Pages


Selasa, 28 April 2015

Hal-Hal yang Harus Diketahui Seputar Pengisian Baterai

Quote:Hal-Hal yang Harus Diketahui Seputar Pengisian Baterai



Quote:Quote:
Spoiler for No repost:
Spoiler for Klik:
Mohon dibaca dulu

Quote:Pertama-tama TS ucapkan selamat datang para Kaskuser di thread ane yang sederhana ini.
Hari ini ane mau berbagi atau sharing ke agan dan aganwati sekalian tentang semua hal yang mungkin belum agan ketahuin yang berhubungan dengan aktifitas pengisian baterai atau charging





Quote:Quote:
Quote:Pengisi baterai (bahasa Inggris: battery charger) adalah peranti yang digunakan untuk mengisi energi ke dalam baterai (isi ulang) dengan memasukkan arus listrik melaluinya. Arus listrik yang dimasukkan tergantung pada teknologi dan kapasitas baterai yang diisi ulang tersebut. Contohnya, arus yang diterapkan pada baterai mobil 12 V akan sangat berbeda dengan arus untuk baterai ponsel. Wikipedia  (id.wikipedia.org)
Quote:Agan/Agan wati dan para Kaskuser sekalian pasti udah ngga asing lagi dengan gadget. Di abad ke-21 ini, teknologi khususnya gadget berkembang pesat. Hampir semua orang di kota-kota besar memiliki setidaknya 1 gadget masing-masing. Namun, tiap ada gadget selalu ada charger yaitu alat untuk mengisi daya, karena gadget memiiki baterai untuk mengimpan daya atau energi. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diketahui seputar pengisian baterai.





Quote:Quote:Nge-charge di Mobil
Quote:
Quote:Untuk pada businessman waktu adalah hal yang paling berharga, demi mendapat keuntungan.
Gadget pun menjadi alat yang sangat penting untuk dapat berkomunikasi dengan para klien, namun ketika baterai mulai melemah di jam padat, nge-charge di mobil menjadi alternatif selain nge-charge dirumah yang memakan waktu cukup lama.
Dengan alat yang bernama "Tiny USB Car Power Adapter" yang di hubungkan ke pematik rokok dimobil, mereka bisa mengisi daya gadget yang mereka punya.
Spoiler for Saran:
  • Jangan terlalu sering nge-charger dimobil, gunakan saja ketika agan dalam keadaan darurat.
  • Gunakan baterai original, karena lebih tahan terhadap arus tidak stabil dibanding baterai kw.
Spoiler for Keuntungan:
  • Lebih mudah ketika saat berpergian dengan mobil
  • Pengisian daya dimobil lebih cepat karena charger mobil berjenis rapid charging, berbeda dengan charger biasa yang berjenis slow charging
Spoiler for Kerugian:
  • Arus mobil tidak selalu stabil, kadang arus mobil turun akibat pemakaian AC, lampu mobil saat beam, jika pengisian dilakukan secara berkala dapat merusak baterai, apalagi kalo agan menggunakan baterai bukan original dari merk tertentu.
  • Harus punya mobil


Quote:Quote:Nge-charge Semalaman Sambil Tidur
Quote:
Quote:Saat malam tiba, seringkali para pengguna gadget meninggalkan gadget kesayangannya dalam mode charging lalu mereka lekas berisitirahat, agar keesokan harinya mereka tidak perlu mengisi daya baterai sehingga gadget pun siap untuk digunakan. Terkadang juga mereka tidak peduli akan lamanya pengisian daya ketika mereka beristirahat dari malam hari hingga pagi dan apa dampak bagi gadget, yang penting mereka istirahat dan dipagi harinya gadget siap dimainkan. Termasuk ane
Spoiler for Saran:
  • Sebenarnya cara seperti ini aman untuk gadget modern, karena ketika baterai full. Arus listrik pun otomatis terputus
  • Gunakan baterai original untuk mengimbangi sistem putus arus otomatis
  • Matikan gadget ketika menggunakan cara seperti ini, baterai akan lebih awet


Quote:Quote:Nge-charge Sambil Menelpon
Quote:
Quote:Nelpon selama berjam-jam? Udah ngga asing buat mereka yang udah punya pacar.
Buat para jones, yang nelpon paling cuma orang salah sambung
Tapi buat mereka yang suka nelpon berjam-jam tentunya baterai lebih cepat habis dan harus di charge. Namun terkadang mereka tetap melanjutkan percakapan dengan menelpon sambil charge gadget mereka. Ngga peduli dampaknya, yang terpenting kangen sama si doi terobati
Spoiler for Saran:
  • Sebaiknya hentikan telpon dahulu ketika gadget agan mulai melemah
  • Jangan melakukan panggilan pada saat gadget sedang pengisian baterai, Karena radiasi saat pengisian baterai naik 1500x lebih kuat. Kemungkinan yang terjadi cuma 2, gadget agan meledak atau agan terkena kanker dan tumor otak


Quote:Quote:Nge-charge dari Komputer atau Notebook
Quote:
Quote:Cara ini biasa dilakukan ketika agan males ngecharge dari stopkotak atau charger agan hilang dibawa temen. (pengalaman )
Karena dari komputer, kita bisa main komputernya sambil mengisi daya gadget. Lebih menyenakan, apalagi dijaman sekarang ini port charger sudah menggunakan port USB, sehingga pengisian baterai bisa dilakukan melalui apa saja yang berhubungan dengan teknologi, tidak seperti jaman dahulu. Port charger masing-masing brand memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda.
Secara standar, USB mengeluarkan daya 5 volt, tetapi arus yang dikeluarkan masing-masing perangkat USB berbeda-beda. Umumnya charger smartphone yang menggunakan USB mengeluarkan arus 0,8 Ampere - 2 Ampere. Sedangkan pada USB laptop atau komputer hanya sekitar 0,5 Ampere saja.
Spoiler for Saran:
  • Apakah merusak?
  • Sebenarnya tidak. Hanya saja memang port USB di laptop atau komputer, dihubungkan ke smartphone lebih ditujukan untuk koneksi data atau sinkronisasi, bukan standar charging
  • Jika dibiarkan terlalu sering, bisa berpengaruh terhadap umur baterai. Pabrikan menyarankan setidaknya 1 minggu sekali smartphone di-charge menggunakan chargernya sampai benar-benar penuh.




Quote:Sekian informasi yang bisa ane share ke agan semua. Semoga informasi diatas berguna dan bermanfaat buat agan-agan yang menyimak dari awal sampe akhir dan bagi kita semua

Quote:Kalo tips nya bermanfaat bagi agan, boleh lah kasih ane Cendolnya


Ane ga nerima bata gan


Kaskuser baik selalu meninggalkan komen, dan ga lupa rating


Quote:Quote:Sumber
Quote:Sumber  (id.wikipedia.org)
Sumber  (id.answers.yahoo.com)
Pict by Google.com

Diamankan
Ane sih jarang sekali kalo telpon pas dicharge, kadang malah terasa panas ditelinga.
btw, nice infonya gan


Kalo batere melembung itu gimana gan?
Soalnya batere hape ane hamil.
wuih thanks gan... ane masih belum punya mobil sih taoi ntar semoga ane bisa beki mobil sendiri, aamiin..
Ngecas sambil ngaskus
Quote:Original Posted By as.ols
Kalo batere melembung itu gimana gan?
Soalnya batere hape ane hamil.


Bisa karena ente yg cas sambil digunain, faktor usia batrenya, atau kualitas batre nya
katanya sih ditaroh kulkas, tapi ane mending beli baru
Quote:Original Posted By rakelijo
Ane sih jarang sekali kalo telpon pas dicharge, kadang malah terasa panas ditelinga.
btw, nice infonya gan



ente nelpon dket kompor kali gan
samasama gan
Quote:Original Posted By as.ols
Kalo batere melembung itu gimana gan?
Soalnya batere hape ane hamil.


Wah bntar lg punya anak,,jd ngga usah bl batre lg gan
yg charger semaleman bener banget
ane biasa sih ngecharge semlaleman gan
soalnya ane kaga punya mobil buat ngecharge diperjalanan
Kadang ane ngecas semaleman gan,,,gajet ane lama bgt ngecasnya
ngecas sambil ngegame
Kalo gue cuks abis batre beli lagi batrenya cuks
ane mah ikutin kitab petunjuknya aja gan.
hampir tiap saat kalo ada waktu luang pasti aja megang hp buat online, browsing2, ngaskus, main game tanpa henti jd sehari bisa cas 2-3 kali nih ane

sudah hampir ga pernah nyalain laptop.. paling cuma sebulan sekali waktu buat e-spt laporan pajak
Nice Info gan...
kebetulan banget ane lagi ngecash sambil ngaskus nich gan...
Kalo di tinggal tidur pake stop kontak timer gan biar bisa diatur ngecas brapa lama
Klo ane sih sebelum tidur ane cas dulu sampe full biar paginya bisa langsung ngacir
awas meledak tuh HP
Via: Kaskus.co.id

2 komentar:

  1. goood bermanfaat artikelnya

    www.margioneztoyota.wordpress.com

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus