Pages


Selasa, 02 Februari 2016

10 Pemimpin Dunia Yang Dinilai Paling Korup, Orang Indonesia Wajib Baca


Siapakah pemimpin paling korup sepanjang sejarah? Bisa jawab? Berani jawab? Menurut data Forbes, inilah 10 pemimpin paling korup sepanjang sejarah. Orang indonesia masuk dalam daftar juga, nomer berapa? Penasaran? Oke langsung ane kasih listnya.. Cekidot
Spoiler for Pendahuluan:
Era informasi begini, jangan harap lolos dari mata publik. Ibarat pepatah bahwa sepandai-pandai menyembunyikan bangkai, pasti tercium juga. Jadi, sebelum melakukan suatu kejahatan, lebih baik pikirkan dulu akibatnya, karena “dosa-dosa” tersebut tercatat dalam sejarah umat manusia selamanya…
Dan berikut adalah 10 pemimpin negara paling korup sepanjang sejarah…

Spoiler for #10. Joseph Estrada:

Kepala Pemerintah: Joseph Estrada
Jabatan: Presiden Filipina, 1998-2001
Dituduh Menggelapkan: $78 Juta sampai $80 Juta
Pendapatan Perkapita: $912

Joseph Ejercito Estrada menjabat sebagai Presiden Filipina ke-13 pada periode 30 Juni 1998-20 Januari 2001. Ia menjabat sebagai walikota San Juanselama tujuh belas tahun. Ia juga menjadi Senator selama satu periode, kemudian sebagai Wakil Presiden Filipina di bawah pemerintahan Presiden Fidel Ramos.
Masa jabatan Estrada sebagai presiden berumur pendek, skandal korupsi yang melibatkan dirinya mencuat pada Oktober 2000ketika seorang politisi mengklaim bahwa Estrada telah menerima jutaan dolar uang suap. Pada bulan November Senat Filipina memulai sidang impeachment, tetapi dibatalkan setelah beberapa senator memblokir penerimaan bukti. Pada 20 Januari 2001, Estrada digulingkan di tengah protes massa, dan wakil presiden, Gloria Macapagal Arroyo, naik ke kursi kepresidenan.
Keputusan pengadilan melanjutkan pembekuan atas rekening banknya yang berjumlah sekitar US$ 87 jutaselama proses hukum berlangsung. Estrada tertunduk lesu, sementara para pengacaranya langsung mengajukan banding. Kasus terhadap Estrada menandai bagian menyakitkan dalam politik Filipina.

Spoiler for #9. Arnoldo Alemán:

Kepala Pemerintah: Arnoldo Alemán
Jabatan: Presiden Nicaragua, 1997-2002
Dituduh Menggelapkan: $100 Juta
Pendapatan Perkapita: $490

Arnoldo Alemán muncul pertama kali sebagai pemimpin dalam beberapa kelompok yang bekerja untuk melawan skema redistribusi tanah Sandinista yaitu upaya untuk mengubah Nicaragua menjadi negara sosialis. Ia menjadi presiden dari Asosiasi Petani Kopi Managua 1983-1986, presiden Uni Petani kopi nasional 1986-1990 , dan wakil presiden Serikat Petani Nasional. Selama periode ini, Alemán juga menjalin hubungan dengan komunitas pengasingan Kuba antikomunis di Miami, Florida.
Pada awal1990 ia menjadi Walikota Managua setelah melayani selama dua bulan sebagai anggota dewan di Managua. Dia populer karena proyek-proyek perkotaan nya pembaharuan yang membantu merapikan kota, rusak parah dan tidak pernah dibangun kembali setelah gempa 1972. Dia dikenal sebagai "El Gordo" ("The Fat Man").
Pada tahun 1996Ia mengalahkan Daniel Ortega, pemimpin Sandinista, dengan 48% suara untuk 40% milik Ortega. Banyak orang mengaku kecurangan pemilu secara luas dan Ortega menolak untuk mengakui.
Pada tahun 2002 karena terlibat kasus, Alemán secara konstitusional dicopot dari kursi presiden dan kedudukannya digantikan oleh wakil presidennya, Enrique Bolaños. Dugaan muncul bahwa Alemán telah menyembunyikan korupsi besar-besaran dalam pemerintahannya. Pada Usia 70 tahun tepatnya tanggal 16 Januari 2009, Mahkamah Agung Nicaragua secara kontroversial membatalkan hukuman 20 tahun korupsi terhadap mantan Presiden Arnoldo Alemán.

Spoiler for #8. Pavlo Lazarenko:

Kepala Pemerintah: Pavlo Lazarenko
Jabatan: Perdana Menteri Ukraina, 1996-1997
Dituduh Menggelapkan: $114 Juta sampai $200 Juta
Pendapatan Perkapita: $766

Pavlo Lazarenko pada awal karir ia ditunjuk sebagai wakil presiden Ukraina pada tahun 1992oleh Presiden Leonid Kravchuk. Meskipun Lazarenko berpihak pada Kravchuk, namun ia berhasil menjalin hubungan dengan Presiden terpilih yang baru yakni Leonid Kuchma. Dalam masa kepemimpinan Kuchma, Lazarenko dipilih menjadi wakil Perdana Menteri dan menjabat selama satu tahun. Pada tahun 1996 ia diangkat menjadi Perdana Menteri Ukraina oleh Presiden Kuchma. Sama saat menjabat sebagai wakil Perdana Menteri ia hanya duduk di kursi kekuasaan selama satu tahun, berakhir pada tahun 1997 karena ia mengundurkan diri.
Pada tahun 1998, Lazarenko terpilih sebagai anggota parlemen dari partai Hromada. Namun, pada tahun yang sama ia didakwa sebagai tersangka kasus pencucian uang dan melarikan diri ke Panama.
Pada tahun 2004, terdapat laporan mengenai sejumlah uang yang berhasil dikorupsi oleh mantan Perdana Menteri tahun 1996-97, Lazarenko. Ia didakwa karena kasus pencucian uang, penipuan, dan pemerasan kawat. Selama masa jabatannya, ia menjarah sebesar US $200 Juta. Angka tersebut muncul setelah badan Transparency International Global Corruptionmelaporkan bahwa Lazarenko adalah orang terkorup kedelapan dalam dua dekade terakhir.
Akhirnya pada tahun 2006, ia mendapatkan hukuman 9 tahun penjara setelah sebelumnya telah dijebloskan ke dalam penjara pada tahun 2000. Pada rentang waktu tersebut, Lazarenko juga menjadi tahanan rumah sejak tahun2004 hingga 2006. Namun lokasinya dirahasiakan.

Spoiler for #7. Alberto Fujimori:

Kepala Pemerintah: Alberto Fujimori
Jabatan: Presiden Peru, 1990-2000
Dituduh Menggelapkan: $600 Juta
Pendapatan Perkapita: $2,051

Alberto Fujimori adalah Presiden ke-90dari Peru. Dia memerintah dari tahun 1990 sampai 2000. Ia melarikan diri ke Jepang ketika berita korupsi itu diungkapkan kepada publik. Alberto Fujimori memang punya darah Jepang.
Fujimori dijatuhi hukuman tujuh setengah tahun penjara karena penggelapan dan enam tahun untuk korupsi dan tuduhan korupsi. Dia juga dihukum karena pelanggaran hak asasi manusia, pembunuhan dan penculikan dan dihukum 25 tahunpenjara.
Jepang telah membantah permintaan ekstradisi dari pemerintah Peru. Namun, ia tiba-tiba pergi ke Chili. Pada tanggal 21 September 2007, atas permintaan dari Peru, Mahkamah Agung Chili telah diberikan ekstradisi Fujimori ke Peru.

Spoiler for #6. Jean-Claude Duvalier:

Kepala Pemerintah: Jean-Claude Duvalier
Jabatan: Presiden Haiti, 1971-1986
Dituduh Menggelapkan: $300 Juta sampai $800 Juta
Pendapatan Perkapita: $460

Jean-Claude Duvalier yang lebih dikenal dengan sebutan Baby Docmenjadi presiden Haiti pada usia 19 tahun. Ketika ayahnya, Dr. François (Papa Doc) Duvalier presiden yang ditakuti sekaligus dibenci meninggal mendadak pada bulan April 1971.
Dalam waktu kurang dari satu tahun aksesi Duvalier memerintah Haiti menawarkan harapan, terjadi penurunan tajam dalam ketegangan politik. Dia juga mengizinkan kebebasan pers terbatas dan kritik pribadi yang tidak pernah ditoleransi oleh pendahulu yang juga ayahnya, Papa Doc. Beberapa jenis usaha mengalami perkembangan seiring dengan dana bantuan dari Amerika. Industri kecil, pabrik perakitan elektronik baru, dikembangkan.
Karakter rezim Bayi Doc semakin terlihat pada tahun 1978setelah beberapa percobaan invasi dari Florida oleh ekspatriat Haiti, yang ditangkapi dan dieksekusi. Untuk mencegah kritik koran, pembatasan pers kembali diberlakukan. Korupsi di tingkat tertinggi juga merajalela, dan teman-teman dari keluarga Duvalier rutin menggelapkan jutaan dolar investasi asing.
Ketika Baby Doc merasa ia tidak bisa lagi mengendalikan situasi ia diterbangkan dari Haiti ke Perancis dengan transportasi militer Amerika. Pemerintahan 30-tahun dari keluarga Duvalier, yang menyebabkan kemiskinan tersebut dan penindasan bagi warga Haiti, telah mencapai akhir yang memprihatinkan.
Sebelum pergi, Duvalier sempat menjarah dan tiba di Perancis dengan kekayaan yang diperkirakan sebesar $200 juta. Pemerintah baru Haiti dituntut untuk mengembalikan seluruh kekayaan Baby Doc, sementara Baby Doc dan keluarganya bertahan dalam pengasingan mewah mereka. Pada tahun 1994terjadi perebutan uang oleh pengadilan, ditambah dengan perceraian, membuat Duvalier miskin. Saat ini ia tinggal di sebuah rumah kecil di Vallauris, Prancis, dan hidup dalam ketidakjelasan.

Spoiler for #5. Slobodan Milosevic:

Kepala Pemerintah: Slobodan Milosevic
Jabatan: Presiden Serbia / Yugoslavia, 1989-2000
Dituduh Menggelapkan: $300 Juta sampai $1 miliar
Pendapatan Perkapita: Tidak tersedia

Slobodan Milosevic adalah presiden Serbia 1989-1997dan Presiden Republik Federal Yugoslavia dari tahun 1997-2000. Pada tahun 2001, ia ditangkap karena korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.
Milosevic diserahkan kepada pengadilan kejahatan perang PBB di Den Haagdi mana ia didakwa dengan kejahatan terhadap kemanusiaan dan penggunaan ilegal dari $21 miliar dana pemerintah. Dia meninggal sebelum sidang berakhir.

Spoiler for #4. Sani Abacha:
Kepala Pemerintah: Sani Abacha
Jabatan: Presiden Nigeria, 1993-1998
Dituduh Menggelapkan: $2 miliar sampai $5 miliar
Pendapatan Perkapita: $319

Sani Abacha adalah kepala negara Nigeria dari 17 November 1993sampai 8 Juni 1998. Selama rezimnya, ia dan keluarganya dilaporkan telah mencuri £5 miliar dari dana pemerintah.
Abacha meninggal pada tahun 1998sementara tinggal di vilanya di Abuja. Penyebab kematian adalah serangan jantung mendadak meskipun ada laporan yang belum dikonfirmasi bahwa ia diracun.
Pada bulan Maret 2014, Amerika Serikat Departemen Kehakiman telah mengungkapkan bahwa mereka membekukan $458 jutadolar diyakini telah diakuisisi (diambil alih) secara ilegal oleh Abacha dan kelompoknya.

Spoiler for #3. Mobutu Sese Seko:
Kepala Pemerintah: Mobutu Sese Seko
Jabatan: Presiden Zaire, 1965-1997
Dituduh Menggelapkan: $5 miliar
Pendapatan Perkapita: $99

Mobutu Sese Seko menjabat sebagai presiden Republik Kongo dari tahun 1965-1997. Sementara di kantor, dia mengubah nama dari dari Kongoke Zaire pada tahun 1971.
Selama rezim diktator, ia dikenal karena nepotisme, perjalanan belanja ke Paris dan menggelapkan dana pemerintah. Dilaporkan bahwa Seko telah menggelapkan antara $4 miliarhingga $15 miliar dolar.
Bangsa ini telah mengalami inflasi yang tinggi, hutang yang berlebihan dan devaluasi mata uang. Pada tahun 1991, kerusuhan dan masalah ekonomi telah menyebabkan dia untuk berbagi kekuasaan dengan pemimpin oposisi tetapi ia menggunakan tentara untuk mencegah perubahan.
Pada Mei 1997, ia diusir dari kekuasaan oleh pasukan pemberontak. Dia meninggal di Maroko.

Spoiler for #2. Ferdinand Marcos:
Kepala Pemerintah: Ferdinand Marcos
Jabatan: Presiden Filipina, 1972-1986
Dituduh Menggelapkan: $5 miliar sampai $10 miliar
Pendapatan Perkapita: $912

Ferdinand Marcos telah menjabat sebagai presiden Filipina 1965-1986sebelum ia dilengserkan melalui revolusi kekuatan rakyat. Selama kediktatorannya, utang negaranya telah tumbuh dari $1 miliar menjadi $ 25 miliar. Dia menggunakan rekening bank luar negri untuk menyalurkan dana pemerintah ke rekening pribadinya.
Laporan menyatakan bahwa ia telah mencuri antara $5 miliarhingga $ 10 miliar dari kas negara Filipina. Kekayaannya yang didapatkan secara ilegal diperoleh oleh pengambilalihan perusahaan swasta besar, pinjaman pemerintah untuk kroni-kroninya dan suap dari perusahaan-perusahaan swasta.
Hanya $4 miliaryg berhasil diambil kembali dan ia meninggal di pengasingan di Hawaii pada tahun 1989.

Ternyata No.1 dari Indonesia
Spoiler for #1. Muhamed Soeharto:
Kepala Pemerintah: Muhamed Soeharto
Jabatan: Presiden Indonesia, 1967-1998
Dituduh Menggelapkan: $15 miliar sampai $35 miliar
Pendapatan Perkapita: $695 (2004)

Mohamed Soeharto adalah presiden Indonesia dari tahun 1967sampai tahun 1998. rezim-Nya dianggap sebagai yang paling korup di abad ke-20. Dia dan keluarganya memiliki kendali perusahaan swasta dan badan amal. Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya setelah protes besar oleh rakyat Indonesia.
Transparency Internationalmemperkirakan bahwa Suharto telah menggelapkan antara $ 15miliar (sekitar Rp. 208 triliun) hingga $ 35miliar (sekitar Rp. 486 triliun ) selama 32 tahun kekuasaannya. Pada tanggal 27 Januari 2008, ia meninggal karena komplikasi dari lemah jantung pada usia 86 tahun.
Pada bulan Desember 2010, Mahkamah Agung Indonesia telah mengumumkan bahwa mereka telah mengambil kembali $307 juta (sekitar Rp. 4,2 triliun) dari salah satu badan amal yang didirikan oleh Soeharto.


Duit sebanyak itu buat beli cendol mantap kali yah
Spoiler for Sekian thread dari ane:
Kurang lebih
ditunggu Komentarnya
Jangan lupa


Sumber : 10 Pemimpin Dunia Yang diNilai Paling Korup
Biografi : Profil.merdeka.com
hoyeeeee indonesia masuk pringkat 1...
piye enak jamanku to?
no 1 nya ngeri gan
walaupun korup yg pnting bsa peringkat satu lah ya
kata emak lakukanlah pekerjaan dg smaksimal mungkin
Balikin dong to
ya bgitu lah
Ini prestasi,
Nggak mudah untuk bisa jadi no1
Sungguh warisan yang tak akan di lupakan rakyatmu ini pak,
Sungguh 32 tahun yg sia sia hanya menghasilkan juara 1 pemimipin terkorup di dunia.
Seoharto emang paling membanggakan
Memang antek A.S.U.
kalau bisa sih bro indonesia bakalan lbih makmur tpi susah jga
Duit titipan kyak jadi duit temuan, udah ditangan ibaratnya udah jdi hak milik
Ya hrs bangga lah, namanya jg negara maling, sampe skg aja ga ada upaya serius hukum mati koruptor, kalo narkoba bisa koar2 hukum mati, krn korban sdh 4 juta, kalo korup blm berdampak seluruh endonesah ya? Seluruh endonesah blm 4 juta jiwa kan?
Memang negara maling bener2 pinter berhitung
konspirasi naruto nih

piye kabare? masih apik senyum ku toh?
hahaha ya bro sama, sama2 nilainya harus besar..
bedanya dikit kalo ranking 1 yg bysanya bsa mmbuat bahagia keluarganya tpi kalo ini bsa mmbahagiakan keluarganya
Quote:Original Posted By zoelman
Sungguh 32 tahun yg sia sia hanya menghasilkan juara 1 pemimipin terkorup di dunia.



dalam 32 tahun, 3 negara melayu: malay-indo-singa. yg paling duluan merdeka indo, tp mulai stabil ketiganya agak bareng tahun 60an. cuma yg skr ketinggalan indonesia. 32 tahun ngapain aja? kok bisa kebalap malay n Singapore, pdhl katanya lbh kaya kita

piye kabare? masih apik senyum ku toh?

beruntung Singapore gak punya harto, kalau punya pasti gak bakalan spt skr

btw ini thread bakalan tenggelam karena nasbung cuma lewat doank
gitulah bro, kurang pinter pa coba.. yg ngambil sndiri tpi yg nanggung orang banyak
Dan yg paling top di Indo, koruptor terbaik di dunia tdk di hukum, anak mantu aman, nyaman menikmati harta hasil kejahatan, bahkan ex mantunya bisa sukses jadi capres... Akrobatik hukum di Indo mantap dan terbaik di dunia... Oknum2 hakim memutus kasus sesuai pesanan si penyuap lewat makelar kasus kepercayaan oknum hakim...
hidup mbah to....
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar