Pages


Selasa, 14 Juni 2016

Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!

Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!

Quote:Makasih Kaskus dan kaskuser udah jadi HOT THREAD lagi, semoga bermanfaat

Quote:Halo gan, malming hampir lewat tar lagi. sambil nonton wales vs slovakia ane bikin tret lagi yah. tret ini ane bikin berdasarkan pengamatan ane tentang keadaan disekitar ane. kali ini ane mau bahasa tentang tata krama. tret ini murni pemikiran TS, jadi mudah2an ngga repost.

Quote:Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!
Tata krama adalah kebiasaan. Kebiasaan ini merupakan tata cara yang lahir dalam hubungan antar manusia. Kebiasaan ini muncul karena adanya aksi dan reaksi dalam pergaulan. Sebagai contoh, kalau orang indonesia setuju dengan apa yang dikemukakan ia akan mengangguk- anggukan kepalanya. https://www.google.co.id/?gws_rd=cr,...a+krama+adalah

Tata krama adalah kebiasaan sopan santun yang disepakati dalam lingkungan pergaulan antar manusia setempat. Tata krama terdiri atas tata dan krama. Tata berarti adat, aturan , norma, peraturan. Krama berarti sopan santun, kelakuan tindakan, perbuatan. Dengan demikian, tata krama berarti adab sopan santun, kebiasaan sopan santun, atau sopan santun.
http://novitasoviana.blogspot.co.id/...ata-krama.html

Nah,berdasarkan penjelasan diatas sangat jelas tata krama itu suatu bentuk tata cara kita dalam bersosialisasi dengan sesama secara sopan dan santun. didalam keluarga maupun lingkungan sekolah tata krama pasti selalu diajarkan serta dibiasakan. nah, di zaman yang teknologinya udah makin canggih ane coba memperhatikan orang disekitar ane apakah mereka masih memegang teguh tata krama yang diajarkan sejak dini? coba liat langsung contohnya ajah yaaa. ane kasih dari hal sederhana ya

1. Ucapan Terima Kasih
Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!
Ucapan terima kasih ini ane kasih contoh sederhana ajah. seberapa sering agan ngucapin terima kasih kepada sopir angkot yang nganterin agan, sopir taksi yang nganterin agan, pelayan restoran yang menghidangkan makanan maupun minuman, ucapan terima kasih buat pembantu agan di rumah yang udah nyuci baju agan, nyiapin makanan agan. seberapa sering gan? atau kadang ente nganggep mereka ngga ada??

2. Kata Panggilan Terhadap Nama Orang
Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!
Nah,ini juga yang ane perhatikan disekitar kita banyak orang zaman skrg itu asal manggil ajah, ane contohin ya

Ane (A), Komeng (K),ceritanya ane chat si Komeng
A : Besok jam berapa ke kampus?
K : ........
A : woi Bales woi!!
K : ........
A : Kenapa gak bales chat gw?? ga punya tangan buat ngetik? abispulsa??
K : lo chat ama siapa? nama gw woi?? gw punya nama, nama gw komeng. panggil nama gw baru gw nyaut klo ga gw anggap ngga ada chat dari lo.

Banyak juga sekarang nama kita diubah ubah menjadi nama panggilan yang lebih jelek. nama bagus2 di ubah2. dan ada yang suka manggil make nama org tua. dua kejadian ini ane alami dikehidupan sehari hari dimana ane bentak temen ane yang ngechat ga pake manggil nama serta dimana ane kena bentak karena manggil temen ane pakai nama bokap dia.

3. Membungkuk Ketika Lewat Depan Orang Tua
Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!
Ane perhatiin sekarang orang lewat didepan orang tua itu biasa ajah. ngga ada pake acara bungkuk permisinya. pake lewat ajah. ane dari kecil selalu di ajarin kek gini. membungkuk ketika mau lewat di depan org yang lebih tua itu salah satu tata krama gan. so, masihkah agan melakukan hal ini? nilai sendiri agan gimana.

4. Meludah,Kentut, Bersin Dan Sendawa Sembarangan
Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!
sering ane liat orang meludah sembarangan. kaya ga ada tata krama lagi, terus orang yang kentutnya gede sengaja digedein biar keliatan keren, abis makan sendawa sekencang2nya biar dikira keren. bersin sekencang2nya tanpa tau ada orang kiri kanan. banyak ane nemuin orang kek gini. ane juga sekarang udah mulai ngurangin kebiasaan diatas pelan2. manusia ngga ada yang sempurna tapi tetep berusaha donk!

5. Penggunaan Kata Permisi
Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!
Kata satu ini juga berdasarkan pengamatan ane udah semakin jarang digunain. banyak ane temuin org nanya jalan langsung nanya : rumah bapak ahmad dimana yah? tanpa ada ngomong permisi atau apa. terus banyak juga ane liat tuh office boy di kampus atau kantor lagi nyapu orang lewat gitu ajah tanpa bilang permisi. hello mereka juga manusia jadi tolong di hargai dongggg.. nonton di bioskop tiba2 ada yang lewat nyenggol kaki ente tanpa bilang permisi. terus ente mau masuk ruangan rekan kerja atau ruangan bos juga pastinya mesti ketuk dulu baru masuk ya gan jangan asal nyelonong.walahh, masih banyak lagi contoh2nya gan

6. Makan Sambil Main Gadget
Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!
kalau lagi sendirian its okay lah gan. zaman skrg ini coba ente perhatiin kalau lagi makan. kerjaannya apa? pasti main gadget kan? kadang lagi ngumpul malaeh sibuk ama gadget. tata krama kita ngga pernah ngajarin kita makan sambil main gawai. jangan teknologi yang mengontrol kita, tapi kitalah yang mengontrol teknologi tersebut.

6. Nyerobot Antrian
Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!
Pernah ketemu orang yang tiba tiba nyerobot waktu antrian panjang ga? rasanya apa gan? pengen nampolin tuh org kan. ini juga banyak ane liat bahkan org tua juga budaya antrinya diganti budaya nyerobot. dibilangin ga seneng, mewek2 marah2. sekalian ajah bawa ke pengadilan. ahhahaha.. ada ga org kaya gini? atau agan kek gini??? nilai sendiri ya gan.



Tret ini ane buat berdasarkan penilaian bahwa zaman skrg itu orang seperti hidup di dunia maya. mereka bukan lgi makhluk sosial yang saling membutuhkan. di dunia maya juga banyak ane temui orang yang ngomong kasar sok jagoan maki2 orang ga jelas. itu dunia maya bro,gimana klo dunia asli? ente berani main maki2 orang? nah demikian tret ini ane buat semoga bermanfaat. selamat beristirahat.

sumber : google, pemikiran ts

Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!
Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!
Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!

Tingkah laku yg baik adalah tanda manusia beradab bre
Ane tetap menjaga adab bre
iyeh donks bray
Quote:Original Posted By enda.roses
Ane tetap menjaga adab bre


mintak bata dunks buk
Quote:Original Posted By enda.roses
Ane tetap menjaga adab bre



Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!

Bagus anak muda
Ane sampe saat ini alhamdulilah masih memegang tatakrama . Dilihat dari siapa dan dimana saja

Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!
"eling lan waspodho"




Quote:Original Posted By kucingangkasa48



Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!

Bagus anak muda


Makasih atas wejangannya kek...
Quote:Original Posted By .zell.


mintak bata dunks buk


Zal, spread Zal, sabar ye
jangan sungkan utk mengucapkan terima kasih

karna dengan ucapan terima kasih saja mimik , ekspresi dan hati org trsbt akan gmn gmn gtu

" Makasih ya bang "
" Iya sama sama dek "
Quote:Original Posted By enda.roses
Makasih atas wejangannya kek...



Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!

Mari bantu mencari kitab suci
Quote:Original Posted By enda.roses


Zal, spread Zal, sabar ye


kaloh udah bisah ceprit zelimah lagik yeh buk
Bawah ame kagak punya tata krama
Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!

ane masih punya sopan santun gan
permisi ts numpang lewat
masih gan , ane orang nya sering gak enakan sama yg tua
Quote:Original Posted By nasgormurah
Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!

ane masih punya sopan santun gan
permisi ts numpang lewat


Keluarga yg laen mana bray
Quote:Original Posted By manekenek
Keluarga yg laen mana bray



Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!

lagi pada tapa bre
Quote:Original Posted By nasgormurah
Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!

ane masih punya sopan santun gan
permisi ts numpang lewat


Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!

ente mau kemana sudaraku

aye maok gemboking bray
Quote:Original Posted By kucingangkasa48
Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!

ente mau kemana sudaraku



Agan Masih Memegang Teguh Tata Krama? Baca Ini!

mau mencari kitab suci ke barat
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar