Pages


Senin, 27 April 2015

Air Alkali / Alkaline Water: Scientific Review - Bermanfaat / MARKETING SCAM (HOAX)??

Quote:SCIENTIFIC REVIEW

AIR ALKALINE

ALKALINE WATER


WARNING: artikel ini bakalan panjang banget, namun kalo agan tertarik tentang penjelasan sains air alkaline, agan akan belajar banyak tentang konsep air alkaline saat agan selesai membaca artikel ini



==============================

TERIMA KASIH KASKUSER SEKALIAN

MASUK HOT THREAD

  (s332.photobucket.com)


Quote:Disclaimer: Thread starter (TS) / Penulis tidak memiliki tujuan untk mengdiskreditkan suatu produk, merek atau seseorang. Tulisan ini murni merupakan sharing pengetahuan yang dimiliki TS agar supaya konsumen di Indonesia khususnya kaskuser sekalian dapat lebih selektif dan hati-hati dalam membuat keputusan untuk membeli suatu barang yang diklaim dapat melakukan suatu hal yang terdengar terlalu muluk-muluk (too good to be true). Apakah kaskuser sekalian setuju dengan fakta yg disajikan oleh TS merupakan pilihan dari kaskuser sekalian, TS hanya menyajikan informasi yang ada.

Quote:Sekilas tentang TS:
TS adalah seorang engineer, scientist dan juga entrepreneur di water treatment industry. TS memiliki kualifikasi S1 dan S2 di bidang teknik lingkungan dan sekarang sedang melanjutkan study S3 di universitas ternama dunia dengan fokus di bidang water treatment, water quality & water resources (kualitas & sumber daya air).


Sedikit catatan tentang artikel ini:
1. Semua link yang saya berikan dapat dipertanggungjawabkan penjelasan scientific, sumber dan background penulisnya.



Sebelum kita mulai membahas soal fakta scientific air alkaline, mari kita simak sedikit claim dari manufacturer mesin air alkaline tentang apa itu air alkaline..

Quote:Apa sih air alkaline itu??

Air alkaline merupakan air minum yg diclaim memiliki pH basa (pH>7, biasanya diclaim pH sekitar 9-9.5) dan diclaim memiliki:
1. rasa yg lebih enak
2. mampu menghidrasi tubuh lebih baik
3. airnya memiliki ukuran molekul yg lebih kecil (sehingga lebih mudah diserap tubuh)
4. dapat menetralkan radikal bebas
5. dibutuhkan u/ menyeimbangkan pH alami tubuh
6. dapat untuk detoksifikasi & sebagai antioksidan
7. mampu meningkatkan energi, mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.."


Wow! Coba agan baca lagi 1 per 1 claim tersebut... Kalo memang ada air / pengobatan seperti ini pastinya semua dokter di dunia sudah akan merekomendasikan untuk meminum air tersebut dan sangat tidak masuk akal bahwa mesin water alkalizer seperti ini TIDAK memiliki sertifikasi dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat (BPOM AS / FDA) atas claimnya tersebut..

Kalo istilahnya saya sih "if anything sounds / looks too good to be true, it usually is.." atau "kalo sesuatu terdengar / terlihat terlalu mengada-ngada, biasanya memang itu betul mengada2.."

Quote:Fakta scientific air alkaline secara garis besar:
(bagi agan2 sekalian yg memiliki background pendidikan di bidang kimia / fisiologi pasti akan setuju)

1. "Ionized water / air terionisasi" = istilah yg omong kosong. Di dunia kimia / fisiologi, kita tidak mengenal yg namanya air terionisasi karena pada dasarnya air murni itu tersusun atas molekul H2O yg terus menerus berganti pasangan terhadap molekul H2O lainnya.

2. Air murni (air yg tidak memiliki kandungan ion sama sekali / murni H+ dan OH-) tidak akan bisa dielektrolisis

3. Air murni akan selalu berada di pH netral (pH = 7) , tidak akan asam / basa (kalo sedikit asam / basa = air tidak murni)

4. Konsep bahwa kita harus meminum air alkaline u/ menetralisir makanan yg bersifat asam di tubuh kita = ngawur bin ajaib. In general pH di tubuh kita masing2 sudah disesuaikan dengan fisiologi tubuh (misal pH sangat asam di lambung u/ menhancurkan makanan, pH darah 7.3-7.4 dan secara alamiah darah kita sudah memiliki buffer pH untuk mempertahankan pH di level tersebut, any excess acid akan dikeluarkan melalui air seni / karbondioksida saat kita bernafas)

5. Jika agan tetep minum "air alkaline", intinya tidak akan ada efek karena air tersebut akan segera dinetralisir oleh asam lambung

6. Penyerapan air di tubuh terjadi di dalam usus, bukan di dalam lambung anda. Setelah makanan / minuman yg sudah diproses di lambung masuk ke dalam usus, pankreas anda akan melaksanakan fungsinya untuk menetralisir asam lambung dan menjadikannya lebih basa sebelum masuk ke usus. Pada dasarnya air yg anda minum tetap akan menjadi basa tanpa butuh mesin water alkalizer

7. Claim tentang manfaat kesehatan dari minum air alkaline seringkali tidak didukung dengan bukti yg kuat (peneliiti / scientist yg memang di bidangnya, bukan testimonial asal dari orang yg bukan di bidangnya)

8. Badan anda memiliki mekanisme yg alamiah (mekanisme ini sudah didesign untuk bekerja dengan sangat baik kecuali anda memilki gangguan di organ anda) yang akan menjaga pH di level yg seharusnya (contoh, pH darah seharusnya di 7.3-7.4, di atas / di bawah itu akan langsung menyebabkan gangguan kesehatan). Pada dasarnya pH air minum / makanan anda tidak ada efek sama sekali terhadap pH di bagian tubuh anda. Dan 1 lagi, konsep "pH tubuh" = omong kosong, karena pada dasarnya pH di tubuh kita akan berbeda2 tergantung fungsi bagian tubuh tersebut).

9. Jika anda ingin bener2 menaikkan pH lambung anda (resiko gangguan pencernaan harap ditanggung sendiri), daripada buang2 uang puluhan - ratusan juta rupiah untuk beli mesin water alkalizer, anda sebenarnya tinggal mengkonsumsi larutan basa yg bisa didapatkan dengan murah (NaOH, Mg(OH)2, dll).

10. In general, mesin elektrolisis itu tidak ada gunanya jika diaplikasikan terhadap air minum untuk kesehatan, menghilangkan polutan di dalam air, disinfektan, dll. Claim bahwa air alkaline = anti oksidant itu adalah omong kosong karena saat anda mengelektrolisis air d rumah anda (yg memiliki sedikit kandungan Na+, Ca2+, Cl-, dll), anda akan menghasilkan senyawa hypochloric acid (HOCl), biasanya ditemukan di dalam bleach / cairan pembersih rumah tangga yg malah merupakan oksidator, bukan anti oksidant yg diclaim sebelumnya.
(http://en.wikipedia.org/wiki/Electrolysed_water)

11. Claim bahwa mesin elektrolisis u/ menghasilkan air alkaline sudah disertifikasi untuk digunakan di RS di Jepang / negara lain cenderung menyesatkan. Sertifikasi mesin yg dimaksud adalah sertifikasi bahwa mesin ini aman dioperasikan dan anda tidak akan kesetrum. Bahkan Kementrian Kesehatan Jepang saja sangat kritis tentang claim kesehatan dari mesin water alkalizer seperti ini..


Sebelum kita bicara tentang claim dari produsen mesin water alkalizer, mari kita review sedikit tentang konsep elektrolisis & pH air

Quote:pH / derajat keasaman cairan / air

Semua cairan memiliki kandungan H+ dan OH-. Saat H+ melebihi OH- maka cairan tersebut dikatakan asam (pH < 7.0) dan juga sebaliknya saat H+ lebih sedikit dari OH- maka cairan tersebut akan dikatakan basa / alkaline (pH > 7.0). Setiap tingkat pH merepresentasikan konsentrasi dalam skala logaritma, artinya saat pH = 5, kandungan H+ = 10^-5; dan saat pH = 7, kandungan H+ = 10^-7, atau 100x lebih sedikit dari pH = 5.

Kandungan cation (ion positif) dan anion (ion negatif) di dalam air harus selalu seimbang. Dalam kata lain, saat air memiliki pH yg alkaline / basa, maka kandungan OH- akan melebihi kandungan H+ dan ini akan diseimbangkan dengan kandungan cation yg hampir selalu berupa ion metal Na+, Ca2+, Mg2+, dll. Dan juga sebaliknya, saat air memiliki pH asam, maka kelebihan kandungan H+ biasanya akan diseimbangkan dengan kandungan anion seperti bikarbonat (HCO3-). Intinya saat pH air tidak = 7 (baik basa/alkaline maupun asam), maka air tersebut bukanlah berupa "air murni"


Quote:Elektrolisis

Secara definisi, elektrolisis adalah proses pemecahan senyawa dengan mengalirkan energi (listrik) yang akan memulai reaksi redoks (reduksi - oksidasi) dimana ion positif akan "menempel" ke anoda dan menerima elektron, sementara ion negatif akan "menempel" ke katoda dan melepas elektron.

Mesin water alkalizer secara garis besar menggunakan prinsip elektrolisis untuk menghasilkan air alkali. Pada dasarnya sumber air anda harus berupa air yg memiliki sedikit ion (bukan air murni) untuk bisa dielektrolisis dan menghasilkan air alkali (pH > 7.0) dan air asam (pH < 7.0) dengan diagram sebagai berikut:



Air murni tidak akan bisa dielektrolisis dan pHnya tidak akan berubah karena proses elektrolisis.

Baik air tanah/sumur maupun air PDAM pada umumnya pasti memiliki sedikit kandungan metal cation dan anion dan air seperti ini dapat dielektrolisis, namun proses elektrolisis tidak akan menghilangkan polutan / kotoran di air agan. Seperti gambar di atas, proses elektrolisis air agan akan membentuk larutan hypochloride acid (HOCl) di katoda (HOCl merupakan bahan dasar bleach / pembersih rumah tangga) dan larutan NaOH di anoda (ini yg kemudian digunakan oleh produsen water alkalizer u/ menunjukkan bahwa mesin mereka mampu menaikkan pH menjadi basa).

In summary, water alkalizer / water ionizer adalah cara yg sangat mahal untuk menghasilkan air alkali yg pada dasarnya adalah NaOH dan juga air acidic yg pada dasarnya HOCl. Anda dapat membeli ke 2 kimia tersebut di toko kimia terdekat dengan harga yang mungkin kurang dari 1/00 dari harga mesin water alkalizer anda..


OK, sekarang anda sudah mengerti tentang konsep pH dan elektrolisis (2 kata kunci yg sering digunakan dalam menjual water alkalizer), mari kita bahas sedikit mengenai kemampuan tubuh dalam mengatur pH di masing2 bagian spesifik tubuh

Quote:Disclaimer: Saya ngomong fair karena saya bukan ahli di bidang fisiologi, harap agan2 sekalian bisa mengecek langsung kebeneran konsep di bawah ini baik melalui link referensi yg saya berikan / pengetahuan yg agan2 tau

Pernafasan
Proses pernafasan yg merupakan proses fisiologi paling penting pada tubuh manusia dapat dijelaskan dengan reaksi kimia sebagai berikut:


karbohidrat/gula (C(H2O)n) akan dipecah oleh tubuh membentuk asam karbonat yg kemudian pecah menjadi karbon dioksida dan air. Yang menarik di sini adalah saat anda mengkonsumsi makanan yg "asam", tubuh anda akan mengatur diri sendiri sedemikian rupa untuk mengembalikannya ke keadaan alkaline. Kedengaran aneh? Penjelasannya:
Saat anda mengkonsumsi sesuatu yg "asam" (biasanya weak acid / asam yg lemah) dalam bentuk (M+ = metal atau kation; A- = anion) yang kemudian akan menghasilkan CO2. Untuk mempertahankan kesetimbangan ion di kimia (charge balance), maka sebagian CO2 akan diubah menjadi bikarbonat (HCO3-) yg merupakan basa lemah.

Bagaimana cara tubuh mengatur kesetimbangan pH di bagian spesifik tubuh?

Bersyukurlah dengan cara kerja tubuh agan masing2 karena tubuh kita memiliki kemampuan untuk membuffer perubahan pH dan menjaga tubuh pada range pH tertentu. Pada intinya, ada 2 mekanisme yg menjaga pH tubuh yaitu:
1. Pengeluaran cairan tubuh yg selektif (berupa keringat, urin, karbondioksida saat bernafas, dll) dan
2. Asam/Basa lemah alami di dalam tubuh yg bekerja sebagai buffer (sistem buffer bikarbonat dan asam phosphate) dengan bikarbonat sebagai sistem utama yg menjaga pH tubuh.

Berapa pH darah anda?
pH darah normal berada di sekitar 7.3-7.4 dan anda tidak mau pH darah anda untuk berdeviasi lebih dari 0.1 dari batas yg ditentukan. Sekali lagi, darah kita memiliki sistem buffer yang akan memastikan pH kita selalu berada di 7.3-7.4 yang dijaga oleh berbagai mekanisme, mainly melalui bicarbonate buffer system. Jadi pH makanan / minuman anda tidak akan memiliki efek sama sekali terhadap pH darah anda kecuali mekanisme yang menjaga pH darah anda itu terganggu, contohnya jika ada memiliki penyakit diabetes / gagal ginjal. Namun demikian, jika anda memiliki ke 2 penyakit inipun pH air minum anda tidak akan berpengaruh terhadap pH darah anda karena ke-2 nya ini tidak memiliki hubungan sama sekali.

Referensi (bagi anda yg tertarik untuk membaca secara lengkap, semua dalam bahasa inggris, kalo anda memiliki kesulitan untuk memahami bagian tertentu, bisa menghubungi saya langsung atau dapat main2 ke english forum di kaskus):
Konsep buffer pH pada darah dan keringat tubuh manusia  (www.chemistry.wustl.edu)
Konsep tentang acid-base / kimia asam-basa  (www.acid-base.com)
pH pada urin / air seni anda  (rnceus.com)
Teori pH tubuh yg menyesatkan & omong kosong  (www.quackwatch.org)


Dan sekarang mari kita review & summary secara detail claim / cerita / "dongeng" (saya akan sebut dongeng di sini karena semuanya lebih cenderung ke arah fiksi daripada fakta) yg sering disampaikan oleh salesman produk water alkalizer dan penjelasan faktanya:

Quote:REVIEW "DONGENG" WATER ALKALIZER

"Dongeng" #1: Water Alkalizer adalah mesin water ionizer yg mampu mengelektrolisis air minum anda
Fakta: Sesuai yg dijelaskan di atas, jika anda memiliki sumber air murni (hampir tidak ada ion terlarut) maka air tersebut tidak akan mampu dielektrolisis dan pH tidak akan berubah

"Dongeng" #2: Water Alkalizer mampu menaikkan pH air kran anda
Fakta: Mungkin untuk hal ini saya tidak akan menyebut dongeng karena benar adanya mesin tersebut dapat menaikkan pH air anda. Namun ini hanya bisa terjadi saat air anda memiliki impurities yang menyebabkan pH air anda naik diikuti dengan peningkatan kadar logam kation (Na+, Ca2+) agar membuat charge di air tersebut balance. Begitupula yg terjadi saat pH air turun, maka harus ada anion (bikarbonat / sulfat) yang menstabilkan charge balance. Dan sesuai yg dijelaskan di atas, instead of mahal2 beli water alkalizer untuk menghasilkan larutan NaOH dan HOCl, akan lebih murah bagi anda untuk membeli bahan2 kimia tersebut di toko kimia terdekat..

"Dongeng" #3: Air alkaline penting untuk menyeimbangkan "pH tubuh" dan menetralisir makanan & minuman "asam" yg kita konsumsi..
Fakta: Pertama2, tidak ada istilah "pH tubuh" di dalam dunia kedokteran. pH di masing2 tubuh akan berbeda2 disesuaikan dengan fungsi masing2 bagian tubuh tersebut. Dan sesuai yg sudah dijelaskan, masing2 bagian tubuh memiliki mekanisme yg kompleks untuk mempertahankan pH di range yg mereka dapat optimal bekerja dan tubuh anda sudah memiliki mekanisme ini sejak anda lahir.
Air yg anda minum hanya akan mulai diserap di usus setelah melewati lambung dan sebelum dapat sampai ke usus, asam lambung akan membuat air minum anda menjadi asam sehingga minum air alkali tidak akan ada efek sama sekali terhadap tubuh anda..

"Dongeng" #4: Kandungan oksigen yg dihasilkan dalam proses elektrolisis sangat bermanfaat untuk tubuh.
Fakta: Kelarutan oksigen dalam air sangat terbatas dan sesuai dengan temperatur air tersebut. Selain dari itu, tubuh kita menyerap oksigen bukan dari air (kecuali anda memiliki insang seperti ikan) melainkan melalui paru2 dan air minum kita tidak akan sampai ke paru2. Jika anda memang ingin mendapatkan oksigen yg lebih, maka coba tarik nafas dalam2 aja, itu jauh lebih mudah dan murah u/ mendapatkan oksigen, gratis lagi!

"Dongeng" #5: Air alkaline / ionized water dapat berfungsi sebagai antioxidant yang melawan radikal bebas yang dapat membuat anda lebih awet muda..
Fakta: Pada dasarnya, oksigen yg kita hirup merupakan oxidizing agent yang akan mengoksidasi tubuh kita. Kita butuh mekanisme ini untuk bernafas dan mempertahankan kelangsungan hidup. Yang lucu adalah malah ada beberapa produsen air oksigen / water alkalizer yg claim bahwa minum air oksigen akan berfungsi sebagai anti-oksidan dan saya yakin bahwa anak2 SMA yg baru belajar tentang reaksi redoks juga pasti bisa mematahkan claim absurd ini. Mengenai antioxidant sendiri, tubuh kita memiliki enzim peroxidase yg berfungsi sebagai antioxidant dan enzim alamiah ini jauh lebih efektif daripada "anti-oxidant" agent yg diclaim berada di dalam air alkali / air oxygen..

"Dongeng" #6: Air alkaline akan tetap bisa ke dalam usus karena asam lambung hanya akan diproduksi saat mencerna makanan. Juga kalo asam lambung diproduksi secara terus menerus maka lama2 lambung kita bisa rusak dan bocor karenanya..
Fakta: Lambung kita akan selalu ada kandungan asam lambung di dalamnya dan lapisan di lambung kita dilindungi oleh "mucuous film" yg akan selalu diproduksi secara terus menerus. Ilustrasi mudahnya: agan pernah sakit maag karena lupa makan? Kalo asam lambung tidak diproduksi terus menerus dan hanya saat makan maka agan tidak akan pernah mengalami sakit maag..

"Dongeng" #7: Darah memang memiliki buffer pH alami 7.3-7.4 namun kalo kita minum / mengkonsumsi makanan/minum yg asam secara terus menerus, maka kemampuan buffer darah lama kelamaan akan habis dan terganggu..
Fakta: Pada dasarnya, buffer pH dalam darah kita dikontrol oleh sistem buffer bikarbonat yg terus menerus diproduksi saat kita bernafas. Kemampuan buffer darah ini tidak akan pernah habis kecuali kita berhenti bernafas..

Sekarang mari kita review claim dari produsen water alkalizer dan kita bahas ilmiahnya dari masing2 claim tersebut:

Quote:Micro Clustering = air alkaline memiliki ukuran 3-5 molekul sementara air biasa memiliki ukuran 16-20 molekul. Air dengan molekul lebih kecil dapat diserap tubuh lebih mudah.
Fakta scientific: TOTAL BULLSH*T! Dalam keadaan cair / liquid, molekul air (H2O) akan terus menerus membentuk & memutus ikatan dengan molekul H2O lainnya sehingga tidak akan pernah membentuk "cluster" tetap. Jika anda melihat di brosur / bahan iklan tentang molekul air seperti ini:

atau seperti ini

atau seperti ini

maka yg anda lihat struktur molekul H2O dalam posisi solid (atau beku). Kabar buruknya bahwa jika air di tubuh anda memiliki struktur demikian, maka air di dalam tubuh anda tidak akan mengalir. Gambar terakhir (atau semacamnya) sangat menyesatkan karena tidak ada struktur air dalam keadaan liquid yg demikian.

umumnya produsen / salesman dari water alkalizer ini mampu menyampaikan claim soal micro clustering namun saat ditanyakan mengenai detail claim, backup scientific (peer reviewed jurnal / buku ilmiah) mereka tidak akan mampu menjawab dan hanya akan meminta kita sebagai konsumen untuk percaya aja sama dia (padahal mereka aja belom tentu bener2 ngerti soal struktur molekul air)

Manfaat Air Alkaline:
- meningkatkan energi, mengurangi kelelahan
- memperlambat proses penuaan
- menyeimbangkan "pH alami tubuh"
- mengurangi rasa sakit
- meningkatkan kesehatan
- antioksidan
- dll

Fakta scientific: beberapa sudah dijelaskan di atas terutama mengenai "pH tubuh". Sisanya merupakan claim semata yg anda hanya akan baca di website yg menjual produk water alkalizer / brosur dari salesman produk water alkalizer. Anda TIDAK akan bisa temukan bukti yg kuat dari claim2 ini di buku / jurnal ilmiah dimana suatu claim tertentu akan melewati proses yg sangat ketat u/ membuktikan kebenaran claim tersebut.

Air yg asam tidak aman untuk diminum
Fakta scientific: agan pernah minum air hujan? air hujan memiliki pH sekitar 5.3-5.6 (tergantung daerah) karena karbondioksida di udara larut ke dalam air tersebut. Namun demikian memang air dengan pH serendah ini tidak enak untuk dikonsumsi maka karenanya pH air minum direkomendasikan ada di antara 6.5-8.5

Air asam yg dihasilkan water alkalizer berguna untuk:
- disinfektan
- mengencangkan dan membersihkan kulit
- antiseptic untuk luka
- menjaga tenggorokan
- menghilangkan penyakit kulit (jamur kaki, kulit melepuh, dsb)

Fakta scientific: Sama seperti point di atas, claim2 ini tidak bisa didukung oleh bukti yg kuat dan relevan dan anda hanya akan membaca claim2 seperti ini dari website / brosur penjual water alkalizer. Anda TIDAK akan menemukan pembahasan claim ini di sumber terpercaya seperti buku / jurnal ilmiah yg harus melalui proses review yg sangat ketat dimana semua claim dapat dibuktikan kebenarannya. Moreover. jika anda ingin benar2 mencoba efek dari "acidic water" ini, anda tidak perlu keluar uang mahal2 untuk membeli water alkalizer, cukup dengan mencampur cuka dapur atau meneteskan lemon di air untuk kemudian dicoba, pada dasarnya anda akan mendapatkan air dengan pH yg sama. Sesuai dengan yg sudah dijelaskan sebelumnya bahwa air acidic yg dihasilkan water alkalizer basically adalah larutan sodium hipochloride yg umum ditemukan di cairan pembersih rumah tangga (bleach).


Setelah membaca penjelasan panjang di atas, saya yakin anda masih akan bertanya
"Mengapa orang yang menderita sakit (Diabet, Hepatitis, dll ) bisa sembuh / paling tidak ada perubahan yang nyata setelah minum 3 bulan air alkaline ? bagaimana menjelaskan ini ?"
"Saya / saudara saya / teman saya meminum air alkaline dan melihat ada perubahan langsung terhadap penyakit saya"

Penjelasan secara scientific yg paling mungkin?
Quote:Placebo Effect

Definisi menurut wikipedia Indonesia: plasebo effect wikipedia ID  (id.wikipedia.org)
Definisi dalam English: Placebo Effect  (www.medicinenet.com)

Placebo effect sudah dipelajari cukup lama oleh banyak peneliti dan memang terbukti ampuh (walaupun persentasenya tidak tinggi). Beberapa link tentang placebo effect yg saya rasa sangat menarik untuk ditelusuri lebih lanjut: placebo effect article  (skepdic.com)
Efek plasebo di kompasiana  (kesehatan.kompasiana.com)

Anda akan kaget seberapa ampuh ternyata efek plasebo ini terhadap kesehatan anda dan efek ini akan jauh lebih efektif saat anda sudah mulai mencari pengobatan alternatif apalagi saat anda harus membayar untuk hal tersebut, efeknya akan jauh lebih efektif lagi..


Selain placebo effect ada penjelasan penjelasan alternatif ilmiah lainnya

HOCl (Sodium hypochloride) dalam air minum agan bisa mungkin akan masuk ke usus agan (HOCl tidak akan pecah dinetralisir oleh asam lambung) dan HOCl berfungsi untuk mematikan organisme / bakteri yang tidak bermanfaat untuk tubuh (juga mungkin mematikan bakteri yg bermanfaat untuk tubuh, setiap individual mungkin memiliki efek yg berbeda)

Namun larutan HOCl sudah dibuktikan secara ilmiah akan memicu pertumbuhan sel kanker. (referensi: C&EN (Chemical & Engineering News), 2011.03.14, p 40).

Walaupun saya tidak bermaksud mengatakan bahwa meminum air alkaline akan menyebabkan kanker, namun paling tidak bukti akan hal ini lebih kuat daripada "claim asal" yg dilakukan oleh produsen water alkalizer ini yg mengaku dapat menyembuhkan penyakit, menghambat proses penuaan & melawan radikal bebas..


Quote:METODE PENJUALAN - MLM (Multi Level Marketing)

Metode penjualan mesin air alkali / water alkalizer biasanya melalui channel Multi Level Marketing (MLM) dan hampir tidak bisa ditemukan di toko yg menjual alat kesehatan / retailer terkemuka.

Alasannya: karena dengan lewat MLM, akan sulit bagi konsumen untuk menelusuri keabsahan (validity) claim yg dibuat oleh sales2 MLM sehingga dalam hal ini konsumen kalo mau minta pertanggungjawaban akan sangat ribet urusannya. Kalo lewat toko / dijual di retailer terkemuka, mereka ndak akan mau karena kalo sampe ketawan jualan barang yg tidak bisa dipertanggung jawabkan seperti ini maka ada kemungkinan mereka dapat dituntut secara hukum karena telah membohongi masyarakat.


Quote:NEW UPDATE - Hasil Penelitian Ilmiah Tikus yang diberikan Alkaline Water

Artikelnya:
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/9922944
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/9198011
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/9524951

Ketiga artikel ilmiah ini merupakan peer reviewed journal yang sudah melalui proses review yg ketat sebelum bisa dipublish (tidak seperti claim2 tidak bertanggung jawab oleh banyak pihak mengenai efek alkaline water).

Bagi yg bingung atas artikelnya saya jelaskan sedikit keywordsnya:
myocardiac = otot jantung
necrosis = kematian patologis satu atau lebih sel atau sebagian jaringan atau organ, yang dihasilkan dari kerusakan ireversibe

Intinya tikus yg diberi air alkaline secara terus menerus menunjukkan gejala gangguan pada jantung dan enzim yg berhubungan dengan kerja jantung. Dicurigai hal ini dikarenakan tingkat kandungan potassium (Kalium dalam bhs Indonesia) dan metal cation lainnya yg mungkin disebabkan oleh konsumsi air alkaline.


Quote:LAST BUT NOT LEAST!!

Jika anda ingin coba minum air alkaline (pH>7.0) sebelum membeli water alkalizer (walopun setelah membaca artikel ini), cara yg paling MUDAH & MURAH adalah dengan menambahkan baking soda (Na2CO3) ke dalam air anda yg pastinya akan membuat pH air anda naik ke 8-9 atau mungkin bahkan 10).


Quote:SUMMARY

1. Water alkalizer tidak akan serta merta membuat air anda alkaline. Anda membutuhkan air dengan kandungan mineral tertentu (bukan air murni) untuk membuat air alkaline. Air murni tidak akan bisa dielektrolisis menjadi air alkaline/

2. Mengkonsumsi air alkaline tidak akan berkontribusi terhadap "pH tubuh" anda. Tubuh anda memiliki pH yg berbeda2 disesuaikan dengan fungsinya dan sudah memiliki mekanisme alamiah untuk menjaga pH masing2.

3. Water Alkalizer tidak akan mampu menyaring kotoran / impurities di dalam air.

4. Water Alkalizer adalah mesin yg MAHALuntuk membuat air alkali & air acid. Untuk mendapatkan air alkali yg murah, anda tinggal menambahkan baking soda ke dalam air anda atau kalo mau air asam, tinggal menambahkan cuka / lemon ke dalam air anda.


Quote:Bagi agan2 sekalian yg merasa terbantu dengan thread ini minta tolong kesediaannya untuk ikut rate



dan Share ke Teman2 baik melalui Facebook, Twitter, Instagram, Path, dll

Dan mohon diisi form berikut u/ rekomendasi supaya thread ini menjadi HT

FORMULIR SUPAYA JADI HT  (docs.google.com)


REFERENCES:
http://www.chem1.com/CQ/ionbunk.html
http://www.chem1.com/CQ/clusqk.html
http://www.chem1.com/CQ/oxyscams.html
http://cen.acs.org/magazine/89/8911.html
http://skepdic.com/placebo.html
http://www.apswater.com/article.asp?...Simple+Science  (www.apswater.com)
http://www.alkalinewaterionizers.org...-so-expensive/
http://www.alkalinewaterionizers.org...ater-benefits/
http://www.takepart.com/article/2013...fountain-youth
http://srwqis.tamu.edu/media/2240/hairston.pdf
http://www.purative.com/2012/01/scie...lkaline-water/
http://www.mayoclinic.org/healthy-li...r/faq-20058029
http://www.healthfitnessmag.com/Heal...-All-the-Hype/
http://skeptoid.com/episodes/4139
Air alkaline akan tetap bisa ke dalam usus karena asam lambung hanya akan diproduksi saat mencerna makanan. Juga kalo asam lambung diproduksi secara terus menerus maka lama2 lambung kita bisa rusak dan bocor karenanya..


ilmu dari mana tuh, jadi kalau mau mencerna makanan baru lambung akan mengeluarkan HCl yah? kalo gitu gak akan ada yang namanya tukak lambung
BEBERAPA KOMENTAR MENARIK DARI PEMBACA

Quote:Original Posted By jimmy.k4
Air alkaline akan tetap bisa ke dalam usus karena asam lambung hanya akan diproduksi saat mencerna makanan. Juga kalo asam lambung diproduksi secara terus menerus maka lama2 lambung kita bisa rusak dan bocor karenanya..


ilmu dari mana tuh, jadi kalau mau mencerna makanan baru lambung akan mengeluarkan HCl yah? kalo gitu gak akan ada yang namanya tukak lambung


Quote:Original Posted By geoboreva
ane kan sakit kanker gan, terus disuruh minum/beli mesin alkali water ini

katanya sel kanker bisa hidup dalam suasana asam dan sulit berkembang/mati dalam suasana basa, jadi kita harus menjaga pH tubuh kita dalam keadaan basa wkakakakka

kalo gitu habis ini, ane mo minum potas aja sekalian 2kg, biar darah jadi basa n kankernya sembuh


Quote:Original Posted By jaluprakosa
Dari dulu ane sudah yakin kalau air alkali itu HOAX, ane pernah di tawarin mesin KANG*N WATER yang harganya puluhan juta itu, tapi ane dari pertama udah gak percaya ama khasiatnya, logika ane sederhana aja, sama dengan logika agan Ivan, kalau memang air jenis ini begitu hebatnya dan bisa nyembuhin berbagai macam penyakit dari kanker sampe sakit kulit, pasti dokter2 Singapura sudah merekomendasikan air dan mesin ini ke pasien2nya tapi buktinya sampai sekarang ane belum pernah denger 1 pun dokter baik di Indonesia maupun di Singapura ataupun di dunia ini yang rekomendasikan mesin ini ke pasiennya. Dan juga kalau mesin ini bisa nyembuhin kanker, pasti harganya gak puluhan juta, tapi ratusan juta bahkan miliaran, dan tidak di jual bebas di pasaran, karena ini pasti mesin uang yang gak habis2nya.

Tapi setelah baca trit ini, ane bisa menemukan penjelasan ilmiah yang dapat di pertanggung jawabkan keabsahannya

Ane ucapkan terima kasih buat agan Ivan karena sudah meluangkan waktu untuk sharing ilmu dan pengetahuannya, semoga bermanfaat bagi orang banyak, semoga artikel ini bisa menghindarkan orang2 lain dari tipuan dongeng alkali water.

Ane ijin share buat temen2 ane ya gan Ivan.


Quote:Original Posted By VLADISLAUSXV
nah ni dia yang ane cari...
hati hati gan, sekarang banyak produk home made terbuat dari taperwer seperti ini:
Spoiler for homemade:


sori gambarnya jelek, kebalik nggak ya itu + sama - nya

ane pernah ditawarin kayak gini gan sama temen...
katanya air kesehatan gitu
cara kerjanya ente beli taperwer 2 biji, pralon, kabel, kawat (semacam) nichrome diameter .25-.50 an mm buat bikin coil, keran, dll, terus digabungin jadi kayak di gambar.
nanti air yang diberi listrik + akan menjadi air asam (jangan diminum), terus yang - akan menjadi air alkali (ini menyehatkan)
nyetrumnya semaleman gan, colok listrik 220...

tadinya sih ane tertarik dan percaya banget gan, tapi setelah dia memunculkan klaim:
"air asamnya jangan dibuang, buat nyiram taneman bisa tambah subur, buat cuci muka pun muka jadi lebih bersinar"
habis itu ane tanya seputar tegangan yang masuk, kenap nyetrumnya semaleman, berapa PH yang di-basa kan, terus dia jawabnya malah melenceng dari topik utama...
yaudah sampe disitu ane stop berpikir, nggak lagi lagi percaya sama statement berikutnya
seandainya dia nggak nge klaim air asam buat cuci muka sama nyiram taneman, mungkin sih ane percaya aja
ane bilang ke temen "pokoknya sebelum ada bukti ilmiah ane nggak mau beli", dianya cuma cengengesan

sori, ane bukan mau menjatuhkan lapak orang, setiap orang berhak membuat alat sperti ini...
ane cuma share aja...
kebetulan topiknya pas cucok bener... langsung ane print ah


Quote:Original Posted By Qidran
ane anak teknik kimia gan, dan ane dari awal emang gak pernah percaya sama yang kek gini. alkaline emang bahasa lainnya basa. kalo agan mau beneran bikin air alkaline, bikin aje cuka campur soda api, jadinye natrium asetat.. phnye dijamin diatas 7 dan dijamin langsung kena iritasi saluran pencernaan

ijin share ye gan..


Quote:Original Posted By Teaquilla
Untung ane ga pernah beli "air2 aneh" macem gini meskipun ane backgroundnya teknik tapi beda jauh ama ts, modal belajar kimia jaman sma dulu ane udah curiga dan ga percaya sama klaim2 yang dikasih sales itu air dan makin mantep terbukti rasa curiga ane setelah dibabar penjelasannya sama ts :


Quote:Original Posted By urisorii
Nice sharing gan, ane kimia murni , liat beberapa klaim kok terkesan aneh gitu ... Apalagi yg ttg pH kok terlalu mengkhayal banget.


Quote:Original Posted By Pathela
Awal ketemu air beginian 3 tahun lalu dan langsung ga percaya... pH tubuh???

Kalo itu air manfaatnya sampe segitu hebatnya ya seharus nya world wide implemented kan?

Mencari keuntungan dengan membodohi orang lain..


Quote:Original Posted By meets
G jg ud sering bilang air rindu cuman memanfaatkan ketololan orang orang saja.

Kadang kadang salesnya bilang ini air antioksidan, dengan membuktikan dengan airnya langsung di bakar pake korek api trus meletik -meletik.
Padahal
Faktanya : kenapa bisa meletik? Karena air tersebut dialirin listrik, makanya ada elektomagnetik positif dan negatif, hal ini wajar bisa meletik.
Kalo mau antioksidan, yang bener adalah elo makan tuh sayur dan buah2an.

Page one kalo berkenan.


Hatihati buang duit puluhan juta, hanya orang yang kurang pengetahuan dan agak to*ol yang mau beli mesinnya.




Quote:Original Posted By yogayogayoga
Wew mntep penjelasan dari Ahli nya,semua berdasarkan fakta.. Baru sabtu kemarin belajar fisiologi keseimbangn asam basa jadi lumayan ngerti,inti nya sih minum air biasa aja 1,5 lt ++ per hari insya allah sehat kwkwkwk


Quote:Original Posted By asror23
Setau ane air minum yang baik justru bukan air yang murni, dalam artian mengandung mineral asalkan tidak melebihi ambang batas yg ditetapkan oleh peraturan antara lain :
  • PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NO. 416/MENKES/PER/IX/1990 tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air
  • KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NO. 907/MENKES/SK/VII/2002 tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air Minum
  • PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NO. 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum
  • KEPUTUSAN MENTERI PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN, RI No. 167/MPP/Kep/5/1997 tentang Peryaratan Teknis Industri dan Perdagangan AMDK
  • STANDAR NASIONAL INDONESIA SNI 01-3553-1996 Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)


Apakah air alkaline memenuhi persyaratan tsb? Jika tidak maka legalitasnya perlu dipertanyakan terlepas dari klaim berkhasiat atau tidak.


Quote:Original Posted By freundschaft852
setengah jam sendiri buat baca trit ini (soalnya selain harus baca ulang-ulang biar ngeh ane jg siapin tab google klo ada yg bingung, juga buka sumber2 yg dilampirkan TS, maklum ane bukan orang kimia dan sebangsanya )

[ane coba komen dari segi/pandangan dalam kehidupan sehari2 ]
sebetulnya sih minimal orang yg berwawasan luas aja (atau orang sma rata2 deh) pasti ngeh kalo semua claim2 itu engga ada benarnya...dan selama ane melihat produk2 MLM (baik produk fisik maupun non fisik kyk bisnis, travel, haji n umroh dsb) ya ane udah pasti engga ada minat untuk membeli (karena selain udah pasti boong juga ribet toh niatnya cuman mau beli barang (kalo tertarik/kerayu omongan sales, upline) aja kok harus ini itu dulu...ya gabung lah, ya ajak bikin downline lah) selain itu kebanyakan produknya (baik fisik maupun non fisik) kebanyakan belum terlalu dikenal dan diakui dunia, ya minimal dalam negeri dulu deh (itupun juga orang indo pasti ragu)
tapi masih ada (sedikit) mlm yang masih mau jujur dan diyakini, dan juga berani menjual di toko2 fisik, ambil contoh perusahaan kyk Amw*y, h*rbal*fe

ya intinya sih beli barang/jasa mah yang pasti-pasti aja deh (yang udah banyak rujukan, sertifikat atau semacanya, diakui dsb)


Quote:Original Posted By Blind Sniper
Sebelum baca thread ini, ane udah gak percaya sama kangen water dan sejenisnya yg di klaim bisa menyembuhkan penyakit ini itu. Apa lagi si pemilik kangen water dengan pede nya pasang muka doi dengan pakaian khas kebesarannya guna meyakinkan calon pembeli. Bukannya tambah yakin malah semakin antipati yg ada sama produk 1 itu.

dan setelah baca thread ini, semakin yakin kalau pemikiran awam ane sejak lama terhadap kangen water dan sejenisnya yg punya berbagi khasiat adalah HOAX.

TS you're the real MVP.


Quote:Original Posted By rangermerah007
loalah.. budhe ane skrg lg sakit stroke gan, trus dsaranin sama orang2, disuruh minum air alkali biar sembuh.. udah 2 bulan rutin minum air tadi, efekny budhe ane cuma kliatan lbih seger (rada gemukan) badanny.. tp kondisi laenny masih tetep..
berarti itu cuma bhasa promosi y, walah hargany mahal sisan, 3btl = 1 galon aq*a,,,,

btw saran no 9 itu bahaya bgt klo dcoba beneran, g cuma ph lambung yg berubah, hancur smw mulai mulut sampe an*s.. wkwk....


Quote:Original Posted By arubeeto
pejwan ya gan

profeson ane, Prof. Andreanus Soemardji, pernah dikonsul sama koleganya tentang suaminya yang tiba2 jadi pikun tanpa sebab...ditelisik, ternyata suaminya banyak mengonsumsi ALKALINE WATER...

gan,gw kasih tahu ya..pH lambung itu asam bukan karena sebab, hal itu khusus untuk memungkinkan enzim enzim tubuh memecah senyawa senyawa dan struktur kimia kompleks yang terkandung di dalam makanan yg kita konsumsi...
salah satu hasil berakdown itu adalah asam amino, yang juga dibutuhkan oleh setiap sel tubuh,termasuk sel otak/neuron

gimana kalau pencernaan kita terganggu akibat enzim tsb tidak bisa bekerja, karena enzim tersebut inaktif (tidak bisa bekerja di pH yang sesuai untuk reaksi pemecahan tersebut)..intinya lu makan protein keluar protein,,,percuma lu makan..
alhasil jadilah beberapa penyakit yang mengganggu, seperti yang diceritain tadi, mirip alzehimer padahal bukan..
hal ini berlaku untuk enzim pencernaan lain..bisa jadi malah perut ente kembung, karena proses pemecahan karbohidrat, lemak, dan protein tidak berjalan dengan baik, Gan

lagipula, darah punya sistem buffer yang menjaga pH darah, mau lu gimanain juga (kecuali lu punya penyakit macam diabetes, atau lu udah UZUR dll), lu ga akan pernah menderita perubahan pH yang berarti diluar range buffer darah lu...

darisini bisa disimpulkan, minum alkaline water sama sekali tidak memberikan efek yang berguna seperti membuat awet muda, antioksidan, mengobati penyakit lah...

minum air putih saja 8 gelas sehari, keeps doctor away, medical bill tidak membengkak
tidak usah tertipu dengan klaim klaim air berkhasiat, karena sekali lagi, itu cuma AIR, bukan OBAT!


Quote:Original Posted By AFTAKNIL95
ane inget omongan 2 dosen ane yang bilang kalo produk-produk cem dari MLM atau home shopping ngawur dari prinsip kimia.
satu dosen bilang "saya heran ada air bentuknya heksagonal, memang ada tapi masa hidupnya sangat pendek, hanya nol koma sekian detik, nyampe 1 detik aja enggak."
satu dosen lagi bilang "air yang ada kandungan oksigen, yang ada ketika dibuka oksigen yang ada didalam air akan keluar dan ga akan ada diair (akan berada dalam tekanan 1atm yang sesuai dengan tekanan dilingkungan) ."
maaf kalo ane salah, dan mohon koreksi juga jika ada kesalahan.


Quote:Original Posted By dropdeadfans
hahaha iya gan yang air2 alkali gitu mah hoax ane jurusan kedokteran kebetulan semester awal terus lg belajar sistem pencernaan,bener yg dikatakan ts kalo dilambung tuh ada yg memproduksi mukus buat netralin ato mencegah asam lambung itu ngelukain permukaan lambung.
Quote:Original Posted By ivandjaw


hahaha

agan tau sendiri kalo salesman jualan apalagi kalo jago, kuda dibilang bisa terbang aja orang percaya, apalagi kalo target marketnya ga punya background pengetahuan akan produk yg ditawarkan

btw thanks for reading gan, minta tolong bantu rate & share ke teman2 sekalian


ini mah ciri2 marketing yg cuman bertujuan nyari untung doang yg memanfaatkan kebodohan konsumennya yg kurang pengetahuan doang, bener bener barang ajaib nih

ane share ke temen ane yah

tapi ane gak bisa rate, agan tau sendiri kan rate di mobile version lagi eror (online di opmin nih )
Alkaline water=Marketing Scam

lumayan legkap juga gan
bingung mau nambahin apa
sampe jurnal yang bahas pun udah dikasih linknya
mantap
ini ada review juga dari yang lain
garis besarnya mirip ama yang TS sajikan
Review 1  (www.apswater.com)
Review 2  (www.purative.com)
terima kasih sudah mau berbagi TS



edit ternyata udah masuk ke referensi penulisan agan TS juga
RESERVED

KOMENTAR DAN PERTANYAAN AGAN2 SEKALIAN AKAN SAYA RANGKUM DAN SAYA JAWAB DI SINI

STAY TUNED
ane kan sakit kanker gan, terus disuruh minum/beli mesin alkali water ini

katanya sel kanker bisa hidup dalam suasana asam dan sulit berkembang/mati dalam suasana basa, jadi kita harus menjaga pH tubuh kita dalam keadaan basa wkakakakka

kalo gitu habis ini, ane mo minum potas aja sekalian 2kg, biar darah jadi basa n kankernya sembuh
Ternyata hoax ya. Ane pernah ditawarin air minum macam2 ginian, bahkan dijelasin tingkatan kemurnian air, semakin murni semakin bagus. Ane ga begitu percaya sih, kalau murni bagus kenapa ga minum aquades sekalian. ._.
Kalau air RO yg biasa di tempat isian ulang itu gimana gan? Sehat ga?
Pertanyaan ane oot ga ya..
Quote:Original Posted By jimmy.k4
Air alkaline akan tetap bisa ke dalam usus karena asam lambung hanya akan diproduksi saat mencerna makanan. Juga kalo asam lambung diproduksi secara terus menerus maka lama2 lambung kita bisa rusak dan bocor karenanya..


ilmu dari mana tuh, jadi kalau mau mencerna makanan baru lambung akan mengeluarkan HCl yah? kalo gitu gak akan ada yang namanya tukak lambung


hahaha

agan tau sendiri kalo salesman jualan apalagi kalo jago, kuda dibilang bisa terbang aja orang percaya, apalagi kalo target marketnya ga punya background pengetahuan akan produk yg ditawarkan

btw thanks for reading gan, minta tolong bantu rate & share ke teman2 sekalian

Quote:Original Posted By jimmy.k4


ini mah ciri2 marketing yg cuman bertujuan nyari untung doang yg memanfaatkan kebodohan konsumennya yg kurang pengetahuan doang, bener bener barang ajaib nih

ane share ke temen ane yah

tapi ane gak bisa rate, agan tau sendiri kan rate di mobile version lagi eror (online di opmin nih )


makasih gan, monggo dishare sebanyak2nya supaya semakin banyak orang baca dan ngeh sebelum makin banyak uang yg dibuang percuma untuk produk yg menyesatkan seperti ini..

Quote:Original Posted By kingkin28
Alkaline water=Marketing Scam

lumayan legkap juga gan
bingung mau nambahin apa
sampe jurnal yang bahas pun udah dikasih linknya
mantap
ini ada review juga dari yang lain
garis besarnya mirip ama yang TS sajikan
Review 1  (www.apswater.com)
Review 2  (www.purative.com)
terima kasih sudah mau berbagi TS



edit ternyata udah masuk ke referensi penulisan agan TS juga


makasih gan, monggo bantu dishare ke temen2, sodara2 & tetangga sekalian

ane rencana pengen buat versi summary & simplenya untuk dipost di lounge yg kemudian akan direferensi ke trit ini, tunggu nanti kapan sempet & kalo lagi mood nulis deh hahaha

Quote:Original Posted By geoboreva
ane kan sakit kanker gan, terus disuruh minum/beli mesin alkali water ini

katanya sel kanker bisa hidup dalam suasana asam dan sulit berkembang/mati dalam suasana basa, jadi kita harus menjaga pH tubuh kita dalam keadaan basa wkakakakka

kalo gitu habis ini, ane mo minum potas aja sekalian 2kg, biar darah jadi basa n kankernya sembuh


wahahaha, kocak gan comment agan

Quote:Original Posted By liciousines
Ternyata hoax ya. Ane pernah ditawarin air minum macam2 ginian, bahkan dijelasin tingkatan kemurnian air, semakin murni semakin bagus. Ane ga begitu percaya sih, kalau murni bagus kenapa ga minum aquades sekalian. ._.
Kalau air RO yg biasa di tempat isian ulang itu gimana gan? Sehat ga?
Pertanyaan ane oot ga ya..


RO itu teknologi yg sudah cukup lama ada gan, asal instalasi dan proses penyaringannya steril gak masalah, semua negara maju pake RO untuk air minum mereka koq

btw thanks udah mampir gan, kalo bisa tolong ikut bantu share ke teman2
nais inpoh gan


Quote:Original Posted By liciousines
Ternyata hoax ya. Ane pernah ditawarin air minum macam2 ginian, bahkan dijelasin tingkatan kemurnian air, semakin murni semakin bagus. Ane ga begitu percaya sih, kalau murni bagus kenapa ga minum aquades sekalian. ._.
Kalau air RO yg biasa di tempat isian ulang itu gimana gan? Sehat ga?
Pertanyaan ane oot ga ya..


perangkat di tempat isian ulang ada yg secara berkala harus diganti & berkala pula diuji untuk sertifikasi.
masalahnya apakah semua tempat isian ulang mau menjalankan SOP tsb?
Quote:Original Posted By 2V7
nais inpoh gan
perangkat di tempat isian ulang ada yg secara berkala harus diganti & berkala pula diuji untuk sertifikasi.
masalahnya apakah semua tempat isian ulang mau menjalankan SOP tsb?


betul sekali gan, kalo ngomong soal teknologinya RO itu valid dan sudah umum dipakai dimana2, cuma masalahnya sekarang di tempat isi ulang ini apakah mereka rutin ganti filter saat sudah kotor, apakah instalasi mereka steril, apakah mereka mengikuti semua saran dari produsen / SOP yg sudah ditentukan?

anyway, makasih udah mampir gan, minta tolong bantu share ke teman2 supaya semakin banyak orang yg baca dan tidak kemakan atas scam ini
Quote:Original Posted By ivandjaw


RO itu teknologi yg sudah cukup lama ada gan, asal instalasi dan proses penyaringannya steril gak masalah, semua negara maju pake RO untuk air minum mereka koq

btw thanks udah mampir gan, kalo bisa tolong ikut bantu share ke teman2


Siap gan
Thanks ya infonya
Quote:Original Posted By 2V7

perangkat di tempat isian ulang ada yg secara berkala harus diganti & berkala pula diuji untuk sertifikasi.
masalahnya apakah semua tempat isian ulang mau menjalankan SOP tsb?


Kayanya ga deh, ribet
Malah kayanya ga semua pengusaha isi ulang air minum tau. Kayanya loh.
Quote:Original Posted By ivandjaw


makasih gan, monggo dishare sebanyak2nya supaya semakin banyak orang baca dan ngeh sebelum makin banyak uang yg dibuang percuma untuk produk yg menyesatkan seperti ini..



makasih gan, monggo bantu dishare ke temen2, sodara2 & tetangga sekalian

ane rencana pengen buat versi summary & simplenya untuk dipost di lounge yg kemudian akan direferensi ke trit ini, tunggu nanti kapan sempet & kalo lagi mood nulis deh hahaha


sip bray

seharusnya trit ini direkomended HT supaya banyak yg tau, tapi gw lagi on di HP. jadi gak bisa ngeklik shorten link thread ini
Temen ane banyak nih yg jualan air beginian, ternyata HOAX ya, untung ane ga jdi korban
Kalo minum air lemon atau jeruk nipis tiap hari itu betul bermanfaat utk kesehatan? Karena katanya walaupun rasanya asam tapi kalo udah diminum air lemon atau jeruk nipis itu akan membuat tubuh menjadi basa?
Quote:Original Posted By liciousines


Kayanya ga deh, ribet
Malah kayanya ga semua pengusaha isi ulang air minum tau. Kayanya loh.


haha, kalo gitu ya sama aja boong

Quote:Original Posted By pikachu21
Temen ane banyak nih yg jualan air beginian, ternyata HOAX ya, untung ane ga jdi korban


betul gan, mereka biasa jual via MLM karena kalo lewat toko ga bisa. Penyebabnya? Sistem jualan MLM memungkinkan si penjual untuk membuat 1001 claim yg ga bener dan susah dilacak..

Quote:Original Posted By USS Voyager
Kalo minum air lemon atau jeruk nipis tiap hari itu betul bermanfaat utk kesehatan? Karena katanya walaupun rasanya asam tapi kalo udah diminum air lemon atau jeruk nipis itu akan membuat tubuh menjadi basa?


ane pernah baca gan tapi itu kayaknya beda deh dengan air putih pada umumnya

btw gimana supaya bisa trit ini direcommended jadi HT ya gan?
Quote:Original Posted By jimmy.k4


sip bray

seharusnya trit ini direkomended HT supaya banyak yg tau, tapi gw lagi on di HP. jadi gak bisa ngeklik shorten link thread ini


eh ketinggalan commentnya agan

gimana ya gan supaya bisa dapat recommendation biar jadi HT?
Quote:Original Posted By ivandjaw


eh ketinggalan commentnya agan

gimana ya gan supaya bisa dapat recommendation biar jadi HT?


https://docs.google.com/forms/d/1QGV...hjOT8/viewform

klik ajah link itu, terus isi formnya.

di HT juga banyak masang link ini biar banyak yg rekomended HT kok
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar