Pages


Senin, 29 Juni 2015

"cari nilai tinggi, kuliah di kampus favorit, dapat kerja bagus" Masih berlakukah?



Spoiler for CEK REPOST:



Spoiler for HOT THREAD:
[img][/img]


Quote:PROLOG
Sebagian dari agan mungkin udah baca thread ane sebelumnya, True story. hadapi menthal block untuk raih suksesmu. kisah ane sendiri
Ane yang saat itu memutuskan dari pekerjaan ane di perusahaan oli dan fokus utk ngejalanin usaha sendiri, sejak itu, ane yang sebelumnya sama sekali ga pernah suka baca buku, atau paling ane biasanya beli buku karena covernya bagus terus ga di baca.
namun sejak itu bener2 ane maksain diri utk baca buku sebanyak-banyaknya. Karena ane merasa butuh. Ane ga punya mentor. (mentor mentor bisnis kan bayarannya selangit gan. gimana bisa kita yang start up karena kepepet duit bisa bayar mereka2 ini buat ngebimbing kita) maka satu satunya jalan keluar bagi ane adalah baca buku sebanyak banyaknya


Quote:Kali ini ane ingin bercerita tentang salah satu buku yang ane baca, di salah satu bab di buku ini menunjukan bahwa kita selama ini telah hidup dengan cara yang salah di zaman yang salah.


Masih ingat kata orang tua kita dulu.
"Nak, sekolah yang benar, cari nilai yang tinggi. Ntar bisa kuliah di kampus favorit. Terus ntar jadi Pegawai negeri atau setidaknya kerja di perusahaan bagus dengan gajih yang bagus"

Pernah kah orang tua agan ngomong dengan kalimat yang kurang lebih begitu?
Ternyata kalimat itu semestinya ga berlaku lagi gan di zaman ini. karena kalimat itu hanya berlaku untuk keadaan PULUHAN TAHUN YANG LALU


Quote:Jadi sebenarnya di zaman seperti apakah kita ini sedang hidup?
Sebuah buku yang ane temukan menceritakan pembagian 4 zaman yaitu ada zaman agraris, zaman industri, zaman informasi, zaman konseptual. Ane nemuin pembahasan ini di buku UNLIMITED WEALTH bong chandra. Tapi menurut beberapa sumber, pembagian 4 zaman ini pertama kali di tulis oleh penulis luar negeri mungkin donald trump kalau ane ga salah.



Nah berikut ini adalah penjabaran tentang, dizaman manakah kita ini sekarang hidup?
simak ya gan


Quote:ERA AGRARIS

Sebelum tahun 1492, manusia hidup dizaman yang disebut era agraris.
di era ini, orang yang kaya adalah orang yang punya tanah banyak, kebun yang luas, peternakan yang besar.


Quote:ERA INDUSTRI

Tahun 1492. Yaitu saat pertamakali ditemukannya mesin uap merupakan akhir dari era agraris dan mulai memasuki era industri.
Cara menghasilkan kekayaan di era industri adalah dengan cara klasik " sekolah dengan baik, kuliah di universitas terbaik, raih nilai tertinggi, bekerja di perusahaan terbaik agar mendapat gajih tinggi"

Mengapa demikian?
karena di zaman ini pabrik pabrik mulai bermunculan. sehingga mindset yang muncul adalah mindset pekerja pabrik. maka dari itu lah disebut era industri



Quote:ERA INFORMASI

Tahun 1989 merupakan awal dari era Informasi. Orang yang kaya di era ini adalah orang yang mampu mendapat dan menebar informasi sebanyak mungkin. media internet kemajuan teknologi informasi merupakan buah karya kedigdayaan masa ini. hingga terlahir media sosial dan lain sebagainya

Di era inipun bisnis jaringan berkembang begitu pesat


Quote:ERA KONSEPTUAL

Apakah agan merasa perbedaan yang sangat jauh di zaman sekarang?
Mungkin sebagian dari pembaca thread ini ada yang merasakan kerja ikut perusahaan orang udah bertahun tahun, tapi hasil ga seberapa. Tapi anak muda, masih kuliah jurusan arsitektur ngejual gambarnya seharga 15jt rupiah. atau anak muda yang ngejual design cover album yang di beli maroon 5 seharga jutaan rupiah, atau seorang digital misician yang sebenarnya ga bisa main musik, tapi musiknya dibeli oleh artis ternama seharga puluhan juta rupiah. atau seorang pebisnis keripik, dia me-repackaging ulang dan memiliki omzet milyaran rupiah perbulan. padahal dia cuma jualan keripik.
Selamat datang di ERA KONSEPTUAL
di era ini, berkat kemajuan teknologi, tingkat kebosanan manusia sangat tinggi. Sehingga orang orang yang dapat berhasil merupakan orang orang yang memiliki sejuta konsep unik yang mudah dimengerti orang lain.


Quote:Henry ford. Merupakan seorang yang hidup di era industri. dia menghasilkan 1 billion dollar pertama dalam waktu 25 tahun
Bill Gates hadir di era informasi. Dia mengumpulkan 1 billion dollar pertamanya dalam waktu 10 tahun. Namun beruntungnya bill gates bukan orang yang mudah termakan waktu. saat era berubah menjadi era konseptual, bill gates tetap bertahan sebagai orang terkaya di dunia
namun dalam waktu yang sangat dekat muncul nama-nama baru seperti Jeff bazor pendiri amazon. Mark zuckerberg pendiri facebook mereka menghasilkan 1 billion dollarnya kurang dari 5 tahun.


Quote:Masa itu terjadi begitu cepat. Bill gates lahir di era industri, namun mengikuti cara sukses orang era informasi kemudian saat dunia berubah ke era konseptual dia pun ikut menyesuaikan diri dengan membawa microsoft menghadirkan produk produk dengan konsep baru.

Bagaimana mungkin sebagian besar orang Indonesia akan tetap bertahan dengan konsep "cari nilai tinggi, kuliah di kampus favortis kerja di perusahaan bagus biar dapat gaji gede".
Tanpa agan sadari dengan prinsip hidup seperti itu, agan akan tertendang dari perputaran zaman


Quote:Bagaimana dengan pilihan agan sekarang?
Apakah akan tetap bertahan dengan prinsip orang ERA INDUSTRI?
atau menjadi sedikit lebih maju seperti prinsip orang-orang di ERA INFORMASI?
atau agan ingin menjadi lebih cepat, seperti yang orang ERA KONSEPTUAL seharusnya lakukan



semoga agan tidak lupa bahwa kepunahan dinosaurus adalah karena dia tidak bisa menyesuaikan pada zamannya



Mengapa thread ini ane tulis?
Karena seperti yang kita tau, sistem pendidikan di indonesia masih mengikutin acuin seperti yg di rancang zaman orde lama dan orde baru. hanya ada beberapa kurikulum aja yg sedikit berubah. meskipun sebenarnya itu sama aja.

Artinya apa? sekolah formal itu wajib. Tapi ilmunya ga cukup hanya dari situ. banyak hal-hal yang gak di ajarin di sekolahan untuk hidup di era konseptual ini.


Quote:Original Posted By pandastrike17
Ane pernah ngobrol ama salah satu dosen masalah kurikulum di Univ ane, kyknya nyerempet2 sama thread ini deh.
waktu itu ane nanya klo
A ( ane ) :kurikulum di Jurusan ini acuannya kemana ya pak?
D ( dosen ) : ya acuannya ke kebutuhan lapangan kerja, jadi kita mempersiakan kalian sesuai dengan tuntutan dari para pengguna lulusan.
walah jadi mindset kita selama kuliah kyknya emank diarahkan buat jadi "buruh" dari para pemilik perusahaan toh kita disetting sesuai permintaan mereka.
jadi menurut ane yang harus diubah ya kurikulum pendidikan mulai dari tingkat SD sampai Perguruan Tinggi sekalipun nih klo emank kita mau bertahan di Era sekarang biar gak punah kyk dinosaurus kyk kata c TS


Quote:Original Posted By uncitmon
nilai emang harus baguss kuliah emang harus baguss.. tapi kalo cuma buat kerja sama orang apa ga sayang itu ilmu dan keahlian yg di dapetin dari kuliah ? ibarat kata, kita kuliah capek2 cuma buat orang,selipin preneur di bidang kuliah masing2 contohnya biopreneur technopreneur artpreneur. itu baru ilmu nya ga sia2







Quote:Kumpulan thread ane yang lain:
Tips creative direct selling untuk dongkrak penjualan
Agan suka pake headsetdi kereta? awas jangan sampe jadi apatis <- HOT THREAD
True story. hadapi menthal block untuk raih suksesmu. kisah ane sendiri Quote:
produk yang mengandung unsur cokelat. yang katanya digilai wanita
Bukan zamannya mahasiswa hidup susah. Ini triknya! <- ID LAMA HT 2013
bebas aja sih gan, yg era industri udah terbukti survive
yg era informasi dan konseptual memang menjanjikan, tp pergeserannya juga cepat.

eh forum 18 - CYSTG membuka sayembara untuk design official hoodie, mgkn cocok untuk agan yg era konseptual
Quote:Original Posted By johanwibowo
bebas aja sih gan, yg era industri udah terbukti survive
yg era informasi dan konseptual memang menjanjikan, tp pergeserannya juga cepat.

eh forum 18 - CYSTG membuka sayembara untuk design official hoodie, mgkn cocok untuk agan yg era konseptual


tuh kan. Zaman Industri CYSTG mana bisa bikin lomba design hoodie. kaskus di bikin aja belom.. ehehe
iyalah .. sdetidaknya lebih baik dari pada nilainya down ...
dan kemungkinan mendapatkan pekerjaan yg lebih layak juga ...
kalo sedlama kuliah ente belajar dengan sungguh sunbgguh pasti dapat nilai yg bagus .. atau setidaknya enggak jelek
Quote:Original Posted By mahfud32
iyalah .. sdetidaknya lebih baik dari pada nilainya down ...
dan kemungkinan mendapatkan pekerjaan yg lebih layak juga ...
kalo sedlama kuliah ente belajar dengan sungguh sunbgguh pasti dapat nilai yg bagus .. atau setidaknya enggak jelek


ane yakin ente cuma baca judul. langsung coment. tp makasih bantu nyundul deh.
Quote:Original Posted By fh.rebirth

Quote:Bagaimana mungkin sebagian besar orang Indonesia akan tetap bertahan dengan konsep "cari nilai tinggi, kuliah di kampus favortis kerja di perusahaan bagus biar dapat gaji gede".
Tanpa agan sadari dengan prinsip hidup seperti itu, agan akan tertendang dari perputaran zaman



ane setuju bgt gan, pola pikirnya yg harus dirubah, nice threat anyway
ane blum ngerti gan

mejeng di pejwan ngoaha

follow @plesetankuis for more info kuis
Quote:Original Posted By opamye


ane setuju bgt gan, pola pikirnya yg harus dirubah, nice threat anyway


makasih gan. salaman
Quote:Original Posted By ngoaha
ane blum ngerti gan


mbaca sekali lagi ga akan membatalkan puasa gan
bener juga sih, kita masuk ke era konseptual yg kalo ane perhatiin di era ini tuh ngegabungnya era industri & informasi. ane juga udah ubah mindset sih dr dulu kalo sklh mah dimana aja yg penting bermanfaat buat ane dan org lain, tp masalahnya orang tua kita yg masih banyak berpikiran kyk gitu gan dan malah tmn2 ane juga masih sm brpkiran nilai bagus univ bagus hasilnya bakal kerja bagus


mknya gak jarang mereka ngejar univ atau nilai yg bagus tuh dgn cara apapun, rata2 indonesia masih menganut era kekgini gan, era konseptual tapi pemikirannya era industri, nilai adalah segalanya

tp ya smg aja kita generasi penerus seengganya 'ngeberontak' ke gnerasi sblmnya bahwa kita harus berkembang, udah beda zaman lagi
Quote:Original Posted By sayagote
bener juga sih, kita masuk ke era konseptual yg kalo ane perhatiin di era ini tuh ngegabungnya era industri & informasi. ane juga udah ubah mindset sih dr dulu kalo sklh mah dimana aja yg penting bermanfaat buat ane dan org lain, tp masalahnya orang tua kita yg masih banyak berpikiran kyk gitu gan dan malah tmn2 ane juga masih sm brpkiran nilai bagus univ bagus hasilnya bakal kerja bagus


mknya gak jarang mereka ngejar univ atau nilai yg bagus tuh dgn cara apapun, rata2 indonesia masih menganut era kekgini gan, era konseptual tapi pemikirannya era industri, nilai adalah segalanya

tp ya smg aja kita generasi penerus seengganya 'ngeberontak' ke gnerasi sblmnya bahwa kita harus berkembang, udah beda zaman lagi


bener gan. sekolah dimana aja. kuliah dimana aja. Tapi cari ilmunya kemana-mana.
Pemikiran kita beda sama rata rata ortu kita gan
Yah mending ikutin dulu maunya ortu untuk sementara kalo menurut ane gan,
Udah ane tetepin umur 25an ane nentuin hidup ane sendiri, kalo sekarang fokus maunya ortu gan
Quote:Original Posted By worozxcvbnm
Pemikiran kita beda sama rata rata ortu kita gan


mungkin tulisan ini bisa buka fikiran para ortu gan

barangkali ada yg main kaskua.
Quote:Original Posted By fh.rebirth


mungkin tulisan ini bisa buka fikiran para ortu gan

barangkali ada yg main kaskua.

Wkwkwk ortu ane buta informasi gan tiap hari nasehatin belajar yg bagus ntar dapat kerja enak gaji tinggi, padahal ane selalu bilang, kenapa ga ane yg gaji orang
Quote:Original Posted By worozxcvbnm
Wkwkwk ortu ane buta informasi gan tiap hari nasehatin belajar yg bagus ntar dapat kerja enak gaji tinggi, padahal ane selalu bilang, kenapa ga ane yg gaji orang


itu jawaban yg keren gan. semoga sukses hehe
Ane nitip lapak dulu, baru ane baca dah.

UPDATE

Wah setelah ane baca, ternyata pola pikir ane masih kaya "era industri" gan. Ane baru nyadar kalo yang selama ini emak ane bilang salah. Harus niali tinggi, harus punya ijasah bagus, harus kerja di perusahaan bla bla bla bla dll deh.
Tahun ini ane masuk kuliah, ane harus ubah nih minset ane jadi lebih modern.
Brarti kita sekarang di era konseptual
Quote:Original Posted By cigraaa
Ane nitip lapak dulu, baru ane baca dah.

UPDATE

Wah setelah ane baca, ternyata pola pikir ane masih kaya "era industri" gan. Ane baru nyadar kalo yang selama ini emak ane bilang salah. Harus niali tinggi, harus punya ijasah bagus, harus kerja di perusahaan bla bla bla bla dll deh.
Tahun ini ane masuk kuliah, ane harus ubah nih minset ane jadi lebih modern.


lakukan yg menurut ente terbaik aja gan. dan jangan lupa minta doa restu orang tua
Quote:Original Posted By seikojr
Brarti kita sekarang di era konseptual


betul sekali gan
sundul biar rame
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar