Pages


Kamis, 30 April 2015

Rumitnya bahasa sandi dari Mesin Enigma






Quote:




Quote:THANK YOU KASKUS


Spoiler for war:

Quote:

Quote:Kala itu dunia sedang dilanda perang, dan tentara NAZI beserta armada U-Boat nya bagaikan serigala di laut, menguasai lautan dengan salah satu kekuatan terbesar yg pernah dimiliki manusia, sebuah kode rahasia yg bisa memenangkan perang. Berlin 1941, 2 tahun semenjak perang dunia II meletus, Jerman bersiap mengirimkan perintah pada semua U-Boat untuk menenggelamkan kapal-kapal perang milik inggris, intelejen inggris berhasil menghadang transmisi radio yg berisikan pesan sandi yg dikirim untuk pasukan Kriegsmarine (Angkatan Laut Jerman) mereka, namun jerman menggunakan mesin canggih yg mengubah pesan yg mereka kirim menjadi sebuah kode yg hampir tak bisa dipecahkan. Mesin ini dikenal dengan nama “ENIGMA”.

Quote:


Spoiler for code machine:

Spoiler for code:

Quote:

Dengan menggunakan beberapa rotor dan beberapa steker (plug), masing2 huruf bisa diubah menjadi bermacam-macam huruf yg acak. Enigma menggunakan algoritma acak, untuk mengubah kata2 seperti misalnya : “TAG” (dalam bahasa jerman yg berarti : “Hari”), menjadi bermacam2 rangkaian kata yg nampak tak bermakna sama sekali misalnya menjadi : ATG, RTS, IEP, FCT, KSW... Dengan menggunakan mesin Enigma, sekutu sama sekali tak memiliki kesempatan untuk memecahkan kode2 tak beraturan itu, kecuali mereka memiliki buku panduan kode sandi nya (code key) .

Spoiler for code key:

Code Key Enigma milik Jerman semasa Perang Dunia II



Sementara itu, Enigma memiliki kemungkinan variasi kode sebanyak 159 Quintilion ( diikuti 18 angka nol dibelakangnya ). Sampai pada akhirnya, sekutu berhasil melancarkan operasi militernya untuk merebut Enigma beserta buku “Code key” nya dari tangan jerman dan berhasil memecahkan sandi2 yg mereka kirim. Bisa dilihat di film U-571 gan .

Spoiler for U-571:


Spoiler for enigma:
Quote:Enigma pertama kali diciptakan oleh seorang insinyur jerman “Arthur Scherbius”, mesin ini adalah mesin sandi untuk mengirim pesan rahasia untuk kepentingan negara, dan pada pemerintahan Adolf Hitler, enigma digunakan sebagai alat perang dalam mengirim pesan antara Wermacht(AD) dan Kriegsmarine (AL) jerman. Nama enigma diambil dari bahasa latin “Aenigma” yg berarti “teka-teki”.

Spoiler for Arthur Scherbius:


Mesin ini memiliki keyboard yg terdiri dari 26 huruf alfabet, panel lampu dengan 26 huruf juga, 3 set rotator, sebuah plugboard dan reflektor (pada berbagai macam varian mesin ini bisa memiliki spesifikasi yg berbeda pada masing2 bagiannya). Pada dasarnya,enigma memiliki mekanisme kerja dimana ketika kita mengetikkan kata pada keyboardnya, maka kata atau kalimat kita tadi akan digantikan dan dienkripsi oleh bagian yg disebut Rotator pada enigma.

Quote:

Proses enkripsi yg dilakukan enigma adalah proses substitusi, dimana sebuah huruf akan digantikan dengan sebuah huruf juga, dan pergantian ini dilakukan selama beberapa kali. Meskipun hanya dengan sebuah substitusi, sebuah pesan yg dikirim dari enigma pasti akan sulit sekali di dekripsi kecuali menggunakan alat yg sama, dengan pengaturan posisi yg sama, jenis substitusi yg sama dan “code key” yg sama pula. Dan semua proses enkripsi dengan substitusi ini dilakukan dengan Wiring (melalui sambungan kabel).

Quote:


Quote:
Berikut adalah skema bagian dan mekanisme kerja enigma gan



Spoiler for enigma:


KEYBOARD

Quote:

Ketika operator menekan tombol huruf ‘T’ pada keyboard maka sinyal elektrik terkirim kedalam mesin enigma dan berakhir pada nyala lampu pada Lampboard.


Spoiler for Plugboard:


PLUGBOARD

Quote:

Perhentian pertama sinyal adalah pada plugboard. Disinilah sinyal akan dihubungkan dengan input ‘T’ pada plugboard. Beberapa huruf di plugboard akan dihubungkan dengan huruf lainnya, yg mana menyebabkan sinyal akan dialihkan. Jika input untuk huruf ‘T’ tidak terhubung ke huruf lainnya maka sinyal yg kita kirimkan akan diteruskan melewati output ‘T’. Misalnya ketika T dihubungkan ke ‘K’, maka sinyal akan dialihkan ke rute yg baru, jadi huruf hasilnya adalah ‘K’


Spoiler for static rotor:

STATIC ROTOR

Perhentian selanjutnya untuk sinyal kita adalah pada rotor statis, sama seperti namanya, rotor ini tidak mengubah sinyal (sinyal hanya lewat), jadi huruf masih tetep K. Output Rotor statis ini terhubung pada input dari rotor kanan, dan disinilah kerumitan mulai terjadi .


Spoiler for Rotor:


ROTOR (Pengacak)

Quote:







Ada 5 rotor yg bisa digunakan dengan berbagai urutan posisi : Kanan, Tengah, Kiri. Masing2 rotor memiliki inner ring dan outer ring yg berfungsi untuk mengacak sinyal. Outer ring menghubungkan masing2 rotor ke rotor selanjutnya seperti pada inner ring. Inner ring bisa diputar terhadap outer ring yg bahkan bisa menghasilkan kmungkinan substitusi huruf yg jauh lebih banyak lagi .


Spoiler for reflector:


REFLECTOR

Quote:

Reflektor memantulkan sinyal kembali pada rotor. Ada 2 kemungkinan reflektor, masing2 terhubung dengan cara yg berbeda jadi huruf yg dikirim akan diubah menjadi huruf yg berbeda ketika dipantulkan kembali, misalnya, kita menggunakan Reflektor B, yg akan mengubah huruf ‘H’ kita menjadi huruf D.


Spoiler for reverse:

REVERSE JOURNEY

Quote:

Sinyal yg dipantulkan kembali akhirnya melewati rotor lagi. Jadi huruf ‘D’ melewati rotor kiri dan mejadi huruf ‘G’, dan kemudian melewati rotor tengah dan menjadi ‘R’, yg kemudian melewati rotor kanan dan menjadi ‘W’. Sinyal tersebut tetap tak akan berubah ketika melewati static rotor sebelum akhirnya melewati plugboard, disini sinyal akan ditentukan apakah tak ada perubahan atau apakah huruf ‘W’ tersebut terhubung lagi ke huruf lain atau tidak. Dalam contoh diatas ‘W’ terhubung ke ‘G’, jadi hasil akhir yg kita dapatkan adalah ‘G’.


Spoiler for lampboard:

LAMPBOARD

Quote:

Perhentian terakhir adalah lampboard, dimana plugboard terhubung pada lampu indikator yg menunjukkan huruf hasil akhir. Dalam contoh gambar diagram diatas tadi, huruf ‘G’ yg menyala berarti huruf aslinya adalah ‘T’ yg dienkripsi menjadi ‘G’.



Spoiler for code talker:
Quote:Perang sandi juga terjadi di pertempuran Asia Pasifik. Salah satu yang menjadikan suksesnya serangan pasukan Jepang ke Pearl Harbour karena tentara Jepang memiliki mesin pelindung sandi yang dijuluki "Purple".

Masih ingat kan dengan film Windtalkers yang dibintangi Nicholas Cage. Film sensasional ini menceritakan peran penting satuan khusus pemecah sandi. Agen rahasia Amerika berusaha keras mencari kode pertempuran yang tidak bisa dipecahkan oleh Jepang, sekaligus memecahkannya atas sandi yang dibuat oleh tentara Jepang.


Quote:

Jawabannya kode tersebut, ada dalam bahasa kuno Navajo. Akhirnya, pihak Amerika mengutus pasukan korps Marinir yang disebut “Windtalkers”. Dengan misi membongkar kode tersebut juga pasukan khusus ini tidak boleh ditangkap dalam keadaan hidup oleh pasukan musuh. Pasukan khusus ini, disebar ke garis depan pertempuran di area Pasifik. Hal ini dilakukan untuk dapat memecahkan kode bahasa rahasia mereka sekaligus mengirim pesan dalam sandi bahasa kuno Navajo.

Bahasa Navajo merupakan salah satu bahasa asli penduduk Indian yang tinggal di sebelah barat daya Amerika. Bahasa Navajo adalah bahasa yang dipakai sebagai sandi yang tak terpecahkan di perang dunia kedua.


Spoiler for enigma:
Quote:Gimana ? Puyeng gan ? Njelimet ? . Kalo gak bikin puyeng gak mungkin mamarika dan sekutu2 nya Stress sampe bela-belain nyuri mesin Enigma dari jerman ketimbang mecahin kodenya kyk yg ditampilkan di film U-571. Bagi agan2 yg pengen merasakan bagaimana menggunakan Mesin Sandi Enigma ini jangan kuatir gan, bisa pake simulatornya, cek link dibawah . Barangkali bisa tuh buat sandi kirim SMS ke selingkuhan ente biar gak ketauan . Just Kidding gan

Quote:

[CENTER]ENIGMA MACHINE SIMULATOR[/CENTER]  (enigmaco.de)






Demikian trit ane yang gak bermutu ini gan . Terima kasih sudah mampir dan membaca, jangan lupa kalo berkenan boleh dikasi nya.



Quote:

Film tentang usaha sekutu untuk memecahkan kode Enigma juga bisa dilihat pada film "The Immitation Game"

Quote:MUST WATCH !!
KOMENG KASKUSER

Quote:Original Posted By MikeRaven
Memang rumit banget gan kode Enigma.
Dulu Amerika juga susah payah memecahkan kodenya.
Itu pun kodenya pecah gara2 Amerika berhasil mencuri 1 buah mesin Enigma.
Klo kagak, udah Jerman negara super power di dunia.
Btw, harus ane akuin, Jermas pas PD II walau sadis tapi ada sisi kerennya.
Mulai dari seragam militer, kepangkatannya, disiplin tentaranya yang terkenal tinggi (terutama korps SS), dan divisi lapis baja (panzernya) dengan manuver taktik blitzkrieg.
Cuman ya itu tadi, kerennya ketutup ma kekejamannya


Quote:Original Posted By cratcrut
VNVTVDGBQPNUJWQVPNNKAPDVJOQBYPMXUJJFVYARBXKDQDJXXVUIGBKUNIVBMMVUCOSKMCSSVOD BLVNWCTCHJNJTZOZRCQPQWFDEZJMZUBNRZGRRZKAKPWPSHVDMUWSYIZZ

itu komen ane gan pakai ENIGMA


Quote:Original Posted By anshoriofficial
Indonesia juga punya gan , bahasa alay namanya


Quote:Original Posted By ilyaSayli
jadi untuk memecahkan enkripsi enigma membutuhkan mesin enigma gtu ya?
tapi dalam film the immitation game walaupun sekutu mempunyai mesin enigma sekutu tetep kesulitan memecahkan kode-kodenya


Quote:Original Posted By robotgoblog
Sebenernya untuk ukuran enkripsi, enigma nggak terlalu 'rumit' yang bikin rumit adalah keycode-nya yang dibuat selalu berganti-ganti setiap 18-24 jam. Jadi yang nyoba mau mecahin kode enigma harus bisa memecahkan kode sebelum keycode-nya berubah.


Quote:Original Posted By moddean
yg udh nonton the imitation game pasti paham nih
lewat pemecahan kode enigma ini oleh dr. alan turring dkk, katanya bisa memperpendek perang dunia kedua tsb dan menyelamatkan ribuan nyawa
dan mesin pemecah enigma ini pun katanya disebut cikal bakal ditemukannya komputer
yg blm nonton rugi


Quote:Original Posted By elnuan7
Wahh film The Immitation Game udh nntn ane gan
Emg paling sulit katanya
Malah rela mengorbankan tmn ny biar nazy gak tau bhwa mreka berhasil memecahkan kode Enigma
Ternyata yg berhasil memecahkan kode itu homo y
Katanya d ambil dari kisah nyata


Quote:Original Posted By lontay
hahahaha.. makanya menurut ane film Alan Turing (The Imitation Game) itu keren berapi dan bernahkoda...
memajemukkan kenyataan bahwa merekalah yg mempercepat perang yg seharusnya masih berlangsung lama ...
adapun Keira Knightley disitu ikut berfilm ria dalam indah senyumnya


Quote:Original Posted By blacknorton




Kalo ente ga ngasih KEY(Kunci)-nya ga bisa dipecahin gan walaupun punya mesinnya. Jadi untuk proses dekripsi kita harus tahu kunci enkripsinya.





Klo mesin yang alan turing temuin itu dia cuma nyari pengaturan/setting kunci mesin enigmanya gan. Klo kita udah tahu kunci/pengaturannya tinggal kita masukin pesan enkripsinya, udah langsung terdekrip. makanya di film waktu mesin(christoper)nya berhenti si turing balik lagi ke mesin enigma. Dan dia udah dapet pengaturannya lewat Christoper.




Quote:Original Posted By Mr. Popo
Alan Turing memang kisah nyata gan, mesin "Christoper" pemecah kode "Enigma" temuannya membuat Jerma kalah telak dibeberapa front, sayang ketenaran Alan Turing cuma singkat gegara dia homo yang menjadikan dia illegal di jaman itu dan akhirnya dia mati muda


Quote:Original Posted By berbisikdoa
gak ada abis2nya ternganga kalo bahas zerman era ww2.. gilak
sampe harus nurunin sekutu buat nyetop satu negara doang


Quote:Original Posted By aslamnur28
HEIL HITLER!!!



Segitu ribetnya ya, sampe sekutu mati matian buat mendapatkan mesinnya


Quote:Original Posted By matamera
masi lebih rumit bahasa tubuh bini ane kalo marah gan


Quote:Original Posted By ngalamers80
Mantap Banget Gan Ilustrasi ENIGMA nya..
Gw Akui teknologi Jerman memang selangkah lebih maju dari sekutu di tahun itu. kalo gak cepet2 dipecahin mungkin gak ada kapal2 Sekutu yang lalu lalang di laut baltik gara2 di torpedo U-Boat yang pake kode ENIGMA

Thx Gan buat Forumnya


Quote:Original Posted By elharits
INDONESIA juga punya bhs sandi gan..waktu jaman penjajahan para pejuang pd gunain bahasa walikan gan biar ga ktahuan ma kompeni .


Quote:Original Posted By rehancr007
waah gan ane belajar soal cipher&code semenjak tiba tiba buka artikel ngasal tentang perang dunia 2, kebuka tentang enigma.

nyari artikel terkait susah banget gan, eh agan satu ini baik banget ngejelasin sampe detail2nya, hahaha makasih banget gan toppp.

tapi kebetulan hebat banget gan, 2 hari setelah ane mulai belajar cipher, eh ada film the imitation game


Quote:Original Posted By raphimura
Mantap threadnya gan.
Ane baru tau soal mesin enigma setelah nonton film the imitation game.
Ane kira emang bneran dapat cara pecahkan kodenya itu, ternyata aslinya sekutu belum dapat jg ya? Dapatnya pake contekan gitu.. hehe


Quote:Original Posted By bewater
lebih rumit lagi sandi terserah cewe gan


Quote:Original Posted By jackt.die
nah ini thread yang dicari
masih ada gak ya gan mesinnya, pengen belajar nih
btw, imitation game emang keren banget buat ditonton


Quote:Original Posted By alialyazid
sandi morse aja lupa,mending kalau lupa,dr jaman dulu ane kagak tau tu sandi
apalagi sandi model gini,

NAZI jahat tapi keren2 ilmunya gan.
Ane aja di kamar ampek masang poster Pak Dhe HITLER


Quote:Original Posted By dbysbnd
film imitation game emg top dah


Quote:Original Posted By j6bountyhunter
lebih rumit jga ngertiin kode kode yang dipakek cewek


Quote:Original Posted By zakkiruiner
ente gile gile ye kalo bikin tret
Dari seputaran jav, sampe ngejelasin enigma


Quote:Original Posted By valar
Frustasi berat sampe belai2an curi mesinnya. Hebat tu penemunya mesin enigma.


Quote:Original Posted By deerockin
kode cewek juga susah... keycodenya juga tiap hari ganti

ga kebayang kalo cewek jadi windtalker

nice thread, gan


Quote:Original Posted By nukon.goblok
agan ini emg jagonya bikin trid berkualitas


Quote:Original Posted By merckygan
kereeennn...
penjelasan ente jelas banget walau ane gak paham...

tapi sedikit terbuka juga sih pertanyaan2 ane pas nonton The Immitation Game...
yang nyiptain enigma jenius... tapi yang mecahin kode enigma-nya lebih jenius lagi...

nice thread...


Quote:Original Posted By L0ST
the imitation game..pasti TS fokus sama maho2annya doang


Quote:Original Posted By TabungGas3Kg
trid super wajib dikasi

nazi emang edan
pantes sejarahnya diburemin sama negara itu dan sekutu


Quote:Original Posted By fazafazafaza
yang amerika curi dari jerman itu baru mesin encrypt nya enigma, bukan decrypt nya..
jadi mereka masih perlu mecahin gimana cari decrypt itu enigma, dan code key untuk decrypt itu berubah-ubah tiap hari. ini yang bikin sangat susah buat dipecahin, karena kalau dalam sehari ga ketemu trus code key nya ganti lagi yaa berarti mesti ulang dari awal
nah itulah fungsi dari alan turing di film imitation game, dia menciptakan cristopher machine buat decrypt enigma..
kalo bahasa kerennya yang dilakukan alan turing ini disebut reverse engineering..

salam maho


bener2 rumit gans

pelajarinnya juga gak gampang tuh

Quote:
DILIAT BOLEH, DIPEGANG JANGAN!!  (www.kaskus.co.id)
Puyeng juga ya walo ud dijelasin..
bahasa ane waktu bocah nih
ngliat aja udah pusiing

Quote:


bingung ane bacanya, rumit bgt ya
Quote:Original Posted By dapegan
bener2 rumit gans

pelajarinnya juga gak gampang tuh



iya gan makanya sekutu juga puyeng akhirnya mereka nekat nyuri enigma nya

Quote:Original Posted By raja25
Puyeng juga ya walo ud dijelasin..


Quote:Original Posted By Pencopet
bahasa ane waktu bocah nih


keren agan ini kecil2 udah pake enigma hahaha
puyeng amat mahaminnya :
pusing anjer !!
ane baca trit ente aja bingung kok
Quote:Original Posted By djoga_gamers
pusing anjer !!


Quote:Original Posted By krnwn_indigo
ane baca trit ente aja bingung kok


makasi udah puyeng disini gan
Gila bener bener rumit ane dah nyobain emg bener bahasanya jd rumit
an esandi pramuka aja belum terlalu banyak yg hapal gan
tapi nice info gan ane like this
Quote:Original Posted By rps21
an esandi pramuka aja belum terlalu banyak yg hapal gan


Quote:Original Posted By rps21
tapi nice info gan ane like this


kalo gak rumit bin bikin puyeng mana mungkin sekutu sampe bela2in nyuri mesinnya daripada mecahin kodenya gan haha

thx udah mampir
ribet banget ya
emng rumit gan, trkadang bingung sendiri
cocok buat selingkuhan nieh... tinggal buka kode lewat situs enigma.de
mumetcane bacanya gan...hammer
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar