Pages


Selasa, 30 Juni 2015

TMNT (2014) – Konsep Desain Kura-kura Ninja Terburuk yang pernah dibuat.

Sebelum tahun 2014, ane selalu berangan-angan, bagaimana bila kura-kura ninja dibuat film Live actionnya yang baru, dengan memanfaatkan teknologi CGI.
Dan akhirnya angan-angan ane pun terbayarkan dengan adanya pembuatan film nya yang di rilis tahun 2014. Dan mengingat film tersebut akan di produseri oleh paman Michael Bay yang piawai dalam membuat film dengan visualisasi yang gila-gilaan, ane pun jadi antusias.


Namun sebelum filmnya release di bioskop, ekpektasi ane sedikit buyar ketika harus melihat desain para kura-kura ninja dari gambar dan trailernya di internet
WTF......., kau kah itu kura-kura ninja? ane tidak habis fikir melihat desain sang kura-kura ninja, bahkan para fansnya banyak yang mencibir dan mengolok-olok konsep desain dari kura-kura ninja itu sendiri.
Yah.....! the ninja Turltle its look too real....., sangat..sangat..sangat.. nyata, TAPI KEBABLASAN.
Namun untuk membuktikan bahwa sang kura-kura ninja tidak seburuk desainnya, ane pun bela-belain untuk menontonya di bioskop (tanpa harus menunggu versi BR-Ripnya di Internet... ), tapi... WTF...lagi, ceritanya tak ubahnya film Transformer, Cuma menang spesial efek doang......, jalan ceritanya terlalu dibuat-buat....., maklumlah yang memproduserinya adalah sang sutradara Transformers jadi wajarlah bila jalan ceritanya biasa-biasa saja.
Teenage Mutant Ninja Turtle (2014) adalah konsep desain kura-kura ninja terburuk yang pernah ada.
dan hal ini pun sudah menjadi kontroversi semenjak awal pembuatan filmnya, dari mulai merubah konsep Kura-kura Ninja adalah Alien sampai hujatan atas desain dari Michael Bay tersebut, juga rumor tambahan waktu pengerjaan untuk perubahan desain karakternya yang sudah terlanjur mendapat cacian. tapi semua telah terjadi.

Quote:dan yang paling terasa adalah hasil penjualannya, dengan Modal 125 juta dolar, cuma meraup keuntungan hanya 485 juta dollar, sedangkan Film satu Studionya : "Transformer (2007)" ,dengan budget 150 juta dollar, bisa mendapat keuntungan sampai 700 juta dollar.
Fakta mengatakan bahwa penyebab utamanya adalah desain kura-kura ninja yang terlihat Ngeri dan menakutkan untuk sebagian penonton yang masih anak-anak, bahkan untuk penonton dewasa pun kurang berminat, apalagi bagi para pecintanya
.

namun, dengan semua itu TMNT (2014) masih punya kelebihan.
- adegan Slow motion dan fightingnya yang keren (maklumlah karena di bawah naungan Michael bay)
- humornya yang membuat ane bisa tertawa lebart, terutama pada adegan di dalam Lift.
paling tidak hal tersebut bisa membuat penonton sedikit terpuaskan.

Spoiler for MUKADIMAH:

The Evolution OF Ninja Turtle Design
Pada dasarnya, Perubahan desain / Concept art dari tokoh fiktif comic atau animasi selalu mengikuti perkembangan zaman. Demikian juga dengan desain dari para kura-kura ninja, yang awalnya hanya desain biasa menjadi sebuah konsep yang lebih terlihat real untuk versi filmnya.


Selain itu banyak juga konsep desain yang yang bertebaran di dunia maya. Berikut ane rangkum beberapa desain tersebut dalam sebuah gambar.


Namun entah mengapa, desain versi live action tahun 2014 ini, justru kebablasan......
Bahkan ane lebih senang melihat versi cosplay-nya, terlihat lebih simple dan friendly....


Reason why The movie is too Bad.
Berikut ane bahas beberapa hal yang menjadi poin penting dalam konsep desain dari kura-kura ninja.

DESAIN KARAKTER
Quote:Ane mungkin bukanlah seorang art designer, tapi ane sebagai orang awam bisa membedakan mana desain yang benar-benar bisa mewakili untuk karakter para kura-kura ninja tersebut
Para desainernya sepertinya berupanya benar-benar membuat para kura-kura ninja tersebut terlihat lebih realistik, sama seperti ketika mereka membuat film transformer, tapi sungguh sangat disayangkan, imajinasi yang mereka tuangkan dalam desain kura-kura ninja sangat kebablasan, seluruh bagian tubuh dari kura-kura ninja sangat tidak merepresentasikan kura-kura ninja yang sebenarnya dan terkesan tidak proposional.
Spoiler for 1. POSTUR TUBUH:
they are too BIG
Dalam film tersebut tinggi badan kura-kura ninja terlihat lebih tinggi dari manusia (sekitar 2 m) dengan badan yang kekar layaknya alien berbadan binaragwan, padahal dari seluruh komik dan animasinya tinggi badan kura-kura ninja terlihat sama tinginya dengan manusia rata-rata. Mungkin maksud dari para pembuatnya adalah untuk menjadikan kura-kura ninja terlihat lebih kuat dan kekar dan dengan tubuh yang besar otomatis kekuatan mereka menjadi besar pula.
Tinggi badan para kura-kura Ninja tersebut sebenarnya bukannlah hal yang di permasalahkan, mungkin karena bentuk tubuh mereka yang besar makanya harus pula di sesuaikan tingginya.

Spoiler for 2. BENTUK WAJAH:
Bagian inilah yang paling membuat ane kecewa, bahkan seluruh fansnya pun sangat kecewa dengan desain wajahnya, terutama si michelangelo, is that a shrek...???sumber gambar : http://forums.thetechnodrome.com/sho...ad.php?t=49069
wajahnya lebih menyerupai manusia gemuk berkepala plontos yang penuh dengan lemak, apalagi bentuk bibir yang dibuat menyerupai bibir manusia, malah memberi kesan aneh...., its look like shrek
ketika gambar awal dari film tersebut keluar sebelum tayang di bioskop, banyak reaksi dari penggemarnya, bahkan Beberapa penggemarnya pun mencoba membuat desain ulang dari cuplikan gambar yang ada dan meredesain ulang agar lebih menyerupai versi kartunnya. sumber gambar : http://screenrant.com/teenage-mutant...-delay-update/
Penambahan lubang hidung tidak menjadi sebuah persoalan untuk memberi kesan realistik, walaupun sebagian penggemarnya menganggap itu adalah hal yang tidak sesuai, tapi setidaknya kesan realistiknya jangan kebablasan lah......

Spoiler for 3. LENGAN & KAKI:
Kura-kura ninja pun mengalami Evolusi Desain, dari konsep awal yang benar-benar seperti seekor kura-kura yang berdiri tegak berevolusi menyerupai bentuk tubuh manusia dan saat ini desain kura-kura ninja di serial kartun dan gamesnya berevolusi dengan perubahan lengan dan kaki terlihat lebih keren ketika dibuat besar pada bagian ujungnya (layaknya popeye),
dan menurut Ane konsep yang lebih baik adalah pada versi Video Game (TMNT out of shadow), seharusnya mereka bisa mencontohi desainnya
namun entah mengapa justru desain film live actionnya bagian lengan dan kaki terlihat lebih parah.....! terutama pada bagian otot lengannya, terlihat seperti Binaragawan. coba lihat perbandingan dari kedua versi kura-kura ninja berikut ini.

Spoiler for 4. CANGKANG / Shell:
Bagian tubuh ini juga sangat aneh terlihat, cangkang belakang seolah-olah bukan merupakan bagian dari tubuh kura-kura ninja, para kura-kura itu terlihat seperti membawa sebuah wajan gede.
Dengan posisi canggkang yang hampir sama tinggi dengan posisi kepala malah membuat mereka terlihat seperti orang bungkuk yang berlagak jadi super hero.
Sedang pada cangkang depan yang menutupi bagian dada sampai ke selangkangan paha justru terlihat bukan seperti cangkang, melainkan seperti bagian yang menyatu dengan kulitnya, berbeda dengan desain pada video game ataupun animasinya.
Desain seperti versi Game of shadow cangkangnya terlihat proposional untuk ukuran kombinasi mutasi Manusia + Kura kura, cangkang depannya pun pada bagian sisinya terlihat menonjol keluar layaknya kura-kura asli dan antara cangkang depan dan belakang menyatu pada bagian bawah lengan/pinggang.

Spoiler for 5. KOSTUM DAN AKSESORIS:
Untuk menambah kesan realistik berbagai aksesorispun di sematkan pada beberapa bagian tubuh para kura-kura ninja, hal tersebut bukanlah hal yang aneh karena Dalam serial maupun komiknya, Kura-kura ninja pun pernah dibuat dengan menggunakan kostum.Penggunaan kostum Untuk beberapa bagian tubuh mungkin adalah hal yang wajar, demi untuk mencapai kerealistisan, seperti tiap-tiap ninja menutupi bagian pinggang kebawah, dengan berbagai bahan yang berbeda, maksudnya sih baik....., untuk menutup tit*tnya.......! pada bagian tersebut sudah cukup untuk di buat realistik.
Tapi hampir seluruh aksesoris yang di gunakan justru terlihat norak, yang sebenarnya gak perlu harus di tambah, michaelangelo dengan kalung manik-manik dan kacamatanya, leonardo dengan rumbai-rumbai di dadanya, dan yang paling parah adalah donatelo, dengan kacamata penelitian dan aki gede yang di pajang di cangkang belakangnya membuatnya terlihat berantakan.....!
Dan yang paling parah bahkan ada yang memakai sepatu dan celana spandex, entah beli dari mana sepatu dengan ukuran segede gaban itu...?Coba perhatikan baik-baik pada filmnya, pada bagian kaki sengaja dibuat samar dan tidak menjadi fokus dan menghindar untuk memperlihatkan bagian kaki tersebut, tapi bila di perhatikan seksama, they weared shoes.
Seharusnya desain aksesoris tersebut dibuat lebih simple agar tidak terlihat norak, cukup hanya dengan balutan pada bagian pinggang ke bawah beserta sabuk yang melingkari pinggang dan dada yang berfungsi sebagai penyangga senjata mereka.
Apalagi sepatunya bukanlah option yang bagus, karena tidak terlihat natural bila mereka berkelahi karena akan sangat menggangu akselesarinya.

Spoiler for 6. TEKNOLOGI MOTION CAPTURE:
Teknologi Motion Capture Simplenya adalah teknologi untuk memindai gerakan manusia kedalam model digital, teknologi ini sudah menjadi hal yang lumrah di perfiliman hollywood, TMNT pun menggunakannya, tapi hal yang tidak di pertimbangakn dalam film kura-kura ninja adalah, gerakan dari para kura-kura ninja itu sendiri ketika menggunakan teknologi TersebutPada saaat penggunaan teknologi motion capture, para pemerannya benar-benar menggunakan cangkang pada punggungnya, hal tersebutlah yang membuat sebagian gerakan para-kura kura ninja jadi aneh dalam film, coba anda bayangkan seorang manusia bergerak dengan menggunakan tas gede di punggungnya, pasti gerakan manusia itu tidak leluasa dan terlihat anehkan.....!
Namun karena tuntutan desain justru berimbas pada gerakan pemerannya yang menjadi kaku.....


KONSEP CERITA
Quote:Overall seluruh jalan cerita sudah cukup bagus, hanya sedikit dipaksakan, bila saja sutradara lain yang menangani mungkin saja akan bebebeda, bila yang menyutradarainya adalah om Nolan, mungkin jalan ceritanya akan di buat lebih realistik.
Spoiler for 1. PROSES MUTASI:
Kisah awal mereka menjadi mutan adalah karena penelitian, sedikit berbeda dengan original storinya dimana mereka tidak sengaja terkena radiasi dari bahan kimia, namun yang jadi masalah adalah si tikus splinter, sesuai dari original story-nya, splinter juga adalah tikus yang tidak sengaja terkena radiasi. Lalu sang tikus dan ke 4 kura-kura di selamatkan oleh April O’neal kecil dan dilepas lalu tumbuh dan besar dalam selokan kota New york.
Konsep ini mungkin kurang begitu realistik untuk di cerna, bagaimana bisa tikus mutan yang hidup dan besar tanpa interaksi manusia tetapi bisa menggunakan bahasa manusia.
Sebagai contoh, para kera di Film “ Rise of the planet Of the Apes” pun butuh bantuan manusia untuk dapat berbicara.

Spoiler for 2. HIDUP DI GORONG-GORONG DENGAN SEGALA FASILITAS:
Kesan realistikpun terabaikan ketika kita bertanya, bagaimana caranya mereka hidup dibawah selokan kota newyork selama bertahun-tahun tanpa interaksi manusia, tetapi memiliki segala macam benda yang ada, siapakah yang menyuplainya? Ataukah mereka mencuri..?
Bahkan peralatan yang mereka miliki super canggih..., kamera CCTV, berbagai macam tool dan monitor, bahkan gadget dengan teknologi hologram pun ada..., ck..ck..ck.....!
Malah mereka memiliki mobil dengan persenjataan lengkap? Siapa yang memberikan...?


Spoiler for 3. THE SKILL:
Sang splinter hanya dengan belajar Nijitsu dari sebuah buku, bisa menjadi seorang master Ninjitsu yang hebat bahkan bisa mengajarkan kepada para kura-kura, sangat-sangat tidak realistik.
Belum lagi si Donatelo yang jenius? who teach him..?



BEGINI SEHARUSNYA KURA-KURA NINJA DI BUAT (imho)
Quote:The Story
Untuk memberi kesan realistik, mungkin cerita awalnya perlu sedikit di rubah. Formula yang bisa merubah mutan tersebut bersifat timbal balik sehingga dapat menjadikan mutasi awal dari seorang Manusia ataupun binatang. Dan splinter dahulunya adalah seorang manusia (dan juga ahli Ninjitsu) yang di rubah menjadi mutant (karena konsep seperti ini juga pernah hadir dalam serial televisinya).
Dan untuk membuat mereka tetap bertahan hidup dengan segala sesuatunya dalam selokan, yang diperlukan adalah manusia sesunguhnya sebagai perantara (seperti alfred dan Lucius Fox di Film the dark Knight).
tetapi filmnya pun harus tetap dibuat segar dengan humor yang pas, agar tetap dapat di minati semua kalangan, ga usah terlalu kelam

Design
Berikut ini hasil Coretan ane untuk menggambarkan para kura kura ninja yang ideal (menurut ane)
Dengan sumber dari konsep design game TMNT out of shadow, saya tambahin beberapa aksesoris pada tubuhnya.
Note : Ini Bukan Desain Ane, Ane cuma Nambahin aksesorisnya Doang, Ninja Turtlenya ane Comot Dari Konsep desain Game : Ninja Turtle Out Of Shadow


Dan sekarang sequelnya telah di kembangkan dan rencana rilis tahun 2016, saya berharap mungkin para pembuatnya dapat menerima komplain dari para penggemar setianya dan mau sedikit merubah bentuk desainnya, sama halnya seperti yang dilakukan dengan film Hulk.

Sumber :
http://freakmagination.blogspot.com/...014-worst.html

kunjungi trit ane yang lain
Quote:
Begini Seharusnya Film Dragon Ball

Analisa Kubah terbang yang menggemparkan

Mengapa anime/manga sangat sulit di adaptasi ke film live action versi holywood?

Anime/manga yang pantas dibuat film Live action (ataupun versi Hollywood)

Bila Serial Tokusatsu di buat lebih realistis
pertamax di amankan.. ss
Mencari kejelekan dan kelamahan memang hal yang mudah
tapi lumyan bagus lah gan filmnya ...
Desain karakternya terlalu dilebih-lebihkan, cuma menang di special effect
Ane malah takut gan ngeliatnya wkkwkw
udah pas itu,

tidak ada yang harus di komentari

udah segitu aja

terima kasih
ane sendiri ga suka sih sama bentuk kura2 ninjanya, males nontonnya juga
agan sangat detailing
Actingnya juga standar gan Will Arnett sama Megan Fox ,,, dibawah actingnya mad dog lah
Iya lebih buruk sih keliatannya emang
iya juga ya . ane baru ngeh di desain cangkangnya . seolah jadi bukan cangkang, ampe ente bilang wajan wkwk , UFO monas kali tuh

itu badannya bengkak mgkin digorong2 lagi bnyk nyamuk , digigit , maklum musim pancaroba

dan mgkin juga karena fasilitas yg memadai jadi digorong2 sekarang udah ada tempat gym sama suplemen yg bisa bikin tubuh tumbuh keatas bukan kesamping
wkwk agak mirip monyet mukanya
yah ane bkn fans na jadi gk bisa nilai
cuma marvel dan dc di era sekarang yang sukses ngebuat karakter live action
Hehe iya tuh art conceptor nya bikin TMNT terlalu hollywood-ish ya jadinya gitu. Padahal sayang bisa lebih hits kalo dibuat sesuai segmennya.

Tonton video ane juga gan.
Kenapa Orang Batak Galak? Kenapa Orang Padang Pelit? Kenapa Orang Jawa Lambat?

karakternya jadi kurang original choy
kalo ane bagus2 aja gan,, malah keren
agak terlambat karena filmnya sudah cukup lama rilis, tapi secara keseluruhan ane setuju gan. kesannya monster seram yg mengintimidasi walaupun pas d story nya mereka tetap rada konyol
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar