Pages


Minggu, 18 Oktober 2015

Macam Macam Media Penyimpanan Data Komputer Dari Masa ke Masa

Assalamulaikum Wr. Wb.



Selamat pagi, siang, sore, malam Agan-agan semua, Kali ini ane ingin share thread mengenai “Macam Macam Media Penyimpanan Data Komputer Dari Masa ke Masa”. Mudah-mudahan threadnya gak repost gan.

Spoiler for Cek Repost:
Udah ane cek gak ada thread yg sama gan.



Alhamdulillah masuk Hot Thread (17 Oktober 2015)




Seperti biasa ya gan, bantu TS rate 5 , kalo yang udah ISO timpuk ane cendol donk serta tak lupa pula untuk meninggalkan komentarnya gan.

Oke langsung saja kita masuk ke topik bahasan kali ini gan.

Check it out...



“Macam Macam Media Penyimpanan Data Komputer Dari Masa ke Masa”



Telah kita ketahui bahwa dunia ini menyimpan banyak misteri dari peradaban - peradaban kuno yang pernah eksis di bumi ini berribu - ribu tahun yang lalu, bahkan mungkin bisa lebih. Kita bisa mengetahui bahwa ada tidaknya peradaban pada waktu tertentu salah satunya adalah dengan data yang ditinggalkan mereka. Seperti gambar - gambar pada dinding goa, prasasti - prasasti, tulisan - tulisan pada papirus (media tulis yang terbuat dari kulit kayu).

Dan ternyata sejak zaman lampau itu manusia sudah memulai meninggalkan jejaknya atau meninggalkan data bahwa ia pernah tinggal di area tersebut dengan mencantumkan gambar, goresan, tulisan, atau apapun di sebuah media.

Sebagian besar media tersebut ditemukan pada masa sekarang dan dijadikan suatu motivasi bagi manusia modern untuk membuat suatu media penyimpanan yang praktis dan bisa memuat banyak informasi maupun data dalam suatu wadah yang tidak terlalu besar dan berat. Berikut media-media penyimpanan data yang berhasil manusia ciptakan.



1. Punch Card

Spoiler for Punch Card:



Quote:Media penyimpanan yang pertama bernama Punch Card. Punch Card ini dirancang dan diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon. Media penyimpanan ini menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Sejak tahun 1725 telah dirancang sebuah media untuk menyimpan data yang diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Tetapi media ini pertama kali dipatenkan untuk penyimpanan data sekitar 23 september 1884 oleh seseorang bernama Herman Hollerith.

Penemuan ini digunakan lebih dari 100 tahun hingga pertengahan 1970. Punch Card ini memiliki 90 kolom dan jumlah data yang bisa disimpan (kapasitas) di dalam media penyimpanan ini sangatlah kecil dan juga fungsi utama media ini bukan untuk menyimpan informasi atau data untuk manusia, melainkan untuk menyimpan pengaturan (setting) untuk mesin yang berbeda.



2. Punch Tape

Spoiler for Punch Tape:



Quote:Media penyimpanan selanjutnya adalah Punch Tape. Orang pertama yang mengetahui penggunaan paper tape yang biasanya digunakan untuk mesin faksimili dan mesin telegram tahun 1846 ini bernama Alexander Bain. Penggunaan paper tape yang biasanya digunakan untuk mesin faksimili dan mesin telegram. Setiap baris tape menampilkan satu karakter, tetapi karena kita bisa melipatnya dengan mudah maka media ini dapat menyimpan data secara lebih signifikan dari pada Punch Card.



3. Selectron Tube

Spoiler for Selectron Tube:



Quote:Pada tahun 1946 RCA mulai mengembagkan Selectron Tube yang merupakan awal format memori komputer dan Selectron Tube terbesar berukuran 10 inci yang dapat menyimpan 4096 bits. Tetapi harga satu buah Selectron Tube ini sangatlah mahal dan umurnya pun sangat pendek di pasaran.



4. Magnetic Tape

Spoiler for Magnetic Tape:



Quote:Media penyimpanan ini telah digunakan pertama kali oleh IBM untuk menyimpan data pada tahun 1950-an. Sebuah roll Magnetic Tape dapat menyimpan data setara dengan 10.000 Punch Cards, fenomena ini membuat Magnetic Tape menjadi sangat populer sebagai cara menyimpan suatu data computer hingga pertengahan 1980-an.

Magnetic Tape adalah model pertama dari pada secondary memory. Tape ini juga dipakai untuk
alat input/output dimana informasi dimasukkan ke CPU dari tape dan informasi diambil dari CPU lalu disimpan pada tape lainnya. Panjang tape pada umumnya 2400 feet, lebarnya 0.5 inch dan tebalnya 2 mm. Data disimpan dalam bintik kecil yang bermagnit dan tidak tampak pada bahan plastik yang dilapisi ferroksida. Flexible plastiknya disebut mylar.



5. Compact Cassette

Spoiler for Compact Cassette:



Quote:Compact cassette ini merupakan salah satu bagian dari Magnetic Tape. Media penyimpanan ini dikenalkan oleh Philips pada tahun 1963, namun tidak sampai tahun 1970 menjadi populer. Komputer - komputer, seperti ZX Spectrum, Commodore 64 dan Amstrad CPC menggunakan Compact Cassette ini atau yang lebih sering disebut dengan kaset ini untuk menyimpan data. Standar 90 menit Compact Cassette dapat menyimpan sekitar 700 Kb hingga 1 Mb dari data tiap sisinya. Jika disetarakan dengan DVD, maka data dalam Compact Casette ini dapat dijalankan selama 281 hari.



6. Magnetic Drum

Spoiler for Magnetic Drum:



Quote:Yang keenam ini bernama Magnetic Drum. Magnetic Drum memiliki panjang 16 inch yang bekerja 12.500 putaran per menit (12.500RPM). Media penyimpanan jenis ini digunakan untuk menunjang komputer IBM 650 sekitar 10.000 karakter dari memori utama.



7. Disket

Spoiler for Disket:


Quote:Disket ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1969. Saat itu media ini hanya bisa membaca saja atau istilahnya adalah read only. Maksudnya adalah, ketika data tersimpan, data tidak lagi bisa dimodifikasi ataupun dihapus dari dalam Floppy Disk ini. Ukuran media ini hanya sektar 8 inch dan hanya dapat menyimpan data sekitar 80 Kb.

Empat tahun kemudian, Floppy Disk yang sama muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256 Kb. Perkembangan selanjutnya terjadi pada tahun 1990, lahir sebuah disk dengan ukuran 3 inch yang dapat menyimpan data sekitar 250 Mb atau biasa disebut Zip Disk.


FYI
Spoiler for FYI:
Cara kerja dan konstruksi Disket.


Quote:Disket dimasukkan ke Floppy Disk Drive, yaitu alat untuk menahan, memutar, membaca dan menulis data ke Disket. “Baca” berarti data di media penyimpan sekunder diubah ke dalam bentuk sinyal elektronik dan salinan data tersebut dikirimkan ke memory computer (RAM). Sedangkan “tulis” berarti salinan informasi elektronik hasil pemrosesan komputer ditransfer ke penyimpan sekunder.

Pengunci baca :

Disket memiliki pengunci baca agar disket tidak bisa ditulisi. Dengan kata lain, data di dalam Disket bisa terlindung. Caranya : gunakan jari jempol atau ujung pena untuk memindahkan pengunci baca ke arah bawah (tampak belakang), sehingga lubang kotaknya terbuka.

Track, Sektor, dan Cluster

Pada Disket, data disimpan dalam arah memusat yang dinamakan track. Berbeda dari gramofon, track-track di Disket tidak mempunyai alur atau lingkaran tunggal. Track di Disket membentuk lingkaran-lingkaran terpusat. Ketika sebuah disk diformat, lokasi penyimpan terbagi menjadi sektor-sektor arah tertentu sehingga track-track di Disket terbagi dalam beberapa busur yang dinamakan sektor.

Saat data dari komputer disimpan ke Disket, data kemudian disebarkan ke track-track dan sektor. Oleh sebab itu, perangkat lunak sistem menggunakan titik irisan sektor dan track sebagai penunjuk lokasi data. Unit terkecil ruang disk sebagai tempat penyimpan data dinamakan cluster. Cluster adalah sekumpulan sector pada alat penyimpan. Istilah Track, Sektor, dan Cluster juga dipakai di Hardisk.

Head baca/tulis

Ketika disket dimasukkan ke slot (drive gate atau drive door) pada bagian depan floppy drive, Disket ditempatkan di atas kumparan mekanisme drive. Head baca/tulis digunakan untuk mentransfer data antara komputer dan Disket. Saat Disket berputar di dalam plastik pembungkus, head baca/tulis bergerak maju mundur melalui area akses data di Disket. Dan saat Disket tidak berada di drive, penutupnya yang terbuat dari logam atau plastik berfungsi untuk menutupi area
akses data tersebut. Lampu akses akan menyala ketika disket sedang bekerja. Selesai memakai disket, Anda bisa mengambilnya dengan cara menekan tombol keluar di samping drive.



8.Zip Disk

Spoiler for ZipDisk:


Quote:Zip Disk adalah contoh alternatif penyimpan adalah floppy disk cartridge/disket yang berkapasitas lebih besar. Diproduksi oleh Iomega Corp., Zip Disk adalah disk berlapis magnetic berkualitas tinggi yang memiliki kapasitas sebesar 100, 250 bahkan 750 Megabyte. Untuk ukuran 100 Megabyte saja, kapasitasnya telah melampaui 70 kali kapasitas disket biasa.

Zip Disk memerlukan Zip Disk Drive tersendiri, meskipun telah tersedia pula Drive Zip External (biasanya versi USB). Zip Disk dimanfaatkan untuk menyimpan file spreadsheet, file database, file gambar, file presentasi multimedia, dan file-file situs web yang berukuran besar.



9. Hard Drive
Spoiler for Hard Drive:


Quote:Pada tanggal 13 september 1956, computer IBM 305 RAMA dalam kondisi tidak terselubingi. Komputer tidak mengalami perubahan sejak dapat menyimpan data sekitar 4.4 Mb (kira - kira, besar jumlah penyimpanan ini setara dengan 5 milyar karakter). Pada saat itu, hal ini sudah menjadi hal yang sangat menakjubkan. Data tersimpan dalam 50 buah magnetic disk yang berukuran 24 inch, dan inilah Hard Drive pertama di dunia. Lebih dari 1000 sistim dibangun dan diproduksi pada akhir tahun 1961.



10. Hard Disk

Spoiler for Hard Disk:



Quote:Hard drive pertama yang berkapasitas 500 Gb adalah Hitachi Dekstar 7K yang jika dibandingkan dengan hard drive pertama adalah 1 Hard Drive Hitachi ini setara dengan 120.000 Hard Drive pertama di dunia dari IBM 305 RAMA. Hal ini cenderung tiap tahun kita dapat memperoleh drive yang dapat menyimpan data secara cepat dengan harga yang relatif lebih murah.

Hard Disk adalah non-volatile storage device yang menyimpan data secara electronik dengan kapasitas besar (High-capacity storage) yang dikodekan secara digital pada piring-piring yang berputar cepat dengan permukaan magnetic dan berisi beberapa plat yang keras,dan bundar serta komponen yang menyertai berada dalam wadah yang kedap udara, dan tersegel untuk keamanan.


FYI

Spoiler for FYI:
Cara kerja Hard Disk

Quote:Hard Disk akan merekam data dalam putaran konsentris yang biasa disebut dengan track. Dalam sebuah track ini masih ada pembagian lagi yang disebut dengan sektor. Masing-masing track dalam sebuah disk bisa diibaratkan sebuah buku tempat anda menyimpan tulisan yang tertata rapi dalam sebuah disk. Kalau sistem operasi membutuhkan file yang terletak dalam track dan sektor tertentu maka permintaan tersebut akan diteruskan lewat lengan pengendali head ke posisi track dan sektor tertentu dimana data disimpan.

Saat sistem operasi mengirim data ke Hard Disk untuk disimpan maka drive pada Hard Disk akan terlebih dahulu melakukan perhitungan data dengan rumus matematis yang kompleks untuk menambahkan hitungan bit pada sebuah data. Dengan konversi ini maka data bisa disimpan dengan lebih efisien. Selain itu ketika nanti data tersebut dibutuhkan kembali tambahan bit tersebut mampu mendeteksi dan mengkoreksi kesalahan acak karena variasi dari ruangan magnetis yang lebar. Selanjutnya head akan digerakkan menuju track tertentu di atas disk untuk melakukan baca dan tulis.

Waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan head dari satu track ke track yang lain inilah yang disebut dengan seek time. Setelah berada pada track yang benar head akan menunggu sampai berada pada sector tertentu untuk membaca dan menulis data. Untuk menulis data head akan menunggu sampai berada pada sektor yang belum terisi sementara saat membaca head akan menunggu sampai berada pada sektor dimana data disimpan.

Waktu yang dibutuhkan untuk menunggu berada pada sektor yg tepat ini sering disebut sebagai latency. Semakin kecil nilai seek time dan latency maka akan semakin tinggi kinerja sebuah hard disk. Saat head berada pada sektor yang tepat untuk menuliskan data maka sebuah pulsa elektronik akan disalurkan lewat head menuju piringan. Pulsa elektronik tersebut menghasilkan tempat tertentu diatas disk untuk menyimpan data.



11. Laser Disk

Spoiler for Laser Disk:



Quote:Tahun 1958, Laser Disk ditemukan tetapi tidak sampai tahun 1972 untuk pertama kalinya video disk didemonstrasikan kepada publik. Enam tahun kemudian, sekitar tahun 1978, media ini telah tersedia di pasaran. Hal yang tidak mungkin manusia simpan pada tahun sebelumnya dapat di simpan di media penyimpanan yang disebut Laser Disk ini. Kualitas gambar pada video pun lebih signifikan perubahannya dan lebih tinggi dibandingkan dengan VHS.



12. Compact Disk

Spoiler for CD:


Quote:Setelah ditemukannya Laser Disk, media penyimpanan mengalami revolusi bentuk besar yaitu perubahan dari media yang berbentuk sudut, seperti kubus, balok, maupun pita, menjadi lingkaran atau yang lebih sering disebut Disk. Perkembangan lebih lanjut dari Laser Disk adalah Compact Disk. Media penyimpanan ini muncul pada tahun 1979 hasil kerja sama Philips dengan Sony. Ukuran Compact Disk ini lebih kecil dibandingkan Laser Disk. Penjualan Compact Disk ini pun mulai meledak di pasaran pada tahun 1982.

FYI
Spoiler for FYI:
Quote:CD pada umumnya menggunakan pit (bump) mikroskopis untuk menyimpan data. Permukaan CD berupa cermin dan bump penghalang cermin permukaan sempurna. Laser pembaca CD dapat mendeteksi perbedaan antara cermin sempurna dan tak sempurna yang disebabkan oleh adanya perbedaan reflektivitas bump. Dengan menterjemahkan cermin sempurna sebagai 1 dan bump sebagai 0, ini mudah untuk menyimpan informasi digital pada CD. Bump pada CD dibentuk ke dalam plastic ketika dipabrikasi sehingga permanen. untuk menciptakan CD yang dapat ditulis (CD-R), diperlukan modifikasi permukaan CD sehingga data dapat di burn ke dalamnya. Tidak ada bump pada CD-R.

Suatu lapisan dye jernih meliputi cermin CD. Laser tulis memanaskan hingga lapisan dye cukup dibuat buram, sehingga memberikan reflektivitas yang berbeda. Untuk membuat CD yang dapat ditulis kembali (CD-RW), diperlukan lapisan yang dapat diubah-ubah transparan dan buram. Bahan bersifat dapat diubah transparan tegantung pada suhu. Dipanaskan pada suatu temperature, bahan didinginkan pada keadaan transparan, dipanaskan ke temperature yang berbeda, didinginkan keadaan buram. Dengan mengubah tenaga (temperature) laser penulisan, data pada CD dapat diubah atau ditulis kembali. CD-R dapat dibaca dengan CD player manapun. Disc CD-RW tidak demikian serbaguna sehingga player tua tidak bisa membacanya.

CD player melewatkan berkas laser di atas track. Pada saat laser dilewatkan di atas area track, berkas dipantulkan secara langsung pada sensor optic pada susunan laser. CD player menterjemahkan sebagai 1. Pada saat dilewatkan di atas bump, cahaya dipantulkan menjauhi sensor optic, CD player menandai sebagai Bump disusun dalam jalur spiral, dimulai dari tengah
disc. CD player memutar disc, sementara susunan laser bergerak mengarah keluar dari tengah CD. Pada kecepatan kerjanya, bump bergerak melewati titik- titik luar CD lebih cepat dari pada gerakan melewati titik-titik didekat tengah CD. Untuk menjaga gerakan bump melewati laser pada tingkat kecepatan tetap, kecepatan player pada disc harus melambat seperti gerakan susunan laser keluar dari titik tengah CD.



Lanjutannya di Post 3 ya gan . (Ane kalah cepat sama si bianca)
c casete paling keren kak



















































































13. DVD

Spoiler for DVD:


Quote:Perkembangan disk melompat lebih jauh hingga ditemukannya teknologi laser yang berbeda. Panjang gelombang laser ini menggunakan 780 nm sinar inframerah (pada compact disk, panjang gelombang laser yang digunakan hanya sekitar 625nm sampai 650nm sinar infra merah) yang membuat media yang disebut - sebut sebagai DVD (Digital Versatile Disc atau Digital Video Disc) ini memungkinkan untuk menyimpan data hingga 8.5 GB dengan ukuran yang sama dengan Compact Disk.



14. HD DVD

Spoiler for HD DVD:



Quote:Sampai pada pertengahan tahun 1990-an, ketika televisi definisi tinggi (High Definition atau HD) mulai berkembang di pasaran, media penyimpanan HD DVD mulai dirancang utuk menggantikan format DVD. Dikarenakan bahwa film - film berresolusi tinggi membutuhkan kapasitas yang lebih besar dari DVD. HD DVD ini dapat menampung tiga kali lebih besar dari kapasitas yang dimiliki DVD. HD DVD ini dikembangkan Microsoft sebagai media penyimpanan game di konsolnya yang bernama XBOX 360.



15.Blu-Ray

Spoiler for Blu-Ray:



Quote:Perusahaan Sony juga tidak mau kalah, mereka mengembangkan dan mengeluarkan bentuk format lain dari sebuah disc dengan teknologi yang baru, yaitu Blu-Ray Disc. Nama Blu-Ray Disc ini diambil dari laser biru ungu yang digunakan untuk membaca dan menulis disc jenis ini. Panjang gelombang biru ungu yang dipakai pun lebih kecil, hanya sekitar 405nm. Disc jenis ini berkapasitas 25 GB pada setiap lapisnya. Beberapa perusahaan dan pabrik juga mengeluarkan Blu-Ray satu lapis dan dua lapis (50 GB) yang dapat di tulis ulang.

Pada awalnya Blu-Ray di kembangkan untuk menyimpan data berupa film dan game untuk Playstation 3. Dengan kapasitas yang jauh lebih besar dari media penyimpanan apapun, Blu-Ray sampai saat ini adalah media penyimpanan berbentuk disc yang paling besar kapasitasnya sehingga dapat menampilkan berbagai data maupun informasi secara high definition.



16. Memory Card

Spoiler for Memory Card:


Quote:Diluar dari media penyimpanan itu semua, masih ada media penyimpanan lainnya yang berkembang seiring dengan berkembangnya media penyimpanan utama di atas. Memory Card juga berkembang pesat bersamaan dengan berkembangnya CD, DVD, HDVD, dan Blu-Ray. Pertama kali dikeluarkan sekitar tahun 1990-an. Memory Card mengalami evolusi yang cukup besar juga dari segi ukuran dan besar data penyimpanan. Media ini biasanya dipakai pada device atau alat elektronik yang bersifat praktis atau portable seperti, Handphone, Kamera, Gameboy, PSP, PSVita, dan lainnya. Perkembangan memory ini juga merangsang keluarnya Flashdisk.



17. USB Flash Drive

Spoiler for Flash Drive:



Quote:Pada tahun 1999, Amir Ban, Dov Moran dan Oron Ogdan menemukan sistem penyimanan data terbaru, USB Flash Drive. Tidak seperti memory card yang sering digunakan pada media elektronik portable, media ini biasanya digunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya atau untuk menyimpan data komputer sebagai backup (cadangan).

Perkembangan USB ini mengalami perubahan pesat. Dari kapasitasnya yang dulu hanya sampai beberapa Megabyte saja, sekarang ini media USB Flash Drive dapat menyimpan sampai 16 GB. Teknologi USB Bus Port juga memungkinkan adanya external hard drive, hard drive yang bisa kita bawa kemana saja untuk kepentingan apa pun dalam menyimpan data. Dan besar hard drive itu bisa sampai 5 Terrabyte.

Kingston Memperkenalkan 1TB (Terabyte) HyperX Predator USB 3.0 Flash Drive DataTraveler HyperX Predator 3.0 USB Flash Drive adalah bagian dari HyperX Predator family, yang merupakan kinerja produk tertinggi yang ditawarkan dari Kingston HyperX.



18.External Hard Disk

Spoiler for External HDD:



Quote:Hard Disk Drive merupakan media penyimpan data yang ada pada notebook atau Desktop PC. Anda bisa menyimpan file musik, video, foto, dokumen penting dan data lain pada sebuah hard disk. Jika hard disk pada Desktop PC atau Notebook sudah penuh, cara yang paling mudah untuk menambah ruang kosong adalah dengan cara menghapus file yang tidak dibutuhkan lagi.

Jika tidak memungkinkan untuk menghapusnya, anda bisa saja mengompress data yang tidak begitu ke dalam bentuk ZIP sehingga kapasitas file menjadi lebih kecil yang tentunya akan menambah ruang kosong pada hard disk. Tetapi, cara ini tidak begitu efektif karena anda mesti bolak balik mengekstrak file ZIP jika ingin melihat data yang ada di dalamnya. Cara yang paling efektif adalah dengan cara membeli hardisk baru sebagai tambahan dari hard disk utama pada
komputer atau notebook yang dikenal dengan nama External Hard Disk.



19. SSD (Solid State Drive)

Spoiler for SSD:


Quote:Nama SSD (Solid State Drive) mungkin sudah mulai sering terdengar ditelinga kita, apalagi kehadiran platform Ultrabook yang kian populer turut mendongkrak popularitas SSD sebagai media penyimpanan. SSD sendiri adalah media penyimpanan berbasis chip Flash yang berjenis Non Volatile Memory. Non Volatile Memory memungkinkan data yang tersimpan di SSD tidak hilang meski aliran listrik terputus. Sedangkan yang berjenis Violatile akan kehilangan data ketika aliran listrik terputus, seperti memory RAM (Random Access Memory).

Media penyimpanan SSD berbasis Flash pertama kali diperkenalkan pada taahun 1995 oleh M-
Systems dan saat ini mulai digunakan secara luas oleh pengguna komputer maupun kalangan enterprise. SSD saat ini mulai diaplikasikan pada laptop tipis dan ringan seperti MacBook Air dan Ultrabook dan menggantikan posisi hardisk sebagai media penyimpanan.


20. Cloud Storage

Spoiler for Cloud Storage:



Quote:Cloud Storage adalah media penyimpanan online, di mana Anda dapat menyimpan data pada server virtual yang tersedia. Dengan adanya Cloud Storage, Anda tidak perlu lagi menyimpan data Anda pada hard drive, CD, ataupun hardware lainnya. Anda tinggal menyimpan data Anda pada remote database yang disediakan oleh pihak ketiga, untuk mengaksesnya Anda hanya memerlukan koneksi internet. Menggunakan Cloud Storage sebagai media penyimpanan data akan memberikan Anda beberapa keuntungan, di antaranya :

Anda dapat mengakses data Anda yang tersimpan pada Cloud Storage dari manapun dan kapanpun, selama ada koneksi internet.
Anda tidak perlu repot-repot membawa banyak CD atau membawa hard disk eksternal, karena data Anda tersimpan pada database virtual.
Jika diperlukan, Anda dapat berbagi data Anda yang tersimpan pada Cloud Storage dengan mudah.
Namun, disamping keuntungan yang bisa didapatkan, Cloud Storage juga memiliki beberapa kelemahan.

Kelemahan yang paling utama terletak pada hal keamanan. Untuk menyimpan data Anda pada Cloud Storage ini tentunya Anda diharuskan membuat sebuah akun. Setiap akun dilindungi oleh password yang bisa saja diketahui orang lain jika Anda tidak berhati-hati, sehingga besar kemungkinan akun Anda dapat dibuka oleh orang lain. Kelemahan lain adalah gangguan yang terjadi pada saat mengakses data Anda pada Cloud Storage, hal ini dapat disebabkan oleh koneksi internet yang bermasalah atau server yang sedang down. Yang terakhir, untuk mengakses data Anda pada Cloud Storage diperlukan koneksi internet, sehingga tanpa koneksi internet Anda tidak dapat mengakses data Anda.

Sampat saat ini terdapat beberapa provider yang menyediakan layanan Cloud Storage yang mungkin familiar di telinga Anda, namun Anda tidak menyadari kalau layanan yang mereka berikan itu merupakan layanan Cloud Storage. Beberapa diantaranya adalah Google Drive, Dropbox, SkyDrive, iCloud dan masih banyak lagi.


Sumber 1

Sumber 2



Demikian perkembangan Media Penyimpanan Data Komputer Dari Masa ke Masa. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, manusia terus berinovasi membuat media penyimpanan yang lain yang pastinya lebih praktis dan mempunyai kapasitas penyimpanan yg lebih besar. Kita tunggu saja inovasi-inovasi apa saja yang akan diciptakan.


Sekian thread dari ane gan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan jejaknya gan.



Testimoni Agan2 yang pernah memakai salah satu Media Penyimpanan diatas ada di post 5 gan

Sumber


Wasalamulaikum Wr. Wb.




Quote:Jangan lupa kunjungi thread ane yg lainnya gan

Kendaran Kendaraan Kepolisian Republik Indonesia

Toyota Kijang Dari Generasi Ke Generasi

Taksi Taksi Mewah Di Dunia

Varian Jetbus Adi Putro

Tipe Tipe Penumpang Di Bus Umum

Penyebaran Sistem Left Right Driving

8 Mitos Yang Salah Mengenai Mobil




Tambahan dari Agan2

Quote:Original Posted By mbutzha
kalo ini termasuk engga gan?
Piringan Hitam (buat nyimpen data lagu)
Spoiler for piringan hitam:

bokap ane waktu kecil kalo muter musik the beatles pake yang gituan
VCR (buat nyimpen data film)
Spoiler for VCR:

jadi nostalgia sama film boboho dan the mask jim carrey



Quote:Original Posted By Anca1
klo ini masuk gak gan..

Spoiler for minidisk:
Ane biasa simpan data di laci bruzz.....
1. Quote:Original Posted By Baringbing
Jadi ingat tahun 2004 dengan yang namanya disket. Setiap disket rusak pasti beli yang baru lagi.


2. Quote:Original Posted By batahidan
nice trit gan
pernah ngalamin pake floppy disk
ke warnet buat nyimpen gambar2


3. Quote:Original Posted By digitalbiatch
pernah ngerasain gimana rasanya ngesave ms.office di disket


4. Quote:Original Posted By Bengaloy
dulu taon 90 an, ane kerja dalam dunia garment gan ( embroidery ). pernah make yg namanya punch tape.


5. Quote:Original Posted By kamengo
Jaman ane dulu sempet pake floppy... Sekarang sisanya masih ane simpan buat koleksi


6. Quote:Original Posted By widyasena99
Inget jaman dulu,,punya flashdisk sampe dikalungin kayak emas


7. Quote:Original Posted By fsdyk
nice gan, ane ngalamin pake disket gan haha


8. Quote:Original Posted By poca.poci
ane inget jaman dlu pake disket wkwkwk


9. Quote:Original Posted By ndba
inget jaman smp tugas komputer pakai disket...
lupa harganya gan


10. Quote:Original Posted By sensei457
bagus threadnya gan,
ane banyak yg ngalamin
kaset pita ane buat ngrekamin lagu di RADIO
dari floppy yg gede sampe 1.44mb harga waktu itu masih 5000an tahun 200an
terus flasdisk masih 64mb - 128mb mahal buanget 200 - 300rban
CD waktu itu ngeburn masih bayar sampe lama2 akhirnya keluar DVDRomWrite

sampe akhirnya sekarang harganya ancur beut
flashdisk 16gb cmn 20rban


11. Quote:Original Posted By Budiawan88
ane pernah ngerasain nyimpen di disket gan...


12. Quote:Original Posted By beabeo
Rata rata udah pernah nyobain semua gan. Kecuali yg punch card atau yg tube itu ane belom lahir soalnya .

Mulai kepikiran untuk nyobain SSD di laptop ane gan. tp sayang hard drive 750gb ane tar mubazir


13. Quote:Original Posted By arhyts
kalo disket ane sempet gan, cum udah lupa cara makenya


14. Quote:Original Posted By similikitit
Disket jadi inget jaman sd


15. Quote:Original Posted By rozerblack
ane pas ngeliat ss Floppy Disk Drive jadi inget kenangan dlu pernah pakek
skrng udah langka yg jual


16. Quote:Original Posted By itztom
Zaman dulu wkt sekolah pake disket haha..


17. Quote:Original Posted By BarredEagleOwl
dulu inget pas 2004, beli flashdisk corsair yang 256mb 350ribu

sekarang harga segitu dapet 32gb+16gb


18. Quote:Original Posted By h.Rz
jadi inget dulu muter lagu pake laser disc..

gede banget piringannya..


19. Quote:Original Posted By limrendi
kangen juga sama laser disc! hahaaha, kenapa uda ga ada lagi ya itu. padahal lucu juga buat di koleksi hehe


20. Quote:Original Posted By evania41
Memory buat PS 2 itu ga disebutin gan?


Jadi inget dulu tahun 2000an harga flashdisk 64MB aja udah ratusan ribu.


21. Quote:Original Posted By powerpool
kalo data di hp rata2 dah pake cloud gan. tp kalo data di komputer ane sih masih pake external hard drive


22. Quote:Original Posted By slim_blues_boy
wah informatif nih.
jd inget dulu wkt jaman laser disc ngetren, harga mahal, jd sistemnya nyewa, ehh ga sengaja kedudukin patah, hrs gantiin 100rebu jaman itu gede nilainya


23. Quote:Original Posted By langaustin
jaman sekolah dulu bawa disket ampe puluhan buat praktek di lab komputer


24. Quote:Original Posted By mgrama
Muke gile ,itu hard drive segede truk tapi kapasitasnya cuma 5mb

Btw Jadi inget smp dulu, gara2 gk ngerjain pr tik, ane dsuruh bawa disket



25. Quote:Original Posted By eghy.net
Sblm ada cloud gue udah mulai save file ke geocitiesnya yahoo
Syg mrk ditutup



26. Quote:Original Posted By ignis.fatuus
Jaman SMP pelajaran TI nyimpennya pake Disket gan.
Ngopi lagu di labkom cuma isi 1 amblas


27.
komplet isi threatnya gan
mantab,
nambah ilmu ane,
nice trit .
nambah pengetahuan buat ane jg gan .
manstab
Quote:Original Posted By n0vianjing
mantab,
nambah ilmu ane,




Semoga bermanfaat gan
gue biasanya nyimpen di otak bray


Quote: mampir yah gan di thread ane

Mengungkap Makna Tersembunyi Dibalik Perkataan Rahasia Wanita
Quote-Quote Buat Kamu Yang Berusia 20-an
disket sama zip drive masih ngalamin
bisa buat nyimpen kenangan mantan gak gan
ternyata banyak juga, ane kira disket paling pertama. Bantu rate aja gan
Quote:Original Posted By dakocan0
gue biasanya nyimpen di otak bray





Kalo otak kan cuma buat nyimpen data doank sama kenangan bray. Kagak bisa buat nyimpen foto dan video
Quote:Original Posted By a12s
bisa buat nyimpen kenangan mantan gak gan



Nyimpen JAV juga bisa gan
Baru tahu ane, ternyata komputer dulu pakai gituan untuk nyimpan data..
skrg udah ada micro sd ampe ratusan gb gan,,,teknologi emang makin mantep dah


ane jadi keinget sama pelajaran di sekolah waktu sma
sekarang ane laptopnya pake yg ssd, udah gak pake harddisk lagi. btw, nice trit gan
calon HT nih
ane ngerasain dlu pny laser disc yg segede gaban dlu
Quote:Original Posted By Free.ID
skrg udah ada micro sd ampe ratusan gb gan,,,teknologi emang makin mantep dah





Seiring perkembangannya teknologi ntar pasti ada juga gan micro SD yg ukurannya sampai Terra-byte
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar