Pages


Jumat, 24 April 2015

5 Kesalahan Besar Yang Harus Agan Hindari Ketika Kredit Motor




Spoiler for Cek Repost:


Quote:Sebelum Scroll kebawah sebaiknya memberi


Quote:HT #7Quote:
Wah malam jum'at berkah dapat HT yang ke 7 buat ane , makasih mimin momod opiser dan semua kaskuser sejagat raya yang udah mendukung trit ini jadi HT


Note : Kalo ada Komengan kaskuser yang blm sempat TS respon ,TS minta Maaf TS nya lagi malam Jum'atan (Ngaji gan )

Quote:
PembukaanQuote:
Kembali lagi dengan transportasi yang masih menjadi salah satu masalah yang masih bisa membuat agan merasa pusing, terlebih apabila Agan tinggal di kota-kota besar. Kemacetan dan kenyamanan saat di jalan adalah faktor utama yang harus diperhatikan saat berkendara. Karena hal itulah, banyak masyarakat yang memilih membeli sepeda motor karena bisa mempersingkat waktu untuk sampai ke tujuan dan efisien dalam segala hal terutama biaya. Semakin dimudahkannya untuk mengajukan kredit motor, maka orang berbondong-bondong untuk membelinya, terkadang tanpa membayar DP pun, motor sudah bisa dibawa pulang oleh si pembeli dengan asumsi kredit bulanannya yang mahal berbeda dengan orang yang membayar DP besar, jadi, untuk tagihan bulanannya bisa lebih murah dan tenor yang diambil pun tidak terlalu lama.

Untuk itu bagi Agan yang mau membeli motor dengan cara kredit, simak beberapa kesalahan yang seharusnya dihindarkan saat mengajukan kredit untuk sepeda motor , Cekidot gan!


Quote:
Spoiler for 1. Membeli untuk pamer:
Masih ada orang yang membeli motor untuk sekadar pamer saat liburan mudik tiba. Itulah yang harus dihindarkan karena membeli bukan untuk kebutuhan. Terkadang membeli motor hanya karena lapar mata saja karena banyaknya motor baru yang banyak beredar sekarang ini, bukan hanya mesin serta fiturnya yang baru, walaupun hanya stripping saja yang baru tetap saja masyarakat masih ada yang mau membeli.
Spoiler for 2. Jangan membeli saat utang menumpuk:
Idealnya utang Agan tidak boleh lebih dari 30% dari gaji yang diterima. Membeli motor secara kredit akan menambah utang Agan setiap bulan, jadi pertimbangkan terlebih dahulu saat akan mengajukan kredit motor, jika memang membeli motor untuk kebutuhan, sesuaikanlah dengan gaji dan utang Agan setiap bulannya.
Spoiler for 3. Tidak mencari leasing terbaik:
Banyaknya perusahaan pembiayaan motor dan beragam menjadikan sebagian perusahaan tersebut tidak bertindak secara profesional. Carilah perusahaan yang tergabung dalam anggota Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Agan juga jangan malas mencari perbandingan harga antara dealer yang ada, karena bisa saja di salah satu dealer memberi kesempatan untuk memperbesar DP dan bernegosiasilah selalu untuk mendapatkan tagihan bulanan terendah.
Spoiler for 4. Periode pinjaman yang panjang:
Usahakan jika mengambil kredit tidak terlalu lama. Maka dari itu, negosiasi kan dengan baik saat akan mengajukan kredit motor, DP besar akan membuat cicilan lebih kecil dan tenor (jangka waktu pembayaran utang) semakin pendek. Beban utang Agan menjadi ringan jika tenor yang diambil semakin pendek, semakin cepat pula kredit Agan lunas
Spoiler for 5. BPKB dan asuransi yang terabaikan:
Pilihlah leasing yang bertanggung jawab terhadap BPKB dan asuransi motor Agan. Sehingga saat lunas, BPKB bisa langsung Agan ambil, tidak ada yang namanya BPKB Agan dijadikan jaminan oleh leasing ke bank lain. Pastikan asuransi bisa menjaga Agan selama kredit motor, menjamin setiap masalah yang terjadi pada motor Agan selama kredit dan proses klaim yang mudah


Quote:
PenutupQuote:
Nah itu gan keselahan-kesalahan besar yang harus agan hindari kalo mau kredit motor, kan kalo uda terhindar dari kesalahan kan ga merugikan diiri kita sendiri. Sebaiknya hindarkan hal-hal tersebut di atas saat akan mengajukan kredit sepeda motor, agar ke depannya Anda pun tidak merasa terbebani. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda saat akan mengambil kredit sepeda motor.
Kalo ada agan yang ingin menambahkan unek2 sok mangga TS tampung


Spoiler for Sumur:


Buat agan yang mau rekomen Trit ini supaya HT Bisa di Klik ini Rekomended HT  (bit.ly)

Quote:Ingat Kaskus itu bukan situs berita maka dari Biasakan untuk memberi Komengan dan jga kalo berkenan Quote: TS Sangat mengharapkan , TS tidak menerima karena bukan bata colector
Btw ane ada Info penting nih buat agan sekalian hehe barangkali ada yang mau ikut nimbrung




Lengkapnya, bisa cek thread induk dibawah ini ya gan

[INVITATION] Gathering Kaskuser SMA feat Syudent Cummunity Bandung  (www.kaskus.co.id)
Pertamax Rajanya Pejwan!
Tambahan Kaskuser
Quote:Original Posted By mayazha
nice tips gan..

sekedar share nih, kalo ane dulu beli motornya seken & cash tempo gan.. beli di tempat penjualan motor seken yg gede di kota ane...
jadi harga motor ane 8,5jt..dibayar selama 3x
- bulan pertama ane DP 5jt, udh bisa dibawa motornya, bpkb ditahan
- bulan kedua ane bayar cicilan 2jt, ditambah bunga 5% jadi 2,1jt
- bulan ketiga ane bayar cicilan 1,5jt, ditambah bunga 5% jadi 1,575,000.. karena udah lunas jd bpkb dikasih

jadi totalnya 8,675,000.. lumayan lah buat ane, krn motor masih oke, bunga gak terlalu nyekek dan cicilan sesuai budget ane..
kenapa ane gak beli seken cash langsung karena saat itu sisa uang ane puter lagi gan, maklum pedagang hehehe

mungkin cash tempo juga bisa jadi solusi buat agan2


Quote:Original Posted By petot666
jangan memaksakan kridit motor karena gengsi...

tips terbaik.. jika punya sertifikat rumah/tanah.. ajukan ke bank.. ambil secukupnya/seharga nominal motor yg di inginkan. beli cash dari dealer,kridit di bank...

bunga lebih rendah.. tanpa ada denda..

(pengalaman pribadi)

Quote:Original Posted By kang.dede
Satu lagi gan..
Jangan pernah telat bayar angsuran..
Dan kalo bisa lebih baik bayar sendiri sedapat mungkin hindari dititipkan karena ada beberapa kasus uang angsuran titipan agan justru tidak disetorkan dan akhirnya agan sendiri yang rugi karena dianggap telat bayar dan turun kolektibilitasnya.

Satu lagi kalo emang agan ada rejeki lebih, segera lakukan pelunasan dipercepat, emang kadang bakal dapet pinalti tapi abis itu idup agan bakal damai tanpa dibayang2i angsuram bulanan lagi gan...

Page one kalo berkenan

Quote:Original Posted By emirchelsea
Sedikt Tambahan, gan.

Saran temen ane: Klo mo kredit motor.
  • Datangi Beberapa DEALER. Cari yg kasih DISKON gede
  • Datang ke dealer besar. Jangan Dealer Kecil. Apalagi tempat Pameran.
    Mnrt temen ane klo DEALER besar bisa kasih potongan diskon lebih besar.


Trim, INPOHnya, gan ..... ane kasih ini ya:


Quote:Original Posted By sukaBB
kredit motor aja dlm aturan manage duid uda salah uda ga sehat, kredit itu org belom mampu beli tp maksain
kredit kok barang sekunder...uda harganya 180% dr harga cash pdhal harga motor turun trs, musti dicicil tiap bulan, nunggak 3 bulan dijamin motor ditarik
klo blm kuat beli motor jgn kredit tp nabung buat bli cash, klo emang terpaksa perlu motor beli seken cash
ane inget pas bos adira diwawancarai ma detik finance, doi bilang salah satu prinsip keuangannya "jangan kredit", nah loh
pekiwan klo berkenan

Quote:Original Posted By yuzr
Kalo bener2 urgent butuh kendaraan bisa pake cara ane :
1. Beli motor seken yg masih bagus, di utamakan pemakaian kurang dr 2 tahun, sukur2 dapet yg kurang dr 1 tahun.( ane beli bebek supr*125)
2. pembayarannya pake KTA ,usahakan pake bank yg produk KTAnya bagus,ga ada masalah sampai pelunasan.
3. Misal pinjam ke bank 12 jt (paling rendah) angsuran 24 bulan (+- 692k/bulan) trus beli motor kena 10.7, balik nama langsung 700rb (jkt-depok),sama beli helm.sisanya beli jas ujan

cara kaya ane tadi mayan bisa hemat 2-3 jt daripada kredit leasing, plus BPKB udah di tangan.
Mohon Pejwan Ts.
Thanks

Quote:Original Posted By Leemazu
kebetulan ane programmer dan lagi buat program buat leasing motor

faktor2 yang nentuin angsuran kira2 begini gan

Spoiler for kredit motor:


bisa diliat banyak parameter yang nentuin angsuran yang harus agan bayar perbulan tiap bulan

seperti tips2 yang udah ada di pejwan ane cuma mau ngingetin kira2 yang penting apa aja sih buat kredit motor

1.UANG MUKA (DP) .. makin gede dp , berarti utang ente makin kecil di leasing itu . walopun ada regulasi dari pemerintah mengenai jumlah minimal uang downpayment .. tetep aja banyak sales bandel yang nawarin ente dp murah . misal dari pemerintah minimal 20% . kadang ada sales nakal yg nawarin kita dp 500rb tapi bisa dapet motor baru .
2.Tenor : lama agan nyicil .. makin lama ente nyicil .. makin gede rate premi asuransi nya .. makin mahal biaya premi

untuk parameter yang lain macam biaya admin,admin kredit,subsidi dealer biasanya leasing2 tersebut udah punya nilai nya .. nah carilah yang bisa ngasih tingkat bunga terendah .

dan tambahan misal agan pengen cicilan dilunasin dimuka , biasanya ada penalty .. pintar2 lah nego dengan orang leasingnya (berlaku juga untuk klaim asuransi) .. semisal motor ilang .. dan agan tetep harus bayar .. minimal leasing2 itu balik "POKOK" ..jadi pinter2 lah nego

jangan lupa untuk cari tau juga leasing yang bertanggung jawab terhadap bpkb / klaim asuransi motor ente . ane banyak denger dari boss ane banyak leasing2 bandel yang selalu ngelempar2 klo pelanggan mau klaim asuransi

tambahan : usahain jangan telat bayar angsuran .. mahal coooyyyyy .. tempat ane aja bisa kena denda 0.5% x Angsuran /hari klo telat


ada tambahan dari agan yg kerja jadi leasing
Quote:Original Posted By tekopi
nambahin ya TS...satu doang kok

JANGAN MALES BACA PERJANJIAN KONTRAKNYA
aku kerja di leasing, dan mayoritas konsumen ga ada yang mau repot-repot baca perjanjian kontraknya, maunya langsung tanda tangan barang langsung nyampe....ntar kalo ada masalah baru marah2 nyalahin leasingnya, padahal udah jelas2 ada di kontrak yang konsumen tanda tanganin.

Ga butuh lama kok untuk baca pasal2 kontraknya, n kalo orang leasingnya nghalang2in konsumen untuk baca kontraknya, jangan mau tanda tangan....semudah itu





Tetangga ane kredit motor satu bulan kemudian motor nya langsung di jual
Manfaat nih kalo ane mau ngambil motor
Quote:Original Posted By komengzzzz
Manfaat nih kalo ane mau ngambil motor

iya thanks dah mampir gan
Quote:Original Posted By kalibaros
Tetangga ane kredit motor satu bulan kemudian motor nya langsung di jual


wkwkw wah ngapa noh gan?
thx gan ane sih pernah masalah ama BPKP yang keselip untung ketemu
nice inpoh gan kebetulan ane lg pingin kredit motor maklum gan beli cash gak mampu
Quote:Original Posted By athaya17
nice inpoh gan kebetulan ane lg pingin kredit motor maklum gan beli cash gak mampu

thanks gan, bantu gan, iya gan enak kredit sih gan kalo menurut ane
Quote:Original Posted By tokomapan
thx gan ane sih pernah masalah ama BPKP yang keselip untung ketemu

iya sama2 gan, wah untung aja ya gan bsa ktmu

DP kecil angsuran gede+lama, kaya punya tetangga ane
Quote:Original Posted By mamakeee
DP kecil angsuran gede+lama, kaya punya tetangga ane

angsuran gede ples jangka waktu lama aduh bkin melorot tuh duit sis
nice info gan , mungkin nanti bisa berguna untuk ane mau kredit
jangan memaksakan kridit motor karena gengsi...

tips terbaik.. jika punya sertifikat rumah/tanah.. ajukan ke bank.. ambil secukupnya/seharga nominal motor yg di inginkan. beli cash dari dealer,kridit di bank...

bunga lebih rendah.. tanpa ada denda..

(pengalaman pribadi)
thanks gan tips nya ..
Nah ini yg fenomena, pas lebaran mau mudik ane liat2 org2 berbondong2 kredit mbl utk ya itu td.. pamer, padahal hasil kreditan, klo hasil uang cash langsung lunas ngga masalah pamer dikit tp biasanya org yg bayar cash biasa2 aja gan.. itu menurut ane sih.
ane malah ga bisa naek motor gan
Quote:Original Posted By petot666
jangan memaksakan kridit motor karena gengsi...

tips terbaik.. jika punya sertifikat rumah/tanah.. ajukan ke bank.. ambil secukupnya/seharga nominal motor yg di inginkan. beli cash dari dealer,kridit di bank...

bunga lebih rendah.. tanpa ada denda..

(pengalaman pribadi)


Wah leh uga gan tipsnya,ane pejwan y
ane kredit gan...
Quote:Original Posted By dimas_trojan
Nah ini yg fenomena, pas lebaran mau mudik ane liat2 org2 berbondong2 kredit mbl utk ya itu td.. pamer, padahal hasil kreditan, klo hasil uang cash langsung lunas ngga masalah pamer dikit tp biasanya org yg bayar cash biasa2 aja gan.. itu menurut ane sih.


Aduh sungguh fenomena gan
ijin bookmark gan buat masa depan ntr
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar