Pages


Rabu, 22 April 2015

Antara Indonesia, Polandia, dan Monaco, siapa yang pertama menggunakan bendera merah

Antara Indonesia, Polandia, dan Monaco, siapa yang pertama menggunakan bendera merah putih ?




ALHAMDULILLAH HT#1 (21/04/2015)

Selamat Datang di thread sederhana saya ini

Nih ane cantumin aturan NO REPOST :
Spoiler for Repsol:


Quote:Di dunia ini terdapat tiga negara yang memiliki warna dan model bendera yang sama yaitu antara negara Indonesia, Polandia, dan Monaco. taukah anda negara mana yang pertama kali menggunakan warna merah putih sebagai lambang bendera. Bagi anda yang masih bingung.

Berikut informasi menarik yang perlu anda tau :
Spoiler for 1. POLANDIA:


BENDERA POLANDIA
Bendera Polandia terdiri atas dua garis horizontal dengan lebar yang sama, bagian atas putih dan bagian bawah merah. Dua warna tersebut didefinisikan dalam konstitusi Polandia sebagai warna nasional.

Putih dan merah secara resmi diadopsi sebagai warna nasional pada tahun 1831. Hal itu didasarkan atas tincture (warna) khas dari lambang dua negara konstituen Persemakmuran Polandia-Lituania, yaitu Elang Putih dari Polandia dan The Pursuer of Lituania, seorang ksatria berkulit putih yang menunggangi kuda putih lengkap dengan perisai merah. Sebelum itu, tentara Polandia memakai kombinasi berbagai warna. Bendera nasional secara resmi diadopsi pada tahun 1919. Sejak tahun 2004, Polish Flag Day dirayakan pada tanggal 2 Mei.

Spoiler for 2. MONACO:



BENDERA MONACO
Bendera nasional Monaco terdiri atas dua strip horizontal yang sama, merah (atas) dan putih (bawah). Warna Merah dan Putih sudah menjadi corak khas The House of Grimaldi paling tidak semenjak 1339, namun dengan desain yang berubah-ubah.. Desain dua warna diadopsi pada tanggal 4 April 1881, di bawah pimpinan Pangeran Charles III.

Bendera Monako yang asli (berbentuk sama dengan Bendera negara Monako tapi dengan gambar simbol negara versi sebelumnya di tengahnya) sudah digunakan sejak awal kerajaan ini berdiri, kecuali saat Monako di-aneksasi Perancis pada periode 1793-1814. Bentuknya kini yang lebih sederhana mulai digunakan sejak 4 April 1881.

Spoiler for 3. INDONESIA:


BENDERA INDONESIA

Bendera nasional Indonesia, yang dikenal sebagai Sang Saka Merah Putih ("Merah Putih") didasarkan pada bendera Kerajaan Majapahit pada abad ke-13 di Jawa Timur. Bendera itu sendiri diperkenalkan dan dikibarkan secara resmi di hadapan dunia pada upacara Hari Kemerdekaan Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945. Desain bendera masih tetap sama sampai sekarang.

Warna merah putih berasal dari bendera Kerajaan Majapahit pada abad ke-13. Kemudian, warna-warna itu dihidupkan kembali oleh para mahasiswa dan para nasionalis di awal abad 20 sebagai ekspresi nasionalisme melawan Belanda. Bendera merah-putih dikibarkan untuk pertama kalinya di Jawa pada tahun 1928. Di bawah pemerintahan Belanda, bendera itu dilarang berkibar. Sistem ini diadopsi sebagai bendera nasional pada tanggal 17 Agustus 1945, ketika kemerdekaan diumumkan dan telah digunakan sejak saat itu.

Ada juga cerita lain tentang bendera Indonesia, yang secara signifikan berhubungan dengan bendera Belanda. Di bawah kolonialisme Belanda, setiap urusan menggunakan bendera Belanda (merah-putih-biru). Sedangkan bendera Indonesia dilarang digunakan. Sebagai simbol perlawanan terhadap Belanda, kaum nasionalis Indonesia dan gerakan kemerdekaan merobek bendera Belanda. Mereka merobek bagian bawah bendera, dan memisahkan warna merah dan putih dari warna biru. Alasan utamanya adalah karena biru pada bendera Belanda dipahami sebagai berdiri untuk aristokrasi "berdarah biru". Sebaliknya, warna merah mewakili darah yang tertumpah dalam Perang Kemerdekaan, sedangkan putih bisa dipahami untuk melambangkan kemurnian Indonesia.

Nama resminya adalah Sang Merah Putih sesuai dengan Pasal 35 UUD 1945. Bendera ini juga biasa disebut Bendera Merah Putih, Sang Dwiwarna, atau Sang Saka Merah Putih. Bendera Pusaka adalah bendera yang dikibarkan di depan rumah Soekarno beberapa saat setelah dia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Bendera Pusaka ini adalah dijahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno, dan dikibarkan setiap tahun di depan istana presiden pada saat upacara hari kemerdekaan. Namun, karena dianggap terlalu rapuh, Bendera Pusaka dikibarkan untuk yang terakhir kalinya pada 17 Agustus 1968.

Merah berarti keberanian, sedangkan putih berarti kemurnian. merah tersebut merupakan tubuh manusia atau kehidupan fisik, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia atau kehidupan rohani. Bersama-sama mereka berdiri untuk melengkapi manusia.

Secara tradisional, sebagian besar masyarakat Indonesia telah menggunakan merah dan putih sebagai warna suci mereka, pencampuran warna gula (warna merah berasal dari gula kelapa atau Gula aren) dan beras (berwarna putih). Sampai hari ini, keduanya merupakan komponen utama masakan Indonesia setiap hari. Rupanya, penduduk Kerajaan Majapahit juga menggunakan konsep ini dan dirancang sebagai bendera merah dan putih.

Note : Kerajaan majapahit berdiri tahun 1293


Quote:Jadi Kesimpulannya :
1. Polandia menggunakan corak bendera putih-merah pada tahun 1831
2. Monaco menggunakan corak bendera merah-putih pada tahun 1339 (itupun desainnya masih berubah-ubah)
3. INDONESIA, menggunakan corak bendera MERAH PUTIH sejak jaman Kerajaan Majapahit berdiri tahun 1293!!


Spoiler for Catatan pentingnya:
INDONESIA adalah yang PERTAMAX menggunakan bendera MERAH PUTIH dan tidak pernah mengalami perubahan desain bendera. Walaupun sering terjadi pergolakan di dalam negeri, perubahan sistem pemerintahan, penjajahan oleh kaum imperialisme, MERAH PUTIH akan tetap berkibar!! MERDEKA!!!!


Jadi Indonesialah yang menjadi negara pertama menggunakan bendera merah putih yang penuh perjuangan

Demikianlah thread sederhana saya ini semoga dapat bermafaat bagi kita semua...

Jangan lupa yah yang baik hati kasih .... TERIMA KASIH....

Sumber :
Quote:
http://asiktau.blogspot.com/2013/02/...an-monaco.html


TAMBAHAN LINK MASALAH BENDERA KERAJAAN MAJAPAHIT
Quote:  (dongengarkeologi.wordpress.com)


PENDAPAT PARA PEMBACA :

#YANG TIDAK SETUJU
Quote:Quote:Original Posted By agungnovia
Indonesia bukan Majapahit gan, saya tidak setuju kalau dibilang bendera merah putih yang digunakan sejak zaman Majapahit adalah bendera Indonesia.
Mungkin itu adalah bendera Majapahit, tapi bukan bendera Indonesia, seperti halnya bendera Monako bukanlah bendera Indonesia.

Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dengan latar belakang kerajaan-kerajaan, bukan hanya Majapahit.
Penjajahan Belanda lah yang menyatukan Indonesia, itu faktanya.
makanya Timor Leste tidak lagi menjadi bagian negeri ini.

Di era modern seharusnya Nasionalisme Indonesia disesuaikan dengan situasi yang ada. Karena Indonesia modern tidak hanya terdiri dari suku-suku bangsa asli pribumi, tapi juga dari luar seperti Cina, Arab, India, Eropa, Afrika dll.

Karena itu mengadopsi Nasionalisme Majapahit (seperti yang dilakukan saat Zaman Orde Baru) saya rasa kurang cocok diterapkan. Apalagi Majapahit tidak melulu memberikan sentimen positif bagi kerajaan lain di Nusantara di zaman dahulu.
Bukti: cari Nama Jalan, Monumen atau Gedung dengan nama Majapahit atau yang berhubungan dengan Majapahit seperti Gajahmada, Hayamwuruk, dll di Jawa Barat. Dijamin ga akan ketemu, padahal di Provinsi lain nama jalan banyak yang pakai nama-nama tersebut.


Quote:Original Posted By makanagin
Kesimpulan yg menggelikan....

Kalo secara resmi ya tetap Monaco lah yg sudah dipakai sejak 4 April 1881. Polandia kedua, tahun 1919. Dan Indonesia yg terakhir, 1945.
Judul threadnya aja nyebut nama2 negara. Kalo kerajaan di daerah/wilayah, boleh lah ane setuju.
Lah, ini udah jelas2 tahun 1200-an itu nama Indo belum tercetus. Masih Majapahit..

Konyol abis TS!

Spoiler for Makan Angin:




Quote:Original Posted By idbarumukalama.
ambigu bgt nih kesimpulannya TS.. klo ngmngin siapa duluan yg pake menurut ane sih yah Monaco. soalya mereka sudah jadi negara yg sah. klo Majapahit kan Kerajaan Bukan Negara.


CMIIW


Quote:Original Posted By jiururuu
kedengarannya maksa yah..

ane sih cuma tau yang robek bendera belanda itu


Quote:Original Posted By ogbonna
Bendera nasional secara resmi diadopsi pada tahun 1919 >>> POLANDIA
Bentuknya kini yang lebih sederhana mulai digunakan sejak 4 April 1881. >>> MONAKO
Sistem ini diadopsi sebagai bendera nasional pada tanggal 17 Agustus 1945, ketika kemerdekaan diumumkan dan telah digunakan sejak saat itu. >>> INDONESIA

Urutan yang benar siapa yang duluan :
1. Monako
2. Polandia
3. Indonesia

Bahkan ada perbedaan antara bendera Indonesia dan Monako, yaitu dari dimensinya (ukuran), Googling jangan males.

INDONESIA adalah yang PERTAMAX menggunakan bendera MERAH PUTIH dan tidak pernah mengalami perubahan desain bendera. Walaupun sering terjadi pergolakan di dalam negeri, perubahan sistem pemerintahan, penjajahan oleh kaum imperialisme, MERAH PUTIH akan tetap berkibar!! MERDEKA!!!! FAILED

Majapahit bukan Indonesia, Demak, Banten, Ternate, Gowa, Sriwijaya, Samudera Pasai, Buleleng, bukan Indonesia.
Indonesia pertama kali resmi di pakai adalah pada Kongres Pemuda 1928, dan diresmikan 17 Agustus 1945.

Boleh nasionalis, tapi jangan bodoh. Riset dulu lah bentar, at least coba riset kecil via Google.

Hanya meluruskan fakta aja, dan menyayangkan thread gini bisa HT.




#YANG SETUJU NIH
Quote:Quote:Original Posted By rullyrullzzz
Menurut ane, semua kesamaan adalah kebetulan belaka. Sangat sulit jaman dulu untuk jadi plagiat, mengingat masing-masing negara dibatasi jarak yang jauh.

Kecuali mungkin Monaco dan Polandia. Tapi apapun itu alasannya, warna merah - putih emang mencerminkan jiwa patriotisme. Soalnya banyak negara yang pakai warna dasar merah atau putih untuk bendera negaranya..



Quote:Original Posted By ogbonna
Bendera nasional secara resmi diadopsi pada tahun 1919 >>> POLANDIA
Bentuknya kini yang lebih sederhana mulai digunakan sejak 4 April 1881. >>> MONAKO
Sistem ini diadopsi sebagai bendera nasional pada tanggal 17 Agustus 1945, ketika kemerdekaan diumumkan dan telah digunakan sejak saat itu. >>> INDONESIA

Urutan yang benar siapa yang duluan :
1. Monako
2. Polandia
3. Indonesia

Bahkan ada perbedaan antara bendera Indonesia dan Monako, yaitu dari dimensinya (ukuran), Googling jangan males.

INDONESIA adalah yang PERTAMAX menggunakan bendera MERAH PUTIH dan tidak pernah mengalami perubahan desain bendera. Walaupun sering terjadi pergolakan di dalam negeri, perubahan sistem pemerintahan, penjajahan oleh kaum imperialisme, MERAH PUTIH akan tetap berkibar!! MERDEKA!!!! FAILED

Majapahit bukan Indonesia, Demak, Banten, Ternate, Gowa, Sriwijaya, Samudera Pasai, Buleleng, bukan Indonesia.
Indonesia pertama kali resmi di pakai adalah pada Kongres Pemuda 1928, dan diresmikan 17 Agustus 1945.

Boleh nasionalis, tapi jangan bodoh. Riset dulu lah bentar, at least coba riset kecil via Google.

Hanya meluruskan fakta aja, dan menyayangkan thread gini bisa HT.


Quote:Original Posted By sp00ky2


tong..tong...
Tetep aja ya Indonesia yg duluan lah, pengen dulu kerajaan kan tetep aja itu Indonesia/Nusantara/Majapahit.
Bentuk negara bisa berubah tong, dari kerajaan ke negara, maupun sebaliknya.
Itu dulu Iran sama Mongolia dulu kerajaan dan berubah jadi negara.
Cendol doang lu banyakin tong


Quote:Original Posted By chelcealiu1209
siapapun yang menggunakan duluan sebenernya ga penting karena mereka mempunyai arti penting bagi tiap negara dan warga negaranya.. Bagaimana perjuangan mereka untuk bisa menggunakan bendera tersebut.. apapun benderanya hargailah itu karena makna perjuangannya sangat besar..

Gan ane numpang nitip blog ya, langsung aja klik di sini  (bit.ly)


Quote:Original Posted By sp00ky2


sotoy,
berarti kerajaan siam itu bukan thailand?
berarti kerajaan persia itu bukan iran?
berarti kerajaan mongolia itu bukan mongolia?
berarti kerajaan khmer itu bukan kamboja&laos?

Neh ogut kasih tau ke ente ye, terbentuknya suatu negara itu tuh berasal dr banyak hal, satu contoh, bisa dari 1 kerajaan yang terpecah jadi 2 negara/lebih cth: kerajaan korea yg pecah akibat penjajahan menjadi korea utara&selatan; kerajaan khmer yg terpecah menjadi 2 negara yaitu laos dan kamboja.

Ya intinya indonesia ini berasal dr beberapa kerajaan buddha, hindu, maupun kesultanan, makannya dinamain Nusantara/Indonesia

Dah ah bagi2 ilmunya, keenakan di ente.


Quote:Original Posted By f.torres19
hidup indonesiaku !!!!!!



Hidup Indonesia







●▬▬▬▬๑۩۩๑▬▬▬▬▬● Devil's Rose ●▬▬▬▬๑۩۩๑▬▬▬▬▬●
memang keren indonesia
sumber mana gan?
kok gak ada?
Indonesia gan.. Sejak jaman Majapahit.
Quote:Original Posted By fu.ck
sumber mana gan?
kok gak ada?

Ntuh ada gan
nih ane kasih lagi http://asiktau.blogspot.com/2013/02/...an-monaco.html
Indonesia pionirnya bendera merah putih gan monaco mirip banget jangan-jangan plagiat tuh
pasti indonesia gan
merdeka !!! merah putih tetap yang pertamax
kalo polandia sih menurut ane memang beda dengan indonesia, nah kalau monaco ini yang perlu dipermasalahkan
tetap indonesia gan
jadi indonesia duluan gaaaaaaaan .
Hiduplah INDONESIA raya~
indonesia gan
Menurut ane, semua kesamaan adalah kebetulan belaka. Sangat sulit jaman dulu untuk jadi plagiat, mengingat masing-masing negara dibatasi jarak yang jauh.

Kecuali mungkin Monaco dan Polandia. Tapi apapun itu alasannya, warna merah - putih emang mencerminkan jiwa patriotisme. Soalnya banyak negara yang pakai warna dasar merah atau putih untuk bendera negaranya..
"Coba baca buku api sejarah gan, disitu disinggung bahwa bendera merah putih adalah bendera yang dipakai oleh Rosulullah saw"

Spoiler for Edit 21/04/2015 :
Ternyata banyak juga yg nanyain perihal postingan ane diatas.
Untuk lebih jelasnya agan-agan bisa baca buku Api Sejarah I , tulisan Ahmad Mansur Surya Negara

Spoiler for Referensi Lain:
REPUBLIKA.CO.ID, Dalam buku berjudul 'Api Sejarah' karya Ahmad Mansur Suryanegara, disebutkan bendera Republik Indonesia (RI), Sang Saka Merah Putih, adalah Bendera Rasulullah Muhammad SAW.

Para ulama berjuang untuk mengenalkan Sang Saka Merah Putih sebagai bendera Rasulullah SAW kepada bangsa Indonesia dengan mengajarkannya kembali sejak Abad Ketujuh Masehi atau abad kesatu Hijriah. Masa ini bertepatan dengan masuknya agama Islam ke Nusantara.

Mansyur menyatakan para ulama membudayakan bendera merah putih dengan berbagai sarana antara lain tiga cara berikut:

Pertama, setiap awal pembicaraan atau pengantar buku, sering diucapkan atau dituliskan istilah Sekapur Sirih dan Seulas Pinang. Bukankah kapur dengan sirih akan melahirkan warna merah? Lalu, apabila buah pinang diiris atau dibelah, akan terlihat di dalamnya berwara putih?

Kedua, budaya menyambut kelahiran dan pemberian nama bayi serta Tahun Baru Islam senantiasa dirayakan dengan menyajikan bubur merah putih?

Ketiga, pada saat membangun rumah, di susunan atas dikibarkan Sang Merah Putih. Setiap hari Jum’at, mimbar Jum’at di Masjid Agung atau Masjid Raya dihiasi dengan bendera merah putih.

Mansyur pun menyatakan pendekatan budaya yang dilakukan para ulama telah menjadikan pemerintah kolonial Belanda tidak sanggup melarang pengibaran bendera merah putih oleh rakyat Indonesia.

Mansyur menegaskan bendera Rasulullah SAW berwarna Merah Putih seperti yang ditulis oleh Imam Muslim dalam Kitab Al-Fitan, Jilid X, halaman 340. Dari Hamisy Qasthalani,

Rasulullah SAW Bersabda: “Innallaha zawaliyal ardha masyaariqaha wa maghariba ha wa a’thonil kanzaini Al-Ahmar wal Abjadh”.

Artinya: “Allah menunjukkan kepadaku (Rasul) dunia. Allah menunjukkan pula timur dan barat. Allah menganugerahkan dua perbendaharaan kepadaku: Merah Putih”.

Informasi ini didapat Mansyur dari buku berjudul Kelengkapan Hadits Qudsi yang dibuat Lembaga Al-Qur’an dan Al-Hadits Majelis Tinggi Urusan Agama Islam Kementerian Waqaf Mesir pada 1982, halaman 357-374. Buku ini dalam versi bahasa Indonesia dengan alih bahasa oleh Muhammad Zuhri.

Mansyur mengemukakan sejumlah argumen pendukung untuk memperkuat pendapatnya, yakni merah putih adalah bendera Rasulullah Muhammad SAW.



Menurut Mansyur, Rasulullah Muhammad SAW memanggil istrinya, Siti Aisyah ra, dengan sebutan Humairah yang artinya merah.

Busana Rasulullah SAW yang indah juga berwarna merah, seperti disampaikan oleh Al Barra: “Kanan Nabiyu Saw marbua’an wa qadra ataituhu fi hullathin hamra-a, Ma raitu syaian ahsana min hu”

Artinya: “Pada suatu hari Nabi SAW duduk bersila dan aku melihatnya beliau memakai hullah (busana rangkap dua) yang berwarna merah. Aku belum pernah melihat pakaian seindah itu”.

Mansyur pun menyatakan busana warna putih juga dikenakan oleh Rasulullah SAW, sedangkan pedang Sayidina Ali ra berwarna merah dan sarung pedang Khalid bin Walid berwarna merah-putih.


Thanks
mantap gan...
Merah Putih akan tetap berkibar "MERDEKA"
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar