Pages


Sabtu, 27 Februari 2016

Alasan Knp Orang Indonesia Jarang Berjalan Kaki Dibandingkan Dgn Orang Luar Negeri



Spoiler for HT:


Insya Allah No karena ini murni tulisan ane sendiri
Spoiler for Cek Repost:

Langsung aja gan

Jika dibandingkan dengan negara-negara lain, sangat sedikit masyarakat Indonesia yang doyan berjalan kaki. Menurut pengamatan ane, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

Quote:1. Cuaca Yang Panas
Spoiler for Panas Coy:

Dikarenakan Indonesia merupakan negara beriklim tropis, ini membuat cuaca di Indonesia cukup panas. Ini membuat banyak orang Indonesia ogah berlama-lama jalan di bawah terik matahari yang bikin gerah, terlebih lagi rata-rata orang Indonesia itu takut kulitnya hitam, sampe-sampe pas jamnya matahari lagi di ubun-ubun, nekat aja bawa motor pake jaket tebel, kalo ane mah jujur aja sumuk gan. Bahkan saking panasnya Indonesia, temen ane yg orang Amerika (berjalan kaki) ngadem dulu di dalem ATM .
Spoiler for Luar Negeri:

Berbeda dengan cuaca di luar negeri seperti Jepang, Eropa, Amerika yang mempunyai cuaca lebih bersahabat dengan pejalan kaki . Lah, gimana gak bikin betah kalo jalan kaki udaranya sejuk angin sepoi-sepoi, daun gugur, atau bersalju. Kan syahdu gan apalagi kalo jalan kaki bareng doi


Quote:2. Polusi Udara
Spoiler for Bejibun:

Di Indonesia, jumlah kendaraan di jalan raya sangat banyak, baik motor ataupun mobil. Tidak seperti di luar negeri yang masyarakatnya lebih memilih menggunakan moda transportasi umum.
Spoiler for Transportasi Umum:

Walaupun di luar negeri jumlah mobil pun cukup banyak, tetapi rata-rata mereka menggunakan mobil beremisi buang rendah, nggak kayak di sini gan kopaja atau angkot dari jaman orde baru sampe sekarang gak pernah diganti, mana asapnya pasti hitam kelam gitu . Gimana mau betah jalan kaki kalo di jalan “dikentutin” mulu ama angkot brengsek .
Spoiler for Asap:


Quote:3. Lalu-lintas Yang Nggak Teratur
Spoiler for Semrawut:

Nggak perlu diragukan lagi kalo lalu-lintas di Indonesia itu memang semrawut, mulai dari nggak pake helm, kebut-kebutan, lawan arah, terobos lampu merah, sampe-sampe hak pejalan kaki pun diabaikan. Zebra cross dan trotoar yang seharusnya menjadi hak utama pejalan kaki, malah “dijajah” oleh para pemotor yang egois . Untuk menyeberang pun pejalan kaki lah yang harus mengalah untuk membiarkan kendaraan jalan duluan, apalagi kalo ada emak-emak naik motor
Spoiler for Luar Negeri:

Kondisi ini jauh berbeda dengan di luar negeri, (cth: Jepang) dimana kendaraan selalu berhenti pada saat lampu merah menyala walaupun jalanan sangat sepi .


Quote:4. Tata Kota Yang Amburadul
Spoiler for Pedagang Kaki Lima:

Mulai dari minimnya taman kota, ataupun fasilitas bagi pejalan kaki seperti city walk, hingga diserobotnya trotoar oleh para pedagang kaki lima ataupun lahan parkir liar membuat masyarakat ogah untuk berjalan kaki. Pun tidak jarang sampah menumpuk di pinggir jalan membuat pejalan kaki dan orang-orang di lingkungan sekitar tidak betah. Kalau trotoar disesaki pedagang dan jalanan dipenuhi pengendara arogan, masyarakat harus jalan kaki dimana?
Spoiler for Adem:

Berbeda halnya dengan luar negeri dimana kotanya ditata dengan ciamik lengkap dengan bangku-bangku dan tempat sampah di sepanjang jalan, ditambah dengan banyaknya taman kota dan landscape yang menarik membuat masyarakat betah untuk berjalan kaki .


Quote:5. Tingkat Kriminalitas Yang Tinggi
Spoiler for Jambret:

Siapa coba yang nggak takut kalo lagi enak-enak jalan kaki tiba-tiba dijambret/dicopet atau ditodong? Lagi enak duduk-duduk di pinggir jalan dateng pengamen/pengemis, atau misal aganwati lagi jalan kaki digoda disiul-siul oleh pemuda mupeng di pinggir jalan. Hal inilah yang menurut ane jadi salah satu faktor malasnya masyarakat untuk berjalan kaki. Pernah ane juga lagi enak-enak duduk di pinggir jalan digodain ama bencong .
Walaupun ane sendiri belum pernah ke Eropa, Jepang atau Amerika, menurut ane tingkat kriminalitas (di jalan) nggak setinggi di Indonesia, ya kan? (koreksi ane kalo ane salah)


Tambahan Kaskuser
Quote:Quote:Original Posted By Feryvai.Patrick
malas jalan kaki karena cape plus beli kendaraan bisa di cicil

jadi dari pada pake umum ato jalan kaki mending duidnya di pake buat nyicil kendaraan

menutut ane sih gitu


Quote:Original Posted By whycan12345
Cuman 1 sih gan penyakit orang indonesia mah yaitu penyakit M ..

#MALES


Quote:Original Posted By rifqimam
ane tambahhin gan

orang indonesia males jalan itu krn angkot bisa diberhentiin dimana aja. logikanya ngapain jalan jauh sedangkan angcot bisa di stop dimana aja. ditambah lagi cicilan motor makin murah. kalau di luar negeri kan beda. kl mau naik bus harus di halte busway, ga bisa stop sembarangan dan jarak antar busway itu cukup jauh


Nah, ini juga yang jadi salah satu penyebabnya. Di Indonesia ini beli kendaraan bermotor itu sangat mudah, dengan cicilan yang ringan memanjakan orang-orang Indonesia yang sangat konsumerisme, yang bahkan buruh pabrik pun mampu beli motor 250 an cc . Bikin SIM pun nggak kalah mudah, tinggal nembak 300-400rb an udah dapet SIM. Berbeda dengan di luar negeri, Jepang misalnya (karena temen ane ada yang orang Jepang, dia cerita) untuk membuat SIM harus melalui tes-tes yang cukup sulit dan biaya yang mencapai puluhan juta rupiah. Juga ada negara lain (ane pernah baca artikerlnya, tapi lupa nama negaranya) yang mengharuskan pemilik mobil untuk memperbaharui kendaraannya setiap 5 tahun sekali. Hal ini ane rasa sebagai upaya pemerintah menekan pembelian kendaraan pribadi dan meningkatkan penggunaan transportasi umum.


Tonton juga nih gan eksperimen sosial Penyebrang Jalan vs Motor
Quote:


Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat dan ke depannya muncul pemimpin-pemimpin kota yang mempunyai kemampuan tata kota yang baik yang bisa bikin masyarakat betah jalan kaki .



Biar makin semangat jalan kaki
Spoiler for Bonus:


Quote:Sumber Gambar: Simbah

Quote:Kalo Berkenan
PATUT DITIRU

Quote:Original Posted By ezrawatung
bodo mamat ane mah, ane kalo kemana2 seringnya jalan kaki, padahal ane ada di kota seni & terkenal dengan wisatawan yg hilir mudik tiap weekend
pulang ngampus ane sering jalan padahal jaraknya 3km ke kosan, cita2 ane juga anti mainstream, yg laen pengen punya motor/mobil, ane cuma pengen punya sepedah aja
mayan hemat ongkos & bebas polusi walau kaki kyk talas


Quote:Original Posted By ademinkaskus
Di Bandung enak gan buat pejalan kaki :
Cuaca adem ,jalur trotoar kalo di tengah kota nya dah lumayan tertata ,banyak taman,banyak cewe cantik :

Jangan sirik ya gan


Quote:Original Posted By matamera
semua alasan dari TS itu benar adanya.

Tapi ane punya motivasi kuat juga neh, biar kurus dan sehat....

jadi ane udah setaun ini jalan kaki mamen

dari rumah ke stasiun bintaro, naek krl sampe sudirman, jalan kaki ke kantor.

pulang begitu juga.

total ane jalan 50 menit sehari.

hasilnya? sehat perut rata semua penyakit ilang karena pewredaran darah luancarrrrr.

polusi dsb nya ternyata bisa di adapt oleh tubuh apabila tubuh sehat.

AYO JALAN KAKI..


Quote:Original Posted By agent626
Menurut saya bukan karena hal diatas..
Ortu saya tinggal dn menetap di aussie dah 15 taun ninggalin saya pas masih kecil..
Mereka terbiasa jalan kaki disana dan dibudayakan ke saya dan Kakak saya.. tidak boleh menggunakan motor klo jarak tempuh kurang dr 10Km.. kita harus dibiasakan jalan kaki agar disanabisa terbiasa juga.. Bapaku ngasih tau klo rata2 orang disana jalan kaki bukan karena panas ato nyaman ato kriminal sedikit.
Tapi karena mereka memang dah biasa dan harga parkirs serta bensin disana amazing harganya.. jadi mereka lbh pilih transportasi umum dan pedestrian

#Klo TS liat Pejwan gih


Quote:Original Posted By faizal91
sebenernya di Indonesia bisa aja gan, justru panas polusi dan macet2an lah akibat dari kesadaran yang kurang dari orangnya sendiri..
seandainya mayoritas bahkan sampai semua warga dan masyarakat punya kepedulian dan kesadaran yang tinggi, kalo cuma masalah panas mah ga bakal jadi masalah..
masalah polusi, macet, amburadul tata kota kan karena kurangnya juga kesadaran dari kita2, makanya yuk tingkatin kesadaran mulai dari diri sendiri dan hal kecil.. paling engga mulai tertib sama yang namanya peraturan, ane udah mulai menerapkannya kok gan.. sekarang giliran agan2.. hehehe..


Quote:Original Posted By clintonloomis
Ane sama bapak ane kalo pergi naik kereta mulu dah. Trus dari stasiun sampe tujuan (misalkan saja mall) always jalan kaki, mau panas kek mau ujan kek, gas terus. Sebenernya ini pengaruh ortu juga, bapak ane kerja naik KRL trus dari stasiun ke kantor jalan kaki, padahal jujur ae, ane pernah iseng ikut dan ternyata jarak dari stasiun ke kantor bapak ane jauh banget, tapi doi tetep istiqomah untuk jalan kaki.

NICE TRIT GAN! SANGAT BERMANFAAT
mungkin takut kaki kecapean
Panas Kalo Ane Mah gan... ,
tata kota yg amburadul sama panas itu sudah yg bikin ane males jalan kaki

karena kalau ada motor mau apa harus jalan kaki ??
malas gan, kalo ga ujan panas, kalo ujan becek
Ah di kampung ane masih banyak yg jalan kaki ko an...
Polusi
Menjijikkan dah
Asap kendaraan
Gak ada trotoar
Mau gmn?
Beda ama tringapore
malas jalan kaki karena cape plus beli kendaraan bisa di cicil

jadi dari pada pake umum ato jalan kaki mending duidnya di pake buat nyicil kendaraan

menutut ane sih gitu
trotoar sih gan, kalo dmluar lebar2 bersih2, bebas pkl, jadi keliatan elegan
Yang pasti akses untuk jalan kaki ga nyaman gan..
selalu terhalang warung, pedangan kaki lima, parkir sembarangan dan lain lain
New York sama LA juga panas dan macet bre. Apalagi daerah bronx nya new york bre
Bener gan suasana kota , kerapihan , kebersihan , keindahan , fasilitas itu yang pengaruh kalo nyaman pasti pada lakuin ndak usah disuruh
Mau donk jalan kaki bareng nrng taylor
ah iya bener juga tuh gan..
yang pasti polusinya gag nguatin.
terlalu dimanjakan dengan kendaraan bermotor gan....jadinya malas berjalan kaki
jalur buat pejalan kaki di sini gak adem ayem kaya di luar sana gan
Panas mnrt ane mah gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar