Pages


Rabu, 17 Juni 2015

Ternyata Jakarta Bukan Kota Termacet di Dunia Gan! - Berikut Daftarnya

Proud to be part of


Welcome to



Hallo Gans,
Ketemu lagi dengan Trid Kota-kota dari Ane.
Udah sering denger kan tentang kota termacet di dunia? Hmm..udah pasti tahu jawabnya kan gan. . Yap, selama ini banyak berita yang mengarahkan bahwa kota termacet di dunia adalah Jakarta.
Spoiler for Sebelumnya..:
Quote:Original Posted By maria.olivia
Data TS itu ambil yang tahun berapa ?

memang istanbul sempat jadi kota paling macet di dunia, tapi sekarang sudah di susul jakarta.
jadi tidak sepenuhnya benar apa yang di jabarkan oleh TS.
10. Buenos Aires, Argentina - 23,760
9. Guadalajara, Mexico - 24,840
8. Bangkok, Thailand - 27,480
7. Rome, Italy - 28,680
6. Moscow, Russia - 28,680
5. St. Petersburg, Russia - 29,040
4. Surabaya, Indonesia - 29,880
3. Mexico City, Mexico - 30,840
2. Istanbul, Turkey - 32,520
1. Jakarta, Indonesia - 33,240
Sumber = http://time.com/3695068/worst-cities-traffic-jams/
Di rilis pada tanggal = Feb. 4, 2015
Sumber = http://www.thrillist.com/travel/nati...st-stop-starts
Di rilis pada tanggal = 2/2/2015
Dan semua sumber di atas merajuk pada 1 sumber awal yaitu berdasarkan Castrol's Magnatec Stop-Start


Yah..memang berdasarkan berita-berita tersebut memang Jakarta lah yang nomor 1 gan. Namun, itu di rilis Februari kemarin, nah, sebagai Trid Maker yang baik maka ane cari sumbernya ga cuma satu dan ane nemu web yang release data yang dirujuk oleh berita-berita tersebut, yaitu castrol-magnetec-stop-start-index  (castrolmagnatec.co.id). Ternyata data yang mereka rilis berbeda dengan Februari kemaren, jadi ini lebih update. Jadi beginilah list kota termacet di Dunia.



Jadi, Apa sih Dasar-nya?

Spoiler for source:
Indeks kota termacet didunia didapatkan berdasarkan Index Castrol MAGNATEC STOP-START yang meneliti kondisi lalu lintas di 50 kota dan wilayah di seluruh dunia, termasuk Amerika Utara (New York), Australia (Sydney), Asia (Shanghai, Hong Kong, Bangkok, Jakarta) dan Eropa (London, Istanbul). Indeks ini akan menunjukkan bagaimana kemacetan lalu lintas, berhenti dan kembali berjalan, akan mempengaruhi waktu perjalanan dan kondisi mengemudi di seluruh dunia, dan bagaimana tingkat keparahan tiap kota berbeda.
Indeks ini mengacu dari data navigasi pengguna Tom Tom, mesin GPS, untuk menghitung jumlah berhenti dan jalan yang dibuat setiap kilometer. Jumlah tersebut kemudian dikalikan dengan jarak rata-rata yang ditempuh setiap tahun.



Jadi, dimana sih Kota Termacet di Dunia?

Spoiler for Jawabnya:
Quote:Istanbul, Turki - 31.200
Spoiler for traffic:
Quote:
Quote:
Quote:

Istanbul kebanjiran 30.000 mobil baru setiap bulan. Menurut data statistik, satu dari lima orang di Istanbul memiliki kendaraan bermotor. Tidak heran kota metropolitan di antara dua benua ini menduduki peringkat pertama dalam daftar kota termacet di dunia. Selama setahun setiap pengemudi di Istanbul harus berhenti sebanyak 31.200 kali karena kemacetan.


Oke..Lanjut ya Gan..


Quote:2. Mexico City, Meksiko - 30.480
Spoiler for traffic:
Quote:
Quote:
Quote:

Sebanyak empat juta kendaraan bermotor lalu lalang di kota Mexico City setiap harinya. Tidak heran jika kota ini juga dianggap sebagai salah satu kota dengan polusi udara terburuk di dunia. Dalam Castrol Index, pengemudi di Mexico City mengalami 30,840 stop dan start setiap tahun.


Quote:3. Moskow, Rusia - 29.520
Spoiler for traffic:
Quote:
Quote:
Quote:

Kecepatan rata-rata kendaraan di Moskow tercatat maksimal 3 kilometer/jam. Serupa dengan Jakarta, ibukota Rusia ini kewalahan menghadapi ledakan pembelian kendaraan yang melonjak dalam satu dekade terakhir. Kendati memiliki sistem transportasi yang memadai, Moskow tertinggal dalam urusan pembangunan infrastruktur. Menurut pemerintah kota, ruas jalan yang ada cuma mampu menampung 30% kendaraan.


Quote:4. Beijing, Tiongkok - 28.200
Spoiler for traffic:
Quote:
Quote:
Quote:

Kota ini merupakan Ibu kota Republik Rakyat Tiongkok dan merupakan kota terbesar kedua di Tiongkok setelah Shanghai. Penghubung transportasi utamanya adalah dengan menggunakan jalur kereta api, jalan raya dan jalan tol di segala penjuru kota. Beijing merupakan pusat politik, pendidikan, dan kebudayaan di Tiongkok.
Banyaknya mobil di kota ini menjadikan kemacetan tak terhindarkan di kota ini. Pada tahun 2010 tercatat pernah terjadi kemacetan sepanjang lebih dari 100 km selama lebih dari 10 hari di China National Highway 110 dan Beijing–Tibet expressway, menjadikannya salah satu kemacetan terparah di dunia. Castrol Index mencatat setiap pengemudi di kota ini mengalami 28.200 start-stops setiap tahunnya.


Quote:5. Jakarta, Indonesia - 28.080
Spoiler for traffic:
Quote:
Quote:
Quote:

Rata-rata setiap tahunnya pengemudi kendaraan di Jakarta mengalami 28.080 start-stop alias kemacetan. Catatan ini tidak mengherankan mengingat pembangunan infrastruktur tidak sebanding dengan pertumbuhan populasi kendaraan yang saat ini menurut Polda Metro mencapai 21 juta di Jakarta. Bedanya Jakarta dengan kota-kota lainnya adalah banyaknya motor di jalanan yang ikut bermacet-macetan


Quote:5. Roma, Italia - 28.080
Spoiler for traffic:
Quote:
Quote:
Quote:

Sejak bertahun-tahun kota Roma di Italia mencoba mengatasi masalah lalulintas berupa minimnya jumlah transportasi publik dan rasio kendaraan bermotor per kapita yang tertinggi kedua di Italia. Negeri di selatan Eropa itu sendiri tercatat sebagai negara dengan tingkat kepadatan kendaraan tertinggi di dunia. Terdapat nyaris 600 kendaraan bermotor untuk setiap 1000 penduduk Italia.


Quote:5. St. Petersburg, Rusia - 28.080
Spoiler for traffic:
Quote:
Quote:
Quote:

St. Petersburg sejatinya memiliki sistem transportasi publik yang sangat memadai. Sekitar 2,5 juta penumpang tercatat menggunakan layanan kereta bawah tanah, Metro, setiap harinya. Dengan jumlah penduduk yang berkisar lima juta, angka tersebut sebenarnya sudah sangat baik. Tapi tingginya angka lalulintas pegawai yang tinggal di luar kota membuat padat jalan-jalan di St. Petersburg


Q: Kok angka 5 nya ada banyak sih gan?
A: Lha kota-kota itu punya indeks kemacetan yang sama gan... Oke..lanjut yah..

Quote:6. Bangkok, Thailand - 26.040
Spoiler for traffic:
Quote:
Quote:
Quote:

Kebijakan bekas PM Takhsin Shinawatra yang memangkas pajak buat pembeli kendaraan baru turut menambah runyamnya kondisi lalulintas di Bangkok. Sejauh ini kota berpenduduk sekitar 14 juta jiwa itu memiliki hampir delapan juta kendaraan. Castrol Index mengklaim setiap pengemudi di Bangkok menghabiskan 36 persen dari waktu perjalanan terjebak di tengah kemacetan.


Quote:7. Shanghai, Tiongkok - 24.960
Spoiler for traffic:
Quote:
Quote:
Quote:

Shanghai adalah kota terbesar Republik Rakyat Tiongkok dan terletak di tepi delta Changjiang. Perkembangan kota ini dalam beberapa dekade terakhir telah membuatnya menjadi pusat ekonomi, perdagangan, finansial dan komunikasi terpenting Cina.
kemacetan di Shanghai paling padat terjadi pada saat senin dan kamis pagi serta jumat sore. Castrol Index mencatat setiap pengemudi di kota ini mengalami 24.960 start-stops setiap tahunnya.


Quote:8. Guadalajara, Mexico - 24.360
Spoiler for traffic:
Quote:
Quote:
Quote:

Menurut Castrol Index, pengemudi di Guadalajara mengalami 24.360 start-stops per tahun. Artinya lebih dari 30% waktu perjalanan dihabiskan di tengah kemacetan. Guadalajara mencatat rasio kepemilikan kendaraan terbesar di Meksiko. Tercatat satu dari empat orang di kota ini memiliki mobil atau motor.


Q: Kok segitu aja sih gan, katanya 50 kota?
A: Iyah, iyah gan, ni ane kasih list lengkapnya..
Spoiler for Full List:

Quote:
Quote:
Quote:
Quote:



Ternyata bukan Jakarta kan yang paling macet . Semoga kedepan pembangunan transportasi massal di Jakarta berhasil sehingga masyarakat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan kemacetan di ibu kota tercinta pelan-pelan menurun.

Udah, segitu dulu ya gan. Trid ini dibuat berdasarkan dengan rujukan:
Spoiler for Rujukan:




Sekian dari ane. Komen dan Rate jangan Lupa.
Semoga Bermanfaat

Spoiler for Mampir Sini Juga Gan!:

- Thread ane lainnya Gan! -

Quote:
- Urban Thread -
Pemandangan Menakjubkan dari Atas Tower Tertinggi di Berbagai Belahan Dunia  (kask.us)
Mari Menjelajah Sovereign Hill - Sebuah Museum Hidup  (kask.us)
Dinas-dinas di Singapura Punya Galeri Gann..kereen..  (kask.us)
[Wajib Masuk gan] Mengenal Perencanaan Tata Ruang Wilayah di Indonesia  (kask.us)
Tram Unik dari berbagai Kota di Dunia  (kask.us)
Kota-kota di Dunia dengan Skyline yang Mengagumkan   (kask.us)
[Ask: Agan Tahu gak sih?] Apa itu Ruang Terbuka (Open Space) Kota?   (kask.us)
Keindahan Kota-Kota di Dunia dalam Balutan Miniatur Effect   (kask.us) Sulitnya Memiliki Mobil di Singapura [Resep Anti Macet]  (kask.us)
Peringkat Kota Dunia dengan Ruang Terbuka Hijau Terbanyak (Jakarta termasuk gan)   (kask.us)
Berkunjung ke Desa-desa Unik, Keren, dan Mengagumkan Around The World  (kask.us)
Kota-Kota dengan Harga Properti Termahal di Dunia  (kask.us)
Mengenal Konsep Waterfront City (Kota Tepi Sungai/Pantai) di Indonesia dan Dunia  (kask.us)
Mengenal Tipe Penyebrangan Jalan Bagi Pejalan Kaki [Bukan Hanya Zebra Cross Gan]  (kask.us)
Jalan-jalan ke Kota Ramah Pejalan Kaki di Indonesia yuk..  (kask.us)
Kota-Kota Dunia dengan Jumlah Tunawisma Terbanyak  (kask.us)
Melihat Sistem Penghalang Banjir Sungai Thames London  (kask.us)
Enak Mana, Tinggal di Indonesia atau Singapura?  (kask.us)
Kota-Kota dengan Desain Arsitektur Terindah di Dunia  (kask.us)
Mungkin, ini Alasan Kenapa Agan Malas Jalan Kaki di Kota-kota  (kask.us)
Mengenal Mass Rapid Transit sebagai Solusi Kemacetan Kota  (kask.us)
Kota-Kota Paling Pintar dan Futuristik di Dunia  (kask.us)
Menjelajah Hamburg (Jerman), Kota Indah dengan Ribuan Jembatan  (kask.us)
Menikmati Jejak Masa Lampau di Desa Tradisional Shirakawago  (kask.us)
Angkutan Umum yang Unik dan Khas di Berbagai Wilayah Dunia  (kask.us)
Kerennya Proyek-Proyek Rencana Kota Buatan Terbesar di Dunia  (kask.us)
Inilah 10 Walikota Terbaik di Dunia Gan! (Termasuk Bu Risma Tentunya)  (kask.us)
Gini Nih Caranya Singapura Keluar dari Krisis Air Bersih Gan!   (kask.us)
Menikmati Kota di Indonesia dengan Bus Tingkat Wisata  (kask.us)
Melihat Sejuknya Kota dan Desa Tanpa Mobil atau Motor  (kask.us)
Tahu Nama Ibukota Negara ini Gan?  (kask.us)
Begini Kalau Kota di Dunia Berbentuk Planet Kecil  (kask.us)
Potret Perkembangan Kota Dunia Dulu dan Sekarang  (kask.us)
Negara-negara dengan Biaya Travelling Lebih Murah dari Indonesia  (kask.us)
Konsep Pengembangan TransJakarta di Masa Depan  (kask.us)


- Other Threads -

Yuk Menjelajah Miniatur Landmark Dunia di Tobu World Square Jepang   (kask.us)
Apa sih Anime Chibi itu? (yang suka imut-imut masuk gan)  (kask.us)
[Fire Rainbow] Pelangi Api Fenomena Langit yang Langka dan Menakjubkan   (kask.us)
[Fire Rainbow] 10 Toko Permen Unik di Dunia [penggemar permen masuk gan :D]
  (kask.us)


KaskuseR yang positive thinking
Quote:Original Posted By innas
Biasa gan, kaya ga tau kebiasaan orang indo aja.
indo itu harus serba JELEK. Kalo ada negara lain yg lebih jelek, pokoknya harus indo yg lebih JELEK.
ada data yg bilang macet di turki lebih parah daripada jakarta, tapi orang sini ngotot jakarta harus lebih parah
Gimana indonesia mau maju hampir semua penduduknya berfikiran negatif mulu

Kesaksian KaskuseR
Quote:Original Posted By dananglukyanto
saya tinggal di istanbul hampir 5 tahun gan.... dan artikel yg dimaksud disini adalah start stop (cara mengendarai kendaraan) bukan berarti kemacetan. disini macet parah saja jalan gan mobilnya, gak kayak jakarta.... ditunjang transportasi umum yg memadai... kalau dibilang macet, masih macet jakarta yg bisa stuck 1jam lebih. itu saja gan yg bisa saya sampaikan secara ringkas.

Quote:Original Posted By aly cool
Pengalaman gan, ane pernah nanganin delegasi dari Rusia pas Event APEC-SOM-1 di Jakarta, mereka ga heran dengan macetnya Jakarta sebagai ibu kota, karena mereka bilang di Moscow / Rusia sendiri Macet bisa lebh dari 3 bahkan sampai 6KM, bisa dibayangkan mereka menghabiskan setengah hari aktivitasnya didalam kendaraan, dan itu macet mobil doang ga dipenuhin pengendara motor, fyi, mmotor disana jarang banget gan
di Jakarta sebenernya macetnya tidak begitu parah gan kalo pengendara motornya ga sampe masuk ke ruas jalan tengah atau paling kanan, jika sebagian besar kendaraan motor berada di satu jalur aja disebelah kiri kemungkinan jalanan di Jakarta tetap bisa bergerak lancar, tap cuman padat kendaraan aja. itu sih kata si bule Rusia gan, sebab di negara mereka pengendara motor punya jalur sendiri atau selalu ambil jalur samping, sedangkan selama mereka diJakarta yang mereka liat pengendara motor penyebab kemacaetan utama karena banyak memasuki jalur mobil di tengah sampe sisi paling kanan, udah gitu kendaraan umum ngetemnya lama

Jd yang terpenting kita tetep harus disiplin berkendara ya gan

Komeng KaskuseR
Quote:Original Posted By bobvanmarley
Bedanya sama di jakarta dari fotonya, walaupun macet tetep baris teratur, ada jarak.
Coba liat pict yg di jakarta, semraut...

Quote:Original Posted By jawamotorsport
tambahan lagi gan, Surabaya & Bandung udah mulai macet mendekati jakarta. Apalagi pas jam-jam berangkat dan pulang kantor.

Quote:Original Posted By ghuz46
tp kalo diluar negeri sonoh macet'y rapih gan, ga smrawut kaya di sini (indonesia) coba aja ente liat, dr pic yg TS posting cuma di indonesia aja yg macet'y mobil dan motor berebutan jalan dan di indonesia kalo macet tuh penggendara'y pd ga sabaran udah tau macet malah maen serobot sikut sini sikut sana, bunyi'in klakson tet tot tet tot.....

Quote:Original Posted By Privaldi
walaupun bukan peringkat pertama, tapi kalau di liat2 tetep paling sumpek jakarta...
setelah dilihat lagi ternyata pengguna motor nya banyak banget di jakarta tidak seperti peringkat diatas nya walaupun macet masih terlihat rapih

Quote:Original Posted By kucing.ngopi
menurut ane yang terparah si jakarta gan, coba liat deh fotonya, perbandingan antara jarak kendaraan 1 dgn yg lainnya di istanbul sama di jakarta. dan ane td jg iseng iseng ke majalah time yg biasany si datanya akurat , kota termacet itu jkt??

Quote:Original Posted By onxafn
penampakannya keliatan beda,
macet di kota selain Jakarta penghuninya mayoritas mobil,
di Jakarta udah banyak pake motor az masih macet....., mungkin klo motor di hitung juga Jakarta juaranya, apalagi ridernya sekelas lorenzo sama marques VR46 semua di jakarta...

di tambah lagi perkara SIM NEMBAK, komplit daah makin ruwet, dimana pengemudi ga paham aturan Lalu lintas

Quote:Original Posted By rhino13
ane bingung gan,udah tauu udh macet banget tpi msh pake kendaraan pribadi trus malah nambah jumlah kendaraannya, rata rata sekarangg 1 mobil 1 org coba klo pake busway aja yg kapasitas duduk 35 sm berdiri 50 ituu mobil berkurang berapa biji pasti ngurangin kemacetan

Quote:Original Posted By arieffree
kalau Jakarta, gx cuma mobil pribadi, tp motor pribadi, angkutan umum, pedagang kaki lima, yakin bngt dah, Jakarta itu kota paling semruwet didunia, dan itu cuma bikin malu, gx ada bangga2nya gue sama Jakarta yang ancur kaya gini, sorry jd curhat

Quote:Original Posted By pizzahat
Ane coba kasih solusi
Tertib di jalan, angkot ga berhenti sembarangan, kmudian motor ga asal serobot atau ugal2n, pkl di tertib kan, angkutan umum d subsidi biar murah supaya masyarakat mau naik angkutan umum, larang kndaraan pribadi lewat jln protokol pada jam2 sibuk

Quote:Original Posted By Blind Sniper
Data tahun berapa ini gan ?
Istanbull emang sempat jadi kota nomor 1 paling macet.

Quote:Original Posted By xtawarx
wakakka dari komen page one dapet disimpulkan bahwa jakarta paling semraut ambil jalur sana sini ga beraturan, motor2 pada ikutan masuk jalur mobil, dan pada praktiknya itu pasti klakson bunyi dimana-mana
ya gitulah, whatever i love Indonesia!

Quote:Original Posted By superproject
kenapa macet di jakarta semrawut? soalnya macet di jkt juga di dominasi sama motor2 gan jdnya bikin puyeng liatnya kek semut dan motor juga suka selap selip sana sini itu yg bikin tambah macet
(ane juga pengendara motor sih) hahah

Quote:Original Posted By buyung.an
IMO yg bikin macet tuh Jalan tetep kendaraan bertambah setiap bulan & pengendaranya gak tertib kayaknya dindonesia jalan harus dipakai pembatas biar tertib jd kaga ada yg serong kiri serong kanan membuat suasana macet tambah macet

Quote:Original Posted By perpakin!
apa cuman gw yang sadar kalau cuman di Jakarta yang ada gambar SEPEDAH MOTOR !!

Quote:Original Posted By CommunistTeam
iya itu Castrol Index cuma itung rata2 aja .. g liat real di lapangan nya ......
kalo Bangkok mungkin mirip2 Jakarta .. tp Bangkok setau ane jarang bgt Highway nya .... dan jalan d Bangkok ga terlalu luas .. di Roma juga sama jalanya ga terlalu luas .....
klo di itung waktu tempuh apa mungkin Jakarta yang paling macet ?

Quote:Original Posted By conklin
tapi tetep aja gan walaupun jakarta bukan termacet di dunia menurut agan, jakarta macetnya parah kan? keluar gang macet? iya kan?
ini semua karena mobil kebanyakan, kenapa mobil? gak semua mobil isinya penuh penumpang, hampir tiap ane ngintip sering isinya satu atau dua orang doang tapi mobilnya buat tujuh atau delapan orang. ada yang pernah bilang gara-gara motor nyalip-nyalip, bisa jadi si tapi emang logis ya kalo roda dua harus ngantri kaya mobil padahal di sisi sebelahnya ada ruas yang muat, intinya motor kalo nyalip itu logis. . .
jalan tol gak ada motor tetep macet tuh gak ada motor nyalip, hahahaha
that's my opinion

Quote:Original Posted By riel
kendaraan pribadi gak ada bakal turun jumlahnya gan
keinginan punya kendaraan kan masih tinggi, termasuk agan kan
ane pribadi sih udah 10 tahun dengan motor yg sama gan

Quote:Original Posted By callme.v
Diliat dari cara macetnya aja udah keliatan mana yg taat aturan dan mana yg tidak. Negara lain, mski macet tp tetep taat aturan. Bahkan jarak antar mobil bisa dibilang longgar dan bisa diselipin 1 mobil lagi. Tp ya disana kn orgnya taat aturan. Beda yg di jkrta. Ada sela sedikit langsung di ambil. Ah elah.

Quote:Original Posted By ozzie_aja
kok kykny ttep lebih macet jakarta y
klo udh stuck bener2 g bs jalan, semrawut
mobil motor kopaja metro mini bajaj, hadeuuhh

Quote:Original Posted By Perment103
Bukan berarti pemerintah dan rakyat Jakarta harus berhenti berperang dengan macet kan yak?

Quote:Original Posted By B361N3R
Klo diliat dari gambar yg TS post, "kualitas" macetnya beda gan. Coba aja diliat macetnya turki, rusia dll. Mereka macetnya lebih "tertib", jalannya ada 4 jalur, ya barisan mobilnya dari ujung ke ujung tetep ada 4 barisan. Klo di Indonesia itu jalannya ada 3 jalur tapi klo macet ujung depan masih ada 3 barisan mobil, tapi ntah mulai dimana berubah jadi 4 - 5 barisan mobil (biasanya dimulai dari ada 1 mobil dengan egoisnya nyempil n mau nyerobot antrian, trus mobil dibelakangnya ikut-ikutan dan seterusnya)
Belom lagi (klo bukan macet di tol) mayoritas pengendara motor yang seenaknya nyempil sana sini n seenaknya sendiri, udah deh komplit macetnya.

Quote:Original Posted By rifkytm
Jakarta bukan termaksud kota termacet didunia gan... tapi tersemaraut/tidak teratur
Itu juga karna Pengendara sepeda motor yg udah bejibun gan di jakarta..
Tetangga ane aja punya motor 5 gmana ga sesak tu jakarta..
Mudah2an kedepan'ya S.motor punya jlan'y sendiri

Quote:Original Posted By HaraVanAuxx
nah itu dia bedanya Jakarta sama kota-kota lainnya..
pengendara Motor yg banyak ikut bermacet-macetan ria..
kalo Kota lainnya (kota-kota diatas) mayoritas kan pengendara mobil aja yg bermacet ria..
semoga, kemcetan di ibu kota kita ini segera bisa teratasi ya..
biar ga ada lagi yg namanya telat...

Quote:Original Posted By mustagunk
jakarta memang bukan kota termacet di dunia tp jangan menciptakan mindset bahwa masih ada yang lebih parah macetnya dan jakarta g seberapa dan mungkin nantinya bisa menyamakan yang kayak di brazil ato di turkey.CMIIW gan

Quote:Original Posted By mr.rightspeech
kgk ngaruh bray , mau macet rapi mau macet semrawut ....... tetep aja macet macet juga , buat pembelaan yg naek mobil
jadi sekarang udah tau kan SIAPA YG BIKIN MACET ?? MOBIL ATAU MOTOR ?? JAWAB !!!

Quote:Original Posted By liehanneng
ane pernah liat kemacetan di bangkok, macet gan tp tertib ga da serobot2 an karena itu ga lama juga macetnya da terurai, beda ma Jkt yg bisa kekunci gara2 pd serobot

Quote:Original Posted By ridwanhabibilah
maybe jkt kelima terparah tapi gue rasa di jakarta diperparah ama gelandangan , ngamen ,ngemis ,begal , alay , sopir angkutan yang pada gelo dllllllllllllll yang ga ada di eropa atau memang ada yg kyk gitu di cina dan thailand cuma gak bnyk . pernah ke beijing , bangkok di sana memang ada gepeng cuma nggak banyak dan nggk bikin risi kalau diliat2 pernah jg ke london macet di sana bikin betah naik bus double decker enaknya joknya ama suspensi dan mesinya kayak naek serena atau biante pemandangan nya jg gk bikin ngilu kota yg lainya yg ada di trit ini nggk tau. just info dubai , riyad , doha gk pernah nemu macet disana

Quote:Original Posted By ys1907
Kalo menurut ane tergantung individunya juga gan. Ngeluh-ngeluh macet jadi telat masuk kerja. Lah banyak orang yg bangun tidurnya aja satu jam sebelum masuk kerja. Akhirnya berangkat disaat lalu lintas mulai ramai.
Menurut ane jika setiap individu nya disiplin dan pembangunan infrastrukturnya semakin berkembang mudah-mudah kemacetan bisa teratasi. #cumaopini

Quote:Original Posted By imti

duh gan jgn ngomong gitu.. udah ada di urutan 5 aja itu sudah sangat parah..
coba perhatikan gambarnya gan, kemacetan di ibukota itu semerawut.. saya pernah merasakan kemacetan di negara lain meskipun macet disana bisa tetap sabar dan tenang gak main klason dan sikat bahu jalan.. dan masih bisa bergerak merayap

Quote:Original Posted By ciromobile

musti banyak subway/MRT-nya gan (dengan feeder yang juga bagus) baru bisa diringankan (walau kalo ngeliat perilaku orang sini, mau ada subway tetep aja mayan banyak yang pake kendaraan pribadi + iklimnya brutaaallll mamen, dikit2 hujan kalo gak hujan panasnya gila-gilaan). Padahal di list itu di 10 besar semua punya subway kecuali Jakarta doang saat ini, tapi tetep aja macet karena penduduknya gak mau pake kendaraan umum.
yang paling aneh sih jelas moscow, padahal subway di sana kan paling ajib , jaringannya bener2 gila tapi tetep aja orangnya . shanghai masalahnya orangnya kebanyakan, mau nunggu subway antriannya gila-gilaan lebih parah daripada orang nunggu sembako , naik mobil kena macet

Quote:Original Posted By DuduTz0109
Traffic dari Dubai - Sharjah, Sharjah - Dubai kalo jam berangkat kantor sama pulang kantor juga macet gan, pengalaman pribadi

*ilustrasi gambar dari google, tapi emang bener macet

Quote:Original Posted By faldhy1907
yang difoto ko mobil doank. motornya kaga gan,, dr yang naek trotoar lompatin jalur busway.. lewat jembatan penyebrangan.. motor kita sakti kaya naek awan kinton.. serba bisa
heheee maap ane anak motor juga tp kaga segitunya

Quote:Original Posted By abory
Di Jakarta macetnya semerawut gan? mungkin kalau masyarakatnya mudah diatur bisa mengurangi kemacetan, yang malesnya itu dilengkapi dengan bumbu ketidaktertiban usernya. dikota ane lewat garis dilampu merah langsung disamperin polkis.Tapi kebanyakan pada jeli ambil peluang di jln macet, pokonya kalau ada space sedikit lebar ambil, sampe bahu jalan & bahkan trotoar di ambil juga. Ambil jalur sana sini ga beraturan, dan pada praktiknya itu pasti klakson bunyi dimana-mana.

Quote:Original Posted By njelitheng
semacet-macetnya jakarta masi blom punya transportasi publik yg bisa diunggulkan kaya diluar sono.. transjakarta?? klo dibanding mrt ato kereta bawah tanah?? masi jauh..
smoga aja ada kemajuan yg lebih baek mas gan

Quote:Original Posted By albern28
ORANG ORANG JAKARTA TUH PADA GEDE GENGSI PADA OGAH NAIK TRANSPORTASI UMUM. KARENA MEREKA PIKIR YANG NAIK TRANSPORTASI UMUM CUMA ORANG SUSAH. TARO PAGE ONE GAN!

Quote:Original Posted By marvelmania
gausah bangga deh.. liat aja fakta nya, semrawut banget di jakarta dan akan menular ke kota2 lain seperti Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya...
penjualan mobil tiap tahun dipatok musti terjual BARU sekian ribu unit,
sementara JALANNYA tetep selebar itu dan sepanjang itu, orangnya bertambah, kebutuhan kendaraan bertambah
punya mobil pribadi itu bangga nya bukan main, prestise dan harga diri macet?peduli amat.. yang penting gue kemana2 nyaman, pake AC kagak kena debu dan bisa rame2 sekeluarga

Quote:Original Posted By makanagin

Agan TS!!!Ga perlu pake data2 statistik lah.. Yg bikin kan juga orang luar..
Ane c tetep dukung Jkt sebagai kota paling macet di Bumi.
Dari gambar aj udah jelas, gan
Istanbul, Bangkok, Shanghai, Mexico emang macet, TAPI ente liat dong!
Macetnya masih rapi n teratur. Mobil2 masih di dalam garis marka jalan. Masih ada ruang buat "nafas".
Sedangkan Indo?
Liat gambarnya aja udah bikin "naek darah"!
Macetnya penuh n sumpek. Nggak ada ruang gerak lagi gara2 motor.
Persetan lah dengan statistik kalo bulenya aj belom merasakan bawa kendaraan sendiri di jalan raya Jkt, terutama Cakung-Pulogadung Jatim.

Quote:Original Posted By ivan.coitus721
ane sih pernah lihat beritanya gan, kalau kagak salah on the spot di tahun 2015 kalau kagak salah juga
Ya begitu lah gan, produksi dan pemasaran kendaraan bermotor ada yang naik drastis ada yg turun ny juga drastis. Ya begini lah resiko nya bilamana masyarakat antusia untuk mempunyai kendaraan bermotor, entah mobil ataupun sepedah motor.
Ane kasihan ama Bumi gan
Ibarat kata, perokok pasif lebih rentan terkena efeknya di bandingkan perokok aktif.
Ya Bumi pun begitu gan, Gak jauh beda lah
#SaveTheEarth
Moga jadi HT / TT yah gan

Quote:Original Posted By lusena

jakarta aja menurut ane masih mending gan, coba surabaya
panasnya emejing

Quote:Original Posted By brigade.merah
Udah gak usah pada ngomen ngehujat Jakarta, sendirinya juga nyumbang macet

Quote:Original Posted By ikarkebo
Lucunya adalah, mungkin ketika diluar negeri sana dikasih data kaya gini, mereka semua sepakat dan berpikir,
(mungkin loh yah) kayanya emang harus ngegunain kendaraan umum nih, atau minimal yaudah cuma baca, diem, dan melengos.
Kalo disini? dikasih data kemacetan pasti jawabannya gini
Si pengendara mobil : ya itu mah karna motor aja, nyelip2 ga tau aturan dan segala sim nembak bla bla bla bla
Si pengendara motor : Mobil noh yg salah, 1 mobil itu bisa dipake jalurnya buat 4 s/d 6 motor, coba kalo semua ga bawa mobil dan milih naek motor, pasti lancar. SIM mobil juga banyak yg nembak, orang ane kenal calonya noh si uung anak bang jabrik.
Yakin ane disini pasti gitu, teteppp aja sibuk nyalahin.
Padahal salah aja udah semuanya, ampe pemerintah yg harusnya nyediain transportasi aman juga salah.
Ane pribadi berpendapat, baru Commuter line doang transportasi yg nyaman.
Transjakarta? Boro2 nyaman, busnya aja sama kaya kopaja, gubrak gubrak

Quote:Original Posted By Aduwhh
absolutely 1000 persen yang salah kebijakan pemerintah!!! longgar banget sih penjualan kendaraan apalagi motor yg mudah didapat dengan cara kredit , dan skrg mobil LCGC pun merajarela ... maunya apasih produsen mobil kalo selain keuntungan??
yap bener banget bangsa kita hancur ,,, dengan segala problematika yg ada ,,
kalo kebijakan pemerintah di perketat pesoalan macet dgn meningkatkan transportasi umum ,, gada lagi BUSWAY BAKAR, gada lagi TAKSI BEGAL , ANGKOT PEMERKOSA , TUKANG OJEK DI KEROYOK , KOPAJA DAN METROMINI SARANG COPET
ONGKOS PARKIR DI TINGKATKAN setelah itu ,,
dan Persulit Keinginan Orang disini Beli Mobil Dengan Pajak yang tinggi ,,
preman2 dari MACAM ORMAS GA JELAS di berantas biar gaada parkir sama pasar liar di pinggir jalan ,,,
setelah itu benerin tuhh TATA RUANG KOTA sehingga bottle neck di jalan semakin sedikit
DAAAAN
1 LAGI : KORUPTOR DI BASMIIIIII !!!!MAJU PEMUDA PEMUDI BANGSA SEBAGAI PENERUS BANGSA JANGAN MAU DI PERBUDAK DENGAN INTERVENSI ASING
GUE JAMIN GADA UANG PAJAK YG AKAN BOCOR KE KANTONG2 PEJABAT
GUE JAMIN PULA SARANA TRANSPORTASI UMUM BAKAL LEBIH INDAH DI GUNAKAN
GUE JAMIN PULA MASYARAKAT DISINI SEMUA PADA MILIH GUNAKAN TRANSPORTASI UMUM..

Quote:Original Posted By juliantito
Mending naik transportasi umum gan (kalo ada). Nyaman tinggal nunggu, adem (kalo ada ac), lihat yang cantik cantik 😀😀
Sayang banget transportasi umum masih terbatas.
Komuter line ok dah, g begitu ngantri. Trans Jakarta bisa dibilang waw. Mau naik bis ngantri berdiri 30 menit, di dalam masih berdiri lagi (wajar sih, yg gak wajar antrinya belok kalo macet +AC mati).
Kalo di jogja macetnya sih gak begitu panjang seperti Jakarta, tiap hari pasti ada sih tp gak panjang. Jogja paling nyaman kalo naik sepeda, tempat umum dekat, mau maen ya tempat nya dekat dekat. Naik bis, sepeda, atau motor dah parkir lanjut jalan kaki. Maklum kota kecil.
Sama seperti Jakarta, jogja macet karna yg dari luar ke pusat kota.
Intinya transportasi umum perlu ditingkatkan

Quote:Original Posted By abitbudiharjo
Ada yang lebih macet dari Jakarta - Indonesia ?
Karena ada info kayak gini, jadi masyarakat santai gan, "ah dia juga begono, ah situ juga lebih parah"
Nah lho, kalo mainsetnya udah begtu ga bakal ada perubahan.
Coba yang di tampilin Negara2 bebas macet, biar kita termotivasi untuk MIKIR, lebih disiplin, Tertib


Lanjutan Komeng KaskuseR Disini Gan!  (www.kaskus.co.id)
brazil deh kayanya gan kota termacet mah

gila istambul lebih ngeri
wah, ternyata jakarta itu ga terlalu macet dong...
Rusia parah juga gan
Indonesia

Macet campur banjir.

Kombinasi Sempurna.

ada yang parah macetnya ternyata





makasih
Quote:Original Posted By wolvmac
brazil deh kayanya gan kota termacet mah



brazil masih ga separah jakarta gan..
sayangnya mereka ga mensurvey india
jakarta ajah macet nya minta perawan gmn list di atas yah
gila gan cina pernah macet sampe 100km,,
itu picnya juga lbh parah. di highway sampe macet parah kayak gitu

ngomong2 kayaknya calon ht nih
untung ditempat gw sekarang ga ada macet lg
Ane baru tau kalau rusia banyak kota yg macet
Lanjutan Komeng KaskuseR
Quote:Original Posted By sandikatak
bener banget nih, bahwa diluar negeri sana masih banyak yg lebih macet traffic nya ketimbang negeri kita sendiri
sebenernya indonesia masih bisa dibenahin asal rakyat nya juga mau ikutin aturan perlalulintasan, tapi ane sendiri sadar. bahwa ane pribadi pun pernah ngelanggar perlalu lintasan
tapi masih bisa dirubah ko tingkat kemacetannya, contohnya pas lagi event car free day setiap hari minggu


Quote:Original Posted By erdewe
pengguna kendaraan umum nyalahin pengguna kendaraan pribadi melulu sebagai penyebab kemacetan. diliat dulu apa alesan orang ogah naik kendaraan umum? aman gak? nyaman gak? ngetem sembarangan, klo belum penuh jalannya lelet. itu juga bikin macet.

ane paling gedek klo belum nyampe tapi disuruh oper ke kendaraan lain. ga paham maksudnya lah itu.

Quote:Original Posted By aly cool
Pengalaman gan, ane pernah nanganin delegasi dari Rusia pas Event APEC-SOM-1 di Jakarta, mereka ga heran dengan macetnya Jakarta sebagai ibu kota, karena mereka bilang di Moscow / Rusia sendiri Macet bisa lebh dari 3 bahkan sampai 6KM, bisa dibayangkan mereka menghabiskan setengah hari aktivitasnya didalam kendaraan, dan itu macet mobil doang ga dipenuhin pengendara motor, fyi, mmotor disana jarang banget gan
di Jakarta sebenernya macetnya tidak begitu parah gan kalo pengendara motornya ga sampe masuk ke ruas jalan tengah atau paling kanan, jika sebagian besar kendaraan motor berada di satu jalur aja disebelah kiri kemungkinan jalanan di Jakarta tetap bisa bergerak lancar, tap cuman padat kendaraan aja. itu sih kata si bule Rusia gan, sebab di negara mereka pengendara motor punya jalur sendiri atau selalu ambil jalur samping, sedangkan selama mereka diJakarta yang mereka liat pengendara motor penyebab kemacaetan utama karena banyak memasuki jalur mobil di tengah sampe sisi paling kanan, udah gitu kendaraan umum ngetemnya lama

Jd yang terpenting kita tetep harus disiplin berkendara ya gan


Quote:Original Posted By ariefbatak
Sepertinya riset dengan metode start and stop harus dinilai secara keseluruhan. Kondisi start and stop itu tergantung pada lebar atau daya tampung jalan terhadap kendaraan. Jadi antara kota 1 dan kota 2 dengan lebar jalan yang berbeda tidak bisa dinilai sama.

Ok, anggap lah kita lupakan soal lebar jalan ,dll. Ada yang menarik dari foto2 yang ditampilkan TS. Dari semua foto kondisi kemacetan, terlihat kontras sekali hanya jakarta yang tidak teratur posisi kendaraannya. Kendaraan di jakarta itu saling melintang demi mencari ruas jalan yang kosong, sementara kota lain tertib menunggu antrian. Saling menyusul dalam kondisi macet sangat besar pengaruhnya terhadap kemacetan itu sendiri. Selain itu, kendaraan umum di kota lain sudah punya jalur khusus sehingga tidak mengganggu pengguna jalan lain, sementara di jakarta angkutan umum aja bisa masuk toll, udah gitu ngacak2 toll lagi dengan cari menyalip dan menyerobot.

Solusi terbaik untuk angkutan umum adalah memberlakukan gaji per bulan untuk supirnya dan dikelola oleh pemerintah/swasta yang bertanggung jawab. Sehingga tidak ada lagi istilah kejar setoran dengan menghalalkan segala cara (baca: ugal-ugalan dan tidak tertib lalu lintas).


Quote:Original Posted By keelenz
bener tuh kalo surabaya masuk dalam list juga.
soalnya ane sendiri orang surabaya..
kalo pulang kerja tuh rasanya capek banget, capet batin juga nahan emosi gara2 orang2 yang nyetir motor bego2 juga.. masa udah tau macet bukannya sabar'an dikit eh nyerobot2 trus2an..
ane tutup dikit jalannya biar motor ga bisa nyerobot2 malah nge bel2 mulu kayak orang ga punya otak..
dikira mobil ane bisa terbang kali ya.

sebenernya penjualan motor tuh juga ngawur , gara2 penjualan motor dengan DP kecil banget buat kredit, ga dipikir kedepannya dampak kayak gimana kalo DP kecil buat kredit.
akhirnya jadi buanyak dah jumlah motor di indo drpd mobil


ada yang lebih parah
baru tau ane gan,istanbul juara nya soal kemacetan.
kirain di tiongkok atau di india sana..
soal nya,dimana negara padat penduduk..di stu pasti rawan kemacetan..


ternyata prediksi ane salah
Quote:Original Posted By nuwantor513
baru tau ane gan,istanbul juara nya soal kemacetan.
kirain di tiongkok atau di india sana..
soal nya,dimana negara padat penduduk..di stu pasti rawan kemacetan..


ternyata prediksi ane salah


emang prediksi agan kota mana?
Quote:Original Posted By runarazenviq


emang prediksi agan kota mana?


prediksi ane sih seperti yang ane ngomongin di atas gan

di 2 negara padat di dunia..mengenai kota nya..ya maksud ane di ibukota negara tersebut gan..
seperti di Indonesia kan..kota termacet nya di djekardeh sana

ada lebih dari 1 lokasi titik rawan macet di masing2 kota....
Banyak juga ya kota2 macet
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar