Pages


Sabtu, 19 Maret 2016

Share: gak bisa lapor pajak tahunan karena sudah efiling? ini solusinya

Share: gak bisa lapor pajak tahunan karena sudah efiling? ini solusinya
Pagi agan semua...

maaf nih ya ane mau share lagi seputar SPT Tahunan, karena ane yakin masih banyak yang bingung dengan masalah perpajakan.

ini masih berkaitan dengan Efiling ya gan..

Apa itu efiling?

  1. Sistem pelaporan SPT Tahunan menggunakan sarana internet tanpa melalui pihak lain dan tanpa biaya apapun melalui situs http://www.djponline.pajak.go.id

  2. Sampai saat ini, SPT yang dapat dilaporkan melalui e-Filing ada 2 jenis yaitu SPT Tahunan PPh 1770 SS dan SPT Tahunan PPh 1770 S

  3. Untuk dapat melaporkan SPT Tahunan melalui e-Filing, setiap WP harus melakukan aktivasi e-FIN* terlebih dahulu di KPP terdekat


Cara aktifasi Efin untuk Efiling

Yang Wajib Efiling
  1. ASN/TNI/POLRI

  2. Wajib Pajak Orang Pribadi yang telah menggunakan efiling sebelumnya



Permasalahan
  1. Saat semakin banyak masyarakat yang akan melaporkan SPT Tahunan secara online, masalah klasik yang timbul adalah aplikasi Efiling jadi lemot banget di aksesnya. Apalagi nanti menjelang batas akhir penyampaian SPT Tahunan.
  2. SPT Yang sudah pernah dilaporkan menggunakan Efiling sebelumnya, maka untuk pelaporan SPT Tahunan berikutnya wajib menggunakan Efiling.
  3. SPT Yang sudah pernah dilaporkan menggunakan Efiling sebelumnya tidak bisa diterima secara offline diloket kantor pajak maupun di dropbox pajak
  4. Kalo sampai tgl 31 Maret 2016 kita gak bisa lapor online karena misalkan aplikasi efilingnya down, kita harus gimana? padahal kita udah wajib make efliling.


Solusi

Nah ceritanya kemaren ane sempet ke salah satu kantor pajak untuk aktivasi EFIN dan lapor pajak lewat efiling, ane sempet ngobrol2 ama salah seorang petugas disana dan ini kesimpulan yg ane dapet.

Solusi Pertama : adalah mencari waktu atau jam-jam yang relatif lebih senggang untuk mengakses efiling. Dengan harapan agar koneksi bisa lebih stabil dan akses ke server efiling lebih cepat sehingga kita bisa melakukan input data untuk lapor pajak tahunan secara online

Solusi kedua : Jika sampai dengan tanggal 31 Maret 2016, kita tidak bisa melaporkan pajak tahunan secara online, maka kita bisa mengirimkan SPT Tahunan kita melalui Kantor Pos, dialamatkan ke Kantor Pelayanan Pajak dimana NPWP kita terdaftar.

Bagaimana jika SPT Tahunan tersebut kita antar langsung ke Kantor Pajak dimana kita terdaftar? Tetap tidak bisa diterima, jadi anda harus mengirimkan SPT Tahunan tadi melalui kantor pos.

nah itu kesimpulan yg ane dapet dr obrolan kemaren mudah2an bermanfaat.

Tapi kalo misal agan menemukan informasi yang sedikit berbeda untuk Solusi Tidak bisa lapor pajak offline karena sudah efiling dg yg ane share ini ya sebaiknya agan bis atanya lgsg ke Kring Pajak 1-500-200 aja

Sanksi tidak Lapor Pajak SPT Tahunan

biar gak hoax ane kasih mulustrasinya gan :
Spoiler for mulustrasi:
Share: gak bisa lapor pajak tahunan karena sudah efiling? ini solusinya


Ada informasi tambahan dari agan KyraAltair thanks gan

Quote:
Titip Tambahan buat thread agan yg kebetulan HT
ane eks pegawai Pajak mau nambahin

kalau situs official buat lapor SPT secara E-Filing lagi overload, agan bisa menggunakan penyedia jasa layanan pelaporan secara E-Filing dr website lain, ane ambil contoh Online Pajak, bukan mau promosi sih, ane sendiri lapor kesitu karena lebih ringan g lemod
sebenarnya masih ada beberapa site yg lain yang menerima E-Filing, di google aja

untuk masalah keamanan dan kevalidan tenang aja gan, sesuai dengan Per-41/PJ./2015, DJP memang bekerjasama dengan pihak swasta, mungkin memang karena klo mau nampung 1 indonesia sekaligus, Servernya ga sanggup, maklumlah dana anggaran terbatas beli server yang Super pasti mahal

nah andai agan2 skalian gak Gape sama teknologi aka Gaptek, dan KPP2 terdekat di lingkungan agan sudah menolak menerima SPT dari KPP lain atau menolak menerima SPT hardcopy, agan bisa melapor via Pos/Jasa Pengiriman macam JNE,TIKI, dsb. Untuk tanda terimanya, Resi atau konosemen itu berlaku sebagai tanda terima, bisa agan tuker sama Bukti Penerimaan Surat (BPS) kuning di kemudian hari, ya sekitar 2-3 bulan lah ke KPP agan terdaftar, karena SPT Tahunan yang masuk butuh waktu ckup lama karena ada proses perekaman dan scan di PPDDP

ditarok di pejwan ya gan, Trims

begitu yah gan gw masih kurang tau soal pajak gan
Ok gan, thanks impo nya
Entahlah gan ane masih seorang pelajar
ga ngerti tentang pajak ...
Oke gan nice inpo walo ndak paham btw
Wah boleh juga nih bous!
wah, gitu ya gan...
Share: gak bisa lapor pajak tahunan karena sudah efiling? ini solusinya
Berarti kalo dateng ke kantor pajak bulan maret ini udah gak bisa dong?
nice info gan, tq buat info nya
ane msh bingung gan mw laporan pajak..
Bagaimana cara ikut e fil gan? Gw msh manual
Wah gile udah HT
gan gaji ane kan 3jt-an perbulan, ane udah punya npwp pribadi, trus ane kena pajak berapa ya? padahal gaji aja pas2an
Wah mantap gan,baru mau ngisi SPT..
Ah gayanya mau paperless n online, wong system dan sdm nya masih belum siap
Nais inpo
masih ribet, masa mau bikin userid hrs datang ke kantor pajak juga. belum kalo server overload pas masukin efilling.
"negara yang butuh, kita yang bayar, kita yang direpotin juga"
Wahhh ane skrg lg training isi spt online, kelihatnnya sih mudah, tp gak twu pas coba nnti lemot apa gak
masih ad kpp yg bisa terima spt 1770 s sama 1770 ss manual gan ...
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar