Pages


Jumat, 26 Juni 2015

[STS-61H] 29 Tahun Lalu Seharusnya Antariksawan Indonesia Sudah Pergi Ke Luar Angkasa



Sebelum baca trit ane tolong di rate dulu yo



Quote:Treadh ini ane sendiri buat dari tulisan ane buat tugas sejarah yang diambil dari beberapa sumber dan kebetulan ane suka banget dengan hal yang berbau antariksa. Dijamin No Repost

Mukamadimah
Spoiler for Antariksawan:

Antariksawan / Astronaut / Kosmonot adalah sebutan kepada seseorang yang telah mengikuti latihan pada program Antariksa, baik sebagai ketua, crew ataupun awak dari pesawat antariksa. Antariksawan pertama di dunia yaitu Yuri Gagarin , asal RSFSR Soviet atau Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia, Uni Soviet yang lahir pada tanggal 9 Maret 1934. Yuri Gagarin mengorbit selama 108 menit ke luar angkasa menggunakan roket Vostok-1 yang lepas landas dari Baikonour Cosmodrome, Kazakhtan. Setelah berhasil mengorbit, dia selamat dalam pendaratan Vostok-1 ke muka bumi. Semenjak itu Yuri menjadi terkenal di dunia, karena ia telah menjadi orang pertama yang pergi keluar angkasa dengan selamat. Yuri mendapat gelar dan medali dari banyak negara, salah satunya dari Indonesia. Bapak Presiden Soekarno memberikan medali Maha Putra kepada Yuri Gagarin karena Iya berhasil mengikuti program luar angkasa.


Tentang STS-61H


Quote:STS-61-H adalah misi wahana antariksa (Space Shuttle) Amerika Serikat yang rencananya diluncurkan tahun 1986 menggunakan Columbia, tetapi dibatalkan setelah musibah Challenger terjadi. Penerbangannya dijadwalkan berlangsung mulai 24 Juni sampai 1 Juli 1986.

Kandidat Dari Indonesia
Spoiler for Kandidat:

Quote:Pada tahun 1985, Indonesia memiliki 2 orang Kandidat Antariksawan yang dilatih oleh NASA. Yaitu, Pratiwi Sudarmono dan Taufik Akbar. 2 orang tersebut terpilih menjadi Antariksawan setelah mengikuti beberapa pelatihan di NASA. Mulai dari latihan mental, sampai latihan beradaptasi dengan gaya gravitasi di luar angkasa. Pratiwi dan Akbar dilatih oleh NASA karena Indonesia ingin mengirimkan satelitenya yaitu Satelit Palapa B3 dengan kode misi program luar angkasa STS-61-H yang sudah direncanakan menggunakan pesawat ulang alik Coloumbia terbang pada tanggal 24 Juni 1986 dan Mendarat di bumi pada tanggal 1 Juli 1986. Selain satelit Palapa B3, misi ini juga membawa 2 satelit komersial yaitu Satelite Skynet 4A milik Britania Raya dan Westar 6S milik perusahaan Amerika Serikat yaitu Western Union. Misi STS-61-H Membawa 7 Crew dan 2 Back-Up Crew. Crew yang ikut dalam misi ini yaitu Michael Lloyd (Amerika Serikat) , John Elmer (Amerika Serikat), Robert Clyde (Amerika Serikat), James Frederick (Amerika Serikat), Anna Lee Tingle (Amerika Serikat) , Pratiwi Sudamono Pujilestari (Indonesia), dan Nigel Richard (Britania Raya). Sementara 2 Back-up Crew yaitu Richard Alfred (Britania Raya) dan Taufik Akbar (Indonesia).
Spoiler for Coloumbia Space Shuttle:

Spoiler for Awak STS61H:


Spoiler for Awak STS61H di Simulator:


Spoiler for Awak STS61H di Dining Hall:


Spoiler for Michael Lloyd (Amerika Serikat) :


Spoiler for John Blaha Elmer (Amerika Serikat):


Spoiler for Robert Clyde (Amerika Serikat):


Spoiler for Anna Lee Tingle (Amerika Serikat):


Spoiler for James Frederick (Amerika Serikat):


Spoiler for Pratiwi Sudamono Pujilestari (Indonesia):


Spoiler for Nigel Richard (Britania Raya):


Spoiler for Richard Alfred (Britania Raya):


Spoiler for Taufik Akbar (Indonesia):


Spoiler for Skynet 4A:


Spoiler for Westar 6:


Penyebab Kegagalan Pratiwi dan Kawan
Quote:Semua persiapan sudah lengkap tetapi saat persiapan tersebut hancur ketika Pesawat Ulang Alik Challenger mengalami kecelakaan saat terbang pada detik ke 73 sesaat setelah diluncurkan dari Kennedy Space Center di Florida, 28 Januari 1986. Yang mengakibatkan meninggalnya 7 Antariksawan Asal Amerika Serikat. Penyebab kecelakaan adalah Disintegrasi seluruh pesawat mulai dari segel cincin-O di kanan solid rocket booster(SRB) gagal dilepas. Sampai satu dari dua roket pendorong miring dan menggores badan pesawat yang seketika timbul percikan api disusul meledaknya pesawat. Akibat dari kecelakaan tersebut Penerbangan Antariksa ditutup selama 32 Bulan dan Imbasnya kepada Misi STS-61-H yang didalamnya ada 2 Antariksawan Indonesia yang Ingin mengorbit bersama Satelit Palapa B3. Akhirnya Palapa B3 namanya diganti menjadi Palapa B2P yang diluncurkan pada tanggal 20 Maret 1987 dengan Roket Delta-3920

Kecelakaan Challenger


Spoiler for Satellite Palapa B2P:


Spoiler for Delta 3920:


Pratiwi Sudarmono

Quote:Pratiwi Pujilestari Sudarmono lahir di Bandung pada tanggal 31 Juli 1952. Ia lebih dikenal sebagai Microbiologiwan daripada sebagai seorang Antariksawan. Pratiwi seorang ilmuan dan profesor mikrobiologi dari Universitas Indonesia. Ia terpilih menjadi antariksawan pada tanggal 30 September 1985 yang diikuti sekitar 200 kandidat yang ikut seleksi menjadi antariksawan. Ia menduduki spesialis muatan dalam misi STS-61-H. Ia menggunakan nama “Sudarmono” sebagai nama panggilan di NASA. Pada saat itu ia mengharumkan nama Indonesia dan Asia, Karena Pratiwi menjadi wanita pertama yang menjadi Antariksawan Indonesia bahkan Asia. Pratiwi mengikuti berbagai pelatihan di NASA dibiayai langsung oleh pemerintah tanpa ada bantuan dari manapun. Ia selain menjadi calon Antariksawan Indonesia di NASA, sebelumnya ia mendapat gelar PhD. di Molecular Microbiology, Osaka University, Japan 1984. Pratiwi sekarang meneruskan karirnya di bidang Microbiologi di Universitas Indonesia sebagar Profesor dan dekan fakultas kedokteran UI.

Spoiler for Sudarmono:

Spoiler for Pratiwi Sekarang:

Spoiler for Pratiwi Sekarang:
[img]img29122008119281by Iqbal Muhammad, on Flickr[/img]

Spoiler for Pratiwi Sekarang:


Taufik Akbar


Quote:Taufik Akbar lahir di Medan, 8 Januari 1951. Ia seorang insinyur lulusan Institut Teknologi Bandung dengan gelar Bachelor of Science di bidang Electrical Engineering pada tahun 1975, ia bekerja sebagai insinyur telekomunikasi. Bekerja untuk Telkom dalam pengembangan Palapa sistem satelit telekomunikasi, pada tanggal 30 Oktober 1985 ia terpilih untuk ambil bagian dalam misi STS-61-H sebagai Cadangan dari Pratiwi Sudarmono, ia mengikuti berbagai latihan ke antariksa bersama Pratiwi Sudarmono. Nama ia saat di NASA adalah “Akbar”. Tekad ia sangat kuat menjadi seorang Antariksawan Kedua setelah Pratiwi, tapi apa daya kecelakaan Pesawat ulang alik Challenger menjadi penyebab kegagalan Akbar dan Pratiwi. Tahun lalu beliau adalah seorang Direktur Sumber Daya Manusia di PT. Telkom Indonesia.
Spoiler for Taufik Akbar:

Spoiler for Taufik Akbar Tahun Lalu:

Spoiler for Taufik Akbar Tahun Lalu:

Spoiler for Taufik Akbar Tahun Lalu:


Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3





Galeri Foto STS 61H
Spoiler for Exclusive:

Spoiler for Dokumen Nasa:
s8831199by Iqbal Muhammad, on Flickr

Spoiler for Dokumen Nasa:
https://www.flickr.com/photos/iqbalms4/19095253191/in/dateposted-public/

Spoiler for Dokumen Nasa:

Spoiler for Latihan di Simulator:


Spoiler for Surat Taufik:

Spoiler for Foto Keluarga Akbar:
akbarby Iqbal Muhammad, on Flickr
Setelah ane kocek2 ternyata ada videonya


Ini kemarin ada di Metro TV
http://video.metrotvnews.com/play/20...satelit-palapa
*Video ane upload*

tambahan dari agan breakingbenindo
Quote:Original Posted By BreakingBenIndo


Gila gue baru liat yang ini gan.. foto2 di internet ga sekomplit ini..
Oiya yang astronot axe juga udah fix kesana ada beritanya gan..
ane kemaren liat juga di metro barengan ama yang bahas ibu pratiwi
ini gan linknya : http://video.metrotvnews.com/play/20...e-luar-angkasa
http://video.metrotvnews.com/play/20...satelit-palapa


Quote:Original Posted By indomerch


melihat foto ke 2 orang antariksawan indonesia itu ane seneng banget gan, serius ini info baru buat ane, ane bahkan berangan2 kapan ya indonesia bisa nancepin bendera merah putih di bulan.. sampe2 ane bikin gambarnya gan.. btw bu pratiwi mirip banget sama bu ani yudoyono ya gan..

Spoiler for KARYA:


Quote:Original Posted By dungdungprat
Ya Allah ....
gue baca ini Hati gue macem2 rasanya gan.
ada Seneng, Bangga, Haru, Takjub ... pokonya amazing dah.

Apalagi begitu Tau Astronot itu ..... wah jadi kaya ada hubungan batin gan

Astronot cita cita ane kecil gan
Nama Astronot nya sama kayak ane Gan .. Akbar
dan ... sekarang ane gawe di Dunia telekomunikasi gan ..

entah ini kebetulan atau ......

rasa haru dan romantisme masa kecil ane muncul lagi ..
jadi semangat lagi ngejar cita cita nih


Quote:Original Posted By kirina
ini mata ane yang rabun apa emang Pak Taufik handsome bgt ya gan di usia sepuhnya
#SalahFokus

Ane dulu pernah lihat siarannya di tipi acara 20century kalo gak salah
tapi gak disebutin ada orang Indonesianya gan


Quote:Original Posted By ivan.coitus721
Wow keren ane secara tidak langsung telah di banggakan oleh mantan "calon" antariksawan walaupun ane hanya rakyat jelata

Walaupun batal meluncur ke angkasa luar karena kecelakaan, dan di tutup selama 32 bulan. Itu sih cuma untuk antisipasi, agar tidak terjadi lagi hal yang tidak diinginkan

Indonesia pasti bisa mencapai cita-citanya pergi ke angkasa luar sana
Tapi dengan syarat :

Berani bertaruh nyawa ane kalau syarat itu terpenuhi.

Makasih infonya gan


Quote:Original Posted By etaugasilooh
kalau 29 tahun yang lalu ada orang indonesia yag keluar angkasa.......setelah itu apa?

apakah kita akan menjadi pionir asia tenggara dibidang antariksa?

banyak sekali mimpi kita yang meloncat kesana kemari karena beberapa orang pintar disini yang memacu teknologi yang kurang diminati disini seperti antariksa dan pesawat terbang.

yang diperlukan di tanah air tercinta ini adalah teknologi agraris, karena tanah kita subur dan luas, dengan begitu kita bisa mencukupi kebutuhan sandang pangan sendiri dan masih bisa jadi peng ekspor hasil bumi..

ternyata tanah yang luas dan subur hanya dipakai untuk kelapa sawit, batubara , mineral dan perluasan perumahan, yang menyebabkan harga jengkol hampir setara dengan daging


ADA KASKUSER YANG KETEMU IBU PRATIWI
Quote:Original Posted By datedrate




temen ane gan



Buat agan2 yang punya foto atau info tentang ibu Pratiwi Sudarmono atau Taufik Akbar boleh di Share disini kebetulan ane mau wawancara cuman belom kesampean
wah sempet liat ane td beritanya di metro tv , calon ht nih
Iya kmaren ane ngeliat di metro tp ...
Bntar lagi juga ada gan dari indonesia yang bakalan keluar angkasa...

Quote:Buat nambah informasi...
MASUK JUGA KESINI!!! Trus kasih sama

(Aneh tapi Nyata) kasiaan gan kepalanya dua...!!!HOT

(share) 5 tempat paling aneh didunia...!!!HOT

Cewek seksi ini dulu beratnya 450kg gan...!!!HOT

(PIC) Rambu-rambu jalan yang unik...!!!HOT

Fakta orang bertangan kidal...!!!HOT


5 Nama INDONESIA sebelum menjadi indonesia...!!!
HOT


Fakta unik lagu2 kebangsaan dari seluruh dunia...!!!HOT


Tapi Indonesia belum punya antariksawan yang udah mendarat di bulan ya gan, dan kapan ada misi antariksa untuk Indonesia lagi gan btw ente kerja di bagian itu ya ?

teranyata Indonesia punya begituan juga ya?
Quote:Original Posted By aaaaaaaal
wah sempet liat ane td beritanya di metro tv , calon ht nih


Wih serius gan ada beritanya? kapan gan? hiks ane jarang nonton metro
Aamiin

Quote:Original Posted By fajar2626
Iya kmaren ane ngeliat di metro tp ...
Bntar lagi juga ada gan dari indonesia yang bakalan keluar angkasa...

Aduh mana gan ada video siaran ulangnya ga? diacara apa?
Iya yang axe setau ane

Quote:Original Posted By rizqiion224
Tapi Indonesia belum punya antariksawan yang udah mendarat di bulan ya gan, dan kapan ada misi antariksa untuk Indonesia lagi gan btw ente kerja di bagian itu ya ?

Gatau nih gan masalahnya ekonomi aja lagi bobrok2nya gini gan.. gimana misi luar angkasa
Bukan gan
Wah sayang sekali ya gan
btw calon ht neh!
Quote:Original Posted By Iqbalms4


Aduh mana gan ada video siaran ulangnya ga? diacara apa?
Iya yang axe setau ane


Siaran ulangnya coba cari di yucup gan...
Ane lupa siapa namanya gitu tadi ituh...
Acara nya "trending topic met*ro tv"
waw
udah tahu ane sejak SD gan, dulu jika ada perkembangan yang luar biasa di indonesia pasti selalu disisipkan di kurikulum sekolah terutama SD
Quote:Original Posted By erwin6661

teranyata Indonesia punya begituan juga ya?


Punya atuh.. dulu pa presiden soeharto serba ada...
Quote:Original Posted By khewoood
Wah sayang sekali ya gan
btw calon ht neh!


Iye emang sayang banget.. Kalau misalkan ga terjadi Challenger Disaster kita jadi Negara Pertama di Asia yang ngirimin Perempuan ke Luar Angkasa
Quote:Original Posted By fajar2626


Siaran ulangnya coba cari di yucup gan...
Ane lupa siapa namanya gitu tadi ituh...
Acara nya "trending topic met*ro tv"

oke gan cek kulkas gan
Quote:Original Posted By momoayakin
waw

ga hoax kok gan
Quote:Original Posted By tetekmurata
udah tahu ane sejak SD gan, dulu jika ada perkembangan yang luar biasa di indonesia pasti selalu disisipkan di kurikulum sekolah terutama SD

serius dulu SD ente dikenalin yang kaya ginian? ane aja baru tau pas sma.. itupun tau sendiri
wah coba dl jd ke luar angkasa..bakal punya astronot nih indo
good job,meskipun gagal tapi tetep aja udah mengharumkan nama bangsa
Quote:Original Posted By Iqbalms4


oke gan cek kulkas gan


Cendol diterima gan makasih...
mungkin kita harus nunggu 29 tahun lg..
Udah lama banget tapi ane baru tau beritanya, bangga
Quote:Original Posted By metva
wah coba dl jd ke luar angkasa..bakal punya astronot nih indo

Dia sudah pantas gan dapat sebutan astronaut dan itu diakui gan.. CMIIW
Quote:Original Posted By desi.rahmadian
good job,meskipun gagal tapi tetep aja udah mengharumkan nama bangsa

Iya gan.. hebatnya beliau
Quote:Original Posted By fajar2626


Cendol diterima gan makasih...

Sama sama gan
Quote:Original Posted By qyut0z
mungkin kita harus nunggu 29 tahun lg..

Kok 29 tahun lagi? Indonesia punya astronaut kok yang dari axe
Quote:Original Posted By dvndlcs
Udah lama banget tapi ane baru tau beritanya, bangga

Iya gan
Baru tau ane gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar