Pages


Selasa, 13 Oktober 2015

Sulit Mendapatkan Ide? Coba deh Lakukan Hal Ini



Assalamualaikum agan-agan serta aganwati selamat pagi siang sore malem. Semoga pada sehat aja ya para kaskuser... Sebelum lanjut lebih dalam ada baiknya kalo cek repost dulu
Spoiler for Repost:
ya ampun udah lama gak bikin trit sekalinya bikin trit jadi HT, makasih mimin dan semua kaskuser Quote:Tekan Shift + X untuk membuka semua spoiler
Pada saat apa lo biasanya mendapat ide? Bagaimana ide itu muncul?

Gue sering nyempetin nanya ke temen-temen gue dengan pertanyaan seperti itu. Jawaban yang sering gue dapet terlalu mainstream kurang lebih seperti ini
"Gue dapet ide pas di kamar mandi, ketika lagi olah raga, membersihkan rumah, jalan-jalan, pergi ke pasar, ngumpul santai sama komunitas, lagi nongkrong di cafe."
Tapi lo tau bro ada jawaban yang belom pernah gue denger?
Hampir gak ada orang yang menjawab "gue dapet ide pas lagi didepan komputer di meja kerja", "gue dapet ide pas lagi ngumpul" atau "gue dapet ide pas lagi rapat". Gimana kalo ada orang yang dapet ide kreatif pas lagi di depan komputer di meja kerja dan di ruang rapat? Mereka malah ketawa. Mungkin mereka fikir mendapat ide di meja kerja atau di ruang rapat adalah sesuatu yang absurd gan

Loran Nordgren, seorang peneliti dalam bidang neuroscience menjelaskan, bahwa fikiran bawah sadar lebih intuitif, mendorong penggunaan otak kanan lebih baik, dan menciptakan percikan insight alias wawasan.
Kalo kita merasa mampu mendapatkan pemecahan masalah atau mendapatkan beberapa ide ketika sedang jalan-jalan, olah raga, nongkrong di cafe, di kamar mandi, itulah saat-saat dimana pikiran bawah sadar kita bekerja dengan baik.

Spoiler for Newton dan Gravitasinya:
Cerita tentang bagaimana Issac Newton menemukan dan memformulasikan teori gravitasi universal setelah melihat sebuah apel yang jatuh ke bumi, masih dianggap orang sebagai sebuah mitos. Akan tetapi sebuah manuskrip yang ditulis oleh sahabat Newton, William Stukeley yang ditulis pada tahun 1752 menuliskan “Kami sedang berada disebuah taman, sambil minum teh dibawah bayangan pohon-pohon apel, dia (Newton) mengatakan kepada saya “mengapa buah apel selalu jatuh tegak lurus ke tanah? Mengapa tidak jatuh kesamping atau ke atas? dan secara konstan jatuh menuju pusat bumi”. Dia kemudian mengeluarkan sebuah gagasan, bahwa mungkin ada sebuah kekuatan yang menarik buah apel menuju pusat bumi”. Beberapa tahun kemudian, lahirlah hukum gerak dan gravitasi newton yang kemudian mendominasi ilmu pengetahuan sampai saat ini.


Bagi gue cerita itu bisa dianggep sebuah simbolisasi bagaimana gagasan atau ide hebat muncul di sebuah taman bukan di laboratorium. Pikiran bawah sadar Newton menciptakan insight yang cemerlang ketika sedang berada di taman. Sementara, ruangan kerja dan ruangan rapat lebih banyak mendorong penggunaan pikiran sadar, dan dominasi pikiran sadar itu menutup munculnya pikiran bawah sadar, sehingga masuk akal juga kalo orang mengaggap muculnya ide dan insight di ruang kerja dan ruang rapat sebagai suatu hal yang absurd

Bagaimana membuat dan membangun pikiran bawah sadar kita bisa lebih sering muncul?
Kalo kita pengen memberi ruang untuk munculnya pikiran bawah sadar, maka kita harus membiarkan pergi pikiran sadar, coba bilangin ke diri sendiri “ Gue akan berhenti berfikir tentang hal ini saat ini” lakukan sesuatu yang gabiasa. Cobalah gerak, jalan-jalan, workout, ngobrol santai, atau melakukan hal-hal yang seru, maka pas lu balik lagi, elu akan kembali seger dan baru, gak cuma secara fisik tetapi juga secara mental.

Kunci berikutnya ya lakukan perubahan. Bukan perubahan jadi power renjer yeh tapi perubahan lingkungan kerja, perubahan rutinitas kerja, perubahan suasana rapat. Saat-saat dimana ritme kerja dan rutinitas udah mulai membunuh pikiran bawah sadar agan, ajakin temen lo ke taman atau kafe, siapa tau ditraktir lakukan perbincangan dan brainstorming yang santai mengenai hal-hal yang gila dan gak masuk akal, tinggalkan atribut birokrasi jangan biarkan hirarki dan status menghancurkan munculnya pikiran bawah sadar.

Nih lebih jelasnya gue rangkum cara agar ide atau kreatifitas kita biar gak sumblep biar cepet muncul

Spoiler for PERTAMA:

Jalan - Jalan
Ya bener gan, jalan-jalan.. Ketika lu jalan-jalan pasti lu akan menjumpai banyak hal. Silahkan jalan-jalan kemana aja, jalan kaki di sekitar tempat tinggal, mall atau taman bermain bisa membantu kita memunculkan ide. Jelajahi tempat-tempat yang mungkin belum pernah dilewati sebelumnya, mungkin kita akan menemukan objek-objek asik, unik, keren atau kejadian menarik dan luar biasa tapi gak melulu seperti itu, hal-hal yang sederhana dan biasa aja pun bisa lu jadiin bahan dan ide fantastis jika lu jeli dan tajam menangkap ide tersebut. Di sinilah kita membebaskan pikiran dari ruang-ruang sempit tempat kerja, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan inspirasi.


Spoiler for KEDUA:

Baca Buku Fiksi
Saat kreativitas mulai tersumbat, ada baiknya kita ambil satu buku, dan menenggelamkan diri di sana. Soalnya dengan buku lu bisa ngedapetin banyak informasi sesuai genre buku yang lu baca. Dan membaca buku fiksi yang menarik bisa menyegarkan imajinasi lagi, sehingga memudahkan kita untuk menggali kembali kreativitas.


Spoiler for KETIGA:

Melamun
Melamun? Kenapa enggak? Ketika otak sudah buntu menemukan pemecahan suatu masalah, tinggalkan sejenak, dan biarkan pikiran kita melayang bebas. Saat melamun, otak sebenarnya tetap bekerja untuk menemukan pemecahan masalah kok, bahkan terkadang kita bisa menemukan solusi yang kreatif lewat pemikiran bawah sadar. Kita juga bisa melamun sambil memandang langit biru, sambil tiduran, sambil duduk dan banyak deh asalkan jangan sambil mikir jorok aja


Spoiler for KEEMPAT:

Memikirkan Hal-Hal Membahagiakan sambil Berangan-angan
Ide-ide kreatif paling mudah muncul saat mood kita lagi bagus. Bukan saat stres, yang ada menurunkan mood, sehingga menghambat proses kreatif. Coba berhenti sejenak agar rileks dan pikirkan hal-hal yang menyenangkan untuk memperbaiki mood. Oiya berangan-angan juga membantu anda membuat koneksi dan pola serta mengingat kembali informasi lalu. Hal ini adalah kunci untuk berpikir kreatif karena berangan ini membantu anda membuat koneksi yang sebelumnya tidak dipertimbangkan, Berikan waktu buat anda berangan-angan. Matikan komputer, TV, dan telepon anda.


Spoiler for KELIMA:

Buat Coretan
Ambil kertas dan pulpen kalo gak pensil atau spidol kek dan cobalah menulis, tulis apa aja yang ada di kepala lu, memindahkan segala hal yang memenuhi kepala ke atas kertas, bisa membantu kita untuk mengatasi kreativitas dengan berbagai cara. Jangan terlalu memikirkan, apa yang akan kita tuangkan ke dalam coretan, biarkan semua itu mengalir bebas. Ide yang kita perlukan, akan datang dengan sendirinya.


Spoiler for KEENAM:

Brainstorming
Melakukan brainstorming bareng rekan-rekan atau bahkan sendirian, mendorong kita, untuk menemukan bermacam kemungkinan memecahkan suatu masalah, atau merumuskan ide, hingga solusi yang paling bodoh sekalipun. Setelah menuliskan semua hal yang terlintas ke atas kertas, kita bisa meninjau ulang segala opsi yang berhasil kita dapatkan, dan mulai menentukan opsi terbaik.
Hindari mengatakan pada diri anda sendiri hal-hal yang mematikan kreatifitas anda. Janganlah berkata “Itu tidak akan berhasil”, “Kita tidak pernah melakukan ini sebelumnya” atau “Kita tidak punya cukup waktu." yang penting coba aja gan.


Spoiler for KETUJUH:

Nikmati Kegaduhan
Gaduhnya orang-orang sekitar saat kita lagi nongkrong atau lagi berada di warkop mungkin mengganggu, tapi suasana riuh rendah itu, juga bisa membantu kita lepas dari halangan untuk menjadi kreatif. Yang perlu dilakukan adalah cukup menyimak sesekali, siapa tahu kegaduhan itu bisa menuntun menuju ide-ide segar yang sangat dibutuhkan.


Spoiler for KEDELAPAN:

Keluar Dari Zona Nyaman dan Pertimbangkan Skenario Terburuk
Oke, kita terjebak dengan pola pikir yang itu-itu saja, ada baiknya kita mencoba hal-hal baru, yang mungkin sudah lama ada di daftar hal-hal yang ingin kita lakukan. Coba hobi baru, traveling, ketemu dengan orang-orang baru, maupun beruji nyali dengan melakukan hal-hal yang sedikit ekstrim atau di luar kebiasaan. Pikiran kita pasti bakal fresh lagi! Tetapi ingat Pertimbangkan skenario terburuk, ketakutan adalah hal yang membatasi kreatifitas. Ketakutan adalah apa yang membuat lu terus berada di jalan yang lu tahu paling baik. Ketika lu mempertimbangkan skenario terburuk, lu bisa merencanakannya, tapi lu juga bisa meyakinkan diri lu sendiri kalau skenario terburuk itu tidak begitu buruk sampai gak boleh dicoba sama sekali.


Spoiler for KESELIMBAN:

Ganti Pemandangan
Kalo selama ini kita bekerja di tempat yang sama terus menerus, pikiran juga akan sempit dan kreativitas akan mudah tersumbat. Kenapa gak coba kerja di tempat yang beda? Lu bisa mencari tempat di mana lu bisa memandang kejauhan. Hmm, mungkin malah sekalian jalan-jalan ke luar kota?


Spoiler for KESELUPUH:

Isi Cangkir Yang Kosong
Oke, mungkin kita dikejar tenggat waktu dan gak sempat melakukan semua hal di atas. Coba hal sederhana ini gan, buatlah secangkir kopi (gak harus kopi ya). Nikmati proses menyeduh kopi tanpa perlu merasa terburu-buru. Proses membuat minuman merupakan pelarian singkat yang efektif untuk ngelepasin pikiran dari stres. Kalo ada, siapin juga sedikit cemilan, kita kan butuh glukosa untuk berpikir


Spoiler for KESEBELAS:

Tidur
Kenapa aliran kreativitas kita tersumbat? mungkin kita lelah. Tidur dan lupakan sejenak kerjaan kita. Kadang yang kita perluin sebenarnya cuma kesempatan untuk mendinginkan kepala yang panas dan hampir ngebul alias berasap, karena terlalu banyak berpikir. Tidur, adalah perangsang kreativitas paling mudah. 


Spoiler for KEDUABELAS:

KASKUSAN
Kalo agan bingung mau ngapain lagi mending ngaskus aja Kaskus memiliki puluhan forum maupun subforum yang bisa menambah wawasan kita, kalau wawasan luas dengan sendirinya ide pasti bermunculan dan kreaatifitas agan pun bertambah.


Gak ada ruang kerja yang menjemukan, gak ada rapat-rapat yang menjemukan, kreativitas dan ide-ide brilian hanya bisa muncul kalo pikiran bawah sadar diberi ruang yang cukup.
Kalo kita belom siap sediain ruang untuk mendorong munculnya pikiran bawah sadar maka anjuran untuk mendorong munculnya kreatifitas dan ide-ide baru hanya indah diucapkan doang.

Kreatifitas adalah pilihan.

Quote: "No grand idea was ever born in a conference, but a lot of foolish ideas have died there." - F. Scott Fitzgerald

Spoiler for PENUTUP:

Buat yang udah tau info ini ya baguslah buat diinget-inget lagi dan buat yang belom tau info ini hore sekarang udah tahu kan gan dan untuk semua yang udah baca atau paham nih Thread harus! musti! kudu! Komen, Rate 5 dan ngasih Cendol ya
Dari TS segitu dulu deh gan, untuk yang mau nambahin lagi silahkan gan boleh banget
Maap ya kalo berantakan dan maap juga kalo kurang berkenan, sebelum dan sesudahnya gue ucapin makasih


Spoiler for Buka:
Kalo berkenan boleh juga direkomendasiin jadi HT gan, klik dibawah ini⇩⇩⇩Rekomen HT


Sumbernya Dari sini dan disini serta hasil pemikiran TS sendiri

reserved
sulit dapat ide biyasahnya ane menenangkan diri ditempat yg sejuk
brain storming and brain mapping
Pas lagi di kamar mandi gan, Klo tidur ga bkal dpet ide, palingang lupa sm yg kita pikirin sebelumnya
Waaaaaah.. Mantap gan.. Nice inpoh. Ane praktikin dah..

Mejeng di pekiwan.. Calon HT..
Quote:Original Posted By akunku.dibanned
sulit dapat ide biyasahnya ane menenangkan diri ditempat yg sejuk

misalnya ke bukit ya gan, nikmatin udara yang sejuk. kalo udah tenang biasanya ide-ide yang bermunculan gak terbendung gan, makanya jangan lupa bawa note buat ide-ide yang muncul gan
Quote:Original Posted By epopolocrois
brain storming and brain mapping

iya gan dengan cara itu pasti ada aja hal yang baru yang pengen kita lakuin
Quote:Original Posted By heartless0
Pas lagi di kamar mandi gan, Klo tidur ga bkal dpet ide, palingang lupa sm yg kita pikirin sebelumnya

hahaha pas lagi pup maksud agan
Quote:Original Posted By taufikzzzz
Waaaaaah.. Mantap gan.. Nice inpoh. Ane praktikin dah..

Mejeng di pekiwan.. Calon HT..

silahkan dipraktekin gan, gampang-gampang kok caranya
sekalian serta aja gan
cari ide dulu ahh tapi lupa naro dmana
Quote:Original Posted By f1refly
cari ide dulu ahh tapi lupa naro dmana

coba gan di wese
kalo lagi kebanyakan ide gimana gan? :
SILATURAHMI ke teman-teman lama atau ngobrol sama orang-orang sekitar gan
dijamin lebih cepet dapet ide deh
Coba coba pake brain mapping gan
Quote:Original Posted By chefanolt
kalo lagi kebanyakan ide gimana gan? :

dicatet aja dulu gan, entar kalo punya banyak waktu kosong ya cobain deh ide-ide nya, makasih udah mampir gan
Quote:Original Posted By ularpiton
SILATURAHMI ke teman-teman lama atau ngobrol sama orang-orang sekitar gan
dijamin lebih cepet dapet ide deh

silaturahmi ya, oke deh
Ane sih udah lakuim semuanya gan . Tapi belum juga dapet ide yg cemerlang . Mungin masalahnya ada pada otak ane nih gan.
Quote:Original Posted By ferdyhunt
Coba coba pake brain mapping gan


iya denger-denger sih bisa jadi lebih kreatif, gampang konsen serta dapat mengatur fikiran ya
Quote:Original Posted By 77bluemoon77
Ane sih udah lakuim semuanya gan . Tapi belum juga dapet ide yg cemerlang . Mungin masalahnya ada pada otak ane nih gan.


hahahah cepet periksa gan
Quote:Original Posted By jeberjj

hahaha pas lagi pup maksud agan


Nah si agan tau
ane biasanya merenung gan, biar dapet ide
Nongkrong di wc juga suka dapet pencerahan gitu gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar