Pages


Sabtu, 23 Januari 2016

Jerman Membangun Jalan Tol Khusus Sepeda Sejauh 100 Km



Quote:
Sumber Gambar

Quote:Kabar bagus datang dari negara Jerman sana gansis. Seperti yang kita ketahui bahwa Jerman merupakan negara maju, namun tidak melupakan kebutuhan warganya yang ingin bersepeda 'onthel'. Belum lama ini, negara tersebut meresmikan jalan tol khusus untuk sepeda sejauh 5 km. Panjang total jalan tol ini nantinya akan mencapai 100 km yang menghubungkan 10 kota serta melewati 4 universitas.

Jalan tol ini merupakan cara baru para pesepeda untuk berkendara tanpa harus merasa khawatir terhadap kendaraan roda empat maupun terhalang oleh lampu lalu-lintas. Tidak hanya itu saja, para pesepeda yang berkendara di jalan tol ini juga diperbolehkan melaju dengan kencang layaknya jalan tol pada umumnya. Sehingga bisa dikatakan bahwa jalan tol ini merupakan replika-nya autobahn. Seperti yang sudah dikenal secara umum, autobahn merupakan jaringan jalan tol yang ada di Jerman, tanpa dibatasi kecepatan maksimum dalam berkendara.

Sekitar 2 juta orang bermukim kurang dari satu mil dari jalan tol tersebut dan berpotensi memanfaatkannya untuk bersepeda sepanjang hari. Dan hebatnya lagi menurut hasil studi, jika 100 km jalan tol telah terealisasi, maka akan mampu mengurangi kepadatan lalu-lintas hingga 50 ribu kendaraan.

Quote:
Quote:
Quote:
Quote:

Berita dari Media Nasional
Quote:Wah, di Jerman Ada Jalan "Tol" SepedaQuote: Inilah impian semua pesepeda di jalan raya: tidak bertemu lampu merah, tidak berpapasan dengan truk dan kendaraan-kendaraan lain, hanya jalanan bebas dan mulus untuk melaju menembus angin yang tanpa henti menerpa wajah. Pemerintah daerah Jerman mewujudkan jalan "tol" sepeda yang pertama.

Para penggemar bersepeda menyambutnya sebagai jawaban atas permasalahan kemacetan lalu lintas di perkotaan maupun polusi udara. Ini juga merupakan solusi bagi para pekerja kantoran untuk ber-bike to work dengan aman.

Jerman membuka sekilas tabir masa depan transportasi hijau perkoraan dengan jalan bebas hambatan khusus sepeda pertama sepanjang lima kilometer (km) di wilayah Ruhr, yang nantinya akan terus membentang hingga lebih dari 100 km.

Jalan "tol" sepeda tersebut akan mengoneksikan 10 kota di bagian barat, termasuk Duisburg, Bochum, dan Hamm serta empat universitas. Jalan khusus sepeda ini dibangun di atas bekas rel kereta api kawasan industri Ruhr, yang sekarang meredup.

“Di radius 2 km dari rute awal tersebut tinggal lebih dari juta orang. Mereka bisa memanfaatkannya untuk bepergian harian dengan bersepeda,” ujar Martin Toennes dari grup usaha pembangunan kawasan RVR.

Hasil studi RVR memprediksikan, trek baru sepeda sepanjang 100 km itu bisa menarik 50.000 kendaraan dari jalanan setiap harinya.

Gagasan pembuatan jalan bebas hambatan sepeda ini sebenarnya dirintis oleh Belanda dan Denmark. Jerman mengikuti tren dan terbantu oleh maraknya permintaan sepeda listrik, yang disukai pesepeda untuk menjelajah jalanan menanjak.

Kota pusat perbankan Frankfurt berencana membuat jalan "tol" sepeda sepanjang 30 km hingga ke kota Darmstadt di sebelah selatan. Sedangkan ibukota Bavaria, Munich, berencana membuat 15 km jalan "tol" sepeda di daerah pinggiran bagian utara.

Adapun Nuremberg sedang mempelajari pembuatan jalan "tol" sepeda yang akan tersambung ke empat kota.
Di ibukota Berlin, pemerintah kotanya pada awal bulan ini memberi lampu hijau untuk mulai mempelajari dibuatnya jalan "tol" sepeda dari pusat kota ke daerah pinggiran barat daya, Zehlendorf.

Kehadiran jalan khusus sepeda ini merupakan perbaikan yang sangat wah, untuk menggantikan jalur sepeda satu lajur yang umum ditemui di kota-kota seluruh Jerman. Jalur sepeda juga kerap bergelombang karena dari bawah tertekan oleh akar pohon atau tiba-tiba putus atau tiba-tiba menyatu dengan jalur khusus bus.

Adapun jalan khusus sepeda ini selebar empat meter, memiliki lajur untuk mendahului, dan melintasi jalan raya via jembatan layang serta terowongan bawah jalan. Pesepeda dibuat semakin nyaman karena jalurnya terang berlampu dan bersih dari salju selama musim dingin.

Meski begitu, sama dengan proyek-proyek infrastruktur lainnya, Autobahn sepeda ini juga dihadapkan pada permasalahan klasik: pendanaan.

Di Jerman, situasinya pelik karena pemerintah federal biasanya hanya membangun serta memelihara jalan raya, rel kereta api, dan jalur transportasi air. Sedangkan infrastruktur sepeda menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

Jalur sepanjang 5 km di Ruhr biaya pembangunannya dibagi, yakni separuh dari Uni Eropa (UE), 30% dari negara bagian Rhine-Westphalia Utara, dan RVR sebesar 20%. Total biaya pembangunan jalan "tol" sepeda hingga 100 km diperkirakan sebesar 180 juta euro (US$ 196 juta).

“Tanpa bantuan negara, proyek ini akan tidak akan berhasil,” ujar Toennes.

Bagi Berlin yang utangnya pemerintah kotanya menumpuk, partai konservatif CDU mengupayakan pendanaan dari swasta. Sebagai imbalan, swasta boleh beriklan di sepanjang jalur.

“Jalan "tol" sepeda adalah hal baru di Jerman. Kami harus menemukan konsep baru untuk mendanai pembangunannya,” ujar Birgit Kastrup, yang mengepalai proyek ini di Munich.

Klub sepeda Jerman ADFC berpendapat, infrastruktur sepeda seharusnya mendapatkan pendanaan federal minimal 10%. Sebab, sekitar 10% dari perjalanan warganya dilakukan dengan bersepeda.

“Pembangunan jalan tol di kota-kota adalah resep membahayakan nyawa warisan tahun 1960-an. Orang-orang sudah tidak mau ada lebih banyak mobil di jalanan,” kata Burkhard Stork, manajer ADFC. Sumber

Videonya
Quote:

Quote:

Quote:Meskipun Jerman bukan pertama dan satu-satunya yang menyediakan fasilitas jalan tol khusus sepeda, ane tetap merasa salut gansis Semoga saja bisa menjadi inspirasi negeri kita ini
Update!!! Ane Tambahin Penampakannya
Spoiler for Penampakan Jalan Tol Khusus Sepeda:
Quote:
Sumber Gambar

Quote:
Sumber Gambar

Quote:
Sumber Gambar

Quote:
Sumber Gambar

Quote:Sebagai catatan tambahan, selain dibangun jalan tol khusus sepeda, pada jalur sebelahnya juga sekaligus dibangun jalan pedestrian khusus pejalan kaki. Ane semakin salut

Spoiler for Sumber Berita dan Sumber Gambar:


Quote:Mampir ke trit ane yg lain:

Quote:TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA
NANTIKAN TRIT ANE BERIKUTNYA

Silahkan komengnya gansis
hal yg tidak mustahil bagi jerman
Fix, ane pindah ke jerman.

Guten abbend
keren yah jerman jadi pengin hidup disana
moga aja bisa hadir di desa ane...amin
mantap... kapan indonesia bisa buat juga?
Moga saja di Indonesia di buat ya...

Walaupun harus menunggu seribu tahun lamanya...
hebat ya negara produsen mobil
bikin jalan tol buat sepeda
bagus banget tuh, sementara disini hampir ga ada yg naik sepeda dijalan raya
Luar biasa jerman
Btw da rest area nya gak?
wah, jadi harus bayar buat nikmati jalan khusus sepeda, tapi enak bisa ngebut
Njirr.. Mantep amet..
kalo di jkt,udah dibuat parkiran motor...
Wuih, mantap bgt pemerintah german.

Para biker disana dimanjakan bgt, layak jd destinasi buat liburan skalian bersepeda disana gan.

Nice share gan.
Quote:Original Posted By ibnutiangfei
Silahkan komengnya gansis

Guten abend brother, Ich glaube, Indonesien kann Deutschland sicherlich gerne . Obwohl 100 Jahre

Untung ane bisa bahasa jerman sedikit
Keren gan..
ada tolbooth nya gak gan?
ttp di indonesia aja deh gpp
edan lagi lagi jerman
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar