Pages


Jumat, 05 Februari 2016

3 Wanita ini Menaklukan Gunung Tertinggi Di Luar Benua Asia

Wahhh sekarang perempuan Indonesia tuh hebat-hebat banget gan.. Ketiga wanita yang juga mahasiswi dan anggota pecinta alam Mahitala Universitas Parahyangan ini lagi berusaha untuk naklukin tujuh puncak gunung paling tinggi di dunia. Dan baru-baru ini ketiga perempuan ini berhasil meluluhkan Puncak Gunung Aconcagua yang merupakan puncak tertinggi di luar benua Asia.. Mantaappp.. Maju terus pantang mundur para srikandi penakluk puncak gunung



Quote:Tiga mahasiswi dari Universitas Parahyangan (Unpar), yang terdiri dari Fransiska Dmitri Inkiriwang (22), Mathilda Dwi Lestari (22), dan Dian Indah Carolina (20) tergabung dalam Tim The Women of Indonesia's Seven Summits Expedition Mahitala Unpar (WISSEMU), mempunyai tujuan untuk menaklukan Seven Summit yang merupakan tujuh puncak gunung tertinggi di dunia. Pada tahun 2014 lalu, tim ini sudah berhasil menaklukan Puncak Gunung Carstesz atau Puncak Jaya. Dan pada tahun 2015, Puncak Elbrus di Rusia dan Puncak Kilimanjoro di Tanzania ikut ditaklukan oleh para pendaki ini. Dan diawal tahun ini puncak Aconcagua berhasil mereka gapai puncaknya.



Tim Komunikasi WISSEMU Alfons Hartanto menjelaskan, ketiga wanita ini sampai di puncak Aconcagua pada ketinggian 6.962 meter di atas permukaan laut pukul 17.45 waktu setempat atau Minggu (31/1) pukul 03.45 WIB. "Tim memulai perjalanan ke Argentina pada 11 Januari 2016 dan akhirnya mencapai Puncak Aconcagua pada 30 Januari 2016 waktu setempat. Awal pendakian dilakukan pukul 04.30 waktu setempat (14.30 WIB), tim menempuh perjalanan lebih dari 12 jam untuk tiba di puncak," ujar Alfons, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya.

Pendakian yang dilakukan Tim WISSEMU mengambil jalur normal. Pada jalur ini berarti Tim WISSEMU melalui base camp Plaza De Mulas (4.250 mdpl) untuk beristirahat dan memilah logistik dari tanggal 20 Januari 2016. Lima hari kemudian dilanjutkan ke Plaza Canada (4.900 mdpl). Tanggal 26 lanjut ke Nido De Condores (5.400 mdpl). "Tanggal 29 meneruskan ke Refugio Berlin (5.930 mdpl), baru kemudian berangkat ke Puncak Aconcagua," katanya lagi.



Tim memulai perjalanan dari camp Berlin (5.930 mdpl) pukul 04.30 waktu setempat , dibutuhkan waktu lebih dari 12 jam untuk mencapai puncak. Pada perjalanan menuju puncak pada ketinggian +/- 6.300 mdpl, Dian Indah Carolina (Caro) diputuskan untuk tidak melanjutkan pendakian karena mengalami gangguan kesehatan dan diharuskan kembali ke camp 3 untuk memulihkan kondisi fisik yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan summit attack.

Sebuah keputusan berat yang harus diambil mengingat keselamatan personil pendaki adalah hal yang utama dan sangat penting. Maka dari titik ini pendakian hanya dilanjutkan oleh Fransiska Dimittri (Deedee) dan Mathilda Dwi Lestari (Hilda).

Sesampainya di base camp Plaza de Mulas (Senin, 1 Februari 2016 sekitar pukul 20.00 waktu setempat) tim baru bisa mengabarkan dengan detail kepada tim di Bandung mengenai keadaan di sana melalui internet. Tim menceritakan panjangnya jalur menuju puncak dan curamnya tanjakan yang harus mereka hadapi.

Hambatan yang harus dihadapi tim seperti jalur traverse sepanjang +/- 500 meter yang langsung disusul tanjakan terjal Canaleta (6.600 mdpl) sebelum Puncak Aconcagua. Tantangan dalam perjalanan ini masih ditambah dengan angin yang bertiup kencang dalam perjalanan. Ucap syukur adalah hal yang dilakukan oleh Tim WISSEMU ketika mencapai Puncak Aconcagua. Tetapi sayang, waktu tetap berjalan dan mereka harus segera turun untuk kembali ke camp Berlin.

Kekhawatiran utama dalam pendakian menuju “atap” Argentina ini adalah cuaca yang sangat cepat berubah dengan angin yang tiba-tiba dapat bertiup dengan sangat kencang. Oleh karena itu mereka tidak dapat berlama-lama di Puncak Aconcagua, walaupun matahari di Amerika Selatan terbenam pada pukul delapan malam. Perjalanan turun menuju camp Berlin juga tergolong tidak mudah, banyak jalur-jalur sulit yang harus mereka lalui kembali dan bertambah sulit ketika digunakan untuk berjalan turun.



Alfons mengungkapkan, tim akan pulang ke Jakarta dari Buenos Aires, Argentina pada 5 Februari 2016. Mereka pun akan langsung merencnakan pendakian selanjutnya sekembalinya di Bandung. "Kondisi semua anggota tim sehat," imbuh Alfons.

Tim putri pendaki gunung ini juga mengungkapkan rasa syukurnya, "Puji dan syukur atas keberhasilan tim mencapai Puncak Aconcagua, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang mau terlibat dan memberikan supportnya terutama kepada pihak kampus Universitas Katolik Parahyangan yang menjadi sponsor tunggal dalam perjalanan ke Gunung Aconcagua ini," ungkapnya.







Wahh makin membanggakan aja ya para wanita Indonesia ini.. Mereka berhasil menaklukan gunung-gunung tertinggi yang ada di dunia ini. Semoga aja mereka terus mendaki dan berhasil menaklukan semua gunung-gunung tinggi yang ada di dunia ini dan membagikan pengalamannya kepada banyak masyarakat. Dan Bendera Indonesia dapat terus berkibar di seluruh puncak gunung tertinggi di dunia.. Tetap maju dan menggapai Puncak Putra Putri Indonesia


Sumur 1
Sumuur 2
Sumuurrr 3
Sumuuuurrrr 4
semoga bisa menaklukan everest
wewww mancappp...
kelaaaas! ini wanita super broooh


calon HT gak ya?
salut ane aja paling tinggi baru semeru
Ini baru orang2 yg berzihad demi keharuman nama bangsa n negara
Beda sama zihad ala cingkranger yg bikin malu bangsa n negara
Yang penting ada sponsor... selesai sudah masalahnya
Cantik2 gan
gokil bgt, semoga bisa jadi contoh buat generasi-generasi ababil yang bisanya cuman cengkrek2 sambil ngerusak alam
Cewek-cewek tangguh dari indonesia... Mantablah

Mejjeng di pegwan
perjuangan buat bisa seven summit berat bgt pastinya gan
salut sama 3 pendaki putri ini
semoga bisa lancar
klo udah ditaklukin terus mau diapain gan gunungnya
Pageone
keren gan ane mah boro boro
keren gan
Apa manfaat bagi bangsa dan negara? Gue bakal gagal paham apabila sampe ada kalimat "mengarumkan nama bangsa". Kalau ada yg mati saat mendaki apa bisa dibilang "menaklukkan"?
Masih muda2 bgt gan. Kerenn!!
selalu mantau di sosmed perjalanan 3 wanita hebat ini .. semoga dapat sampai di puncak - puncak impian berikutnya. Kalian inspirasi para wanita !


salam wanitagunung ✌ *eeharusnya 3 jari*
Aplah daya diriku yang baru naek gunung gede pangrango
wooww,,strong women
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar