Pages


Kamis, 02 April 2015

Mengenal Buah Kepel, Kegemaran Puteri Raja


Quote:
Trit lama jadi Hate
Terimakasih opicer,momod,mimin dan kaskuser sejagad raya

Bukti Norepost :
Quote:
Spoiler for #norepost:


Quote:
Pohon Buah Kepel



Quote:Kepel adalah nama pohon dan buah yang mempunyai nama ilmiah Stelechocarpus burahol (Blume) Hook. & Thomson. Tumbuhan penghasil buah ini menjadi kegemaran para putri keraton Jawa sejak jaman dulu karena dipercaya mempunyai berbagai khasiat di bidang kecantikan.

Pohon Kepel yang dipercaya mempunyai nilai filosofi adhiluhung ini merupakan flora identitas provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Buah Kepel yang besarnya seukuran kepalan tangan orang dewasa mempunyai filosofi sebagai perlambang kesatuan dan keutuhan mental dan fisik karena seperti tangan yang terkepal.




Quote:

Buahnya yang matang dimakan dalam keadaan segar. Disebutkan bahwa dagingnya yang berwarna jingga dan mengandung sari buah itu memberikan aroma seperti bunga mawar bercampur buah sawo pada ekskresi tubuh (seperti air seni, keringat, dan napas). Dalam pengobatan, daging buahnya berfungsi sebagai peluruh kencing, mencegah radang ginjal dan menyebabkan kemandulan (sementara) pada wanita. Jadi, kepel ini oleh para wanita bangsawan digunakan sebagai parfum dan alat KB; di Jawa, penggunaannya secara tradisional terbatas di Kesultanan Yogyakarta.




Quote:Tentang Pohonnya


Kayunya cocok untuk perkakas rumah tangga; batangnya yang lurus setelah direndam beberapa bulan dalam air, digunakan untuk bahan bangunan rumah dan diberitakan tahan lebih dari 50 tahun. Kepel merupakan tanaman hias pohon yang indah, daunnya yang muncul secara serentak berubah dari merah muda pucat menjadi merah keunguan sebelum berubah lagi menjadi hijau cemerlang. Perawakan pohonnya berbentuk silindris atau piramid dengan banyak cabang lateral yang tersusun secara sistematik, dan sifatnya yang kauliflor (cauliflory) menambah keindahannya.




Quote:Kepel umumnya diperbanyak dari biji yang diambil dari buah matang dan disemaikan secepatnya. Penyetekan dan pencangkokan sudah pernah dicoba, tetapi tidak berhasil. Benihnya dibersihkan dengan jalan dicuci dan dikeringkan di tempat teduh. Sebelum disemai benih diskarifikasi, tetapi perkecambahannya masih memerlukan waktu beberapa bulan. Lambat-laun persentase perkecambahannya tinggi juga.

Perkecambahannya hipogeal, akar tunggangnya membengkak dan tidak bercabang untuk beberapa waktu. Mula-mula semai itu tumbuh lambat. Pada saat semai berdaun 3-5 helai, dipindahtanamkan ke dalam pot. Ketika tingginya mencapai 0,5-1,0 m bibit dipindahtanamkan ke lapangan dengan jarak tanam 6-8 meter. Fase yuwananya (vegetative phase, juvenile phase) berlangsung selama 6-9 tahun.


Quote:Khasiat untuk obat dan penjelasannya :

Untuk obat radang ginjal, caranya mudah, yakni dengan mengkonsumsi buah kepel yang sudah matang setidaknya 2 buah per hari. Hal ini juga harus didukung dengan asupan air minum untuk mempermudah kerja ginjal agar proses penyembuhan berjalan lebih cepat.

Untuk obat asam urat, yang dipakai ialah daun dari pohon kepel. Ambil kurang lebih 7-8 lembar daun kepel lalu direbus dengan 2 gelas air, biarkan sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas air, minumlah air rebusan tadi. Lakukan hal ini secara rutin dan konsumsilah 2-3 kali sehari.
sumber : disini  (www.tanamanobat.net)




Quote:
Beberapa kaskuser mungkin ada yang belum pernah mengetahui buah kepel ini dan masih menyangka itu buah sawo.. mungkin sedikit ane bantu soal perbedaan sawo dan kepel ya gan

Kepel
-buahnya tumbuh di batang pohon besar
-buahnya keras dan warnanya coklat rata
-kulitnya tebal dan berbiji besar (kentos : mirip biji salak)


Sawo
-buahnya tumbuh di ranting-ranting pohon
-buahnya ada yg coklat kemerahan
-kulitnya tipis dan berbiji kecil (kecik)



Quote:Komentar Kaskuser
Spoiler for :
Quote:Original Posted By squad7
Wah jadi kangen kampung halaman di kediri
Nih buah enak bngt gan
Yg paling seru pas nyari yg mateng kadang kulit di kerik pake kuku klo wrna kuning mateng. Kadang di toel toel klo jatuh brrti mateng.
Dulu inget banget jualan buah kepel 500 perak dpet 2, hahahah nice tread
Cuma pohonnya kata alm. Kakek ane tumbuhnya lambat dan lama banget punya ane yg drmah lebih dri 80 tahun hehehe
Tpi pas daun mudanya keluar keren gan, warnanya pink gitu heheheheh
Page one gan hehehe


Quote:Original Posted By deadmayor
ane pernah liat dulu waktu kecil di rumah si mbah.
tapi ga pernah tahu apa namanya..mbah ane bilangnya buat jamu gitu...


Quote:Original Posted By reedpo
ane 2 hari ini makan buah kepel gan..
yg beli istri ane..

kok ya pas ada thread ini..
buahnya enak kok..
cuman bijinya gede2..


Quote:Original Posted By keynew2000
ini buah rasanya enak gan
wangi juga baunya


Quote:Original Posted By nashiru
dulu sering banget makan buah ini soalnya dibelakang rumah simbah ada pohonnya, tapi sayang sekarang udah ditebang..
sekarang cuma masih tersisa 1 pohon kepel aja di kampung ane dan itu nunggu berbuahnya aja lama banget, mana yg punya pohon serem lagi..

Quote:Sumber :
sumber thread  (id.wikipedia.org)
*spesial sumber emoticon

*spesial banner design :gigaraptor  (www.kaskus.co.id)

ane baru tau kak tentang buah kepel
Quote:Original Posted By simpananfatanah
ane baru tau kak tentang buah kepel

semoga bermanfaat nambah pengetahuan buah..
Flora khas sleman : tapi kalah populer ma salak pondoh sekarang

dah lama nggak makan kepel oi... susah nyarinya sekarang.. padahal dulu tinggal metik tempat tetangga
Quote:Original Posted By down_i
Flora khas sleman : tapi kalah populer ma salak pondoh sekarang

dah lama nggak makan kepel oi... susah nyarinya sekarang.. padahal dulu tinggal metik tempat tetangga


iya gan..buah kepel kini sangat langka sekali...masih inget dulu ane juga sering dikasih simbah
bentuknya kayak kentang ya gan
Quote:Original Posted By shella.andianty
bentuknya kayak kentang ya gan

iya sist..dulu ane kecil suka ketipu, kentang ane kira kepel..enak banget buahnya..sekarang udh jarang ditemuin..
Baru tau ada buah kepel.. Jadi pingin nyobain, sekilas mirip sawo ya..
Quote:Original Posted By jalan88
Baru tau ada buah kepel.. Jadi pingin nyobain, sekilas mirip sawo ya..

iya gan..bisa mirip sawo, bisa mirip kentang..
sekarang kalo pun ada susah banget carinya gan..
ane baru tau ada buah ini >
buahnya nempel dibatang semua itu ya
enak g gan.. ane belum pernah nyoba soalnya
mirip sawo ya bentuknya
Quote:Original Posted By lastwars
ane baru tau ada buah ini >
buahnya nempel dibatang semua itu ya


iya gan..dulu ane ampe balapan ma saudara untuk ngambil paling banyak..hehe
Quote:Original Posted By redika
enak g gan.. ane belum pernah nyoba soalnya
mirip sawo ya bentuknya

enaknya pake banget gan..rasanya ngangenin..kalo liat fotonya aja, lidah ane kebayang dulu makan nih buah
Baru tahu ane kalo ada buah kepel,di pasar induk ada yg jual ga yah.. Ane kan pengen cantik juga seperti putri raja...eheem...
Quote:Original Posted By abialonso14


eh bang "steve g" kasih cendol ya..thanks gan
Quote:Original Posted By mamenmail
Baru tahu ane kalo ada buah kepel,di pasar induk ada yg jual ga yah.. Ane kan pengen cantik juga seperti putri raja...eheem...

haha..sekarang cantik banyak cara kok gan..buah ini jarang ada sekarang
*keknya pernah liat buah kek gitu tp di mana ya?

waduh KB alami
ane pernah liat di karangtengah, kab blitar
rasanya enak
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar