Pages


Kamis, 30 April 2015

Delapan Kebiasaan yang Salah Saat Mandi



Membersihkan tubuh dan rambut merupakan ritual yang mungkin tidak Anda lewatkan saat mandi. Namun, seberapa bersihkah tubuh Anda usai mandi?

Cara kita mandi biasanya adalah kebiasaan yang sudah diajarkan orangtua sejak kecil. Tapi, mungkin Anda pernah berpikir apakah cara mandi yang selama ini dilakukan sudah tepat atau belum.

Ahli kulit mengungkap kesalahan paling umum saat mandi yang bisa jadi tidak kita sadari. Berikut cara cerdas untuk mandi yang lebih bersih dan sehat.

1. Menggosok kulit kepala dengan kuku jari

Menggosok kulit kepala dapat terasa menyegarkan, tetapi sebenarnya Anda justru merusaknya jika menggunakan kuku jari.

"Kuku jari dapat menggores kulit kepala, hingga mengelupas," kata Sandy Johnson, ahli kulit. Karenanya, gunakan ujung jari Anda hingga sampo berbuih. Penting juga untuk menghindari cara menggosok yang terlalu agresif helai rambut di antara tangan Anda, karena dapat merusaknya dan menyebabkan ujung rambut bercabang.

2. Sabun tidak mengandung pelembab

"Sabun batangan tanpa pelembab, seperti sabun antibau dan antibakteri, benar-benar dapat mengeringkan kulit Anda," ujar Mona Gohara, ahli kulit. Ia menyarankan agar mencari sabun batangan yang mengandung 'stearic acid' dalam daftar bahannya atau kalimat 'melembabkan' yang tercantum pada bungkusnya.

3. Mandi dengan air terlalu panas dan terlalu lama

Mandi dengan air panas dapat mengikis minyak alami kulit dan lemak yang membantu menangkap air untuk menjaganya tetap lembab.

4. Malas pakai conditioner

Kebanyakan orang lebih fokus mengusap conditioner di helai rambut mereka. Namun Johnson menyarankan untuk memakai conditioner pada seluruh bagian rambut, dari akar hingga ujung. Conditioner dapat menghidrasi kulit kepala, sehingga mampu mencegah rasa gatal dan pengelupasan.

5. Menggosok tubuh dengan keras


Karena ingin menyingkirkan debu dan kotoran dari kulit, banyak orang yang terbiasa mandi dengan spons mandi. Padahal, permukaan yang kasar bisa menghilangkan pelindung alami kulit.

Pilihlah lap mandi berbahan katun untuk bayi, yang diusapkan secara lembut dengan meminimalkan gosokan pada tubuh. Namun, menurut Johnson menggunakan tangan sendiri saja cukup. Jika Anda ingin menggunakan lap atau spons mandi, gantilah dengan yang baru secara rutin untuk menghindari perkembangan bakteri.

6. Alat pencukur memiliki silet terlalu banyak


Empat atau lima silet bisa mencukur lebih banyak, tetapi bisa juga merusak kulit Anda. “Anda sebenarnya memotong kulit Anda ketika bercukur, jadi makin banyak silet yang Anda gunakan, semakin buruk dampaknya bagi kulit,” ungkap Gohara.

Untuk meminimalisasi trauma, satu atau dua silet pada alat pencukur sudah ideal. Teknik penggunaannya juga berpengaruh. Gerakkan ke arah bawah lalu menjauh, bukan ke atas. Mencukur ke arah atas berarti bergerak melawan urat, yang justru berpotensi melukai. Cara ini juga dapat membuat folikel rambut meradang, sehingga dapat menyebabkan alat cukur bergoyang. Pastikan area tersebut sudah cukup dilubrikasi dengan sabun atau krim khusus untuk proses mencukur yang paling lembut dan aman.

7. Tidak membilas dengan baik

Penting untuk memastikan seluruh sabun dan produk rambut telah terbilas total. Produk yang tersisa dapat berujung pada iritasi kulit dan penyumbatan pori-pori, sehingga menimbulkan jerawat.

Cegah jerawat pada punggung dengan membilas rambut secara terbalik (kepala menunduk dan rambut dikedepankan), membuat sampo dan conditioner langsung terbuang ke lantai, bukan ke punggung Anda,” jelas Johnson.

8. Menunggu untuk mengoleskan lotion

Waktu terbaik untuk mengoleskan lotion yaitu sesegera mungkin setelah mengeringkan tubuh, ketika tubuh masih lembab. Lotion menyerap ke dalam kulit secara maksimal ketika kulit sedikit lembab.






sumur  (health.kompas.com)

bukan kebiasaan ane seh
mungkin kebiasaan bawah ane
buset banyak banget kesalahan ane pas mandi
Bukan ane gan..
kalo mandi sambil nyabun salah ya gan ?
Klo ane point 1 sering ane lakuin gan
selama ini ane mandi salah semua
sederhana tapi bermanfaat
Quote:Original Posted By vodkabilIy
buset banyak banget kesalahan ane pas mandi


sabar gan , istighfar
Quote:Original Posted By KeziaVi
sederhana tapi bermanfaat


terimakasih gan
ane ga perna pake conditioner
tapi hidup ente bener kok gan
klo kurang bener mending jangan gan
Quote:Original Posted By suburisdead
kalo mandi sambil nyabun salah ya gan ?


what the kamsud gan dengan nyabun, ane kok kaya pernah ngrasakin istilah ini
Sabun pelembab itu cuma cocok buat yg kulitnya bener2 kering...
Kalo kulit rada berminyak justru enak pake sabun biasa...

Ane pernah soalnya (kulit ane kan berminyak) pake sabun dove yg dibeliin ama emak (mungkin dia gak tau atau asal beli aja pokoknya sabun )...
Selesai mandi kok badan malah berasa licin ga enak gitu (kek sabun yg gak bersih dibilas) alhasil ane jadi mandi lagi pake sabun biasa
Quote:Original Posted By selena.gemez


what the kamsud gan dengan nyabun, ane kok kaya pernah ngrasakin istilah ini


wah berarti umur ente belom cukup gan,
ane suka ga tega ngejelasinnya
kadang hal sepele banyak dilupakan
Quote:Original Posted By azisjunior
kadang hal sepele banyak dilupakan


betul suhu, berawaldr yang sederhana padahal
ane gosok tubuh kadang pake sikat panci gan
ane biasa keramas pake kuku jari gan infonya bermanfaat nih jadi ga boleh ternyata pake kuku
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar