Pages


Jumat, 19 Juni 2015

Keindahan Fraktal dan Teori Chaos


SELAMAT DATANG, SELAMAT MEMBACA
Quote:Makasih Agan, Agan Wati, Mimin, Momod sudah kasih Rate, Cendol, Abugosok dan jadikan Trit ane HT
Spoiler for HT dan Cendol:

Makasih y gan sist

Quote:
Double HT


Quote:



BTW ini kalo ngereply komen chapchay nya makanan terus.. bikin laper





Quote:Warning!!! bacaan ini agak berat, ada beberapa istilah yang sengaja saya tulis tanpa penjelasan, agar yang berminat dan tertarik bisa mencari sendiri di internet atau perpus (tujuannya agar minat baca orang indonesia meningkat) memprihatinkan sekali jika di zaman informasi akses tanpa batas seperti ini kita tertinggal dan hanya jadi pengamat dan komentator.
Fakta mengenaskan: Berdasarkan data Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan [ UNESCO] pada 2012, indeks minat baca penduduk Indonesia hanya 0,001, artinya, setiap 1.000 penduduk Indonesia hanya 1 orang yang membaca buku.


Teori Chaos

Quote:Pada tahun tujuh puluhan di abad ke-20, ilmu baru tiba-tiba muncul, teori chaos! Saat ilmu kuantum mengungkapkan bahwa pada tingkat nuklir, objektivitas tidak berlaku, teori chaos bahkan maju satu langkah lebih jauh dalam mengecewakan Einstein yang percaya bahwa Tuhan tidak bermain dadu.

Teori chaos mengungkapkan bahwa ketidakpastian ilmu kuantum, juga berlaku untuk apa yang diyakini sebagai peristiwa yang bisa diprediksi. Menurut teori chaos ilmuwan telah membodohi diri mereka sendiri selama berabad-abad! Dengan mengabaikan penyimpangan kecil dalam pengukuran, dengan menyebutnya kesalahan pengukuran, mereka telah kehilangan intinya sama sekali! Sistem terprediksi yang dapat sepenuhnya dijelaskan dengan fisika Newton, seperti pendulum berayun dari jam dan orbit planet-planet, sebenarnya berperilaku dalam cara yang kacau bukannya terprediksi sempurna.

Quote:


(kekacauan dalam keteraturan - keteraturan dalam kekacauan)
Quote:Realitas baru yang diungkapkan oleh teori chaos adalah bahwa ada kekacauan dan ketidakpastian, bahkan di ayunan pendulum! Alam semesta kita tidak mematuhi hukum-hukum fisika yang ketat sama sekali. Hukum-hukum fisika hanya beroperasi dalam batas-batas tertentu, memberi mereka derajat kebebasan. Teori chaos menunjukkan bahwa alam semesta kita tidak berarti deterministik; dia kreatif dan secara abadi berkembang. Chaos dalam mitologi Yunani dianggap sebagai kekuatan kosmik yang menciptakan bentuk dan benda dari kekosongan, ketiadaan.

Hukum-hukum fisika itu sendiri mungkin tidak ditentukan, namun dapat berkembang dari waktu ke waktu. Dalam hal ini, istilah yang lebih baik untuk hukum-hukum fisika adalah kebiasaan fisik, kebiasaan alami yang telah berevolusi selama miliaran tahun untuk hanya menjadi ‘bagaimana alam semesta bekerja’ pada saat ini. Alam semesta dapat dianggap sebagai suatu sistem yang berkembang dari kebiasaan. Hukum-hukum fisika sebenarnya adalah memori universal tentang bagaimana hal tersebut dilakukan.

Teori chaos terus menjelaskan bahwa, meskipun peristiwa mungkin tampak benar-benar acak pada pandangan pertama, keteraturan masih ada di sana pada tingkat yang lebih dalam! Contoh peristiwa acak dengan kondisi chaos adalah tetesan teratur air dari keran dan kristalisasi kristal es.

Meskipun urutan tetesan yang akan jatuh dari keran air benar-benar tak terduga menurut teori chaos, masih ada keteraturan yang lebih dalam, sebuah pola akan terlihat! Kristal es semua serupa tapi tak sama, tidak mungkin untuk memprediksi bagaimana kristal es akan terlihat ketika mereka mengkristal. Namun, teori chaos mampu menunjukkan bahwa kristal es memiliki urutan tersembunyi yang umum.

Quote:


Fraktal
Quote:Pendiri teori chaos adalah Benoit Mandelbrot B. Bekerja sebagai seorang ahli matematika di IBM di New York, Mandelbrot menemukan bahwa ada keteraturan matematika yang tersembunyi dalam urutan acak dari fluktuasi harga. Ia pelajari harga kapas, sebuah komoditas dengan sejumlah besar data harga, sejak ratusan tahun yang lalu. Mandelbrot menemukan pola dalam fluktuasi harga yang cukup revolusioner. Ini membingungkan ekonom, yang tidak bisa percaya bahwa sesuatu seperti harga kapas bisa diprediksi. Apa yang Mandelbrot temukan adalah apa yang kemudian disebut fraktal. (untuk belajar lebih lanjut, Google 'Mandelbrot Set').

Sebuah fraktal adalah pola geometris rekursif yang diulang pada skala yang berbeda hingga tak terbatas. Fraktal paling terkenal adalah fraktal Mandelbrot. Fraktal sering digunakan dalam screen saver software komputer. Mereka terus mewarnai layar dengan meningkatnya kompleksitas pola geometris.

Keteraturan di fraktal chaos Mandelbrot cukup sederhana, rumusnya:

Quote:z --> z² + c , z adalah bilangan kompleks dan c adalah konstanta.

Rumusnya rekursif; setiap nilai baru z dimasukkan ke dalam rumus lagi akan menentukan nilai berikutnya. Nilai awal 0. Z adalah bilangan kompleks yang terdiri dari bilangan nyata dan bilangan imajiner. Nilai-nilai real dan imajiner dari z dapat diplot dalam diagram xy, menghasilkan gambar-gambar yang menakjubkan. Nilai yang berbeda untuk c akan membuat fraktal yang berbeda dan memberikan derajat kebebasan pada fraktal.

Fraktal ditemukan di mana-mana di alam; misalnya, dalam arteri dan vena dalam sistem vaskular tubuh dan bronkus paru-paru manusia. Tanaman memiliki fraktal simetri; brokoli dan keong adalah contoh yang indah, juga ada pemandangan gunung fraktal. Ketika kita men”zoom” objek fraktal, kita melihat pola objek pada tingkat makro diulang pada tingkat mikro, tidak peduli seberapa jauh kita memperbesar.


Quote:
Contoh fraktal di alam
Spoiler for Contoh Fractal di alam:

Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:


Spoiler for Contoh batik fractal:






Spoiler for contoh mandelbrot Set:










Spoiler for Fractal in architechture:














Spoiler for crop circle fractal:
















4 Attractor Cosmic dasar
Quote:Teori chaos telah menemukan keberadaan empat attractor kosmik dasar; titik, lingkaran, torus dan penarik aneh. disini tidak akan menjelaskan detail tentang perbedaannya, tetapi hanya menyebutkan bahwa penarik dapat digambarkan sebagai kekuatan di alam yang menciptakan keteraturan dari kekacauan. Kekacauan ditarik ke atraktor menciptakan tatanan tersembunyi.
Quote:

Empat jenis penarik bekerja pada setiap tingkat realitas, menciptakan alam semesta kita keluar dari kekacauan. Dunia tidak benar-benar diselenggarakan oleh hukum-hukum fisika tetap sebagaimana secara formal kita percayai, tetapi mengorganisir diri dan empat jenis attractor yang mengatur itu. Teori chaos juga mengakhiri hukum fisika berusia berabad-abad, hukum kedua termodinamika, hukum entropi yang menyatakan bahwa semua keteraturan di alam semesta akhirnya akan musnah, dari awal 'big bang' yang teratur menjadi tidak teratur. Para attractor di teori chaos membuktikan bahwa negentropi (entropi negatif), menciptakan ketertiban dari kekacauan, harus ada di alam semesta. Bahkan, tampaknya menjadi aturan dan tidak terkecuali!

Attractor pada teori chaos sepenuhnya membalikkan ide sebab dan akibat. Kausalitas didasarkan pada gagasan bahwa setiap efek harus memiliki penyebab yang ada di waktu sebelum terjadinya efeknya. Namun, dalam teori chaos penyebabnya adalah penarik, kekuatan tak terlihat di masa depanlah yang menarik efek, peristiwa saat ini dan masa lalu, kepadanya.
Attractor dalam teori chaos adalah kekuatan yang Filsuf Yunani Aristoteles sebut Entelechy, tujuan yang menarik peristiwa untuk berubah kearahnya.
Quote:



Epiloge

Quote:Pada perpindahan milenium ini menjadi lebih jelas bahwa ilmu pengetahuan kehilangan fondasi realitas obyektif dan determinisme kausal.
Ilusi objektivitas telah dihapus oleh ilmu kuantum ketika dibuktikan bahwa pengaruh kesadaran manusia berperan di ranah materi kuantum subatomik. Ilmuwan kuantum selalu merasa tidak nyaman dengan interpretasi Copenhagen pada ilmu kuantum. Gagasan bahwa kesadaran memiliki efek yang dapat diukur pada realitas dirasa tidak cocok dengan kerangka yang ditetapkan ilmu pengetahuan. Descartes dan Newton mendirikan ilmu dengan asumsi bahwa kesadaran tidak memiliki efek pada realitas; kesadaran sendiri di kesampingkan dan diturunkan ke domain agama! Hal ini menyebabkan kepercayaan buta bahwa alam semesta dapat dijelaskan seperti jam (yang bisa diamati dengan mempreteli seluruh komponen hingga struktur terkecil agar tahu cara kerjanya), sebuah iman buta materialisme. Tidak ada yang pernah meragukan itu pada abad ke-19. Ia percaya tanpa bertanya bahwa segala sesuatu di alam akhirnya bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan dalam hal mekanik. Alam semesta dianggap seperti jam mekanik besar.
Determinisme kausal sudah kalah oleh prinsip ketidakpastian ilmu kuantum dalam dunia kuantum, dan akhirnya terhapus oleh teori chaos! Teori chaos sangat sederhana menyatakan bahwa semua kejadian di alam adalah kacau dan tak terduga, dan bahwa hukum-hukum fisika hanya dapat beroperasi dalam batas-batas terbatas, memberi mereka ruang untuk kreativitas dan spontanitas. Sebab dan akibat dibalikkan didalam penarik fraktal sebagai penyebab yang menarik efek ke arahnya. Teori chaos memberi kita gagasan bahwa harus ada tujuan yang koheren di alam semesta!

Jadi seberapa kuat efek sebenarnya dari kesadaran bisa mempengaruhi realitas?
Apakah terbatas pada dunia kuantum partikel subatomik sedemikian rupa sehingga tetap selamanya tersembunyi dari pengalaman pribadi kita, atau apakah itu juga berperan dalam dunia makroskopik pengalaman sehari-hari kita dan hidup juga?


Isi materi ini diambil dari buku karya ane limitless abundance.

Sumber  (baca-renung-bagikan.blogspot.com)



Terima kasih sudah mampir disini. Semoga bermanfaat.
Terima kasih atas Cendolnya , Komentarnya dan rate Bintang 5 nya

Ts Mengharapkan kemurahan Agan Sista Untuk


Kalo Trhead Ini Menarik, Boleh Dijadiin Rekomendasi HT

Recomend HT  (docs.google.com)



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------

Quote:
Kita saat ini sama dengan kita lima tahun lalu kecuali dalam hal orang yang kita temui dan buku yang kita baca.
- Charlie “Tremendous” Jones


Perumpamaan Gua Plato
Sekelompok tahanan yang dirantai bersama-sama di sebuah gua melihat keluar dinding gua. Karena mereka dirantai mereka tidak dapat menggerakkan kepala mereka untuk mengintip dan melihat apa yang di dibalik gua mereka. Di luar gua ada api unggun. Orang yang lewat memproyeksikan dari api, gambar mereka di dinding gua. Yang tahanan bisa lihat adalah bayangan dari orang yang kebetulan lewat gua mereka. Mereka menganggap, oleh karenanya, bahwa bayangan itu adalah realitas.

Quote:

Kemudian, suatu hari, salah satu tahanan dilepaskan. Dia naik, keluar dari gua dan melihat sinar matahari. Dia melihat warna dan gambar tiga dimensi untuk pertama kalinya. Dia memutuskan bahwa ia harus turun kembali ke dalam gua untuk memberitahu tahanan lain bahwa apa yang mereka telah percayai sebagai realitas adalah palsu. Setelah kembali matanya memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan di dalam gua. Dia mengatakan pada para tahanan itu apa yang telah ia lihat di luar gua dan mengatakan kepada mereka bahwa apa yang mereka lihat didalam selama ini hanya proyeksi realitas. Apa yang terjadi adalah bahwa para tahanan menggila dan membodoh bodohkan orang yang baru saja dilepas itu. Para tahanan yang belum pernah melihat keluar menyimpulkan dari apa yang mereka dengar dan lihat dari orang yang dilepaskan itu bahwa kalau keluar dari gua bisa berbahaya dan membuat orang gila, sehingga mereka mengabaikannya dan kembali menonton bayangan di dinding lagi.

Banyak dari kita bertindak seperti tahanan di gua Plato ketika kita dihadapkan dengan konsep-konsep ilmiah yang revolusioner dan memilih kembali ke gua. Dalam analogi perumpamaan Plato, orang-orang skeptis memilih untuk tetap dipenjara.

Sekarang adalah waktunya untuk membebaskan pikiran Anda!

Anda adalah apa yang anda baca dan pikirkan, sebuah buku / bacaan yang baik mampu merubah orang. Dengan membaca, kita tidak hanya mengurangi stress, namun juga menambah ilmu dan membebaskan pikiran. silakan membaca trit2 bermutu ane yang lain di :

Daftar Thread Bermutu Thelimitless (click me)  (www.kaskus.co.id)



best coment

Quote:Original Posted By AnoQQincai
Agan TS, kasih tau aja kerjasama kolaborasi dari anak jurusan arsitektur dengan anak jurusan matematika dengan anak jurusan ekonomi
Yang membuat batik fraktal yang sudah diekspor keluar negeri. Yang pernah dipresentasikan oleh Ridwan Kamil di acara TedX jakarta

Yang komentar ga nyampe otaknya, pasti ngerti.

Quote:Original Posted By rouju
Keren bahasannya gan. Dan ini bagus karena membuka debat (setidaknya dalam diri sendiri) mengenai segala hal, apakah segala sesuatu sudah diatur atau random, dll. Kalau gw liatnya sih justru kesannya ada "unsur lain" yang menggerakkan atau mengacaukan keteraturan yang ada untuk alasan yang sampai saat ini kita belum tau dan mungkin gak akan pernah tau.

Kaya abis nonton Promotheus dan para crew sempet ngalor ngidul gimana kalo para Engineer ga ada alasan buat menciptakan manusia, alasannya hanya karena mereka bisa aja, dicampur dengan penasaran apa yang akan terjadi kalo mereka buat manusia dan dijawab dengan jalau begitu kita cari tahu alasan mengapa engineer ada. Contoh mencari ilmu pengetahuan dan jawaban yang sangat keren he he.

Tapi justru kekacauan ini yang membuat hidup berkembang. Kalo percaya teori evolusi, maka kalau tidak ada kekacauan maka tidak ada makhluk hidup yang mencoba hidup di darat dan berevolusi jadi kita sekarang.

Kembali ke interpretasi masing-masing, kalo gw liatnya ada campur tangan entah Tuhan atau hal lain he he


Quote:Original Posted By pembasmiiblis
bacaan yang bagus dan bermutu gan, terus buat thread yang seperti ini gan, biar bermanfaat dan dapat pahala.
dari bacaan tersebut ane menangkap bahwa dengan ditemukannya teori chaos tersebut, memberikan kita dua pilihan untuk mendeskripsikan kehidupan kita saat ini, yaitu apakah disebabkan oleh apa yang telah kita perbuat pada masa lampau, atau kah hal itu disebabkan oleh sesuatu di masa depan yang menarik kita hingga kita berada di kehidupan yang sekarang ini.
teori aksi dan reaksi yang dikemukakan oleh newton dapat dikembangkan oleh teori chaos ini.
dan IMHO teori ini pula yang dapat mempersatukan domain agama dengan ilmu pengetahuan, yang sempat berpisah untuk menghindari perselisihan diantara keduanya.



Quote:Original Posted By yufa
Sangat bagus sekali tritnya..keren..gw suka dengan sains..teori ini jg dipakai di dunia trading..pembahasannya bagus..manusia memang diberikan akal dan pikiran untuk mengeksplore alam semesta..manusia adalah bagian kecil dari alam semesta ini..seperti yg disebutkan sebelumnya, manusia adalah tingkat mikro, semesta adalah tingkat makro..agama ada selain untuk menuntun manusia jg sebagai "batasan" bagi manusia..hanya yg punya kemauan belajar dan open minded yg bs mencapai kesadaran tingkat tinggi..klu sekilas kita mau berpikir lebih dalam "manusia adalah bagian dari tuhan".. setiap individu adalah bagian dari tuhan..karena hidup individu tergantung dari individu itu sendiri..yg jd kendala kadang banyak dogma yg menyatakan minoritas adalah perbedaan yg aneh seperti manusia gua diatas..fractal itu ada hubungannya dengan fibonacci tentang golden ratio bahwa semua komponen di semesta ini memiliki pola yg berulang dlm tingkatan yg berbeda..


Quote:Original Posted By bayuardhwy
Pertama kali tau teori ini waktu jamannya ane Sma gan.
seketika itu ane berpikir apakah di dunia ini ada hal yg pasti? adakah pola yg membentuk dunia dan segala isinya atau semua yg terjadi cuma kejadian random semata?
trus mencoba apakakah sesuatu bisa di prediksi dengan angka? apa iya angka itu pasti. ane jawab singkat angka itu pasti. tapi kenapa ada angka desimal? kalau para ahli beranggapan bahwa angka itu pasti kenapa ada angka yg bilangannya desimal. entahlah gan. trus ane dapat teori ini.
kesimpulan ane semua yg ada di didunia ini walaupun dia berpola sempurnanya sekalipun pasti akan ada kekacauan di dalamnya. ataupun yg kacau sekalipun pasti akan ada pola di dalamnya.
Dan soal angka yg ane pikirkan tadi. ane berkesimpulan manusia menciptakan angka hanya untuk membantu manusia meyerderhanakan sesuatu seprti untuk melihat siang/malam, menyatakan berat dll.
Ingat gan Tuhan tidak bermain Dadu dan juga tidak menuliskan secara jelas apa yg akan terjadi
Biarkankan itu menjadi kejutan kehidupan
pejwan gan klo bisa

Quote:Original Posted By voxeu
Jadi kesimpulannya, selalu ada ketidakteraturan/kekacauan dalam segala sesuatu ya gan.. bahkan sampai ke tataran mikro yang tidak akan pernah dapat tepat diprediksi secara tepat dan sempurna. Akan tetapi, pada akhirnya ada kekuatan tak terjelaskan yang dimensinya berada di luar dimensi ruang (bisa jadi dimensi waktu atau bahkan dimensi idea/kesadaran) yang menarik/menjaga/mengatur ketidakteraturan itu ke dalam suatu keteraturan. Menarik gan. Akhirnya ane jadi ngerti tentang filosofi fractal. Selama ini cuma bisa nikmatin keindahan desain fraktal aja. Trims ya gan.

cmiiw.


Quote:Original Posted By scriptkiddy
Yup, secara mayoritas ane setuju kok dengan Fraktal tersebut.
Hebatnya si Mandelbrot ini bisa membahasakannya ke dalam bahasa matematika yg mana nantinya orang-orang bisa dengan mudah mencontoh kembali pemodelan yang ada.
Secara ga sadar emang bener, sesuatu yg ada di lingkungan kita ini sifatnya rekursif, walaupun ga teratur (chaos), tapi ada keteraturan di dalam ketidakteraturan tersebut.
Contoh hal rekursif dari mikro ke makro adalah dunia kuantum dan dunia astronomi/astrofisik atau dunia antariksa. Bisa kita liat partikel2 yang mengelilingi inti atom, jika kita perbesar bentuknya hampir sama persis seperti satelit mengelilingi planet, atau planet mengelilingi matahari (pada sistem tata surya). Atau bahkan sistem tersebut mengelilingi inti galaksi. Katakanlah, dari teori partikel elementer terkecil seperti Quark atau bahkan yg masih teori (seperti teori String) sampe ke yg makroskopis, antar galaksi, kita lihat punya aturan yang sama, sama-sama mengelilingi sesuatu yang menjadi pusatnya. Walaupun di dunia mikroskopis ga berlaku hukum gaya tarik gravitasi F = G.m.M / r^2, tetapi pakai tools berbeda, yg gak lain adalah mekanika kuantum, tetep aja bentuk keteraturannya (fraktalnya) sama, baik dunia makroskopis maupun mikroskopis...
Dan tentunya kalo agan2 jg beragama, pasti ada kaitannya antara agama dgn ilmu pengetahuan, jgn dipisah! ilmu pengetahuan ga boleh nyepelein agama, dan jg agama jd ga bermakna kalo ga pake ilmu pengetahuan, so, harus selaras semuanya.

Btw, selamat menjalankan ibadah Puasa Ramadhan bagi yang menjalankannya


Quote:Original Posted By QikayQolonk
Tuhan tidak bermain dadu. Disini semua teori berujung pada fakta yang dibatasi sebagai kita yaitu manusia yang mungkin ilmu pengetahuannya dibatasi oleh tuhan. Jika dimisalkan manusia sekarang berada di goa plato, dan pada ilmu pengetahuan yang besar, namun yang menjalankan proyeksi dari apa adalah tuhan, akankah kita memiliki ilmu pengetahuan yang melampaui tuhan? Tentu tidak. Manusia yang keluar dari goa tidak pernah ada. Tempat manusia adalah di bumi, mereka mungkin tidak mengerti kehidupan diluar alam semesta mereka. Apakah cukup tuhan yang tau? Atau manusia ingin mengetahui apa yang diketahui tuhan?.
Semua berbalik melihat bayangan sendiri.


Quote:Original Posted By IRREGULARS


Jadi intinya disetiap kerandom-an sesuatu pasti ada polanya ya gan, dan disetiap sesuatu yang kita pikir sudah berpola pasti ada batasan dimana ketika pola itu menjadi random, gitu ya gan?

dan para scientis sekarang takut untuk memikirkan konsep ilmiah yang baru dan membuat mereka jadi skeptis, mereka cuma ngikutin alur riset tanpa berani berbelok karena memang menurut mereka itu lah yang dianggap jalan yang benar padahal kalau mau llebih berani ada jalan yang lebih bagus dan lebih benar. gitu ya gan? kalo ane nangkepnya sih gitu

Quote:Original Posted By rhaunique
Bener gan, alam semesta yang dimulai dari singularitas (well, seenggaknya menurut BigBang theory), entropinya sampai sekarang terus bertambah. . dan gak mungkin terus menerus bertambah entropinya, suatu saat nanti pasti terjadi negentropi dan menjadikan alam semesta kembali ke singularitas. .
Semua berasal dariNya dan akan kembali padaNya. .
Semua kekacauan yang ada di alam semesta ini semuanya sudah ada yang mengatur. .

Quote:Original Posted By andry124
Pesan moral yang bisa diambil yaitu segala sesuatu yg sudah teratur dan dapat diprediksi membuat hidup menjadi statis dimana seharusnya kedinamisan itu sendiri yg membuat dunia ini unik.

Bayangin kita uda tau kalau setiap hari senin turun hujan , tiap hari selasa selalu cerah. Begitu terus hingga jutaan tahub. Teratur ? Iya , tapi keseharian kita jadi begitu-begitu aja.

Manusia itu diciptakan sebagai makhluk yg berpikir dan terus menerus belajar. Adanya ketidakteraturan membuat manusia terus menerus belajar.

Quote:Original Posted By sayap.langit
salah satu contoh teori chaos yang ane tangkep adalah penciptaan alam semesta...
Dari sebuah ketidakteraturan (Ledakan) menghasilkan keteraturan yang terpola sangaat baik.... Karna disitu ada peran Yang Maha Merencanakan (Al-Baari)

Thanks Sharenya gan, walau gak membahas agama tapi ini menambah keimanan ane terutama di bulan Ramdhan...

“dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit”
(QS. Al Israa (17) : 85)


Quote:Original Posted By rndslamming
Maksud TS adalah manusia jaman sekarang bnyak yg berpikir dalam "KOTAK" dan belum mampu untuk mencapai realitas pikiran nya sendiri sehingga lebih nyaman hidup di dunia dongeng dan selalu nyaman dengan dogma agama. sedangkan manusia yg mampu berpikir dan menggunakan realitas nya sehingga mencapai suatu kesadaran maka manusia itu akan di anggap gila oleh kebanyakan manusia korban dogma agama. itu sudah di contohkan TS dgn manusia yg di penjara dalam gua dan tetap percaya bahwa bayangan itu adalah realitas pdahal faktanya itu hanyalah sebuah proyeksi dari pikiran yg terkunci olh ketidak tahuan. SETUJU banget ama TS, buku (atau juga berbagai catatan kuno) adalah sumber ilmu dan sumber kesadaran bagi manusia, namun sayang nya kebanyakan manusia sudah terkunci oleh dogma sehingga merasa hanya kitab suci nya saja yg wajib dan boleh di baca. ini di akibatkan ada tembok2 yang di ciptakan sekelompok "elit" sehingga kebanyakan orang akan trus terjebak di tembok itu bahkan hingga akhir hayatnya. coba lah beranikan diri berpikir "OUT FROM THE BOX" lupakan sejenak masalah agama dan dosa dongeng ciptaan manusia, bacalah berbagai catatan kuno, maka kalian akan menyadari ada sesuatu yg salah dgn peradaban kita yg sekarang. ketika kalian memiliki kesadaran itu maka kalian gk akan terikat suatu dogma bahkan agama namun malah diri kalian akan merasakan energi spiritualisme dari semesta. believe it or not just try to your self

Quote:Original Posted By rndslamming
kalo berbicara mengenai ada suatu "kekuatan" yg mengatur semesta ini emg gk akan bisa kita pecahkan, walaupun dgn sains super jenius, namun ada suatu hal yg membuat kita sadar bahwa manusia adalah microcosmos dan semesta adalah makrocosmos, kita saling terkait dan kita mempunyai spiritualisme yg melekat sejak kita lahir di tubuh kita. manusia sebagai mahluk fisik yg berada di semesta 3 dimensi tentu tak akan bisa menjawab sesuatu yg memiliki dimensi lebih tinggi dari kita, karena kita mempunyai keterbatasan. dan bahkan kita tak akan pernah bisa menggambarkan suatu benda 4 dimensi di semesta 3 dimensi, karna mata kita ttp mata yg berada di ruang 3 dimensi CMIIW


Quote:Original Posted By plodderpooz


Jadi semua hal bisa terprediksi sampai batas tertentu (percobaan ilmiah dsb.), tapi kenyataannya hal-hal diluar batas yang tak bisa diprediksi ternyata adalah hasil kreativitas alam semesta yang terus menerus berkembang mengikuti pola fractal yang membentuk sedemikian rupa? Ternyata semua udah ada set patternnya yak



Nice info gan, lumayan nambah wawasan pagi-pagi gini daripada nonton acara tv gak mutu smua



Nah ane juga setuju nih sama aganQuote:Original Posted By rndslamming
ini , manusia ga bisa terpaku sama satu (maaf) buku dongeng aja, banyak sum er yang bisa dibaca dari catatan sejarah mereka di masa lampau. Manusia harus bisa menemukan kebenaran dengan mengexplore kenyataan (walau dianggap gila oleh mereka para korban dogma agama).


Spoiler for Contoh Fractal di alam:

Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
berusaha untuk paham
ribet baca dan memahaminya,
Threadnya ilmiah banget ya gan
mesti ane baca secaraserius dulu nih biar paham
Quote:Original Posted By etaugasilooh
berusaha untuk paham

pelan2 gan bacanya
Quote:Original Posted By .bot.
ribet baca dan memahaminya,


Quote:Original Posted By ularpiton
Threadnya ilmiah banget ya gan
mesti ane baca secaraserius dulu nih biar paham

sebenernya g ilmiah bgt gan itu udah disederhanain tp masih agak susah di cerna, dinikmati gambarnya aja
udah gw baca 3x akhirnya gw paham juga, ini sebenernya lagi ngomongin jokowi kan?
Quote:Original Posted By meongbuduh
udah gw baca 3x akhirnya gw paham juga, ini sebenernya lagi ngomongin jokowi kan?


emang teori banyak yg beda dgn kenyataan gan.
contoh tinggi pantulan bola 2/3 dari tinggi pantulan sebelumnya.secara teori tu bola ga bakalan berhenti krn ketinggian pantulan ga bakal jadi 0(nol).tapi kenyataanya?
Quote:Original Posted By ballnose
reserved


setelah membaca trid ini bolak balik dengan melihat avatar nya agan ini akirnya ane mengerti bahwa besar itu indah
emejing. gmn klo semua bergeser dr ketentuan ya om.
Quote:Original Posted By etaugasilooh


setelah membaca trid ini bolak balik dengan melihat avatar nya agan ini akirnya ane mengerti bahwa besar itu indah


makasih gan
Indah banget ya gan
Quote:Original Posted By slowclown
emejing. gmn klo semua bergeser dr ketentuan ya om.

ketentuannya sendiri blm dipastikan gan, apakah dia sudah fix atau memang semesta ini selalu berubah dan ketentuan yg ada hanyalah memori dari evolusi semesta

Quote:Original Posted By geniuslucky
Indah banget ya gan

iya gan
Keren gan, agak susah dipahami awalnya tp informatif
Dia sudah tak ada makan pun, dan ditanya ga adanya sehari... sungguh sulit hati biar kan
Quote:Original Posted By Yggdrasilmaniac
Dia sudah tak ada makan pun, dan ditanya ga adanya sehari... sungguh sulit hati biar kan


salah post gan?
Quote:Original Posted By arude
Keren gan, agak susah dipahami awalnya tp informatif


terima kasih gan semoga bermanfaat
klo kesimpulan garis besare scr bhsa sdrhana gmn om?maklum tangga ane kurang panjang nih
Wiiiih indah baget ya gan..
Ada yang kaya bentuk partikel salju gitu
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar