Pages


Kamis, 29 Oktober 2015

Organisasi yang Secara Rahasia Menjalankan dan Mengelola Internet




Quote:Quote:
Introduction
Quote:
Internet adalah jaringan yang mehubungkan miliaran perangkat komputer/smartphone milik penduduk di dunia,lantas pernah kepikiran nggak sih gan siapa yang mengelola internet itu sampai kita bisa lancar berinternet ria, bisa chatting di BBM atau LINE dan mungkin bisa ngaskus dengan lancar saat ini? nah dari pertanyaan itulah ane bakal merangkum beberapa organisasi yang menjalankan dan mengelola jaringan dalam internet uniknya semua itu tidak memiliki badan pusat tunggal untuk mengontrol apa yang terjadi di dalam jaringan yang luas tersebut, Berikut adalah beberapa organisasi yang secara tidak kita sadari menjalankan internet yang sedang kita manfaatkan ini.!


Quote:
Spoiler for No repost:


Quote:Quote:
1.Internet Service Provider
Quote:
Layanan internet yang ada saat ini disediakan dan dikelola oleh berbagai ISP di seluruh dunia. Mereka menyediakan internet ke rumah-rumah, ke kalangan bisnis dan perusahaan. ISP juga memfasilitasi berbagai layanan lain seperti email bersamaan dengan internet.


Quote:Quote:
2.Internet Corporation For Assigned Names And Numbers (ICANN)
Quote:
ICANN mengelola registri dari web dan alamat IP. Organisasi ini memastikan bahwa tidak ada alamat yang duplikat. Ini adalah organisasi non-profit. Namun, saat ini bernilai hingga $ 100 juta. Berbicara soal organisasi ini, mereka berhubungan dengan data yang sangat sensitif dan penting.


Quote:Quote:
3. Internet Engineering Task Force (IETF)
Quote:
IETF menawarkan dokumen yang kualitas tinggi dan relevan dalam mempengaruhi orang untuk merancang dan mengelola internet. IETF memberikan panduan untuk pengembang yang ingin melakukan penelitian dan meningkatkan teknologi internet. IETF ini adalah organisasi sukarela. Organisasi ini dengan penuh dedikasi bekerja untuk peningkatan internet.


Quote:Quote:
4. Internet Society (ISOC)
Quote:
Internet Society adalah perpustakaan dari berbagai informasi terbaru (jadi ngga kudet gitu gan ). Organisasi ini membantu pengguna dan pengembang agar tetap update dengan informasi terbaru. Hal tersebut adalah tanggung jawab ISOC untuk memastikan pembatasan visi dan penggunaan internet. Organisasi ini memberdayakan internet untuk penggunaan non komersial.


Quote:Quote:
5. Internet Architecture Board (IAB)
Quote:
Sebagaiman internet tumbuh besar, semakin kuat dan berpengaruh, maka organisasi IAB ini memastikan bahwa sistem internet global ini secara efisien berfungsi. IAB secara resmi mempertahankan standar teknis seperti, TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol). IAB merupakan turunan dari ARPAnet (Departemen Pertahanan Amerika Serikat, FYI kemunculan internet dimulai dari sini ).


Quote:Quote:
6. International Telecommunication Union (ITU)
Quote:
ITU berkaitan dengan isu-isu teknologi informasi dan komunikasi internasional. Organisasi ini bertanggung jawab untuk frekuensi radio di bumi. ITU mendefinisikan kebijakan yang adil untuk organisasi lainnya. ITU memungkinkan negara untuk memiliki pemerintahan sama seperti internet. ada sekitar 89 negara telah menandatangani perjanjian dengan bantuan ITU.


Quote:Quote:
7. World Wide Web Consortium (W3C)
Quote:
Satu lagi mungkin adalah W3C, pada mulanya organisasi ini dibentuk dari sebuah laboratorium ilmu komputer MIT oleh Tim Berners-Lee (pencetus World Wide Web/WWW ) serta Al-Vezza. W3C pada saat ini adalah yang bertanggung jawab terhadap semua perkembangan dari berbagai protokol dan standar yang berkaitan dengan web. Misalnya standarisasi HTML, XML, XHTML, CSS, HTML5, CSS3 semuanya diatur oleh W3C, namun semua orang boleh mengajukan proposal jika memiliki ide untuk pembuatan standar baru yang berguna untuk web. Organisasi ini hingga sekarang masih dipimpin oleh Tim Berners-Lee.


Quote:Quote:
Sumber
Spoiler for Sumber:

*dengan editan dan tambahan seperlunya

Quote:

Quote:
Komentar TS
Jadi kebayang ngga gan? tanpa mereka pasti jaringan internet di dunia ini amubradul deh jadi harus bersyukur kalo mereka ada untuk mengurus jaringan internet di dunia ini (semoga mereka tidak berurusan dengan informasi pribadi kita)


Quote:Quote:

Alhamdulillah HT#2 (28 Oktober 2015)
Terimakasih buat kaskus officer dan kaskuser yang sudah membantu thread ini jadi HT



Terimakasih gan atas kunjungannya
Semoga bermanfaat
Jangan lupa dan ya gan



ouwh,
ini ya gan
haha
pertamax gan
Quote:Quote:APA KATA KASKUSER?

Quote:Original Posted By ludovicusdo
Dimana rahasianya?
ISP ada yang namanya Tier 1 yaitu berjumlah 9 perusahaan dan mana ada perusahaan yang rahasia

Jujur, ane ketipu dengan judulnya. Ane kira yang gimana

rahasia disini maksudnya jarang yang tahu gan, terus pekerjaan mereka juga jarang diumbar ke masyarakat
Quote:Original Posted By nevirlauda
cara kerja di sana gimana yah??
hahaha
nice inpo gan

mungkin yang tau seorang programmer
Quote:Original Posted By CommunistTeam
lo deep web lwat mrka jg g yha gan?

ane ngga tau gan, mereka kayaknya cuma ngawasin sama ngurusin arus internet doang deh
Quote:Original Posted By AssasinsKiller
kalo udah gini gajadi rahasia dong, iye kan gan?

iya gan
Quote:Original Posted By esaka
ane tahunya google gan yg nguasain internet gan..

wah itu emang mindset yang awam banget, maka dari itu perlu adanya pengetahuan ini
Quote:Original Posted By naomi_quin
ane kirain bakalan ada semcama konspirasi wahyudi gan

kalo masalah konspirasi ngga tau deh gan
Quote:Original Posted By forgave
Gara2 TS, skrg ya udah ga rahasia lagi deh

ampun gan
Quote:Original Posted By itztom
W3C itu gw baru denger gan...

sama gan
Quote:Original Posted By rerepetil
wah kalo bisa nyadap data ICANN bisa kaya tuh, https udah ga secure lagi

iya gan, data udah ga aman
Quote:Original Posted By dariusss
Mereka kerja dibelakang layar untuk mengatur komunikasi Dunia!


betul gan

Quote:Original Posted By dorobtu
Gw juga masih bingung, internet itu semacam air yg mengalir dengan sendirinya atau ada orang yg mengaturnya

Itu yang di pejwan beberapa organisasi yang mengatur internet gan
Quote:Original Posted By jimmy.k777
arpanet kalo ga salah dibuat tahun 1969 kan? tahun2 dimaan apollo 11 diluncurkan...


yup, betul gan

Quote:Original Posted By ramatkj

BTW ane anak IT. Gawe di salah satu ISP di cyber.. makanya ane nanya. ane jg gk tau..

Jiah
Quote:Original Posted By feilunlovers
wew baru tau gan ternyata banyak orang yg berperan dalam asiknya ane internetan

iya gan, hebat ya
Quote:Original Posted By starcallerzeke



eh gan, bahas deep web dong kalo ente tau dan berkenan

kayaknya udah banyak yang bahas deh gan, ntar dikira repost lagi
Quote:Original Posted By TuanWicaksono
Fsociety ga dimasukin gan?

apaan tuh gan? kalo ane gugling kok gambarnya hampir mirip kayak Vendetta ya?
Quote:Original Posted By karim37
berati diantara organisasi ini ada yang bertanggung jawab terhadap kerahasiaan dari informasi yang ada diinternaet dong gan.
kalo gtu,bila da informasi dinternet yg bersifat sangat rahasia, mereka yang tau lebih banyak ya gan.

bisa jadi gan, datanya disimpan mereka
Quote:Original Posted By .dmg
punya gedung server seluas lapangan bola pasti tuh

iya gan
Quote:Original Posted By roelli
Wih...ada juga sukarela...berarti ngk di gaji ya....




iya gan, demi kebaikan umat manusia

Quote:Original Posted By triyanto.biz.id
ICANN menurut ane ga non profit gan. Karena tiap register ente bakal dipalak 0, sekian persen sama mereka. . Itu bukan hanya untuk pendaftaran baru tapi buat renewal juga.

Semuanya menurut ane ga rahasia gan. Sudah jadi rahasia umum itu gan. Kaya udah jadi rahasia umum kalo ane ganteng gan.

Tambahan yang mantap gan
ada beberapa yang belom diketahui orang gan
Quote:Original Posted By adnan91


wuiiihh ane baru tau nih gan.. keren
tapi pemegang kunci tanggung jawabnya gede juga yaah


iya gan, sering nerjemahin alamat web gitu
pengen ane kerja disana
Ternyata koneksi aja ada yang ngatur ya
owh ternyata itu, ane kirain yang ngendaliin itu ngiluminati
Quote:Original Posted By yodafux
pengen ane kerja disana

Boleh gan boleh
Quote:Original Posted By papabuncit
Ternyata koneksi aja ada yang ngatur ya


Iya gan, kalo nggak bisa bisa koneksinya ancur semua hehe
Quote:Original Posted By faizdikra


Iya gan, kalo nggak bisa bisa koneksinya ancur semua hehe

Ane kira otomatis, gan. Sistem auto-pilot gitu. btw, nais inpoh gan !
wih ada asosiasi nya juga ternyata
Quote:Original Posted By aiuredi
owh ternyata itu, ane kirain yang ngendaliin itu ngiluminati


kebanyakan mikir konspirasi aja nih gan
baru tau ane
Quote:Original Posted By papabuncit

Ane kira otomatis, gan. Sistem auto-pilot gitu. btw, nais inpoh gan !

Nanti banyak errornya gan
Quote:Original Posted By approve.cc
wih ada asosiasi nya juga ternyata

yoi gan
Quote:Original Posted By balubalo


kebanyakan mikir konspirasi aja nih gan

iya tuh si agan hehe
Quote:Original Posted By apaliat.liat
baru tau ane


biar tau gan
terimkasih organisasi itu semua , bwrkat mereka ane bisa ngaskus
nice info gan, dan setau ane kalo gak salah di ICANN itu ada gate keeper nya juga jadi setiap 1 tahun sekali ada 3 orang di pilih untuk di percaya memegang kunci
Quote:Original Posted By near48
terimkasih organisasi itu semua , bwrkat mereka ane bisa ngaskus

betul gan
Quote:Original Posted By alfin1993
nice info gan, dan setau ane kalo gak salah di ICANN itu ada gate keeper nya juga jadi setiap 1 tahun sekali ada 3 orang di pilih untuk di percaya memegang kunci


4 orang gan yang jadi juru kunci
nah trus maksudnya secara rahasia menjalankannya tu gimana gan? btw ane demen banget ma logo nya IETF
Quote:Original Posted By prime.
nah trus maksudnya secara rahasia menjalankannya tu gimana gan? btw ane demen banget ma logo nya IETF


Mungkin aktivitas mereka tidak terlalu diumbar ke publik gitu gan, CMIIW
ane mah tau nya cuma organisasi pemuda...
gituan mah gak ngerti...
infonya keren gan. thanks.
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar