Pages


Jumat, 05 Februari 2016

Sudah Disiksa Pasangan Kok Masih Memilih Bertahan?!

Quote:Hi gan, apa kabar nih? Semoga sehat dan baik selalu, ya..

Sebelumnya ane ucapin makasih buat agan yang udah berkunjung, komen, dan rate5. Sedangkan untuk cendol, ane sama sekali nggak ngarepin apalagi kalau harus tukar menukar kayak zaman belum ada duit. Begitu juga dengan bata, mohon kebijaksanaan agan untuk tidak melempar bata seenaknya. Kalo nggak suka dan ngerasa sampah, langsung ajah close!

Dalam tret ini, ane mau bahas tentang orang yang memilih bertahan menghadapi kekerasan yang sering dilakukan oleh pasangan mereka. Artikel ini merupakan artikel terjemahan bebas yang ane comot dari www.loveisrespect.org.

Orang yang menjalani hubungan dengan kondisi normal bersama pasangan mungkin akan merasa heran terhadap orang yang memilih bertahan meski disiksa pasangan. Mengapa mereka nggak memutuskan untuk berpisah?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut beberapa alasan yang mungkin terjadi, gans:


Quote:Konflik Batin



Alasan pertama mengapa seseorang memilih untuk bertahan dalam menjalani hubungan yang nggak sehat itu tidak lain karena konflik batin, gans. Konflik batin sendiri memunculkan beberapa alasan yang membuat seseorang memutuskan untuk bertahan, antara lain:

Rasa Takut

Seseorang yang mengalami kekerasan dari pasangan akan merasa takut untuk meninggalkan pasangannya karena ancaman yang diberikan pasangannya. Ancaman ini yang membuat si korban tidak memiliki keberanian untuk menceritakan apa yang dialaminya kepada orang lain.


Menganggap Kekerasan Sebagai Hal Wajar

Alasan lain yang membuat seseorang tetap bertahan meski telah disiksa pasangan adalah karena ia menganggap hal tersebut sebagai hal yang wajar. Anggapan seperti ini bisa saja muncul karena orang tersebut dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang suka memberikan hukuman fisik kepada anak-anaknya.


Memalukan

Alasan ketiga mengapa orang memilih bertahan meski diperlakukan kasar oleh pasangannya adalah karena ia menganggap hal ini sebagai sesuatu yang memalukan. Orang ini tidak ingin orang lain tahu bahwa ia sudah disiksa pasangannya.


Rasa Rendah Diri

Terlalu sering mendapat cacian dan perlakuan kasar dapat memengaruhi psikologis si korban. Sehingga, si korban merasa bahwa cacian dan pernyataan-pernyataan merendahkan yang kerap kali didengar dari pasangannya memang benar adanya.


Cinta

Alasan terakhir yang membuat seseorang bertahan adalah karena rasa cinta. Si korban sangat yakin akan kekuatan cinta yang akan membuat pasangannya berubah dan memperbaiki diri suatu saat nanti.


Quote:Berbagai Tekanan



Di antara beberapa tekanan yang dirasakan oleh seorang korban kekerasan pasangannya justru membuat dirinya terbelenggu. Dia menjadi tidak bisa berontak atau meninggalkan pasangannya. Beberapa tekanan tersebut dapat berupa:

Tekanan Sosial

Jika pelaku kekerasan merupakan orang yang terpandang di masyarakat, maka hal ini justru menjadi tekanan tersendiri bagi si korban. Dengan status terpandang si pelaku di masyarakat, si korban khawatir jika ia menceritakan tindakan kekerasan tersebut ke orang lain, bukannya pembelaan yang didapat, malah orang-orang berpihak pada si pelaku karena statusnya tersebut.


Tekanan Budaya/ Agama

Hal ini menjadi sesuatu yang tabu jika sudah bersinggungan dengan budaya dan agama. Beberapa agama melarang adanya perceraian. Budaya pun demikian, akan sangat memalukan bagi seseorang untuk menceritakan apa yang sudah dialaminya bersama pasangan. Contoh, seorang suami akan malu jika orang lain tahu ia diperlakukan seperti budak oleh istrinya.


Tekanan Sebagai Orangtua

Bagi korban yang sudah memiliki anak, tentu akan sangat berat jika ia harus berpisah dengan pasangannya yang melakukan tindakan kekerasan. Dia khawatir jika keputusannya untuk berpisah turut berimbas pada hubungannya dengan anak-anaknya kelak.


Quote:Tidak Percaya Pada Orangtua atau Aparat Berwenang



Faktor lain yang membuat orang memutuskan bertahan meski sudah disiksa pasangannya adalah karena rasa tidak percayanya pada orangtua, saudara, polisi, dan orang lain yang seharusnya dimintai pertolongan.

Jika yang mengalami kekerasan masih berusia remaja, akan ada kekhawatiran bahwa orangtua atau saudara tidak akan menanggapi serius tindakan kekerasan yang dilakukan pasangan remajanya. Begitupun jika ia harus melaporkan hal itu ke polisi. Harus ada berbagai bukti seperti hasil visum, dll.

Sementara bagi pasangan yang menikah dengan warga negara asing dan mengikuti pasangannya. Dia tidak memiliki pilihan selain pasrah. Apalagi jika dokumen-dokumen keimigrasiannya bermasalah.


Quote:Ketergantungan Pada Pasangan yang Berlaku Kasar



Faktor terakhir yang membuat seseorang memutuskan bertahan meski disiksa pasangannya adalah karena rasa ketergantungannya terhadap pasangan. Contohnya adalah jika pelaku kekerasan adalah orang kaya sementara si korban miskin. Jika ia memutuskan berpisah, maka ia akan kehilangan uang yang didapat dari pasangannya.

Selain itu, ia juga tidak memiliki tempat tinggal lain. Dengan demikian, bertahan meski mendapat siksaan dianggap lebih baik dibanding ia pergi tanpa tujuan yang jelas.

Dan yang terakhir adalah jika seorang korban memiliki cacat fisik, hal ini menjadi salah satu alasan seseorang memilih bertahan tinggal bersama pasangan yang melakukan kekerasan.


Spoiler for Tret Pilihan, Gan!:
Mampir juga ke tret ane:
Gokil, Superhero Marvel dan DC Comic Jadi Menteri di Indonesia!
http://kask.us/h4HfR
==================================
Gajian Cash Atau Transfer, Agan Pilih yang Mana?
http://kask.us/ib5C1
==================================
Diajah Bangsa Atau Diri Sendiri, Gan?
http://kask.us/ib0hk
==================================
Dasar Sialan!
http://kask.us/ib3ma
==================================
Kenapa Celana Hulk Nggak Pernah Sobek?
http://kask.us/ibI0n
==================================
Dunia Kacau Tanpa Puting Susu Lelaki, Gans!
http://kask.us/iaTof
==================================
In Time: Saat Usia Dijadikan Sebagai Mata Uang
http://kask.us/ibO8f
==================================
The Walk: Menggantung Mimpi pada Seutas Tali
http://kask.us/iamuh
==================================
Sudah Disiksa Pasangan Kok Masih Memilih Bertahan?!
http://kask.us/iaSLH
==================================
Membedah Perilaku Seks Sadisme Christian Grey Dalam Fifty Shades of Grey
http://kask.us/h4wwq
================================== Bawang Putih and The Huntsman
http://kask.us/h90Wm
==================================
Lelaki yang Tersembunyi di Antara 7 Keajaiban Dunia
http://kask.us/iaj1h
==================================
THG: Mockingjay Part 2; 5 Menit yang Mengubah Segalanya
http://kask.us/h90Mo
==================================
Kreativitas Bisa Bikin Agan Abadi Kayak Vampire
http://kask.us/ialrB
==================================
Cara Superb Merahasiakan Status Jomblo
http://kask.us/h95MV
==================================
Dagelan Kaskus: Cendol dan Bata Jadi Senjata
http://kask.us/h8YF2
==================================
Jika Adam dan Hawa Nenek Moyang Manusia, Lantas Mengapa Kita Berbeda?
http://kask.us/h8NNd
==================================
Rasa Nasionalisme Menghambat Kemajuan Bangsa?
http://kask.us/h5hpo
==================================
Sering 'Sakit', Indonesia Bakal Ganti Nama dan Warna Bendera
http://kask.us/h6MNI
==================================
Wah, Karakter Seksual Agan Bisa Ditebak Dari Huruf "Y"!
http://kask.us/h7WK3
==================================
Benarkah Tempat Gym itu Sarang Maho?
http://kask.us/h5U5n
==================================
Ternyata Tetangga Nggak Suka Rumputnya Dianggap Lebih Hijau
http://kask.us/h6ij7
==================================
Payah, Ini Sebabnya Film Horror Indonesia Selalu Kalah Sama Film Hollywood
http://kask.us/h5pPB
==================================
Bener Nggak Sih Ketek Pria Sembuhkan Stres Para Aganwati?
http://kask.us/h5bIU


Quote:Sekian dulu tret dari ane. Kalau ada teman atau saudara yang menjadi korban, dampingi dan berilah motivasi agar ia bisa move on dari pasangannya yang bertindak kasar, gans



Ane minta maaf kalau ada kata yang kurang berkenan di hati agan. Ane nggak bosen-bosennya bilang kalo ane cuma manusia biasa, bukan Tuhan yang Maha Sempurna.

Sekali lagi ane ngucapin makasih buat yang sudah mampir. Ane juga nggak bosen-bosennya bilang kalo tret ini dibuat bukan untuk memuaskan segala kalangan. Jadi, kalau ada kekurangan karena tidak sesuai dengan minat agan, berilah maaf si TS karena hakikatnya, sebuah tret tidak akan mampu memuaskan seluruh Kaskuser.
Jangan siksa ane, gans!



Testimoni Kaskuser:

Quote:Original Posted By vervetto-solo
Tekanan sosial.. Korban kdrt enggan melapor karena stigma buruk perceraian khususnya untuk pihak wanita ... Jika memang dirasa sudah membahayakan fisik/psikis ada baiknya dipertimbangkan lapor ke orang tua dulu...apalagi kalau ortunya polisi biar di kandangin aja tuh pelaku kdrt...
Sedih gw kalau ada berita istri dianiaya... Ane pernah liat sendiri yang istrinya dibacok...tapi dibacoknya ditangan si... Luka bacokan ga membahayakan nyawanya saat itu, tapi trauma psikisnya mungkin membekas sepanjang masa...


Quote:Original Posted By de.wahyu
Temennya cewek ane udah sering bener dikasarin pacarnya, udah 5 tahunan lebih pacaran. Dulu ni cewek setau ane lembut dan santun dalam berlaku, sejak pacaran sama ni cowok sikapnya ngikut jadi kasar dan ngomongnya yasalaaam kotor kadang. Cerita terakhir yg ane dengar si cewek pernah disuruh sumpah pake kitab suci Al-qur'an agar gak nyakitin si cowok.
Pendapat temen-temennya kenapa dia masih ogah pergi dari ni cowok gara-gara udah diambil anunya gan itu anu itulah gan udah diambil dari si cowok. Takut sama sumpahnya juga kali. Ada-ada aja dah.


Quote:Original Posted By dandindongg
ane pernah baca salah satu thread true story di SFTH, ada part dimana TS nya cerita klo dia sering dapet perlakuan kasar dr pacar nya.. trus sahabat nya akhir nya berhasil nyadarin dan buka fikiran si TS, klo itu sebenernya bukan cinta.. TS masih bertahan sama hubungan yg penuh kekerasan karna candu.
ibarat orang yg suka sama kegiatan yg memacu adrenalin, kaya wall climbing atw sejenis nya. walaupun beresiko mereka akan tetep ngelakuin nya karna kecanduan sm sensasi yg dirasakan. awal nya dari ketakutan, deg²an, gak nyaman, dan pd akhirnya justru memicu adrenalin yg bikin hidup jauh lebih menantang, dan tanpa sadar ingin mengulangi nya. analogi nya sama kaya kekerasan juga. jd si TS yg sudah terbiasa jd korban kekerasan akan merasa tertantang buat mengulangi nya lagi dan lagi. .


Quote:Original Posted By King.Cai
klo untuk yg masih pacaran, ada kekerasan sama ceweknya tapi si cewek tetep mau bertahan, biasanya karena si ceweknya tipe yg polos, trus udah digituin sama cowoknya ,u know lah.. jadi si cewek meski sakit, tetep ga mau putus. Karena pikiran dia, dia udah ga berguna/berharga lagi buat cowok lain.

Beberapa temen cewek ane begitu soalnya, tapi ane si coba kasi masukkan positif sama mereka, kalau mereka bisa memperbaiki diri dan mendapatkan kesempatan untuk hidup lebih baik. Inget orang tua saja lah, yang sudah melahirkan dan membesarkan, apa pernah mukul mereka sampai bonyok2 ?lah ini status cuma pacar doank, ga ada legalitas, tapi udah berani mukul dan berkata kasar.

Buat temen2 cewek yang udah "kejerumus" di situasi begitu, segera bertobat dan berhenti jadi samsak gratisan cowok2 ente. Percaya lah, klo ente bertobat, nanti akan ketemu pasangan yang lebih baik buat ente. Ente berhak hidup bahagia sist


Quote:Original Posted By mcdle
Lagi lagi, ane punya pengalaman temen ane nih..
Dia cewek yg di kasarin trus sama cowoknya. cowoknya baik, cuman over protect. Ceweknya ke kantin aja ngga boleh kalo ngga sama dia, ngga boleh ngobrol sama cowok lain, ngga boleh lirik cowok lain. Teman ane cantik gan, anak cheers idaman sekolah sedangkan si cowok yah persis tampang model2 preman (serius).

Kalo si cewek ngelanggar salah satu itu.. Abis dah wassalam. Besok dia curhat abis ditonjok, ditendang, dijambak, omongan kita ngga mempan buat bujuk cewek ini udahan. Sampe sekolah turun tangan.. mereka putus, si cowok dikeluarin dr sekolah dgn tidak terhormat, eh si cewek pas terakhir masih sempat di lempar pake bata sama cowok ini. Ohya, alasan ceweknya karna cinta dan di ancam bakal di fitnah satu sekolah kalo mutusin ni cowo. Asfgarsvdqweg baget deh!

Sekarang teman ane udh move on.. si cowok, makin menjadi sama cewek barunya


Quote:Original Posted By omahgedek
ini kejadian bener" ane saksikan gan. kejadian tepat di sebelah rumah ane.

jadi ada pasangan ceritanya sudah nikah secara siri, jadi mereka tinggal serumah. keseharianya tu berdua isinya ribut mulu, apa aja bisa dijadiin bahan buat ribut. dan g segan" si cowo nya maen tangan ke cewe nya gan. dan hal itu g 1x 2x gan. tapi uda kelewat sering. dan cewenya kalo di tampolin hanya diem aja, walau dia g salah.

ane kesian gan ama tu cewe. tapi ane perhatiin, tu cewe walau di maki, di hajar, ampe pernah di tampol helm, di lempar pot segala, dia tetep bertahan gam di rumah itu. jadi ane dan ttanga lain jadi bingung mau gerak kaya gimana. perna lapor RT tapi saat di panggil tu cewe g ngaku kalo uda di perlakukan kasar, katanya cuma ribut sepele. mau lapor polisi pasti sama juga kesaksiannya. jadi ampe sekarang di diemin aja ama org" sekitar.

toh cewenya juga yg gmw di bantu. gtw krn cinta atau krn tekanan atau hal lain g ada yg tau gan.


Quote:Original Posted By ronald1908
Hmmm..klo ane kebalikannya gan..ane yg di siksa aka di kdrt sama istri..tapi sekarang kita udah pisah gan..klo ditanya kenapa ane bisa diem gak ngelawan atau apalah pas dipukul sama mantan istri..jawabannya karena sayang..ane juga berpikir mungkin mantan istri ane bisa berubah karena pas merid umurnya baru 19th beda 12th sama ane..tapi ternyata pikiran ane meleset..selama 3th nikah mantan istri gak berubah2..dan akhirnya th 2013 kita pisah krn kesalahan ane..ane selingkuh..pas pisah kita belum punya anak..selain dikdrt ane juga bapak rumah tangga merangkap ibu rt..sekarang dia udah merid lagi..semoga dia berubah gak kyk berumah tangga sama ane..kasihan klo belum berubah dan dapet suami yg gak bisa terima dikdrt..maaf jadi curcol gan..soalnya ini real story ane..thanks gan..


Quote:Original Posted By kruingputih
Makanya dri belom pacaran jgn biasakan maen gaplok2an, ntar jadi kebiasaan. Hai lelaki pantangkan tanganmu utk memukul kaum wanita, dan ikatlah lidahmu hai kaum wanita dri perkataan yg jahat (ya elaah lagi2 dia)


Quote:Original Posted By parasyte
itu karena cewek banyak mengalah gan, jadi kadang kalo dikasari lebih banyak diam

tapi mungkin beda kalo pasangannya cowok, kalo dikasari jelas melawan balik

makanya pasangan maho jarang kan ada kasus kekerasan

btw ane bukan maho
Thread masalah rumah tangga...sepertinya ane salah masup
padahal pertahanan yg paling bagus adalah "menyerang"

Semua karna cinta gan.
semoga sampe nanti tidak terjadi begini dah gan
ntah di lonje atau h2h pernah rame trit bahas perilaku sadis (sadisme arti sebenarnya ya, hubungan sex pake kekerasan)

Rame gara gara 50 shades of grey
krna sayang gan
biar kata ane di kcewain cwek trus ane ttap demen sama cwek gan
hilangnya keperawanan, bagi muda mudi yang belum menikah. salah satu alasan knpa dengan pasangan yg kasar masih bertahan..
kata orang sih cinta itu buta gan
Jagalah hati jangan kau nodai uups ko jd nyanyi
mungkin masih berharap adanya perubahan sikap dan perilaku..
Terkadang . Kebanyakan pake perasaan .
Quote:Original Posted By twisctre
ntah di lonje atau h2h pernah rame trit bahas perilaku sadis (sadisme arti sebenarnya ya, hubungan sex pake kekerasan)

Rame gara gara 50 shades of grey


Jangan2 itu tret ane juga, gan.. Ane pernah nulis perilaku sadisme Christian Grey di Lonje.
dari dulu beginilah cinta, deritanya tiada akhir
Hmmm.. ngeri kali kalo sampe nyiksa pasangan
Jangan kan cuma kekerasan,kalo sudah cinta nyawa pun akan di berikan,lebay banget yak
Nyiksa pasangan,

Antara ketakutan, dan masih terikat rantai batin
Quote:Original Posted By mutenroshi23
krna sayang gan
biar kata ane di kcewain cwek trus ane ttap demen sama cwek gan


tetep optimis vroh, jgn sampe salah jalur
Gembok jendral
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar