Pages


Kamis, 09 Juni 2016

yang punya Ac ato kulkas dirumah,ane mau berbagi ilmu nya sedikit..

Spoiler for Sekedar mukadimah:
Sebelumnya ane ucapkan terima kasih buat kaskuser semua yg udah jadiin thread ane jadi Hot Thread yang punya Ac ato kulkas dirumah,ane mau berbagi ilmu nya sedikit..


Jujur ane gak nyangka antusias para kaskuser semua atas thread ane yg masih perlu perbaikan dimana2,seumpama ada yg koment thread ane kurang rapi,minim gambar ato foto buat bukti,terima kasih buat kritiknya,,,
ane cuma bisa jawab,,,
ane masih newbie dikaskus jadi masih belum bisa membuat thtead yg rapi dan sesuai ama keinginan para kaskuser semua..
jadi mohon bimbingannya dan bersabar soalnya ane jga punya kegiatan didunia nyata,tujuan awal ane buat thread ini supaya membantu para kaskuser supaya bisa lebih memahami tentang tehnik pendingin,seperti ac dan lemari es khususnya...


sekali lagi ane ucapkan terima kasih buat kaskuser semua..

Spoiler for mohon dibaca agan semua:
setelah thread ane jadi HT,banyak yg bertanya soal ac dan kulkasnya dicomentnya
ane mohon pengertiannya buat agan semua,ntar ane jawab satu persatu mungkin bisa cepat bsa jga agak lama intinya ane akan bantu sebiaa ane sebagai teknisi Ac
dan ane tekankan disini ANE BUKAN MASTER AC ATO APALAH NAMANYA niat ane cma mau berbagi ilmu ane masih dangkal tentang ac jadi mohon dimaklumi jika jawaban ane mungkin gak selalu benar,ane jga manusia yg gak sempurna..


Spoiler for yang perlu agan ketahui tentang ane:
banyak yg minta dicoment supaya ane service ac para kaskuser,ane cuma mau menjelaskan Posisi ane di Pekanbaru,Riau
jadi seumpama ada di daerah lain ntar ane cba kasih teknisi yg masuk anggota apitu didaerah agan sndiri,insya allah teknisi yg udh jadi anggota Apitu jujur dan sesuai SOP dalam bekerja

tapi mohon dimengerti ane bukan mau promosi,tujuan ane cuma mau berbagi buat yang mau belajar lebih banyak silahkan gabung kegrup apitu difacebook,disitu master2 ahli pendingin pada ngumpul
semoga apa yg ane share bisa bermanfaat dan berguna..
wasalam


Selamat pagi,siang,sore,malam agan2 semua,Salam dingin

Dithread ini ane mau ngeshare tentang ac dan lemari es..
kalo ada yg mau ditanyain ntar ane jawab sebisa ane...
ane teknisi bagian ac n electrical..
jadi biar nambah wawasan agan ttg ac ato kulkas..
intinya yg mau ane share ini mencegah supaya agan gak dikadalin oleh "oknum" teknisi yg nakal..

sebelumnya ane tadi buka FB n buka grup APITU (Asosiasi Pendingin Indonesia),dimana itu ialah organisasi para teknisi Alat pendingin,disitu ada konsumen yg nanyain soal pemvakuman,ane screenahootin aja user yg bertanya,buat yg mau liat koment2nya silahkan saja gabung kegrupnya,,
gak nyangka KASKUS bisa masuk kegrup APITU

Spoiler for Referensi SOAL PEMVAKUMANASUK Grup APITU:
yang punya Ac ato kulkas dirumah,ane mau berbagi ilmu nya sedikit..


Spoiler for Hal yang paling penting:
1.Ac dan lemari es gak akan pernah yg namanya kurang freon ato org2 awam bilangnya "obat"
jadi seumpama ac ato kulkas agan gak dingin trs agan panggil orang bt perbaiki,jangan langsung mau percaya kalo dibilang freonnya kurang..
karena freon itu gak akan berkurang,kecuali ada kebocoran..
lain hal jika kulkas agan,lebih khususnya yg 1 pintu..
kalo udah ketusuk bagian frezeernya pake pisau waktu mau ngambil es batu itu baru mesti diisi ulang freonnya,ngerjainnya juga gak bisa cepat gan,minimal setengah hari ato 6 jam,tergantung kerusakannya,makanya kalo kulkas agan bocor(lebih sering ke yang satu pintu) biayanya lumayan gede,,ane pernah minta biaya 600 rbu gan,soalnya resikonya besar kalo gagal dan waktu kita jga terfokus kesitu,laen daerah laen harga ya gan,mohon diinget



Spoiler for yang kedua:
2 kalo agan make ac minimal 3 bulan sekali wajib diservice ato dicuci...kenapa harus?
kalo ane terangkan pake ilmu teknik ribet jd ane terangkan pake perumpaan aja ya gan..
kipas angin aja kalo sebulan sering dipakai baling2 ama rumah pelindungnya kotor ama debu gak?
bgtupun ac..
cuma ac lebih riskan kalo jarang ato gak rutin agan service..
soalnya ac ada dua unit yg mesti dicuci,bagian indoor ama outdoor..
seumpama agan nyervis ac diperhatikan apakah indoor ama outdoornya jga dicuci..
kalo cma salah satu aja yg dicuci besok2 cri teknisi lain..
soalnya kalo cma salah satu aja yg dicuci ac agan bakalan gak dingin.



Spoiler for ketiga:
3.usahakan 2 minggu sekali ato bisa jga sebulan sekali trgntg pemakaian ac drmh agan..
agan bersihkan filternya..
filternya ada didalam indoor cukup tarik aja keluar body indooornya yg ada engselnya..
seumpama ragu agan liat aja teknisi pas mau nyuci ac agan..
sedangkan pencucian ac minimal 3 bulan sekali,tergantung pemakaian ac agan..
bedain ya gan nyuci filter ama nyuci unit ac..
kalo nyuci unit agan mesti panggil teknisi ac nya..
dikarenakan nyuci unit ac gak bisa sembarangan gan


Spoiler for Keempat:
4.untuk agan yg daerahnya sering mati hidup listriknya usahakan stop kontak ato kabel power ac n kulkas agan,agan cabut dari sumber listriknya..
soalnya pas listrik hidup kita gak tau tegangan listriknya udh stabil ato belum
berlaku jga untuk alat2 elektronik lainnya..


Spoiler for kelima:
5.beda ac inverter dengan ac biasa..
kalo agan make ac inverter agan harus pastiin tegangan dirumah agan gak boleh kurang dari 210 volt kalo kurang mending pasang stabilizer..
soalnya yg namanya ac inverter itu riskan ama yg namanya low voltage atau tegangan yg rendah dibawah standart..
tegangan stndart dinegara kita 220 volt tapi kadang nyampe drmh kita 200 -220 volt trgntg daerah dan jam pemkaiannya..

keuntungan make ac inverter ialah,tagihan listrik agan bisa dihemat..
cma harga ac inverter lebih mahal n kalo ada kerusakan..
biayanya juga mahal..
kalo agan make ac biasa listrik agan mkn lebih boros drpd pake ac inverter..
apalagi kalo ac agan jarang dicuci..
bengkak tuch tagihan listriknya
keuntungannya kalo ada kerusakannya lebih murah biaya perbaikannya drpd inverter,TAPI diliat jga dlu apanya yg rusak gan


Spoiler for keenam:

6.belilah ac sesuai daya dirumah agan dan ukuran ruangan yg akan dipasang ac,.
neh ane kasih perhitungan daya ac..
1/2 pk daya sekitar 400 watt maksimal untuk ruangan panjang 3meter Lebar 4 Meter dan tinggi 3 meter
1 pk daya sekitar 850 watt Maksimal untuk ruangan panjang 4 meter lebar 5 meter dan tinggi 3 meter
itu buat nyari ukuran ruangannya ada rumusnya gan ane lupa ntar ane edit lagi,..
jadi kalo daya dirumah agan 900 watt jangan coba2 masang ac yg 1 pk..
bisa ngetrib mcb rumah agan..


Spoiler for ketujuh:
7.kalo agan mau masang ac baru,ane saranin posisi outdoor ada dibawah indor karena pada setiap proses pendinginan oli kompresor ada yg ikut terbawa ama feon,jd kalo posisi outdoor lebih rendah dari indor oli yg terbawa frron lebih mudah kembali lagi kekompresor dan tidak terjebak dievaporator (indoor),,


Spoiler for Delapan:
8.panjang pipa yg disarankan oleh pabrik ialah 5 meter..
seumpaama lebih dari 5 meter bisa aja,cuma jangan ampe lebih dri 10 meteran gan itu bsa mempengaruhi dingin ac dan membuat umur ac gak akan lama..
kalo dibawah 5 meter gmana gan?
minimal 5 meter gan,mentok2nya 3meter udh mepet itu gan.kalo seumpama posisi indor ama outdoor memunggungi,maksudnya outdoor ama indor cuma dibatasi tembok,pipanya diakalin dengan jalan dililit membentuk lingkaran..
teknisi ac udh tau tuch caranya..
jadi kalo agan masang ac dikasih free pipa 3 meter diabisin aja gan,jangan mau kalo pipanya dipotong...

kenapa gak boleh lebih pendek dari 5 meter..
ada penjelasan tekniknya itu gan..
yg jelas yg berlebih2an gak baek kekurangan jga gak baek..

untuk efeknya mungkin gak akan langsung terasa..
sekitar 2 ato 3 tahun ato bsa lebih cepat,trgntung pemakaian ac agan..
efeknya itu ac agan akan berkurang dinginnya,walaupun udh diservice ato freonnya cukup..


Spoiler for Sembilan:
9.Untuk ac keluaran terbaru dan untuk produk ac seterusnya pabrikan ac akan memakai refrigerant atau freon jenis R32,karena R 32 tidak merusak lapisan ozon jga untuk mengurangi global warming..
walaupun jga ada yg memakai R 410 dan R 404 untuk merk dan type tertentu..

sedangkan ac model lama masih memakai refrigerant R22,,,
jadi kalo agan mau beli ac ane rekomendasikan yg memakai refrigerant jenis R32,,,
karena kalo agan milih memakai yg R22,,,10 tahun yg akan datang R22 udh susah dicari..
n pasti prinsip ekonomi berkata..
stok menipis permintaan banyak harga pasti lebih mahal..


Spoiler for Sepuluh:
10.kalo agan masang ac baru yg memakai R32,ane sarankan agan memakai pipa yg paling bagus dan tebal,kalo agan dikasih free instalasi ama tokonya jangan ragu untuk minta pipa yg berkualitas..
walaupun mkn nanti agan disuruh nambah duit sedikit,ato mkn gak trgntg nego agan ama orang tokoo..
alasan ane ngasih saran seperti itu dikarenakan tekanan R 32 lebih tinggi dri R22,maka perlu pipa yg berkualitas
berdasarkan pengalaman dilapangan ane nangani ac baru yg make R32..
rata2 kalo ac yg memakai R32 pipanya gak berkualitas bagus acnya akan RENTAN BOCOR..penyebabnya ya itu tadi,karena tekanan R32 tinggi gan


Spoiler for Sebelas:
11.Kalo agan mau masang ac baru yg make R32,korbankan waktu agan buat dampingi teknisinya..
ketika sma instalasi udh terpasang,indor dan outdoor sudah terconect oleh pipa,,,
agan mesti liat..
AC AGAN MESTI DIVAKUM OLEH TEKNISI YG MASANG jangan mau kalo ac agan cuma diPUMP DOWN..
seumpama teknisinya bilang gak bawa vakum,komplain ketokonya..
soalnya ac yg make R32 lebih rentan drpd R 22
silahkan baca petunjuk dibuku ac yg anda beli soal PEMVAKUMAN yg ane bilang td..
ane belum ngalami tapi mkn bs berpengaruh DIGARANSI ac agan kalo ac agan gak DIVAKUM..

JADI AC YG MEMAKAI FREON R32 ATAU R410 HUKUMNYA WAJIB UNTUK DIVAKUM SETELAH INSTALASI PIPA INDOOR DAN OUTDOOR TERCONECT

vakum itu gunanya untuk membuang udara dr dalam sistem ac,kalo ada udara didalam sistem pendinginan dalam jangka waktu yg lama udara itu akan merusak bagian dalam sistem ac seperti tersumbatnya pipa kapiler yg membuat ac tdk dingin dan efek kompresir bsa rusak karena olinya bercampur udara atau uap air
bentuk mesin vakum ntar ane update gambarnya,selain itu juga berguna untuk mengecek kebocoran pada unit instalasi ac nya gan

kalo ac yg make R22 msh bisa gak divakum tapi diPump down namanya..
karena karakteristik olinya beda ama R32,jadi msh bisa dimaklumi kalo agan masang ac yg make R22 tapi gak divakum ama teknisi yg masang cma diPump Down aja,walaupun SOP nya WAJIB VAKUM..

seumpama kerjaan tenisi yg masang sesuai sop seperti yg ane jabarin diatas kurang lebihnya alangkah bagusnya agan ngasih fee lebih ama teknisinya,gaji teknisi ac kalo ditoko2 ac kadang msh dibawah standart gan,jadi apabila ada yg ngasih duit lebih dilapangan pasti tenisinya inget ama orangnya n bsk2 kalo ada komplain soal ac mkn agan gak akan dikadalin...
tapi seumpama yg masang gak sesuai SOP dan seenak jidatnya,maaf itu bukan bagian dari teknisi ac tapi hanya sekedar teknisi numpang lewat,karena kami jga punya asosiasi nya gan..



Spoiler for Update:

12.buat yang bertanya soal harga service,ane cuma bisa ngasih jawaban seperti ini:harga masing2 tiap daerah berbeda2 gan,kalo ditempat ane nyuci ac berkisar di 50 ampe 60 ribu..
kalo ada kerusakan harus dicek dlu apa yg rusak gan baru bs dikasih tau brapa biayanya..
kalo ada teknisi yg lgsg nembak biayanya tanpa dicek dlu ane saranin ganti teknisinya gan..

ane tekankan disini:
ILMU TEHNIK HAMPIR SAMA DENGAN MATEMATIKA YAITU ILMU PASTI,,,
jadi gak bsa lgsg nentukan kerusakannya tanpa dicek dlu..

13.buat yg punya masalah acnya gak dingin,..
coba diingat2 dlu kapan terakhir x diservice/dicuci,soalnya kalo ac kotor pasti dinginnya berkurang ato bahkan bisa gak dingin,kalo mau service ingat poin pertama thread ane ini..

14.Jika ac agan bocor,jangan mau agan izinkan teknisinya langsung menambah freonnya,agan pastikan dulu kalo teknisinya sudah menemukan letak kebocorannya dimana dan memperbaiki kebocorannya...

YANG MESTI DIINGAT IALAH JENIS FREON YG DIPAKAI PADA AC AGAN,JANGAN MENGISI R32 DENGAN R 22,BEGITUPUN SEBALIKNYA,,,
yang terjadi jika ac agan diisi dengan freon yg salah ialah kompresor ac agan bisa game over...
untuk mengetahui jenis freon ac agan liat aja diname plate yg ada diunit indoor ato out door


Spoiler for harap diingat :

Ane tekankan disini ane bukan sales product ac manapun,ane hanya seorang tukang ac yg mencoba berbagi ilmu tentang ac yg mungkin sebagian orang masih belum tau,sehingga kadang karena ketidaktahuannya sering dikerjain oleh "oknum" tukang ac yg tidak bertanggung jawab..
bagaimanapun juga setiap produk gak mesti ac,pasti ada kelebihan dan kekurangannya..
tergantung kita memakai dan merawat barang tersebut.

kalo ada yg nanya,gak takut gan tukang ac yg lain marah gara2 thread agan?
ane jawab: kalo teknisi yg mau maju ngapain kebakaran jenggot,toh dengan konsumen tau sedikit jd kita jga gak repot2 menjelaskan kalo mereka bertanya ntar..
lagian rezeki jga udh ada yg ngatur kok...
ilmu itu semakin dibagi malah semakin bermanfaat..

setelah baca thread ane,diharapkan para kaskuser dsni jangan cba2 untuk menservice ato memperbaiki sendiri acnya jikalau ada kerusakan,,,
karena bahaya gan,resikonya tinggi,ane cma ngasih jawaban dri pertanyaan agan berdasarkan pengalaman ane dilapangan jd jangan disamain..
kecuali agan ada background listrik atau tehnik..
ane buat thread ini buat membantu agan aja br tau tentang dasar2 ac..




buat yg request gambar ntar ane up date lagi..
dikarenakan kamera hp ane lg bermasalah,ane jga nyari foto2 lapangan ane belum ktmu

Spoiler for Penutup:
maaf kalo tata bahasa dan penulisan ane gak bagus,soalnya nulis sendiri lewat hp,dan apa yg ane tulis dani berdasarkan pengalaman ane dilapangan jdi bisa ane pertanggung jawabkan kebenarannya..

Kalo Msh ada yg belum paham bsa tanya dicoment ato pm ane..
cma maklumin aja kalo mkn ane jawabnya kadang lama kadang cepet,soalnya ane jga punya kegiatan didunia nyata...



sekian info dr ane semoga bermanfaat n ane tambahin lagi besok2 seumpama ada yg bsa ditambahin..

indahnya berbagi dan salam dingin,.,


Noted:jika ada kaskuser disini yg paham soal tehnik refrigasi atau pendingin mohon maaf jika isi thread ane mungkin msh banyak kekurangannya ato kesalahannya,silahkan dikoreksi..

Spoiler for tambahan dari rekan teknisi ac:
yang punya Ac ato kulkas dirumah,ane mau berbagi ilmu nya sedikit..


terima kasih buat agan2 yg udh ngasih ane cendol,n maaf gak bisa nyebutin satu2,,
Spoiler for makasih banyak buat bonusnya,padahal ane niat cma ngeshare aja:
yang punya Ac ato kulkas dirumah,ane mau berbagi ilmu nya sedikit..

yang punya Ac ato kulkas dirumah,ane mau berbagi ilmu nya sedikit..

maaf kalo thread ane masih kacau soalnya masih newbie gan..
mohon dibimbing..
terima kasih..
wah nice info gan, sangat bermanfaat sekali nih
ntapzz gan infonya




udah ht

yang punya Ac ato kulkas dirumah,ane mau berbagi ilmu nya sedikit..


ane masih pake ac alami gan yang punya Ac ato kulkas dirumah,ane mau berbagi ilmu nya sedikit..
siap gan bermanfaat
Wah TS nya yg punya toko ac sama kulkas nih, nice share gan
tengkuy buat infonya gan...... btw kalo ac outdoor nya dari selang tembaga yang nyalurin udara ke indoor suka netesin aer.... itu normal ga sih ?
emang tuh tukang ac bisa bener nyari duitnya
isi freon
Bray, kga sekalian tinggalin nomer telphone..

mantab, tukang ac emang suka gitu ya, curang licik
Ga punya ac ane
Yang ada AG
nice trit nih.. kalau ad tips dan pengetahuan seputar ac ma kulkas main2 ke forum Home Appliance yakk

link forumnya :http://kaskus.co.id/forum/673/home-appliance/


kategory kulkas : http://m.kaskus.co.id/thread/55b8349...s-bahas-disini
kategory ac : http://m.kaskus.co.id/thread/0000000...r-condition-ac
Kalo freon bocor wajib untuk ditambal pipa indoor nya...bukan malah ditambah mulu freon nya
rapiin lagi pasti keren
ane gk pny 22nye,, mw gk brbagi ma ane kulkas & ac ny aje????

#salamgoblok
gak punya ac gans..


.nice inpoh gans..
yang punya Ac ato kulkas dirumah,ane mau berbagi ilmu nya sedikit..













yang punya Ac ato kulkas dirumah,ane mau berbagi ilmu nya sedikit..
dirumah ane ac kgk berlaku gan, maklum di pegunungan kampungnya udh adem dari sononya..
Makasih infonya gan cukup bermanfaat
Sangat berguna dan akan berhati-hati dalam hal ini, terimakasih gan
Nice inpoh gan

yang punya Ac ato kulkas dirumah,ane mau berbagi ilmu nya sedikit..
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar