Pages


Selasa, 07 Juni 2016

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
Quote:Penting :
TS menghargai SilentReader
TS mengucapkan terima kasih bagi Agan and Sista yang sudah meninggalkan jejak/bantu sundul/share/Rate5/Nimpuk cendol
Agan dan Sista yang sudah memberikan komen terbaik berkenaan dengan di Thread ini akan TS taruh di Page-1

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)

Spoiler for Thanks to Kaskus and Agan/Aganwati yang dah support jadi Hot Thread:
[img]~ The Forestman ~ (Pictures & Video)[/img]

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
Quote:
~ The Forestman ~ (Pictures & Video)

Sekilas Hutan Indonesia

Hutan tropis Indonesia adalah rumah dan persembunyian terakhir bagi kekayaan hayati dunia yang unik. Keanekaragaman hayati yang terkandung di hutan Indonesia meliputi 12 persen species mamalia dunia, 7,3 persen species reptil dan amfibi, serta 17 persen species burung dari seluruh dunia. Diyakini masih banyak lagi spesies yang belum teridentifikasi dan masih menjadi misteri tersembunyi di dalamnya.

Kondisi ini menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan keanekaragaman hayati tertinggi di dunia. hutan Indonesia – secara total menyimpan 289 gigaton karbon dan memegang peranan penting menjaga kestabilan iklim dunia.

Dari hutan tropis dunia yang masih tersisa, 10% diantaranya ditemukan di Indonesia. Dengan memiliki 10% dari total dunia, Indonesia merupakan peringkat ke tujuh dalam keragaman spesies tumbuhan berbunga. Indonesia memiliki 12% dari jumlah spesies binatang menyusui (mammalia). Dari 515 spesies mammalia tersebut 36% di antaranya adalah endemik, termasuk spesies-spesies langka seperti harimau Sumatera, badak Sumatera dan Badak Jawa, dan juga orang utan. Sebagai pemilik 16% dari total dunia dengan 60 spesies binatang reptil dan ampibi maka Indonesia menduduki peringkat ketiga tertinggi di dunia, termasuk di antaranya komodo dan ular piton.
Indonesia menduduki peringkat pertama untuk keragaman kupu-kupu ekor walet di dunia dengan 121 spesies; 44% di antaranya endemik.
Indonesia memiliki spesies tumbuhan palem paling banyak, kira-kira 400 spesies 'dipterocarps', dan kira-kira 25.000 spesies flora dan fauna.
128 spesies binatang menyusui di Indonesia sedang terancam.

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
Quote:Tutupan hutan vs luas daratan Indonesia

Luas daratan Indonesia adalah 1.919.440 kilometer persegi atau 191.944.000 hektar, yang menempatkan Indonesia sebagai negara terluas ke-15 di dunia.(CMIIW)

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)

Hutan Konservasi (HK) adalah kawasan hutan dengan ciri khas tertentu, yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya.

Hutan lindung (HL/protection forest) adalah kawasan hutan yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau kelompok masyarakat tertentu untuk dilindungi, agar fungsi-fungsi ekologisnya—terutama menyangkut tata air dan kesuburan tanah—tetap dapat berjalan dan dinikmati manfaatnya oleh masyarakat di sekitarnya

Hutan Produksi Tetap (HP) adalah hutan yang bisa dieksploitasi hasil hutannya dengan cara tebang pilih maupun tebang habis. HP biasanya berupa kawasan hutan yang memiliki kelerengan landai, tanah yang rendah erosi dan memiliki curah hujan yang kecil. Faktor-faktor kelerengan, erosi dan curah hujan tersebut ditentukan dengan cara menghitung indeksnya berdasarkan metode skoring. Areal hutan yang ditetapkan sebagai HP harus memiliki skor dibawah 125, dan areal tersebut tidak termasuk ke dalam kawasan lindun

Hutan Produksi Terbatas (HPT) merupakan hutan yang dialokasikan untuk dieksploitasi kayunya dalam intensitas rendah. Penebangan kayu masih bisa dilakukan dengan menggunakan metode tebang pilih. Hutan jenis ini umumnya berada di wilayah pegunungan yang memiliki lereng-lereng curam.

Hutan Produksi Konversi (HPK) yang bisa dikonversi adalah kawasan hutan yang dicadangkan untuk digunakan dalam pembangunan diluar kehutanan.

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
Quote:Deforestasi Hutan Indonesia
~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
Deforestasi adalah proses penghilangan hutan alam dengan cara penebangan untuk diambil kayunya atau mengubah peruntukan lahan hutan menjadi non-hutan. Bisa juga disebabkan oleh kebakaran hutan baik yang disengaja atau terjadi secara alami.
~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
Rata-rata Deforestasi per tahun berdasarkan fungsi Kawasan

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
Deforestasi hutan lindung seluas 222.300 hektar per tahun

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)

Deforestasi hutan Konservasi 141.100 hektar per tahun

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)

Deforestasi hutan produksi Tetap 300.330 hektar per tahun
Deforestasi hutan produksi Terbatas 78.320 hektar per tahun
Deforestasi Hutan Produksi Konversi 482.250 hektar per tahun

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)

Deforestasi Hutan Areal penggunaan lain 459.080 hektar per tahun.


ini adalah data yang diambil dari FWI (Forest Watch Indonesia), Lalu apa yang akan terjadi terhadap Tutupan Hutan kita di tahun 2016? apabila terjadi Deforestasi 1.684.400 hektar per tahun nya? Jika laju deforestasi tidak ditekan, diperkirakan pada tahun 2020 tutupan hutan di Jawa akan habis dan pada tahun 2030 tutupan hutan di Bali-NusaTenggara juga akan habis.

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)

Spoiler for Jangan sedih gan, semoga Hal di bawah ini bisa memberikan inspirasi kepada kita ::

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
Terletak di Timur Laut India di sebelah Sungai Brahmaputra tepatnya di pulau Majuli, di sebuah pulau bertanah pasir yang dulunya merupakan pulau dengan hamparan sungai terbesar di bumi, tempat tinggal bagi 150.000 orang penduduk, sekaligus merupakan lokasi bagi hutan Molai seluas 550 hektar. Salah satu area hutan yang tidak biasa di dunia, fakta luar biasanya bahwa hutan itu ditanami hanya oleh satu orang. Sejak tahun 1979 Jadav Payeng telah mendedikasikan hidupnya hanya untuk menanam pohon di pulau tersebut, hingga terciptanya hutan yang telah melampaui luasnya Central Park di New York.

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
Banyak berdirinya tempat tinggal seiring dengan jumlah penduduk yang besar, dengan cepat mengakibatkan tanah longsor selama lebih dari 100 tahun terakhir, hingga mengurangi massa tanah di pulau Majuli hampir kurang dari setengahnya. Didorong oleh situasi yang mengerikan inilah, Payeng mulai menanam ribuan pohon, termasuk 300 hektar pohon bambu.

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
Hasil kerja keras Payeng telah membuahkan hasil, selain memperkuat pulau, ia juga telah mengembalikan habitat/tempat tinggal baru bagi beberapa hewan langka seperti Gajah, harimau, dan beberapa spesies burung yang sebelumnya tidak pernah terlihat di pulau ini selama hampir 40 tahun.

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
Payeng telah membuktikan kepada kita bahwa jangan pernah meremehkan kekuatan satu orang. Jika dia bisa, kenapa kita tidak?


~ The Forestman ~ (Pictures & Video)

thanks buat agan/aganwati yang dah ngasih cendols dan abu gosoks nyah:

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
~ The Forestman ~ (Pictures & Video)

Siahkan mampir ke Thread ane yang lain :
Expedisi Sumur Parigi (The Lounge)
Cinta bertepuk sebelah tangan (The Lounge)
Metode belajar yang menyenangkan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi (the Lounge)
si gendut yang banyak gaya (Stand Up Comedy)
Cinta bersemi di gunung Pulosari (HTH-Poetry)
Mengenal Lebih dekat komedian Bobby Lee (The Lounge)
SIAPA BILANG DI PERKOSA SAMA WANITA ITU ENAK GAN (The Lounge)
aLL aBouT KUMIS – update terusss (Jokes & Cartoon)
Kabar gembira buat sista yang sudah menikah (Sista)
Rahasia di balik Bibir & Vagina (The Lounge)


UPDATE

Special thanks to agan : rikiju
Spoiler for The Forestman dari Wonogiri - Indonesia:
~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
Sejak awal 1990-an, Sadiman terus menanam bibit pohon di Hutan Gendol yang adalah hutan negara. Sampai saat ini sedikitnya 11.000 pohon — 4.000 di antaranya beringin — sudah ia sedekahkan untuk alam. Karenanya, Sadiman menjadi satu-satunya orang yang mendapat izin menanami lahan yang dikelola oleh Perhutani.

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
Harga bibit beringin yang berkisar Rp 50.000 hingga Rp 100.000 cukup mahal baginya. Untuk menyiasati kendala biaya, awalnya ia mencangkok pohon di hutan untuk memperoleh bibit secara gratis. Namun cara ini butuh banyak usaha dan waktu.
Ia kemudian mengembangkan usaha bibit cengkih di halaman rumahnya untuk dijual dan ditukarkan dengan bibit beringin. Sepuluh bibit cengkih bisa ditukar dengan satu bibit beringin ukuran satu meter. Saat ini, Sadiman masih membutuhkan sekitar 20.000 bibit pohon lagi untuk ia tanam agar hutan lebih hijau, sekaligus meningkatkan debit air sehingga bisa dinikmati lebih banyak penduduk. Ia juga bisa menerima donasi selain bibit pohon beringin, asal berupa tanaman kayu keras yang berakar kuat.

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
Melihat usaha Sadiman yang gigih dalam memulihkan hutan, masyarakat setempat menobatkannya sebagai salah satu tokoh inspiratif lokal di bidang lingkungan. Namun, Sadiman tidak terlalu peduli dan berharap penghargaan. Sebab, tujuannya menanam pohon adalah melestarikan hutan dan mata airnya untuk kehidupan masyarakat, bukan mencari popularitas.
mantap juga bre,,
ayo lestarikan hutan kita bre,,
miris gan
Mari kita lestarikan
Harus dijaga juga nih hutan jembut eh maksud nya gambut
hutan nya jadi lebat bgt bray



Salman al-Farisi
makin gundul aja hutan kita
Mulai nanam bibit pohon buat masa depan .
Quote:Original Posted By kopipamaceti
Harus dijaga juga nih hutan jembut eh maksud nya gambut


ntap leh uga hutan nya







Salman al-Farisi
jgn diinjak2 yak ...
nggih pak..
tanem aja terus kelapa sawit..
bersiin aja arealnya pake cara bakar..
nanti kalo AC-mu udah ndak bisa nyaring udara yg pengap, baru mikir soal reboisasi..
manusiaaaa manusia..
"Raung buldozer gemuruh pohon tumbang
Berpadu dengan jerit isi rimba raya
Tawa kelakar badut-badut serakah
Dengan hph berbuat semaunya
Lestarikan alam hanya celoteh belaka
Lestarikan alam mengapa tidak dari dulu...


udah gk ijo lagi dah
Quote:
wow sungguh miris ya
semoga manusia manusia itu bisa cepat sadar

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
kaskus the best
~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
gk mikirin masa depan tuh yang numbang. gila liat statistiknya tercengang gan.


ntr indonesia lama-lama jadi gundong dong
Ane juga suka nanem gan
Nanem saham
Besar juga presentase deforestasi nya
#SaveHutan
Hutan rumahnya flora & fauna gan,tanpa itu ngga akan ada siklus kehidupan,jangan sampe deh
Pejwan closed

~ The Forestman ~ (Pictures & Video)
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar