Wah ada kabar gembira nih gan
Quote:
Berlin - Internationale Tourismus Boerse (ITB) Berlin, Jerman adalah pameran wisata terbesar di dunia. Di ajang promosi wisata bergengsi ini, Indonesia meraih gelar juara.
Dalam pameran ITB Berlin yang digelar 9-13 Maret 2016, Wonderful Indonesia menyabet jawara sebagai The Best Exhibitor dalam kategori Booth Asia Australia Oceania. Demikian kabar baik yang diterima dalam rilis Kemenpar kepada detikTravel, Minggu (13/3/2016).
Kategori yang dinilai sangat kompleks. Maklum ITB Berlin ini adalah travel mart yang terbesar sedunia, teramai, paling terpercaya, dan paling banyak diikuti oleh negara-negara di semua benua. Tagline-nya saja, 50 Years of Excellence, The Leading Travel Trade Show.
"Ada banyak kriteria yang dinilai dengan standar yang serius dan detail di sini, karena itu kami cukup bangga atas award di exhibition terbesar ini. Karena sejatinya, kemenangan itu direncanakan," ujar Menpar Arief Yahya yang didampingi Nia Niscaya, Asdep Pemasaran Wilayah Eropa Amerika, Timur Tengah dan Afrika.
Wonderful Indonesia membuat booth yang didesain dengan konsep Phinisi dengan moncong kapal tradisional khas Bugis, Makassar. Ruang pamernya memberikan kesan sambutan untuk pengunjung.
Paviliun Indonesia yang berisi 101 industri itu sangat longgar dengan wajah muka yang melebar, karena diubah wajah depannya yang dulu biasanya bersaing bersebelahan dengan Malaysia.
Selain itu bahan-bahan yang dipakai booth ramah lingkungan. Semua bisa di-recycle, sehingga tidak menambah beban lingkungan.
"Materi promo, cetakan poster, flyer, semuanya tidak dibuang ke tong sampah, tetapi masih akan dimanfaatkan untuk KBRI dan VITO (Visit Indonesia Tourism Officer) di Jerman. Karena masih akan dipakai lagi bahan-bahan promosi itu," ujarnya.
Ketiga, Wonderful Indonesia kaya akan kreativitas untuk menghidupkan paviliun yang berada di hall 26 A, nomor 122-123, dan 26C no 203 di kawasan Asia-Australia-Oceania itu. Ada siluet wajah, ada cara mengajari kerajinan dari janur kuning kepada pengunjung yang sabar menikmati anyaman khas kampung di Indonesia. Ada spa di sudut yang disiapkan dua terapis dan juga ada dua kursi malas.
Di coffee corner, Indonesia punya dua macam barista. Satu yang khusus mengolah biji kopi yang diambil asli dari Gayo, Mandailing, Sidikalang, Jawa Temanggung, dan Toraja. Satu lagi peracik cocktail yang dibawa khusus, mencampur jahe, kopi, dan aneka macam minuman tradisional dengan minuman bermerek Eropa, sehingga menjadi kombinasi rasa yang sangat khas.
Keempat, tim yang berkomunikasi dan berkoordinasi dengan ITB Berlin memahami bahasa Jerman. Sehingga hampir tidak pernah ada kebingungan selama pameran.
Kemenangan ini menurut Kemenpar, melengkapi semua travel mart di bulan Februari Maret 2016 di berbagai tempat. Di LA, Wonderful Indonesia juara. Di Hongkong Victoria juga juara.
"Puncaknya ITB Berlin ini. Impact-nya terhadap marketing adalah, brand Wonderful Indonesia semakin menanjak tajam," ungkap Arief.
Di ITB Berlin, Indonesia mengungguli Malaysia, pesaing terdekat, yang ada di peringkat 10. Menurut Arief, salah satu strategi adalah branding di luar venue pameran.
"Branding Wonderful Indonesia kita geber habis, di venue, di shuttle bus, trem, kereta, mobil, banner, di media, TV, entrance, sampai tas pun dibranding total," ungkap Arief.
Quote:Kapal Phinisi Wonderful Indonesia Sedot Perhatian di Berlin
JAKARTA (Pos Kota) – Tampilan booth Phinisi Wonderful Indonesia di Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin 2016 menyedot banyak perhatian dan agak beda dibanding peserta lain.
Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Paviliun Indonesia Hall 26A No 122-123 dan Hall 26C No 303 di Messe Berlin, Jerman yang disewa Kemenpar itu diubah sudut pandangnya. Desain tampak muka dan wajah depannya terkesan lebih lebar, lebih luas, lebih longgar, dan lebih pede. Konstruksi lantai dua untuk meeting room1-2 dan lounge juga terkesan lebih nyaman dan lebih kokoh.
Sejumlah 101 industri tengah menjual paket wisata ke Indonesia, selama ITB Berlin 9-13 Maret 2016. Tulisan besar “Indonesia” lebih menonjol, dengan balutan warna merah dan lighting dari dalam huruf yang dibuat independen tiga dimensi. Tulisan itu seolah di ditopang oleh tiga phinisi, perahu tradisional Bugis, Makassar yang sudah melanglang buana sampai ke ujung dunia. Tidak tahu alasannya, mengapa moncong perahu itu mengarah ke booth-nya Malaysia yang selalu berada di samping Wonderful Indonesia.
“Tahun ini terlihat lebih total, karena diikuti dengan strategi branding, advertising dan selling. Brandingnya digeber melalui media televisi global, sepanjang 2016 ini pasar Eropa disentuh dengan CNN International, CNBC, BBC World Service, Deutsche Welle (DW) Jerman. Di Media Cetak ada di TTG Daily dan ITB Berlin News. Sedangkan media digital akan melanjutkan 2015, dengan Google, Baidu, Xinhua, Trip Advisor, dan lainnya,” ujar Menpar Arief Yahya di Booth Wonderful Indonesia, Berlin.
Di lokasi Messe sendiri, logo-logo Wonderful Indonesia juga tampil kreatif di semua hall. Sampai-sampai, official country yang menjadi sponsor dan ikut performace saat opening ceremony, Maldive, kalah pamor di lingkungan pameran. Suasana Wonderful Indonesia yang paling terkenal. Ada becak Berlin, yang biasa disebut velo taxi, becak modern yang dikayuh seperti sepeda ontel, untuk keliling venue free, dari Indonesia. Ada shuttle bus, ada di tram, ada di kereta bawah tanah,
Itu adalah salah satu cara untuk mempertajam image pada pelaku industry pariwisata dan pengunjung umum di sana. Di pintu-pintu masuk, seperti North Entrance, posters, bench display, megabanners, dan materi publikasi lainnya. Di hall 25 ada lateral banners. Portal banners di south entrance, tower banner 4 sisi di parker sounth entrance juga.
http://poskotanews.com/2016/03/14/ka...ian-di-berlin/
semoga bisa dipertahankan di tahun tahun berikutnya
Sumber
Gambar Suasana
Quote:
Quote:
Berlin - Internationale Tourismus Boerse (ITB) Berlin, Jerman adalah pameran wisata terbesar di dunia. Di ajang promosi wisata bergengsi ini, Indonesia meraih gelar juara.
Dalam pameran ITB Berlin yang digelar 9-13 Maret 2016, Wonderful Indonesia menyabet jawara sebagai The Best Exhibitor dalam kategori Booth Asia Australia Oceania. Demikian kabar baik yang diterima dalam rilis Kemenpar kepada detikTravel, Minggu (13/3/2016).
Kategori yang dinilai sangat kompleks. Maklum ITB Berlin ini adalah travel mart yang terbesar sedunia, teramai, paling terpercaya, dan paling banyak diikuti oleh negara-negara di semua benua. Tagline-nya saja, 50 Years of Excellence, The Leading Travel Trade Show.
"Ada banyak kriteria yang dinilai dengan standar yang serius dan detail di sini, karena itu kami cukup bangga atas award di exhibition terbesar ini. Karena sejatinya, kemenangan itu direncanakan," ujar Menpar Arief Yahya yang didampingi Nia Niscaya, Asdep Pemasaran Wilayah Eropa Amerika, Timur Tengah dan Afrika.
Wonderful Indonesia membuat booth yang didesain dengan konsep Phinisi dengan moncong kapal tradisional khas Bugis, Makassar. Ruang pamernya memberikan kesan sambutan untuk pengunjung.
Paviliun Indonesia yang berisi 101 industri itu sangat longgar dengan wajah muka yang melebar, karena diubah wajah depannya yang dulu biasanya bersaing bersebelahan dengan Malaysia.
Selain itu bahan-bahan yang dipakai booth ramah lingkungan. Semua bisa di-recycle, sehingga tidak menambah beban lingkungan.
"Materi promo, cetakan poster, flyer, semuanya tidak dibuang ke tong sampah, tetapi masih akan dimanfaatkan untuk KBRI dan VITO (Visit Indonesia Tourism Officer) di Jerman. Karena masih akan dipakai lagi bahan-bahan promosi itu," ujarnya.
Ketiga, Wonderful Indonesia kaya akan kreativitas untuk menghidupkan paviliun yang berada di hall 26 A, nomor 122-123, dan 26C no 203 di kawasan Asia-Australia-Oceania itu. Ada siluet wajah, ada cara mengajari kerajinan dari janur kuning kepada pengunjung yang sabar menikmati anyaman khas kampung di Indonesia. Ada spa di sudut yang disiapkan dua terapis dan juga ada dua kursi malas.
Di coffee corner, Indonesia punya dua macam barista. Satu yang khusus mengolah biji kopi yang diambil asli dari Gayo, Mandailing, Sidikalang, Jawa Temanggung, dan Toraja. Satu lagi peracik cocktail yang dibawa khusus, mencampur jahe, kopi, dan aneka macam minuman tradisional dengan minuman bermerek Eropa, sehingga menjadi kombinasi rasa yang sangat khas.
Keempat, tim yang berkomunikasi dan berkoordinasi dengan ITB Berlin memahami bahasa Jerman. Sehingga hampir tidak pernah ada kebingungan selama pameran.
Kemenangan ini menurut Kemenpar, melengkapi semua travel mart di bulan Februari Maret 2016 di berbagai tempat. Di LA, Wonderful Indonesia juara. Di Hongkong Victoria juga juara.
"Puncaknya ITB Berlin ini. Impact-nya terhadap marketing adalah, brand Wonderful Indonesia semakin menanjak tajam," ungkap Arief.
Di ITB Berlin, Indonesia mengungguli Malaysia, pesaing terdekat, yang ada di peringkat 10. Menurut Arief, salah satu strategi adalah branding di luar venue pameran.
"Branding Wonderful Indonesia kita geber habis, di venue, di shuttle bus, trem, kereta, mobil, banner, di media, TV, entrance, sampai tas pun dibranding total," ungkap Arief.
Quote:Kapal Phinisi Wonderful Indonesia Sedot Perhatian di Berlin
JAKARTA (Pos Kota) – Tampilan booth Phinisi Wonderful Indonesia di Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin 2016 menyedot banyak perhatian dan agak beda dibanding peserta lain.
Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Paviliun Indonesia Hall 26A No 122-123 dan Hall 26C No 303 di Messe Berlin, Jerman yang disewa Kemenpar itu diubah sudut pandangnya. Desain tampak muka dan wajah depannya terkesan lebih lebar, lebih luas, lebih longgar, dan lebih pede. Konstruksi lantai dua untuk meeting room1-2 dan lounge juga terkesan lebih nyaman dan lebih kokoh.
Sejumlah 101 industri tengah menjual paket wisata ke Indonesia, selama ITB Berlin 9-13 Maret 2016. Tulisan besar “Indonesia” lebih menonjol, dengan balutan warna merah dan lighting dari dalam huruf yang dibuat independen tiga dimensi. Tulisan itu seolah di ditopang oleh tiga phinisi, perahu tradisional Bugis, Makassar yang sudah melanglang buana sampai ke ujung dunia. Tidak tahu alasannya, mengapa moncong perahu itu mengarah ke booth-nya Malaysia yang selalu berada di samping Wonderful Indonesia.
“Tahun ini terlihat lebih total, karena diikuti dengan strategi branding, advertising dan selling. Brandingnya digeber melalui media televisi global, sepanjang 2016 ini pasar Eropa disentuh dengan CNN International, CNBC, BBC World Service, Deutsche Welle (DW) Jerman. Di Media Cetak ada di TTG Daily dan ITB Berlin News. Sedangkan media digital akan melanjutkan 2015, dengan Google, Baidu, Xinhua, Trip Advisor, dan lainnya,” ujar Menpar Arief Yahya di Booth Wonderful Indonesia, Berlin.
Di lokasi Messe sendiri, logo-logo Wonderful Indonesia juga tampil kreatif di semua hall. Sampai-sampai, official country yang menjadi sponsor dan ikut performace saat opening ceremony, Maldive, kalah pamor di lingkungan pameran. Suasana Wonderful Indonesia yang paling terkenal. Ada becak Berlin, yang biasa disebut velo taxi, becak modern yang dikayuh seperti sepeda ontel, untuk keliling venue free, dari Indonesia. Ada shuttle bus, ada di tram, ada di kereta bawah tanah,
Itu adalah salah satu cara untuk mempertajam image pada pelaku industry pariwisata dan pengunjung umum di sana. Di pintu-pintu masuk, seperti North Entrance, posters, bench display, megabanners, dan materi publikasi lainnya. Di hall 25 ada lateral banners. Portal banners di south entrance, tower banner 4 sisi di parker sounth entrance juga.
http://poskotanews.com/2016/03/14/ka...ian-di-berlin/
semoga bisa dipertahankan di tahun tahun berikutnya
Sumber
Gambar Suasana
Quote:
Quote:Original Posted By s2mrino ►
Semoga bukan cuman jadi juara di ajang pameran saja... tapi bisa jadi juara sesungguhnya jg dalam menggaet wisman yang datang kesini....
Dan bukan saja cuman jago mendesain dan menata booth di pameran.... tapi lebih penting menata tempat wisatanya supaya lebih menarik buat wisman dan wisnu untuk rajin berkunjung...
Quote:Original Posted By master.wibawa ►
benahi parawisata benahi infrastruktur kalimantan papua Sumatera Sulawesi Nusa tenggara Flores penuh dengan wisata bahari yg ajib!
Quote:Original Posted By klinsi ►
Prestasi luar biasa bagi Indo dan terima kasih atas perjuangannya nih
Tp di sisi lain pemerintah jg jangan terlena cepat puas diri karena masih harus terus berbenah karena ada terlalu banyak tempat2 dan wahana wisata di daerah terutama yg masih super mengenaskan dan terlalu miskin fasilitas2 pendukung bahkan banyak dikacaukan oleh kehadiran oknum2 dan preman2 yg rajin memeras turis asing maupun lokal luar daerah... selama ini banya kendala bagi turis karena minimnya fasilitas pendukung otomatis sangat membatasi kemampuan para wisatawan apalagi yg memiliki keterbatasan
Kalau usaha promosi bisa dipadukan dan diimbangi ama perbaikan dan penambahan fasilitas dasar dan umum di tempat2 wisata Indo serta perlindungan ketat dari exploitasi bisnis berlebihan maka itu bakal jadi sumber devisa dan pemasukan luar biasa bagi negara... ada terlalu banyak tempat2 wisata terutama alam yg sangat berpotensi dan jarang ada di tempat lain soalnya akibat variasi budaya dan keaneka ragaman alam di Indo
Quote:Original Posted By numero1warrior ►
Di mata najwa...
Ini post menteri yg dulu diincar ahmad dani...
Menteri pariwisata.....
Untung aja kubu dani kalah oleh org yg ia katakan kucing kampung dari tanah suci...
Kalo dani jadi men pariwisata...
Ngak tau deh..
Kayaknya ada wisata ke Jakarta nonton sopir metro mini dicambuk...
Quote:Original Posted By onazza ►
Jika dikaitkan dengan Efektifitas Promosi Pariwisata.
Terus terang saya katakan, saya tidak bangga dengan pencapaian ini.
Promosi model begini memerlukan dana besar, siapa yang melihat?
paling yang mengunjungi pameran model begini:
1. Diaspora indonesia yang ada dikota terseebut (Tidak berefek kepada peningkatan kunjungan pariwisata)
2. Peserta pameran dari negara lain (Tidak berefek kepada peningkatan kunjungan pariwisata indonesia, karena tentu pengunjung seperti ini mementingkan kunjungan ke negaranya)
3. Panitia Eksibisi (tidak meningkatkan kunjungan kenegara kita, yang jelas panitia berhasil mendatangkan kalian ke negaranya. bukan ke negara kita)
4. Segelintir orang yang kebetulan singgah dipangeran (Ini juga tidak terlalu signifikan pengaruhnya).
kenapa?
1. Target wisatawan yang diharapkan adalah orang sibuk, jadi males dia mengunjungi pameran seperti ini. kalau dia mau libur langsung cari di internet.
Mengapa indonesia bisa menang?
1. Karena indonesia jor-joran pendanaan dalam meberangkatkan orang ke acara ini. sementara negara lain seadanya saja.
2. Negara lain tau cara promosi seperti ini tidak terlalu efektif.
Lebih baik dana yang digunakan untuk kegiatan sebentar digunakan untuk belanja iklan untuk membombardir televisi mereka untuk promo pariwisata indonesia. atau belaja iklan di internet saja.
ini jauh lebih efektif jangakauan luas, langsung masuk ke rumah rumah.
dan itu yang dilakukan oleh negara tetangga kita.
Quote:Original Posted By spreadyourwings ►
Bagus! Terus tingkatkan potensi pariwisata di Indonesia, Pak Menteri! Terutama di luar Pulau Jawa. Jangan di Jawa melulu apalagi kampung halaman situ yang sekarang udah mulai tenar wisatanya.
Quote:Original Posted By ellyahart ►
Udah dapet penghargaan begitu berbenah diri laa. tingkatkan lagi sarana dan prasarana pariwisata terutama yang daerah pariwisatanya ga terawat dan terbengkalai. terus gencarkan promosi promosi pariwisata lokal nyee masa kalah ama negara tetangge yg masang papan iklan gede gede "malay truly asia" hadeeh bijimana ini *dikota ane ni
negara orang lain promosi ke negeri kite laaa disini jarang amat yg mo promosiin heraann.
Lanjutkan Indonesia
Quote:Original Posted By aaarri ►
ih mantep banget menpar kita skrg. tagline wonderful indonesia dari peringkat 120 an, skrg jd peringkat 49, nomor 2 di asean. singapura no. 41, thailand dan malaysia peringkat 80 an. sejauh ini kita udah dapat 9 penghargaan international dari tagline wonderful indonesia.
skrg juga udah banyak iklan2 indonesia di tv2 luar negeri, gambar wonderful indonesia nempel di transportasi2 umum di eropa.
Quote:Original Posted By isn23 ►
semoga destinasi2 wisata di sini dipercantik deh dg menangnya wonderful indonesia
kan percuma jg kalo menang pamerannya tok tp destinasi wisata-nya 'jauh dari harapan'
cmiiw
Semoga bukan cuman jadi juara di ajang pameran saja... tapi bisa jadi juara sesungguhnya jg dalam menggaet wisman yang datang kesini....
Dan bukan saja cuman jago mendesain dan menata booth di pameran.... tapi lebih penting menata tempat wisatanya supaya lebih menarik buat wisman dan wisnu untuk rajin berkunjung...
Quote:Original Posted By master.wibawa ►
benahi parawisata benahi infrastruktur kalimantan papua Sumatera Sulawesi Nusa tenggara Flores penuh dengan wisata bahari yg ajib!
Quote:Original Posted By klinsi ►
Prestasi luar biasa bagi Indo dan terima kasih atas perjuangannya nih
Tp di sisi lain pemerintah jg jangan terlena cepat puas diri karena masih harus terus berbenah karena ada terlalu banyak tempat2 dan wahana wisata di daerah terutama yg masih super mengenaskan dan terlalu miskin fasilitas2 pendukung bahkan banyak dikacaukan oleh kehadiran oknum2 dan preman2 yg rajin memeras turis asing maupun lokal luar daerah... selama ini banya kendala bagi turis karena minimnya fasilitas pendukung otomatis sangat membatasi kemampuan para wisatawan apalagi yg memiliki keterbatasan
Kalau usaha promosi bisa dipadukan dan diimbangi ama perbaikan dan penambahan fasilitas dasar dan umum di tempat2 wisata Indo serta perlindungan ketat dari exploitasi bisnis berlebihan maka itu bakal jadi sumber devisa dan pemasukan luar biasa bagi negara... ada terlalu banyak tempat2 wisata terutama alam yg sangat berpotensi dan jarang ada di tempat lain soalnya akibat variasi budaya dan keaneka ragaman alam di Indo
Quote:Original Posted By numero1warrior ►
Di mata najwa...
Ini post menteri yg dulu diincar ahmad dani...
Menteri pariwisata.....
Untung aja kubu dani kalah oleh org yg ia katakan kucing kampung dari tanah suci...
Kalo dani jadi men pariwisata...
Ngak tau deh..
Kayaknya ada wisata ke Jakarta nonton sopir metro mini dicambuk...
Quote:Original Posted By onazza ►
Jika dikaitkan dengan Efektifitas Promosi Pariwisata.
Terus terang saya katakan, saya tidak bangga dengan pencapaian ini.
Promosi model begini memerlukan dana besar, siapa yang melihat?
paling yang mengunjungi pameran model begini:
1. Diaspora indonesia yang ada dikota terseebut (Tidak berefek kepada peningkatan kunjungan pariwisata)
2. Peserta pameran dari negara lain (Tidak berefek kepada peningkatan kunjungan pariwisata indonesia, karena tentu pengunjung seperti ini mementingkan kunjungan ke negaranya)
3. Panitia Eksibisi (tidak meningkatkan kunjungan kenegara kita, yang jelas panitia berhasil mendatangkan kalian ke negaranya. bukan ke negara kita)
4. Segelintir orang yang kebetulan singgah dipangeran (Ini juga tidak terlalu signifikan pengaruhnya).
kenapa?
1. Target wisatawan yang diharapkan adalah orang sibuk, jadi males dia mengunjungi pameran seperti ini. kalau dia mau libur langsung cari di internet.
Mengapa indonesia bisa menang?
1. Karena indonesia jor-joran pendanaan dalam meberangkatkan orang ke acara ini. sementara negara lain seadanya saja.
2. Negara lain tau cara promosi seperti ini tidak terlalu efektif.
Lebih baik dana yang digunakan untuk kegiatan sebentar digunakan untuk belanja iklan untuk membombardir televisi mereka untuk promo pariwisata indonesia. atau belaja iklan di internet saja.
ini jauh lebih efektif jangakauan luas, langsung masuk ke rumah rumah.
dan itu yang dilakukan oleh negara tetangga kita.
Quote:Original Posted By spreadyourwings ►
Bagus! Terus tingkatkan potensi pariwisata di Indonesia, Pak Menteri! Terutama di luar Pulau Jawa. Jangan di Jawa melulu apalagi kampung halaman situ yang sekarang udah mulai tenar wisatanya.
Quote:Original Posted By ellyahart ►
Udah dapet penghargaan begitu berbenah diri laa. tingkatkan lagi sarana dan prasarana pariwisata terutama yang daerah pariwisatanya ga terawat dan terbengkalai. terus gencarkan promosi promosi pariwisata lokal nyee masa kalah ama negara tetangge yg masang papan iklan gede gede "malay truly asia" hadeeh bijimana ini *dikota ane ni
negara orang lain promosi ke negeri kite laaa disini jarang amat yg mo promosiin heraann.
Lanjutkan Indonesia
Quote:Original Posted By aaarri ►
ih mantep banget menpar kita skrg. tagline wonderful indonesia dari peringkat 120 an, skrg jd peringkat 49, nomor 2 di asean. singapura no. 41, thailand dan malaysia peringkat 80 an. sejauh ini kita udah dapat 9 penghargaan international dari tagline wonderful indonesia.
skrg juga udah banyak iklan2 indonesia di tv2 luar negeri, gambar wonderful indonesia nempel di transportasi2 umum di eropa.
Quote:Original Posted By isn23 ►
semoga destinasi2 wisata di sini dipercantik deh dg menangnya wonderful indonesia
kan percuma jg kalo menang pamerannya tok tp destinasi wisata-nya 'jauh dari harapan'
cmiiw
mantapakmenteri
Mantap Tuh,Semoga Sektor Pariwisata Indon Semakin Joss...
Mejeng Di Pejwan Di Trit Calon Hateh...
Mejeng Di Pejwan Di Trit Calon Hateh...
ah ga asik.. bukan wisata syariah kek wisata d negara aceh sono
Ini baru kabar membanggakan!
Wahh keren.. Calon HT nih
syukurlah.. indonesia untung, negara jadi kaya, rakyat jadi sejahtera..
logika orang polos
logika orang polos
HEBAT!!!
ya semoga aja kedepannya pariwisata kita makin terkenal
Mancapp semoga bisa dipertahankan ya
Branding di mobil F1 Rio dong
kabar gembira walau cuma juara promosi..
dari pendapatan, masih kalah jauh sama malaysia..
semoga ditindak-lanjuti ni prestasi dgn pengembangan kawasan wisatanya..
dari pendapatan, masih kalah jauh sama malaysia..
semoga ditindak-lanjuti ni prestasi dgn pengembangan kawasan wisatanya..
bagus banget dah
semoga si Rio jg bakal nyusul jadi juara 🏆 di F1
semoga si Rio jg bakal nyusul jadi juara 🏆 di F1
Semoga bukan cuman jadi juara di ajang pameran saja... tapi bisa jadi juara sesungguhnya jg dalam menggaet wisman yang datang kesini....
Dan bukan saja cuman jago mendesain dan menata booth di pameran.... tapi lebih penting menata tempat wisatanya supaya lebih menarik buat wisman dan wisnu untuk rajin berkunjung...
Dan bukan saja cuman jago mendesain dan menata booth di pameran.... tapi lebih penting menata tempat wisatanya supaya lebih menarik buat wisman dan wisnu untuk rajin berkunjung...
benahi parawisata benahi infrastruktur kalimantan papua Sumatera Sulawesi Nusa tenggara Flores penuh dengan wisata bahari yg ajib!
Indonesia emang keren
bagus semoga semakin banyak wisata yg berkunjung ke indonesia dg waktu nginap durasi panjang.jadi pd betah menikmati disini
Keren..calon ht nih
Quote:Original Posted By s2mrino ►
Semoga bukan cuman jadi juara di ajang pameran saja... tapi bisa jadi juara sesungguhnya jg dalam menggaet wisman yang datang kesini....
Dan bukan saja cuman jago mendesain dan menata booth di pameran.... tapi lebih penting menata tempat wisatanya supaya lebih menarik buat wisman dan wisnu untuk rajin berkunjung...
pastinya gan
Quote:Original Posted By master.wibawa ►
benahi parawisata benahi infrastruktur kalimantan papua Sumatera Sulawesi Nusa tenggara Flores penuh dengan wisata bahari yg ajib!
bener gan harus diratakan. jabgan cuma di jawa saja yang penuh tempat wisata
Via: Kaskus.co.id
Semoga bukan cuman jadi juara di ajang pameran saja... tapi bisa jadi juara sesungguhnya jg dalam menggaet wisman yang datang kesini....
Dan bukan saja cuman jago mendesain dan menata booth di pameran.... tapi lebih penting menata tempat wisatanya supaya lebih menarik buat wisman dan wisnu untuk rajin berkunjung...
pastinya gan
Quote:Original Posted By master.wibawa ►
benahi parawisata benahi infrastruktur kalimantan papua Sumatera Sulawesi Nusa tenggara Flores penuh dengan wisata bahari yg ajib!
bener gan harus diratakan. jabgan cuma di jawa saja yang penuh tempat wisata
Tidak ada komentar:
Posting Komentar