Halloha kerabat Kaskus
selamat datang di thread ane selanjutnya ini
please enjoy your reading
Spoiler for cek repsol dulu gan:
Alhamdulillah dapet HT#26, suwun mimin, momod, dan kaskuser sekalian
Spoiler for bb:
Kali ini ane bakal mengajak juragan untuk membahas tentang jembatan gan sudah banyak trit di kaskus yang isinya tentang jembatan - jembatan unik, jembatan terpanjang, jembatan misterius, jembatan aneh dll. tetapi belon ada trit yang membahas tentang jenis - jenis jembatan yang di pakai di dunia (mudah- mudahan gak repost gan ) maka dari itu ane berminat unutk membuat trit ini gan, karna bisa menjadi tambahan wawasan bagi kita semua, semoga saja
Jembatan atau “Bridge” bisa dibilang merupakan salah satu karya yang mengagumkan yang dibuat manusia dari ribuan tahun silam hingga masa kini ya gan Mungkin sebagian dari kita kadang menganggap remeh pembuatan jembatan, namun kenyataanya jembatan adalah karya yang memerlukan kecerdasan tinggi Konsep fisika jelas menjadi dasar dari pembuatan jembatan. Seorang arsitek harus mengerahkan segala keilmuannya dalam mendesain sebuah jembatan diberagam jenis tempat gan. Mereka harus jeli dengan konsep bahwa bagaimana jembatan bisa tetap bertahan ratusan hingga ribuan tahun, tidak roboh karena angin dan derasnya air laut, serta dapat menanggung beban kendaraan yang melewatinya, hingga saat gempa sekalipun, jembatan tersebut masih kokoh
Setiap negara di dunia rasanya hampir tidak ada yang tidak memiliki jembatan ya gan baik itu jembatan buatan ataupun jembatan alami Hal ini dikarenakan jembatan merupakan salah satu fasilitas fundamental bagi kegiatan manusia untuk sampai pada tempat yang dituju dengan jarak lebih cepat. Seperti halnya antara dua daerah yang terpisah sungai, ataupun lautan dan pegunungan
Spoiler for jembatan:
Ada dua hal yang menjadi konsep dasar yang harus diperhatikan dalam membuat jembatan gan
yakni tegangan dan kompresi Setiap jembatan di dunia menerapkan konsep untuk mengurangi semaksimal mungkin tegangan dan kompresi tersebut agar tidak terjadi tekuk dan gertakan. mulustrasinya seperti gambar di atas gan
Dari sekian banyak jenis-jenis jembatan yang terdapat didunia, terdapat beberapa konsep desain jenis jembatan yang disesuaikan dengan medan dan hambatan lokasinya gan Terdapat empat komponen struktural utama dalam pembuatan jembatan ini diantaranya “beams (balok-balok), arches (lengkungan), trusses (gulungan) and suspensions (suspensi).”
Selanjutnya langsung aje, berikut beberapa jenis jembatan yang dibangun dan digunakan diseluruh dunia :
Spoiler for 01. Beam Bridge:
Beam Bridge atau disebut juga Jembatan Grider merupakan desain jembatan paling sederhana diantara jembatan modern saat ini gan Terdiri dari balok jalan horizontal serta ditumpu oleh balok batu yang menahan jalanan horizontal. Balok penumpu yang digunakan biasanya terbuat dari beton, dan batang baja tertanam dalam untuk menahan kekuatan ketegangan
Model jembatan ini lebih cocok untuk jarak dekat ya gan, seperti menghubungkan jalan yang terpisah sungai. Jembatan ini biasanya diperuntukan bagi jalan kereta atau penghubung antar desa yang terpisah sungai gan
Spoiler for contoh:
Jika dilihat dari konsep desainnya, beam bridge ini sering juga di temukan pada jembatan untuk menyebrangi aliran sungai yang tidak luas, yang umumnya berada di tempat rekreasi ataupun dipedesaan ya gan
Spoiler for 02. Truss Bridge:
Truss Bridge atau dikenal juga dengan Beam Bridge with Truss merupakan desain versi yang lebih kokoh dibandingkan dengan Beam Bridge gan Hal ini dikarenakan adanya Truss atau kerangka yang umumnya berbentuk tringular untuk menahan beban lebih baik seperti gambar di atas gan Desain truss biasanya varian dari segitiga, yang bisa menciptakan kedua struktur yang sangat kaku dan salah satu fungsinya mentransfer beban dari satu titik ke daerah yang jauh lebih luas sehingga tidak bertumpu pada satu titik
Spoiler for contoh:
Ini adalah salah satu jembatan Beam Bridge with Truss terpopuler di dunia saat ini gan, yaitu Ikitsuki Ōhashi Bridge yang terletak di Nagasaki, Jepang Jembatan ini selesai dibangun tahun 1991 terbentang sepanjang 400 meter yang menghubungkan pulau Iki dan Hirado. Jembatan inipun disebut sebagai jembatan yang memiliki rentang truss berkelanjutan terpanjang di dunia gan
Spoiler for 03. Arch Bridge:
Disebut Arch Bridge, karena memiliki desain melengkung setengah lingkaran layaknya sebuah panahan atau bentuk parabola gan Meskipun desain ini keliahatan lebih rumit namun dalam proses pembuatannya ternyata lebih sedikit memerlukan material bangunan dibandingkan model Beam Bridge gan yang mengagumkan dari jembatan desain berbentuk melengkung ini adalah desain ini memiliki kekuatan luar biasa bahkan lebih kuat dibandingkan Truss Bridge
Spoiler for contoh:
ini adalah jembatan New River Gorge di Fayetteville, W.Va. Amerika Serikat sono gan Jembatan ini selesai dibangun tahun 1977 dengan rentang 518 meter menyediakan link jalan melalui daerah New River Gorge National River
Sebenarnya model Arch bridge ini sudah diterapkan ribuan tahun silam ya gan, namun seiring perkembangan jaman, yang diawal penemuannya menggunakan balok batu bata, kini banyak dibuat dari beton dan baja
Spoiler for 04. Suspension Bridge:
Jembatan suspensi atau bisa disebut jembatan gantung ini adalah desain jembatan yang terdiri dari menara dan tali/kabel/rantai serta jangkar yang menjadi sebuah sistem dalam mengurangi tegangan dan kompresi gan Sesuai dengan namanya, jembatan ini menahan jalan dengan kabel, tali atau rantai dari dua menara tinggi
Dari kesemua jenis jembatan yang ada saat ini, sepertinya jembatan model Suspension Bridge merupakan jembatan paling populer dan cenderung sangat mahal gan namun dapat menghasilkan jembatan yang indah dan mengagumkan, dikarenakan dibangun diatas perairan luas. seperti di beberapa negara maju mulai dari Amerika hingga Jepang
Spoiler for contoh:
diatas adalah Golden Gate, jembatan gantung paling populer sejak kemunculannya yang diselesaikan tahun 1937 yang terletak di San Fransisco, Amerika. Jembatan inipun menjadi jembatan tertua setelah George Washington di New York yang selesai dibangun tahun 1931 gan
Dan di bawah ini dalah jembatan Akashi Strait yang selesai dibangun tahun 1998 sepanjang 1.991 meter yang menghubungkan pulau Honshu dan Shikaku di Jepang. jembatan Akashi pun saat ini masih menjadi jembatan gantung atau Suspension Bridge terpanjang di dunia gan
Spoiler for 05. Cantilever Bridge:
Sebuah jembatan Cantilever umumnya dibuat dengan tiga bentang gan, yaitu bentang luar keduanya berlabuh turun di pantai dan Cantilever di atas saluran yang akan menyeberang. Rentang tengah bersandar pada lengan Cantilever yang membentang dari rentang luar yang berfungsi membawa beban vertikal seperti pada jembatan Truss. pusing yee gan lebih gampangnya ya liatin gambar diatas gan initnya jembatan ini terbagi dalam tiga ruas yang masing2 memiliki peran untuk menahan tegangan dan kompresi
Spoiler for contoh:
ini adalah salah stau jembatan model desain Cantilever yaitu Forth Bridge yang terletak di Skotlandia, tepatnya 14 km dari pusat kota Edinburg gan, Jembatan ini dibuka pada tahun 1890 oleh Prince of Wales
Spoiler for 06. Cable-Stayed Bridge:
Sekilas desain jembatan Cable-stayed mirip dengan jembatan gantung (suspension bridge) ya gan hal ini karena sama-sama memiliki jalan yang menggantung serta dua menara
Tapi dua jembatan tersebut menopang beban jalan dengan cara yang sangat berbeda gan Perbedaannya terletak pada bagaimana kabel terhubung ke menara. Pada jembatan suspensi, kabel naik bebas melintasi menara, sedangkan di jembatan Cable-stayed, kabel melekat pada menara dan menanggung sendiri beban masih kurang jelas gan coba di baca sekali lagi pelan - pelan
jembatan model ini adalah khas dari banyak jembatan modern saat ini. Hal ini karena jembatan model ini menawarkan semua keuntungan dari jembatan gantung tetapi dengan biaya yang lebih rendah gan dalam pembuatannya pun membutuhkan kabel baja yang lebih sedikit, dan lebih cepat selesai juga dalam pembangunannya
Spoiler for contoh:
Salah satu jembatan kabel tetap yang terpanjang dan populer adalah Russky Island Bridge, yang terletak di Vladivostok, Russia gan Jembatan ini selesai dibangun tahun 2012 dengan rentang 1.104 meter, melintasi Selat Bosporus Timur Laut Jepang antara Vladivostok dan Pulau Russiky
Di Indonesia sendiri banyak jembatan di beberapa daerah yang menggunakan model jembatan ini gan
Spoiler for jembatan Indoenesia:
Jembatan suramadu gan
Jembatan Barelang yang terletak di kota Batam
Ada juga jembatan model ini di Bandung dengan nama Jembatan Pasupati, serta di Borneo ada Barito Brdige dan di Sumatera ada Ampera Bridge
Spoiler for 07. The Living Bridge:
Kalo yang ini dari namanya juga sudah pada tau yaa gan jembatan ini merupakan jembatan alami yang terbuat dari pepohonan yang merambat gan, bisa juga dari akar pohon yang merambat seperti yang terdapat di kawasan Meghalaya, India. Kawasan ini merupakan daerah dengan rentang hujan terapat di dunia, sehingga termasuk pada kawasan paling lembab dan basah. Maka tak heran jembatan alami tersebut dapat terbentuk dengan sedikit kreativitas dari warganya untuk menghubungkan tanaman merambat hingga terbentuk jembatan gan
Spoiler for jembatan alami:
Itu dia gan jenis-jenis jembatan yang ada di dunia, beberapa diantaranya sangat terkenal ya gan
Sekian juragan thread ane kali ini, semoga bisa sedikit menambah wawasan bagi kita bersama
bagi juragan yang paham soal jenis - jenis jembatan seperti di atas, boleh di share di mari ilmunya
barangkali ada juragan yang profresinya sebagai engginering, arsitektur , atau lulusan smk arsitek, atau mahasiswa jurusan arsitek atau teknih sipil, monggo di bagi ilmunya agar menambah wawasan pengunjung trit ini termasuk ane juga
Suwun juragan udah berkenan baca trit ane
maafkan bila ada kesalahan di dalamnya
di tunggu jejaknya ya gan
Spoiler for Trit Januari 2016:
hal yang harus juragan paksakan di umur 20 an keatas
ini dia juragan 7 jenis jembatan yang di bangun di dunia ! #HT26
fakta penting yang harus juragan tahu tentang si zika !!! #HT25
kado yang tak dijual di toko #HT24
pernahkah juragan mengabaikan toleransi sederhana ini? #HT23
Apakah juragan merasakan kesusahan ini akibat sariawan?
11 hutan terbesar yang kian terancam !!! #HT20
sudahkah juragan nonton 10 film science fiction menginspirasi ini ? #HT22
hal yang " wajib " di tanyakan kepada dokter ketika berobat ! #HT19
hewan hewan unik yang punah akibat manusia #HT18
8 "superhero baru " yang bakal naik daun di tahun ini ! #HT21
Bukan sianida, ternyata ini 6 zat paling berbahaya di dunia gan !
Buah - buahan ini bisa menipu juragan ! #HT16
ini dia gan 10 orang asing yang membantu kemerdekaan Indonesia !
7 manfaat jamur yang mengesankan dan mampu selamatkan bumi ! #HT13
Setujukah juragan hal ini diajarkan sejak dini di sekolah? #HT12
6 nama awal perusahaan sebelum terkenal
Sudahkah juragan tahu 20 manfaat dari air tajin?
Termasuk generasi apakah juragan? cek di mari gan ! #HT11
Sudahkah juragan tahu tentang pisang merah?
7 pelajaran yang sulit dipelajari dalam hidup
20 binatang yang bakal serem kalo beneran ada
7 hal dari game yang asyik seandainya jadi nyata #HT14
Trik cerdas mengolah buah buahan yang kecut dan sepat #HT10
Sadarkah juragan, ibu -ibu ini sudah berjasa dalam hidup agan !
Bukti orang Indonesia itu banyak "Kurang"nya
Karya Karya Mural Terbaik di Dunia
Serangga - serangga pemakan manusia !
6 kota buku di dunia #HT9
5 pegiat yang terancam digantikan oleh robot
pentingkah berfikir sebelum memposting sesuatu?
ini dia juragan 7 jenis jembatan yang di bangun di dunia ! #HT26
fakta penting yang harus juragan tahu tentang si zika !!! #HT25
kado yang tak dijual di toko #HT24
pernahkah juragan mengabaikan toleransi sederhana ini? #HT23
Apakah juragan merasakan kesusahan ini akibat sariawan?
11 hutan terbesar yang kian terancam !!! #HT20
sudahkah juragan nonton 10 film science fiction menginspirasi ini ? #HT22
hal yang " wajib " di tanyakan kepada dokter ketika berobat ! #HT19
hewan hewan unik yang punah akibat manusia #HT18
8 "superhero baru " yang bakal naik daun di tahun ini ! #HT21
Bukan sianida, ternyata ini 6 zat paling berbahaya di dunia gan !
Buah - buahan ini bisa menipu juragan ! #HT16
ini dia gan 10 orang asing yang membantu kemerdekaan Indonesia !
7 manfaat jamur yang mengesankan dan mampu selamatkan bumi ! #HT13
Setujukah juragan hal ini diajarkan sejak dini di sekolah? #HT12
6 nama awal perusahaan sebelum terkenal
Sudahkah juragan tahu 20 manfaat dari air tajin?
Termasuk generasi apakah juragan? cek di mari gan ! #HT11
Sudahkah juragan tahu tentang pisang merah?
7 pelajaran yang sulit dipelajari dalam hidup
20 binatang yang bakal serem kalo beneran ada
7 hal dari game yang asyik seandainya jadi nyata #HT14
Trik cerdas mengolah buah buahan yang kecut dan sepat #HT10
Sadarkah juragan, ibu -ibu ini sudah berjasa dalam hidup agan !
Bukti orang Indonesia itu banyak "Kurang"nya
Karya Karya Mural Terbaik di Dunia
Serangga - serangga pemakan manusia !
6 kota buku di dunia #HT9
5 pegiat yang terancam digantikan oleh robot
pentingkah berfikir sebelum memposting sesuatu?
Spoiler for Trit Serba-Serbi 2015:
Tweet kontroversial terheboh sepanjang tahun 2015#HT7
Fakta tahun 2015 yang Bikin agan berasa tua #HT4
10 video paling populer sepanjang tahun 2015
Kata kunci pak JOKOWI yang paling sering digunakan sepanjang 2015
Kejadian-kejadian musim kemarau di tahun 2015
6 Jajanan Paling Populer di tahun 2015
9 film horor terseram di tahun 2015 (berani/sudah nonton?)
Kejadian di tahun 2015 yang mungkin agan belum tahu
kejadian yang sempat heboh di tahun 2015
Fakta tahun 2015 yang Bikin agan berasa tua #HT4
10 video paling populer sepanjang tahun 2015
Kata kunci pak JOKOWI yang paling sering digunakan sepanjang 2015
Kejadian-kejadian musim kemarau di tahun 2015
6 Jajanan Paling Populer di tahun 2015
9 film horor terseram di tahun 2015 (berani/sudah nonton?)
Kejadian di tahun 2015 yang mungkin agan belum tahu
kejadian yang sempat heboh di tahun 2015
Spoiler for Mampir ke Trit ane yang lain gan:
8 tokoh yang berjasa di dunia digital Indonesia#HT8
Mungkin ini alasan maskot DRAWA mengecewakan publik
7 Aturan kesehatan yang kini berubah #HT6
Penyakit para pengguna internet (segera periksa diri agan) #HT5
Kehidupan di setetes air
Museum karya seni terburuk
Untuk para calon ortu dan yang sudah jadi ortu
Bahan Disekitar Kita Untuk Mengobati Luka Berdarah
Bahan disekitar Kita unutk Menangani Luka Bakar Ringan #HT17
Manusia Kebal Rasa Sakit #HT2
Edisi Cowok U MILD (bukan bahas rokok) #HT1
Bukan Bahas Rokok (updetan edisi cowok U MILD)
Kenangan Tahun 2000an
Desa Hantu di kaki Gunung Sinabung HT#3
Belajar arti cinta dari game super mario #HT15
Kisah Setan yang Membantu Pemuda ke Masjid
Keluarga Itu Penting Gan !!!
Macam-macam Pup dalam kesehatan
Mungkin ini alasan maskot DRAWA mengecewakan publik
7 Aturan kesehatan yang kini berubah #HT6
Penyakit para pengguna internet (segera periksa diri agan) #HT5
Kehidupan di setetes air
Museum karya seni terburuk
Untuk para calon ortu dan yang sudah jadi ortu
Bahan Disekitar Kita Untuk Mengobati Luka Berdarah
Bahan disekitar Kita unutk Menangani Luka Bakar Ringan #HT17
Manusia Kebal Rasa Sakit #HT2
Edisi Cowok U MILD (bukan bahas rokok) #HT1
Bukan Bahas Rokok (updetan edisi cowok U MILD)
Kenangan Tahun 2000an
Desa Hantu di kaki Gunung Sinabung HT#3
Belajar arti cinta dari game super mario #HT15
Kisah Setan yang Membantu Pemuda ke Masjid
Keluarga Itu Penting Gan !!!
Macam-macam Pup dalam kesehatan
~~~> KOMENG JURAGAN <~~~
Quote:Original Posted By hidayathusnul ►
dilihat dari cara menahan beban, bahan, dan seni, jadi macam2 juga model turunannya gans
sepakat gans, ane barusan cek link ini:
http://bridge.aalto.fi/en/longspan.html
jembatan cable stayed main span rekornya paling mentok 1104 meter. Lalu 30 jembatan dengan main span paling panjang didominasi suspension bridge. sayangnya jembatan ini rentan angin. dan untuk jembatan lintas laut agak merepotkan kl harus masang jangkar di tengah laut, makanya banyak jg yg make cable stayed bridge, e.g. suramadu. pengamatan ane sih gitu gans, ga pernah ane liat suspension bridge yang jangkarnya di tengah laut. cmiiw.
nih gans tambahan koleksi di trit ente:
jembatan tertinggi millau viaduct di prancis. kolongnya aja 250 meter lebih
sedikit di bawahnya millau viaduct, kochertalbrucke di jerman gans. kolongnya aja 180an meter tingginya.
matabelo
Quote:Original Posted By duadikalidua ►
teknik sosrobahu kaga masup gan? idenya dari orang indonesia tuh. bosnya ayah ane di hutama karya. namanya tjokorda raka sukawati. teknik memutar bahu lengan beton sebanyak 90 drajat. jadi ngga mengganggu lalu lintas dibawahnya (walo lalu lintas juga ngeri kalo lagi muterin lengan beton jembatanya). impoh lengkapnya tinggal googling aja. pejwan jika berkenan
Quote:Original Posted By cahkapal ►
btw gan jembatan itu dibangun dengan kekuatan 4x dari beban normal jadi semisal beban normal 30 ton diperkuat 4x menjadi 120ton CMIIW sewaktu ane ngerjain proyek fly over di deket rumah ane PELABUHAN TANJUNG MAS PELINDO III kontraktornya WIKA, WASKITA nek gak salah
Minta doanya gan/sist tahun ini target ARSITEKTUR/SIPIL UNDIP via SBMPTN passion udh disitu dan udh kepiincut sm seni bangunan dan efek dicekokin proyek babe wari kecil walaupun Pressing Grade nya gede 35%
Quote:Original Posted By doeeng46 ►
Keren keren ya gan, jadi mau kesana
Kebeteulan diindonesia juga ada tuh gan, jembatan akar di sumbar, nih penampakannya.
Quote:Original Posted By naurranaurr ►
ini yang bakal ane pelajarin beberapa smester lagi gan
dan tentunya desain jembatan gak cuma pake arsitek aja gan, engineer juga diperlukan
Quote:Original Posted By brotoqtoyy ►
sorry gan arsitek itu hanya mendesain model jembatan aja, yg menghitung konsep fisika, kekuatan dan kestabilan jembatan saat ada gempa, banjir dll itu civil engineering bukan arsitek
Quote:Original Posted By burhanubur ►
Jembatan gentala arasy di jambi, tempat tinggal ane masuk di no 06. Cable-Stayed Bridge
Quote:Original Posted By lebenkcundy ►
Quote:Original Posted By pok3em0n ►
Jembatan penyembrangan mgkin salah satu konsep yg sering ditinggalkan.. ^^ditinggalin sma penyebrang jalanan yg senangnya nyebrang dibawah jembatan^^
Quote:Original Posted By ukok ►
Manta thread-nya, jadi tahu kalau yang di bandung jembatan pasupati masuknya ke jembatan type cable-stayed
Quote:Original Posted By ardiologi ►
seinget ane, jembatan citarum di daerah cipatat, padalarang pake sistem arc karena jurangnya dalem sehingga ga perlu bikin tiang sangga yg tinggi nan mahal
cmiiw
Quote:Original Posted By twisctre ►
Model jembatan truss itu sangat legend di jalur pantura kalo ketemu sungai gede kayak cisadane, citarum, dll. Yang heboh tentu aja jembatan batas subang sm indramayu dengan penyapu uang dan jembatan comal ambrol pas musim mudik
Sekarang kisah penyapu uang rada hilang dgn adanya tol cipali.
Konon dari jaman belanda itu bos
Biasanya jembatan tambahan seiring pelebaran jalan pake beam, keliatan abis
Quote:Original Posted By calvinmoses ►
ini mau bikin jembatan harus pinter gan
jadi ada ilmu fisikanya, gimana caranya biar jembatannya ga roboh
Quote:Original Posted By capt10 ►
pusing juga sama istilah dan penjelasan yang dijabarkan TS, mesti pelan dan fokus nih cernanya, tapi ane kagum sama teknologi yang diterapkan untuk pembuatan jembatan-jembatan diatas. masih terpesona ane sama suspension bridge
Quote:Original Posted By ramabb304 ►
Jembatan kereta api di Cisomang, termasuk Arch Bridge nih gan..
Quote:Original Posted By silviars ►
eh gan, ada lagi tuh jembatan yang di luar negeri bisa buka tutup kalo pas ada kapal lewat. jembatan apa itu gan ? kaga masuk disini
Quote:Original Posted By Jackasaja ►
Jembatan ampera ga bisa dibilang cable stayed juga gan, soalnya bagian tengah jembatan pada awal dibangun itu bisa diangkat ketika kapal2 besar lewat.
Sejak tahun 90an hidraulik pengangkatnya udah dilepas, karna kedalaman sungai yg makin dangkal dan sudah tidak pernah lagi dilewati kapal muatan besar.
Kalo agan sempat coba deh main ke Palembang, lumayan kulinernya
Ane juga ga tau masuk ke kelas mana itu jembatan :
Quote:Original Posted By pnonton666 ►
brhubung ane gk ngerti mslh teknik,arsitekur,kontruksi dan apalah namanya yg jelas angkat topi tinggi2 deh buat mrka para ahlinya.
sngt berjasa bagi khidupan manusia
ane komentari yg no 7 saja.
hmm..stlh ane trawang nampaknya jmbtan itu udh ada pnghuninya gan,hati2 wajib klakson atw bersiul klo lwat situ.
Quote:Original Posted By Jackasaja ►
Ini gan kira2 penampakan jembatan Ampera ketika masi berfungsi penuh.
Quote:Original Posted By OlwinOsazi ►
ane demen info beginian, negara negara maju itu menciptakan sendiri desain jembatan buat identitas negara atau kota. ya kayak jembatan jenis suspension bridge di san fransisco, itu biaya bikinnya mahal banget dan perawatannya ga sembarangan, karna menggunakan kawat kawat besi yang mudah berkarat jadi harus dicat terus gan padahal mereka bisa bikin yang lebih murah macam jembatan suramadu, tapi ya beda jaman juga bikinnya, kalo suramadu mah jaman modern ya itulah negara maju mereka buat jembatan dengan keindahan buat tempat iconic negara atau kota.
Quote:Original Posted By handitoA7x ►
wiihh jenis jenis jembatan yang gan..
eh kalo ini teh jenis jembatan apa ya gaannn ??
Quote:Original Posted By hidayathusnul ►
dilihat dari cara menahan beban, bahan, dan seni, jadi macam2 juga model turunannya gans
sepakat gans, ane barusan cek link ini:
http://bridge.aalto.fi/en/longspan.html
jembatan cable stayed main span rekornya paling mentok 1104 meter. Lalu 30 jembatan dengan main span paling panjang didominasi suspension bridge. sayangnya jembatan ini rentan angin. dan untuk jembatan lintas laut agak merepotkan kl harus masang jangkar di tengah laut, makanya banyak jg yg make cable stayed bridge, e.g. suramadu. pengamatan ane sih gitu gans, ga pernah ane liat suspension bridge yang jangkarnya di tengah laut. cmiiw.
nih gans tambahan koleksi di trit ente:
jembatan tertinggi millau viaduct di prancis. kolongnya aja 250 meter lebih
sedikit di bawahnya millau viaduct, kochertalbrucke di jerman gans. kolongnya aja 180an meter tingginya.
matabelo
Quote:Original Posted By duadikalidua ►
teknik sosrobahu kaga masup gan? idenya dari orang indonesia tuh. bosnya ayah ane di hutama karya. namanya tjokorda raka sukawati. teknik memutar bahu lengan beton sebanyak 90 drajat. jadi ngga mengganggu lalu lintas dibawahnya (walo lalu lintas juga ngeri kalo lagi muterin lengan beton jembatanya). impoh lengkapnya tinggal googling aja. pejwan jika berkenan
Quote:Original Posted By cahkapal ►
btw gan jembatan itu dibangun dengan kekuatan 4x dari beban normal jadi semisal beban normal 30 ton diperkuat 4x menjadi 120ton CMIIW sewaktu ane ngerjain proyek fly over di deket rumah ane PELABUHAN TANJUNG MAS PELINDO III kontraktornya WIKA, WASKITA nek gak salah
Minta doanya gan/sist tahun ini target ARSITEKTUR/SIPIL UNDIP via SBMPTN passion udh disitu dan udh kepiincut sm seni bangunan dan efek dicekokin proyek babe wari kecil walaupun Pressing Grade nya gede 35%
Quote:Original Posted By doeeng46 ►
Keren keren ya gan, jadi mau kesana
Kebeteulan diindonesia juga ada tuh gan, jembatan akar di sumbar, nih penampakannya.
Quote:Original Posted By naurranaurr ►
ini yang bakal ane pelajarin beberapa smester lagi gan
dan tentunya desain jembatan gak cuma pake arsitek aja gan, engineer juga diperlukan
Quote:Original Posted By brotoqtoyy ►
sorry gan arsitek itu hanya mendesain model jembatan aja, yg menghitung konsep fisika, kekuatan dan kestabilan jembatan saat ada gempa, banjir dll itu civil engineering bukan arsitek
Quote:Original Posted By burhanubur ►
Jembatan gentala arasy di jambi, tempat tinggal ane masuk di no 06. Cable-Stayed Bridge
Quote:Original Posted By lebenkcundy ►
Quote:Original Posted By pok3em0n ►
Jembatan penyembrangan mgkin salah satu konsep yg sering ditinggalkan.. ^^ditinggalin sma penyebrang jalanan yg senangnya nyebrang dibawah jembatan^^
Quote:Original Posted By ukok ►
Manta thread-nya, jadi tahu kalau yang di bandung jembatan pasupati masuknya ke jembatan type cable-stayed
Quote:Original Posted By ardiologi ►
seinget ane, jembatan citarum di daerah cipatat, padalarang pake sistem arc karena jurangnya dalem sehingga ga perlu bikin tiang sangga yg tinggi nan mahal
cmiiw
Quote:Original Posted By twisctre ►
Model jembatan truss itu sangat legend di jalur pantura kalo ketemu sungai gede kayak cisadane, citarum, dll. Yang heboh tentu aja jembatan batas subang sm indramayu dengan penyapu uang dan jembatan comal ambrol pas musim mudik
Sekarang kisah penyapu uang rada hilang dgn adanya tol cipali.
Konon dari jaman belanda itu bos
Biasanya jembatan tambahan seiring pelebaran jalan pake beam, keliatan abis
Quote:Original Posted By calvinmoses ►
ini mau bikin jembatan harus pinter gan
jadi ada ilmu fisikanya, gimana caranya biar jembatannya ga roboh
Quote:Original Posted By capt10 ►
pusing juga sama istilah dan penjelasan yang dijabarkan TS, mesti pelan dan fokus nih cernanya, tapi ane kagum sama teknologi yang diterapkan untuk pembuatan jembatan-jembatan diatas. masih terpesona ane sama suspension bridge
Quote:Original Posted By ramabb304 ►
Jembatan kereta api di Cisomang, termasuk Arch Bridge nih gan..
Quote:Original Posted By silviars ►
eh gan, ada lagi tuh jembatan yang di luar negeri bisa buka tutup kalo pas ada kapal lewat. jembatan apa itu gan ? kaga masuk disini
Quote:Original Posted By Jackasaja ►
Jembatan ampera ga bisa dibilang cable stayed juga gan, soalnya bagian tengah jembatan pada awal dibangun itu bisa diangkat ketika kapal2 besar lewat.
Sejak tahun 90an hidraulik pengangkatnya udah dilepas, karna kedalaman sungai yg makin dangkal dan sudah tidak pernah lagi dilewati kapal muatan besar.
Kalo agan sempat coba deh main ke Palembang, lumayan kulinernya
Ane juga ga tau masuk ke kelas mana itu jembatan :
Quote:Original Posted By pnonton666 ►
brhubung ane gk ngerti mslh teknik,arsitekur,kontruksi dan apalah namanya yg jelas angkat topi tinggi2 deh buat mrka para ahlinya.
sngt berjasa bagi khidupan manusia
ane komentari yg no 7 saja.
hmm..stlh ane trawang nampaknya jmbtan itu udh ada pnghuninya gan,hati2 wajib klakson atw bersiul klo lwat situ.
Quote:Original Posted By Jackasaja ►
Ini gan kira2 penampakan jembatan Ampera ketika masi berfungsi penuh.
Quote:Original Posted By OlwinOsazi ►
ane demen info beginian, negara negara maju itu menciptakan sendiri desain jembatan buat identitas negara atau kota. ya kayak jembatan jenis suspension bridge di san fransisco, itu biaya bikinnya mahal banget dan perawatannya ga sembarangan, karna menggunakan kawat kawat besi yang mudah berkarat jadi harus dicat terus gan padahal mereka bisa bikin yang lebih murah macam jembatan suramadu, tapi ya beda jaman juga bikinnya, kalo suramadu mah jaman modern ya itulah negara maju mereka buat jembatan dengan keindahan buat tempat iconic negara atau kota.
Quote:Original Posted By handitoA7x ►
wiihh jenis jenis jembatan yang gan..
eh kalo ini teh jenis jembatan apa ya gaannn ??
Spoiler for tebak:
jembatan suramadu gan keren
Jembatan kereta api biasa nya pake model truss bride bray
Keren keren ya gan, jadi mau kesana
Kebeteulan diindonesia juga ada tuh gan, jembatan akar di sumbar, nih penampakannya.
Kebeteulan diindonesia juga ada tuh gan, jembatan akar di sumbar, nih penampakannya.
Keren" nih jembatannya
Jembatan ancol gaada gan
Quote:Original Posted By blackfire666 ►
Jembatan kereta api biasa nya pake model truss bride bray
untuk sekarang emnag lebih bervariasi gan
ada yang pake truss bridge ada juga yg pake beam bridge
kali diliat dari model jaman dulu sih, kayaknya beam bridge duluan yang banyak dipake
maaf kalo salah
Jembatan kereta api biasa nya pake model truss bride bray
untuk sekarang emnag lebih bervariasi gan
ada yang pake truss bridge ada juga yg pake beam bridge
kali diliat dari model jaman dulu sih, kayaknya beam bridge duluan yang banyak dipake
maaf kalo salah
Jembatan Ampera dulu bisa naik turun tuh. Kata babe ane
mudah mudahan calon HT
Suramadu bling bling
awas da simanis
cina tuh banyak jembatan yg panjang2...
ini yang bakal ane pelajarin beberapa smester lagi gan
dan tentunya desain jembatan gak cuma pake arsitek aja gan, engineer juga diperlukan
dan tentunya desain jembatan gak cuma pake arsitek aja gan, engineer juga diperlukan
paling keren jembatan alami
bikin jwmbatan anti maho, cepet
ane bantu rate5 aja deh bree
Baru tau ane bleeh kalo jembatan ada jenis2nya juga, kayak batu akik aja bleeh
Jembatan Suramadu
Via: Kaskus.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar