Pages


Selasa, 17 Maret 2015

5 Hal Yang di Takuti Dunia Tentang Suku Dayak





Quote:
HT Thanks for all mimin nd momod nd Thanks for all kaskuser keep ngaskus




-= Seomoga Gak Repost =-  (www.kaskus.co.id)

Quote:Suku dayak memang salah satu suku di Indonesia yang sangat dikenal di dunia. Namun tidak hanya di Indonesia saja tercipta mitos-mitos tentang suku dayak yang belum tentu kebenarannya, namun juga mitos-mitos lainnya bisa saja juga terjadi di luar Indonesia, khusunya negara-negara non asia. Ya, tentu saja ada kebanggaan tersendiri bagi masyarakat dayak dan Indonesia karena salah satu suku indonesia dapat dikenal oleh dunia dan tentunya hal itu berdampak positif bagi Indonesia terlebih mengenai tanah borneo.



Quote: Walau suku dayak lebih terkenal karena tariannya yang sering sekali tampil di pentas internasional, namun ada hal yang menarik mengenai suku dayak di mata dunia selain budaya suku dayak. Berdasarkan berbagai sumber, penulis ternyata menemukan ada 5 hal yang menakutkan mengenai suku dayak yang sedikit menggertakan gigi ketika mereka mendengar tentang suku dayak. Apa saja 5 hal tersebut ? berikut ulasannya :

Quote:#1. The Ghost Warrior



Suku dayak mempunyai The Ghost Warrior, atau dalam bahasa Indonesia dapat di artikan prajurit hantu dan seperti itu lah yang mereka ketahui tentang suku dayak. Apa benar suku dayak mempunyai prajurit hantu ? mungkin anda telah mengetahuinya siapa sebenarnya prajurit hantu ini. Ya, The Ghost Warrior is pangkalima burung atau penglima burung. Perawakan panglima burung yang masih misterius bagi masyrakat Indonesia menjadikan pangkalima burung bak prajurit hantu yang siap menyerang siapa saja yang melecehkan suku dayak untuk melindungi tanah borneo.

Quote:
#2. Humans With Full Tattoo



Nah, untuk yang kedua ini sepertinya tidak menyeramkan. Di mata dunia, tato pada suku dayak yang ada hampir menyelimuti tubuh suku dayak adalah sebuah karya seni. Sepertinya perlu di koreksi bahwa tidak semua masyarakat suku dayak mentatto seluruh tubuhnya. Tapi jika dikaitkan dengan judul tulisan ini, maka bisa saja menjadi menyeramkan jika semua suku dayak mentatto seluruh tubuhnya dan anda hidup di lungkungan dengan manusia yang semuanya penuh tatto.


Quote:#3. The Deadly Sword



Pedang mematikan ? awalnya kebinggungan tentang hal menakutkan ini, karena suku dayak tidak memiliki pedang. Ternyata yang mereka maksud pedang mematikan ini adalah Mandau / Parang. Lucu, karena pedang dan mandau adalah hal yang berbeda. tapi ane dapat menangkap maksud yang sebenarnya dari sumber tersebut. Pedang mematikan ini adalah pedang magis yang dapat membunuh siapapun tanpa rasa kasihan.


Quote:#4. Poisonous Chopsticks



Selain mandau terbang, hal menakutkan suku dayak di mata dunia adalah sumpit beracun. Entah apakah sumpit beracun masih ada atau tidak untuk saat ini, namun sumpit beracun suku dayak telah menjadi sejarah tersendiri bagi masyarakat dayak pasa masa penjajahan di masa lalu.


Quote:#5. Dangerous Magic



Untuk yang ke lima benar-benar menakutkan bagi mereka. Suku dayak memiliki kekuatan magis yang sangat berbahaya yang menjadikan suku dayak sebagai salah satu dari 5 suku paling di takuti di dunia karena sihirnya. Sedikit berlebihan sih, tapi untuk pengingat saja bahwa tidak semua suku dayak memiliki kekuatan-kekuatan magis seperti yang ditakutkan oleh seluruh dunia termasuk Indonesia. Hanya segelintir orang dari suku dayak saja yang memiliki kekuatan seperti itu.


Quote:Itulah 5 Hal Menakutkan Suku Dayak di Mata Dunia. Ada yang benar , ada yang salah kutip dan ada yang berlebihan, tapi secara umum mengambarkan sedikit mengenai suku dayak, walau sebenarnya masih banyak tentang suku dayak yang masih belum di ketahui oleh orang-orang Indonesia, telebih lagi orang luar Indonesia.
CMIIW


ada kaskuser dari suku dayak gak komen dan tambahin dong


Spoiler for -= bonus =-:













-= Sumur =-  (yoechua.blogspot.com)


Spoiler for Jangan Di buka:
Yang lempar cendol semoga rejeki nya di mudahkan


yang bantu Rate 5 semoga urusan nya di mudahkan


yang lempar bata semoga cepet dapet hidayah


yang komen semoga ilmu nya bermanfaat


amin allahumma amin



Quote:




-=Trit ane yang lain =-



Tips Dewa agar irit BBM  (www.kaskus.co.id)
5 Misteri Menakjubkan Pada Tubuh Yang Sulit Dijelaskan Dengan Ilmu Medis  (www.kaskus.co.id)
5 Trend Musiman Yang Pernah Ada di Indonesia   (www.kaskus.co.id)
Ini tips ampuh tembus KPR di bank  (www.kaskus.co.id)
20 Fakta unik tentang Ambon  (www.kaskus.co.id)
Hal yang menjengkelkan saat sedang tidur  (www.kaskus.co.id)
13 Hal yang Membuat Si Doel Anak Sekolahan Selalu Jadi Bagian Dari Keluarga Indonesia  (www.kaskus.co.id)
Ketika pejalan kaki sudah bicara, pengguna motor tak bisa bicara  (www.kaskus.co.id)
Pacaran 2005 Vs. Pacaran 2015  (www.kaskus.co.id)
Tips sukses dari 6 bocah belasan tahun berharta miliaran Rupiah  (www.kaskus.co.id)
6 Artis yang Dicalonkan Jadi Bupati, Walikota Hingga Gubernur  (www.kaskus.co.id)
Disetiap sekolahan pasti ada siswa kaya gini  (www.kaskus.co.id)
Ini Deretan Rumah Mungil Keren yang Bisa Jadi Inspirasi   (www.kaskus.co.id)
Inilah Kota-kota Kecil Paling Manakjubkan di Dunia   (www.kaskus.co.id)
5 senjata canggih yang dipakai Sniper kelas dunia  (www.kaskus.co.id)
6 Gurun pasir yang menyembunyikan sepotong keajaiban alam  (www.kaskus.co.id)
8 Kekuatan Super Pada Manusia Yang Jarang Disadari   (www.kaskus.co.id)
5 Alasan Main Hakim Sendiri Kadang Ada Bagusnya   (www.kaskus.co.id)
Tak Hanya Hollywood, Indonesia Punya 5 Artis Ikonik Superhero   (www.kaskus.co.id)
Tips untuk TUKANG BEGAL agar tidak dihakimi masa saat tertangkap  (www.kaskus.co.id)
Ngeselin! 10 Kebiasaan Pengendara Mobil Di Indonesia yang Bikin 'Naik Darah'  (www.kaskus.co.id)
5 Kuburan Kendaraan Paling Angker di Dunia  (www.kaskus.co.id)
7 Bahasa Tubuh Cowok Beserta Maknanya  (www.kaskus.co.id)
6 Fakta Luar Biasa Tentang Bahasa Indonesia di Mata Dunia   (www.kaskus.co.id)
Si Cantik Sabina Bakal Main Voli di Indonesia?  (www.kaskus.co.id)
10 Pohon Terbesar di Dunia  (www.kaskus.co.id)
10 Pilihan Judul yang Bisa Dipakai Kalau Sinetron Ganteng-Ganteng Serigala  (www.kaskus.co.id)



-= Komentar Kaskuser =-

Quote:Original Posted By mamofootwear
kalo boleh tau suku dayak daerah mana itu gan? ane orang dayak dan kami tidak se-menakutkan itu. ente kira dikalimantan masih primitif2 gitu ya?jalan salah ya TS, ayo diupgrade pengetahuannya, post kykgini yang bikin kami identik dengan kata2 pembunuh dll


Quote:Original Posted By spinjacktuna
Itu sih dulu, sekarang dayak di pedalaman aja udah pake tv satelit
Anak mudanya udah pada doyan clubbing


Yg di ibukota aja masih pake tv antena


Quote:Original Posted By andrianxhari
suku dayax itu sangat menyatu dengan alam gan, mangkanya ada yang namanya panglima burung. kata temen ane yg pernah tinggal do borneo sih panglima burung emang bener adanya, pada saat kerusuhan madura dengan dayax orang orang madura pada lari atau mengumpat di hutan. nah suku dayax berkomunikasi sama burung untuk mencegat orang madura yang lari kehutan gan.


Quote:Original Posted By gerrald10
pacar ane dari orang suku dayak gan
orang dayak itu kulitnya putih bersih trus cantik2 lagi
hhehehe


Quote:Original Posted By sasrabirawa
Kalau sumpit dayak itu bahasa Inggrisnya Poisonous Dart Gans..
Ghost Warrior itu sebenarnya julukan saja, karena Orang Dayak mahir dalam perang gerilya, apalagi perang hutan, mereka itu seperti hantu yang bisa datang dan menghilang secara tiba tiba dan tanpa suara
Tapi orang Dayak itu sebenarnya ramah Gan. Mereka juga gemar menolong. Kata adik gw yang di Kalimantan, orang Dayak itu paling cocok kalau sama orang Jawa, karena sama sama ramah. Tapi jangan bikin mereka marah.. bisa gawat (yah sama saja lah, di mana mana kalau diganggu pasti membalas)

Satu lagi : Gadis Dayak asli itu cantik cantik, kulitnya putih dan matanya sipit karena leluhur mereka berasal dari dataran Tiongkok


Quote:Original Posted By hudang
suku dayak sangat ramah, masarakat berpikir kejam ketika ada pembantaian waktu dulu dengan suku madura, sbenarnya itu dikarenakan mereka sudah terpojok dan merasa akan disingkirkan ditanah kelahirannya, tapi pada dasarnya mereka baik dan sangat ramah kepada semua manusia.


Quote:Original Posted By Askndria
pengalaman gw di kalteng th 2007 pas riset di lamandau, gw liat sndiri villager setempat lg renang bareng buaya tanpa rasa takut, damn so greget


Quote:Original Posted By agunghonda55
Nice trit gan, ane suka mencari info tentang suku di indo, seru bacanya takjub juga indonesia banyak sekali suku


Quote:Original Posted By Codamar56
Emang misterius gan suku dayak itucoz ane pernah maen ke Kalimantan zaman pas liburan sekolah ke rmh Paman ane nginap sebulanan gitudisana cewek Dayak cantik2 jg gantp ane takut coz pernah di nasehatin Paman ane jng macam2 sama cewek sana klo gak pngen bisa pulang&titit ente bisa hilang nanti


Quote:Original Posted By adjie.co.id
Ga berani macem-macem deh sama suku dayak ini.
Menurut info, keahlian menyisir dan merekam jejak di hutan rimba yang dipake kopassus sama TNI pas perang sama paskan fretilin di timor-timur ini minta diajari langsung sama suku dayak.



Quote:Original Posted By nack_krb
untuk sihirnya menurut ane sih lebih baik tetap dilestarikan, itu nilainya mahal gan
ciyus ane gan


Quote:Original Posted By androids5360
denger2 suku dayak itu aura mistiknya kerasa gan,udah menginjakan kaki disana aja harus hati2. temen ane kesana disukai gadis dayak sampe pulang aja diancem harus ngawinin klo gk tr pulang gk selamat


Quote:Original Posted By garamaparlajang
ane kbetulan saat ini berdomisili di pulau kalimantan a.k.a borneo island
nah sepengtahuan ane dlu om ane pernah cerita, untuk tato itu ada arti tersndiri gan.
jika tatonya ditangan, dikaki, di dada, dileher bahkan diwajah.
yg ane ingat tato di dada itu biasanya menandakan bahwa dia seorang tabib. sdgkan jika di lengan, kaki, leher kalau tidak salah ingat itu tandanya seorang jawara.
dan yg pasti cwe2 dayak itu cakep bin kawai deh gan. =)


Quote:Original Posted By deadman
berarti kalo perang dunia sama indonesia, dayak bisa di andelin ni, kirim pasukan The Ghost Warrior tak terlihat


Quote:Original Posted By N0trend
Serem ya Gan, kemampuan magic, pedang terbang, panglima burung, tp semua itu nyata..

Tpi cewenya, ampun dah, cakep2 bgt..

Btw, blm ada pencerahan ni dr kaskuser yg berasal dari suku Dayak... Buat tambah wawasan langsung dr sumbernya.. Hehhe


Quote:Original Posted By zhackyy
Pacar gw keturunan suku dayak, abangnya temen baik gw. Waktu abang pacar gw mau balik ke jawa, gw minta di bawain mandau. Eeh disita petugas bandara


Quote:Original Posted By eaglenusantara
bini ane org dayak gan,padahal udah lahir di jakarta
tapi herannya ane ngapain aja tau doi gan
ngeri ga tuhhhh


Quote:Original Posted By tasliemnovi
Suku Dayak juga ada yang kanibal gan.

Ane dirumah ada mandau,pegangannya dari tanduk rusa.ayo siapa berani


Quote:Original Posted By mdinowumbo
Kok chopstick sih gan?
Orang bule sana pasti bingung pas ngeliat barangnya, wong secara harfiah artinya beda jauh banget sama bentuknya


Quote:Original Posted By anonkazeo
orng mreka aj mmpu nyium bau musuh"nya mskipun dri jrak brkilo" meter,
contohnya aj trgedi sampit dlu gan, Mandaunya bsa trbang sndiri,
polisi aj cman diam trpukau


Quote:Original Posted By Ghorads10WP
kalau panglima burung itu emang ada, tapi dia turun kalau emang dipanggil, dlu awal taun 2000an wktu kerusuhan sampit, panglima kan turun.

klau yg ilmu2 gitu emang iya, tapi itu semacam 'bekal', trus klau masalah ceweknya sih emang ga ada lawan. cantik2 gan.

temen ane rata2 dayak dan mreka itu orangnya ramah kok, welcome banget.

kita harus bangga gan jadi orang indonesia


Quote:Original Posted By phelomason
tapi mereka ramah ramah gan
ane lama dulu rantau kekalimantan
punya temen turunan dayak kebetulan diajak maen kekampung dayak dan mereka ramah


Quote:Original Posted By rickikuuga
Temen ane orang dayak, dia punya foto nenek moyang nya yg lagi bawa tombak dan pelindungnya, behhh keren abis


Quote:Original Posted By dhikarizki46
Suku dayak menyeramkan? Menurut ane nggak ah, ane aja tinggal di kalsel (wilayah suku banjar) yang tetanggaan sama kalteng dan kaltim (wilayah suku dayak). Nah suku dayak ini sebenarnya baik2 aja kok asal kita tetap santun, kalo ngerusuh di tanahnya ya siap2 aja muncul lagi tragedi "kerusuhan sampit"

Oh iya pas tragedi sampit itu dikabarkan paling banyak penampakan panglima burung yang konon katanya bisa ngendaliin mandau/parang terbang buat bantai suku m*dur* tapi kata nenek ane dan Alm. Datuk ane yang dulu tinggal di kalteng panglima burung masih bisa dikalahin pas kerusuhan dulu


Quote:Original Posted By Rifkillers
Ane anak keturunan dayak asli dari pedalaman gan, kemaren ane untuk pertama kalinya masuk ke pedalaman buat ketemu nenek yang udah lama gak ketemu sedari kecil...
Ane disana di ceritain betapa horrornya keturunan suku dayak punya ane gan, ternyata bapaknya kakek ane itu kepala suku dayak dan seorang head hunter warrior (true story) di situ ane di liatin mandau keramat peninggalan kakek ane...
Orangnya ramah-ramah kok gak seperti yang ente pikirkan kalo masuk kampung dayak, selama ente tujuannya silaturahmi mereka gak galak kok
Wisata di kampung dayak ane rekomendasi kan untuk referensi liburan seru, ijin taruh pejwan gan l....


Quote:Original Posted By tukangambilpaku
Tapi orang Dayak baik-baik gan.. ane pernah kerja di pedalaman kalimantan, berbaur sama orang Dayak... mereka asik-asik gan, lucu-lucu, ceweknya juga cakep


Quote:Original Posted By wahyugatsu
ane bangga tinggal di kalimantan walaupun bukan org dayak hehe
pandangan orang bhw orang dayak itu serem emang bner gan, di daerah kalimantan juga suku dayak tuh di segani oleh masyarakat sekitar


Quote:Original Posted By arh.0746
Ane Orang dayak. Gadis dayak Cantik Cantik gan.
Salahsatu yang menakutkan mandau terbang gan...
Kuyang bnyak gan di kmpung ane pedalaman kalteng....
Agama Ada agama kaharingan gan.. Acara Tiwah biasa gan...


Quote:Original Posted By xhidex
no sara ya gan ini just info dari tmen ane
suku dayak bisa mencium suku bugis dari jarak 1km kurang lebih
cuma itu yg ane tau


Quote:Original Posted By dung.3h
Pernah denger cerita dari temen ane seorang dayak soal panglima burung. Kayaknya bukan manusia gan


Quote:Original Posted By skull.frog
Dayak klo udh d usik macem harimau gan...tpi klo kita baik sma mreka,mreka juga baeeeee bgt...
liat aj yg perang d sampit madura ama dayak...mreka ngirim pasukan gk kliatan yg bawa" kepala...jdi kepala musuh mreka penggal trus d bwa tpi yg bwa gk kliatan macem pala trbang jdiny...


Quote:Original Posted By NasiGorengJawa
temen ane pernah jadi korban. kan. karena doi nyakitin hati cucuk cewek salah ssatu kepala suku yang yang kuliah di malang. beh serem gem. tititnya bisa lepas


Quote:Original Posted By dhifreeze
Tapi aslinya orgnya baik - baik gan pokoknya kalo kita baik sama beliau2 itu bakal diblas lebih baik lagi gan ...

Sama kalo yg penasaran sama panglima itu gan, kalo didaerah kalimantan suatu saat bisa muncul ko gan terutama kalo yg bisa panggilnya..

Sama 1 lagi gan , suku dayak jg erat hubungan dengan suku banjar mereka bersahabat dari dlu sampe skrg budaya jg ada yg mirip beberapa



Quote:Original Posted By CoZiA
Ane orang Dayak gan..
Yang ane sesalkan dunia selalu melihat dari sisi seakan2 dunia Dayak itu gelap tanpa pencerahan..
Kami bukan bangsa superior gan, kami bergaul dengan siapa saja..
Kami siap membantu dan kami pun butuh bantuan
Kami juga melek pendidikan dan teknologi..

Ane gak sakti gan, gak bertato, gak bertelinga panjang tapi ane Dayak gan..

Daerah kami tidak cuman hutan, kota pun banyak..
Kami juga ras Mongoloid sama seperti umumnya Indonesia Barat dan Tengah..
Keturunan Proto Malayans (melayu tua) gelombang pertama yang masuk nusantara, kakak dari Deutro Malayans (melayu muda)..
Dan kami tidak banyak protes, tapi kerja..kerja..kerja..berjuang demi kemajuan kami bahkan dengan minim bantuan negara

Jangan sampai jadi korban pembodohan terstruktur ya agan dan sista di sini, karena itu bagian dari rencana iluminating, rheumason, wahyudi, dan skull bone, biar kami tampak bego terus, dan alam negara kita mudah dirusak dengan perkebunan dan tambang mereka
Canda doang gan, dikit2 konspirasi, gila aja

Ane ngaskus dari 2004 lho gan, dan ane seller terpercaya di FJB tapi pake id lain
Dan ane ganteng gan
Page one deh


Quote:Original Posted By crunchy.cookies
gini nih gan
ane juga kebetulan berada diantara suku dayak (ane jawa) lebih tepatnya dayak ngaju

dayak is not like in your mind. nyatanya ane masih bisa komen nih. they are gracious for real meskipun itu dayak yang masih kaharingan. and if you believe, now im in Kotawaringin timur (sampit).

mandau,biasanya Mandau itu pegangannya dari tanduk rusa dan kalo udah pernah di pake bunuh pasti pecah ato retak itu tanduk rusa

masalah magis yang ane tau ya, mereka tabur beras ke sesaji (ayam,uang,burung dll) yang diletakkan dipohon yang mirip kek pohon beringin biar otak si target isi beras a.k.a nggak bisa mikir.

tapi selama kita nggak menyalahin nggak bakalan terjadi apa apa kok sama kita

apapun sukunya tetep Bhineka Tunggal Ika


Quote:Original Posted By sayuha
Paling serem waktu perang lawan suku madura, pada mundur semua orang madura. Selain suku dayak yang menakutkan juga suku yg dibanyuwangi gan. Jangan macam" sama orang tersebut. Ngeri


Quote:Original Posted By crydevil
Punya kakek ane dulu ada mandau keramat, kalau ada yang meninggal tu mandau bakalan berontak dari sarungnya semalaman.
Bapak ane aja takut dekat-dekat tu mandau.
Soalnya paman ane dulu waktu meninggal tu mandau langsung melompat dari sarungnya, habis keluar rumah semua orang waktu itu. Untung bisa di tenangin kakek ane.

Ilmu pelet di sini banyak, tapi jarang dipake soalnya efeknya ga baik buat hubungan dengan pasangan. Kalau ente nolak pasangan yang ente pelet, entar tu cewek bisa gila.
Serem....
Ceweknya cakep-cakep emang, putih dan sipit kaya tionghoa.
Untuk ngedapetinnya ga perlu tampan dan kaya, yang penting ente tulus dan memang ga ada niat mempermainkan mereka.
Soalnya yang serem bukan ceweknya, tapi ortunya...


Quote:Original Posted By shellshark
ane jg pernah dnger crita dr om ane yg dulu tinggal disana. Dulu dia lg tidur di kamar, temen sekamarnya orang dayak. Padahal pintu dikunci sama dia. Bangun2, temennya udh ada di dalem aja padahal pintu dikunci dan kuncinya masih di saku om ane. ada juga soal kuyang disana, manusia yg kepalanya bs copot dr badan. pas senja gt om ane smpet liat kepala terbang nyebrangin sungai. Tapi dr smua hal magis yg masih kuat disana emang bener org dayak ramah2.


Quote:Original Posted By anangmansjur
emang sampai saat ini ilmu" putih maupun hitam masih turun temurun gan, jgn macem" sama cewek dayak gan kita bisa nikah sama dia, tapi untuk coba" selingkuh bisa" kelamin hilang gan


Quote:Original Posted By crydevil


Setiap suku pasti ada ilmu mistisnya gan, ga cuma orang dayak saja.
Untuk panglima burung ga bisa sembarangan panggil gan, harus ada ritual adat yang dinamakan mangkok merah dan dilakukan apabila suku dayak mengalami masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan cara damai.

Untuk penebangan pohon itu sebenarnya bukan orang luar, tapi kebanyakan orang dayaklah yang menebangnya. Mereka bekerja pada perusahaan ilegal, dan mereka tidak tahu apabila yang dilakukannya salah. Soalnya gajinya besar gan, jadi yang dibicarakan cuma uangnya tapi lupa dampaknya bagi lingkungan.
Teman2 kampung ane soalnya...

Ga ada yang sempurna, walaupun suku dayak itu sangat ramah dan baik pada suku lain, tapi suku dayak juga menderita karena semakin sulitnya bersaing dengan pendatang dan mereka makin terpojok.



Quote:Original Posted By jawawtumbuk
weh, baru tau gan kalau suku dayak di takuti di dunia juga, jd bangga juga sebagai keturunan dayak. nggak cuma ceweknya aja yg cakep gan cowoknya pun ganteng2, termasuk ane kata ema ane, hehehe,


Quote:Original Posted By wandiy2j
Ah ane keturunan dayak , dayak tunjung tepat.nya ,, magic pun ane gak bisa , tapi kalau kakek ane mayan jago magic . Biasax sh buat jaga kebon doang


Quote:Original Posted By hudaniya12
Ane pernah dnger gan .. Di suku dayak itu ada senjata yg namanya parang maya .. Itu parang nya udh di isi kekuatan ghaib ... Dy bsa terbang sndiri nyari musuh dan blesss... Penggal dah tuh kpala tanpa ada yg megang tuh parang


Quote:Original Posted By oelums
kebetulan ane tinggal di kalimantan walaupun bukan keturunan dayak,inilah kebudayaan kita,Maaf sebelumnya ane bukan bermaksud meremehkan atau merendahkan ini berdasarkan pengalam saya,menakutkan atau nggaknya sih tergantung bagaimana kita menghargai kebudayaan lokal itu sendiri,mereka takut karena mereka belum mengenal budaya itu sendiri atau turun langsung ke tempatnya,ayo para agan-agan liburan kekalimantan


Quote:Original Posted By jerrybob
ane share ya dikit ya..

gue dayak gan dan kristiani (no sara)..

nyokap dayak maanyan, dan bokap manado (kimpoi silang yang aneh!)
gue sudah gak tau lagi adat istiadat, budaya, atau ciri khas apapun ttg dayak, karena emang sejak kecil budaya manado yang kental di rumah gue..
tapi ada satu momen yang gak bakal gue lupa seumur hidup gan,
satu momen yang bikin gue sedikit terperangah dan agak heran serta takjub dengan darah dayak yang mengalir di tubuh gue (ceilee..)
jadi ceritanya gini,
suatu saat bokap nyokap pernah selisih sama tetangga sekitar tentang pembangunan rumah ibadah di lingkungan gue, gue tinggal di salah satu daerah di kalimantan selatan.. jadi ada beberapa orang yang menghasut tetangga di sekitar tempat gue untuk melarang pembangunan rumah ibadah yang diprakarsai bokap gue, disitu bener2 udah hampir kaya diusir dari lingkungan dan kita gak berdaya.. nah bagian ini yang menarik, suatu ketika ada dua orang ngetuk rumah gue, mereka ngaku dari aliansi warga dayak yang entah gimana tau masalah yang terjadi, terus salah satu ngomong gini gan, "pesan tuan (panglima burung), apa orang2 disini mau diselesaikan saja?" nyokap jelas2 kaget dan nolak secara halus gan, nyokap bilang kalo masalah ini bisa diselesein dengan komunikasi.. akhirnya kemudian masalah tersebut bisa diselesaikan baik2 seperti yang nyokap bilang.. yang gak habis pikir beberapa saat setelah itu, otak yang ngomporin masalah itu meninggal tb2 gan.. ane sampe sekarang gak tau dan gak mau tau ada hubungannya sama p. burung apa gak..

sorry kalo nostalgia ane kepanjangan gan, pejwan ya!


Quote:Original Posted By edioo
kalo tato biasa nya khusus yang keturunan darah biru aja gan yang full CMIIW, ane inget nenek ane dulu tato nya ampe ke leher sedangkan kakek ane sama sekali gak ada tato tuh.

tambahin tentang minyak bintang dari agan yang diatas, ane belum pernah nyoba sih tapi denger dari cerita om ane supir nya dia abis kecelakan parah ampe patah tulang gitu, pas diolesin tu minyak di bagian yang patah emang gk terasa apa2 tapi pas tidur tengah malam tulang yang patah itu gerak sendiri, ampe bunyi 'kreek kreek kreeek' yaa kaya suara tulang saling bergesekan lah haha n berapa hari aja udah sembuh hahaha
percaya gk percaya sih ane belum pernah liat langsung, katanya juga harga nya mahal banget yang asli.


Quote:Original Posted By doremonjaya
1. untuk beberapa masyarakat suku dayak, tattoo itu bukan sekedar tattoo biasa untuk hiasan tubuh, setiap tatto mengandung ilmu.
ya memang ane kagak ngerti yg mana yg "berisi dan mana yang tidak"
2. bukan segelintir orang saja yang berilmu, tp banyak gan yg berilmu, terutama di daerah pedalaman.(secara gwa pendatang jadi yg dulunya kaga percaya, skrg liat depan mata sendiri jadi ngeri wkakwkawk)
3. o ya tips buat agan2 sekalian, jangan sekali2 menyinggung orang dayak sebab banyak dari mereka klo uda sakit ati, hemmm jangan ditanya dah, maen ilmu, mau seberapa jauhnya agan lari tetap kena.

sekian.



Quote:Original Posted By palaneads
tau dah ada yang nambahin belum,,,,,,ritual ngayau,atau tindakan ngayau mungkin tepat nya,,ane juga kurang tau haru nyebut apa,,,yaitu tradisi yang sering dilakukan kala perang dulu di kalangan salah satu suku dayak,,,mangkuk merah,,,

dan satu lagi,,,suku dayak pemburu kepala,atau menyimpan kepala manusia,dimana tradisi ini dulu benar2 ada,dan sampai sekarang pun peninggalan nya masih ada,dimana,,kepala dari musuh-musuh orang dayak yang kalah,akan disimpan di rumah kebesaran orang dayak,kalau tidak salah,nama nya rumah betang,,,,,
tapi ane pribadi,kagum dan ngefans sama budaya orang dayak


Quote:Original Posted By jonesunited
ane asli dayak gan, ada satu hal yg perlu diketahui gan.. ga semua hal tentang suku dayak itu seram n menakutkan, justru orng dayak itu pnya sifat n karakter asli pendiam n ga suka cari masalah dgn orng lain tp jgn coba2 berani mengganggu karna balasannya bs lebih kejam, contoh : Dayak vs Madura di Kalteng.
selebihnya biar agan2 sndri yg nilai itu fakta atau mitos
waw dayak ya gan?
mejeng dlu deh, entar bacanya

==================
waw bener dugaan saia ini trit bakal jadi ht,
selamet eya ts
mayan mejeng di trit ht #3 cyatt cyatttt
Denger-denger atanya bisa kirim pasukan tak terlihat
ilmu beladirinya itu dipake oleh satuan elit TNI











Dollar Dekati 15Ribu akhir bulan ini - Cuma ngisi survei dapet dollar
Sehari bisa dapet $3 - Daftar GRATIS
  (goo.gl)
Cewek Dayak cakep2 gan.
tapi dari sisi lain terkenal kalau perempuan dayak cakep cakep
Yang ditatoo full rada serem menurut ane
Ya kan sangar kliatannya apalagi magis suku dayak sering denger peletnya ampuh.
Sorry dopost mod jaringan error
ane mash penasaran sama panglima burung gan
yg paling di takuti ilmu sihirnya yak?
ane baru tau suku dayak termasuk yg di takuti jg di dunia
tentang ghost warrior ane baru tau loh gan
bonusnya caem juga yegan
Quote:Original Posted By al.royhanz
yg paling di takuti ilmu sihirnya yak?
ane baru tau suku dayak termasuk yg di takuti jg di dunia


iya sama ane juga baruu tau
Nice share gan.. bangga ane jadi org keturunan dayak
bnr semuanya gan


magic nya sakti
ngeliat fotonya aja ane udh takut gan
MANDAU... . tapi ane pengen punya gan... cuma belum kesampaian aja..
Panglima burung bikin penasaran..
ane percaya gan suku dayak memang mematikan, ane bangga jadi warga indonesia
itu nomor 5 bukannya orang thailand ya gan gambarnya??
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar