Pages


Sabtu, 27 Juni 2015

5 Tipe Exo Planet, Yang Mempunyai Ciri Khas Aneh!

Quote: WELCOME TO MY THREAD GAN



No Repsol Bro
Tadi ane ngecek seluruh kaskus banyak trit yang membahas planet2, mungkin agan2 bakalan bilang dejavu, repsol dan bla bla,
tapi tenang gan, ane udah survey seluruh kaskus, trit ane beda dari trit yang lain, walaupun judulnya ada yang samar samar. tapi isi dan bahasan nya beda

Kalo gak percaya mari kita simak aja gan




Quote:Quote:INTRO
Spoiler for :

Pengertian Exo Planet

Exoplanets adalah planet di luar tata surya.Mereka juga disebut sebagai planet ekstrasurya. Dimulai pada tahun 1992 dengan penemuan pertama, para astronom telah menemukan sekitar 837 planet dalam 660 sistem planet di sekitar galaksi Bima Sakti sampai sekarang.Para peneliti percaya bahwa mereka akan menemukan planet lebih banyak di tahun ini dan sebuah studi pada tahun 2012 memperkirakan bahwa setiap bintang dari 100 miliar atau lebih dalam galaksi Bima Sakti rata-rata mempunyai 1-6 planet.



Dahulu, kita hanya bisa membayangkan seperti apa dunia alien yang kerap muncul dalam film science fiction, seperti planet gurun Tatooine dari Star Wars atau planet Pandora yang dipenuhi hutan indah dari film Avatar. Tapi sekarang, planet alien sudah tidak asing lagi bagi kita.

Ketika para ilmuwan menemukan dan mengklasifikasikan planet baru, kita hanya bisa tertegun karena banyak dari planet itu tampil seperti yang ada di film fiksi ilmiah.

Dan berikut beberapa tipe exoplanet exotik yang sudah ditemukan ilmuwan


Quote:Quote:1. Planet Karbon
Spoiler for :

Ilustrasi planet karbon


Planet karbon tersusun hampir seluruhnya dari senyawa karbon, bukannya planet berbatu yang kaya silikat seperti dalam tata surya kita. Para ilmuwan yakin mereka bisa menciptakan senyawa yang dapat membentuk beberapa fitur permukaan yang sangat aneh, termasuk danau dan lautan tar atau hidrokarbon lainnya (tidak seperti danau hidrokarbon Titan). Beberapa bahkan dapat memiliki kerak grafit yang memiliki ketebalan beberapa kilometer.

Demikian pula, beberapa planet karbon mungkin memiliki mantel atau inti yang terbuat dari berlian solid. Walaupun itu terdengar luar biasa, ingat: berlian sebenarnya hanya senyawa karbon yang terbentuk di bawah panas dan tekanan yang ekstrim (seperti jauh di dalam perut bumi), sehingga benar-benar logis bahwa sebuah planet yang kaya karbon bisa memiliki lapisan berlian yang bersembunyi jauh di bawah permukaannya.


Apakah kita sudah menemukannya?

Ya, mungkin kita menemukannya! Planet 55 Cancri E dan WASP-12b kemungkinan adalah planet karbon.

Bisakah planet seperti ini menopang kehidupan?

Mungkin kehidupan yang tidak seperti kita kenal. Planet karbon mungkin kekurangan air yang penting, membuat kehadiran kehidupan mirip Bumi sangat mustahil. Bisa saja organisme asing berkembang tanpa air sama sekali, tetapi para ilmuwan tidak yakin bagaimana makhluk biologi atau proses metabolisme akan bekerja.

Di planet ini, berlian sangat melimpah, mungkin nilai berlian di planet ini sama seperti harga tumpukan batu di Bumi. Jika alien cukup cerdas entah bagaimana berhasil berevolusi pada planet berlian yang kaya akan karbon ini, mereka berpotensi menggunakan berlian dengan cara yang sama seperti manusia lakukan dengan alat-alat batu. Jika di Bumi ada namanya "Zaman Batu", di planet ini namanya "Zaman Berlian". Bahkan bisa saja merka menggunakan berlian itu membuat pondasi rumah ngoahahahaha



Quote:Quote:2. Planet Dunia Air
Spoiler for :

Ilustrasi Planet Air


Seperti namanya, permukaan planet ini benar-benar tertutup air seperti planet miller di film INTERSTELLAR, beberapa mungkin memiliki kedalaman ratusan atau ribuan mil, dengan air dalam bentuk cair. Jika kondisi itu benar, tekanan yang ekstrim di dekat bagian bawah lautan ini bisa menekan air cair menjadi es bahkan pada suhu di atas titik beku.

Atau sebaliknya, beberapa planet dengan lautan yang luas bisa sepenuhnya membeku, dan menjadi planet "bola salju." Menariknya, para ilmuwan percaya bahwa bumi mungkin telah mengalami sesuatu yang serupa sekitar 700 juta tahun yang lalu. Periode bencana ini disebut “Snowball Earth” -mungkin telah menyebabkan gletser untuk memperluas sampai ke khatulistiwa, benar-benar menutupi permukaan planet kita dengan es.



Apakah kita sudah menemukannya?


NASA telah menemukan beberapa kandidat dunia air, termasuk Kepler-62E dan Kepler-62F. Kedua planet ini berada di zona Goldilocks (daerah di sekitar bintang induknya yang memungkinan air dalam bentuk cair) dan model komputer menunjukkan bahwa kedua planet ini sebagian besar atau seluruhnya tertutup air.

Kepler-62F bisa juga menjadi sebuah planet es jika tidak memiliki atmosfer yang memerangkap panas (seperti efek rumah kaca). Bahkan mungkin menyerupai bulan Jupiter Europa, yang juga tertutup es, tapi kemungkinan menyembunyikan laut luas di bawah permukaannya.

Bisakah Planet Seperti Ini Menopang Kehidupan?

Ya, Mungkin saja ! Para ilmuwan percaya beberapa planet air dapat penuh dengan kehidupan air, mirip dengan jenis kehidupan yang ada di lautan bumi.

Kelayakhunian planet yang tertutup es kurang jelas, tapi NASA begitu yakin bahwa mereka juga bisa, mereka berencana untuk mengirim wahana peneliti ke Europa untuk mencari tanda-tanda kehidupan di bawah lapisan es tebalnya. Merea meyakini bahwa lautan sub-glasial Europa mungkin tetap hangat melalui kegiatan pasang surut atau geologi, membuat ramah terhadap organisme mikroba, bahkan mungkin kehidupan yang kompleks.



Quote:Quote:3. Planet Chthonian
Spoiler for :

Ilustrasi Planet Chthonian


Sebuah planet Chthonian (diucapkan "kuh-tho-nee-an") adalah sisa dari exoplanet hot-Jupiter yang atmosfernya sudah di lucuti oleh angin bintang yag kuat karena posisinya terlalu dekat dengan bintang induknya dan hanya menyisahkan inti planet berbatu.

Menariknya, nama "Chthonian" dalam konteks ini berasal dari kata Yunani "khthonios," mengacu pada makluk mitologis Yunani dari neraka. Nama ini tentu cocok, mengingat fakta bahwa suhu permukaan di planet ini dapat naik sampai 4000 F (2200 C).


Apakah kita sudah menemukannya?

Mungkin kita menemukannya! Planet CoRoT-7b diyakini sebagai planet chthonian. Planet lain, dijuluki HD 209458b, saat ini sedang kehilangan massanya dan kemungkinan akan menjadi planet seperti ini di masa depan.

Bisakah Planet Seperti Ini Menopang Kehidupan?

Impossible gan Permukaan planet ini bisa cukup panas untuk menguapkan timah


Quote:Quote:4. Planet Eksentrik
Spoiler for :

Ilustrasi Planet Eksentrik


Planet eksentrik adalah sebuah planet yang memiliki orbit yang sangat elips, mirip dengan komet. Mereka secara berkala lewat sangat dekat dengan bintang induknya, dan kemudian pergi sangat jauh dari bintang induknya. Siklus yang sedang berlangsung ini menyebabkan planet eksentrik memiliki perubahan musim yang sangat dramatis. Suhu planet ini dapat bervariasi, dari dinginnya seperti Pluto sampai panas seperti permukaan bintang induknya dalam satu "tahun."

Apakah kita sudah menemukannya?

Planet eksentrik sebenarnya cukup umum. Bahkan ada beberapa di tata surya kita. Beberapa, seperti HD 80606 b, yang memiliki orbit sangat eksentrik

Bisakah planet seperti ini menopang kehidupan?

Mungkin, tapi bentuk kehidupan harus menjadi sangat tangguh dan mudah beradaptasi untuk kelangsungan hidup jangka panjang. Katakanlah satu planet eksentrik berjalan melalui orbitnya, disitu akan terjadi musim dingin panjang yang ekstrim, organisme yang muncul disitu akan berevolusi mengikuti lingkungannya jadi mereka di lengkapi dengan kemampuan untuk memperlambat metabolismenya atau hibernate selama periode dingin. Jika permukaannya secara berkala menjadi panas dan sangat panas, kehidupan mungkin bisa bertahan hidup di bawah tanahnya.


Quote:Quote:5. Planet Pengembara (Roque)
Spoiler for :

Ilustrasi Planet Roque


Kenapa planet ini disebut planet pengembara ? apakah karna planet ini bisa jalan jalan, berpindah tempat sesuka hatinya sendiri ? bukan gan pengertian planet pengembara adalah planet tunggal yang mengambang bebas di angkasa, tidak terikat dengan bintang apapun
Meskipun hampir tidak terdeteksi oleh teleskop modern, para ilmuwan percaya bahwa planet pengembara dapat melebihi bintang di Bima Sakti dengan faktor setidaknya 2-1.

Sampai sekarang, para ilmuwan bahkan tidak yakin bagaimana planet nakal membentuk, meskipun ada beberapa yang mungkin dikeluarkan dari sistem bintangnya.


Apakah kita sudah menemukannya?


Ya, kita sudah menemukannya!! PSO J318.5-22, sebuah planet yang memiliki massa sekitar 6 kali lebih masif dari Jupiter, diyakini menjadi planet ini.

Bisakah planet seperti ini menopang kehidupan?


Ini adalah pertanyaan yang sulit. Karena planet ini tidak mengorbit bintang, mereka akan terus-menerus gelap, tanpa sumber panas atau energi dari luar. Setiap panas akan muncul dari planet itu sendiri, baik dari aktivitas geologi, atau melalui gaya pasang surut dari bulan yang dipertahankan.

Tanpa cahaya, biosfer alien tidak bisa mengandalkan fotosintesis. Namun, kehidupan berpotensi memanfaatkan aktivitas geologi untuk energi, seperti organisme yang hidup di sekitar ventilasi hidrotermal di dasar laut. Tapi, tidak ada cara untuk mengetahui hal tersebut sampai kita mempelajari planet pengembara dari dekat (dan itu jelas tidak mungkin).

Quote:Quote:PENUTUP

Oke gan, itulah beberapa exotic planet aneh, yang mempunyai ciri khas nya masing masing.
Intinya alam semesta ini begitu luas, begitu banyak planet planet dan galaxy ngampar gitu aja di luar sana, kan mubazir cuma jadi pajangan doang mudah mudahan para ilmuan segera menemukan exoplanet yang mirip dengan kondisi bumi, sehingga kalo harus di terraforming, ya terraformingnya gampang, gak neko2 kaya planet mars, yang harus di cairkan dulu airnya yang membeku, trus ditabrakan asteroid dulu untuk menaikan suhunya, apalagi venus, yang harus di payungi dulu untuk mendinginkan suhunya karna suhu di di sana terlalu panas
pada hakekatnya, manusia lebih jago manas manasin daripada ngedinginin

memanaskan suhu di mars aja sangat sulit, apalagi mendinginkan venus yang cukup ekstrim

Oke gan, sekian trit ane
Semoga bermanfaat









SUMUR :

PEMBANDING :

Quote: Another Science And Science Fiction Thread
Quote:Beginilah Jika Matahari Diganti Dengan Bintang Lain!!!
Berimajinasi Tentang Kota Di Masa Depan

Akankah Seperti Ini Sosok Bumi Di Masa Depan
Berbagai Planet Hipotesis Yang Pernah Muncul Dalam Sejarah Astronomi!
Terraforming, Teori Yang Mengubah Habitat Planet Lain

Berbagai Simetri Indah Di Alam Semesta!
Yang Akan Terjadi, Jika Bulan Kita Meledak !
Seandainya Bila Makhluk Dari Planet Lain Di Film Ini, Datang Menginvasi Bumi!
Gambaran Masa Depan Manusia Di Permukaan Planet Mars!
Fenomena Natural Aneh Yang Benar - Benar Terjadi di Bumi Kita !
Ilustrasi Penampakan Objek Luar Angkasa Jika Berada Sangat Dekat Dengan Bumi !
Mitos Tidak Benar Tentang Planet Pluto!
Beberapa Proyek Science Fiction Yang Sudah, Dan Mungkin Akan Jadi Kenyataan !
Konsep Science Fiction Yang Seharusnya Tidak Boleh Di Wujudkan!


Super Saturnus Dengan Cincin Super Besar!!!
Fenomena Mengagumkan Di Tata Surya Kita!

Penampakan Kota New York, Jika Di Tempatkan Di Planet Lain!

Mungkin planet2 tersebut masih extrem bwat kehidupan manusia , tapi bisa jadi merupakan sumber daya yang kaya bagi manusia seperti planet karbon.
Nice share
Quote:Original Posted By bronki31
Mungkin planet2 tersebut masih extrem bwat kehidupan manusia , tapi bisa jadi merupakan sumber daya yang kaya bagi manusia seperti planet karbon.
Nice share


yoi gan, bisa jadi planet2 tsb punya sumberdaya energi yang jauh lebih baik dari bumi seperti halnya helium sumber energi alternatif yang bisa gantiin energi nuklir kan lebih praktis
semakin banyak saja penemuan planet lain ya.


naizz infoo gan ..
Quote:Original Posted By SurgaDunia
semakin banyak saja penemuan planet lain ya.


naizz infoo gan ..



iya gan
wong planet di luar sana kaya sampah di bumi, ngampar dimana aja, dan gampang ditemuin
mantap banget gan, baru tau ane ada planet pengembara. keep sharing gan
Quote:Original Posted By powercoki
mantap banget gan, baru tau ane ada planet pengembara. keep sharing gan


terima kasih gan
wah calon ht lagi nih

baca planet chthonian kok langsung jadi keinget merkurius yak?
Quote:Original Posted By mdinowumbo
wah calon ht lagi nih

baca planet chthonian kok langsung jadi keinget merkurius yak?


emang merkuri kenapa gan
planet pengembara

kayanya asik hidup di sana, gelap2an melulu

btw itu planet jalan apa diam gan? ada kemungkinan gak masuk k solar sistem bintang lain? (kesasar)
Quote:Original Posted By uoykcuf
planet pengembara

kayanya asik hidup di sana, gelap2an melulu

btw itu planet jalan apa diam gan? ada kemungkinan gak masuk k solar sistem bintang lain? (kesasar)


yaitu seperti kesasar gan, ibarat kata kedebong pisang ngambang di laut terombang ambing oleh pasang surut,

kalo soal kemungkinan bisa masuk ke solar sistem, ane juga belom tau gan,

astronom aja belum mempelajari banyak tentang planet yg mengambang bebas di luar angkasa, apalagi ane
Kalo di planet yg air semua itu ada makhluk kaya di film europa report gak ya

btw nice post gan, sering2 lah post kaya gini yg rutin
Quote:Original Posted By aldy420
Kalo di planet yg air semua itu ada makhluk kaya di film europa report gak ya

btw nice post gan, sering2 lah post kaya gini yg rutin




terimakasih gan

btw makhluk apa yg hidup di film europa seperti yg ente sebutin

apakah makhluk organisme atau sekedar mahluk mikroorganisme
Quote:Original Posted By wahyudit
emang merkuri kenapa gan

ya gitulah gan, kecil berbatu deket matahari. apalagi di tata surya kita ga ada planet hot jupiter padahal di tata surya lain hot jupiter itu umum banget. ane curiga merkurius itu bekas intinya hot jupiter jaman dulu
planet pengembara keren tuh pasti penghuninya para pendekar dan musafir..
kalo lewat dekat bumi disuruh mampir sekalian..
Planet chthonian panas banget ya
Quote:Original Posted By hainamakutoro
planet pengembara keren tuh pasti penghuninya para pendekar dan musafir..
kalo lewat dekat bumi disuruh mampir sekalian..


penghuninya autobot sama decepticon gan

Quote:Original Posted By wahyudit


penghuninya autobot sama decepticon gan



namec ga termasuk gan..
ane bantu biar jadi HT..
ane gembok dulu gan..
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar