Pages


Selasa, 14 April 2015

Jahili Customer Service, Membanggakan Atau Memprihatinkan?


Waah, HOT THREAD #5
Terima kasih atas dukungan dari Moderator, Staff, Officer dan Kaskuser
yang sudah meresponi thread ini dengan antusias
Spoiler for Bukti HT #5:
Quote:

Beberapa waktu terakhir, tanah air sedang diramaikan oleh sebuah tren “menjahili customer service”. Ada yang mengaku iseng, hanya untuk menghilangkan kebosanan bahkan ada yang dengan sengaja melakukan hal ini demi kesenangan belaka.

Belum lagi, perbuatan ini seringkali disandingkan dengan alasan April Mob (April Fool’s Day) yang memang diselenggarakan oleh negara tetangga pada saat bulan April.

Seperti yang kita ketahui, April Mob pertama kali diperkenalkan oleh sebuah tayangan televisi kartun bertajuk Spongebob Squarepants dalam serial khususnya, yaitu April Fool’s Day.

Spoiler for Spongebob " April Mob ":


Namun sayangnya, para penonton yang melihat justru memanfaatkan informasi ini dan menyalahgunakannya untuk menjahili customer service dari sebuah layanan perusahaan.

Dipicu oleh seorang pemuda, hal ini kemudian dicontoh oleh banyak orang dan mulai mewabah bak virus yang belum ditemukan vaksinnya. Mirisnya lagi, sebuah fanspage Facebook berbasis lawakan dan humor justru mendukung aksi ini dengan memuatnya pada kiriman halaman mereka (baca: repost). Hal ini seakan menjadi “lampu hijau” bahwa aksi ini sangatlah wajar dan hanya untuk menghibur diri saja.

Menurut anda, apakah hal ini dibenarkan ? Apakah hal ini layak untuk dilakukan ? Apakah mengerjai seorang customer service adalah hal yang lucu dan menggelikan ? Anda bisa mempertimbangkannya, setelah melihat foto-foto yang ada dibawah ini.


Spoiler for Jahili Customer Service:





Quote:




Baik komentar PRO dan KONTRA terus menghujani seseorang yang telah dengan sengaja ataupun iseng menjahili customer service tersebut.

Quote:“Konyol! ini ga lucu sama sekali. Yang ngerjain April Mop sama temen atau sahabat aja kali, ini ada perusahaan besar, ini ngerusak banget. This is a shame.”

“lu bisa filter joke ga sih min? belajar hargai orang lain . . kerja kaya gitu ga mudah . . hargai orang lain , kalo lu lu semua juga mau di hargai . . ini tamparan bwt lu min .”

“Can we just.. stop!!? Tolonglah.. ngerjain orang yang kerja nyari nafkah itu nggak lucu… “

“Tipikal orang Indonesia gini ya? Gak bisa bikin sesuatu, tapi bisanya ngetawain orang-orang yang udah kerja keras dan setidaknya menghargai pelanggan Mau Indonesia dihormatin orang/perusahaan luar? Belajar jadi orang dulu ya.”

“Ga lucu. Sori. Nanti suatu saat kalo udah kerja dan ada org yg mengolok olok pekerjaan lu, rasanya setimpal”

“Lucu sih lucu, tapi kalo mengganggu dan melecein pekerjaan org lain ttp gak baik. Seandainya klian jdi admin nya pasti gerem sekali itu. Apa yg dilakukan si kampret akan berbalik kepadanya suatu hari nanti.”



Begitulah ujar salah seorang yang menyalahkan tindakan iseng ini.
Disisi lain, ada juga yang berkata :


Quote:“Ini lucu tau”

“Having fun aja bro, nikmatin. stres kalo dipikirin.”

“Why so serious? Gak bisa santai jadi org lu.”

“Bwt apa marah klo dkrjain kya gtu. Ya gpp lah itung2 uji ksabaran. wkwkwk…”

“Just Joke”


Bagaimana menurut pandangan dan pendapat anda ?
Apakah hal ini lucu?
Jawabannya ada ditangan anda sendiri.

Quote: Akhir Kata, Terima Kasih Telah Membaca Seluruh Isi Thread Ane Quote:
BILA BERKENAN, MOHON BANTU RATE GAN

MENERIMA CENDOL DAN MENOLAK BATA


Rekomendasi HOT THREAD  (docs.google.com)


Quote:
SUMBER ARTIKEL  (blog.centroone.com)

Spoiler for Cek Kulkas Ane ::

UNTUK AGAN YANG SUDAH MEMBERIKAN CENDOL,
SEMOGA DIBERI KELIMPAHAN DAN REJEKI YANG LANCAR, AMIN..


Quote:THREAD ANE YANG LAIN :
Pre Wedding, Penting Atau Tidak? #HT1  (www.kaskus.co.id)
Punya Limbah Kertas? Jangan Dibuang Gan! #HT2  (www.kaskus.co.id)
Kontroversi Dibalik Bangku Sekolah #HT3  (www.kaskus.co.id)
Apa Yang Agan Lakukan Bila Ada Gadget Free Day? #HT4  (www.kaskus.co.id)
KUMPULAN SEMUA THREAD BUATAN ANE  (www.kaskus.co.id)


Quote:RESERVED FOR UPDATES

Quote:Original Posted By Decallogs
Bercanda itu harus dimengerti sama ke-2 belah pihak, pihak yang bercanda sama yang diajak bercanda ini harus paham apa yang sedang dibercandain, kalau ternyata pihak lain nganggapnya itu bukan candaan, maka itu bukan bercanda, tapi "mempermainkan", kalau ternyata pihak yang dibercandain ini tidak terima & merasa dilecehkan/dirugikan masalahnya bisa sampai kejalur hukum, & hukum itu gak bercanda, serius masalahnya.

Jangan bilang "gitu aja marah sampai dibawa kejalur hukum", seharusnya introspeksi diri sebelum melakukan sesuatu itu & biasakan berpikir panjang "yang gue lakuin ini kira2 baik apa kagak", kita gak bisa maksa orang lain buat ngerti yang kita maksudkan itu apa, reaksi orang itu macem2, makannya jangan sembarangan.

Gak perlu bawa2 kata bercanda & seolah-olah ngerti bercanda, kalau dasar-dasar dari "bercanda" aja gak tahu.
Kalau mau bercanda itu yang serius bercanda, jangan main-main. Kenali targetnya siapa, pelajari kira2 yang dianggap lucu itu yang bagaimana bagi ke-2 belah pihak, salah-salah nanti bakal malu sendiri.


Quote:Original Posted By perkutut_pos
Dear Agans sekalian,


Kalau dari sudut pandang kami, yang pernah mengalami dan menjadi team Customer Care untuk rentang waktu yang lama, memang banyak kendala, derita serta "gangguan" saat bekerja. Kadang bila hari tersebut dapat memberikan layanan terbaik, seperti bisa menyelesaikan masalah pelanggan dan pelanggan bisa kembali menggunakan "jasa" kami, kami sangat bangga dan semangat untuk bekerja kembali.

Namun ada kalanya, memang customer sangat bervariatif, dari yang berlatar belakang gangguan dialami, hingga ke-tidak paham-an customer itu sendiri, dimana tak jarang akhirnya mereka menyalahkan layanan / jasa kami yang dianggap tidak becus, dengan penyampaian baik dari protes keras, seperti akan memasukan nama kami pada Media Cetak karena layanan yang buruk, hingga ucapan-makian dari customer : dari baik hingga buruk, seperti dari kebun binatang hingga kotorannya.

Namun kesemua itu harus dihadapi dengan lapang dada, tegas serta memberikan informasi yang dibutuhkan customer tersebut. Kadang memang terjadi dilema, yang memang meminta kesabaran lebih serta seperti menjadi "hambatan" untuk bekerja kembali. Namun kesemua itu ada hikmah serta pembelajaran didalamnya, membuat kami bisa memahami type / jenis Customer seperti apa yang dihadapi. Tak Jarang banyak Customer yang akhirnya menjadi kenal dan baik dengan kami.

Berikut contoh kendala yang dialami customer :

- Ketidaktahuan pada perangkat yang digunakan.
Ada seorang ibu yang marah-marah, karena komputernya tidak bisa konek ke internet. Sudah berkeluh kesah, marah pada kami serta sedikit "pamer" bahwa komputer yang digunakan adalah hasil pembelian suaminya, dari luar negeri. Kenapa kami garis bawahi? Karena hal itu berkali-kali ditekankan oleh customer. Setelah cek punya cek, ternyata MODEM yang digunakan belum di nyalakan.
TIdak ada kata maaf atau mungkin terima kasih sudah membantu, langsung di bantingnya telpon. Bagaimana? Mungkin kesabaran menjadi hal yang sangat diandalkan disini.

- Sudah selalu menyalahkan pemberi jasa
Sejak panggilan masuk dan diterima, sudah tinggi baik nada bicara serta didasari emosi yang meluap, hingga apapun yang diberikan, diarahkan serta di informasikan dari kami, akan mendapat tanggapan negatif. Apalagi dari sisi Customer Care terdengar gugup atau takut, hal itu akan semakin "Menjadi". Namun customer seperti ini biasanya, bila sudah bisa kembali menggunakan jasa kami, bisa bicara dengan baik bahkan akan sangat berterima kasih atas info/data/bantuan yang diberikan.

- Terlanjur kesal karena mengantri beberapa saat
Setiap penyelenggara jasa, pasti akan mengalami kendala technis, baik secara partial maupun global, sehingga gangguan massal tersebut tidak bisa dihindari, baik gangguan internal maupun external (seperti infrastruktur yang ter-cangkul oleh pembangunan, dst dsb). Begitu panggilan kami terima, langsung berteriaklah customer tersebut sejadi-jadinya. panjang lebar dan kesal karena diminta menunggu, karena memang incoming call sangat tinggk karena gangguan tersebut.
Bisanyanya untuk pelanggan yang "pintar" akan cukup bertanya gangguan apa, kedala dimana, berapa lama selesai, beres.Tinggal dari sisi kami yang menghubungi kembali mereka dan menginformasikan, bila jasa sudah bisa kembali digunakan, yang sebelumnya dimintakan nomor yang bisa dihubungi.
Namun Untuk pelanggan yang terdengan kurang paham, mungkin akan cukup di infokan secara dasar dan dihubungi kembali bila memang sudah selesai gangguan massalnya.

Menurut Pandangan Pribadi kami pribadi, Untuk melakukan hal-hal lucu dan konyol tidak apa, namun kasihan bila ada customer-beneran yang tidak bisa terangkat keluhannya / gangguannya karena mengunggu telpon dari agan sekalian yang hanya iseng dan jahil juga pertanyaan berputar-putar, seperti menanyakan telpon di bulan bisa atau tidak.(Info dari Youtube, hasil Prank Call ke salah satu Provider Selular Indonesia).

Hargailah pekerjaan mereka yang mengalami friksi dengan orang banyak. Lain bila setelah agan-aganwati kerjain, diberi misal hadiah atau hal yang menyenangkan hati mereka, tidak melulu harus materi. Karena jujur, sebagai Customer Care itu pekerjaan yang sangat berat, harus ditangani dengan sangat berhati-hati, serta mengorbankan perasaan bila pelanggan sudah mulai memaki, mengancam (hingga ancaman Bom), ancaman fisik apa lagi customer merasa dari salah satu lembaga keamanan negri, dst dsb.

Semua kembali ke masing-masing customer care yang menangani, apakah memiliki dasar dan pengetahuan yang cukup baik, mulai tentang produk yang dijualnya hingga cara menangani beragam customer. Nah demikian sedikit masukan dari Kami, semoga bisa memberikan sedikit masukan dan informasi, dimana hal ini menjadi pertimbangan bila agan-aganwati mau "ngerjain" Customer Care sebuah penyelenggara jasa.


Rgds.


Numpang curhat,
Ane punya saudara, dulu pernah jadi Customer Service,
Beliau kalau pulang kerja tuh wajahnya selalu lesu dan kelihatan capek.

Oke, wajarlah, namanya kerja itu capek. Tapi, ternyata beliau bukan capek karena kebanyakan aktivitas atau gimana melainkan capek karena seringkali dikerjain sama orang. Beliau mengatakan bahwa dukanya jadi customer service itu ga bisa diucapkan lewat kata-kata.

Bayangkan saja, tugas seorang CS itu untuk membantu dan memberi informasi para pelanggan (konsumen) yang membutuhkan bantuan bukan untuk mendengarkan amarah, curhatan apalagi sampe harus debat. Lebih parah lagi, sampe ada yang memaki-maki gegara hal yang tidak penting.

Bukannya tidak bisa marah, seorang CS harus tetap bisa meresponi lawan bicaranya dengan sopan dan ramah meski hati sedang panas. Setibanya dirumah, beliau hanya bisa pasrah dan menunjukkan wajah lelahnya akibat emosi yang tak bisa diungkapkan itu.

Quote:Original Posted By mackid
ini curhatan ane

ane seorang CS salah satu provider terbesar di Indonesia
jadi CS itu gak gampang bro, ane kerja 9 jam, (8jam kerja 1 jam istirahat) dan dalam 8 jam itu ane bener-bener full kerja tanpa jeda karena call selalu padet yg isinya orang-orang iseng
beluum lagi dalam 8 jam ane ngelayanin pelanggan, dalam waktu yg bersamaan ane harus bikin laporan ttg masalah-masalah pelanggan, semua call harus ada laporannya termasuk pelanggan iseng, tentu pelanggan iseng menambah kerjaan ane
dalam waktu yg bersamaan, ane harus nyimak keluhan pelanggan, merespon dan memberi solusi sesuai SOP (apapun kondisi pelanggan, mau marah, ngajak ramah tamah atau becanda) dan membuat laporan pelanggan, kadang saat ane lagi menghandel 1 pelanggan, dalam waktu bersamaan ane lagi buat laporan utk pelanggan yg lain (karena ane gak dikasih waktu utk membuat laporan gan), kebayang kan gan, betapa ane harus berkonsentrasi, jujur itu gak mudah gan karena buat CS cowok kayak ane selalu ngantor malem, paling "pagi" ane pulang jam set 12 malam, dan paling "malem" ane pulang jam set 6 pagi
belum lagi, tiap harinya waktu rata-rata dalam menghandel pelanggan itu ditarget gan, kalo ada yg pelanggan iseng yg ngabisin waktu tentu waktu rata-rata ane bengkak, dan sebagai konsekuensinya berpengaruh pada bonus perfomansi ane gan
belum lagi, setiap bulannya, semua percakapan ane direkam gan dan itu nanti jadi bahan penilaian tim quality control, kalo salah solusi, tentu pasti ada pemotongan gaji
yang paling sulit adalah saat ane menghadapi pelanggan-pelanggan yang marah dan berkata tidak sopan gan, ane harus tetep menyimak percakapan pelanggan dan merespon sesuai prosedur, belum lagi pelaggan yang sulit dijelaskan (gak ngerti-ngerti), dan pelanggan yang emang gak mau tau, semua harus sesuai prosedur, harus dengan smiling voice (ramah), kalo ada nada bicara yg sedikit meninggi terpancing marah, itu bisa berpengaruh juga perfomansi ane gan
ya itu memang semua konsekuensi ane sebagai CS gan, ane juga memaklumi pelanggan kalo emang masalah yg dihadapi pelanggan itu merugikan pelanggan, nah masalahya kalo pelanggan tdk dirugikan apa-apa (alias iseng) tp bisa merugikan ane yg lagi cari nafkah, coba bayangin aja gan
ini sekedar curhatan ane gan




Note : Alangkah baiknya, bila kaskuser memanfaatkan layanan Customer Service dengan sebaik-baiknya dan bukan hanya untuk sarana iseng atau humor belaka.

Ingat, you play DRAMA you get KARMA




Quote:Original Posted By sego.padang
pejwan ya gan
ane prnah kerja jd CS t*lkom, di dpn tu ada cermin jd kita bsa lht ekspresi kita nrima komplen pelanggan, jd bsa kontrol emosi lht wajah kita, namun ane cmn bsa bertahan 7 bulan aja gan, gk kuat mental kena caci maki dan bentak2, apa lg klo dah dpt tlpn dr (maaf gan bkn maksud sara atau gmn maaf bgt) orang jawa bara* klo dah maki2 kejam bgt kluar smua kata2 kebun binatang nya, lbh kejam dr org bata* klo menurut ane, memang gaji CS skrg dah oke bgt gan cukup lah buat bujangan, ikut UMR kota, tp ya gt harus kuat mental aja, krn ane da pernah ngalami, dan nyerah, ak pkir2 kok pekerjaan ane ini hina bgt, kok di caci maki tiap menit tiap jam dan tiap hari, thanks


Quote:Original Posted By khaerullah28
Ane pernah gan ngerasain jadi CS sebentar, menghadapi komplain konsumen itu bukan hal mudah, butuh ketenangan, kesabaran dan berfikir jernih, apalagi ketika menghadapi konsumen yang emosian.
Jujur gan, kalau ada yang menjahili CS dengan alasan buat lucu lucuan sih namanya "BOCAH CINGBURIK" banget, seharusnya bisa menghargai pekerjaan orang lain, ketika ada yang iseng dengan pekerjaan hanya buat happy saja emang "YU CYAPA?!" seharusnya bisa lebih memilah mana saat yang tepat dan pada siapa sebenernya untuk bercanda.


Quote:Original Posted By didi.permana
ane sering gan kirim email ke operator tri, ane kesel karena koneksi inet di tmpt ane lemot minta ampun
ane pernah email pke kata ''koneksi sampah" tp ane gak pernah pke kata kebun binatang gan soalnya emang kebangetan kok lemotnya waktu itu..di email bolak2ik jg msh aja lemot
dan alhasil ane di telpon operaror 3 nya..tp ane ngomongnya sopan gan, soalnya ane malu klo ngmg kasar sedangkan cs nya aja ngmgnya halus
ane skrng jg tau gan klo jd cs itu pekerjaan yg tdk mudah
maapin ane yah mbak/mas cs tri yg pernah ane omelin lwt email


Quote:Original Posted By ooy.parker
menurut ane sih gak etis ngerjain CS,ane kadang kasian juga sama CS yang sering dikerjain gitu,tapinya yah kita gak bisa pungkiri kenyataan bahwa CS juga kadang ngeselin gan,pernah gak dicuekin CS waktu kita lagi ngurus sesuatu yang penting?pernah gak di suruh tunggu,tunggu,tunggu eh ujung ujung nya di suruh hubungin lagi lain kali?pernah dijutekin?disepelekan?diremehkan sama CS?ane pernah ngalamin kaya gitu gan,walaupun gak semua CS gitu,kadang ada juga yang baik,ramah.
bener kata pepatah karena nila setitik rusak susu sebelanga,mungkin jadi pelajaran juga buat para CS biar gimanapun juga mereka harus tetap sabar menghadapi komplain,karena tugas mereka sebenernya ya itu begitulah,dan mereka yang suka ngerjain CS juga gak bisa dibenerin,karena ulah mereka inilah kemungkinan para CS itu menjadi stres,tertekan dan buntutnya malah bersikap jutek..
maaf jika ada yang tersinggung dengan post ane ini,this is just my opinion


Quote:Original Posted By kuznetsova
ane pernah kerja jd call center di salah satu provider gsm..

buat yg suka ngerjain..ente pikir call center ga bisa ngerjain ente?
hati2 coy, klo udh capek + suasana hati lg ga enak bisa habis dah luuu..

pernah pulsa bekurang sendiri?
pernah tiba2 nomer ente ikut konten berbayar?
pernah tau2 ga bs sms?
pernah tau2 ga bisa telpon?
pernah di bom sms operator via ota?
pernah nomer ente tau2 di blokir?

mungkin anda kelewatan pernah bikin kesel cs..
dan sang cs mencatat nomer anda....




Quote:Original Posted By kaisarbaijan
April fools,yang fools yang ngerjaiin orang... Wajar respon pemadam kebakaran,kepolisian,atau Jasa seluler melambat, mungkin karena banyak orang bodoh yang iseng gak tau tempatnya...


Quote:Original Posted By aiua
yang penting kita mengucap "maaf bisa minta tolong..." pada pembukanya dan mengucap "terima kasih atas bantuannya" pada penutup nya indyaallah ente akan mendapat kan pahala yg sangat besar.


Quote:Original Posted By qwertybaru
pribadi ane bilang sih ya memprihatinkan gan, knp?? karena CS itu ya utk pas kalo memang kita sbg pengguna layanannya mengalami masalah (bukan iseng2). apa coba yg bisa di petik dari iseng2 solusi ngga, merugikan iya. jadi orang indonesia harus yg masuk akal aja deh, iseng sih boleh aja, canda boleh aja. tapi ini sama kyk marah pada waktu dan tempat yg tepat. hidup itu berputar. ada sesuatu yg bakal dipetik di hari nanti dari apa yg ditanami di hari ini atau hari sebelum2nya.


Quote:Original Posted By IndraEMC
Jangan lupa bahwa di balik meja "customer service" itu juga manusia, mereka juga punya perasaan, mereka bisa sakit hati, sedih, dan marah.

Yang ngejahilin atau caci maki C.S. itu dikiran "keren" kali ya atau dikira lucu, padahal salah besar gue memang bukan CS tapi temen-temen gue yang di divisi CS benar-benar merasakan seperti apa sakit hatinya mereka habis dikerjain, karena mereka dapat dua tekanan sekaligus, satu tekanan dari atasan kedua caci maki dari customer yang tidak puas padahal itu bukan salah CS-nya (misalnya divisi lain yang kinerjanya tidak bagus, tetap aja komplainnya kan pasti lewat CS)


Quote:Original Posted By ekafirmansyah14
Customer service pekerjaan mulia gan
Ane sering nelpon CS gara2 kartu ane memberi pelayanan gak jelas + nyedot pulsa.
Kadang ane pengen marah tapi CS selalu berhasil meredam kemarahan ane.
CS sama manusia kaya kita gan
Kebodohan yang keterlaluan banget kita ngerjain CS
Silahkan komplen permasalahannya dengan cara menulis surat pembaca via media atau langsung hubungi Customer Service baik secara lisan ataupun tulisan
Tidak perlu dengan cara sarkasme seperti itu


Quote:Original Posted By cweetiepie
Kesannya seperti tidak menghargai profesi Cust Servce dengan melakukan tindakan jahil seperti itu... Mungkin mereka ga tau gmn susah nya cari duit...
Jadi CS itu terkadang rasa nya ga nyaman, apa pun yg drasaen harus tetep senyum ga boleh marah walau pun sebener nya pelanggan yang salah... minta no hp ga dkasih trus marah2 ada, yang diem2 ngfoto juga ada tapi ane sebagai CS harus stay cool dengan kondisi seperti itu ... Kerja harus sesuai dgn standar pelayanan, ga boleh mlenceng sedikit pun :'(
Apa pun profesi nya lebih indah klo qt saling menghargai....
Ane dah kerja kurang lebih selama 2th jadi CS di salah satu bank, untuk semua temen2 CS di dunia tetep semangat ya...


Quote:Original Posted By hakeem.
Memprihatinkan

Ane dulu juga pernah kerja jadi CS bagian telemarketingnya. Tapi untung selama kerja ga pernah ngalami dijahili customer. Mungkin karena ane call out ke pelanggan jadi pelanggan ga ada niatan mau ngerjain ssbelumnya

Kasihan lah, jangan diusili begitu, cs juga manusia. Mereka kerja juga utk cari penghidupan. Kalau dibantah "why so serious ?" Ane jawab, "hidup ini memang bukan untuk main main bro, kalau tujuan hidup ente mau main main ya hasilnya ente hidup ya pasti main main juga"

Semoga alayer2 paham

Pejwan gan


Quote:Original Posted By titorf
Dulu sih ane pernah juga ngerjain customer service
Tapi sekarang ane uda tobat, kalo dipikir kasian juga uda mau kerja bener-bener jatuhnya malah dikerjain


Quote:Original Posted By k0ss0ng
sya seorang CSR..
sdh bertahan hampir 2 tahun.. dari yg free call'y sampai akhirnya berbayar..
pengajuan berbayar pun dari kami..karena rata2 call 1 hari yg saya terima 300 call.. 250ny hanyalah call main2.. sisany baru call serius.. setelah berbayar pun masih ada yg rela membeli pulsa hanya untuk mengerjai kami..
ada jg pelanggan yg main2 hingga memutuskan rizki orang karena rekan saya sdh luar biasa tidak tahannya..
buat kita itu tdk lucu sama sekali.. kalian tdk tahu apa yg sumpah serapahi untuk orng2 yg tidak serius.. dan doa apa yg kita beri ke pelanggan yg bicara, tutur kata yg baik dan pengertiannya terhadap kami..
yang paling menggelikan adalah ketika anak2-orang dewasa mempermainkan kami menyebut2 nama kelamin mereka .. untuk kita menutup call saja kami harus mngucapkan "terima kasih, karena sdh menggunakan layanan kami"
ketika anak2 kalian diajari "berbicara" apa perlu harus berbicara kpd call center? ada anak bayi / balita baru bisa berbicara yg di belakangny terdengar suara orang dewasa yg mengarahkan mereka untuk berbicara kpd kami.. jika kalian orang tuany apa memang itu pantas? jika kalian adalah baby sitterny apa kalian tahu itu akibatnya apa bagi si anak? hati2 deh orang tua yg punya baby sitter apa lagi sampai mengajarkan anak2ny berkata jorok kpd kami..
tapiiiii... sya masih bisa bertahan .. bertahan secara mental karena memang msh ada pelanggan2 yg baik..
lebih baik pelanggan yg marah2 karena hal yg memang benar.. sy cukup menangis.. dri pd pelanggan yg hanya main2 yg bisa membuat sy kehilaangan pekerjaan seperti rekan2 sya..
toh perusahaan pun punya spiel untuk orng yg main2 ini..
walaupun sulit untuk menutup call yg ada kemungkinan adalah malapetaka buat kami...
sya masih disini karena butuh untuk keluarga saya..
dan allhamdulillah allah memberikan kpd saya kesabaran yg besar..
Quote:RESERVED FOR BEST COMMENT, EDUCATION COMMENT, VALUABLE COMMENT

syarat nge lucu itu ada 2 gan :
1. harus emng bneran lucu
2. gaboleh menyakiti perasaan org lain/ harus tidak ada yg terluka
klo salah satu gaada berarti itu bukan nge lucu namanya

- Quote from Kaskuser (ID : Naryukita )


Quote:Original Posted By niko.x7
Sebaiknya jangan dikerjain. Misalnya kita sedang mengadukan keluhan dan kita bener2 butuh bantuan dia sedangkan dia udah bosen dan gak mau menanggapi itu ujungnya bakal gimana toh kita juga yang repot.

Kita sesama manusia itu harus saling menghargai satu sama yang lain. Kalau gak bisa menghargai CS berarti Lo bukan manusia tapi binatang! Maaf kalau merasa tersinggung tapi itu menunjukkan kalau Lo bukan manusia!


Quote:Original Posted By prasetyokodimas
Sumpah ane jijik ngeliat tingkah laku orang2 macam begini. Ane yakin mereka ini masih labil masih bocah ingusan yang gk ngerti gimana susahnya orang kerja cari nafkah.

Cewek ane kerja jadi CS Bank gan pergi pagi pulang malem selama dikantor doi harus selalu stay duduk melayani nasabah buat ngasih informasi dan ngebantu nasabah ngurus tabungan, doi sering cerita ke ane kalo di kantor doi sering dapet tekanan dari atasan ataupun dari nasabah itu sendiri, gajinya juga gak seberapa, doi juga sering bilang dia suka telat makan siang karena harus melayani nasabah disaat penuh. Cewek ane kerja karena dia udh gak punya Bokap dan untuk ngebantu Nyokapnya cari duit untuk bertahan hidup.

Untuk para kaskuser & netizen yang punya perasaan dan punya pendidikan cobalah untuk menghargai pekerjaan orang lain karena tidak semua manusia seberuntung kalian memiliki harta berlimpah.


Quote:Original Posted By sdkusuma
Jangan gan kasian, costumer service itu jadi bahan cacian orang klo ada komplain,, jadi jg di kerjain..


Quote:Original Posted By vasilisius
Ababil kayak gitu kudu ditampol ampe goblok gan.


Quote:Original Posted By fenixiaero
ane pribadi sech ga setuju,
karena para mimin CS tersebut statusnya sedang bekerja (mencari nafkah)
klo di kerjain khan Kesian

Semoga pada sadar Ababil alay yang mungkin sudah kehabisan cara candaan sehingga memanfaatkan orang yang sedang bekerja untuk Mengguratkan senyum di wajah para ababil

ane sech klo pengen ketawa gampang az, tinggal pulang kerja maen sama anak
Bahagia itu sederhana
klo pengen ketawa tinggal nonton Kompas/Metro nonton SUC, atau download via Tutub


Quote:Original Posted By ucuprisma
yaa moga yg ngerjain dpt karma yg setimpal..
amien..



Quote:Original Posted By ndemun99
ga'boleh jahil gan...nanti kena karma


Quote:Original Posted By akhirbulanmei
I personally say
"NORAK KONYOL GAK LUCU"
Dilihat sikonnya lah,, orang lagi kerja kok dikerjain


Quote:Original Posted By ekonofrianto
memalukan gan, orang lagi cari nafkah malah dikerjain, kalian gak tau kan misalkan customer servis itu dalam sehari kena omel brapa kali? trus kalian becandain, mungkin belum ngerasain kerja kali ya yg suka begitu


Quote:Original Posted By roelty
Kl ngerjain penipu bole laaah, kl CS jangan, norak bgt


Quote:Original Posted By xql
yah namanya juga pola pikir dangkal, bukannya mikir perasaan orang lain cm mikir kesenangan diri sendiri


Quote:Original Posted By modalmadoel
yg ngejahilin biasanya belum pernah ngrasain kerja

masih bocah , makanya ga bisa mikir !


Quote:Original Posted By Ndraloxy
Pacar ane cs gan tapi cs bank
Jadi cs gak gampang. Ngadepin orang banyak. Beda beda sifat.
pergi pagi pulang petang.
jarang banget makan siang on time gara gara nasabah datang terus. Belom lagi menuhin target. Iya gan, jadi cs juga punya target jualan.
ane sih gerah liat orang orang mainin profesi orang lain. Gak ada kerjaan dan ngebuktiin kalo mereka gak kreatif untuk menghasilkan lawakan segar tanpa melecehkan pihak tertentu.
gak ada simpati dan empati intinya sih.
yang bilang "ini Kan joke doang" udah pernah bayangin bapak lu dikerjain atau profesinya dijadiin bahan candaan?


Quote:Original Posted By matamera
ngga abis pikir gw kalo ada orang yang ngejailin pekerjaan orang lain.

yg ngejailin itu kan pasti ababil yang blom kerja

klo nanti mereka nyari kerja susah susah trus dapetnya "cuma" CS ato telemarketer yg sering dibantingin telepon, kayak gimana rasanya ....


Quote:Original Posted By parasyte
JUSTRU GUE SERING DIJAHILI / DIKERJAIN SAMA OPERATOR TELKOM STUPIDY 147, BILANGNYA DALAM 3 HARI TEKNISI DATENG EH UDAH SEMINGGU GA NONGOL-NONGOL... GUE TELPON LAGI, JAWABNYA "PAK, MENURUT LAPORAN YANG MASUK SUDAH DILAKUKAN PENGECEKAN KE TEMPAT ANDA, TANGGAL SEKIAN-KIAN-KIAN" ...LHAHHH APA TEKNISINYA DEDEMIT KALI YA UDAH DATANG TAPI GAK KELIHATAN WUJUDNYA..


Quote:Original Posted By naryukita
syarat nge lucu itu ada 2 gan :
1. harus emng bneran lucu
2. gaboleh menyakiti perasaan org lain/ harus tidak ada yg terluka
klo salah satu gaada berarti itu bukan nge lucu namanya


Quote:Original Posted By tau deh
Mungkin anak-anak kecil yang mengerjai ini belum pada mengerti mencari duit sendiri dan masih minta-minta sama orang tuanya ya gan...CS itu berat tugas dan tanggung jawabnya mas/mba...melahkan juga setiap harinya walaupun di bawah tekanan harus tetap bersikap ramah dan se-profesional mungkin melayani customer..jangan membuat lelucon dan candaan yang harus mengganggu orang lain yang sedang cari nafkah lah...atau bahkan menggantungkan hidupnya dari profesi CS ini untuk menghidupi keluarganya..malah dijadikan bahan guyonan seperti ini...masih banyak kok cara lain untuk menghibur diri yang lebih baik dan keren dari pada ky gini...


Quote:Original Posted By donjuan800
gile aja gan ngerjain gt.. ane ga tega

kasian customernya.
canda yg ga pada tempatnya


Quote:Original Posted By wolfzmus
Walaupun ane agak kesel ama CS (soalnya ane sering di telpun ama CS mandiri nawarin kartu kredit atau apalah padahal ane dah sering nolak )
Tapi ane gk pernah jailin mereka


Quote:Original Posted By pakde.panda
klo ane sih prihatin..

apa gda yg bs dilakuin lagi apa mpe kek gt...


Quote:Original Posted By totogelaph8
kalo ane mah ga berani nge jahilin CS bgitu, sama aja kaya ga nge harga in kerjaan org lain, mreka kan nyari duit nya dngan nge bantu org lain nge wakilin perusahaannya, eh malah qta iseng in bgtu yg ada kaya nge rendah in suatu profesi gt gan, & yg pasti hukum karma bisa berlaku gan,,,


Quote:Original Posted By S.F.I.C
memprihatinkan,pekerjaan orang kok dipermainkan....


Quote:Original Posted By riccoenggo
wah, nanti juga yg ngerjain bakal dikerjain ....

biar tahu rasa nantinya.....


Quote:Original Posted By sakawuni
menurut saya sih sangat memprihatinkan
ketawa2 diatas penderitaan orang


Quote:Original Posted By obertan26

What goes around comes around

Selamat mendapatkan karma kalian..



Quote:Original Posted By sing BaurexXxo
Ngerjain org kok bangga?


Quote:Original Posted By karismanation
inget karma gan.. kasian orang lg cari duit malah dikerjain..


Quote:Original Posted By powercoki
memprihatinkan gan, apa lagi ngejahilin call center, goblok kalo orang yg ngejahilin call center, gua tau bgt gimana beratnya jadi call center soalnya


Quote:Original Posted By terranrex
pathetic.

coba cantumkan alamat lengkap rumah agan di sini. lalu pilih untuk dikirimi mobil pemadam kebakaran, ambulans, atau densus 88. toh tinggal bilang ada kompor meledak, ada orang sekarat karena OD, atau ada orang yang dicurigai sedang ngerakit bom di rumah itu. kalau ditanya, saya tinggal jawab, "hidup itu harus fun. serius banget lo."


Quote:Original Posted By mladuniamsyah2
memperhatinkan gan
ane gak pernah tuh usil operator atau apapun itu
kasihan gan, mereka kerja untuk memnuhi kebutuhan sehari-hari
kalau ente diposisi mereka ente bakal mengerti


Quote:Original Posted By L16
Ane customer service gan. Untungnya selama ini blum ada yg pernah ngerjain ane

Tapi tugas cs itu berat lho gan, musti terima omelan customer, komplenan, tapi kita musti jaga emosi ga boleh kedengeran marah/kesel. Belum lagi di internalnya, kalo kita sampein masukan customer kadang internalnya malah lebih galak dr customernya.

Jadi posisi cs itu bener2 posisi kejepit, siap dimaki sana sini.


Quote:Original Posted By phosphate
jelas MEMPRIHATINKAN ... udah jones penganguran sampai jailin CS, coba cari kerjaan yg lebih positif gituh
kasian jadi CS itu, udah sering dimarahin sama customer padahal yg salah perusahaanya.


Quote:Original Posted By neverdie115
kalo ditanya lucu, awal pertama liat pasti lucu , makin kesini sih garing
tapi kalo ditanya ane mau gak ngelucu kek gitu? ga deh makasih
pejwan bos


Quote:Original Posted By laureth




ane pernah kerja di CS ,, CS yang diangkat oleh fanspage facebook anak alay itu,
kasian gan kita kerja disana cari duid yang halal,,tapi dilecehkan secara VERBAL,,kalo ga mikirin keluarga dll mah pasti kita udah jadi gila or balas dendam

juujur slama berada disana saya merasa sangat rendahan,,bukan perusahaan yg melecehkan kita tapi customer2,,
bayangkan hanya dengan pulsa telpon/internet anda bisa mengatakan dari mulai kata2 binantang, organ intim, sampe pernah ada yg disebut Pe*lac*r sm pelanggan kepada kita para CS,,dan kita oleh perusaahan diwajibkan tetap melayani dengan standar perusahaan

KARMA ITU ADA BOS, GAK DI DUNIA JG MASIH ADA AFTERLIFE,,SO DEWASALAH DAN MULAI BERFIKIR

FUN BUKAN DGN MENYAKITI ORG LAIN,,FUN SEMACAM ITU HANYA UNTUK ORANG SAKIT



Quote:Original Posted By Fakhri37
Ane ga suka gan ke orang orang yg niat banget ngejailin gitu. Soalnya ane pernah ngerasain kerja jadi CS gan. Belum kalo ada complain dari pelanggan yg marah marah pengen cepet kelar trouble nya. Buat para ababil ababil please deh kasian ke para CS CS. Kita cari duit cape cape nahan emosi, lah ente ente pada malah ngejailin kita orang, kadang pengen maki maki dah tuh orang, tp kan para CS dituntut buat sabar dalam menghadapi pelanggan. Sekali lagi, STOP NGEJAILIN CUSTOMER SERVICE


Quote:Original Posted By mogofresha
Ane nggak tahu apa yang ada di pikirannya. Terus komentar "Why so serious?".
Ya kali cuma becandaan, terus tiap orang niru dan dijadiin kebiasaan. Cerdas!!


Quote:Original Posted By ItsBE
Parah banget. Ngerjain orang dan malah seneng, bangga. Kalo gantian dia yg dikerjain marah. Gak banget deh buat ngisengin cs kaya gini. Hargain kita jg kali. Gak ada pikiran sama sekali. Ngerasa lucu untuk hal yang gak penting sama sekali.


Quote:Original Posted By deerockin
in worst case, misal ada CS yg sedang dirundung masalah tapi pekerjaannya menuntut profesionalitas dan emosi yg baik

tapi ada ababil yang ngerjain dan tanpa diduga si CS "meledak" dan singkat kata dipecat karena emosinya meledak dan melanggar sop..bayangin nasibnya ke depan? yakin ane yg suka ngerjain gak akan mikir jauh kesana

ini cuma kemungkinan tapi ini kemungkinan yang memungkinkan


Quote:Original Posted By nike ardilla
Saya dulu pernah bekerja sebagai CS call center di kartu kredit Bank Internasional jd ibaratnya saya sih bisa maklumin kalau dikerjain juga karena saya juga liat sendiri bagaimana tuntutan kerja di CS call center itu gimana,serba salah dituntut kerja kaya romusha Sementara cuman dihargai nasabah dengan pujian suara aja walau kadang bisa juga dapet pujian masuk kompas kalau memuaskan dalam membantu nasabah.

Kenapa tadi saya bilang maklumin?karena begini,saya sebelum kerja di call center jarang tlp ke namanya call center kecuali mesen pizza ama delivery laen hehe.
Nah ketika mulai kerja dicall center awal awal yang saya terima tiap hari adalah complain,makian dari nasabah yang tiba2 masuk ke line saya gak basa basi langsung ngamuk,untungnya saya emang punya sifat bawaan sabar ama ahli meredam emosi orang lewat tutur kata santun di telepon tp ya saya sendiri ada batas limit ma mood juga namanya juga manusia. Hal ini disebabkan ulah rekan2 saya sendiri terutama yang baru biasanya pasti punya insting buat ngehold tlp masuk yang marah marah bilang nya sih akan dialihkan ke yang bertugas sesuai kapasitas.disini pasti pernah ada tlp ke cs dihold lama banget ya trus yiba2 mati atau diangkat ca lain alias dioper oper nah disini kadang masalah seorang cs itu karena ulah beberapa jd nya mungkin muncul niat ngerjain cs kali.


coba itu yg ngerjain posisinya dibalik.
dia yg dikerjain.
biar dia tau gimana rasanya dikerjain..

dasar ababil norak...
Seperti yang kita ketahui, April Mob pertama kali diperkenalkan oleh sebuah tayangan televisi kartun bertajuk Spongebob Squarepants dalam serial khususnya, yaitu April Fool’s Day.

sumber darimana itu gan ?
temen ane banyak gan kerja jadi CS gituan...
ga usah nunggu april mop juga ada aja yg ngerjain....
yg parah mah, sampe ada tante tante pas malem ngajak phone sex...
jadi ga lucu menurut ane ngerjain CS, mendingan loe marahin CS nya karena layanan ga memuaskan dari pada dikerjain getoo..
Norak banget gan..
Udh kebangetan tu...
membanggakan donk gan, dengan cara seperti itu kita jadi tidak kalah dengan negara2 barat
Why so serious
Quote:Original Posted By Gemini Serenade
Seperti yang kita ketahui, April Mob pertama kali diperkenalkan oleh sebuah tayangan televisi kartun bertajuk Spongebob Squarepants dalam serial khususnya, yaitu April Fool’s Day.

sumber darimana itu gan ?


bukan secara historis gan itu.. hanya kiasan
dari pengamatan dan survey juga remaja, abg pada umumnya ngaku tau april mob dari tayangan spongebob

ingat, gan.. bukan secara historis
Jangan gan kasian, costumer service itu jadi bahan cacian orang klo ada komplain,, jadi jg di kerjain..
Quote:Original Posted By sdkusuma
Jangan gan kasian, costumer service itu jadi bahan cacian orang klo ada komplain,, jadi jg di kerjain..


iya gan..
kalo dipikir2 jadi CS itu ga enak,
udah di komplain banyak orang.. eh malah dikerjain juga
Ababil kayak gitu kudu ditampol ampe goblok gan.
Kurang kerjaan bgt dah -_-
niat kerja halal,
malah dibikin emosi..

welcome to Indonesia
ane pribadi sech ga setuju,
karena para mimin CS tersebut statusnya sedang bekerja (mencari nafkah)
klo di kerjain khan Kesian

Semoga pada sadar Ababil alay yang mungkin sudah kehabisan cara candaan sehingga memanfaatkan orang yang sedang bekerja untuk Mengguratkan senyum di wajah para ababil

ane sech klo pengen ketawa gampang az, tinggal pulang kerja maen sama anak
Bahagia itu sederhana
klo pengen ketawa tinggal nonton Kompas/Metro nonton SUC, atau download via Tutub
untung ane lom perna ngerjain cs

dari pada ngerjain cs mendingan mejeng di pekwan
yaa moga yg ngerjain dpt karma yg setimpal..
amien..

Quote:Original Posted By fenixiaero
ane pribadi sech ga setuju,
karena para mimin CS tersebut statusnya sedang bekerja (mencari nafkah)
klo di kerjain khan Kesian

Semoga pada sadar Ababil alay yang mungkin sudah kehabisan cara candaan sehingga memanfaatkan orang yang sedang bekerja untuk Mengguratkan senyum di wajah para ababil

ane sech klo pengen ketawa gampang az, tinggal pulang kerja maen sama anak
Bahagia itu sederhana
klo pengen ketawa tinggal nonton Kompas/Metro nonton SUC, atau download via Tutub


Quote:Original Posted By ucuprisma
yaa moga yg ngerjain dpt karma yg setimpal..
amien..



Betul banget, untuk membuat orang lain tertawa tidak harus menindas dan menipu orang lain,
mereka bekerja untuk cari nafkah (baca: duit halal),
sudah dapat komplain bejibun, eh, masih ditipu sama ababil..
kan kasian
ga'boleh jahil gan...nanti kena karma
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar