Pages


Kamis, 23 April 2015

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Berinvestasi Saham

Alhamdulillah HT 22 April 2015


Makasih Mimin Momod All Officer&Kaskuser

Semoga Thread TS Menambah Wawasan Tentang Berinvestasi Saham Di Indonesia


=========================================================================== ==========================


Cukup penting emang kalo kita punya tabungan yang cukup dan bisa dipakai suatu saat nanti. Tapi alangkah lebih baik jika tabungan yang kita pakai bisa dimanfaatkan untuk berinvestasi. Soalnya dengan berinvestasi kita bisa membuat nilai tabungan kita menjadi lebih bernilai gan.


Quote:


Mengapa Berinvestasi?

Buat agan dan aganwati yang belum tahu, investasi adalah kegiatan “membeli” sesuatu dimasa sekarang untuk “dijual” kembali dimasa darang dengan nilai yang lebih tinggi. Ane juga yakin ketika kita ditanya mengenai motivasi berinvestasi rata-rata jawabannya adalah profit, benar ?
Gak ada yang salah dengan hal itu. Tapi tahukah agan bahwa tujuan dari investasi secara umum adalah untuk memberikan lindung nilai terhadap asset agan dimasa sekarang. Menurut ane malah musuh terbesar dalam perencanaan keuangan itu adalah inflasi dan ane juga percaya sebagian dari agan sudah menyadari hal ini.
Apa yang salah dengan inflasi sehingga harus dimusuhi ? Mari kita flash back sejenak. Ane lahir ditahun 1985. Ketika ane SD, dengan uang Rp100 ane sudah dapat menyeruput sari tebu murni. Sekarang harganya Rp11.000. Ketika ane SMA, dengan uang Rp5.000 saya sudah kenyang makan bakso. Sekarang satu porsi bakso paling murah Rp20.000.
Inilah alasan mengapa kita harus berinvestasi. Investasi itu beragam jenisnya, ada obligasi, reksadana, saham, emas sampai dengan membuka usaha sendiri. Pertanyaan selanjutnya kapan kita harus mulai berinvestasi ? kapan kita menuai hasilnya ?


Quote:


Mengapa Saham?
Dari sekian banyak jenis investasi, ane akan membahas saham karena tidak banyak kalangan yang mengetahui tentang dunia per-saham-an. Tahukah Agan jumlah investor saham di Indonesia sepanjang 2014 hanya 400ribu orang ☺
Saham merupakan bukti kepemilikan dalam suatu perusahaan yang dapat memberikan hasil investasi bersifat variabel tergantung dari kemampuan investor dalam mengelolanya.
Okay, lalu mengapa memilih saham yang terkenal dengan instrument high risk ?
Ya, high risk but high return, itu memang quote yang terkenal untuk investasi instrument saham. Untuk mendapatkan return yang maksimal ketika berinvestasi pada saham kita juga harus siap dengan potensi risiko yang tinggi juga. Tetapi berhadapan dengan risiko tersebut bukan berarti kita harus menyerah, ada ilmu yang dapat diterapkan untuk meminimalisir potensi risiko tersebut. Kunci utama agar dapat meminimalisir risiko adalah dengan investasi pada ilmu pengetahuan, “An investment in knowledge pays the best interest”, begitulah kutipan dari Benjamin Franklin.

Keuntungan Investasi saham
1. Transparansi, setiap perusahaan yang tercatat dalam Bursa Efek Indonesia wajib mempublikasikan kegiatan operasionalnya, terutama laporan keuangannya. Sering kan saat kita beli Koran, ada tabel-tabel laporan keuangan dari perusahaan “public”,
2. Punya market, tentu saja saham dapat diperjual-belikan di pasar, nama pasarnya adalah Bursa Efek Indonesia (BEI).
3. Punya hak suara, karena dengan memiliki saham artinya kita juga memiliki perusahaan tersebut (sebagai owner). Dengan demikian kita memiliki hak untuk memberikan input yang membangun bagi perusahaan.
4. Capital gain, merupakan selisih harga jual yang lebih tinggi daripada harga beli, alias cuannya.
5. Dividen, merupakan apresiasi dari perusahaan kepada pemilik saham apabila perusahaannya mencatat keuntungan. Besaran dividen ditentukan melalui RUPS.
Masih ragu? Nih lihat trennya :

Spoiler for tren:


Beberapa hal yang harus menjadi perhatian dalam berinvestasi saham
1. Fluktuatif, harga saham dapat berubah per detik, bisa naik dan bisa turun
2. Informasi ekonomi, sebagai investor saham tentunya kita harus belajar untuk mengetahui dan memahami informasi ekonomi. Hali ini merupakan tantangan tersendiri karena tidak semua orang memiliki pengetahuan ekonomi yang memadai
3. Capital loss, kebalikannya dari capital gain, selisih harga beli yang lebih tinggi daripada harga jual
4. Potensi suspend/delisting, adanya kemungkinan suatu saham dihentikan perdagangannya oleh BEI untuk sementara waktu (suspen) atau kemungkinan suatu saham keluar dari BEI.
Faktor emosi seorang investor seringkali menyebabkan dia berhadapan dengan risiko.

Spoiler for penampakan:


Perbandingan saham dan inflasi
Berikut ini grafik pergerakan IHSG versus pergerakan inflasi tahunan Indonesia dalam 5 tahun terakhir gan. Dapat dilihat bahwa tren peningkatan IHSG lebih tajam dibandingkan kenaikan inflasi. Artinya, investasi di saham merupakan salah satu solusi untuk menjaga nilai uang kita dari dampak inflasi. IHSG sendiri merupakan parameter arah pasar, yang merefleksikan pergerakan harga saham-saham di BEI.

Spoiler for perbandingan saham dan inflasi:



Quote:
Apakah berinvestasi saham aman?

Awal tahun 2009 pasar saham Indonesia sempat kalang kabut dengan mencuatnya kasus Sarijaya Permana Sekuritas yang “menyelewengkan” dana nasabah sekitar Rp 235 miliar. Hal itu dapat terjadi karena pada saat itu rekening nasabah dan rekening operasional perusahaan sekuritas masih diperbolehkan dalam satu rekening yang sama atas nama perusahaan sekuritas tersebut. Tentu saja cela ini dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Tetapi sejak tahun 2010 para regulator telah membuat peraturan-peraturan untuk melindungi investor yaitu :
1. Fund Separation, dimana rekening dana nasabah dipisahkan dengan rekening dana milik perusahaan, atau dikenal dengan istilah Rekening Dana Investor (RDI), yaitu rekening virtual yang mencatat dana Nasabah secara terpisah dari perusahaan sekuritas dan dibuka atas nama nasabah pada Bank Pembayar yang ditunjuk oleh regulator. Jadi seluruh alur/mutasi dana dari aktivitas transaksi saham harus melalui RDI.
2. Memberikan Kartu AKSes yang dikeluarkan oleh KSEI, dimana melalui kartu AKSes ini, investor dapat memonitor saham-saham yang dimilikinya pada website KSEI dan mencocokannya dengan data portfolio saham yang dimilikinya pada rekening efek di perusahaan sekuritas.

  (investor.ksei.co.id)

3. Membentuk SIPF (Securities Investor Protection Fund)  (www.indonesiasipf.co.id) yaitu LPSnya pasar modal. Misi SIPF adalah meningkatkan keamanan berinvestasi di pasar modal melalui pembentukan Dana Perlindungan Pemodal. Syarat agar aset kita dilindungi oleh SIPF adalah :
• Pemodal yang menitipkan asetnya dan memiliki rekening efek pada kustodian
• Memiliki Sub Rekening Efek pada Lembaga penyimpanan dan penyelesaian
• Memiliki nomor tunggal indentitas pemodal (SID)

Spoiler for tahapan penanganan klaim:



Quote:
Tips berinvestasi saham
1. “Risk comes from not knowing what you are doing” adalah quote dari Warren Buffett. Untuk itu sebaiknya kita memahami prinsip berinvestasi berikut ini :
• Gunakan idle money yaitu dana yang tidak/belum digunakan.
• Disiplin, baik dalam menentukan tujuan investasi, pengalokasian dana maupun pembuatan rencana transaksi.
• Lakukan diversifikasi, tujuannya adalah untuk “memecahkan” potensi risiko (don’t put all your eggs in one basket).
• Lakukan evaluasi berkala, tujuannya untuk memonitor kinerja investasi kita.
2. “Know what you own why you own it” adalah quote dari Peter Lynch, intinya adalah jangan malas untuk mencari informasi. Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa memiliki saham berarti juga memiliki perusahaan. Jika sebagai pemilik, kita tidak update apa yang telah/sedang/akan dilakukan perusahaan tersebut. maka kita akan berhadapan dengan potensi risiko yang besar. “Behind every stock is a company. Find out what it’s doing.”

Kalkulasi saham
Pedagan efek yaitu perusahaan sekuritas. Itu artinya kita harus membuka rekening efek terlebih dahulu pada perusahaan sekuritas. Eksekusi transaksi dapat dilakukan secara mandiri oleh nasabah (melalui online trading) atau meminta bantuan tenaga sales perusahaan sekuritas tersebut. Nah, setiap transaksi jual-beli tersebut ada biaya jasa yang dipungut oleh perusahaan sekuritas sebagai perantara perdagangan saham. Tarifnya pun berbeda-beda antar perusahaan sekuritas berkisar antara 0.15% - 0.25% untuk fee transaksi beli dan 0.25% - 0.35% untuk fee transaksi jual.
Spoiler for contoh kalkulasi saham:




Semoga bermanfaat gan buat agan dan aganwati yang ingin berinvestasi saham



Spoiler for Komentar Kaskus Officer dan om Momod :kisss :

Quote:Original Posted By vivian23
Sepertinya harus di coba sbg alternatif menabung jg ya gan? Inflasi dan kenaikan gaji gak balance niih

Quote:Original Posted By kucinkmeonk
Nais info gan, akan ane coba... Kmrn2 sih brani nya beli uang asing aja coba2 spekulasi sendiri sama dolar

Quote:Original Posted By SuperDong
"Menabung pangkal kaya" is oldskul bro, sekarang jaman nya "invest pangkal kaya"....

Happy investing


Spoiler for Komentar Kaskuser:

Quote:Original Posted By cendolpempek
wah top nih tritnya kebetulan ane lagi belajar soal investasi, ane masih sma jadi kalau bisa waktu kuliah ane mau berinvestasi reksadana gitu gan yok orang indonesia harus melek saham juga jangan ketinggalan sama orang singapura

Quote:Original Posted By imanine9
gue punya saham starbuck gan sis tapi satu lot doang

Quote:Original Posted By andhikap1102
Ane setuju sama informasi yang agan kasih. Udah beberapa tahun ane investasi di Saham dan udah ngerasain banyak manfaatnya.

Quote:Original Posted By salmanhiz
Asalkan terus update dan update terus aja kita bisa menarik keuntungan maksimal, kalo tidak ya bisa saja jadi buntung, perbanyak pula referensi

Quote:Original Posted By apaajadehah
Main saham bukan sekedar trend, atau cuman buat ngisi waktu luang juga gan, it takes effort, great feeling, dan yang pasti belajar juga karena saham fluktuatif, prinsipnya main saham sih higj risk high return

Quote:Original Posted By santuary123


Ga ada yg aman sih..
Saham kalo analisa nya ga bener jg ga akan bener k depan nya.. Apa lg org yg "napsuan"

Emas?
Kalo fisik ya taro d bank aja gan.. Kalo d simpen d rumah ttp ada resiko.. D gondol maling
Sama ane jg ada emas fisik.. Hrga na turun mulu -.-
Kalo emas nya kebanyakan boleh lah d bagi2 gan.. Dr pd pusing nyimpen nya

Invest rumah??
Ttp aja butuh perawatan.. Mau d sewain kek ato d kosongin psti ending2 nya butuh perawatan.. Blom kalo amit2 kebakaran

Quote:Original Posted By fathanr
ane dah ikut sejak 2009
dan selama main saham ini, bnyk rugi nya..wkwk

skrg ane gak main saham lagi, tp ganti jadi investasi saham..

skrg ane ngarti knp gak boleh main main dgn saham karena saham bukan untuk mainan

Quote:Original Posted By rjheart
Nice thread gan.. ane dari dulu interest utk invest di saham, tp krn merasa belum cukup pengetahuan jd blm berani coba terjun di sini.. jd pengen cari info dan belajar lebih bnyk lg di sini.. kbr2in ya gan kl ada lesson ttg saham dan ekonomi yg bagus..

Quote:Original Posted By fendybargo
Saham memang investasi yg paling beresiko tp memberikan keuntungan yg paling tinggi dibanding produk investasi yg lain
Masalahnya skrg banyak perusahaan futures yg mengaku inves saham ternyata cm jual beli forex dan ini yg menyesatkan, krn saham itu beda dgn forex
Kalo mau resiko kecil dan keuntungan kecil ya reksadana aja, tp kalo mau aman emas batangan masih jd save heaven CMIIW

Quote:Original Posted By tonglai
Semoga banyak yg mulai diversifikasi investasi.
ada emas, saham, properti..
indonesia biar keren gan

Quote:Original Posted By anitsuya
Ane udah jalan gan di reksadana, udah dapet kartu ksei juga kemarin desember/januari dapet 2. Skdar info aja gan, katanya sih klo invest saham ini cocok buat yg invest jangka panjang sekitar 10thn lebih.

Main saham emang riskan, karena ada jatuhnya jg dan itu ga stabil, tapi kalo kita jeli liat.. meski melonjak naik turun tapi kalo ditarik garis lurus grafik pertumbuhannya itu ttep naik kok, tp ya kudu sabar krn sekali lagi invest saham itu cocok buat yg jangka panjang ambilnya, misal utk pensiun atau kuliah anak.

Tp ada jg teknik invest lump sum, yaitu dimana klo invest itu klo diliat tumbuh, si nasabah baru jual unitnya.

Btw yg bilang main investasi sham gini mirip judi, itu salah besar gan..!! Memang bener spt tulisan yg diposting diatas kalo saham itu ada itung2annya dan analisa. Atau penjelasan ringannya gini gan, tmn nte mau buka usaha fotokopi tapi blm ada modal, nah anggap nte punya modal, apa nte bakal ngasih duit gitu aja? Engga kan? pasti diliat dulu kira2 tmn nte mau buka lapak fotokopi dimana, jmlh karyawan brp, merk mesin nnti mau pke apa, biaya sewa lapak brp, dsb. Bisa jamin untung? Ga bisa 100% gan... nah itulah posisi kita sebagai pemodal/investor. Resiko pasti ada..

Quote:Original Posted By inspiringyou


wah gan, tulisan ente ini bener2 menohok ane !!!!...

ane beli reksadana saham PRTM SHM karena baca review dimajalah itu reksadana terbaik.
ane beli 13feb kmrn, harganya 6231.73
sampe 21april kemarin naik jadi 6355.58
jadi ane dapet untung 1.99%, alhamdulilah, belum ane jual gan

pas baca trit ente, ane coba random cek saham unilever, trus ini hasilnya :
tanggal 13feb, harganya 36325
sampe 21april kemarin naik jadi 40000
jadi untungnya 10.1%, speechless ane

itu ane coba berandai-andai jadi manager investasi sendiri, kebetulan ane taunya unilever krn sering dijadiin contoh pas kuliah.
dan terus terang ketika ane beli reksadana saham itu, ane juga ga tau manager investasinya beli saham apa, intinya percaya aja.
disitu ane merasa sedih, walaupun masih untung reksadananya tp liat selisihnya berkali-kali ane jadi beneran sedih

ane barter aja ke saham deh... adain latihan2/edukasi saham donk gan...

Quote:Original Posted By rumaiyar
ane perhatikan bahasa agan2 untuk saham adalah... "Main Saham"... inilah kekeliruan yang terjadi dimasyarakat.. saham itu jangan dimainkan... karna pasar modal memang bukan untuk ber "main"... bahasa yang tepat adalah "Investasi Saham"...

saham berbeda dengan Forex... di dunia pasar modal tak ada kata "menang" dan "Kalah", karna saham bisa disimpan seumur hidup agan bahkan bisa jadi warisan, sedangkan forex dkk tidak bisa disimpan seumur hidup.

kebanyakan orang itu berharap ketika beli saham, baru beli hari ini dengan modal 1 juta... kalo bisa besok menjadi 1 Milyar... nah ini yang repot...

buat orang seperti CT (Chairul Tanjung) yang uangnya ga berseri ketika membeli saham garuda diharga Rp. 300 dan dia beli sebanyak 300 milyar... tentu saja saat ini makin kaya karna harga saham garuda indonesia sudah 500 rupiah... jadi yang kaya makin kaya.. karna mereka sabar... untuk menyimpan sahamnya... toh juga masih ada uang yang lain untuk jajan.

lah kalo kita gan.... punya uang terbatas... sekali investasi saham... naik dikit udah mau jual... baru untung dikit udah berasa jago disaham... walhasil apa yang terjadi... melakukan spekulasi... tau tau harga sahamnya jatuh dan dijual rugi... akhirnya gigit jari.. abis itu kapok... dan berkata kepada rekan yang lain.. jangan beli saham saya rugi 30 juta... (ilustrasi)

karna itulah kawan2.. beliah saham yang perusahaannya kita kenal... contoh TeLKoM, INDoFood, UNileVeR, KaLBeFarma dll (40 perusahaan terbesar di indonesia). jadi ketika beli saham ini... dan harganya lagi jatuh... kita merasa nyaman.. karna toh perusahaannya ga akan bangkrut... karna produknya masih banyak di beli orang...

indikator saham akan naik adalah

produknya laku -----> laporan keuangan bagus -----> akibatnya investor banyak membeli sahamnya -----> harga saham naik...

sesimple itu gan....

dulu tahun 1995 ane yakin orang BEI udah berkoar2.. ngajarin kemasyarakat... yuk investasi di saham... IHSG saat itu masih 500 poin... sekarang IHSG udah 5400 gan...

orang yang sudah di ingatkan untuk masuk kepasar modal dari tahun 1995 akhirnya cuma bisa berkata... "wah dulu saya lihat ihsg 500, tapi sayang ga masuk ke pasar modal"... nah gimana dengan agan-agan dimari... IHSG sudah 5400... 20 tahun kedepan menurut agan2 akan bertambah ga yah??? jujur ane ga tau... karna itu masa depan...

tapi just in case masyarakat masih jajan produk2 perusahaan Tbk... ane yakin IHSG akan terus bertambah... dan apabila agan2 disini cuma sebatas jajan dan jajan produk perusahaan Tbk tadi... cuma bisa klaim sebagai "Konsumen"... naikkan derajat agan2 untuk jadi "Pemilik" dengan membeli saham,,

salam super semoga bermanfaat



mantap gan. thx buat infonya yg singkat dan padat
Nambah ilmu baru nie dari agan yang satu ini....
nyobain investasi yukz...
Menarik nih kayaknya...jadi pengen berinvestasi nih gan
Mau doonk ikutannnn..giamana daftarnya nih gan ?

Thx atas infonya ya
Ane dah maen reksadana sih biasanya, tapi ini bol jug nih tuk di coba.

oiya, daftarnya dimana ya ? heheheh..info donk gan


tenkyu yaaa

jadi kepengen ber-investasi..hehe
menarik nihh.....mau ikutan gimana cara ya ?

berapa sih min awalnya ?
ane masih kurang bgitu ngerti gan maen saham
kalau saham itu kayak main judi gak gan?
wah saham menarik nih gan, ikutan ah!
nice info gan..
jadi kepikiran investasi
wah, nanti ane ikut kalau udah punya skill saham
ane gak bisa investasi saham gan, ane gak punya npwp
Quote:Original Posted By sof16
mantap gan. thx buat infonya yg singkat dan padat




Quote:Original Posted By scar_lett
Menarik nih kayaknya...jadi pengen berinvestasi nih gan


berinvestasilah sebelum telat

Quote:Original Posted By joker217
Mau doonk ikutannnn..giamana daftarnya nih gan ?

Thx atas infonya ya


Quote:Original Posted By dakar81
Ane dah maen reksadana sih biasanya, tapi ini bol jug nih tuk di coba.

oiya, daftarnya dimana ya ? heheheh..info donk gan


tenkyu yaaa



Quote:Original Posted By eka.mardiah
menarik nihh.....mau ikutan gimana cara ya ?

berapa sih min awalnya ?


Kalo daftar biasanya langsung ke sekuritas gan, ada yg langsung dateng ke sekuritas yang dipilih, dan ada juga yg menyediakan online registration gann..

untuk minimum deposit awal juga beragam, ada yang tanpa minimum deposit, ada yg 100rb, 1 juta, 5 juta, 10 juta. tergantung dari sekuritas yang agan pilih. masing2 sekuritas punya kelebihan dan kekurangan masing2
Untuk list sekuritas yang biasa dipilih orang2 juga beragam contoh Mandiri Sekuritas, Daewoo Securities, Indopremier Securities, BNI Securities, Panin Sekuritas, Danareksa Sekuritas

di kaskus juga ada sub forum saham di http://www.kaskus.co.id/forum/469/saham main2 aja kesitu, nanti bisa pilih2 sekuritas mana yg cocok buat agan2

Quote:Original Posted By naqsa
ane masih kurang bgitu ngerti gan maen saham


nyok belajar bareng2 gan, banyak kok yg kasih pelatihan mengenai saham, dari yg gratis sampe yg berbayar.

Quote:Original Posted By 16636046
kalau saham itu kayak main judi gak gan?


nah ini fenomena yg sering orang2 salah paham, saham itu investasi yang ada resikonya, kebanyakan orang sering nyebut "main saham" dibandingkan "investasi saham" ane mau sedikit meluruskan aja nih mulai dari penyebutan istilah, biar gak salah paham mengenai investasi ini
Klo judi kan nebak2 gan, nah kalo investasi saham itu ada ilmu nya, namanya fundamental dan teknikal. dua ilmu tsb bisa digunakan untuk acuan trading saham agan.


Quote:Original Posted By riccoenggo
wah, nanti ane ikut kalau udah punya skill saham


Mari sama2 belajar disini gan

Quote:Original Posted By akubukanpacarmu
ane gak bisa investasi saham gan, ane gak punya npwp


Gak punya NPWP juga bisa gan sekarang. tergantung sekuritas nya jg sih, tapi rata2 udah banyak yg menerapkan kebijakan daftar tanpa NPWP
gan tolong ane cariin sekuritas yang nggak pake npwp, masalahnya ortu ane petani gan ga punya npwp
kalo duit buat invest ada tapi kalo ke bank minim keuntungannya

Quote:Original Posted By akubukanpacarmu
gan tolong ane cariin sekuritas yang nggak pake npwp, masalahnya ortu ane petani gan ga punya npwp
kalo duit buat invest ada tapi kalo ke bank minim keuntungannya



cek pm yak gan
iya memang kalo bunga bank gak bisa nyaingin inflasi tiap tahun
deposito aja paling tinggi cuma 7.25% per tahun, apalagi tabungan biasa
wah mantap nih Gan

nice inpo banget nih

nyumbang share info lagi nih buat yang belum paham Rekening Dana Investor / Rekening Dana Nasabah...

Quote:Sub Rekening Efek / Rekening Dana Investor

Sehubungan dengan diberlakukannya peraturan baru oleh Bapepam-LK No V.D.3 Tanggal 28 Dec 2010, mengenai kewajiban pembukaan sub rekening efek. Maka dibawah ini adalah prosedur dan segala sesuatu yang perlu anda ketahui mengenai peraturan baru tersebut.

Apa itu Sub Rekening Efek ?
Sub rekening efek atau kita sebut Rekening Dana Investor (RDI) adalah Rekening di Bank atas nama investor yang terpisah dari rekening sekuritas (atas nama sekuritas) yang digunakan untuk keperluan transaksi jual beli saham oleh investor.

Apa keuntungan investor membuka Sub Rekening Efek ?
Sub rek diberlakukan untuk meningkatkan jaminan keamanan bagi investor. Seperti anda ketahui bahwa di dalam portfolio investor terdapat 2 jenis asset, yaitu berupa saham, dan berupa cash.
Asset berupa saham telah dilindungi oleh KSEI, namun porsi CASH ini tidak ada yang menjamin / melindungi.
Peraturan Bapepam yang mengharuskan investor membuka sub rekening ini akan membuat porsi cash ini menjadi terlindungi karena terpisah dari rekening sekuritas. Perusahaan sekuritas tidak bisa menggunakan dana nasabah bila dana tersebut ditempatkan dalam rekening terpisah atas nama nasabah KECUALI untuk memenuhi kewajiban order beli/jual dari nasabah.
Hal ini juga memberikan kepastian bahwa dana nasabah tidak akan diselewengkan oleh perusahaan sekuritas untuk kepentingan pribadi.

Bank apakah yang ditunjuk untuk melayani pembukaan Sub Rekening Efek ?
BNI, Mandiri, Mandiri Syariah, CIMB Niaga dan Bank Permata. Pembukaan melalui perusahaan efek

Penggunaan Rekening Dana
- Sub Rekening digunakan hanya untuk penyelesaian transaksi efek di Pasar Modal, sehingga rekening ini berbeda dengan rekening bank biasa.
- Rekening dana tidak memerlukan setoran awal dan gratis biaya administrasi bank.
- Nasabah tidak akan mendapatkan buku tabungan dan Kartu ATM. Dalam rekening dana, nasabah memberikan kuasa kepada Perusahaan Efek untuk mengadministrasikan dana miliknya didalam rekening dana.
- Nasabah tidak dapat melakukan penarikan dana (mendebet / memindahbukukan / transfer) secara langsung dari rekening dana. Penarikan dana, dilakukan dengan mengajukan permohonan penarikan dana ke perusahaan efek
- Apabila nasabah menutup rekening efek, maka nasabah wajib melakukan penutupan rekening dana melalui perusahaan efek.
wiwiwi...ok nih topik. kmaren2 masih ragu tuk main saham sih..boleh deh ane coba.
btw...daftar dimana nih gan ? info donk. truss min berapa sih bagusnya tuk start maen sahamnya ?
Via: Kaskus.co.id

1 komentar: