.kaskus.co.id) - HT#24 | battencourt
25. [URL="http://www.kaskus.co.id/thread/551373e714088db64b8b456c/?ref=homelanding&med=hot_thread[/URL] - HT#25 | battencourt

Reserved for Update
Komeng Kaskuser

Quote:
Quote:Original Posted By dopoj0npen
serumit itu kah gan , ane pribadi kalau bikin lagu, hajar bleh aja sih, setiap orang pasti beda-beda, maklum ga mengenyam ilmu recording atau seni musik gan , cuma seorang otodidak

but nice thread


Quote:Original Posted By chua84
Ketukan juga perlu gan misalnya :4/4 3/4 ataupun 2/2


Quote:Original Posted By dopoj0npen

ane juga tadinya mau berkiprah di bidang musik gan, cuman terpentok satu dan hal, malah ke bidang lain gan , tapi ane cukup seneng dengan bermusik sedjak SMP sampe sekarang, walaupun sekarang nyari rezeki nya ga di musik sih gan, tapi keinginan itu tetep ada, ane seneng banget dunia musik, keep posting gan


Quote:Original Posted By fogaoni
Teoritis yang TS sebut tak akan mempan jika calon pengiring lagu tidak bermain dari hati

Ane lebih salut sama yang tipe mendengar, udah bisa langsung jadi not nya (tipe improvisasi/feeling)
kaya Tohpati dan Dewa budjana atau jazz user lainnya
Nice info gan


Quote:Original Posted By reaglobe
keren gan, kebetulan ane lagi belajar main musik


Quote:Original Posted By ywzapt
dari dulu pingin banget belajar musik, tapi sampai sekarang cuma pingin terus

mungkin emang ga ada bakat di musik, maen alat musik ga bisa, nyanyi ancur, teori juga ga ngerti sama sekali


Quote:Original Posted By Deazto
jadi inget pas SMA pelajaran kesenian gan disuruh bikin lagu sendiri, pake not balok gitu, tanda kromatik, kunci nada minor mayor trus dikasi lirik. ane pusing disitu gan


Quote:Original Posted By goodspell
IMO:
3. Tanda Ulang
Kalo buat mengiringi lagu (orang nyanyi) dengan gitar/piano doang menurut ane mah ga perlu ngerti tanda ulang, kecuali kita ngikutin partitur. Tapi kalo maksud ente di thread itu memang arahnya membaca partitur, berarti ada tanda2 kayak coda, segno, dan istilah2 yang biasa ada di atas partitur untuk ngarahin si pemusik menuju part mana setelah baris tersebut, bahkan perlu juga diulas soal nilai ketukan not yang pake gambar toge item dan putih, tanpa tangkai, dengan tangkai, pake bendera, trus tanda diam, titik setelah not, dll, kalo arahnya buat ngebaca partitur.
4. Kunci Nada
Kunci nada yang agan maksud disini nada dasar lagu ato clef di partitur, karena gambar yg ente kasih macem2 clef. Clef sendiri fungsinya bukan buat nentuin nada dasar, tapi nentuin pitch dari not yang digambarkan dalam garis paranada suatu partitur. Contohnya not yang berada tepat pada garis kedua paranada (dari bawah) dengan G-clef adalah not G4, tapi posisi yang sama pada garis paranada dengan F-clef adalah B2.
Kalo nada dasar pada suatu partitur ditandai dengan berapa banyak jumlah tanda kromatik di awalan (tepat setelah clef). Misalnya partitur dengan awalan ada 2 tanda # berarti main di D = do. Tanda ini juga mempengaruhi pitch nada2 yang berada pada posisi tanda tersebut (dan pada oktaf2 lainnya tentunya. Jadi clef G dengan 2 # sama aja dengan clef F dengan 2 #, sama2 main di D = do. Yang beda posisi tanda # pada garis paranada.

Tambahan lagi yang belom ente ulas dan sebenernya penting:
Ketukan/Tanda Birama
Ini penting banget, ketukannya 4/4, 2/4, 2/2, 3/4, 6/8, 9/8, 12/8, ato macem2 yg lain karena mempengaruhi feel lagu dan mempengaruhi strumming/comping pas main gitar ato piano. Terasa banget misalnya kalo nyanyi lagu Hari Merdeka (17 Agustus kalo buat ga apal judulnya) yang biramanya 2/4 trus dimainin jadi 6/8 ato malah 3/4.


Quote:Original Posted By beloemtjebok
Otodidak belajar gitar & piano, baru 1,5 tahun sih
Paling ribet kalo udah ketemu scale & chord progression


Quote:Original Posted By sambalnago
Damn, tempo ya.
Dulu wktu masih sering ngamen ane paling keteter sama yg nama'y tempo, apalagi kl udh masuk recording.
Tapi seiring waktu dan jam terbang plus sering2 latihan sendiri pake metronome lama2 ngerti juga sih "sela'y".


Quote:Original Posted By jo10hu

masih ada yang kurang gan, di nomor 3 sama 4

coba agan cari tau tentang itu tadi dan dimasukin ke post agan di pejwan. makasih


Quote:Original Posted By viotomebucks
Use your feeling gan ...
Menurut ane itu yang terpenting

rasakan nadanya, nikmati alurnya, ekspresikan di permainan (asal jangan terlalu berlebihan)

nice thread


Quote:Original Posted By fansuku
jujur gan ane bener" buta teori ginian.. tapi kalau disuruh ngiringin ane biasany ngepasin dengan lagunya pake filing gan.. kalau filing udah terasah cuman denger lagu beberapa kali doang udah bisa ngikutin gan.. tapi masih kalah dengan yg bisa baca partitur gan.. karena tanpa denger lagu aja bisa mainin lagunya hanya dengan membaca partitur.. cmiiw..


Quote:Original Posted By teori.darwin

teori emang lebih susah dari praktek gan
contoh : percuma orang jago teori reproduksi tapi ga pernah dipraktekin


Quote:Original Posted By javiee
Yang penting mah cukup tau Do-nya di nada apa. Misal Do=C
berarti urutan chordnya C-D-Em-F-G-Am-Bm-C
Nggak jauh pasti chordnya ya itu aja. Kecuali ada progresi chord. contoh yg paling umum itu myxolydian. Chord F diganti B mol.

intina mah kuping mesti bener bener peka sama frequency chord. Gimana ngelatihnya? sering sering aja denger lagu yang nggak kita tahu (lagu daerah, lawas, oldies), sembari ngiringin pake gitar/piano. Terus kita tentuin deh nada dasar dari lagu itu (Do=…………), terakhir, selamat gugunjrengan...


Quote:Original Posted By candra.comp
kalo.ane mah gan, pemain organ tunggal.otodidak,gk pernah belajar yang kaya gini, tapi selama ngiringin acara dangutan,pop,nostalgia, ngikut aja yang nyanyi nya ... heehee ... jujur kalo soal teori ane mah nol .. gan tapi nice info nih ... mau belajar tp jujur pusing ,,, lebih gampang ngandelin filling aja lah .. hehe


Quote:Original Posted By ogezz
Ini info yang bener2 bagus banget

Tambahan dari ane kalo buat ngiringin itu kita juga mesti tau susunan tangga nada kres (#) dan mol (b). Biasanya hanya sampe 7 saja ( 1# - 7# dan 1b - 7b). Kalo dalam notasi lagu ditulis di paling atas (Do = C atau Do = E, dst). Karena ga semua orang nyanyi di tangga nada dasar (C).
Ini berguna buat kita maen melodi dan juga buat nentuin chordnya.

Code:

Contoh tangga nada:
7# (Cis/C#) : Cis – Dis – Eis – Fis – Gis – Ais – Bis – Cis
6# (Fis/F#) : Fis – Gis – Ais – B – Cis – Dis – Eis – Fis
5# (B) : B – Cis – Dis – E – Fis – Gis – Ais – B
4# (E) : E – Fis – Gis – A – B – Cis – Dis – E
3# (A) : A – B – Cis – D – E – Fis – Gis – A
2# (D) : D – E – Fis – G – A – B – Cis – D
1# (G) : G – A – B – C – D – E – Fis – G
Dasar (C) : C – D – E – F – G – A – B – C
1♭ (F) : F – G – A – Bes – C – D – E – F
2♭ (Bes/B♭) : Bes – C – D – Es – F – G – A – Bes
3♭ (Es/E♭) : Es – F – G – As – Bes – C – D – Es
4♭ (As/A♭) : As – Bes – C – Des – Es – F – G – As
5♭ (Des/D♭) : Des – Es – F – Ges – As – Bes – C – Des
6♭ (Ges/G♭) : Ges – As – Bes – Ces – Des – Es – F – Ges
7♭ (Ces/C♭) : Ces – Des – Es – Fes – Ges – As – Bes – Ces



Penjelasan:
Untuk menentukan tangga nada tersebut ada rumusnya. Untuk tangga nada kres(#) kita ambil nada kelima dari tangga nada sebelumnya sebagai tangga nada baru, dan kita naikkan ½ nada ketujuh dari tangga nada yang baru. Untuk tangga nada mol(♭) kita ambil nada keempat dari tangga nada sebelumnya sebagai tangga nada baru, dan kita turunkan ½ nada keempat dari tangga nada yang baru. Dan selalu ingat jarak/interval dari sebuah tangga nada yaitu 1 - 1 - ½ - 1 - 1 - 1 - ½.


Dengan kita mengerti urutan tangga nada di atas, maka kita akan gampang mengetahui cadence dan tangga nada minor (yaitu nada keenam dari tangga nada) dari tangga nada tersebut. Jika mempunyai gitar atau piano silakan mempelajari tangga nada di atas, dan pasti agan akan menemukan pola dari semua tangga nada tersebut.

Setelah kita mengerti semua hal, 1 lagi yang paling penting yaitu hearing. Ini bisa dilakukan oleh musisi profesional atau yang memang sudah terbbiasa dan sering latihan. Hearing ini sangat penting karena kita hanya cukup mendengarkan dan langsung menemukan nada dasarnya.

Mungkin itu tambahan dari ane, sebagai seorang yang masih terus belajar.


Quote:Original Posted By hilza77
Gan harusnya ada satu lagi gan. 9. Feel, feel juga penting tuh bagi seorang pemusik. Karena yg saya tau feel si pemusik bagus saat memainkan musik. Maka yg nikmati atau ngedenger musik nya itu seperti menyatu dng musiknya. Gitu sih yg saya tau


Quote:Original Posted By keekisses
Sorry gan, point nomer 4 kayaknya perlu direvisi
itu kan lg bahas key kenapa yg nongol gambarnya treble dan bass staff ya?
Sama kalo mau bahas mayor minor sebaiknya ditambah dengan interval dari masing² scale
cmiiw gan


Quote:Original Posted By pustakaharjuna
Betul buanget gan, ane sndiri paling demen KUNCI PENGHUBUNG, itu yg bener2 ane amatin
berusaha mencari celah2 nada dimana chord penghubung bisa disispin

C, BM7-5, E misalnya, jadi ga langsung ke E
Postingan manfaat gan





Quote:Original Posted By estidi


Menurut ane udah tepat kok...
Clef itu kan menandakan nada dasar not2 yg di staf...
Kalo G-clef atau treble clef artinya not yg ada di garis yg dilewati akarnya clef adalah G
Kalo bass clef artinya not yg di garis yg dilewati akarnya clef adalah F



Jadi kalo clef2 itu digeser tempatnya (naik/turun) berubah juga nada dasarnya...
Biasanya yg digeser2 itu untuk partitur alat musik tiup, karena setemannya beda dgn piano atau gitar atau biola...


Quote:Original Posted By mdinowumbo
Menurut ane yang paling penting malah di saat sebelum kita ngiringin lagu: feeling. Soalnya ga jarang orang minta diiringin lagu yang kita belum tau, jadi kita dituntut harus bisa nyari note dan chordnya sendiri. Keuntungannya juga pas kita nemu lagu yang enak kita ga usah capek-capek nyari tutorial di yutub
Btw ane ga bisa baca not balok sekarang ane jadi tambah paham deh


Quote:Original Posted By zions
Ane udah paham semua nya sih, udah jadi modal buat kerjaan ane yg solo piano

Selebihnya tinggal follow the feeling aja

Resep biar bisa maen piano itu adalah
"Kalo belom bisa, pelajari teori n teknik nya, kalo udah bisa, lupakan teori n teknik nya!"


Quote:Original Posted By digitsucker
point diatas gak ada yg ane ngerti gan. basic chord doang paling, sisanya paling banyakan buat orang yang les musik saja. dan berbiaya lumaya kan, ane dari dulu hanya main pake feeling aja. well alhasil dari muda suka main gitar, skrg buat di cafe mah bisa ngimbangin. Feeling gan yg penting, kalo passion ente emang dimusik teori2 yg gak bisa kita pelajari bukan masalah. Maap melantur, pejwan kalo bisa hehe


Quote:Original Posted By lemonadecream
Wah agan TS pernah sekolah/belajar teori musik ya? apa guru nih hehe,btw ane masih bingung yang cadence itu, C Major itu kan dari C E G knp bisa C D G ? kalo mau jadi C Major 7 kan jadinya C E G B ya? ,dikoreksi kalo ada yang salah ya? ane masih belajar,sama ane rada bingung kalo udah mulai ngitung birama 5/4 ,7/4 ,9/4 (yang jarang jarang dipake itu) kadang kalo kepeleset sedikit itu bingung ngejernya


nah bener tuh,,
harus ngikutin temponya,,
itu yang sulit,,
Nice tips gan..!!
serumit itu kah gan , ane pribadi kalau bikin lagu, hajar bleh aja sih, setiap orang pasti beda-beda, maklum ga mengenyam ilmu recording atau seni musik gan , cuma seorang otodidak

but nice thread
Ketukan juga perlu gan misalnya :4/4 3/4 ataupun 2/2
Ane gak bisa ngiringi,
kalo main gitar apa organ ya ikut nyanyi sendiri
kalo orang lain yang nyanyi, dijamn, Ruwet

Quote:Original Posted By perihbanget
nah bener tuh,,
harus ngikutin temponya,,
itu yang sulit,,

Yup adalah betul..!!!

Quote:Original Posted By julia1217
Nice tips gan..!!

Siippp thank dh mampir gan..

Quote:Original Posted By dopoj0npen
serumit itu kah gan , ane pribadi kalau bikin lagu, hajar bleh aja sih, setiap orang pasti beda-beda, maklum ga mengenyam ilmu recording atau seni musik gan , cuma seorang otodidak

but nice thread

Musik menurut ane teori nya emang rumit melebihi matematik, IPA, Fisika, Kimia gan..namun prakteknya menurut ane lebih gampang (Asal mengikuti patokan dan prosedurnya)
Tenang aje gan, selama 25 tahun ane pegang gitar semua otodidak, hanya buku dan Inet aje yg jadi guru setia.
Recording juga ane ga ada bimbingan lebih, belajar sendiri aja, share bersama teman2 di komunitas tersebut.
Thx dh mampir gan...

Quote:Original Posted By chua84
Ketukan juga perlu gan misalnya :4/4 3/4 ataupun 2/2

Yep ane lupa gan...thank dh nambahin nanti ane taro pejwan deh.

Quote:Original Posted By the.fly.
Ane gak bisa ngiringi,
kalo main gitar apa organ ya ikut nyanyi sendiri
kalo orang lain yang nyanyi, dijamn, Ruwet


si agan bisa aje ah.
ha ha ane bisanya main asal gan

pas belajar bareng adek ane, ane kurang serius
Quote:Original Posted By battencourt

Musik menurut ane teori nya emang rumit melebihi matematik, IPA, Fisika, Kimia gan..namun prakteknya menurut ane lebih gampang (Asal mengikuti patokan dan prosedurnya)
Tenang aje gan, selama 25 tahun ane pegang gitar semua otodidak, hanya buku dan Inet aje yg jadi guru setia.
Recording juga ane ga ada bimbingan lebih, belajar sendiri aja, share bersama teman2 di komunitas tersebut.
Thx dh mampir gan...


Yep ane lupa gan...thank dh nambahin nanti ane taro pejwan deh.


ane juga tadinya mau berkiprah di bidang musik gan, cuman terpentok satu dan hal, malah ke bidang lain gan , tapi ane cukup seneng dengan bermusik sedjak SMP sampe sekarang, walaupun sekarang nyari rezeki nya ga di musik sih gan, tapi keinginan itu tetep ada, ane seneng banget dunia musik, keep posting gan
ternyata tidak semudah yang diliat
Teoritis yang TS sebut tak akan mempan jika calon pengiring lagu tidak bermain dari hati

Ane lebih salut sama yang tipe mendengar, udah bisa langsung jadi not nya (tipe improvisasi/feeling)
kaya Tohpati dan Dewa budjana atau jazz user lainnya
Nice info gan
nah ane kaga ngarti soal instrumen
mantep infonya Gan

mantap gan,,,makasih ya gan buat threadnya
keren gan, kebetulan ane lagi belajar main musik
demen doang gan ane tapi bakat mah euweh
waduh ane gak paham sama sekali gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar