Selamat datang di Thread ane gan
Alhamdulillah, Hot Thread keduax ane makasih mimin, momod, dan all kaskuser
Selamat siang agan sekalian, kali ini ane mau share tentang kereta api terpanjang gan, baik itu rute/relasi mau pun rangkaiannya, beberapa waktu sebelumnya sudah pernah ada yg share tapi hanya 1 KA aja yg di share, mungkin kali ini ane mau melengkapinya hehehe langsung cek dibawah ya gan
Kereta api Krakatau Ekspres adalah kereta api ekonomi AC milik PT Kereta Api Indonesia dengan tujuan Merak-Kediri lewat Madiun yang merupakan KA Penumpang dangan jarak tempuh terpanjang yaitu 925 km. Kereta api Krakatau Ekspres diresmikan pada hari Rabu, 24 Juli 2013 Di Stasiun Merak, menjelang musim mudik lebaran 2013, Merupakan KA ekonomi Kelima di Indonesia yang dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara (AC) setelah Menoreh.
Kereta api yang merupakan produksi PT Inka ini mulanya melayani rute Merak-Madiun, dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Merak pukul 08.45 dan pukul 08.40 dari Stasiun Madiun. Stamformasi KA Krakatau Ekspres adalah 8-9 K3 AC, 1 MP3 serta 2 kereta aling-aling ekonomi/bisnis. Harga tiket Krakatau Ekspres pada awal pembukaan adalah Rp300.000,00 untuk lintas Merak - Kediri, dan Rp30.000,00 untuk Merak-Pasarsenen.
Kereta api ini adalah satu-satunya kereta api di Pulau Jawa yang melewati semua provinsi di pulau Jawa ditambah satu daerah istimewa, yaitu provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, ditambah satu daerah istimewa: Daerah Istimewa Yogyakarta. Kereta api ini juga merupakan satu-satunya kereta kelas ekonomi yang berhenti di Stasiun Cirebon Kejaksan.
Kereta api Indocement adalah kereta api jenis barang yang mengangkut semen milik Indocement Tunggal Prakarsa, sebagai wujud kerja sama antara Indocement dengan PT Kereta Api Indonesia. Kereta api ini adalah salah satu dari beberapa kereta api angkutan semen di Indonesia.
Kereta api semen Indocement mulai beroperasi pada tahun 2012 dengan rute pertamanya, yaitu Arjawinangun-Purwokerto. Sejak itu, rute kereta api ini terus bertambah dan bertambah hingga sekarang. Supaya tidak menganggu perjalanan kereta api penumpang, kereta api ini biasanya dijalankan saat malam hari. Karena Indocement mempunyai pabrik di Palimanan dan Citeureup, maka mereka menggunakan kereta api karena pabrik mereka terletak tak jauh dariStasiun Arjawinangun dan Stasiun Nambo. Dengan beroperasi kereta api ini, kemacetan di Jalan Pantura dapat dikurangi.
Kereta api barang ini mempunyai berberapa rute di Pulau Jawa, diantaranya:
• Nambo-Kalimas
• Nambo-Banyuwangi Baru
• Karangtalun-Brambanan
• Nambo-Semarang Poncol
• Arjawinangun-Brambanan
• Arjawinangun-Purwokerto
• Arjawinangun-Karangtalun
• Arjawinangun-Cirebon Prujakan
• Brambanan-Jombang
• Jombang-Nambo
• Malang Kota Lama-Arjawinangun
Rute kereta api Nambo-Banyuwangi Baru adalah rute kereta api barang terpanjang yang pernah dioperasikan oleh PT KAI, dengan panjang rute mencapai 1060 km dan lama rute mencapai 23 jam. Selain rute-rute ini, Rute Malang Kota Lama-Arjawinangun adalah rute kereta api yang melewati Viaduct Gubeng-Pasar Turi dan melewati Jalur Selatan yang sudah beroperasi bulan Agustus 2014 tempuh 1.350 km selama 13 jam (via Viaduct Gubeng-Pasar Turi), dan jam (via Jalur Selatan) .
Kereta api Kertajaya adalah rangkaian kereta api kelas ekonomi AC PSO unggulan milik PT Kereta Api Indonesia yang menjadi andalan dengan relasi Pasarsenen - Surabaya Pasarturi. Sepanjang perjalanannya, KA Kertajaya melintasi jalur utara pulau Jawa.
Untuk rangkaian regular KA ini hanya terdiri dari 8 rangkaian kereta kelas ekonomi AC split (K3-AC), 1 kereta makan pembangkit (KMP3), dan 1 gerbong bagasi (B). Namun tersedia pula kereta api Kertajaya rangkaian panjang yang dioperasikan sebagai tambahannya dengan kapasitas lebih dari 1400 tempat duduk dan dioperasikan mulai Desember 2015. Stamformasi rangkaian terdiri dari 1 KMP3 + 14 kereta kelas ekonomi AC PSO (K3) + 1 MP2 + Lokomotif CC206 batch 2.
Berangkat setiap hari Jumat pukul 23.15 relasi Pasar Senen-Surabaya Pasarturi dan tiap hari Minggu pukul 22.00 relasi Surabaya Pasarturi-Pasar Senen. Saat ini KA Kertajaya Tambahan merupakan KA penumpang dengan rangkaian terpanjang di Indonesia.
Nah, itu gan 4 macam kereta api dengan rute atau rangkaiannya terpanjang di Indonesia yang berhasil ane rangkum
buat agan Dandy Aditya dan mas Probo, ane pinjem potonya ya
kritik, saran, dan komentar sangat diperlukan gan
Jangan lupa rate dan cendolnya gan
Spoiler for Hot Thread:
Alhamdulillah, Hot Thread keduax ane makasih mimin, momod, dan all kaskuser
Spoiler for cek repost:
Selamat siang agan sekalian, kali ini ane mau share tentang kereta api terpanjang gan, baik itu rute/relasi mau pun rangkaiannya, beberapa waktu sebelumnya sudah pernah ada yg share tapi hanya 1 KA aja yg di share, mungkin kali ini ane mau melengkapinya hehehe langsung cek dibawah ya gan
Spoiler for 1. Kereta Api Babaranjang:
Kereta api batu bara rangkaian panjang (Babaranjang) adalah kereta api jenis barang yang mengangkut batu bara milik PT Tambang Batubara Bukit Asam, sebagai wujud kerja sama antara Bukit Asam dengan PT Kereta Api Indonesia. Kereta api ini diluncurkan sebagai realisasi proyek Kelompok Proyek Pengembangan Pengangkutan Batu Bara Kereta Api (KP3BAKA), dan pada akhirnya, kereta api disepakati sebagai angkutan utama batu bara relasi Tanjungenim-Tarahan yang sekarang dikenal dengan sebutan Babaranjang.
KA Babaranjang merupakan KA Barang dengan rangkaian terpanjang di Indonesia, Frekuensi rata-rata Kereta Babaranjang adalah 40 kali dengan relasi Tanjungenim Baru-Tarahan pergi-pulang (pp) per hari. Setiap satu rangkaian Kereta Babaranjang ini biasanya memerlukan dua lokomotif untuk menggerakkan rangkaian sebab panjang dan beratnya.
Berdasarkan jumlah gerbong yang ditarik dalam satu rangkaian, babaranjang dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu untuk BBR Reguler 2 Lokomotif CC 202 / CC 204 dengan jumlah gerbong 40 hingga 50 gerbong terbuka, dan BBR Super 2 Lokomotif CC 205 / 3 Lokomotif CC 202 dengan jumlah gerbong 60 hingga 70 gerbong terbuka. KA Babaranjang ini menempuh jarak sejauh 420 km dengan relasi Tanjungenim Baru hingga Tarahan.
Pernah di share juga sama agan badlizard disini http://www.kaskus.co.id#...8b46ca7b00000b
KA Babaranjang merupakan KA Barang dengan rangkaian terpanjang di Indonesia, Frekuensi rata-rata Kereta Babaranjang adalah 40 kali dengan relasi Tanjungenim Baru-Tarahan pergi-pulang (pp) per hari. Setiap satu rangkaian Kereta Babaranjang ini biasanya memerlukan dua lokomotif untuk menggerakkan rangkaian sebab panjang dan beratnya.
Berdasarkan jumlah gerbong yang ditarik dalam satu rangkaian, babaranjang dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu untuk BBR Reguler 2 Lokomotif CC 202 / CC 204 dengan jumlah gerbong 40 hingga 50 gerbong terbuka, dan BBR Super 2 Lokomotif CC 205 / 3 Lokomotif CC 202 dengan jumlah gerbong 60 hingga 70 gerbong terbuka. KA Babaranjang ini menempuh jarak sejauh 420 km dengan relasi Tanjungenim Baru hingga Tarahan.
Spoiler for BBR Reguler yang ditarik 2 Loko CC 202:
Spoiler for BBR Super yang ditarik 2 Loko CC 205:
Pernah di share juga sama agan badlizard disini http://www.kaskus.co.id#...8b46ca7b00000b
Spoiler for 2. Kereta Api Krakatau:
Kereta api Krakatau Ekspres adalah kereta api ekonomi AC milik PT Kereta Api Indonesia dengan tujuan Merak-Kediri lewat Madiun yang merupakan KA Penumpang dangan jarak tempuh terpanjang yaitu 925 km. Kereta api Krakatau Ekspres diresmikan pada hari Rabu, 24 Juli 2013 Di Stasiun Merak, menjelang musim mudik lebaran 2013, Merupakan KA ekonomi Kelima di Indonesia yang dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara (AC) setelah Menoreh.
Kereta api yang merupakan produksi PT Inka ini mulanya melayani rute Merak-Madiun, dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Merak pukul 08.45 dan pukul 08.40 dari Stasiun Madiun. Stamformasi KA Krakatau Ekspres adalah 8-9 K3 AC, 1 MP3 serta 2 kereta aling-aling ekonomi/bisnis. Harga tiket Krakatau Ekspres pada awal pembukaan adalah Rp300.000,00 untuk lintas Merak - Kediri, dan Rp30.000,00 untuk Merak-Pasarsenen.
Spoiler for Kereta Api Krakatau berangkat Stasiun Parung Panjang:
Spoiler for 3. Kereta Api Indocement:
Kereta api Indocement adalah kereta api jenis barang yang mengangkut semen milik Indocement Tunggal Prakarsa, sebagai wujud kerja sama antara Indocement dengan PT Kereta Api Indonesia. Kereta api ini adalah salah satu dari beberapa kereta api angkutan semen di Indonesia.
Kereta api semen Indocement mulai beroperasi pada tahun 2012 dengan rute pertamanya, yaitu Arjawinangun-Purwokerto. Sejak itu, rute kereta api ini terus bertambah dan bertambah hingga sekarang. Supaya tidak menganggu perjalanan kereta api penumpang, kereta api ini biasanya dijalankan saat malam hari. Karena Indocement mempunyai pabrik di Palimanan dan Citeureup, maka mereka menggunakan kereta api karena pabrik mereka terletak tak jauh dariStasiun Arjawinangun dan Stasiun Nambo. Dengan beroperasi kereta api ini, kemacetan di Jalan Pantura dapat dikurangi.
Kereta api barang ini mempunyai berberapa rute di Pulau Jawa, diantaranya:
• Nambo-Kalimas
• Nambo-Banyuwangi Baru
• Karangtalun-Brambanan
• Nambo-Semarang Poncol
• Arjawinangun-Brambanan
• Arjawinangun-Purwokerto
• Arjawinangun-Karangtalun
• Arjawinangun-Cirebon Prujakan
• Brambanan-Jombang
• Jombang-Nambo
• Malang Kota Lama-Arjawinangun
Rute kereta api Nambo-Banyuwangi Baru adalah rute kereta api barang terpanjang yang pernah dioperasikan oleh PT KAI, dengan panjang rute mencapai 1060 km dan lama rute mencapai 23 jam. Selain rute-rute ini, Rute Malang Kota Lama-Arjawinangun adalah rute kereta api yang melewati Viaduct Gubeng-Pasar Turi dan melewati Jalur Selatan yang sudah beroperasi bulan Agustus 2014 tempuh 1.350 km selama 13 jam (via Viaduct Gubeng-Pasar Turi), dan jam (via Jalur Selatan) .
Spoiler for 4. Kereta Api Kertajaya Rangkaian Panjang:
Spoiler for kertajaya rangkaian panjang, pic by: Dandy Aditya:
Kereta api Kertajaya adalah rangkaian kereta api kelas ekonomi AC PSO unggulan milik PT Kereta Api Indonesia yang menjadi andalan dengan relasi Pasarsenen - Surabaya Pasarturi. Sepanjang perjalanannya, KA Kertajaya melintasi jalur utara pulau Jawa.
Untuk rangkaian regular KA ini hanya terdiri dari 8 rangkaian kereta kelas ekonomi AC split (K3-AC), 1 kereta makan pembangkit (KMP3), dan 1 gerbong bagasi (B). Namun tersedia pula kereta api Kertajaya rangkaian panjang yang dioperasikan sebagai tambahannya dengan kapasitas lebih dari 1400 tempat duduk dan dioperasikan mulai Desember 2015. Stamformasi rangkaian terdiri dari 1 KMP3 + 14 kereta kelas ekonomi AC PSO (K3) + 1 MP2 + Lokomotif CC206 batch 2.
Spoiler for kertajaya rangkaian panjang, pic by: Probo Adi Kesumo:
Berangkat setiap hari Jumat pukul 23.15 relasi Pasar Senen-Surabaya Pasarturi dan tiap hari Minggu pukul 22.00 relasi Surabaya Pasarturi-Pasar Senen. Saat ini KA Kertajaya Tambahan merupakan KA penumpang dengan rangkaian terpanjang di Indonesia.
Nah, itu gan 4 macam kereta api dengan rute atau rangkaiannya terpanjang di Indonesia yang berhasil ane rangkum
buat agan Dandy Aditya dan mas Probo, ane pinjem potonya ya
kritik, saran, dan komentar sangat diperlukan gan
Jangan lupa rate dan cendolnya gan
Spoiler for tambahan untuk KRL terpanjang dari agan ini:
Quote:Original Posted By twisctre►
Krakatau ekspres suka liat di stasiun duri. Ini enaknya penumpang tangerang, mau naik kereta ke barat cuma tap out commuter line doang trus beli tiket di luar st Duri
Btw rangkaian KRL SF12 ga masuk, salah satu kereta komuter terpanjang di dunia. Kereta komuter di luar paling banter 10 gerbong termasuk jepang. Rencana malah mau nambah jd 16 gerbong!
Krakatau ekspres suka liat di stasiun duri. Ini enaknya penumpang tangerang, mau naik kereta ke barat cuma tap out commuter line doang trus beli tiket di luar st Duri
Btw rangkaian KRL SF12 ga masuk, salah satu kereta komuter terpanjang di dunia. Kereta komuter di luar paling banter 10 gerbong termasuk jepang. Rencana malah mau nambah jd 16 gerbong!
Spoiler for Tambahan dari agan ini:
Quote:Original Posted By cahyowahyu4869►
Saran untuk TS, sebaiknya diperjelas di judul baru menyebutkan nama KA-nya kayak gini
Untuk kereta api terpanjang rangkaiannya sekarang di Indonesia, khususnya Sumbagsel bukan monopoli si Babaranjang lagi gan, ada KA Batubara Sukacinta sekarang pakai double CC204 + 50-60 Gerbong Datar Kontainer Batubara.
https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta...bara_Sukacinta
Masukin page one ya TS
Quote:Original Posted By -kukur- ►
ane tambahin ye gan
ni kereta yang bikin ane penasaran pengen nyoba gan
rute terpanjang se dunia, melalui antar benua dan separuh bumi
TRANS SIBERIA
Rute Moscow - Vladivostok
Saran untuk TS, sebaiknya diperjelas di judul baru menyebutkan nama KA-nya kayak gini
- Kereta api barang terpanjang rangkaiannya (KA Babaranjang).
- Kereta api barang terpanjang rutenya (KA Semen Nambo - Banyuwangi).
- Kereta api penumpang terpanjang rutenya (KA Krakatau).
- Kereta api penumpang terpanjang rangkaiannya (KA Kertajaya Rangkaian Panjang).
Untuk kereta api terpanjang rangkaiannya sekarang di Indonesia, khususnya Sumbagsel bukan monopoli si Babaranjang lagi gan, ada KA Batubara Sukacinta sekarang pakai double CC204 + 50-60 Gerbong Datar Kontainer Batubara.
https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta...bara_Sukacinta
Masukin page one ya TS
Quote:Original Posted By -kukur- ►
ane tambahin ye gan
ni kereta yang bikin ane penasaran pengen nyoba gan
rute terpanjang se dunia, melalui antar benua dan separuh bumi
Spoiler for Kereta:
TRANS SIBERIA
Rute Moscow - Vladivostok
Spoiler for Peta Rutenya:
panjang bener gan gerbong KA nya
yang ka babaranjang edan panjangnya
Krakatau ekspres suka liat di stasiun duri. Ini enaknya penumpang tangerang, mau naik kereta ke barat cuma tap out commuter line doang trus beli tiket di luar st Duri
Btw rangkaian KRL SF12 ga masuk, salah satu kereta komuter terpanjang di dunia. Kereta komuter di luar paling banter 10 gerbong termasuk jepang. Rencana malah mau nambah jd 16 gerbong! Tapi masih lama nunggu manggarai dibikin bertingkat kayak stasiun di jepang tuh
SF12 ini mesinnya ada dua gan karena gabungan dua trainset 6 gerbong. Makanya katanya sih pernah kejadian loss power/KRL arah kebalikan mati listrik gara gara SF12 liwat
Update! Perjalanan paling jauh commuterline makanya saldo minimal KMT ente itu 11 ribu: Maja-Bogor (sekitar 120 km). Tahun ini bisa nambah jadi 140 km (13 ribu) kalo dari rangkas
Kalo mau tau berita update soal commuter line buka di skyscrapercity aja, jangan lupa buka page terakhir http://www.skyscrapercity.com/showth....php?t=1584067
Btw rangkaian KRL SF12 ga masuk, salah satu kereta komuter terpanjang di dunia. Kereta komuter di luar paling banter 10 gerbong termasuk jepang. Rencana malah mau nambah jd 16 gerbong! Tapi masih lama nunggu manggarai dibikin bertingkat kayak stasiun di jepang tuh
SF12 ini mesinnya ada dua gan karena gabungan dua trainset 6 gerbong. Makanya katanya sih pernah kejadian loss power/KRL arah kebalikan mati listrik gara gara SF12 liwat
Update! Perjalanan paling jauh commuterline makanya saldo minimal KMT ente itu 11 ribu: Maja-Bogor (sekitar 120 km). Tahun ini bisa nambah jadi 140 km (13 ribu) kalo dari rangkas
Kalo mau tau berita update soal commuter line buka di skyscrapercity aja, jangan lupa buka page terakhir http://www.skyscrapercity.com/showth....php?t=1584067
hemmmmm inget dulu suka naek kereta gan
lewat simpang kreta, bisa brapa menit tuh palang ditutup...
Wihhh panjang
Panjangan mana sama ini :
Panjangan mana sama ini :
Sepanjang apapun kereta, yg namanya masinis kereta pasti ugal2an gan, dia nggk mau ngalah sama jalan mobil
Edit: internet kayak siput, malah ngepost 2 biji lagi.
Quote:Original Posted By slolo ►
Sepanjang apapun kereta, yg namanya masinis kereta pasti ugal2an gan, dia nggk mau ngalah sama jalan mobil
masinis kereta gk bakal ugal2an gan, (kecuali mabok) karna selalu ada semboyan di tiap lintasnya.. lagi pula kereta ngapain ngalah sama jalan mobil , toh kereta kan punya jalannya sendiri gan
Sepanjang apapun kereta, yg namanya masinis kereta pasti ugal2an gan, dia nggk mau ngalah sama jalan mobil
masinis kereta gk bakal ugal2an gan, (kecuali mabok) karna selalu ada semboyan di tiap lintasnya.. lagi pula kereta ngapain ngalah sama jalan mobil , toh kereta kan punya jalannya sendiri gan
Quote:Original Posted By ramabb304 ►
masinis kereta gk bakal ugal2an gan, (kecuali mabok) karna selalu ada semboyan di tiap lintasnya.. lagi pula kereta ngapain ngalah sama jalan mobil , toh kereta kan punya jalannya sendiri gan
haha tapi jalan keretanya kan ada yg motong jalan mobil
masinis kereta gk bakal ugal2an gan, (kecuali mabok) karna selalu ada semboyan di tiap lintasnya.. lagi pula kereta ngapain ngalah sama jalan mobil , toh kereta kan punya jalannya sendiri gan
haha tapi jalan keretanya kan ada yg motong jalan mobil
pernah ane nih ngitungin babaranjang sampe 50 udah brhenti capek
biasanya kereta mudik panjang2 juga tuh gan
Yg panjang biasanya kereta barang gan ampe 40 gerbong
mending gan kalo panjang, daripada nunggu lama-lama eh yang nongol cuma lokomotiv nya doang
itu judul nya terpanjang kenapa pake tanda kutip gan?
Panjang bener gan. Ane nonton video babaranjang dan kayak gak habis" gerbongnya
Ane tinggal dipanjang, tempat dimana kereta babaranjang berada, kereta babaranjang sama sekali ngga mengganggu transportasi lain karna kereta babaranjang udah punya jalurnya sendiri ( jalan raya terpisah sama jalur keretanya )
Btw kereta babaranjang kalo udah mangkal di stasiun itu lamanya kebangetan
Btw kereta babaranjang kalo udah mangkal di stasiun itu lamanya kebangetan
kereta cepat jkt-bandung jdi paling panjang gak ya....
bentar lagi kereta di indonesia menyebar di pulau2 besarnya. entar nulis panjang2an lagi ya untuk setiap pulau
Via: Kaskus.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar