Pages


Minggu, 26 April 2015

Mari Mengenal Fenomena Black Hole

Mari Mengenal Fenomena Black Hole

Quote:Assalamualaikum Wr. Wb

Spoiler for Cek Repsol, Mohon maaf jika ada kesamaan:


Quote:
Spoiler for Black Hole:


Quote:Akhirnya gue bisa menyelesaikan thread kedua gue. Disini gue mau menjelaskan tentang fenomena Lubang Hitam atau Black hole. Gue bikin thread ini karena banyak yang penasaran dengan fenomena ini di film Interstellar. Bagi yang pernah main game Dota 2, pasti kenal dengan Enigma. Hero yang satu ini begitu terkenal dengan ultimate Black Holenya. Black hole yang dapat menyedot segalanya seperti vacum cleaner.
Spoiler for Ultimate Enigma:

Mungkin agan juga penasaran dengan si penghisap benda langit ini. Tanpa menunggu lama, langsung saja kita menuju TeKaPe.



Quote:1. Penjelasan Dimensi Ruang dan Waktu

Sebelum mengenal lebih jauh tentang black hole, gue mau menjelaskan sedikit tentang kelengkungan ruang dan waktu. Ruang dan waktu merupakan dimensi yang selama ini kita jalani/lalui. Ruang merupakan panjang, lebar dan tinggi. Sedangkan waktu adalah masa selama melewati ruang.
Contohnya, saat agan pergi dari rumah ke kampus. Dimensi ruang adalah perjalanan agan dari rumah ke kampus. Sedangkan dimensi waktu adalah berapa lama waktu yang agan tempuh selama perjalanan. Itulah pengertian dimensi ruang dan waktu.

Sekarang akan dibahas mengenai kelengkungan ruang dan waktu. Kelengkungan timbul dari massa benda angkasa. Contohnya, saat agan meletakkan bola bowling diatas spring bed yang datar. Anggap bowling tersebut sebagai objek angkasa. Maka akan terbentuk kelengkungan di spring bed.
Spoiler for Gambar Ingusterasi:

Kelengkungan ini merupakan kelengkungan ruang. Sedangkan kelengkungan waktu terjadi karena perbedaan waktu antara bagian yang melengkung dan bagian yang datar.
Contohnya dua orang kembar, anggap si A dan si B. Si A akan melakukan perjalanan keluar angkasa, sedangkan si B tetap di Bumi. Saat si A pulang ke bumi, si A masih tetap muda sedangkan Si B sudah tua.
Spoiler for Gambar Ingusterasi:

Fenomena ini disebut Dilatasi Waktu. Teori ini merupakan gagasan dari Mbah Einstein. (Kalo agan ingin awet muda, jalan2lah ke luar angkasa).

Karena kelengkungan ini pula bumi dapat mengintari matahari. Nah, anggap bowling tersebut sebagai matahari. Sekarang agan lemparkan kelereng yang dianggap sebagai bumi, maka kelereng tersebut akan mengintari bola bowling sampai akhirnya berhenti menyentuh bowling. Kelereng tersebut mengintari bowling karena terpengaruh massa dari bowling.
Spoiler for Gambar Ingusterasi:

Pertanyaan, mengapa kelerang tersebut berhenti sedangkan bumi gak pernah berhenti ?
Jawabannya karena kelereng terpengaruh gravitasi bumi (sebab agan melakukan percobaan ini di bumi). Tapi karena di luar angkasa tak ada gravitasi, maka bumi hanya terpengaruh massa matahari. Itulah mengapa bumi tetap mengorbit matahari. Hal tersebut juga berlaku saat bulan mengorbit bumi.



Quote:2. Penjelasan Mengenai Black Hole

Black hole adalah benda langit yang memiliki ukuran yang kecil, tapi memiliki massa yang besar. Ini ibarat sebutir pasir yang memiliki massa seperti gunung. Dengan massa yang besar itu, maka kelengkungan ruang dan waktu yang terbentuk semakin dalam.
Spoiler for Kelengkungan ruang dan waktu pada black hole:

Inilah mengapa saat benda yang telah terpengaruh gravitasi black hole tak bisa lepas lagi. Ibarat agan jatuh ke dalam jurang yang dalam.

Black hole tercipta dari bintang supermassive, yaitu bintang yang memiliki massa ratusan kali dari massa matahari. Saat bintang supermassive ini telah mati, maka terbentuklah black hole. Matahari bukan bintang supermassive, jadi tidak ada kemungkinan matahari menjadi black hole. Ini gambar yang menunjukkan bintang yang lebih besar dari matahari.
Spoiler for Penampakan:

VY Canis Majoris (bintang terbesar yang pernah dijumpai) merupakan bintang supermassive yang kemungkinan menjadi black hole ketika bintang itu mati.



Quote:3. Proses Terbentuknya Black Hole

Pada bintang supermassive, umurnya lebih pendek karena lebih cepat menghabiskan bahan bakarnya. Pada bintang, ada terdapat tekanan hidrostatik, yaitu tekanan ke luar sebagai pelepasan energi dan tekanan ke dalam akibat gravitasinya sendiri. Saat bahan bakar pada bintang telah habis, maka pelepasan energi juga terhenti. Akibatnya tekanan ke arah luar berkurang. Ini mengakibatkan seluruh materi bintang tersedot ke pusat gravitasinya. Ketika semua materi telah terkumpul ke pusat bintang, maka pusat tersebut akan mendapatkan tekanan. Saat tekanan telah melebihi beban, maka bintang tersebut akan meledak. Ini ibarat agan menekan balon yang berisi udara sampai akhirnya meledak. Fenomena ledakan inilah yang disebut Super Nova.
Spoiler for Super Nova:

Super nova hanya terjadi pada bintang yang memiliki massa yang besar, sehingga dapat menghancurkan dirinya sendiri.
Akibat dari ledakan bintang ini, akan terbentuk sebuah pusat gravitasi yang amat besar yang disebut Lubang Hitam atau Black Hole.
Spoiler for Black Hole:

Black hole yang memiliki gravitasi yang super besar disebut Supermassive Black Hole (jadi ingat lagunya Muse).



Quote:4. Fenomena Yang Muncul Akibat Black Hole

Ada fenomena lain yang muncul akibat black hole yaitu fenomena Worm Hole. Ini terjadi akibat dua kelengkungan ruang-waktu pada black hole saling bertemu dan membentuk sebuah gerbang. Konon katanya, worm hole bisa membawa agan ke dimensi lain. Tapi belum ada yang bisa menjelaskan secara detail tentang fenomena worm hole ini.
Spoiler for Gambar Ingusterasi:




Quote:5. Pertanyan dan Jawaban

Mengapa dikatakan lubang hitam ?
Spoiler for Jawaban:
Karena benda ini memiliki kelengkungan ruang dan waktu begitu dalam, sehingga membentuk sebuah lubang. Dan dikatakan hitam karena cahaya tak bisa lolos akibat gravitasinya.


Berapa banyak black hole di alam semesta ?
Spoiler for Jawaban:
Banyak sekali, seperti banyaknya pasir yang ada pantai.


Apakah bumi aman dari black hole ?
Spoiler for Jawaban:
Sampai sekarang status bumi masih aman dari black hole.
Karena black hole yang dekat dengan bumi berjarak 7800 tahun cahaya. Artinya butuh waktu 7800 tahun yang harus ditempuh dengan kecepatan cahaya.


Apa yang terjadi saat dua black hole saling bertabrakan ?
Spoiler for Jawaban:
Black hole akan menambah massanya menjadi lebih besar, sehingga gravitasinya juga ikut bertambah.



Quote:
Spoiler for Tambahan dari Kaskuser:
Quote:Original Posted By r4zor
Ane mau nambahin sedikit tentang blackhole gan..

Blackhole sangat menarik untuk dibahas.. sering kita bertanya tanya apa yg akan terjadi kalau kita masuk ke dalam blackhole?

Blackhole mempunyai massa yang sangat besar, ibarat blackhole sebesar kelereng = massa bumi!! Dengan massa yg sebesar itu pula blackhole mempunyai gravitasi yg sangat besar. Apapun akan ditelannya tak terkecuali cahaya.

Kalau kita masuk ke dalam blackhole kita akan meninggi dan memanjang seperti layaknya spagetti karena tarikan gravitasi blackhole dan waktu akan terasa lebih lambat jika kita semakin dekat dengan blackhole. Pernah nonton film Interstellar? Ketika Copper dkk menjelajahi planet Miller yang sangat dekat dengan blackhole waktu terasa 1 menit disana = 7 tahun dibumi. Itu benar! Dan sudah terbukti oleh fisika modern.

Ketika agan melempar sebuah jam ke dalam blackhole, semakin jam itu mendekati blackhole jam akan semakin melambat dan akhirnya akan berhenti. Lain hal jika kita masuk beserta dengan jam tersebut, jam tersebut akan berjalan normal seperti biasa. Mengapa? Semakin besar gravitasi, semakin lambat jam akan berputar. (Silahkan searching utk penjelasan lebih lanjut ) Dan itu akan terjadi pula dengan biologis tubuh kita. Kita masih tetap muda walaupun kita sudah pergi puluhan tahun lamanya. Itu yg namanya dilatasi waktu. Sama seperti jika kita terbang dengan kecepatan cahaya, waktu akan terasa lebih lambat.

Lalu apa yg akan terjadi jika bumi dekat dengan blackhole? Pertama akan terjadi Super Tsunami yg bs setinggi lebih dr 3 Km!! Dan lambat laun bumi akan habis terhisap oleh blackhole.

Jadi intinya waktu dan jarak bersifat relatif. Jd apa dong yg bersifat konstan? Kecepatan cahaya gan. Hanya kecepatan cahaya yg bersifay konstan. (Sekitar 300.000 Km per jam!)

Semoga bermanfaat..


Quote:Sekian dulu thread gue. Terima kasih bagi agan yang telah meluangkan waktunya untuk membaca thread ane. Jika berkenan, kasih ane . Ane juga gak nolak kalo ditraktir pake yang masih segar. Jangan kasih ane karena ane gak makan yang begituan.

Quote:Kalau inpoh dari ane berguna, mohon rekomendasikan thread ane jadi Hot Thread  (docs.google.com)

Quote:Isi kulkas gue baru satu

Quote:
Premium gan...
Pertamax mahal...
Quote:Original Posted By superdoyok11
Premium gan...
Pertamax mahal...


ane pake shell gan
Ane cuma tau black hole dari enigma gan
Wah mungkinkah ini penyebab fenomena2 aneh di Segitiga Bermuda ya
Liat mulustrasinya ane berasa kecil banget
Lubang hitam ibarat vacuum cleaner, menghisap semua yang ada di dekatnya... Apa jadinya kalo semua materi kesedot ke dalem lubang hitam, ya?




Nice trit, Btw...
Albert Einstein


Quote:Ketika anda duduk dengan wanita cantik, satu jam seperti sedetik. Ketika anda duduk di atas tungku panas, sedetik serasa satu jam. Itulah relativitas.
Quote:Original Posted By thebarmawi
Ane cuma tau black hole dari enigma gan

main dota juga toh

Quote:Original Posted By chua84
Wah mungkinkah ini penyebab fenomena2 aneh di Segitiga Bermuda ya

Beda gan, black hole cuma di luar angkasa.
Kalo segitiga bermuda di laut. :capede

Quote:Original Posted By cocacola
Lubang hitam ibarat vacuum cleaner, menghisap semua yang ada di dekatnya... Apa jadinya kalo semua materi kesedot ke dalem lubang hitam, ya?

Nice trit, Btw...

Materi tersebut akan hancur gan.
gak bisa bebas dari gravitasinya..

BTW jangan ane gan..

Keren gan threadnya.
kuasa Tuhan ane gk ada apa2nya
Quote:Original Posted By congek14.dp
Albert Einstein



Betul juga sih
Seperti itulah relativitas.
Black hole tuh kayk yg diluar angkasa tuh kan gan
buat yang suka science

coba deh nonton theory of everything
film tentang stephen hawking, and dia bkin thesis tentang blackhole
Quote:Original Posted By doderemifasol
Black hole tuh kayk yg diluar angkasa tuh kan gan

Ya gan..
Benda angkasa yang bisa menghancurkan sebuah planet..
Quote:Original Posted By superdoyok11

main dota juga toh



Yoi gan.. Klik bkb > dagger > black hole deh
yg masih jadi pertanyaan ane itu blackhole ada tembusannya gak ya? misalnya masuk blackhole tembusannya whitehole mungkin asal jangan a**hole
Quote:Original Posted By thebarmawi


Yoi gan.. Klik bkb > dagger > black hole deh

tambah aghanim sama radiance gan...
Mancrap tuh..
Teori yang belum bisa dibuktikan oleh manusia secara real terjadi
Quote:Original Posted By superdoyok11

Betul juga sih
Seperti itulah relativitas.

ho'oh itu kan kata pakdhe einstein
Quote:Original Posted By doderemifasol
Black hole tuh kayk yg diluar angkasa tuh kan gan

ehh abang dode
besok kopdar di Jambi milk jam 2 siang ye bang
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar