Pages


Rabu, 15 April 2015

[EDUCATION] Korea Selatan tak se-ramah Drama dan Idolsnya [Must To Do]

Spoiler for Alhamdulillah jadi HT gan #1 HT:



안녕하세요, 어떻게 오늘인가?
annyeonghaseyo , eotteohge oneul-inga ?


Halo agan dan aganwati sekalian, Bagaimana kabarnya?
Udah lama ane nggak bikin thread.

Oke pertama yang dilakukan itu check no repost
Spoiler for No Repost:

Sudah ada bukti nggak repost kan thread ane

Dari tahun-tahun kemaren sampai sekarang nih, Hiburan dari Negeri Gingseng ini sudah mengakar di kalangan remaja di Indonesia ataupun Dunia.

Spoiler for EXO:

Para aganwati pasti tahu mereka siapa kan? Yaph bener, mereka Idol Grup yang lagi dan masih booming di korea selatan dan dunia. Mereka juga baru merilis album baru mereka EXODUS denga 1st single Call Me Baby Bukan hanya EXO saja tapi banyak Idol Grup yang lagi dan masih booming, seperti:
Spoiler for 2PM:

Spoiler for T-ARA:

Spoiler for GOT7:

Spoiler for SISTAR:

Dan masih banyak lagi gan.

Nggak Cuman Idolnya, dramanya juga bisa dibilang lebih keren daripada sinetron Indonesia. Alur cerita yang susah ditebak juga imajinasi para script writer yang sanggup menghidupkan tokohnya dan juga para aktor dan aktrisnya yang mempesona jadi paduan yang sempurna di Drama Korea.
Spoiler for The Girl Who Sees Smells:

Spoiler for Angry Mom:

Spoiler for Kill Me Heal Me:


Ternyata remaja indonesia juga nggak ketinggalan acara Variety Show Korea juga gan.
Spoiler for running man:

Nggak cuma Runningman gan, Infinity challenge dan We Got Maried juga jadi bahan tontonan yang menarik bagi para remaja Indonesia.
Spoiler for Infinity Challenge:

Spoiler for We Got Maried:

Orang-orang yang bersahabat di korea, Kebudayaan yang indah, Hiburan yang tiada henti, Kehidupan yang mudah. itu semua yang menjadikan para remaja atau orang dewasa di Indonesia atau Dunia ingin menetap di korea.

SEBENARNYA
Melihat korea dari hiburan telivisi itu sungguh bias. Korea seakan-akan di buat seperti negara yang sangat bersahabat bagi para orang asing yang ingin tinggal dan hidup disana.
Dan ini beberapa fakta yang perlu agan dan aganwati tahu dan lakukan sebelum memutuskan untuk hidup di Negeri Gingseng.
Quote:Original Posted By PERTAMA
Spoiler for Housewife:
Di negara korea yang sangat maju, masyarakatnya masih belum benar-benar menerapakan kesejajaran antara pria dan wanita. Wanita di sana hanya di anggap sebagai makhluk no.2 yang harus bisa patuh terhadap laki-laki.

Quote:Original Posted By KEDUA
Spoiler for Freedom Of Speech:
Kebebasan berpendapat hanya ilusi belaka di Korea Selatan. Seperti artikel ini Criticizing President is Dangerous  (www.koreabang.com). Di artikel tersebut disebutkan bahwa Pers kalau terlalu extreme saat memberitakan pemerintah pasti kehidupannya kedepan tidak akan nyaman.

Quote:Original Posted By KETIGA
Spoiler for Alien Card:
Disana agan kagak bisa seenaknya sendiri tinggal disana berbulan-bulan gan. Nggak kayak di drama korea yang orang luar negeri seperti jepang bisa langsung bekerja di korea. Agan harus mempunyai Kartu Orang Asing (Alien Card) jika berencana untuk tinggal lebih dari 90 hari. Untuk ini, agan perlu paspor dan visa seta formulir aplikasi yang bisa agan dapatkan di kantor imigrasi, dan foto ukuran paspor (jika agan nggak punya foto, tenang saja, disana menyediakan bilik untuk foto). Pada dasarnya, memiliki kartu alien itu untuk memastikan agan memiliki nomer ID sementara, yang agan butuhkan kalau ingin mengakses berbagai macam layanan di Korea Selatan (seperti mendapatkan ponsel)

Quote:Original Posted By KEEMPAT
Spoiler for Bank Account:
Tidak sedikit rentenir di Korea gan. Tidak hanya orang asing yang jadi sasaran empuk atas ketidak tahuan mereka gan. Orang korea pun banyak yang terjerumus.Membuka Rekening Bank itu sangat diharuskan bila ingin tinggal beberapa bulan atau lebih. Yang anda butuhkan untuk membuka rekening adalah paspor dan alamat tempat tinggal (untuk mengirimkan berkas-berkas)

Quote:Original Posted By KELIMA
Spoiler for Smartphone:
Korea selatan adalah salah satu negara yang sangat terobsesi dengan smartphone. Tapi disana agan nggak bisa seenaknya beli smartphone gan atau handphone. Satu orang hanya di perbolehkan punya satu handphone atau smartphone gan.
Membeli smartphone di Korea sangat rumit gan. Tapi ane saranin beli smartphone bekas gan, karena biayanya lebih murah.
Ane masih belum paham gan tentang ini, ta kasih artikelnya aja ya, bisa agan baca sendiri
Cara mendapatkan smart phone di korea (English)  (www.justlanded.com)
Spoiler for Kira-kira artinya seperti ini gan (Google Translate):
Penyedia utama

Korea Telecom (KT) adalah perusahaan milik negara yang telah mendominasi berbagai telekomunikasi dari ponsel ke internet. SK Telecom, yang dikendalikan oleh SK Group, menawarkan layanan telepon selular dan penyedia layanan terkemuka di Korea. Telepon dan rencana yang dijual di toko-toko dan kantor-kantor di seluruh negeri.
Hambatan untuk ekspatriat

Banyak perusahaan membutuhkan semacam biaya aktivasi dan bahkan biaya asuransi pada saat pembelian ponsel dan rencana. Perusahaan-perusahaan tertentu, seperti SK Telecom, menyediakan asuransi dengan biaya mereka. Sayangnya, asuransi ini tidak tersedia untuk orang asing dan anak-anak (di bawah 18). Biaya aktivasi, dibutuhkan oleh semua, berjumlah sekitar 55.000 won ($ 60 USD). Beberapa perusahaan juga memerlukan 200.000-250.000 won ($ 216-270 USD) deposito pada sign-up, semata-mata untuk orang asing. Karena banyak operator tidak menerima peringkat kredit asing, jika Anda tidak memiliki rekening bank lokal di Korea, Anda mungkin terpaksa untuk membayar layanan dimuka atau secara tunai setiap bulan. Seiring dengan uang, Anda akan perlu:

Kartu pendaftaran orang asing dan
Paspor

Jika Anda memutuskan untuk membawa warga negara Korea berbahasa untuk mewakili Anda (sangat dianjurkan), ia / dia harus membawa / KTP nya. Membawa bersama teman akan memfasilitasi proses dan memungkinkan Anda untuk membayar tagihan bulanan, sebagai lawan pra-membayar segala sesuatu segera, jika ponsel tersebut terdaftar atas / namanya.
Rental dan telepon prabayar

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Korea hanya untuk waktu yang singkat dan ingin menyimpan nomor ponsel Anda saat ini atau tidak ingin terikat dengan kontrak, ada pilihan lain yang tersedia. Ada layanan yang memungkinkan Anda untuk menyewa telepon setiap hari atau bulanan dan beberapa bahkan memungkinkan Anda untuk menyimpan nomor Anda saat ini. Anda dapat pergi online untuk pre-order satu atau menyewa satu di bandara setelah Anda tiba. Kejatuhan hanya adalah biaya. Karena mungkin lebih murah daripada menggunakan telepon hotel dan lebih mudah daripada kartu panggil, ada biaya sewa bersama dengan biaya untuk setiap panggilan.

Ada beberapa jenis penyewaan telepon dan kontrak prabayar. Umumnya dengan penyewaan telepon, semakin rendah biaya sewa, semakin tinggi biaya per menit. Jika sebuah perusahaan menawarkan biaya sewa harian sebesar $ 6-8 USD, biaya pembuatan panggilan bisa dimana saja dari $ 0,015-1,00 USD menit. Di sisi lain, ada beberapa yang menawarkan biaya sewa rendah $ 2,00 per hari tapi biaya sedikit lebih untuk setiap menit panggilan.

Perusahaan-perusahaan yang menawarkan telepon prabayar biasanya memungut kurang dari mereka yang hanya menyewa mereka. Banyak kali, perusahaan akan meminta Anda untuk membuat setoran awal dan biaya panggilan Anda dapat dikurangkan dari deposito itu. Salah satu manfaat adalah bahwa banyak ponsel sewa memungkinkan panggilan masuk gratis. Jika Anda tidak ingin berurusan dengan mendaftar untuk kontrak berjangka waktu di bawah nama orang lain dan ingin membayar saat Anda pergi, metode ini mungkin Anda terbaik.

Quote:Original Posted By KELIMA
Spoiler for Kamar Tidur:
Biaya sewa tempat tinggal di Korea cukup mahal. Untuk satu kamar tidur seperti gambar di atas aja biaya sewanya $300-$500 perbulannya gan. Itu hanya punya fasilitas 1 tempat tidur (Single Bed), 1 meja belajar yang jadi satu sama lemari, Listrik, dan dinding yang tidak kedap suara. Jadi, kalau agan berisik, tetangga kamar agan akan gedor-gedor tembok dan itu bakal memalukan banget gan

Quote:Original Posted By KEENAM
Spoiler for MAKANAN:
Banyak berbagai macam makanan gan dikorea tergantung provinsinya (seperti di Indonesia). Disana juga punya budaya untuk makan malam bersama gan. nggak tanggung-tanggung gan, sekali makan malam bersama, pasti meja akan full dengan makanan. Orang korea makan sangat cepat gan, walaupun makanannya itu masih panas, mereka makan tanpa menunggu makanan itu dingin gan. Nah bagi yang cukup umur, saat makan malam pasti dibarengin dengan minum SOJU gan. Menurut survey di Korea, warga negaranya sangat banyak mengkonsumsi alkohol. Jadi menurut ane, disana lebih bebas mengenai alkohol gan.
Oh iya gan, buah-buahan disana sangat mahal gan. Bayangkan gan, seplastik Apel (10 biji) dengan kualitas biasa aja harganya $20.


Quote:Original Posted By KETUJUH
Spoiler for Bahasa Korea:
Agan harus belajar bahasa Korea gan. Karena nggak semua orang disana bisa bahasa Inggris (seperti di Indonesia). Manfaatnya biar agan tidak tersesat, walaupun tersesat, agan bisa tanya dengan masyarakat sekitar agar diberitahu jalan yang benar gan. Oh iya gan untuk berbicara pun ada levelnya gan. Ibaratnya kalau di indoneisa itu seperti [SAYA - ANDA] untk yang lebih tua atau jabatan lebih tinggi dan [LO - GUE] lebih kepada teman


Quote:Original Posted By KEDELAPAN
Spoiler for Bows:
Budaya menghormati yang lebih tua sangat penting disana gan. Bahkan disana harus membungkuk 90derajat saat memberi salam kepada yang lebih tua atau yang punya jabatan lebih tinggi.


Quote:Original Posted By KESEMBILAN
Spoiler for Kerja:
Pegawai baru di Korea sangat dipandan sebelah mata gan. Tugas dari pegawai baru adalah menyiapkan segala sesuatu bagi seniornya. Senioritas sangat tinggi, jadi tidak ada istilahnya kalau senior itu salah melainkan juniorlah yang kurang bisa memahami maksud dari senior.


Itu beberapa point dari ane gan setelah membaca banyak artikel di Internet.

Kesimpulannya, agan harus mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan negara yang akan agan tinggali (Untuk thread ini KOREA SELATAN). Biar tidak terjadi Culture Shock yang menyebabkan agan tidak bisa bersosialisasi dengan baik dan menyebabkan agan tidak betah tinggal lama disana.

Okeh gan, terima kasih sudah mampir dan baca thread ane gan.
Oh iya gan, bisa di rating 5 juga gan.
Jangan lupa untuk comment juga biar bisa dibaca sama agan-agan yang lain.


UPDATE


Kalau pengen tahu bagaimana orang luar negeri yang berusaha survive ketika tinggal di korea gan.
Totalnya ada 5 episode.
(English Subtitle)
Spoiler for EPISODE 1:

Spoiler for EPISODE 2:

Spoiler for EPISODE 3:

Spoiler for EPISODE 4:

Spoiler for EPISODE 5:
Buat Update atau Pengalaman dari kaskuser lainnya

Quote:Original Posted By edwinsetia
ane juga pernah baca gan kalo gak salah kalo kita kerja di perusahaan Korea senioritas sama ras tuh keliatan banget.
ane pernah baca kalo masalah gaji emang perusahaan Korea itu gajinya bisa dibilang lebih, tapi lingkungan kerjanya itu loh :ngeri *CMIIW


Quote:Original Posted By YEAHH.Duudes
alumni univ ane banyak yg ngeluh pas kerja di perusahaan2 korea. atasannya arogan banget. dia mandang rendah semua orang yg bukan berasal dari negaranya dia.
ane dulu waktu kuliah juga sempat ngalamin bergaul dengan orang korea (meski ga bisa dibilang bergaul juga sih ). ada student exchange dari korea. cewe gan! cuma beda jauh ama cewe korea yg ditipi-tipi, gendut pendek gak mau bersosialisasi lagi padahal temen2 cewe ane udah pada ngajakin tuh buat jalan2 bareng/belajar bareng soalnya kasian juga doi sendirian trus kuliahnya rata2 masih pake bahasa indonesia semua . eh malah doi tolak duduknya pun selalu paling belakang. gara2 sempat ditolak jadi pada segan ngajak doi duduk bareng
beda jauh waktu student exchange dari belanda, masih inget cewe namanya kimberly : cakep banget, trus ramah lagi. diajak ke alun-alun mau. diajak main putsal mau dan tiap kuliah duduknya selalu membaur

intinya ya tiap negara punya budaya masing-masing kali ya


Quote:Original Posted By roseblast
  • rasisme nya tinggi gan (suku, agama, ras, kasta penting bgt bagi mereka)..

  • korea selatan menganggap rendah manusia berkulit gelap (sawo matang-nigga)

  • korea selatan masyarakatnya gemar melakukan bullying / verbal bullying terhadap orang yang memiliki kekurangan seperti jelek, gemuk, dsb..

  • di sisi lain korea selatan juga memandang sebelah mata orang yang melakukan operasi plastik.. (jelek dihina, oplas lebih dihina)

  • tingkat stres di korea selatan tinggi gan, penyebabnya bisa dari segala aspek, pendidikan, kesejahteraan, percintaan, pekerjaan, dll, di perparah lagi disana orang sangat gemar minum soju hingga mabuk, ujung"nya pulang ke rumah minum obat hingga OverDosis, Tewas deh

#CMIIW
pernah ada surveynya dari stasiun tv internasional lupa ane, liat di youtube waktu itu..


Quote:Original Posted By wah.wah.wah
yap beli HP harus pake id card dan satu id card cuma boleh punya HP satu


Quote:Original Posted By animegasuki
Ane tinggal di Korea gan, udah lama malah, apa yang di jelaskan TS hampir semua nya benar, tapi gak seluruhnya.

1. Yang pasti kerja keras, kalo gak, gak bisa hidup, disini butuh dana banyak, yang sedikit aneh bagi kita, wanitanya banyak yang nyari duit buat nikah, jadi hidup nya kerja, nyari duit. Gak ada tujuan jelas hidup, kebanyakan atheis disini. Hidup disini harus kerja keras, gak seindah di drama-drama, tapi kalo punya skill disini, benar-benar dihargai. Saya sudah lama hidup di Korea, tapi kebanyakan drama Korea atau boyband nya buat saya mual

2. Masalah rasis, jelas disini rasis banget, tapi tak semuanya. Gak tau kenapa, selama saya hidup di Korea, saya ketemu orang Korea yang baik-baik saja, terutama yang pendidikan tinggi. Saya tak pernah merasakan rasis atau apalah. Punya budongsan baik orangnya, tau budongsan kan, itu yang megang wilayah perumahan, jadi kalo mau nyewa kamar (rata-rata disini apartemen atau 1 room gitu), jadi kita harus ke budongsan.
Punya teman, baik semua, waktu belajar bahasa Korea, songsengnim (guru) nya baik juga dan pintar, cewek gan, malah beda bener dari orang Korea kebanyakan, dia berpendapat bahwa gak harus mabuk untuk berteman dan saya bilang ke dia, saya gak minum minuman keras dan gak merokok, dan songsengnim saya bilang itu bagus buat kamu... beda benar dari kebanyakan orang Korea.
Punya boss baik banget, terkadang gak habis pikir, dia ini orang Korea atau bukan.

3, Yang masalah beli HP itu benar, harus daftar pake alien card kalo foreigner, hanya boleh 1 nomor per orang. Peraturan disini sangat ketat, semua data kita tercatat di bagian emigrasi, tercatat di internet, jadi gak bisa lari kemana kalo ada kasus.

4. Pelayanan publik nya sangat baik, infrastruktur sangat baik, kalo untuk masalah ini, Korea benar-benar dua jempol.

5. Masalah rasis sama kulit gelap, memang sering terjadi, tapi arus sekarang sedang ada perubahan, walau sedikit-sedikit, terutama yang berpendidikan tinggi, sering banget mengkritisi masalah rasis ini. Mungkin gak akan percaya, kalo ada cowok gelap, sebagai contoh orang bangladesh, pacarnya cewek Korea, jadi intinya, kalo masalah cewek ini, tergantung skill masing-masing.

Jadi memang, dilihat secara umum memang, Korea itu sangat keras, gak bersahabat, tapi... kalo ketemu yang baik, baik banget.

Mungkin ane beruntung kali yah, gak pernah ada kesulitan disini, setiap ada kesulitan, pasti ada bantuan, oleh orang Korea sekalipun.


Quote:Original Posted By civilianzway
1 lagi agan TS, karakter masyarakat nya, dulu meeting kalo kaga ribut bukan korea namanya, sampe lempar lemparan kursi...hahahaha, give up ane sama orang korea, masih lumayan jepang kemana mana, tutur katanya sopan, beda sama korea, kalo minta tolong udah ky budak, dan 1 lagi, mereka rata rata panikan type nya, jadi mau kerja bagus atau jelek tetep aja dimaki maki kaga pake reward "good job" begitu, dan terakhir PELIT nya kaga ketulungan


Quote:Original Posted By 3770372
ane pernah kerja praktek, bosnya org korea
disiplin bgt, walau ane ga digaji tp hrs ikut upacara perusahaan tiap hari
klo plg nunggu bos plg, tp yg kerja praktek blh plg dluan

ane pernah ngobrol sm rekanan klo di korea mending bli bir dr pd air, krn aor lbh mahal dr bir
paket KF* aja 200rb yg disini biasa 40-50rban

eh iya, di korea hrs pake kakao talk/produk chatnya korea, LINE ga bisa, whatsapp krg tau deh..


Quote:Original Posted By vindodesign
pengalaman liburan di Korea Selatan selama 10 hari..ternyata biasa banget..

kota nya jorok...orang2 nya jutek..hampir tiap hari sy liat orang berantem entah di jalan maupun di station MRT...

kalau agan2 punya duit mendingan liburan ke Jepang dulu deh..beda 180 derajat! lebih puas...nyaman, bersih, orang2 nya ramah, makanan nya enaaak....

hanya berbagi pengalaman aja ya...thanks


Spoiler for agan ini pendapatnya panjang banget, jadi ane kasih spoiler:
Quote:Original Posted By NgOh2
Sedikit meluruskan, Gan! Dari sudut pandang WNI yang hidup bertahun2 di Korea Selatan dan married sama orang Korea, point2 yang Agan tulis di sini bisa dibilang sebagian besar terlalu men- generalisir dan banyak yang sebenarnya mitos dari orang-orang asing terhadap KorSel.

X Salah Gan, orang Korea ga ngomong seperti itu buat menyapa, dan posisi kata-katanya pun salah.

Tapi 안녕하세요? 잘 지냈어요? dengan arti apa kabar, bagaimana kabarmu.






Ini mitos typical banget berdasarkan pandangan orang asing. Wanita harus patuh terhadap pria itu udah jaman dulu banget, waktu awal2 dia merdeka. Kalau sekarang, liat aja dari presidennya yang juga wanita, wanita Korea itu diperlakukan sederajat dan dihargai (well, seengganya jauh lebih baik dibanding di Indonesia). Di sini. cowo2 Korea punya kebiasaan membawakan tas cewe2nya, ringan ataupun berat, walaupun dia keliatan lucu bawa2 tas tangan wanita di depan umum. Memang, wanita susah naik karirnya dalam pekerjaan formal, dibandingkan pria. Tapi itu kebanyakan karena wanita ada cuti hamil, melahirkan, dll. ^^



Ini juga mitos. Orang Korea senang banget mengkritik sana sini di forum-forum dan ga ada yang ditangkep polisi. (kecuali menyebabkan pencemaran nama baik). Laki ane dulu seneng banget ngehujat presiden korea terdahulu, sampe sekarang hidup nyaman, aman, tentram.



Di Indonesia juga orang asing butuh KITAS kok. Dan sepengetahuan gw, di Jepang dan negara2 lain rata semua orang asing diharuskan punya identitas macam ini. Alien Card itu KITAS versi Korea. Digunakan sebagai kartu identitas dan kartu jaminan sosial. Ini kartu sakti yang bisa dipake buat mengurus semua keperluan, mulai dari sekolah, belanja sampai asuransi. FYI, daftar GMarket pun butuh Alien Card.



Rentenir memang banyak Gan. Tapi dia jarang menjerumuskan orang asing. Maklum, ada kendala bahasa.

Yang dibutuhkan untuk buka rekening bank, bukan passport dan alamat, tapi alien card dan alamat. Modal passport doank ga dikasih buka rekening.



Yang susah itu bukan beli smartphonenya, tapi beli simcardnya. Smartphonenya asal tanpa chip dan kontrak dengan perusahaan telekomunikasi Korea (pasca bayar), mau beli se-truk juga dikasih asal sanggup bayarnya.



Biaya sewa memang mahal, tapi ga seperti itu Gan penampilannya. Yang penampilannya macam itu tuh namanya GOSHITEL atau GOSHIWON. Dy dikhususkan untuk pelajar. Kisarannya $100-$200. Untuk kamar $300-$500 per bulan, di dalem kamar juga mewah isinya. ada dapur dan kamar mandi dalam, kulkas, mesin cuci dan perabot lainnya. Silakan cek ke regional forum Korea Selatan kalau tidak percaya.



Salah, Gan. Makanan Korea memang tergantung provinsi tapi karena ini negara kecil, rata2 sama semua rasanya. Ga kaya di Indonesia yang beragam. Makanan Indonesia jauh banyak banget ragamnya dan rasanya Gan.
Sekali makan dengan banyak macam makanan pendamping atau 반찬 banchan dalam bahasa Korea memang sudah tradisi Korea. (bikin Ane cape kalo nyiapin makanan tiap ari), tapi ga selalu begitu dan ga selalu makan malam. Biasanya semakin besar eventnya semakin banyak banchannya.
Soju juga tidak diminum setiap makan malam. Soju cuma diminum kalau ada acara kumpul-kumpul atau waktu stress
Speed makan orang Korea jg ga cepet2 amat ah, Gan. Di lingkungan sekolah gw, gw yang makan paling cepet,
Masalah harga buah, Korea Selatan itu negara 4 musim Gan. Buah2an jg dijual tergantung musimnya. Kalau Agan cari apel pas musim dingin, ya iya harganya segitu.



Kalau yang ini emang bener. Kalau ga punya basic bahasa Korea sama sekali, akan jauh lebih baik kalau belajar dulu sebelum ke Korea. Selain orang Korea enggan ngomong pake bahasa asing (kalaupun bisa, malu kalau disuruh ngomong), orang Korea akan lebih respect dan memperlakukan Agan dengan baik kalau bisa atau biarpun susah tapi usaha ngomong pake bahasanya.



Karena Korea masuk salah satu negara penganut paham confucius, memang budaya menghormati yang lebih tua sangat ditekankan.
Tapi ga harus membungkuk 90 derajat jg. Membungkuk 90 derajat cuma dilakukan untuk menghormati orang tua waktu hari besar, menghormati yang sudah meninggal, saat meminta maaf kepada publik (biasanya artis2 atau pejabat neh) atau untuk menghormati orang yang sangat dituakan atau diseniorkan di lingkungan. Jadi ga setiap saat membungkuk 90 derajat. Rata-rata kalau menyapa sih paling membungkuk sedikit doank udah cukup.



Salah besar ini Gan! Senioritas di Korea memang sangat tinggi, tapi bukan berarti dipandang sebelah mata. Orang Korea pada dasarnya sangat mengayomi juniornya. Memang sering dimarah2in tapi itu ada sebabnya. Karena nanti kalau ada salah, yang dihukum bukan hanya juniornya tapi senior yang langsung di atas si junior itu juga dianggap bertanggung jawab karena ga bisa ngajarin juniornya. Dan orang Korea kalau marah memang marah besar, tapi setelahnya ga pernah dendam atau diungkit2 lagi. Beda sama di Indonesia.
Bukti kalau senior di Korea itu sangat mengayomi adalah budaya Korea yang kalau makan bareng-bareng, yang tua atau yang senior sudah pasti ngebayarin yang juniornya. Ga mw dy kalau bayar masing2. Senior2 ekskul gw di kampus pas gw pertama dateng ke sini, bilang gini sama gw, kalo mereka bakal nanggung makan siang gw selama 1 tahun. Tinggal bilang aja kalo laper. Tapi sebagai gantinya taun berikutnya gw yang harus traktir junior yang baru masuk.


Quote:Original Posted By azawae
Saya ikutan nimbrung deh. Hasil pengalaman saya tinggal di Korea selatan ( Busan & Seoul)

Saya cukup senang dengan perlakuan orang di sana. Ketika di Busan, saya tinggal di apartemen teman saya. Ibuknya baik sekali. makanan dan snack selalu ada. pokoknye kenyang deh Kemana-mana dianterin. Pokoknye dilayanin dengan sangat baik. Begitu dengan temen-teman dan orang-orang di lingkunan mereka. Memperlakukan saya dengan baik, dari orang tua - hingga bocah Itu pengalaman yang saya dapat di Busan. berbeda dengan di Seoul. Saya tidak mendapatkan keramah-tamahan yg saya dapat di busan hehe. Everyone too busy with their activity. yang saya amati sih disana gila kerja dan belajar. yang anak - anak belajar dari pagi sampe siang, pulang sekolah lanjut extra sampe malam. yg tua kerja kerja kerja sampe malam! mirip lah sama negara tetangga

Soal agama dan Rasis, Sedjak awal saya datang kesana, saya ditanyai soal ini. jujur kaget. Tapi dijelaskan oleh beliau (ortu teman), bahwa beliau ingin saya nyaman ketika disana. mulai dari ibadah (ketika saya ibadah 5 waktu, jadi tontonan adek - adek temen saya disana ) soal makanan (karena tidak bisa makan olahan kaki empat yang sangat nikmat itu) juga diperhatikan oleh beliau. Di seoul saya tinggal di KBRi gan, jadi ndak mendapat masalah berarti soal ini.

Yang saya agak risau dengan Korsel itu BUS kota nya nggah tahan deh. ngebut setengah modar kaya dikejar setan! kalo berdiri mah bisa dibilang bakal jatuh Saya keliling seoul pake bus pulang-pulang tangan pegel gegara iseng sama temen2 nyobain nge bis tapi berdiri terus haha. bahkan yg parahnya lagi, bus belum berhenti sempurna, pintu udah kebuka kalo jatuh gimane dah. Selain itu, saya juga risau dengan cara mereka menyetir. banyakan g sabaran dan cenderung sembrono. ngebuuuuut aje dah. Beberapa kali dianterin temen kesana kemari naik mobil dewe. Bisa - bisa nye nyetir 80 telponan sambil ngaca. Ampun dah

Kalo soal makanan, saya dak menemukan masalah berarti. hanya memang susah menemukan yang halal. usahakan saja cari yg sudah ngerti merknya. macem fastfood atau makanan lokal rekomendasi orang disana Bahkan di Seoul, saya bolak balik beli makan di Papa Jh**'s buat makan karna deket sama KBRI dan bikin kenyang

Soal duit, emang disana kurs nya rendah. 1 won = 10 rupiah (ketika disana). sekarang cek gugel sih 11.87. Tapi ya harga-harga disana RIBUAN. Jadi yaaa kalo mau dirupiahin gitu deh hahaha

sekian saja yg mau saya share. kalo semuanya nanti bisa jadi buku



ane ada beberapa serial yang suka

ane juga pernah baca gan kalo gak salah kalo kita kerja di perusahaan Korea senioritas sama ras tuh keliatan banget.
ane pernah baca kalo masalah gaji emang perusahaan Korea itu gajinya bisa dibilang lebih, tapi lingkungan kerjanya itu loh :ngeri *CMIIW
apapun...Indonesia jauh lebih nyaman dan ramah..
bodo amat...
diane fotonya ga muncul
Tidak terlalu pusing mikirin negri orang, atau mengidolakan sesuatu yang berlebihan dari luar sana ,,mngkin cukup ambil sisi baiknya
toh di Indonesia sudah buaaanyaaakkkk sekali yang bisa di banggakan
Quote:Original Posted By renaudo
bodo amat...


singkat padat dan jelas
kenapa namanya harus "alien card" ya? jangan-jangan di sana juga banyak tempat parkir UFO....pantesan banyak MIB,,,man in boyband
Ah jadi ga kepengen ane kesono gan
alumni univ ane banyak yg ngeluh pas kerja di perusahaan2 korea. atasannya arogan banget. dia mandang rendah semua orang yg bukan berasal dari negaranya dia.
ane dulu waktu kuliah juga sempat ngalamin bergaul dengan orang korea (meski ga bisa dibilang bergaul juga sih ). ada student exchange dari korea. cewe gan! cuma beda jauh ama cewe korea yg ditipi-tipi, gendut pendek gak mau bersosialisasi lagi padahal temen2 cewe ane udah pada ngajakin tuh buat jalan2 bareng/belajar bareng soalnya kasian juga doi sendirian trus kuliahnya rata2 masih pake bahasa indonesia semua . eh malah doi tolak duduknya pun selalu paling belakang. gara2 sempat ditolak jadi pada segan ngajak doi duduk bareng
beda jauh waktu student exchange dari belanda, masih inget cewe namanya kimberly : cakep banget, trus ramah lagi. diajak ke alun-alun mau. diajak main putsal mau dan tiap kuliah duduknya selalu membaur

intinya ya tiap negara punya budaya masing-masing kali ya
Quote:Original Posted By renaudo
bodo amat...


idem
Ane batalin ah piknik ke korea-nya.wkwk..
Bukan Urusan Saya
hm temen ane demen gan bolak balik korea buat student exchange si
Ternyata tak seindah yg dibayangkan

*amankan pejwan dari tukang parfum
buset mau beli henpon aja disana susah bener
ane sering ikutan TES KLPT korea tapi gagal terus ...
Ketat jg yah disana.. gmn dengan indonesiah?? Orang luar malah bebas banget ya..
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar