Assalamualaikum Wr ... Wb
Sore Gan / Sis
Pertama - tama, semoga ane no
Gan

Di Thread sebelumnya, kita telah membahas dan mengupas tuntas Turbocharger. Kali ini kita membahas kemampuannya dengan rival abadi mereka, yakni Supercharger.


TURBOCHARGER dan SUPERCHARGER adalah perangkat terpisah pada mesin yang berguna untuk meningkatkan pasokan udara yang dibutuhkan oleh mesin dalam proses pembakaran. Dengan kata lain kedua perangkat ini merupakan kompresor turbin yang menghisap udara dari luar dan menekan udara tadi ke saluran intake manifold mesin. Perbedaan diantara keduanya ada pada sumber penggerak putaran turbin.


Turbocharger
Turbocharger atau yang akrab disebut turbo memiliki dua turbin yang terhubung dalam satu poros. Turbin sekunder berfungsi sebagai 'kincir' penggerak yang tenaganya diambil dari 'tiupan' udara sisa pembakaran mesin. Kincir inilah yang berfungsi memutar turbin kompresor utama.
Karena dapat bergerak bebas, turbin kompresor ini dapat berputar hingga lebih dari 70.000rpm dan dapat menghasilkan tekanan udara yang sangat besar. Oleh karena itulah perangkat ini diberi katup by pass agar tekanan udara yang dihasilkan tidak berlebihan.


Turbo Bypass Valve
Jika turbo mengandalkan tekanan gas sisa pembakaran, berputarnya turbin atau kompresor pada supercharger memanfaatkan tenaga putaran mesin. Karena putaran mesin umumnya hanya 'bermain' kurang dari 7.000rpm maka tekanan yang dihasilkan tidak sedahsyat turbocharger.



Supercharger
Meski demikian, supercharger unggul pada putaran bawah karena perangkat ini sudah mulai bekerja pada rpm rendah. Peningkatan tenaganya pun sangat halus karena putaran turbin selaras dengan putaran mesin.
Jika supercharger sudah bekerja di rpm bawah, turbocharger baru akan bekerja menunggu mesin berputar pada rpm tertentu agar gas buang memiliki cukup tekanan untuk memutar turbin sekunder. Oleh karena itu ketika mesin merangkak dari rpm bawah hingga turbo bekerja optimal akan terasa ada 'hentakan' yang disebut sebagai 'turbolag'.
Untuk menyiasati hal itu, para perancang turbocharger mendesain sudu-sudu turbin dengan kemiringan yang dapat berubah-ubah sehingga saat berputar rendah, turbin utama sudah bisa memberikan tekanan yang cukup. Setelah putaran ideal tercapai, sudu-sudu tadi berubah ke posisi semula. teknologi ini dinamai variable turbine geometry.
Putaran turbin yang demikian cepat pada turbocharger membutuhkan pelumasan yang baik untuk menjaga poros turbin tak cepat aus. Terlebih perangkat ini dibuat sangat presisi. Umumnya turbo memanfaatkan pelumas mesin yang dipompakan pada perangkat turbo.
Karena itu mesin turbo tidak dianjurkan untuk dimatikan langsung ketika habis digeber pada kecepatan tinggi. Ketika mesin langsung dimatikan otomatis suplai oli terhenti, padahal saat itu turbo masih berputar cepat akibat gaya inersia yang masih tersimpan.
Kelemahan dan kekurangan masing - masing
Kelemahan lain dari sebagian supercharger adalah efisiensi adiabatik lebih rendah dibandingkan dengan turbocharger (terutama [[Supercharger model-akar]). Efisiensi adiabatik adalah ukuran kemampuan kompresor untuk memampatkan udara tanpa menambah panas tambahan ke udara tersebut. Proses kompresi selalu menghasilkan panas sebagai produk sampingan dari proses itu; akan tetapi, kompresor yang lebih efisien menghasilkan lebih sedikit panas berlebih.
Supercharger model-akar menghasilkan panas berlebih ke dalam udara daripada turbocharger. Dengan demikian, untuk volume dan tekanan udara yang sama, udara turbocharger lebih dingin, dan sebagai hasilnya lebih padat, maka mengandung molekul oksigen lebih banyak, dan akhirnya dihasilkan tenaga potensial lebih besar daripada udara supercharger. Dalam aplikasi praktis perbedaan antara keduanya dapat dramatis, dengan turbocharger sering menghasilkan tenaga 15% sampai 30% lebih tinggi, semata-mata hanya pada perbedaan efisiensi adiabatik.
Sebagai perbandingan, turbocharger tidak menempatkan beban mekanik langsung pada mesin, meskipun turbocharger menempatkan tekanan gas buang kembali pada mesin, meningkatkan kerugian pemompaan. ini lebih efisien, karena menggunakan energi yang terbuang dari gas buang untuk menggerakkan kompresor. Berbeda dengan supercharger, kelemahan utama dari turbocharger adalah apa yang disebut sebagai "lag" atau "waktu spool". Ini adalah waktu antara permintaan untuk peningkatan daya (throttle dibuka) dan turbocharger memberikan peningkatan tekanan intake, sehingga meningkatkan daya.
Bagi yang kuat Waffer, bisa liat contoh Anti Lag dibawah ini.
[YOUTUBE][youtube]hhYp4In-UTM[YOUTUBE][/youtube]
Throttle lag terjadi karena turbocharger bergantung pada penimbunan tekanan gas buang untuk menggerakkan turbin. Dalam sistem variabel output seperti mesin mobil, tekanan gas buang saat idle, kecepatan mesin rendah, atau throttle rendah biasanya tidak cukup untuk menggerakkan turbin. Hanya ketika mesin mencapai kecepatan yang cukup, bagian turbin mulai spool up, atau berputar cukup cepat untuk menghasilkan tekanan intake di atas tekanan atmosfer.
Kombinasi turbocharger dan supercharger dapat menghilangkan kelemahan dari keduanya. Teknik ini disebut twincharger.


Jadi, Siapakah yang menjadi pemenangnya ? Masih banyak tentang pro dan Kontra yang menyebutkan bahwa Turbocharger lah pemenangnya .
Sekian thread dari Ane, kurang lebihnya mohon maaf Gan
kayanya dilemparin
enak Gan 
Jangan lupa
sama
Gan
-------
Update, Seputar Pertanyaan Petanyaan yang bagus dari agan agan sekalian :
Quote:Original Posted By ddhunterz007 ►
Pernah ane denger kalau supercharger itu langsung buat ngemix antara bahan bakar ama udara istilah lainnya langsung ad carbu nya disono bener ngga sih gan???
Good Question, Jadi Salah Gan, Supercharger itu kompresor gas yang digunain buat memompa udara ke silinder mesin pembakaran dalam. Massa oksigen tambahan yang dipaksa masuk ke silinder membuat mesin membakar lebih banyak bahan bakar, dan meningkatkan efisiensi volumetrik mesin dan membuatnya lebih bertenaga. Seperti itu Gan
_________________________________________________
Thread Ane Sebelumnya
Cara Kerja Turbocharger
Mobil Mobil Langka di Dunia [ Part I ]
Cerita Misteri Dibalik Meninggalnya Alm. Presiden Soekarno
Sore Gan / Sis
Pertama - tama, semoga ane no
Di Thread sebelumnya, kita telah membahas dan mengupas tuntas Turbocharger. Kali ini kita membahas kemampuannya dengan rival abadi mereka, yakni Supercharger.
Spoiler for Buka Gan:
TURBOCHARGER dan SUPERCHARGER adalah perangkat terpisah pada mesin yang berguna untuk meningkatkan pasokan udara yang dibutuhkan oleh mesin dalam proses pembakaran. Dengan kata lain kedua perangkat ini merupakan kompresor turbin yang menghisap udara dari luar dan menekan udara tadi ke saluran intake manifold mesin. Perbedaan diantara keduanya ada pada sumber penggerak putaran turbin.
Turbocharger
Turbocharger atau yang akrab disebut turbo memiliki dua turbin yang terhubung dalam satu poros. Turbin sekunder berfungsi sebagai 'kincir' penggerak yang tenaganya diambil dari 'tiupan' udara sisa pembakaran mesin. Kincir inilah yang berfungsi memutar turbin kompresor utama.
Karena dapat bergerak bebas, turbin kompresor ini dapat berputar hingga lebih dari 70.000rpm dan dapat menghasilkan tekanan udara yang sangat besar. Oleh karena itulah perangkat ini diberi katup by pass agar tekanan udara yang dihasilkan tidak berlebihan.
Turbo Bypass Valve
Jika turbo mengandalkan tekanan gas sisa pembakaran, berputarnya turbin atau kompresor pada supercharger memanfaatkan tenaga putaran mesin. Karena putaran mesin umumnya hanya 'bermain' kurang dari 7.000rpm maka tekanan yang dihasilkan tidak sedahsyat turbocharger.
Supercharger
Meski demikian, supercharger unggul pada putaran bawah karena perangkat ini sudah mulai bekerja pada rpm rendah. Peningkatan tenaganya pun sangat halus karena putaran turbin selaras dengan putaran mesin.
Jika supercharger sudah bekerja di rpm bawah, turbocharger baru akan bekerja menunggu mesin berputar pada rpm tertentu agar gas buang memiliki cukup tekanan untuk memutar turbin sekunder. Oleh karena itu ketika mesin merangkak dari rpm bawah hingga turbo bekerja optimal akan terasa ada 'hentakan' yang disebut sebagai 'turbolag'.
Untuk menyiasati hal itu, para perancang turbocharger mendesain sudu-sudu turbin dengan kemiringan yang dapat berubah-ubah sehingga saat berputar rendah, turbin utama sudah bisa memberikan tekanan yang cukup. Setelah putaran ideal tercapai, sudu-sudu tadi berubah ke posisi semula. teknologi ini dinamai variable turbine geometry.
Putaran turbin yang demikian cepat pada turbocharger membutuhkan pelumasan yang baik untuk menjaga poros turbin tak cepat aus. Terlebih perangkat ini dibuat sangat presisi. Umumnya turbo memanfaatkan pelumas mesin yang dipompakan pada perangkat turbo.
Karena itu mesin turbo tidak dianjurkan untuk dimatikan langsung ketika habis digeber pada kecepatan tinggi. Ketika mesin langsung dimatikan otomatis suplai oli terhenti, padahal saat itu turbo masih berputar cepat akibat gaya inersia yang masih tersimpan.
Kelemahan dan kekurangan masing - masing
Kelemahan lain dari sebagian supercharger adalah efisiensi adiabatik lebih rendah dibandingkan dengan turbocharger (terutama [[Supercharger model-akar]). Efisiensi adiabatik adalah ukuran kemampuan kompresor untuk memampatkan udara tanpa menambah panas tambahan ke udara tersebut. Proses kompresi selalu menghasilkan panas sebagai produk sampingan dari proses itu; akan tetapi, kompresor yang lebih efisien menghasilkan lebih sedikit panas berlebih.
Supercharger model-akar menghasilkan panas berlebih ke dalam udara daripada turbocharger. Dengan demikian, untuk volume dan tekanan udara yang sama, udara turbocharger lebih dingin, dan sebagai hasilnya lebih padat, maka mengandung molekul oksigen lebih banyak, dan akhirnya dihasilkan tenaga potensial lebih besar daripada udara supercharger. Dalam aplikasi praktis perbedaan antara keduanya dapat dramatis, dengan turbocharger sering menghasilkan tenaga 15% sampai 30% lebih tinggi, semata-mata hanya pada perbedaan efisiensi adiabatik.
Sebagai perbandingan, turbocharger tidak menempatkan beban mekanik langsung pada mesin, meskipun turbocharger menempatkan tekanan gas buang kembali pada mesin, meningkatkan kerugian pemompaan. ini lebih efisien, karena menggunakan energi yang terbuang dari gas buang untuk menggerakkan kompresor. Berbeda dengan supercharger, kelemahan utama dari turbocharger adalah apa yang disebut sebagai "lag" atau "waktu spool". Ini adalah waktu antara permintaan untuk peningkatan daya (throttle dibuka) dan turbocharger memberikan peningkatan tekanan intake, sehingga meningkatkan daya.
Bagi yang kuat Waffer, bisa liat contoh Anti Lag dibawah ini.
[YOUTUBE][youtube]hhYp4In-UTM[YOUTUBE][/youtube]
Throttle lag terjadi karena turbocharger bergantung pada penimbunan tekanan gas buang untuk menggerakkan turbin. Dalam sistem variabel output seperti mesin mobil, tekanan gas buang saat idle, kecepatan mesin rendah, atau throttle rendah biasanya tidak cukup untuk menggerakkan turbin. Hanya ketika mesin mencapai kecepatan yang cukup, bagian turbin mulai spool up, atau berputar cukup cepat untuk menghasilkan tekanan intake di atas tekanan atmosfer.
Kombinasi turbocharger dan supercharger dapat menghilangkan kelemahan dari keduanya. Teknik ini disebut twincharger.
Jadi, Siapakah yang menjadi pemenangnya ? Masih banyak tentang pro dan Kontra yang menyebutkan bahwa Turbocharger lah pemenangnya .
Sekian thread dari Ane, kurang lebihnya mohon maaf Gan
kayanya dilemparin
Jangan lupa
sama
-------
Update, Seputar Pertanyaan Petanyaan yang bagus dari agan agan sekalian :
Quote:Original Posted By ddhunterz007 ►
Pernah ane denger kalau supercharger itu langsung buat ngemix antara bahan bakar ama udara istilah lainnya langsung ad carbu nya disono bener ngga sih gan???
Good Question, Jadi Salah Gan, Supercharger itu kompresor gas yang digunain buat memompa udara ke silinder mesin pembakaran dalam. Massa oksigen tambahan yang dipaksa masuk ke silinder membuat mesin membakar lebih banyak bahan bakar, dan meningkatkan efisiensi volumetrik mesin dan membuatnya lebih bertenaga. Seperti itu Gan
_________________________________________________
Thread Ane Sebelumnya
Cara Kerja Turbocharger
Mobil Mobil Langka di Dunia [ Part I ]
Cerita Misteri Dibalik Meninggalnya Alm. Presiden Soekarno
Diamankan
wah, info yang bagus tentang turbocharger dan supercharger gan
Quote:Original Posted By riccoenggo ►
wah, info yang bagus tentang turbocharger dan supercharger gan
Terimakasih Banyak Gan
wah, info yang bagus tentang turbocharger dan supercharger gan
Terimakasih Banyak Gan
Mantap nih kalo tentang komponen balap gini...
Mau nanya dah sekalian, dua2nya ada katupnya ga gan?
Mau nanya dah sekalian, dua2nya ada katupnya ga gan?
segala hal ada yg baik ada yg kurang baik.
Quote:Original Posted By haryday ►
Mantap nih kalo tentang komponen balap gini...
Mau nanya dah sekalian, dua2nya ada katupnya ga gan?
Ada kok Gan, juga sama sama ada bypass valvenya
Mantap nih kalo tentang komponen balap gini...
Mau nanya dah sekalian, dua2nya ada katupnya ga gan?
Ada kok Gan, juga sama sama ada bypass valvenya
Dua2 nya hebat jugaaa
mantap gan, saya jadi tau perbedaan keduanya...
Quote:Original Posted By rizqiazid ►
Ada kok Gan, juga sama sama ada bypass valvenya
Wahaha, mantap ni gan... kira2 ada yg jual ga gan yah, kan biasanya udh built in tuh, apalagi supercharger
Ada kok Gan, juga sama sama ada bypass valvenya
Wahaha, mantap ni gan... kira2 ada yg jual ga gan yah, kan biasanya udh built in tuh, apalagi supercharger
ane harus ninggalin jejak nih gan
Pernah ane denger kalau supercharger itu langsung buat ngemix antara bahan bakar ama udara istilah lainnya langsung ad carbu nya disono bener ngga sih gan???
Quote:Original Posted By ddhunterz007 ►
Pernah ane denger kalau supercharger itu langsung buat ngemix antara bahan bakar ama udara istilah lainnya langsung ad carbu nya disono bener ngga sih gan???
Salah Gan, Supercharger itu kompresor gas yang digunain buat memompa udara ke silinder mesin pembakaran dalam. Massa oksigen tambahan yang dipaksa masuk ke silinder membuat mesin membakar lebih banyak bahan bakar, dan meningkatkan efisiensi volumetrik mesin dan membuatnya lebih bertenaga.
Pernah ane denger kalau supercharger itu langsung buat ngemix antara bahan bakar ama udara istilah lainnya langsung ad carbu nya disono bener ngga sih gan???
Salah Gan, Supercharger itu kompresor gas yang digunain buat memompa udara ke silinder mesin pembakaran dalam. Massa oksigen tambahan yang dipaksa masuk ke silinder membuat mesin membakar lebih banyak bahan bakar, dan meningkatkan efisiensi volumetrik mesin dan membuatnya lebih bertenaga.
Quote:Original Posted By hagi321 ►
ane harus ninggalin jejak nih gan
Silahkan Gan, asal jangan Silent reader aja :v, dia useless gan
ane harus ninggalin jejak nih gan
Silahkan Gan, asal jangan Silent reader aja :v, dia useless gan
baru tahu kalo turbocharger ama supercharger beda toh, btw makasih gan inpo nya.
cuma bisa nge rate.
cuma bisa nge rate.
Quote:Original Posted By haryday ►
Wahaha, mantap ni gan... kira2 ada yg jual ga gan yah, kan biasanya udh built in tuh, apalagi supercharger
Ada Gan, di Jl. Raya Cinangka No.64 Sawangan - Depok
Telp. (021) 7423363, 7423362. di Bandung juga ada Gan, tapi ane lupa letak tokonya dimana, soal kisaran Harga, Merk Sprintex dijual sekitar 26 Jutaan gan.
Wahaha, mantap ni gan... kira2 ada yg jual ga gan yah, kan biasanya udh built in tuh, apalagi supercharger
Ada Gan, di Jl. Raya Cinangka No.64 Sawangan - Depok
Telp. (021) 7423363, 7423362. di Bandung juga ada Gan, tapi ane lupa letak tokonya dimana, soal kisaran Harga, Merk Sprintex dijual sekitar 26 Jutaan gan.
Quote:Original Posted By ads2390 ►
baru tahu kalo turbocharger ama supercharger beda toh, btw makasih gan inpo nya.
cuma bisa nge rate.
Gapapa gan, Makasih atas Ratenya
baru tahu kalo turbocharger ama supercharger beda toh, btw makasih gan inpo nya.
cuma bisa nge rate.
Gapapa gan, Makasih atas Ratenya
Jadi inget men gem ps 1 dl kl ngbahas turbocharger sm supercharger
baru tau fungsi sebenernya dari turbocharger & supercharger, dari dulu taunya cuma bisa bikin mesin jadi joss (efek main game nfs) 
nais info gan
nais info gan
motor satu silinder 150cc bisa ngak, pake turbocharger.
pa mobil aja ... atau motor. lebih dari satu silinder
Via: Kaskus.co.id
pa mobil aja ... atau motor. lebih dari satu silinder
Tidak ada komentar:
Posting Komentar