Pages


Sabtu, 31 Oktober 2015

Konsep Awal Manga Terkenal Sebelum Menjadi Seperti yang Kita Kenal

Dalam proses perencanaan dan pengembangan ide suatu manga dan anime, pasti ada yang namanya perubahan ide di sana-sini, entah karena para kreatornya, atau juga para editor yang berusaha sebaik mungkin agar karya-karya para mangaka dapat diterima dengan baik di pasaran.Berikut adalah sejumlah manga ternama yang pada awalnya punya ide kisah yang boleh dibilang berbeda jauh dengan hasil sekarang yang lebih kita kenal dan gemari.


1. Tokyo Ghoul
Quote:
Semula dimaksudkan sebagai manga one-shot, di sini Kaneki adalah seorang ghoul yang sudah terbiasa membunuh dan diceritakan bekerja di Anteiku bersama Touka Kirishima. Identitasnya kemudian dicurigai dan terbongkar oleh seorang investigator ghoul, Yukinori Shinohara yang kemudian berencana Kaneki bunuh.

Touka yang mengikuti Kaneki malah berakhir dijadikan sandra oleh Kaneki saat Yukinori telah membaca serangannya, namun Touka juga kemudian menunjukkan identitasnya sebagai seorang ghoul dan membantu Kaneki mengalahkan Yukinori. Keduanya lalu bertanya-tanya apakah manajer Yoshimura mengetahui identitas mereka yang sebenarnya, sebelum akhirnya manga ini diakhiri dengan Yoshimura yang juga tengah ditunjukkan menyantap mayat di Anteiku.


2. D. Gray-Man
Quote:Plot serial manga ini berjudul Zone, dengan Allen Walker sang karakter utama menjadi protagonis perempuan bernama Robin, dan senjata General Cross menjadi senjata Allen dalam versi yang sekarang. Lavi juga semula direncanakan untuk menjadi karakter utama dalam manga lainnya yang berjudul Bookman, namun ide ini akhirnya tak jadi diwujudkan setelah ia dimasukkan ke dalam seri D. Gray-Man.


3. Death Note
Quote:
Alih-alih Light Yagami, karakter utamanya yang dikisahkan menemukan Death Note bernama Taro. Namun, Death Note juga datang disertai oleh Death Eraser yang bisa digunakan untuk membangkitkan kembali orang yang telah dibunuh oleh Death Note selama mereka belum dikremasi.Taro tak bermaksud untuk menggunakannya, namun setelah memakainya dua kali, ia ketakutan dan berhenti memakainya, sampai akhirnya, buku tersebut jatuh ke tangan salah satu teman sekelasnya, Miura, yang menggunakan Death Note untuk membunuh para kriminal. Belakangan, Taro membuktikan keaslian buku tersebut dengan membuat Miura menulis nama Taro, untuk kemudian menghapusnya dan menghidupkan Taro kembali. Setelah itu, pihak kepolisian membakar buku tersebut.Selain itu, konsep awal para Shinigami jugamembuat Ryuk, Gelus, dan Rem berpenampilan seperti manusia-manusia tampan dan cantik. Para editornya juga sempat merasa khawatir kalau-kalau para fans malah akan memihak tim para pembunuhnya jika desain karakter mereka dibuat lebih indah.


4. Pokemon
Quote:
Pokemon yang pada awalnya dipilih sebagai rekan Ash bukanlah Pikachu, namun Clefairy. Tapi, waktu Pokemon telah siap untuk dituangkan ke dalam serial anime, tim marketing-nya memutuskan bahwa Clefairy tidak cukup imut, hingga mereka menggantinya dengan Pikachu. Serial ini juga semula hanya akan ber-setting di daerah Kanto, dengan ditutup oleh Ash mengalahkan Pokemon League setelah lebih dulu mengalahkan Gary.


5. Bleach
Quote:
Jika pada cerita BLEACH yang kita kenal saat ini rukia  “terpaksa” memberikan kekuatan shinigaminya pada ichigo ketika diserang hollow. Maka pada oneshotnya Rukia menciut akibat terlalu banyak mengirimkan arwah penasaran yang berada di sekitar Ichigo. Rukia yang disini disebut berasal dari divisi tiga pun memberikan senjatanya pada konpaku Ichigo untuk menggantikan tugasnya. Orihime dalam manga ini diceritakan telah meninggal dan diserang arwah ayahnya yang telah menjadi hollow. Para hollow disini juga tidak memiliki topeng dan hanya terlihat seperti monster manusia. Zanpakuto Ichigo yang selalu berukuran sangat besar pun seukuran pedang normal. Konsep Konsou pun diubah dengan memberikan tiket menuju Soul Society. Selain itu pada covernya Ichigo terlihat memiliki rambut berwarna hitam kendati di dalam chapter kembali berwarna putih.

Awalnya konsep BLEACH dari Tite Kubo ditolak oleh JUMP, namun Akira Toriyama (pengarang Dragon Ball) mengirimkannya surat untuk menyemangatinya. Akhirnya BLEACH diterima tidak lama kemudian berkat “sedikit” campur tangan Toriyama-sensei.


6. Naruto
Quote:
Perjalanan Naruto yang tadinya sendirian hingga menemukan persahabatan mungkin tetap menjadi benang merah ceritanya, namun Masashi Kishimoto rupanya tidak membuat elemen ninja-nya terlalu kental pada ide awalnya.Diceritakan, Naruto adalah iblis rubah yang mengambil rupa seorang bocah kecil untuk mencari teman di dunia manusia. Ayahnya, Kuruma, menyerang desa dan menyebabkan timbulnya kehancuran dan banyak korban jiwa, sampai-sampai hanya sang kepala desanya saja yang selamat dari 9 shinobi terkuat yang dikumpulkan untuk memerangi Kuruma. Karena kasihan, sang kepala desa kemudian memperbolehkan Naruto untuk dibesarkan di desa tersebut, dan meski kesulitan, ia menyuruh Naruto untuk mencari teman demi kebaikan, agar ia tidak menjadi seperti ayahnya.


7. Shingeki no Kyojin (Attack on Titan)
Quote:
Ditulis oleh Hajime Isayama saat masih berusia 19 tahun, ide plot Attack on Titan: Volume 0 sangat berbeda dengan kisah manga-nya yang kita kenal. Salah satu perbedaan yang krusial di antaranya adalah tidak adanya 3D maneuver gear, karena manusia diceritakan bisa melompat bermeter-meter tingginya di udara saat memerangi para titan. Selain itu, Eren juga sudah mengetahui sejak awal bahwa ia bisa berubah menjadi titan. Dan, percaya atau tidak, Isayama semula berniat untuk membunuh semua karakternya di akhir manga untuk meningkatkan tingkat ‘kejutan’-nya. Untung aja nggak jadi ya…


8. One Piece
Quote:
Mungkin sudah banyak dari kalian yang membacanya lewat manga Wanted! yang sudah diterbitkan di tanah air, judul awal One Piece mungkin tidak terdengar terlalu bagus atau catchy: Romance Dawn. Memang tidak memasukkan materi item legendaris ‘One Piece’,Romance Dawn yang akhirnya menjadi judul bab pertama One Piece karya Eiichiro Oda ini semula menampilkan Luffy yang menjadi seorang bajak laut hanya untuk bersenang-senang. Karakter perempuan bernama Anne sangat mirip dengan Nami, Zoro semula adalah salah satu bodyguard Buggy, dan Sanji awalnya akan dinamai Naruto, tapi JUMP menolak ide tersebut karena waktu itu mereka tengah mengajukan Naruto untuk dijadikan salah satu serialisasi manga terbitan mereka.


9. Dragon Ball
Quote:
Semula diberi judul Dragon Boy, manga legendaris karya Akira Toriyama ini sebelumnya mempunyai tokoh pahlawan bernama Tanton yang memiliki sayap kelelawar sebelum akhirnya akan berubah menjadi Goku yang berekor kera.Tanton diceritakan mengawal seorang putriyang sangat mirip dengan Bulma. Artefak Dragon Balls-nya sendiri tak banyak berguna selain melepaskan seekor naga yang tampak sedih setelah terkena serangan energi. Namun selain itu, banyak elemen beladiri dan atmosfer dunianya secara keseluruhan yang digunakan kembali dalam Dragon Ball yang kita kenal sekarang.


Sumber

Quote: Wah keren juga ya konsep awalnya. Kalau dibaca sekarang, rasanya kocak deh. Entah gimana jadinya nanti kalau konsep awaln yang gak diubah. Mungkin kita nggak akan mengenal manga-manga terkenal ini.


KOMENTAR KASKUSER

Quote:Original Posted By JejakaLajang
Tambahan gan

Samurai X

Nobuhiro Watsuki sebagai penulis komik samurai x memiliki konsep seorang anak kecil yang menyaksikan kekejaman pemerintahan tokugawa.
Anak kecil itu bukanlah Shinta (Kenshin Himura), melainkan adalah Yahiko.
Yahiko belajar jurus2 pedang agar menjadi pendekar pedang karena sangat berambisi mengalahkan himura.

Sumber lupa baca dimana ya


wow kerenn gan ..
ane dulu pernah baca death note yg oneshot nya,,bener kaya yg ente jelasin thu death note bisa bikin nama yg ditulis mati but kalo nama yg udah ditulis terus diapus korbannya ga jadi mati,,ane kira thu manga deathnote versi baru,
ane pernh bca pne shotnya shigeki
Itu namanya komik bukan manga, kalo manga enak dimakan, apalagi yang masih mengkel,


salam TAMPAN
wkwkwk jadi awalnya naruto itu siluman rubah anaknya rikodou ye gan
ane paling demen Dragon Ball..
Wah gitu
yang death note kayaknya seru tuh

makasih
Kalau keluar pake konsep awal, ngga bakalan booming
Kalau keluar pake konsep awal, ngga bakalan booming
kaya dah pernah baca smua...
Quote:Original Posted By willy90
ane dulu pernah baca death note yg oneshot nya,,bener kaya yg ente jelasin thu death note bisa bikin nama yg ditulis mati but kalo nama yg udah ditulis terus diapus korbannya ga jadi mati,,ane kira thu manga deathnote versi baru,


sama gan ane kira versi baru
one puch man kok g ada gan kan konsepnya juga beda
karakternya masih imut2 ya gan
ane taunya cuman naruto
wahh ane ga paham deh ttg manga heheh
Quote:Original Posted By dic05.mof
one puch man kok g ada gan kan konsepnya juga beda


Bener tuh gan, OPM malah beda banget konsepnya sama anime/manga action kebanyakan
ada naruto sama pokemon gan.
Quote:Original Posted By lexiaaleaf


Bener tuh gan, OPM malah beda banget konsepnya sama anime/manga action kebanyakan


dan tritnya tiba2 jadi ht

tutup pejwan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar