Spoiler for Alhamdulillah HT Gan:
Quote:
Trimakasih buat official kaskus, moderator the Lounge dan Masyarakat kaskus yang sudah mendukung trid ini menjadi HT yang ke 3 ane
Trimakasih buat official kaskus, moderator the Lounge dan Masyarakat kaskus yang sudah mendukung trid ini menjadi HT yang ke 3 ane
Quote:INTRO
Spoiler for hujan:
Halo para kaskuser semua
Berhubung sekarang Bulan Februari tentunya bertepatan dengan musim penghujan sesuai dengan musim yang berlaku di negara kita ane mau ngebahas model2 jalan yang muncul akibat musim penghujan secara kan jalan2 di berbagai wilayah negara kita belum semuanya bagus apalagi yang di desa kayak ane. Hujan memang banyak memberi manfaat bagi kehidupan kita apalagi klo sumur/sumber2 mata air udah mulai kering atau bisa juga karena hujan gak turun2 kyak beberapa waktu yang lalu yang mengakibatkan pembakaran lahan sampai keluar asap dimana2 hujan terasa dibutuhin banget. Iya gak sih gan. He....hingga akhirnya karena udah waktunya trun dah tu hujan. Tapi masalahnya terlalu sering hujan juga bisa bikin puyeng juga gan/Sis kyak banjir bandang , longsor dll lah pokoknya. Termasuk berimbas pada sektor transportasi khususnya jalan-jalan yang ane bahas di trid ini. InshaAlloh tidak tepost gan karena ini trid ane tulis berdasarkan pengamatan ane sendiri. O ya ini pengamatan ane sebagai pengendara bermotor ya gan/sist. Oke lah gan dari pada berlama2 kita langsung menuju ke TKP
Quote:TKP
1. Model Jalan Aspal Basah dan Licin
Spoiler for ini model jalan yang disertai hujan dengan intensitas sedang gan:
Model jalan aspal basah dan licin sering kita temui disaat hujan tidak terlalu deras Gan/Sist. Walaupun air tidak sempat menggenang di badan jalan tapi jangan dianggap remeh ya gan/sit, kurang hati2 dan konsentrasi juga bisa berakibat fatal bagi keselamatan kita. Karena ban dalam kodisi seperti ini sangat rentan tergelincir. Apalagi kalau kondisi ban gan/sist sudah mulai aus itu sangat berbahaya sekali.
Quote:pengalaman ane:
nglewatin jalan model kek gini biasanya wktu hujan tiba2 ya gan/sist. Solusinya sih biasanya ane kurangi kecepatan, kurangi gigi terus cari lajur kiri dan tarik gas di posisi normal
Quote:2. Model Jalan Aspal yang Penuh Genangan Air
Spoiler for ini model jalan yang lagi kena banjir gan:
Model jalan kek begini biasanya terjadi di kota2 besar yang kurangnya lahan resapan air dan sistem drainase yang buruk. Hujan lebat yang tak kunjung berhenti membuat jalan langsung tergenang oleh air yang semakin meniggi. Sampai2 kita sebagai pengendara tidak bisa lagi melihat badan jalan karena tertutup oleh air yang biasanya keruh. Ditambah lagi arus air juga memperberat saat kita menyetir. Belum lagi kita harus waspada terhadap ketinggian air yang bisa masuk ke knalpot motor kita sewaktu2. Menurut ane sebagai pengendara bermotor model jalan kek gini yang paling berat. Karena resikonya kalo gak motor mogok yak kita nyemplung dah tu di kubangan jalan.
Quote:pengalaman ane:
Ane sering nglewatin jalan kek gini wtu ane msih di Kota Palembang. Waktu itu kebetulan ane kena siklus lima tahunan. Jadi kuantitas airnya nglebihin musim penghujan biasa. Sampai2 jalan buat masuk ke kosan ane kyak laut gan/sist. seingat ane waktu itu ketinggian air sekitar sepinggang. Tapi klo di jalan rayanya air gak sampai masuk knalpot. Biasanya dalam kondisi seperti itu ane ga berani ngambil lajur terlalu punggir gan/sist takut nyemplung ke got. Terus gas harus tetep dikontrol jangan sampai gas terlalu kecil yang menyebabkan mesin lebih mudah mati , terakhir ane biasanya ngikutin pengendara lain yang kelihatannya lebih tahu selahnya .
Quote:3. Model Jalan Aspal Berlubang yang Tergenang Air
Spoiler for ini model jalan yang nglatih kita buat bermanuver menghindari lubang2 penuh air gan/sist:
Model jalan kek gini biasa terjadi di kota2 kecil yang kondisi jalannya rusak. Dibenahipun paling dengan sistem tambal sulam yang biasanya mendekati momen2 tertentu. Iya gak gan/Sis? Melewati jalan model kek begini kita harus super lincah buat bermanuver menghindari lubang2 penuh air karena kita juga gak tau seberapa dalam lobang tersebut. Tetapi kita juga harus memperhatikan pengendara lainnya karena bisa saja manuver2 yang kita lakukan mengganggu pengendara lain. Jika terpaksa harus berhenti kita sebaiknya berhenti saja. Bukankah lebih baik bersabar sedikit demi keselamatan.
Quote:pengalaman ane:
Jalan model kek begni biasanya ane lalui di kota2 kecil tingkat kabupaten lah. Apalagi daerah tersebut kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat sudah pasti kondisi jalannya berlubang di sana-sini. Sebut saja daerah tersebut di sebuah Kabupaten OKU Timur (maaf ya buat agan/sista yang berdomosili disini ane gak bermaksud buat ngejelekin, ini semua murni berdasarkan fakta yang ane alami sendiri). Biasanya klo ane nglewatin jlan kek begini ane lebih ke menghindari lobang dengan konsentrasi penuh, tapi sebelumnya ane lihat pengendara belakang ane mlalui spion dan pengendara di depn ane. Biar ane juga gak ganggu lajur mereka. Tetapi jika memang keadaan tidak memungkinkan buat kita menghindari lubang2 tersebut maka kita bisa berhenti atau melewati lubang tersebut pelan2 tetapi kita harus memprediksi lubang yang paling dangkal. Menurut ane kematangan dalam berkendara sangat dibutuhkan untuk melewati model jalan kek begini.
Quote:4. Model Jalan Berbatu yang licin dan becek
Spoiler for ini model jalan berbatu yang licin dan becek gan/sist:
Model jalan kek begini biasanya terjadi di daerah pedesaan yang sedang mengalami pengerasan jalan sebelum jalan tersebut diaspal kyak di daerah ane. Jalan model begini lumayan sulit dilewati apalagi kalo ban motor kita gak bermotif radial. Karena daya cengkram di jalan menjadi kurang maksimal. Melewati jalan model begini juga sangat menguras tenaga karena kita harus menahan guncangan akibat jalan yang tidak rata. Menurut ane untuk meminimalisir resiko terjatuh dan capek adalah dengan mencari jalan yang sudah pernah dilewati pengendara lain. Jangan sesekali berspekulasi untuk membuka line baru karena lebih menguras tenaga kita.
Quote:pengalaman ane:
Jalan kek gini merupakan mkanan sehari-hari waktu dulu jalan daerah ane belum diaspal. Sampai2 dulu pernah sohib ane dari kota ane ajak ke daerah ane sampai mules dah perutnya . Kalau dalam keadaan hujan maka kita harus lebih ekstra berhati2 karena batu2 tersebut menjadi sangat licin dan tanah2 di sekitarnya menjadi sangat becek. Berdasarkan pengalaman ane sih kita sebaiknya dalam berkendara pantat agak diangkat sedikit (jadi jangan terlalu duduk di jok) karena trik ini menurut ane lumayan ampuh mengurangi guncangan di perut. Kemudian stang harus dipegang kuat2 jangan sampai ban mendarat di tempat yang salah karena kontur batu yang tidak rata sangat berbahaya untuk ban motor kita.
Quote:5. Model Jalan Tanah yang Licin dan berlumpur
Spoiler for ini model jalan yang licin dan berlumpur biadanya terjadi diawal musim penghujan:
Model jalan kek begini biasanya terdapat di desa2 gan/sist. Melalui jalan begini butuh kepercayaan diri dan analisis yang matang untuk memilih jalur yang akan dilalui. Menurut ane level kesulitannya lumayan. Lagi2 ban bermotif radial sangat dibutuhkan untuk melewati model yang licin dan berlumpur seperti ini. Kendala melewati jalan seperti ini adalah jalan yang licin dan tanah yang menggumpal di spakbor dan cakram sehingga motor tidak bisa berjalan
Quote:pengalaman ane:
Pengalaman ane melewati jalan seperti ini adalah waktu ane lagi melalang buana ke Mesuji lampung. Kirain ane tekstur jalannya sama dengan di daerah ane gak taunya beda banget gan/sist. 2 x ane terjatuh di jalan itu, tapi gak cuma ane yang jatuh di situ ada puluhan orang pokoknya gan/sist karena waktu itu emang kondisi jalan emang lagi rame. Saran ane jangan sekali2 nglewati line yang gak dilewati kendaraan lain. Karena kalo gak mancep ya jatuh itu pasti. Karena ane udah pernah ngalamin sendiri. Ikuti jalur pengendara lain yang tidak terjatuh dan banyak dilewati pengandara lain mudah2an aman.
Quote:6. Model Jalan Tanah yang Licin, Belumpur dan Tergenang Air
Spoiler for ini model jalan tanah yang lagi kena banjir gan:
Karena ane berdomisili di desa lagi2 jalan seperti ini merupakan pemandangan yang biasa jika musim hujan tiba. Apalagi kalau sungai sampai meluap akses ke luar desa bisa terputus gan/sist. Selagi genangan air masih dalam kondisi wajar (tidak melewati knalpot) menurut ane masih aman untuk dilewati. Kalau memang ada jalan pintas lain kita bisa beralih ke jalan tersebut walaupun yang namanya jalan pintas tentu lebih kecil dan penuh dengan pohon di kanan-kiri jalan. Menurut ane level berbahaya kalau sampai air sungai meluap ke jalan.
Quote:pengalaman ane:
Jalan seperti ini adalah jalan yang harus ane lewati kalau mau ke luar daerah. Sampai sekarang pun ane masih melewati jalan model begini tentunya di musim hujan ya gan/sist. Untuk melewati jalan model begini kita harus fokus saat menyetir. Gas terus karena kita gak terhalang pengendara lain di depan (karena ini di desa gak banyak pengendara kayak dikota)Sampai kita lolos dari jalan yang tergenang air tersebut. Resiko melewati jalan model ini kalo menurut ane yang pasti kotor dan jatuh.
Quote:PENUTUP
Sekian Trid dari ane yang bisa ane share berdasarkan pengalaman TS sendiri gan/sist. Mungkin agan/sista punya pengalaman berbeda melewati jalan2 di musim penghujan dan cara mengatasinya boleh share dimari beserta pictnya klo berkenan.
sesama kaskuser sebaiknya saling membantu
bantu tunjuk bintang dan share dong gan
sesama kaskuser sebaiknya saling berbagi
bagi cendolnya gan jikalo berkenan
Sesama kaskuser sebaiknya saling bertegur sapa
Sapa ane dengan komentar ente yang nendang yak gan
SumurSumur gambar Sumur Trid (Pengalaman dan pengamatan TS sendiri)
Spoiler for :
Quote:Kunjungi Trid Ane yang Lain Gan :
Penulis-Penulis Indonesia yang Karyanya Mendunia (HT 1)
8 Mitos Seputar Imlek yang perlu agan tahu (HT 2)
Tokoh-Tokoh di Dunia yang Tewas Karena Racun
Penulis-Penulis Indonesia yang Karyanya Mendunia (HT 1)
8 Mitos Seputar Imlek yang perlu agan tahu (HT 2)
Tokoh-Tokoh di Dunia yang Tewas Karena Racun
Komentar dari Kaskuser yang Nendang:
Quote:Original Posted By yudhafa ►
Bukan knalpotnya sebenernya gan yang kudu diperhatiin pertama. Perhatiin dulu lokasi filter udara atau saluran masuk udara ke mesin dimana. Jangan sampe genangannya lebih tinggi dari itu. Bisa lebih bahaya..
Quote:Original Posted By whatever.i.am ►
kalo ditempat ane tinggi air paling mentok sekitar 10-20 cm gan tapi itu juga udah lumayan sih pengalaman ane klo lewatin banjir semacam itu pakai motor tua, mending cari rute lain yang nggak terkena banjir. soalnya motor tua biasanya lebih riskan mogok kena air. CMIIW
Quote:Original Posted By bramestio ►
paling bahaya air menggenang terus ada lubang itu gan apa lagi lubang nya dalem sering bikin orang jatuh . kalo musim hujan pokok nya hati hati aja di jalan jangan asal ngebut biar ngga basah kehujanan tetep jaga keselamatan diri sendiri dan orang lain
Quote:Original Posted By upton ►
Nomor 1 lumayan bahaya tuh gan soalnya kan namanya aspal mah mulus" aja kalau ujan, pernah waktu itu ada 2 cewek boncengan naik motor gak terlalu kenceng tapi salahnya dia tuh yang bawa motor kagetan jadi dia ada di belakang truk nah kalau dibelakang truk kan gak keliatan tuh gajlukan(polisi tidur yang tinggi) dia kaget ngerem mendadak dan akhirnya kepleset jatoh, untuk gak papa itu 2 ceweknya cuma lecet" dan celana leggingnya sobek kebetulan ane sama temen ane ada di samping mereka, terus temen ane nyuruh ane berenti dulu ane kira mau bantuin dia ehh malah ngeliatin paha itu 2 cewek yang keliatan karna leggingnya sobek
Quote:Original Posted By anabae ►
Kurang satu gan nih, model jalan berpasir, kaya jalanan dipantai, sekitaran bromo, emang sih bukan jalan umum, mirip2 jalan tanah licin berlumpur gitu
Quote:Original Posted By Andrean342 ►
Alhamdulillah ane juga pernah ngerasain semua jalanan itu dgn 2 tipe motor berbeda,Matic dan Trail hahahahaha naek trail semua jalan diterabas tapi jalan aspal yg ujan untuk ban tahu sangat tidak reccomended karna ane pernah kepeleset sekali pas belokan... Alhasil stang agak bengkok hahahaha.... saran ane sih untuk agan" yg punya motor bebek atau matic yg sering melewati jalan begitu bannya diganti ban dual pupose ajah lumayan ban agak ngegigit ketanah dan lumpur atau kalo mau lebih ngegigit lagi pake ban tahu yg biasa dipake anak trail buat ngetrail tapi sangat tidak nyaman di jalan Aspal CMIIW
Quote:Original Posted By rakarwd ►
kalo hari hari ane hadepin model jalan yang berlubang gan itu mesti tajam penglihatannya nah kalk trek lagi basah gabisa manuver terlalu tajam makanya sih biasanya ane memperlambat laju kendaraan gan
Quote:Original Posted By hakuya ►
Sekedar tambahan gan ngeremnya usahakan pake rem blakang krn klo pale rem depan rawan slip, dan rem pelan2 krn licin akan membuat gampang slip kalau ditekan kenceng
Quote:Original Posted By jandy007 ►
jln berlumpur, berkerikil n air tergenang. ane pernah ngalamir yg begini swaktu di pt. erna di kab. melawi kalbar(2007). jatoh udh ga keitung, gear dpn penuh dg tanah (yg blkang jgn ditanya) hngga motor ga bs jln solusinya congkel dl slesai br jln lg. jarak 23km ditmpuh 2.5jam+2tangki bensin (motor 2tak)
Quote:Original Posted By akyrnq ►
Yang paling berbahaya itu point pertama gan, aspal "basah dan licin" apa lagi pas gerimis, banyak pengendara motor terjatuh aka ndlosor dikarenakan pasir yang ada di badan jalan menggengang tidak mengalir ke bahu jalan, mengakibatkan ragi ban gak nge grip di aspal,
Tambahan dari ane hati-hati jika melewati perlintasan kereta api di kala hujan. Rel nya licin poll
Quote:Original Posted By lucymontok ►
aje gile gw salut sama ente gan, pengalamannya bener-bener bermanfaat. Ada jalan kota, kabupaten, dan desa.
Jalan yang ngeri menurut gw yg tanah becek itu gan. Mungkin saja ban jadi kehisap sama tanah becek. Dan perlu waktu lama utk sampai di tempat tujuan.
Cara mengatasinya adalah tunggu sampai agak kering. Jalan berkurang beceknya dan badan kita lebih fit, kurang gitu sakit pinggangnya.
Solusi yg lain kurang lebih sama kayak ente gan
wah sekarang lagi musim hujan nih
Quote:Original Posted By saya.kira ►
wah sekarang lagi musim hujan nih
cpet amat gan pertamaxnya
kalah cepet ane
wah sekarang lagi musim hujan nih
cpet amat gan pertamaxnya
kalah cepet ane
hmmm begitu
Ane pernah ngerasain lewat jalan2 kaya begitu gan , kalo yang masih tanah becek gitu paling bahaya bisa jatuh ngesot n susah jalannya paling ribet
hmmmmmmmmm
kalo mulai ada genangan emang ....menjengkelkan
Ane gk bakal ngerasain jalan2 itu gan. Ane naik kereta
Dulu sering jalan tanah.
Karena ane dikota, jadi ngerasain 1-3.
ditempat ane klo musim ujan ini mendadak banyak pohon pisang tumbuh di tengah jalan gan
nih contohnya gan
nih contohnya gan
kalo ane mah pernah jatuh dijalan berkerikil dekat lampu merah gara2 ngerem mendadak...
semuanya udah pernah ane lewati gan
Quote:Original Posted By ecad31 ►
ditempat ane klo musim ujan ini mendadak banyak pohon pisang tumbuh di tengah jalan gan
nih contohnya gan
muke gile
tuh phon pisang kgak tau apa bahwa itu jlan
maen tumbuh2 aja
ditempat ane klo musim ujan ini mendadak banyak pohon pisang tumbuh di tengah jalan gan
nih contohnya gan
muke gile
tuh phon pisang kgak tau apa bahwa itu jlan
maen tumbuh2 aja
Yg enak tu bwa pcar naek mtor , trus ngelaluin jalan becek brlubang , pasti pcar meluk erat badan agan
nomor 2 kalo dalem banget aernya susah jalan gan
no 6 sawah ya gan?
aspal penuh genangan
dan selalu ada aja pengendera sialan yang ngebut sampe ane kecipratan air
dan selalu ada aja pengendera sialan yang ngebut sampe ane kecipratan air
tanah merah kena hujan? kelar dah
YES PERTAMAX
Via: Kaskus.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar