Pages


Sabtu, 02 Mei 2015

Negara-Negara Penganut Hukuman Mati




Negara-Negara Penganut Hukuman Mati

No Repost  (www.kaskus.co.id)
Spoiler for HT:


Ga nyangka gw bisa HT. Trims kepada Mimin,Momod, All Kas Officer, dan Semua Kaskuser dimana pun berada. Semoga trit sederhana ini bermanfaat. Sharing is Caring Sekali lg Terima Kasih.

Quote:
Hukuman mati di dunia

Keterangan:

Biru: dihapus untuk semua kejahatan
Hijau: dihapus untuk kejahatan biasa, tetapi tidak untuk kejahatan luar biasa (penjahat perang)
Oranye: secara praktis telah dihapus
Merah: masih diberlakukan


Quote:Hukuman mati adalah suatu hukuman atau vonis yang dijatuhkan pengadilan (atau tanpa pengadilan) sebagai bentuk hukuman terberat yang dijatuhkan atas seseorang akibat perbuatannya.

Quote:
Dalam sejarah, dikenal beberapa cara pelaksanaan hukuman mati:

- Hukuman pancung: hukuman dengan cara potong kepala
- Sengatan listrik: hukuman dengan cara duduk di kursi yang kemudian dialiri listrik bertegangan tinggi
- Hukuman gantung: hukuman dengan cara digantung di tiang gantungan
- Suntik mati: hukuman dengan cara disuntik obat yang dapat membunuh
- Hukuman tembak: hukuman dengan cara menembak jantung seseorang, biasanya pada hukuman ini terpidana harus menutup mata untuk tidak melihat.
- Rajam: hukuman dengan cara dilempari batu hingga mati


Quote:Meski negara-negara maju mulai menghapus hukuman mati,
namun nyatanya jumlah eksekusi hukuman mati kian meningkat.
Laporan terakhir per tahun 2013 Amnesty International--organisasi non-pemerintah yang mempromosikan hak azasi manusia--menyebutkan eksekusi hukuman mati meningkat 15 persen dibanding tahun 2012.
Lonjakan eksekusi mati berada di negara-negara Asia, utamanya di Tiongkok, Irak, dan Iran.
Setidaknya ada 778 orang yang dihukum mati di 22 negara di seluruh dunia. Angka tersebut tidak termasuk ribuan orang yang tewas di Tiongkok, yang tetap menyimpan datanya sebagai sesuatu yang rahasia.


Quote:Berikut daftar negara-negara yang paling banyak melaksanakan eksekusi hukuman mati:
Quote:Quote:
1. Tiongkok

Quote:
Tiongkok menjadi negara yang paling banyak menghukum mati, namun angka pastinya masih menjadi rahasia negara.

Laporan Amnesty International mencatat "informasi yang tersedia menunjukkan dengan kuat bahwa Tiongkok melakukan lebih banyak eksekusi dibanding negara-negara lain meski jika jumlah mereka digabung." Jumlahnya diperkirakan ratusan.

Situs berita Jerman Deutsche Well melansir, tahun 2013 saja tercatat sebanyak 2.400 tahanan menemui ajal di tangan algojo. Kendati mayoritas penduduk Tiongkok mendukung hukuman mati, suara-suara yang menentang mulai bermunculan. Kekhawatiran terbesar adalah lembaga yudikatif yang tidak jarang menghukum individu yang tak bersalah.


Quote:Quote:2. Iran

Quote:Sebanyak 369 tahanan tewas lewat eksekusi mati pada tahun 2013 silam. Iran memiliki tiga metode eksekusi, yakni tembak mati, hukuman gantung atau rajam. Sama seperti di Tiongkok, hukum di Iran mewajibkan pelaksanaan hukuman mati di depan publik. Iran berulangkali memicu kontroversi lantaran menghukum mati jurnalis, aktivis HAM atau individu dengan dakwaan yang lemah.


Quote:Quote:

3. Irak

Quote:
Amnesty International mencatat hukuman mati di Iraq naik lebih dari 30 persen sejak 2012 menjadi 169 orang pada tahun 2013. Kebanyakan terpidana mati disebabkan karena secara samar disebut terkait pelanggaran pasal terorisme.

Menurut Deutsche Well, hukuman mati di Irak terutama marak digunakan sebagai instrumen kekuasaan pada masa diktator Sadam Husein.

Saat ini, 1.724 orang mendekam di penjara dan menunggu regu penembak beraksi. Tahun lalu PBB mendesak Irak menangguhkan hukuman mati lantaran dinilai berpotensi memicu konflik horizontal.


Quote:Quote:
4. Saudi Arabia

Quote:
Jumlah hukuman mati di Saudi Arabia pada 2012 masih sama seperti tahun 2013. Setidaknya ada 79 orang dieksekusi di Arab Saudi, di antaranya ada tiga orang yang masih di bawah 18 tahun.

Metode hukuman mati yang paling sering digunakan di jantung kawasan Teluk ini adalah pemenggalan kepala. Kasus yang berujung vonis mati berkisar antara pembunuhan, penyeludupan, hingga praktik dukun.


Quote:Quote:
5. Amerika Serikat

Quote:
Sedikitnya 80 vonis hukuman mati dijatuhkan tahun 2013 di Amerika Serikat. Saat yang bersamaan 39 tahanan dieksekusi dengan menggunakan suntikan racun. Metode pilihan AS mendulang banyak kontroversi karena dinilai tidak efisien melumat nyawa terhukum. Terakhir seorang tahanan sekarat selama 39 menit setelah mendapat suntikan racun.


Quote:Quote:
6. Indonesia


Quote:Kehadiran pemerintahan baru di bawah Joko Widodo tidak mengubah banyak dalam praktik hukuman mati di Indonesia. Sebaliknya orang nomer satu di Istana Negara itu berjanji akan segera melaksanakan sejumlah eksekusi yang tertunda, seperti diketahui Minggu dini hari sebanyak enam terpidana dieksekusi oleh regu tembak terkait kasus penyelundupan narkoba. Puluhan terpidana lainnya dalam daftar tunggu.

Tahun 2013 lalu Indonesia menghukum mati lima tahanan, kebanyakan tersangkut kasus penyeludupan obat-obatan terlarang.


Quote:Lengkapnya :



Quote:Quote:Hukuman mati di Indonesia
Quote:Di Indonesia sudah puluhan orang dieksekusi mati mengikuti sistem KUHP peninggalan kolonial Belanda. Bahkan selama Orde Baru korban yang dieksekusi sebagian besar merupakan narapidana politik.

Walaupun amandemen kedua konstitusi UUD '45, pasal 28I ayat 1, menyebutkan: "Hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak kemerdekaan pikiran dan hati nurani, hak beragama, hak untuk tidak diperbudak, hak untuk diakui sebagai pribadi di depan hukum, dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun", tapi peraturan perundang-undangan dibawahnya tetap mencantumkan ancaman hukuman mati.

Kelompok pendukung hukuman mati beranggapan bahwa bukan hanya pembunuh saja yang punya hak untuk hidup dan tidak disiksa. Masyarakat luas juga punya hak untuk hidup dan tidak disiksa. Untuk menjaga hak hidup masyarakat, maka pelanggaran terhadap hak tersebut patut dihukum mati.

Hingga 2006 tercatat ada 11 peraturan perundang-undangan yang masih memiliki ancaman hukuman mati, seperti: KUHP, UU Narkotika, UU Anti Korupsi, UU Anti terorisme, dan UU Pengadilan HAM. Daftar ini bisa bertambah panjang dengan adanya RUU Intelijen dan RUU Rahasia Negara.

Vonis atau hukuman mati mendapat dukungan yang luas dari pemerintah dan masyarakat Indonesia. Pemungutan suara yang dilakukan media di Indonesia pada umumnya menunjukkan 75% dukungan untuk adanya vonis mati.


Quote:Semoga Bermanfaat !

Sumber 1  (en.wikipedia.org)
Sumber 2  (id.wikipedia.org)
Sumber 3  (www.antaranews.com)


Spoiler for Ingat Bray:

&





Baik Pro dan Kontra tentu mempunyai alasan, saling menghormati pendapat, freedom of speech.
Komeng Agan dan Aganwati yang Pro dan Kontra Hukuman Mati
di page bagian belakang Gw taruh disini.
Mohon maaf apabila tidak semua komeng di taruh disini.


Quote:Pro Hukuman Mati
Spoiler for :


Quote:Original Posted By Cryptex.
Supaya diketahui. Ada total 17 warga aussie yang kena death penalty dr negara lain. Indo cuman nyumbang 2. Sisanya tersebar di Malay, Spore, dll.

Abott lebay

Quote:Original Posted By husnixs
heraann...
kenapa indonesia menjadi sorotan dunia ketika mengeksekusi hukuman mati bagi para bandar narkoba...
sedangkan negara yang berpegang teguh terhadap demokrasi dan hak asasi manusia (mamarika) bereda dalam urutan kelima...

Quote:Original Posted By arifepigonen26
Seharus nya jgn yg d eksekusi mati yg narkob aja tpi yg korupsi tikus2 kantor instansi jg harus nya d hukum mati jg kan,karen efek jg,klo bisa kaya cina,korupsi seluruh keluarga jg ikut d eksekusi

Quote:Original Posted By maria.olivia
Tapi seakan Indonesia ini oleh media asing sebagai negara yang barbar sekali karena masih menerapkan hukuman mati.
Padahal negara lain masih banyak yg melakukan hal serupa, bahkan amerika serikat sekali pun.
Sekarang tergantung pemerintah aja, berani tegas atau tidak dengan hukum yang ada di Indonesia.
Dan kalau bisa koruptor di hukum mati juga seperti di china, tapi rasanya sampai saya punya cucu juga tidak akan terlaksana.


Quote:Original Posted By Hadhill
Disini eksekusi lama, Kenapa? Katanya sih masih ada proses upaya hukum makanya bisa jadi lama, ga buru-buru... itu yg ane tau dari orang kejaksaan, sama kaya kasus bali nine itu lama karena masih ada upaya hukum... tapi ujung ujungnya juga di eksekusi kan? ya iyalah mereka udah terbukti bersalah dan upaya hukumnya udah selesai, sisa 1 lagi kan? nah itu masih ada upaya hukum...

Kalo Australia rewel gara-gara Abott doang itu, ngapain takutl.. karena menyalah artikan konteks HAM jadi ngaco proses hukum... Kalo udah terbukti bersalah dan ga ada upaya hukum, ya HAM yang hak untuk hidup itu ya bakal ga berlaku lagi memang, sesuai dengan kejahatan yg dia sudah lakukan, memang ada orang yg mau mati kecuali orang stress yg ga mikir akan konsekuensinya... ga ...

Jadi kalo ada kasus pembunuhan, maka pembunuhnya itu sebenernya harus dihukum mati juga, tapi terhalang masalah HAM tapi tanya balik yg nentang hukum mati ini, apakah si pembunuh ini engga menghilangkan HAK HIDUP ORANG LAIN yang notabenenya adalah HAM?

Quote:Original Posted By IndraEMC
Gue tetap SETUJU sama hukuman mati dengan syarat :

Hanya berlaku kepada kejahatan luar biasa seperti Pembunuhan berencana, Narkotika, Pelanggaran HAM berat, Pencucian Uang, Korupsi, Terrorisme, dan Pemerkosaan terhadap anak dibawah umur.

Quote:Original Posted By herypoh
ane sangat setuju dgn hukuman mati. kalo bisa yg kasus korupsi, pembunuhan, pemerkosa. di hukum mati aja. rakyat indinesia begitu banyak buat apa kita risaukan. kadang ane liat HAM itu banyak di manfaatkan orang berkuasa. liat aj rakyat miskin mana tahu apa itu HAM


Quote:Original Posted By andhym
Jangan hanya melihat sisi kemanusiaan dari pelaku, tetapi lihatlah juga sisi kemanusiaan dari para korbanya dan kemungkinan kejahatan itu terulang lagi. Ane vote hukumaan mati untuk korupsi di atas S milliar

Quote:Original Posted By manutdloyalist
kalo ane setuju ada hukuman mati
kenapa? misalkan ada orang dengan sengaja membunuh orang lain, terus diadili dan diberi hukuman mati, lalu diprotes dengan alasan hukuman mati itu melanggar HAM, apakah dengan sengaja menghilangkan nyawa orang lain itu bukan melanggar HAM? kenapa harus protes hukuman mati itu melanggar HAM kalo pelakunya juga melanggar HAM?

Quote:Original Posted By riccoenggo
wah, hukuman mati emang diperlukan biar jera......

Quote:Original Posted By ayam.jago
Gw bingung liat temen temen yang sudah tinggal di luar negeri atau malah pindah kewarganegaraan yang mengecam indonesia karena dianggap kejam.

Kalau hukuman mati itu tanpa kesalahan jelas maka itu benar.

Tetapi jika itu terjadi dengan hajat hidup orang banyak bagaimana?

Bagaimana jika anda adalah korban dari kejahatan narkoba tersebut?

Jelas jelas mereka tidak merasakan dampak langsungnya.

Hukuman mati tidak akan menghapus narkoba tetapi jelas sangat membatasi gerak narkoba jika dijalani.

Negara mana yang bisa tertib jika hukumnya tidak tegas...kenapa lalu anda pindah ke luuar negeri? Simple karena lebih nyaman...lalu kapan indonesia bisa lebih nyaman jika narkoba tidak dihukum seberat beratnya.

Ada berapa banyak apbn yang harus dikorbankan jika semuanya dimasukan penjara saja lalu harus dibiaya negara...ini adalah dosa masa lalu..

Bukan masalah baik atau tidak..apa anda bisa memberikan dan ikut kontribusi?

Cuap cuap dinternet seperti saya sekarang gampang

Apa membantu negara?

Do your share...for your country..if its not ur country anymore, at least have d decency if it is nor for indonesia then you won't be able to be where you are now

Don't give opinion because you think u think you are wise...if u still trying to make amends and work hard to fullfil ur needs at least give credit for those who really try to do something for the country

Quote:Original Posted By samborid
aneh ya, Indonesia cuma secuil dibanding amerika yang notabene negara dengan ekspose media yang lebih tinggi, tapi ketika ada hukuman mati di sini kayanya langsung diserang tolong hormati hukum tiap negara, kalo ngga mau dihukum ya jangan melanggar

Quote:Original Posted By Pitil
resiko melanggar undang-undang
apalagi bandar narkoba yang merengut masa depan bahkan nyawa
pantas dihukum mati

Quote:Original Posted By akhgita
Saya mendukung hukuman mati untuk pengedar narkoba Gan. Semoga juga segera diterapkan hukuman mati untuk terbukti koruptor dengan jumlah korupsi diatas1 Milyard!
Biar bersih negara kita Gan, terutama di gedung wakil rakyat.

Peduli amat negara lain mau koar-koar kayak apa. Harusnya yang pada ga setuju hukuman mati itu pada demo ke (kedutaan) Amerika, soalnya di US sendiri jauh lebih banyak melakukan hukuman mati dibanding negara kita.

Quote:Original Posted By didionas
hukuman mati itu perlu ada gan, karna tuhan juga mengijinkan, orang2 pembela ham itu hanya sok lebih pintar dari tuhan aja. padahal tuhan maha mengetahui segalanya.


Quote:Original Posted By rizkybond
: Mantab
Lanjutkan exekusinya gan
Kalo bisa Para Koruptor kudu di Exe juga gan
Biar bisa menyapu bersih dari koruptor si sampah masyarakat gan
Massa koruptor masih bisa berlenggak lenggok di depan kamera
Sedangkan di china sana koruptor malu setengah mati kalo di sorot kamera gan

Quote:Original Posted By sarkawung
bandar kurir narkoba wajib hukuman mati,

+ koruptor juga wajib hukuman mati....


orang goblog yang ngedukung ga di hukum mati bandar ama kurir narkoba..
makan tuh HAM kalo tuh narkoba kena anak keluarga lu


Quote:Original Posted By MonteRising
kenapa mereka di hukum mati?? ya karna mereka melakukan kejahatan yg berat/ merenggut HAM manusia lainya.

krna mreka merenggut HAM mahluk lain, ya harus di renggut juga lah..

ane dukung hukuman mati trhadap smua kejahatan berat

Quote:Original Posted By Yo141
Kalo ngomongin kita negara beradab dan gak buta tentang agama, emang IYA!
tapi bayangin aja, narkoba dan korupsi uda membunuh banyak generasi bangsa kita
lebih baik korbanin 1 nyawa dibanding relain anak cucu kita kena dampaknya

bayangin lagi, dalam sehari 33 orang mati akibat narkoba
belom yang dari korupsi tuh, rakyat sengsara

jadi, SAYA SETUJU ada nya hukuman mati
asalkan hanya untuk pelaku narkoba, pembunuhan, pelanggaran HAM berat, terorisme, dan korupsi

kalau mau bicara masalah hukum sama agama juga susah soalnya..
agama itu mutlak, hukum itu berdaulat. tapi ga bisa dua-duanya berjalan satu pikiran kadang2
negara lain harus menghormati kedaulatan hukum kita tanpa liat bahwa kita negara beragama.

Quote:Original Posted By capingbasunanda
Kenapa hukuman mati diperlukan.

Agar tidak ada orang yang menganggap enteng hak hidup orang lain.




Quote:

Kontra Hukuman Mati

Spoiler for :

Quote:Original Posted By grandoz2700
Kata org manusia gak tau kapan ajal menjemput. Cuma terpidana mati yg tau kapan ajalnya menjemput


Quote:Original Posted By bolalicious
menurut ku, sebaiknya dihapus aja,,,Human Right

Quote:Original Posted By crazzyid
kalau nurut ane hukuman mati tidak pantas karena bertentangan dengan hak seseorang untuk hidup...
hidup mati udah ada yg ngatur jd bkn brarti qta merebut hak dia untuk hidup...

Quote:Original Posted By Heocheo
sebenernya ane kurang setuju sama hukuman mati
soalnya yang boleh berhak mencabut nyawa manusia
cuma Tuhan saja.
tapi nama juga negara hukum jadi gak bisa ngelak kalo ada hukuman mati

Quote:Original Posted By temankhayalan
Indonesia masih belum siapa sama isu-isu tingkat lanjut kayak gini, makanya muncul pro-kontra dan seolah bumi gonjang-ganjing kayak mau kiamat.

Saya sendiri nggak setuju dengan adanya hukuman mati. Kenapa? Pertama institusi peradilan, khusunya di Indonesia, masih tebang pilih dan belum adil. Kedua kita manusia yang beradab, penjatuhan hukuman pada pelaku kejahatan seharusnya memikirkan aspek tersebut. Pelaku dihukum untuk menyadari kesalahan dan memperbaiki diri. Kalau dihukum mati kesempatan tersebut bilang.

Kemudian masalah HAM. Memang benar pembunuh adalah pelanggar HAM, tapi perlukah kita turun ke level mereka dan ikut menjadi pelanggar HAM? Orang-orang yang duduk di institusi peradilan dan kita masyarakat umum seharusnya orang yang terpelajar dan lebih beradab dari si pembunuh toh.


Quote:Original Posted By kukaz
apapun yg trjadi ane gak akan prnah mendukung hukuman mati..

Quote:Original Posted By popcorncaramel
saya sih gak setuju.
hukuman mati = melebihi Tuhan YME
Tuhan Yang memberi nyawa Tuhan yang Mengambill
penjara saja seumur hidup

Quote:Original Posted By bacolicinose
Ane gk setuju hukuman mati masih diberlakukan. Hukuman mati itu hanya untuk kaum barbar. Yang berhak mencabut nyawa seseorang hanya Tuhan, bukan manusia. Lagipula hukuman mati itu gk manusiawi bgt. Masalahnya gini, apakah kesalahan yang ia perbuat terlalu besar untuk dimaafkan?

Hukuman mati jg menimbalkan kontra seperti biaya yang besar, hukuman mati jg bukan solusi terbaik belum lg setiap agama menentang hukuman mati.



Quote:Original Posted By gudangsate


Ane sih ga setuju hukuman mati,
Hukuman mati berarti menutup pintu tobat atau kemungkinan tobat bagi terpidana.
Siapakah manusia sehingga merasa berhak menutup pintu tobat bagi sesamanya.
Siapakah manusia,sehingga merasa berhak atas nyawa sesamanya..
Hukuman mati berarti manusia telah melampaui kapasitasnya sebagai mahluk berTuhan.
Hukuman mati bagi ane adalah tindakan mendahului Tuhan,dan secara hukum menurut ane merupakan tindakan yang mirip cuci tangan bagi pemerintahnya.
Satu hal yang perlu diketahui,ancaman hukuman mati di indonesia,mengintai tiga jenis kejahatan yakni korupsi,pembunuhan terutama pembunuhan berencana.yang terakhir yakni masalah narkoba.
Yang bikin ane heran,tidak ada koruptor yang pernah dihukum mati.


Konyool..... konyol.

Quote:Original Posted By budak.kecik2012
Everyone deserves to live. Everyone deserves to change their life to be better.

Quote:Original Posted By fx.stanley
Apapun negaranya, selama menganut hukuman mati berarti sudah mencederai agamanya masing-masing. Hidup dan mati seseorang berada di tangan Tuhan, bukan diberada di tangan manusia ataupun negara sekalipun.



Paling banyak china
indonesia salah satunya
USA aja ada.......
Quote:Original Posted By kalibaros
Paling banyak china


RRT yang terbanyak dan diperkiraan melebihi dari yang tercatat.

Quote:Original Posted By sky48
indonesia salah satunya


Indonesia bagian dari negara yang masih memberlakukan hukum mati

Quote:Original Posted By NIRVANA..
USA aja ada.......


Selain Amrik negara maju lainnya ada jepang & taiwan

di arab pasti ada yg tki tuh gan...
indonesia gan
banyak bener tiongkok
udah kea orba aja ya.......



Yang di korea utara gimana yaa.




Wew bnyk juga ya gan, ane heran knp pada ribut pas giliran Indonesia yg eksekusi org

Pdhl China ribuan, ga da yang ribut tuh

Baru delapan yg dieksekusi disebut negara pembunuh oleh artis ga laku
Kenapa negara lain gak diributin. Padahal ada negara2 lain yang lebih banyak melakukan eksekusi mati...
yang china banyak bener
di tiongkok lebih sadis juga gan
Di Arab ngeri, selain hukum cambuk ada pemenggalan kepala juga
amerika masih toh
kirain udah ngga
Tiongkok paling banyak eksekusi mati
USA lumayan banyak juga
Quote:Original Posted By reiiiiiiiiii...
amerika masih toh
kirain udah ngga


bahkan termasuk lima besar gan
tiongkok paling rajin ini eksekusi , tapi negara lain pura pura gak tahu
tuh warga australia ada juga yang divonis mati disana ,
hukuman pancung ngeri gan, pas meninggalnya kepala misah ama badan.
Quote:Original Posted By kalibaros
Paling banyak china


disana eksekusinya paling cepet
sekitar 2 tahun setelah vonis , eksekusi dah jalan
disini ada yang sudah 19 tahun baru dieksekusi
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar