Pages


Selasa, 07 Juni 2016

Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali

Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Selamat pagi, siang dan malam para kaskuser semua ane mau berbagi info nih tentang caving. Sebelumnya maaf klo atau jangan di ya bantu aja yuk langsung cekidot.

Naik Gunung Mulu, Cavinglah SesekaliQuote:Udah jadi rahasia umum klo negeri kita tercinta Indonesia punya kekayaan alam yang kece-kece. Mulai dari lautnya yang biru sampe puncaknya yang gunung dingin-dingin gimana gitu. Fenomena tren mendaki gunung jadi salah satu aktifitas yang lagi rame-ramenya digandrungi sama agan sista, tapi pernah nggak agan sista coba explore sisilain keindahan Indonesia dari dalam ‘perutnya’?

Yups caving, cara lain yang bisa agan sista coba buat nikmati alam Indonesia. Menengok keindahan Indonesia dari sisi yang berbeda & tentunya pengalaman yang nggak kalah serunya. Mau tau caving itu apa? Yu cekidot

Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Caving Itu Apa Sih?Quote:Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Sumber Gambar
Pengertian penelusuran gua atau caving berasal dari kata cave yang berarti Gua. Sedangkan orang yang menelusuri gua disebut caver. Jadi caving bisa diartikan sebagai kegiatan penelusuran gua yang mana merupakan salan satu bentuk kegiatan dari Speleologi. Ada beberapa pengertian gua menurut para ahli penemu maupun para caver, yaitu :

Menurut IUS (International Union of Speleology) anggota komisi X UNESCO PBB "Gua adalah setiap ruang bawah tanah yang dapat dimasuki orang" sedangkan menurut R.K.T.ko (Speleologiawan) “Setiap ruang bawah tanah baik terang maupun gelap, luas maupun sempit, yang terbentuk melalui system percelahan, rekahan atau aliran sungai yang membentuk suatu lintasan aliran sungai dibawah tanah.”

Kayak Apa Sih Suasana Dalam Gua?
Quote:Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Sumber Gambar
Pada umumnya lingkungan gua biasa dibagi menjadi 4 zona yaitu zona terang (mulut gua), zona peralihan, zona gelap dan zona gelap total. Setiap zona mempunyai karakteristik lingkungan (abiotik) yang berbeda-beda begitu juga kehidupan faunanya (biotik) (Howarth 1983, Howarth and Stone 1990, Howarth 1991).

Zona terang (mulut gua) merupakan daerah yang menghubungkan luar gua dengan lingkungan gua dan masih mendapatkan cahaya matahari dan kondisi lingkungannya masih sangat dipengaruhi oleh perubahan lingkungan luar gua. Mulut gua mempunyai komposisi fauna yang mirip dengan komposisi fauna di luar gua.

Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Contoh Fauna Pada Zona TerangSumber Gambar
Zona berikutnya adalah zona peralihan atau zona remang-remang yang dicirikan dengan kondisi yang sudah gelap namun masih dapat terlihat berkas cahaya yang memantul dinding gua yang tergantung tipe gua. Komposisi fauna mulai berbeda baik jumlah jenis maupun individu

Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Contoh Fauna Pada Zona PeralihanSumber Gambar
Zona gelap adalah daerah yang gelap total sepanjang masa, kondisi temperatur dan kelembaban mempunyai fluktuasi yang sangat kecil sekali. Jenis fauna yang ditemukan sudah sangat khas dan telah teradaptasi pada kondisi gelap total. Fauna yang ditemukan biasanya mempunyai jumlah individu yang kecil namun mempunyai jumlah jenis yang besar (Deharveng and Bedos 2000).

Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Contoh Fauna Pada Zona GelapSumber Gambar
Zona yang terakhir adalah zona gelap total dimana sama sekali tidak terdapat aliran udara kondisi temperatur dan kelembaban mempunyai fluktuasi yang sangat kecil. Biasanya mempunyai kandungan karbondioksida yang sangat tinggi. Zona ini biasanya terdapat pada sebuah ruangan yang lorongnya sempit dan berkelok-kelok.

Mengenal Perlengkapan Caving
Quote:Helm Speleo
Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Sumber Gambar
Helm yang digunakan dirancang untuk mampu menahan benturan maupun jatuhan batu.

Quote:Cover All
Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Sumber Gambar
Pakaian khusus untuk penelusuran gua. Pakaian ini pada bagian baju dan celana tersambung jadi satu.

Quote:Sepatu
Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Sumber Gambar
Sepatu yang biasa digunakan adalah sepatu karet dan sepatu yang biasa digunakan militer. Keduanya punya kelemahan dan kelebihannya masing-masing.

Quote:Sarung Tangan
Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Sumber Gambar
Untuk melindungi tangan dari panas karena gesekan tali. ataupun melindungi tangan dari gesekan dengan dinding gua yang tajam dan kasar.

Quote:Pelampung
Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Sumber Gambar
Biasa digunakan di gua yang memiliki kedalaman air tanah yang cukup dalam, pelampung digunakan untuk menghindari atau menyelamatkan dari kondisi tenggelam.

Quote:Seat Harness
Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Sumber Gambar
Digunakan untuk mengikat tubuh yang dipasang pada pingggang dan paha.

Quote:Ascender
Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Sumber Gambar
Peralatan ini digunakan untuk naik atau memanjat lintasan (tali).

Quote:Descender
Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Sumber Gambar
Peralatan ini digunakan untuk memuat lintasan (tali).

Quote:Chest Harness
Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Sumber Gambar
Digunakan unhik mengikatkan sit harness dengan dada.

Quote:Karmantel
Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Sumber Gambar
Di sebut jenis karmantel karena mempunyai dua bagian yaitu bagian kern ( bagian dalam/inti ) dan mantel ( bagian luar / pembungkusnya ). Untuk vertical caving di gunakan jenis static rope.

Quote:Carabiner
Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Sumber Gambar
Peralatan ini berfungsi sebagai alat pengait.

Ornamen Pada Gua
Quote:Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
StalaktitSumber Gambar
Ornamen yang satu ini terbentuk karena rekahan kecil yang memungkinkan terjadinya tetesan kecil yang mengandung kalsium karbonat. Pada saat itulah terjadi “persipitasi”, sehingga terlepaslah karbon dioksida dan terbentuk endapan bening yang disebut mineral kalsit. Stalaktit tumbuh dari atap gua menuju ke bawah.

Quote:Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
StalakmitSumber Gambar
Terbentuk karena tetesan air stalagtit berlebih yang menetes kebawah dan jatuh ke lantai gua dan terakumulasi selama beribu tahun dan membentuk dekorasi sendiri. Dekorasi yang terbentuk di lantai gua ini yang dinamakan stalakmit.

Quote:Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
FlowstoneSumber Gambar
Terbentuk selama milayaran tahun yang disebabkan berjuta tetes air yang mengalir menyelubungi bongkahan batu di dalam gua.

Quote:Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
DraperySumber Gambar
Terbentuk dari tetesan air yang mengalir pada dinding gua. Jika kita lihat, kadang ornamen tersebut tembus cahaya dan berwarna-warni akibat kandungan mineral besi yang terkandung di dalamnya.

Kode Etik Penelusuran GuaQuote:
Tidak mengambil sesuatu kecuali mengambil potret (Take nothing but picture.)
Tidak meninggalkan sesuatu, kecuali jejak kaki yang penempatannya hati-hati (Leave nothing but carefully placed footprint)
Tidak membunuh sesuatu kecuali waktu (Kill nothing but time)

Setiap penelusur gua sadar, bahwa setiap bentukan alam didalam gua dibentuk dalam kurun waktu RIBUAN TAHUN.Setiap usaha merusak gua, mengambil/ memindahkan sesuatu didalam gua itu TANPA TUJUAN JELAS dan ILMIAH SELEKTIF, akan mendatangkan kerugian yang tidak dapar ditebus.

Setiap menelusuri gua dan menelitinya, dilakukan oleh penelusur gua dengan penuh RESPEK, tanpa mengganggu dan mengusir kehidupan bota dalam gua.

Setiap penelusur gua menyadari bahwa kegiatan speleologi, baik dari segi olah raga/ segi ilmiahnya BUKAN MERUPAKAN USAHA YANG PERLU DIPERTONTONKAN DAN TIDAK BUTUH PENONTON.

Dalam hal penelusuran gua, para penelusur gua harus bertindak sewajarnya . Para penelusur gua tidak memandang rendah keterampilan dan kesanggupan sesama penelusur. Sebaliknya, seseorang penelusur gua dianggap melanggar etika, bila memaksakan dirinya untuk melakukan tindakan-tindakan diluar batas kemampuan fisik dan tekniknya, serta kesiapan mentalnya.

Respek terhadap sesama penelusur gua, ditunjukkan setiap penelusur dengan cara :

Quote:Tidak menggunakan bahan/ peralatan, yang ditinggalkan rombongan lain tanpa seizin mereka.

Tidak membahayakan penelusur lainnya, seperti melempar kedalam gua, bila ada orang didalam gua, memutuskan/menyuruh memutuskan tali yang sedang digunakan rombongan lain.

Tidak menghasut penduduk sekitar gua untuk melarang/ menghalang-halangi rombongan lain untuk memasuki gua, karena tidak satupun gua di Indonesia milik perorangan, kecuali bila gua itu dibeli yang bersangkutan.

Jangan melakukan penelitian yang sama, apabila ada rombongan lain yang diketahui sedang melakukan pekerjaan yang sama dan belum MEMPUBLIKASIKANNYA DALAM MEDIA MASSA dalam MEDIA ILMIAH.

angan gegabah menganggap anda penemu sesuatu, kalau anda belum yakin betul bahwa tidak ada orang lain, yang juga telah menemukan pula sebelumnya, dan jangan melaporkan hal-hal yang tidak benar demi SENSASI dan AMBISI PRIBADI, karena hal ini berarti membohongi DIRI SENDIRI dan DUNIA SPELEOLOGI.

Setiap usaha penelusuran gua merupakan usaha bersama. Bukan usaha yang dicapai sendiri. Karenanya, setiap usaha mempublikasikan suatu hasil penelusuran gua, tidak boleh dengan cara MENONJOLKAN PRESTASI PRIBADI, tanpa mengingat bahwa setiap penelusuran gua merupakan kegiatan team.

Dalam suatu publikasi, jangan menjelek-jelekkan nama sesama penelusur walaupun si penelusur berbuat hal-hal yang negatif, kritik terhadap sesama penelusur akan memberi gambaran negatif terhadap semua penelusur.

Potret Keindahan Gua
Quote:Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Gua Buniayu - SukabumiSumber Gambar

Quote:Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Gua Jomblang - GunungkidulSumber Gambar

Quote:Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Gua Gong - PacitanSumber Gambar

Quote:Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Gua Rangko - Labuan BajoSumber Gambar

Naik Gunung Mulu, Cavinglah SesekaliQuote:Nah itu tadi sedikit pengenalan tentang caving. Semoga ada manfaatnya buat kita semua. Klo ada kesalahan atau kekurangan maafin TS ya . Tertarik buat nyoba caving?
Naik Gunung Mulu, Cavinglah SesekaliQuote:Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4
Sumber 5
Sumber 6
Sumber 7
Sumber 8
Sumber 9

Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
pertamax kaaah??
Gmn kalau goa nya ada di gunung gan. Jd naik ke gunung dulu
Quote:Original Posted By punkbotak
pertamax kaaah??


gesit amat bray
Dengan dibuatnya trit ini, bakalan banyak anak alay yang ikut2an caving dan sok-sokan cinta alam
ane baru 2 aja yg pernah dikunjungi,
goa gong & goa pindul
Naik gunung mulu
Naek pelaminan kapan?

Masuk goa mulu.
Masuk kehidupan suami istri kapan ?

Quote:Original Posted By dippoynter
ane baru 2 aja yg pernah dikunjungi,
goa gong & goa pindul


Goa gong keren gan?
Quote:Original Posted By myfirstwetdream
Naik gunung mulu
Naek pelaminan kapan?

Masuk goa mulu.
Masuk kehidupan suami istri kapan ?



Ntapz gan, bisa aja nih
kyknya udah mainstream naek gunung
Quote:Original Posted By seamono
Goa gong keren gan?



keren gan,
tapi lebih keren goa pindul gan
Quote:Original Posted By dippoynter
keren gan,
tapi lebih keren goa pindul gan


patut dicoba tuh
Quote:Original Posted By seamono
patut dicoba tuh



nih gan salah 1 penampakannya
Spoiler for goa:
Naik Gunung Mulu, Cavinglah Sesekali
Huwaaw ane jadi pengen menelusuri gua. Tapi ane akhir2 ini dapat berita miris soal gua yang dicoret-coret anak alay...
Quote:Original Posted By psychosocial32
Huwaaw ane jadi pengen menelusuri gua. Tapi ane akhir2 ini dapat berita miris soal gua yang dicoret-coret anak alay...


Yg model gitu harus dikasih tau baik-baik & dijelasin gan, tp klo masih tetep kayak gitu emang mentalnya aja yg harus dibenerin
Boleh dicoba juga nih gan.. Goa mana yg recomende gan ?
hahaha...utan aen dah dpt pertamax...
Udah ada trit na gan malah banyak materi na, cek dimari
Apa ngga bahaya tuh bree...
Naik gunung aja blom pernah apalagi caving.
GEMBOK JENDRAL
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar