Pages


Rabu, 27 Mei 2015

8 Cara Bikin Pernikahan Murah

Quote:HAI JURAGAN JURAGAN
Ane pegawai baru setahun di salah satu BUMN. Usia ane tahun ini 25 tahun. Dan tahun depan ane rencananya mau nikah.

Pacar ane usianya 25 tahun juga, dan udah kerja sih tapi masih nyari pekerjaan yang sesuai sama passion-nya. Kami pacaran udah masuk lima tahun dan udah ngerasa cocok banget satu sama lain. Lagipula orang tua kami masing-masing udah setuju dan mulai heboh nanyain kapan nikah. Dan berhubung bentar lagi lebaran dan pasti ditanyain kapan nikah sama keluarga besar, kami berdua mulai nyari-nyari tahu soal persiapan pernikahan. Apa aja yang dibutuhin, kira-kira dilangsungin dimana, bakal pakai adatnya siapa, ane urang awak dan sipacar orang Jawa, dan yang paling penting BERAPA MODALnya.


Quote:

Quote:Setelah nyari tahu kesana kemari kami bikin dua kemungkinan modal nikahnya Gan, dana optimis sama alternatif. Dan ane pikir ga ada salahnya berbagi di mari. Sapa tau banyak yang juga lagi nabung buat modal kimpoi kan.

Quote:1. Penghulu

Ini penting, crusial, ga boleh engga ada. Cemana cerita mau nikah tapi penghulunya kagak ada kan? Wkwk Dan sepengatahuan ane kalau ijab qabulnya di tempat yang kita tentuin, bayar penghulunya juga beda sama nikah di KUA. Dan ga ada tawar-menawarnya kalau dana yang ini mah, udah ada pakemnya. Biaya nikah kalau di KUA itu 50 rebu sementara kalau di luar KUA jadi 600 rebu. Jadi kalau kepepet bisalah Gan nikah di KUA aje XD


Quote:2. Tempat Pernikahan

Ini salah satu hal yang ngabisin duit paling banyak menurut ane. Tahun kemarin aja temen ane nikah abis puluhan juta cuma buat sewa gedung yang kapasitasnya cuma 1000 orang. Yaa tapi gimanapun kalau ga ada gedung, gimana nikahnya? Kalau gamau modal di bagian ini mungkin nikahnya di kampung aje kali ya, nikah di lapangan 17an. Ini juga jadi masalah bagi kebanyakan pasangan, apalagi yang beda pulau macam ane sama sipacar. Mau nikah di kampung, yang keluarga sipacar juga minta adain resepsi di sini. Kalau nikah di sini, duitnya ga nahan. Serba salah.

Nah menurut ane dan pacar ini pilihan buat enaknya Gan,



Kalau nikahan di dalam ruangan, mau gamau bakal mikirin dekorasi gedung kan. Gimana cerita ane duduk depan tamu tanpa ada dekorasi-dekorasi. Berasa presentasi depan kelas ntar wkwk. Daaan dekorasi juga ngabisin belasan juta tergantung gede gedung sama bentuk dekorasinya.



Kalau nikah di lapangan atau luar ruangan gitu dekorasinya ga seheboh dalam ruangan loh ternyata. Jadi kalau agan punya halaman atau kebun luas, bisa tuh disulap buat jadi tempat nikah. Dan lebih seru karna lebih luas. Tapi yang harus dipikirin itu cuaca pas nikahnya, kan ga lucu kalau di luar ruangan tiba-tiba hujan terus nikahannya bubar.



Quote:3. Undangan

Sekarang emang udah banyak sih yang beralih ke undangan digital, entah dalam bentuk aplikasi, website, undangan di Facebook, ataupun cuma berupa shoutout di gorup-group chat semata. Ane sih ga bermasalah amat dengan undangan digital, lumayan kan buat ngurangin pengeluaran. Tapi ya apa dikata, emak sama emak mertua termasuk sipacar tetap keukeuh mau ada undangan cetak. Jadi kemungkinannya setengah digital setengah cetak. Mayan, kepotong beberapa persen.



Ini berlanjut ke berapa banyak tamu yang mau diundang. Maunya sih banyak, tapi dananya juga bakalan butuh banyak. Duh. Jadi optimisnya ane sama sipacar mau undang 2000 orang. Engga kok, ini ga banyak. Bayangin aja teman seangkatan pas kuliah ane ada 150an orang, belum senior sama junior-juniornya.. Temen kuliah sipacar juga ada 100an lebih. Teman-teman sama bos di tempat kerja ane sama si pacar. Temen-temen selama main-main di kuliahan yang engga sejurusan juga sebanyak apa. Belum lagi temen SMA, temen SMP, temen SD, temen deket rumah, temen main di sawah dan teman-teman yang lainnya. Ini sodara-sodara belum masuk loh ya, temen-temennya orang tua sama mertua juga belum dihitung. Jadi ya kira-kira 2000 oranglah yang bakal hadir.

Satu undangan yang harganya bagus, ya jangan ditanya bisa puluhan sampe ratusan ribu kali. Dana optimis ane paling satu undangan 8000 doang kok. Kalau ada 2000 undangan, 16 juta juga cuma buat undangan doang ye hahahaha. Yaudah undangan yang 4000an juga udah bagus lah ya harusnya. Tapi kalau nanti mepet-mepet dananya kurang anggap aja ane cuma bisa ngundang 1000 orang.

Quote:Buat apa sih rencanain nikah yang mahal-mahal? Buat gengsi?

Ini tu salah satu pertanyaan yang sering banget ditanyain ke ane nih. Bukan buat gengsi sih, tapi ane mau semua orang tau kalau ane sama sipacar udah bukan pacaran lagi statusnya, udah halal. Lagian ane juga mau semua saudara-saudara sama temen-temen ane buat hadir dan ngerasain kebahagiaan kami berdua. Ane juga mau bikin pernikahan yang nyenengin hati sipacar, orang tua sama calon mertua.


Lanjut ke daftar lagi gan.


Quote:4. Makanan



Quote:Nah ini juga yang mahal nih. Belum pula kalau emak mertua maunya makanan pas kondangan harus mewah. Tergantung berapa banyak tamu yang mesti dateng, belum lagi kalau yang dateng bawa pasangan jadi makanan harus dikali dua dari daftar undangan yang disebar. Kalau undangannya jadi 2000 orang, jadinya makanan yang harus disediain ada 4000 porsi. Seporsinya 40rebu. MAK 160 juta cuma buat isi wc doang. Itu udah harga makanan paling murah yang ane tau. Kalau di atasnya, masih banyak lagi. Naik jadi makanan yang 50 rebu per porsi aje udah jadi 200 juta sendiri :3.

Quote:MAK jadi ga ya nikah tahun depan?
Yaaaah, mungkin, mungkin undangannya 1000 aja kali ya atau 500. Gausah rame-rame amatlah. Haha
Atau ya itu siapa tau ada sodara yang jago masak mau nulung-nulungin kan? Tetangga-tetangganya juga. Kalau di kampuang ane sih gitu Gan kalau nikahan, masaknya seRT. Itung-itung jaga silaturahim juga kan Gan.


Quote:Quote:5. Riasan Pengantin

Gedung siap, undangan siap, makanan siap, tanggal udah pas nah masuk yang printilan tapi harganya ga printilan ni. Rias pengantin dan segala pakaian-pakaiannya. Baju buat pas akad nikahnya, baju buat pas acara resepsinya, belum lagi baju seragam-seragaman buat keluarga ane sama keluarga si pacar. Gak, jangan tanya, ane bahkan ga ngebayangin baju seragam buat temen-temen ane yang mau jadi pager-pageran. Huft. Setau ane baju buat dua hal itu lengkap ama riasannya buat beberapa jam doang, buat ane sama sipacar doang ada 20 jutaan. Ini belum masuk baju seragam-seragaman itu ya.



Quote:Maunya sih, maunya nih ya punya desainer pribadi yang bikinin baju khusus gitu, Tapi apa daya dompet tak cukup tebal. Jadi pastinya buat pakaian dan riasan disewa. Make upnya juga, jadi pinter-pinter aja nyari penyewaan yang murah Gan. Atau mungkin baju pengantin mak yang dulu-dulu masih bisa didaur ulang buat dipake pas nikahan sekarang? Bonus nilai sejarahnya pula!

Quote:6. Fotografer



Quote:Sejak kamera gampang ditemuin dimana-mana dan fotografi jadi hobi yang mulai menjamur, ane perhatiin banyak banget temen-temen ane yang emang jago mainin kamera Gan. Cara pengambilan fotonya mereka juga keren-keren. Yakin deh hampir di setiap lingkaran pertemanan ada yang jago ambil foto, minimal satu orang. Nah manfaatin aja Gan! Apalagi kalau mereka butuh buat portfolio. Seru kan? Gratis!!


Quote:7. Seragam


Quote:Ane engga tau sejak kapan mulai hebohnya baju seragam-seragam ini. Perasaan dulu pas ane kecil, ke kondangan ga ada yang seragaman deh. Sekarang tiap temen-temen ane nanya mau nikah kapan, ujung-ujungnya selalu dipesenin 'Jangan lupa seragam buat gue ya?'

Kalau baju pengantin aja bisa disewa, kenapa pengiring pengantinnya engga? Ya Kan? Jadi daripada ribet mikirin baju seragam, mending serahin ke penyewaan-penyewaan baju aja.


Quote:8. Souvenir

Quote:Mereka kecil-kecil tapi ngabisin duit banget. Kalau ga ada, rasanya bakalan aneh. Nah berhubung photo booth lagi marak juga menurut ane mendingan souvenirnya foto selesai dicetak yang dibingkai manis gitu. Biar tamu juga punya kenangan nyata juga dari pernikahan Agan. Aganwati-aganwati juga pasti seneng, soalnya udah dandan lama pake baju bagus pula. Kan sayang kalau ga foto.




Quote:Kenapa nikah mahal sih?

Dari hitungan kasar ane sama sipacar, modal nikah ane optimisnya bisa ngabisin 300 jutaan. Dana alternatifnya 100 jutaanlah. Dengan total tamu yang sama loh! Terakhir sipacar nambahin dana pesimis, satu jutaan, modal nikah di KUA doang. Hahahaa

Yak lanjut lagi


Quote:Karena ane masih optimis, jadi ane mulai nyari cara buat ngumpulin duit modal nikah. Nambah-nambahin tabungan yang masih seiprit ini. Ane sama sipacar ngedata lagi hal-hal yang bisa kami lakuin buat nambahin dana modal nikah.


Quote:1. Pengurangan dana buat gadget

Jadi, sebelum ini ane ditimpa musibah. Smartphone ane nyebur kolam depan rumah. Udah gitu sebelum masuk kolam pake acara kepentok beton samping kolam pula. Udahlah masuk liang lahat dah tu smartphone. Kagak tau aje ane butuh banyak tabungan pakai acara minta dilembiru segala. Dan intinya mesti beli smartphone baru. Maunya hati sih beli LG G4 yang terbaru. Tapi ya gimana, ga kimpoi-kimpoi ntar ane gan! Wkwkwk Belum lagi kalau punya smartphone kece banget kayak gitu pasti ntar kerjaannya nyobain ini itu ngabisin kuota tiap bulannya. Pengeluaran lagi dah. Mau beli yang 5 jutaan, kepikiran itu bisa ngecover beberapa persen modal kimpoi ane jadi mikir-mikir lagi.


Quote:Kalau misalnya ane beli smartphone yang harganya lima jutaan, sementara Cuma dipakai buat sms, telpon, chat sama emailan doang yang juga bisa dilakuin pake smartphone 1 jutaan. Kan ada empat juta lagi buat dipake buat nikahan ane. Apalagi kalau mau edge yang baru, ehehhe batal kimpoi ane ntar.

Di atas adalah perbandingan hitungan kasar ane kalau beli smartphone mahal dan kira-kira dananya bisa ngecover berapa persen dana nikahannya ane. Bisa agan liat, kalau gadget yang ane pengenin harganya bisa nutupin sampe belasan persen dana nikahan ane. Apalagi kalau jadinya ane cuma pakai konsep nikahan alternatif. Sampe 15% loh dana yang bisa diembat si henpon.

Agan juga mikir-mikir lagi deh sapa tau ada gadget mahal yang diincer-incer padahal kebutuhannya ga urgent-urgent amat. Bisa jadi make yang lebih murah juga ga ngurangin produktivitas agan-agan sekalian. Dan dana mahal itu bisa dipake buat kebutuhan lain yang lebih bermanfaat. Buat kimpoi kayak ane ini misalnya.

Jadi buat saat ini, android mahal berarti ngejauhin ane dari jodoh ane.


Lagian, buat apa sih hp mahal kalau yang murah bisa ane manfaatin dan nolongin ane cepet kimpoi kan? Yaudahlah ane iya-iya ajalah disuruh nyari android 1 jutaan ataupun hp qwerty murah. Lagipula kerjaan ane ga menuntut hp mahal-mahal, mayanlah buat biaya bikin undangan ntar.
Sapa tau juga ada agan di mari yang juga bisa rekomendasiin ane hp murah meriah android.


Quote:2. Hangout di rumah aja



Biasanya ane hangout ama sipacar dan temen-temen lain sekali seminggu sekalian ngilangin stress kerjaan. Ga mahal-mahal amat kok sebenernya tempat hangout kami. Tapi kalau tiap minggu, tiap bulan, sampai setahun juga lumayan kan? Jadi akhirnya karna yang dicari adalah seru-seruan barengnya aja jadi sekarang ngajaknya ketemuan di rumah siapa gitu. Gitar-gitaran sama makan-makan doang. Lebih seru juga loh.


Quote:3. Ke bioskopnya dikurangin, nonton di rumah aja

Ini yang terakhir, kami anaknya suka nonton banget! Jadi bisa hampir dibilang tiap ada film baru keluar, kami pasti nyempetin nonton. Berhubung nikah kayanya lebih penting daripada nonton, yaudah nanti nontonnya di rumah aja, di laptop.



Quote:Jadi, agan-agan yang kepikiran buat nikah karna cape sama hidup, pikir-pikir dulu. Nikah mahal CUY. Terus buat yang udah mantep mau nikah, udah ada calon juga, tapi takut karna biaya nikah mahal jangan patah semangat gan! Ane sama sipacar udah mantep banget mau nikah soalnya, jadi ya walaupun mahal, kita bisa kok kalau mau berusaha. Ane aja rela pakai hape 1 jutaan, ngapel di rumah aja, sama stop nonton di bioskop masih ngerasa masih banyak yang bisa di hemat buat ngumpulin duit.
Mungkin agan-agan punya cara lain buat ngumpulin modal nikah, jangan lupa dishare gan! Bisa saling berbagi kita biar bisa segera terlaksana nikahannya.



Saran yang bagus dari si Agan ini :

Quote:Original Posted By meepowaveya
Kale planning ane gini gan ..

1.Masalah tempat pernikahan Ane rencana nikahan di rumah gan selain hemat biaya juga lebih efisien jadi para kerabat dan sahabat gaperlu lagi nyari" alamat serta biiaya dekorasi dapat lebih di tekan ..

2.Masalah ketring ane gak pusing gan secara lingkungan ane wellcome banget untuk bantu" masak" jadi ane hanya kudu beli bahan nya aja dan tetangga serta sodara yang eksekusi

3.Masalah Undangan ane mah gak muluk" yang penting tulisan jelas dan denah lokasi juga jelas harga satuan ambil aja yang 2ribu perak juga ada dan jumlah undangan yang akan di undang cukup teman" dekat dan para kerabat dari ke dua belah pihak

4.Masalah riasan pengantin dan baju pengantin itu nanti ane serahin sama desainer daerah ane yang notabene langganan keluarga besar ane kalo ada acara" nikahan kitanan dll

Dan ane perkirakan seluruh rancangan yang ane bikin dari akad hingga nikah total biaya nya gak lebih dari 20juta soalnya dari 4 kakak dan 1 adek ane udah nikah dan pernikahan mereka selalu ane yang handle dan berjalan sukses serta biaya yang relatif terjangkau


Quote:Original Posted By cebretgowel
Agan kalo mau lebih ngirit lagi undangan cetak di buat sendiri.

Jadi agan pilih kertas sendiri desain sendiri cetak sendiri. Cara ini bisa lebih irit 50% dari harga agan pesan di tempat jasa buat undangan. Cara ini ane pake kemaren pas nikahan.







Quote:Jangan lupa rate Gan

Rekomen HT Gan  (docs.google.com)

Bagi Cendol

Sumber Inspirasi
i
wah boleh juga nih keknya gan

Quote:


mampir juga nih bray trit ane yang lain yang ga kalah bagusnya


8 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Diatasi dengan Aplikasi Keren  (m.kaskus.co.id)
7 Lokasi Paling Gila Untuk Terjun Bebas  (m.kaskus.co.id)
6 Insiden Memalukan Yang Pernah Terekam Dalam Pertandingan Olahraga  (m.kaskus.co.id)
5 Adat Pernikahan Paling Mahal di Indonesia  (m.kaskus.co.id)
9 Obat Mujarab Paling Menjijikkan Sejagat  (m.kaskus.co.id)
7 Alasan Kenapa Orang Jaman Sekarang Banyak Uang Tapi Cepet Bokek  (m.kaskus.co.id)
10 Tipe Teman yang Pasti Kamu Ingat Saat di Sekolah  (m.kaskus.co.id)
8 Gaya Foto Selfie Paling Aneh Tapi Banyak Disukai Orang  (m.kaskus.co.id)
6 Negara Konflik Yang Kini Aman Dikunjungi Traveler  (m.kaskus.co.id)
6 Cerita Makanan Indonesia Yang Melanglang Buana Sampai Ke Luar Negeri  (m.kaskus.co.id)

Quote:Original Posted By tokomapan
wah boleh juga nih keknya gan


Iya dong Gan, apapun biar bisa cepet kimpoi
Mantep juga gan,,yah asal kerabat deket,tetangga,temen dah pada hadir sebenernya dah cukup kok,,kan uangnya bisa buat nglanjutin nanti,ga perlu diabisin sekaligus ,,walau belum ngrasain juga sih
menikah itu wajib gan
klo ada teman yang jomblo dan belum menikah, segeralah menasehatinya
karena menikah sebagian dari iman
biaya konsumtifnya dikurangi dan ditabung, ntar udah kimpoi masuki di youtube biar terkenal
ditunggu video malam pertamanya

yang penting sah nya om
jadi pernikahan itu murah
Yang mahal tuh resepsi ama rumah tangganya
paling murah ya nikah di KUA bre
ga usah pake pesta bre
kalo nikah yang penting nabung dulu gan baru niat sama jangan lupa niatnya ibadah
Quote:Original Posted By RockJungles
Mantep juga gan,,yah asal kerabat deket,tetangga,temen dah pada hadir sebenernya dah cukup kok,,kan uangnya bisa buat nglanjutin nanti,ga perlu diabisin sekaligus ,,walau belum ngrasain juga sih


iye Gan, setuju. Ane malah maunya ga keluar uang sedikitpun. Atau kayak yang abis nikah dikasih lamborgini kemarin juga mau.

Quote:Original Posted By cintaalluh
menikah itu wajib gan
klo ada teman yang jomblo dan belum menikah, segeralah menasehatinya
karena menikah sebagian dari iman


Kalau jomblo, mau nikah ama siapa dia Gan?


Quote:Original Posted By doderemifasol
biaya konsumtifnya dikurangi dan ditabung, ntar udah kimpoi masuki di youtube biar terkenal
ditunggu video malam pertamanya



Live ajalah Gan, biar greget.

Enggaklah Gan, ane belum siap kalau abis nikah masuk BUI
jadi pengen nikah gan
ada yang mau gak ama ane ?
Quote:Original Posted By curut77
yang penting sah nya om


kalau sah doang tapi terus pada ga tau ane udah nikah terus mikirnya kumpul kebo kan kesian mak sama mertua ane Gan.

Quote:Original Posted By srfc23
jadi pernikahan itu murah
Yang mahal tuh resepsi ama rumah tangganya


Dapetin pasangannya juga ga murah Gan, dulu.

Quote:Original Posted By uao
paling murah ya nikah di KUA bre
ga usah pake pesta bre


Yoi bro, apalagi kalau pas hari kerja. Kan asik tu, lima puluh rebu, halal kimpoi.

Quote:Original Posted By thebhe86
kalo nikah yang penting nabung dulu gan baru niat sama jangan lupa niatnya ibadah


Pasangannya ada di urutan ke berapa Gan? wkwk Temen ane udah ada niat ama duit, kagak ada pasangan juga kagak jadi-jadi nikah.
ga worthed pernikahan semalam ratusan juga
kecuali orang boros
esok hari pusing binung bayar pelunasan hutang
cukup ijab kabul aja sama keluarga & sahabat terdekat
Quote:Original Posted By suburisdead
jadi pengen nikah gan
ada yang mau gak ama ane ?


Bisa nikah sendirian kok Gan, cek dimari nih. Paket Pernikahan bagi jomblo yang Pengen Menikah Sendiri.  (ngonoo.com)
Quote:Original Posted By 72godesses
ga worthed pernikahan semalam ratusan juga
kecuali orang boros
esok hari pusing binung bayar pelunasan hutang
cukup ijab kabul aja sama keluarga & sahabat terdekat


avanya Agan
ane berasa mau disetrum.

Quote:Original Posted By bilashita


Bisa nikah sendirian kok Gan, cek dimari nih. Paket Pernikahan bagi jomblo yang Pengen Menikah Sendiri.  (ngonoo.com)


hahaha, trus malem pertamanya sama siapa gan ?
sama tangan ?
kebanyakan nikah takut ama biaya yg mahal gan
Quote:Original Posted By bilashita


iye Gan, setuju. Ane malah maunya ga keluar uang sedikitpun. Atau kayak yang abis nikah dikasih lamborgini kemarin juga mau.



Kalau jomblo, mau nikah ama siapa dia Gan?




Live ajalah Gan, biar greget.

Enggaklah Gan, ane belum siap kalau abis nikah masuk BUI


cepat2 nyari pasangan gan bagi yg jomblo
makanya sering bergaul di tempat tongkrongan anak2, masa diam dirumah main komputer mulu
anak jaman skr mentalnya payah
nikah di indonesia mahallllllllllllllllllllll.org indonesia sama spt org india n arab.maunya gede2an, undang ratusan sampai ribuan org.di gedung besar.tp kl cerai murah, bubar aja.
kl bule lebih senang nikah ber 2 n undang teman2 dekat aja.cuma $50 bisa nikah di kapel jasa pernikahan n legal.tp kaloo ceari mahal.sewa pengacara.

nikah makan2 keluarga aja irit.ga usah sok2 undang byk org.yg datang cuma numpang makan kasi duit cuma 10rb-100rb.rombongannya sekampung
Via: Kaskus.co.id

1 komentar: