Pages


Senin, 08 Juni 2015

Bete dengan Gangguan Telemarketing? Selow Aja Gan, Bisa Lapor Kok!

Quote: HT PERTAMA
Spoiler for IMAGE HT #1:
Ane ga nyangka thread ini bisa jadi HT Makasih banyak untuk respon positif agan-agan! Maaf kalau ane belum bisa jawab komen agan-agan satu-persatu.

Quote: Welcome to My Thread
Kali ini ane mau berbagi info soal mengatasi gangguan telemarketing yang dulu sering ane alami. Syukurnya ane menemukan informasi ini. Monggo disimak. Jangan lupa rate 5 nya kalau berkenan, agar thread ini terang-benderang

Sumber Info:

blog.duitpintar.com  (bit.ly)


Yang Merasa Terganggu Telemarketing Itu Buaaanyaaaakk....

Lagi fokus kerja, tiba-tiba ponsel berdering. Ternyata sales yang nawarin kartu kredit, kredit tanpa agunan, atau asuransi. Konsentrasi buyar, dongkolnya keluar. Hal ini acap kali ane alami. Teman-teman ane pun merasakan hal yang sama. Bukan mau merendahkan profesi sales ya Tapi..lama-lama...GONDOOOOOOKK

Telepon telemarketing kadang bisa kayak pacar yang ngingetin makan. Pagi, siang, malem, ada aja telepon dari telemarketing bank. Kalau lagi jomblo dan kesepian sih gak apa-apa. Bisa ngisi waktu dengan ngobrol biar gak galau, gitu. Tapi kalo keseringan, bete juga euy... Jadinya pun kita ngeluh, marah, bahkan sampai mengeluarkan sumpah-serapah.

Tapi Setelah Ane Telusuri...

Sebetulnya Kita Gak Usah Capek Ngomel-Ngomel
Pasalnya penawaran telemarketing sebenarnya sudah dilarang di Indonesia jika dilakukan tanpa persetujuan kita yang ditelepon! Simak deh larangan-larangan telemarketing dari pemerintah di bawah ini:
Spoiler for Larangan Telemarketing dari Pemerintah:

1. Larangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 1/POJK.7/2013 dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor12/SEOJK.07/2014 melarang telepon atau SMS penawaran produk dari bank atau lembaga keuangan lain, serta aktivitas telemarketing freelance yang menggunakan nomor telepon seluler. Pelanggaran aturan bisa dilaporkan ke OJK di nomor (021) 5006555

2. Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
Pasal17h aturan itu menyatakan informasi pribadi, termasuk aset dan nomor telepon pribadi seseorang merupakan informasi yang dikecualikan, atau rahasia. Jadi kalau tenaga telemarketing bisa tahu nomor telepon kita padahal kita gak pernah ngasi tahu, bisa kita laporkan ke polisi. Gak main-main, pihak yang membocorkan informasi pribadi ini bisa dijatuhi hukuman penjara hingga 2 tahun!


Jadi Kalo Keganggu Telemarketing Respon Aja Begini Gan
“Telepon Anda ini ilegal, bisa saya laporkan ke pihak berwenang!”


Gayanya selow aja kaya agan gini. Gak perlu lebay sampai berbusa memakai bahasa-bahasa enggak enak
kalau kesal sama penawaran sales telemarketing. Jangan lupa sebutin aturan dari pemerintah biar lebih meyakinkan.



Nah..kalau sampai tetep diteleponin pegawai lembaga keuangan atau bank yang sama. Gak usah ragu-ragu gan:

Laporkan!

Ngadunya ke Mana?

Pengaduan ke OJK bisa dilakukan dengan cara-cara berikut:
1. Telepon ke (021)1500655. Line telepon ini dibuka pada Senin-Jumat setiap pukul 08.00-17.00 WIB. (Nomor telepon sudah dikoreksi. Thanks to agan AVMC untuk info perubahan nomor layanan konsumen OJK!)
Spoiler for Koreksi dari AVMC:
Quote:Original Posted By AVMC
Gan sorry koreksi dikit nomor call center OJK bukan (kode area) 500655 lagi tapi udah menjadi (kode area) 1500655. Ane tau karena ane sering ngeliput OJK gan.

2. E-mail ke konsumen@ojk.go.id.
3. Isi form pengaduan online yang disediakan OJK di situs Sikapi Uangmu  (sikapiuangmu.ojk.go.id).

Selain itu agan juga bisa tulis surat ke Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen atau kirim faks. Tapi biar lebih simpel pakai aja salah satu dari 3 cara di atas!

Surat Pembaca juga bisa jadi jalan keluar untuk mengadu. Tapi jangan lupa gan, untuk fokus pada cara menyelesaikan masalah yang dihadapi. Jangan secara agresif berusaha menjatuhkan nama lembaga keuangan yang sedang bermasalah dengan kita. Salah-salah, agan yang dituntut karena pencemaran nama baik lembaga itu. Cara ampuh untuk komplain soal layanan bank atau lembaga keuangan bisa agan pelajari lewat artikel ini  (bit.ly).

Penting Disimak

Sebelum melapor coba ingat-ingat deh apa agan pernah tanda tangan berkas dari bank tanpa baca isinya dengan detail?

Emangnya Kenapa?
Kan suka ada tuh, keterangan “Menyetujui ingin mendapat penawaran dari pihak-pihak selain bank, yang menjadi partner resmi bank”. Kalau kita tanda tangan, artinya kita setuju menyebarkan nomor telepon kita. Makanya, besok-besok dibaca dulu tuh keterangannya.

Nah Lho, Kalo Ga Mau Dapat Penawaran Tapi Harus Tanda Tangan Gimana?
Kalau ada kasus sampai gak bisa dapat layanan/produk bank tertenu gara-gara ogah tanda tangan, sebutin aja aturan-aturan dari OJK dan UU Keterbukaan Informasi tadi.

Penting Diingat!
1. Nasabah sebagai masyarakat Indonesia sepenuhnya berhak menolak membuka informasi pribadi ke pihak mana pun.
2. Kita sebagai nasabah mesti lebih teliti dalam membaca ketentuan-ketentuan yang berlaku, agar informasi pribadi gak tersebar ke mana-mana.

Sumber blog.duitpintar.com  (blog.duitpintar.com)

Quote:Semoga informasi tersebut membantu kaskusers sekalian agar gak galau dan gondok sendiri kalau dapat gangguan telemarketing!
Jangan lupa share ke teman-teman ya. Lumayan tuh FB, Twitter dijadikan media untuk menyebarkan info berguna, ketimbang dipakai bergalau ria aja hehehe
UDPATE! Beberapa Kaskuser menyarankan untuk menggunakan app smartphone Whoscall dan Phone Warrior untuk blokir panggilan. Thanks untuk saran agan-agan! Silakan diintip:
Spoiler for Saran Kaskusers:
Quote:Original Posted By oswald


kalau agan masih pake Blackberry atau mungkin smartphone lain juga ada, coba di cek apps ini gan..

ane pake apps yang bisa bikin agan gak perlu berulang-ulang ngomong dengan meeker



Spoiler for keterangan dari agan oswald:
sms, atau telepon sama saja, asalkan dari no yang udah agan blok agan bisa langsung ditolak tanpa ada getaran atau suara apapun di handphone agan atau sista...(kalau untuk sms, agan hanya perlu masuk ke apps dan "delete all spam", kapan pun agan ingat, atau kalau memori udah kepenuhan)

bahkan bisa sering kali auto detect SMS sampah semacam mama minta pulsa dan kroni-kroninya, jadi agan hanya memasukkan nomer-nomer tertentu saja yang gak ke auto-detect...

dan paling enaknya free gan…
Quote:Original Posted By crown.victoria
Sedikit tips dari ane gan biar bisa ngindar dari telemarketing

Kalo agan pake android coba cari aplikasi Whoscall di Playstore. Disitu ada fungsi caller ID, jadi bisa ketahuan siapa yg telp. Trus bisa block panggilan. Ane udah coba aplikasi ini berhasil gan
Spoiler for whoscall:
Quote:Original Posted By rainbow03
paling gampang install aplikasi whos call dari play store .... mantep daaaah....

ane terbantu banget dengan aplikasi itu.

Dia bisa ngeblok nomor2 yang kita daftarkan, dan bisa munculin database no telp ketika call masuk.

mau sampe pegel tu orang telp, kapok dah wkwkwkwk
Quote:Koleksi Thread Ane
Jangan Mau Dirugikan Surcharge 3% Kartu Kredit  (www.kaskus.co.id)
8 Gugatan Nasabah Bank yang Dimenangkan di Pengadilan
  (www.kaskus.co.id)
Cara Memanfaatkan Diskon yang Benar  (www.kaskus.co.id)
Jangan Sepelekan Asuransi Jiwa KPR Gimana Kalau Kepala Keluarga Meninggal?  (www.kaskus.co.id)
Fakta-Fakta Penting Seputar Rentenir yang Bikin Ane Heran!!  (www.kaskus.co.id)

Referensi Thread untuk #MaksimalkanKeuangan Agan:


buat yang mahasiswa kayanya engga pernah ngalamin sih
Nice info nice trit gan,
Baru tau ane klo itu bisa dilaporin,
Rate 5 meluncur
Quote:Original Posted By FibyMelodic
buat yang mahasiswa kayanya engga pernah ngalamin sih


Beruntung lah, agan yang masih mahasiswa. Tunggu nanti kalau udah berpenghasilan tetap dan bank melihat cashflow yang bagus ke rekening agan... apalagi kalau udah punya kartu kredit nantinya Baru deh nanti bisa melancarkan aturan-aturan pemerintah buat perlindungan diri hehe
Quote:Original Posted By padangpunya
Nice info nice trit gan,
Baru tau ane klo itu bisa dilaporin,
Rate 5 meluncur


Thanks agan padangpunya! Salam kenal.
Sering gan ane dpt.Hari ini ane sampai 3 telp
Herannya selisih waktu bisa sama gt,10 menit skali
Sebel jg sih,tp mau nada tinggi kasihan jg operatornya
Mrk kan lg kerja.cari uang
Kata kunci yg pas "saya msh blm perlu mbak.trmksh”
Cm dengan kata itu mrk ngerti kok kl kt gak berminat
Mudah2an besok gak ditelpnin lg sbb ketersediaan kesabaran sdh mendekati ambang batas hehehe
Quote:Original Posted By agus.duitpintar
Beruntung lah, agan yang masih mahasiswa. Tunggu nanti kalau udah berpenghasilan tetap dan bank melihat cashflow yang bagus ke rekening agan... apalagi kalau udah punya kartu kredit nantinya Baru deh nanti bisa melancarkan aturan-aturan pemerintah buat perlindungan diri hehe


lagian ga enak pake cc banyakin utang doang
Wahhh..kbetulan ada trit ginian...ane jg lg pynya uneg2nih gan hampir sminggu sekali ditelponin ama asuransi gan...secara..ane pnya kartu kredit gan....nawarinya ky stengah maksa gituuuu
wah, sayangnya ane baru tau sekarang gan... padahal kemarin kemarin sering nih... nice info gan..
nice info nih gan, nanti ane laporin deh
Quote:Original Posted By 170874
Sering gan ane dpt.Hari ini ane sampai 3 telp
Herannya selisih waktu bisa sama gt,10 menit skali
Sebel jg sih,tp mau nada tinggi kasihan jg operatornya
Mrk kan lg kerja.cari uang
Kata kunci yg pas "saya msh blm perlu mbak.trmksh”
Cm dengan kata itu mrk ngerti kok kl kt gak berminat
Mudah2an besok gak ditelpnin lg sbb ketersediaan kesabaran sdh mendekati ambang batas hehehe


Wah agan penyabar juga ya, diteleponi sesering itu masih bisa kalem.

Kalau boleh ane tambahkan, kalau agan besok-besok ditelepon lagi, jangan lupa bilang, "Tolong jangan telepon saya lagi, saya merasa terganggu." Kalau sampe tetep diteleponin, terpaksa agak ngancem dikit.

Saling menghargai dong? Ane tetap menghargai profesi para sales telemarketing, selama mereka juga mau menghargai privasi ane Begitu baru namanya adil.

Quote:Original Posted By arooz
Wahhh..kbetulan ada trit ginian...ane jg lg pynya uneg2nih gan hampir sminggu sekali ditelponin ama asuransi gan...secara..ane pnya kartu kredit gan....nawarinya ky stengah maksa gituuuu


Mantap! Bisa langsung diterapkan dong jurus-jurus 'ngancem'-nya. Ane pernah coba sekali, mention undang-undang yang berlaku. Pihak sales telemarketing langsung kebingungan dan menutup telepon. Ane pun ga pernah ditelepon lagi sama perusahaan yang sama.

Bukan mau jahat, tapi...kalau privasi terganggu, kita ga bisa diem saja dong?

Di sisi lain, itu pertanda baik buat agan. Sebab artinya agan punya reputasi baik di mata bank, makanya diteleponin mulu. Kayak ngejar gebetan ya...hehehe
Quote:Original Posted By FibyMelodic


lagian ga enak pake cc banyakin utang doang


Upss... kalo soal itu sih ane kurang setuju yaa. Soal banyakin utang atau enggaknya balik lagi ke prinsip agan pakai cc  (blog.duitpintar.com).

Kalau dipakenya bener alias selalu bayar tagihan penuh setiap bulan, kita ga cuma bebas dari catutan bunga, tapi juga diuntungkan penawaran promo, diskon, reward dan banyak lagi.

Kalau pakainya asal dan ga ngitung cara bayar, jelas bakalan menumpuk utang. Agar ga OOT, gabung aja diskusi di thread: Jangan Takut Terlilit Utang Kartu Kredit! Pakai Prinsip-Prinsip Ini  (www.kaskus.co.id)


nice info gan
baru tau kalau bisa dilaporkan tuh yg ngebocorin data customer/nasabah
malah ane denger ada sebagian bank yg ngejual data2 gitu

good sharingnya gan
info bermanfaat nih bray..
tengkiu udah sharing bray
yo bay aaauuu
Kalo lewat sms iklannya apa bisa juga dilaporin kesitu gan?
Informasi nasabah udah diperjualbelikan gan.
OJK harusnya langsung turun kesitu.
Quote:Original Posted By uhyung
Kalo lewat sms iklannya apa bisa juga dilaporin kesitu gan?


Bisa gan. Karena udah dilarang oleh OJK:

Quote:1. Larangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 1/POJK.7/2013 dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor12/SEOJK.07/2014 melarang telepon atau SMS penawaran produk dari bank atau lembaga keuangan lain, serta aktivitas telemarketing freelance yang menggunakan nomor telepon seluler. Pelanggaran aturan bisa dilaporkan ke OJK di nomor (021) 5006555


Quote:Original Posted By maseratti
Informasi nasabah udah diperjualbelikan gan.
OJK harusnya langsung turun kesitu.


Begitu lah gan. Karenanya kita mesti turut aktif & teliti dalam pemberian informasi. Gak mungkin kan petugas OJK ngecekin SMS atau telepon telemarketing satu-persatu. Sama halnya dengan saat kita tandatangan persetujuan tertentu untuk mendapat layanan/produk dari bank, gak bisa juga OJK menyatroni satu-satu. Mau bujet berapa buat bayar stafnya?

Seenggaknya, kalo agan menemukan kasus di mana data pribadi agan disalahgunakan, agan, bisa lapor ke OJK via nomor di atas
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar