Pages


Jumat, 24 April 2015

10 Tahanan yang Menjadi Pemimpin Dunia



Spoiler for HOT THREAD:


Prolog
Saat menjadi Perdana Menteri pada tahun 1940, Winston Churchill pernah mengatakan: "Semua kehidupan masa lalu saya telah saya jalani itu adalah persiapan untuk saat ini." Salah satu bagian dari persiapan yang mendadak untuk "tidak pernah menyerah" adalah waktu yang ia habiskan sebagai tawanan perang di tahun 1899, dimana ia berkata: "Saya membenci setiap menit penahanan saya lebih dari yang pernah saya alami dalam seluruh hidup saya."



Quote:1. Andrew Jackson (1767-1845) – Presiden Amerika Serikat periode 1829-1837



Pada usia 13 tahun ia masuk tentara milisi Amerika dan turut berjuang dalam Revolusi Amerika dalam melawan Inggris, yang kemudian berkobar menjadi Perang Kemerdekaan Amerika. Ia pernah ditangkap dan ditawan pihak musuh. Pada masa penawanannya ia pernah menolak untuk menggosok sepatu seorang perwira Inggris, perwira tersebut memukulnya dengan sebilah pedang, bekas yang ditimbulkan pedang itu tidak hilang seumur hidupnya. Berkat permohonan ibunya, ia dibebaskan dari tawanan, tetapi beberapa bulan kemudian ibunya meninggal dunia akibat demam yang dideritanya ketika ia bekerja sebagai juru rawat sukarela bagi orang - orang Amerika yang ditawan oleh tentara Inggris. Andrew Jackson pun menjadi yatim piatu pada usia 14 tahun. Hal ini menimbulkan rasa tidak suka pada orang-orang Inggris, perasaan yang berpengaruh selama hidupnya.



Quote:2. Winston Churchill (1874-1965) – PM Britania Raya 1940-1945, 1951-1955



Tanggal 12 Oktober 1899, Perang Boer kedua dimulai di Afrika Selatan, yang melibatkan Britania dan Afrikaners. Churchill menjadi koresponden perang untuk Morning Post selama empat bulan dan mendapatkan upah 250 poundsterling per bulan. Setelah tiba di Afrika Selatan, ia ikut menumpang di kereta api yang digunakan oleh tentara Inggris dibawah pimpinan Aylmer Haldane. Kereta ini kemudian tergelincir keluar jalan rel karena serangan dari pasukan Boer yang menggunakan bahan peledak. Churchill, meskipun sudah menjadi rakyat sipil, memimpin pasukan untuk membersihkan jalan rel dari sisa-sisa ledakan sehingga lokomotif dan beberapa gerbong kereta api yang membawa korban luka dapat dievakuasi. Meskipun kereta api itu akhirnya dapat meloloskan diri, Churchill dan beberapa perwira dan prajurit lain tertangkap dan menjadi tahanan perang di Pretoria.



Quote:3. Benito Mussolini (1883-1945) – Perdana Menteri dan Diktator Italia 1922-43



Mussolini lahir di Italia utara, tetapi ketika ia berusia 18 tahun, ia pindah ke Swiss untuk menghindari wajib militer. Ia menjadi aktif dalam gerakan sosialis Italia di Swiss, menyelenggarakan pertemuan dan memberikan pidato kepada para pekerja. Pada tahun 1903, ia ditangkap oleh polisi Swiss karena advokasi tentang pemogokan umum, kekerasan dan menghabiskan dua minggu di penjara. Dia dideportasi ke Italia, dibebaskan di sana, dan segera kembali ke Swiss. Pada bulan Desember 1904, ia kembali ke Italia untuk mengambil kesempatan dari amnesti karena desersi, yang ia telah dihukum in absentia, dimana ia dihukum untuk melayani 2 tahun menjadi tentara.



Quote:4. Joseph Stalin (1878-1953) – Pemimpin Uni Soviet 1924-1953



Setelah dibesarkan dengan keras di Georgia, Stalin, dengan awal tahun 20-an, bekerja untuk revolusioner Bolshevik. Pekerjaanya ialah mengumpulkan uang untuk kaum Bolshevik - melalui pemerasan dan perampokan Bank - yang telah menyebabkan banyak keresahan dengan polisi rahasia Kekaisaran Rusia (the Okhrana). Pada 1907 ia melarikan diri ke Baku, ibukota Azerbaijan, dimana pusat kegiatan revolusioner di sana. Ia mengorganisir pemogokan, memerintahkan pembunuhan banyak pendukung radikal Tsar, melakukan pemerasan dan penculikan tebusan terhadap taipan minyak dari Baku, dan melakukan pemalsuan operasi dan perampokan. Ketika Okhrana akhirnya melacak dan menangkap Stalin pada bulan April 1908, ia menghabiskan waktu tujuh bulan di penjara, kemudian dijatuhi hukuman dua tahun pengasingan di barat laut Rusia dekat dengan lingkaran Arktik. Setelah tujuh bulan di pengasingan, ia menyamar sebagai seorang wanita dan melarikan diri dengan kereta yang menuju St Petersburg.



Quote:5. Josip Tito (1892-1980) – Presiden Yugoslavia 1953-1980



Tito, lahir dengan nama Josip Broz, menjalani wajib militer Angkatan Darat kekaisaran Austria-Hongaria pada tahun 1913. Pada bulan Januari 1915, ia dikirim ke Front Timur melawan Rusia, yang menjadikan dirinya sebagai Sersan Mayor yang paling muda dipasukan Austria-Hungaria. Pada bulan Maret 1915 ia mengalami luka parah dan ditangkap oleh Rusia. Setelah 13 bulan di rumah sakit, Broz dikirim ke kamp kerja di Pegunungan Ural. Pada Februari 1917, para "pekerja pemberontak" masuk ke penjara dan membebaskan para tahanan. Broz kemudian bergabung dengan kelompok Bolshevik dan kemudian masuk ke Partai Komunis di Yugoslavia. Pada tahun 1928 aktivitas komunis ilegalnya membuatnya menghabiskan 5 tahun dipenjara Lepoglava. Setelah dibebaskan, ia tinggal di bawah penyamaran nama samaran 'Tito'.



Quote:6. Adolf Hitler (1889-1945) – Kanselir Jerman 1933-1945



Pada November 1923 Hitler meminta bantuan Jenderal Perang Dunia 1 Erich Ludendorff untuk mengkudeta Bavaria yang dikenal sebagai "Beer Hall Putsch", yang akan dilanjutkan dengan tantangan untuk pemerintah di Berlin. Revolusi akhirnya gagal dan Hitler ditangkap dan diadili karena pengkhianatan tingkat tinggi. Pada bulan April 1924 ia dijatuhi hukuman lima tahun penjara di Penjara Landsberg. Di sana, ia menerima perlakuan yang ramah dari para penjaga, dan ia diizinkan berkontak dengan pendukung dan kunjungan rutin oleh rekan-partai. Mahkamah Agung Bavaria mengeluarkan pengampunan, dan dia dibebaskan dari penjara pada bulan Desember tahun 1924. Termasuk waktu di tempat penahanan, Hitler hanya satu tahun lebih dipenjara Landsberg, selama waktu itu dia menulis bukunya Mein Kampf.



Quote:7. Éamon de Valera (1882-1975) – Perdana Menteri dan Presiden Irlandia 1922-1973



Setelah partisipasinya dalam Kenaikan Paskah di Dublin pada bulan April 1916, de Valera dibawa ke pengadilan militer, dan dijatuhi hukuman mati, namun hukuman itu segera diubah menjadi hukuman kerja paksa seumur hidup. Setelah ditahan di Dartmoor, Maidstone dan Lewes (Inggris), de Valera dan rekan-rekannya mendapat amnesti pada bulan Juni 1917. Pada tanggal 10 Juli 1917 ia terpilih anggota House of Commons untuk East Clare, menandai awal karir politik yang membentang lebih dari setengah abad, 1917-1973.



Quote:8. Charles de Gaulle (1890-1970) – Presiden Prancis 1959-1969



Pada tahun 1916, diusia 26 tahun Charles de Gaulle adalah seorang komandan peleton di Pertempuran Verdun. Terluka parah saat memimpin serangan dari posisi dikepung oleh musuh (Jerman), ia ditangkap oleh pasukan Jerman. Ketika ia kembali, de Gaulle membuat total lima upaya melarikan diri yang gagal, dan pada setiap kegagalan itu, ia dipindahkan ke penjara yang keamanannya lebih tinggi dan dihukum dengan jangka waktu yang panjang di sel isolasi. Dia tetap seorang tahanan selama sisa perang sampai Gencatan Senjata tahun 1918.



Quote:9. Konrad Adenauer (1876-1967) – Kanselir Jerman 1949-1963



Konrad Adenauer, saat menjadi Walikota di Cologne, ia adalah musuh politik Nazi, saat mereka naik ke puncak kekuasaan (Nazu), Hitler menghapus namanya dari kantor pada tahun 1933. Adenauer berhasil hidup dalam pengasingan Nazi selama tahun-tahun, sampai upaya pembunuhan yang gagal pada Hitler pada Juli 1944 . Sebagai lawan politik Hitler, Adenauer yang pada saat itu berumur 68 tahun dipenjara di kamp kerja paksa di dekat Bonn. Ketika ia jatuh sakit dan diselamatkan oleh Eugen Zander, mantan pekerja kota di Cologne dan anggota komunis, dengan menyelamatkan nyawanya. Zander, kemudian Capo, menemukan nama Adenauer pada daftar deportasi ke Timur dan berhasil menemukannya dia dirawat di rumah sakit. Adenauer kembali ditahan setelah perawatannya di rumah sakit, tetapi dengan tidak adanya bukti terhadap dirinya, ia dibebaskan dari penjara Brauweiler di November 1944.



Quote:10. Nelson Mandela (1918 – 2013) – Presiden Afrika Selatan 1994-1999



Nelson Mandela adalah seorang pengacara berpendidikan, ketika ia menjadi terlibat dalam politik anti-kolonial di tahun 1940-an, ia menjadi terkenal di Kongres Nasional Afrika. Dia diam-diam bergabung dengan Partai Komunis Afrika Selatan dan pada tahun 1961 mendirikan militan Umkhonto we Sizwe, memimpin kampanye sabotase terhadap pemerintah apartheid. Pada tahun 1962, ia ditangkap, dan dihukum karena konspirasi untuk menggulingkan negara, dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Mandela menjalani 27 tahun dipenjara, sebagian besar yang dihabiskan di Pulau Robben. Sebuah kampanye internasional melobi untuk pembebasannya dan ia akhirnya dibebaskan pada tahun 1990, selama waktu meningkatnya perselisihan sipil di Afrika Selatan.



Pesan-pesan
Gimana gan udah selesai bacanya, ternyata dengan latar belakang mereka yang kelam nggak menghalangi mereka untuk merubah bangsa dan negaranya. Mereka rela berkorban demi kemajuan negaranya. Intinya jangan menyerah gan, disitu ada kemauan, pasti Tuhan akan kasih kita jalan.



SPESIAL
Quote:Soekarno (1901-1970) Presiden Republik Indonesia 1945-1967

Soekarno, the Indonesian first president

Pada tahun 1926, Soekarno mendirikan Algemene Studie Club di Bandung yang merupakan hasil inspirasi dari Indonesische Studie Club oleh Dr. Soetomo. Organisasi ini menjadi cikal bakal Partai Nasional Indonesia yang didirikan pada tahun 1927. Aktivitas Soekarno di PNI menyebabkannya ditangkap Belanda pada tanggal 29 Desember1929 di Yogyakarta dan esoknya dipindahkan ke Bandung, untuk dijebloskan ke Penjara Banceuy. Pada tahun 1930 ia dipindahkan ke Sukamiskin dan pada tahun itu ia memunculkan pledoinya yang fenomenal Indonesia Menggugat (pledoi), hingga dibebaskan kembali pada tanggal 31 Desember 1931.

Pada bulan Juli 1932, Soekarno bergabung dengan Partai Indonesia (Partindo), yang merupakan pecahan dari PNI. Soekarno kembali ditangkap pada bulan Agustus 1933, dan diasingkan ke Flores. Di sini, Soekarno hampir dilupakan oleh tokoh-tokoh nasional. Namun semangatnya tetap membara seperti tersirat dalam setiap suratnya kepada seorang Guru Persatuan Islam bernama Ahmad Hasan.

Pada tahun 1938 hingga tahun 1942 Soekarno diasingkan ke Provinsi Bengkulu.

Soekarno baru kembali bebas pada masa penjajahan Jepang pada tahun 1942.



Spoiler for PESAN DARI TS:






Spoiler for Best Komen:
Quote:Original Posted By yulinwidy
nambahin gan=

Willy Brandt (1913-1992) – Chancellor of Germany
François Mitterrand (1916-1996) – President of France
Menachem Begin (1913-1992) – Prime Minister of Israel


Quote:Original Posted By valex88
Ane respect :

No 1 Alm Ir.Sukarno bapak proklamator kita.

No.2 Nellson Mandela berani melawan Apertheid.


Quote:Original Posted By adnan91
Gileee, orang2 kaya mereka bisa jadi pemimpin dan pelaku sejarah yaa?
wajar sih, mentalnya juga udah terbentuk dari perjalanan hidupnya


Quote:Original Posted By markoji
Kalo di indon jadi pemimpin dulu baru jadi tahanan.


Quote:Original Posted By ichiworld
sang kanselir jerman mirip banget dengan artis siapa gitu ane lupa gan sangar


Quote:Original Posted By racuntikuz
Tambahin gan,ada hugo chavez di Venezuela..sblmny dipenjara karena aktivis revolusi..


Quote:Original Posted By SpongeGar
wow pemimpin dunia zaman PD2 semua tuh


Quote:Original Posted By bangunnegoro
xanana dr timor leste kagak domasukin bray??


Quote:Original Posted By ala.din
ooh charles de gaule pemimpin negara baru tau ane gan
taunya cuma nama bandara di perancis


nicee threaad gan


Quote:Original Posted By fadlyrever
from zero to hero ini namanya gan


Quote:Original Posted By danupp
Pemimpin dulu di penjara dulu baru jd pemimpin , skrg jd pemimpin dulu baru di penjara


Quote:Original Posted By WidySuhaidy
Soekarno mah pahlawan. dia tahanan penjajah karena takut kehebatannya.


Quote:Original Posted By hideto7
banyak juga ya n mereka semua bisa jadi pemimpin Negara karena mereka memang punya pengaruh kuat di masa nya

salut ane Presiden Soekarno jadi salah 1 dari 10 Pemimpin Dunia di trit ini


Quote:Original Posted By riezal.ivor
ditahan karena memperjuangkan lingkungan/rakyatnya .. apalagi bung karno..keluar masuk penjara demi sebuah kemerdekaan...


Quote:Original Posted By kurosakishusuke
Wuih hitler enak gan. Di penjara mendapat hak2 eksklusif dan kunjungan dr luar.


Quote:Original Posted By yogasectio
Kriminal aja bisa mimpin negara.. gmana kita yang ngaskus ini?


Quote:Original Posted By agamsf
dulu tahanan, kemudian jadi pemimpin negara yang dikenal di dunia



Quote:Original Posted By 150sprint
mereka orang" hebat gan, ane suka ama bung karno, mandela, ama churcil gan


Quote:Original Posted By rini14
akhir masa hidupnya sukarno jadi tahanan politik soeharto
Setelah di kudeta
Kejam soeharto 3 juta orang dianggap komunis di bunuh
Iwanfals di penjara
Semboyangnya Enak to jamanku?..
Parah ini orang
Awas klu ketemu..

gila, mantan kriminal juga mereka yaa..
winston churcil pernah di penjara juga toh
Bapak Soekarno gan...pemimpin hebat.
mereka ditahan bukan berarti mereka berbuat kriminal..
Quote:Original Posted By juragan04
Bapak Soekarno gan...pemimpin hebat.



iya gan, sebelum beliau berada di puncak. beliau ngerasain susah dulu
Quote:Original Posted By erwin6661
mereka ditahan bukan karna hanya berbuat kriminal..


iya gan, mereka di tahan karena alasab tertentu demi kebaikan negara
Info bagus om, nambah wawasan buat semua.
rata-rata pemimpin besar semua yaa gan
Quote:Original Posted By L3VI
Info bagus om, nambah wawasan buat semua.


sama2 om

Quote:Original Posted By Fachrulzzz
rata-rata pemimpin besar semua yaa gan


iya gan, Habis gelap terbitlah Terang dibalik kesusahan dan ujian yang kita hadapi, akan ada keberhasilan dan kesuksesan yang besar
agan bisa aje bikin judulnye, harusnya pemimpin dunia yang pernah ditahan.....


ane taunya
benito dan legend Nelson Mandela.



freak bgt...





mereka semua berkorban demi negaranya
Quote:Original Posted By cintabuatku


ane taunya
benito dan legend Nelson Mandela.



freak bgt...







iya gan, apalagi Nelson Mandela yang dipenjara 27 tahun dan baru kemarin beliau almarhum
keren gan, nambah wawasan nih ane
mereka-mereka ditahan bukan karena mereka melakukan tindak pidana korupsi pastinya
nelson mandela yg paling lama mendekam dipenjara
Quote:Original Posted By seringgit
nelson mandela yg paling lama mendekam dipenjara


27 tahun di penjara, demi perjuangannya anti-apartheid
kebanyakan ditahan kan bukan karena salah tp banyak unsur2 politis nya,,, -_-
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar