Pages


Senin, 29 Februari 2016

9 Persoalan Ekonomi Indonesia Paling Krusial



 
KUMAHA SADAYANA DAMANG...
 
Spoiler for Alhamdulillah HT ke -15- Minggu 28/02/16:

Spoiler for tidak ada repost diantara kita:




Di tengah perekonomian Indonesia yang sedang bertumbuh, ternyata masih ada beberapa persoalan ekonomi Indonesia paling krusial. Apa saja permasalahan dalam perekonomian Indonesia? Berikut ini pembahasannya.
Masalah ekonomi merupakan masalah yang kerap terjadi, khususnya di tengah aktivitas perekonomian negara, baik itu jual beli, tawar menawar, hingga ekspor impor. Di Indonesia sendiri ada 9 (sembilan) masalah ekonomi yang krusial.


Quote:1. Pengangguran



Pengangguran merupakan salah satu masalah ekonomi yang paling krusial, dikarenakan jumlah lapangan pekerjaan yang ada tidak bisa menampung jumlah peminat kerja yang banyak. Jikalaupun ada lapangan kerja, namun peminat keja tidak memiliki kapasitas yang memadai.


Quote:2. Kemiskinan



Masalah kemiskinan adalah masalah yang terus menerus ada dari setiap tahun ke tahun. Masalah ini tidak bisa dituntaskan begitu saja, apalagi sekarang ini banyaknya koruptor menyebabkan orang kaya semakin kaya dan rakyat miskin semakin miskin. Bahkan, salah satu tujuan terpenting dalam ilmu ekonomi ialah memberantas kemiskinan.


Quote:3. Harga



Inflasi yang terus meningkat menyebabkan harga komoditas di pasaran juga terus meningkat., ditambah harga di pasaran juga semakin tinggi tatkala menjelang perayaan hari besar keagamaan. Terjadinya permintaan yang tinggi namun barang dari produsen langka juga bisa menyebabkan tingginya harga komoditas


Quote:4. Profit



Profit selalu dicari bahkan menjadi salah satu prinsip utama ekonomi. Bagaimana bisa mendapatkan laba sebanyak-banyaknya dengan modal sekecil mungkin.


Quote:5. Inflasi



Inflasi ini terjadi diakibatkan terlalu banyak uang yang beredar di masyarakat, salah satu tanda terjadinya inflasi adalah semakin tingginya harga barang di pasaran.


Quote:6. Hutang



Hutang negara juga menjadi salah satu masalah yang harus diselesaikan. Apabila hutang Indonesia pada negara lain semakin hari semakin bertambah, Indonesia tak akan bisa menjadi negara mandiri karena terus bergantung pada negara lain.


Quote:7. Oligopoli



Oligopoli merupakan pasar yang hanya menawarkan satu jenis barang, namun dikuasai beberapa perusahaan. Adanya Oligopoli ini menyebabkan persaingan antar perusahaan semakin tinggi sehingga perusahaan tersebut melakukan berbagai promosi dan perubahan harga untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.


Quote:8. Overpopulasi



Overpopulasi terjadi karena perbandingan jumlah manusia lebih besar daripada sumber daya yang dibutuhkan untuk hidup. Apabila populasi 100 orang, namun jumlah makanan hanya cukup untuk 95 orang, bisa diartikan jika terjadi overpopulasi atau populasi berlebih.
Sumber daya di sini adalah makanan, rumah, air bersih, tanah, dan lain sebagainya. Sedangkan faktor lainnya adalah uang, pendidikan, listrik, obat, pekerjaan, bahan bakar, transportasi, pengaturan sampah, dan lain sebagainya.
Akan tetapi faktor lain ini tidak terlalu dibutuhkan oleh manusia yang hidup dalam keadaan terbatas atau hidup di pedalaman. Menurut data yang ada, populasi dunia bertambah 80 juta orang setiap tahunnya. Sekitar separuh penduduk di dunia hidup di negara-negara yang populasinya bertumbuh karena adanya imigrasi.


Quote:9. Stagflasi



Stagflasi merupakan suatu periode terjadi inflasi diiringi konstraksi (menurunnya perekonomian dan pengangguran yang semakin meningkat). Stagflasi terjadi ketika kontraksi dan inflasi terjadi berbarengan.
Istilah stagflasi pertama kali dicetuskan di Inggris pada tahun 1965. Stagflasi berasal dari dua kata, yaitu Stagnasi (menurunnya kondisi ekonomi) dan Inflasi (naiknya harga barang). Sehingga Stagflasi adalah keadaan menurunnya ekonomi dan naiknya harga barang terjadi secara terus menerus.



Demikian pembahasan mengenai 9 (sembilan) persoalan ekonomi Indonesia yang harus segera diselesaikan. Semoga bermanfaat.
HATUR NUHUN SADAYANA ANU ATOS MAMPIR  

kalau thread ane bermanfaat boleh gan di:

Nantikan thread ane selanjutnya




sumur
pertamax

bukan cuma di indonesia gan,hampir di seluruh negara masalah nya itu
smoega cepat ada solusi untuk setiap permasalahan
aspek akar tuh
Pusing ngeliat ekonomi negeri ini skrg brook..

Hutang yang paling krusial
peekonomian indonesia kacau balau gan
mental kerja gan
Ekonomi di Indonesia sedang anjlok karena ulah saya telah menggampar anggota dpr


Salam gampar
Stagflasi.
Baru tahu ane istiah ini.
Pengangguran semakin nambah karena beberapa perusahaan asing hengkang dari Indonesia
Isi dompet ane juga krusial ini, udah menipis
Ini persoalan semua negara bre
hutang dimana"
banyak uang hilang entah kemana
emang hrs dibenahi masalah ekonomi di indonesia
iye gan,hal2 itu emang krusial banget
tapi gue yakin kok, 1 abad kedepan Indonesia dah lebih baik
semoga masalah perekonomian Indonesia bisa cepet membaik
sekalian perekonomian ane ikut dibaikin
mejeng duluu,
ikutan nggembok page one yah
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar