Pages


Minggu, 08 Maret 2015

Komentator? Ini yang Harus Mereka Punya

  (www.kaskus.co.id)


Quote:Quote:Mukaddimah

Quote:Komentator merupakan salah satu elemen yang dianggap penting dalam penyelenggaraan acara sepakbola, namun kerapkali tidak mendapatkan perhatian. Alih-alih mendengarkan ulasan seorang komentator, banyak penikmat sepakbola yang justru memilih untuk mengganti saluran televisi dengan acara lain saat sesi ulasan komentator lokal sedang berlangsung. Mereka menganggap acara bola dimulai setelah kick-off terjadi, bukan ketika acara ulasan sepakbola dimulai. Tragis memang. Padahal, tidak dapat disangkal bahwa komentator sepakbola sebenarnya juga merupakan kunci yang krusial dalam menentukan tingkat keberhasilan sebuah penayangan acara sepakbola, baik nasional maupun internasional. Apa yang menyebabkan para pemirsa tidak berminat untuk mengikuti sesi ulasan sepakbola? Iklan! Sabar. Hal itu memang menjengkelkan. Namun seringkali juga karena kualitas komentator yang tidak memenuhi standar. Dalam kesempatan ini ane akan sedikit memberikan gambaran tentang standar yang harus dimiliki oleh seorang komentator sepak bola, semoga bisa bermanfaat.



Quote:Syarat Menjadi Komentator Sepak Bola

Quote:Quote:Mengenal karakteristik serta historisitas pemain-pemain
dari Klub yang Bertanding


Quote:Tidak jarang seorang komentator sepakbola harus mengulas line-up atau formasi yang diturunkan oleh pelatih dari tim yang sedang bertanding. Mengenali karakteristik pemain akan membantu penikmat sepakbola untuk memahami bagaimana membaca strategi yang sedang diusung oleh tim kesayangan mereka. Ia seolah membimbing para penikmat sepakbola, untuk mengetahui kualitas kedalaman sebuah tim, melalui analisa formasi, pemain inti dan pengganti, potensi perubahan formasi dan bahkan filosofi strategi. Selain itu, tidak kalah penting untuk mengenal historisitas atau kesejarahan dari pemain tersebut. Tidak jarang, cara dan gaya permainan seorang pemain dipengaruhi oleh pengalaman masa lalunya. Ada pemain, pelatih atau liga tertentu yang menempanya untuk menjadi pemain seperti ini. Historisitas juga merupakan kunci untuk memudahkan para pendukung sebuah kesebelasan untuk mengenal respon emosi internal yang terjadi di lapangan.


Quote:Quote:Memiliki data statistik terkait dengan klub maupun pemain
yang sedang bertanding


Quote:Ada tiga kebohongan di dunia ini. Yang pertama adalah statistik, yang kedua adalah statistik, dan yang ketiga adalah statistik. Statistik seringkali diragukan keabsahannya. Namun, secara paradoks, data statistik seringkali menolong para penikmat untuk mengetahui atribut-atribut tertentu yang menarik disajikan.


Quote:Quote:Memiliki kemampuan verbal: Mencakup kosakata, intonasi suara
dan dramatisasi kejadian


Quote:Kemampuan berbicara adalah kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang komentator. Saya berharap stasiun televisi memperhatikan dan menyeleksi hal ini dengan ketat. Mengapa? Karena masih banyak ditemui beberapa stasiun TV di tanah air yang (dengan sengaja) mengundang komentator tertentu yang tidak memiliki kemampuan verbal yang baik. Bahasanya berbelit-belit dan sulit untuk dimengerti, bahasa berbunga-bunga (Misalnya: Saaaayangg seribu sayaang saudaraaaa!), bahkan beberapa diantara mereka tidak mengerti sepakbola. Benar sekali. Tidak jarang para artis, dan bahkan tokoh politik yang tidak tahu menahu diundang hanya untuk mendongkrak popularitas acara dan “menyejukkan mata”. Hal ini tentu disayangkan. Elemen yang penting dibahas mengenai kemampuan verbal adalah kosakata, intonasi suara dan kemampuan untuk mendramatisasi kejadian. Kosakata haruslah luas dengan berbagai variasi kreatif. Mana mungkin penonton tertarik untuk mendengar 90 menit komentator berbicara


Quote:Quote:Tidak melakukan kesalahan penyebutan nama pemain

Quote:Komentator juga manusia. Kesalahan dapat dilakukan. Namun jika kesalahan dilakukan berulang kali, hal itu jelas merupakan penyakit kronis yang memalukan. Bayangkan jika komentator beberapa kali melakukan kesalahan penyebutan nama pemain pada saat pertandingan El-Classico. “Ronaldo memberikan bola kepada Bale. Eh, maksud saya Isco. Dani Alves dengan sigap melakukan tekel. Pelanggaran! Tekel keras menghasilkan kartu kuning untuk Dani Alves! (Dan dua menit kemudian muncul info-box bahwa yang melakukan pelanggaran adalah Jordi Alba). Maaf permirsa, maksud saya adalah Jordi Alba.”


Quote:Quote:Mengetahui kejadian-kejadian tertentu di luar lapangan
yang berpotensi terkait dengan pertandingan


Quote:Poin plus bagi komentator apabila ia juga mengetahui gosip terkini mengenai kondisi di luar lapangan menjelang pertandingan. Misalnya Si A baru saja menerima duka atas meninggalnya saudaranya, atau si B yang baru saja menjadi seorang ayah, dan fakta-fakta lain yang memperkaya pengetahuan penikmat sepakbola.


Quote:Quote:Bersikap netral dan tidak berat sebelah

Quote:Sebagai seorang komentator sepakbola, ane percaya mereka juga memiliki tim dan pemain favorit. Namun demikian, adalah hal yang wajib bagi mereka untuk memiliki profesionalisme untuk tetap tidak berat sebelah. Ia harus memberikan apresiasi kepada kemenangan tim lawan yang bermain cantik, sekalipun yang dibabat habis adalah tim kesayangannya. Ia tak boleh bersorak kegirangan saat tim kesayangannya mencetak gol, dan sebaliknya marah saat kebobolan.

Quote:
Sumber Tulisan : TKP  (jonyekoyulianto.blogdetik.com)
Sumber ilustrasi : T K P  (images.google.com)




ha ha bener gan kalau di mari sih rata2 kek komentator di tarkam

Jebrettttt
ow ow ow jebret

ahaay
yang pasti harus netral dan ga berat sebelah itu yang paling penting
yang pasti si sebelum berkomentar dia harus apal hal yang terkait dengan pertandingan itu gan dari dalam maupun luar lapangan

sepertinya calon HT
di sinimah lebih seru komentator nya ketimbang bola nya, ahay jebret gol gol gol gol
yang banyak malah asal-asalan ngomong gan
paling parah itu kalo komentatornya garing gan
kalo dah kayak gitu ane gak pake suara dah nontonnya
Mejeng pejwan dulu,
Paling males kalau komentarnya berat sebelah, atau walau gak secara langsung tapi memberikan komentar yg nyindir
ternyata gak gampang yaa .
pinter ngomong dan ngeles gan...hehehe...
nice tread gan..
wih klo begitu kudu sekolah bola jg gan
Susah juga yah jadi Komentator sepakbola
tapi kayaknya kalo komentator dari indonesia agak mudah
klo di indo mah ga ada standar kayaknya...
penetrasi,menusuk dari belakang,ya tendangan bagus ternyata melambung jauh...Fuck..baru juga komentator bilang tendangan bagus langsung ada kata melambung jauh..
trus kalo ada yang cetak,hebohny setengah mati...jembret,ahay,golazo,joss..apa coba.....
wah ini ulasan mantap nih.. komentator harusnya juga punya analisa setelah pertandingan yang tepat dan tidak hanya menebak atau membaca hasil permainan.. selain itu juga harus tahu macam2 strategi yang digunakan.. contohnya pada dua komentator bola keren ini...
Spoiler for :
jamie carragher & gary neville



=============
tancep rate5
yg pasti pengetahuan bolanya harus luas
kebanyakan komentator itu jurnalis, mantan pemain atau pelatih bola, herannya di indonesia standart kayak gini kok jarang yang punya ya ???
agak humoris harusnya ada gan biar , penonton nggk bosan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar